EURO2 & motor 2 tak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Dec 19, 2003 17:25
EURO2 & motor 2 tak
teman2 gua baru beli RXKing2003,eh malah ada EURO2,gimana dong nih nasib motor gua ?? gua ada pertanyaan nih
1.emisi 2tak itu gimana dibandingkan regulasi euro2 ?
2.gimana cara turunin emisi gas buang mesin 2tak?
3.oli samping apa yang paling bersih ?
4.harganya catalytic converter itu berapa ?
sekian dulu deh,terima kasihhh
1.emisi 2tak itu gimana dibandingkan regulasi euro2 ?
2.gimana cara turunin emisi gas buang mesin 2tak?
3.oli samping apa yang paling bersih ?
4.harganya catalytic converter itu berapa ?
sekian dulu deh,terima kasihhh
BLUE RX-KING 2003
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
beli aja mas, nggak masalah kok, toh di indonesia hal ini masih lama.
cuman gue denger kalo king diatas taun 2000 mesinnya agak rewel, rantenya gampang putus dan laen sebagainya, lagipula taun depan katanya king mo di cut off produksinya sama yamaha.
bukan berarti saya "nakutin" lho, its okay as long ngerawatnya baik
salah satu nurinin emisi memang pasang catalic converter, cuman masalahnya di king nggak bisa dipasang cc, kecuali ganti knalpot atau sistem pembuangan
kalo oli samping yg bagus cenderung yg sintetis, cuman haganya pasti agak mahal dibanding yg biasa.
happy ride bro'
cuman gue denger kalo king diatas taun 2000 mesinnya agak rewel, rantenya gampang putus dan laen sebagainya, lagipula taun depan katanya king mo di cut off produksinya sama yamaha.
bukan berarti saya "nakutin" lho, its okay as long ngerawatnya baik
salah satu nurinin emisi memang pasang catalic converter, cuman masalahnya di king nggak bisa dipasang cc, kecuali ganti knalpot atau sistem pembuangan
kalo oli samping yg bagus cenderung yg sintetis, cuman haganya pasti agak mahal dibanding yg biasa.
happy ride bro'
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Kalo gak salah 2 tak saja gak lolos dr euro1 krn dr pembakarannya gas CO,NOx,CO2 yang dihasilkan sulit untuk ditolerir.eoro 2 kayanya pemasok bahanbakar minimal sudah injeksi, kalo Euro1 msh boleh pake karbu.
Buat nurunin mesin pd 2 tak paling optimal ya mesin dirawat,beli oli samping yang berkualitas,bersihin kerak di knalpot.Ini cuman cara untuk mengurang kadar polusi yg dihasilkan.
Kalo oli samping yang paling bersih, cari yang udah smokeless.DAn spesifikasinya udah TC+ atau FC.Selain cinta lingkungan jg cinta mesin krn mesin lbh awet.
Kalo katalitik konverter buat motor setahu saya belum ada yg jual.Malah banyak yang nglepas.Pd NSR-SP atau Nova Sash ada HECS3(Honda Environmental Catalytic System).Dengan diganti knalpot racing,HECS jd lepas dan memang motor jd lebih ringan.Dulu pernah ada anak SMA yg berhasil buat catalytic converter buat motor,bahannya sederhana kalo gak salah Zinc Potasium yg berguna untuk memecah partikel CO menjadi CO2.
Buat nurunin mesin pd 2 tak paling optimal ya mesin dirawat,beli oli samping yang berkualitas,bersihin kerak di knalpot.Ini cuman cara untuk mengurang kadar polusi yg dihasilkan.
Kalo oli samping yang paling bersih, cari yang udah smokeless.DAn spesifikasinya udah TC+ atau FC.Selain cinta lingkungan jg cinta mesin krn mesin lbh awet.
Kalo katalitik konverter buat motor setahu saya belum ada yg jual.Malah banyak yang nglepas.Pd NSR-SP atau Nova Sash ada HECS3(Honda Environmental Catalytic System).Dengan diganti knalpot racing,HECS jd lepas dan memang motor jd lebih ringan.Dulu pernah ada anak SMA yg berhasil buat catalytic converter buat motor,bahannya sederhana kalo gak salah Zinc Potasium yg berguna untuk memecah partikel CO menjadi CO2.
Speed is a game??!!
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Dec 19, 2003 17:25
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
hmmmm, kalo naekin kompresi kayaknya nggak bikin pembakaran jadi maksimal deh, yg ada adalah memperbaiki sistm pengapian, pemasokan bahan bakar dan sistem pembuangannya.chihuahua wrote:hmm kalo naikin kompresi mesin buat menyempurnakan pembakaran bisa bikin bersih ga ?kompresinya rxking kan cuma 6.9:1 tuh mungkin bisa dibikin 7.2-7.4:1 ??
terus king bisa pake pertamax ga kan tanpa timbal tuh?
ada yang bisa kasih saran baiknya pake oli merek apa ?
kalo hanya ganti pertamax cuman hanya menghilangkan timbalnya aja, unsur sperti co atau no-nya nggak kurang
kalo soal li udah dijawab kan sama bung ivanov
corect me if i'm wrong
pis dah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Re: EURO2 & motor 2 tak
OOT . .. Euro2 itu apa sih ?chihuahua wrote:teman2 gua baru beli RXKing2003,eh malah ada EURO2,gimana dong nih nasib motor gua ??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Dec 19, 2003 17:25
waduh bang deanz ga tau ya EURO2 di indonesia paling lambat 2007 mo dijalankan.deanz wrote:Tenang aja itu kan buat eropa, kalo di indonesia boro2 INDO3....INDO0 aja belum keluar
So dont worry be happy...kekekeke
ohya terus disini ada yang ahli rx-king ga ?saya mo sekalian nanya2 sedikit tentang modifikasi king.
thanks
BLUE RX-KING 2003
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
euro 2 itu adalah standar batasan gas buang, kalo di manajemen model iso 9000, tidak ada batasan untuk regional, so kalo indonesia mo diliat ama internasional, yah kudu nerapin semua standar yg ada di dunia, termasuk batasan emisi gas buang, jadi yg punya 2 tak siap-siap aja motornya nggak boleh jalan, kalopun bisa oli sampingnya udah ngak ada yg buat lagi (mungkin taon 2010)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
Sory maksud saya yaa itu, ada gak kemauan pemerintah memberlakukan regulasi euro2 di indonesia. Tahun 2007?? mungkin pemerintah bisa aja dgn gampang menerbitkan regulasi ini, tapi masyarakat kita siap gak???
Regulasi emisi gas buang aja masyarakat banyak yang protes, dgn alasan bisa jadi lahan KKN.......padahal sih itu karena masih banyaknya kendaraan lawas beredar yang emisinya banyak tidak memenuhi syarat.
Euro2 itu berlaku kalo kita mo jual barang ke negara yg menganut standard Euro2, kalo tidak dianut yaa bebas2 aja dunk mo jual apa aja. Contohnya kita ekspor kijang, spek mesin yg di ekspor kenegara yg menganut dan tidak menerapkan kan pasti ada sedikit beda karena ada hukum ekonomi berlaku disitu.
Lha bajay aja yg sejak taun kapan pengen dihapus ampe sekarang hidup aman sejahtera tuh....
Regulasi emisi gas buang aja masyarakat banyak yang protes, dgn alasan bisa jadi lahan KKN.......padahal sih itu karena masih banyaknya kendaraan lawas beredar yang emisinya banyak tidak memenuhi syarat.
Euro2 itu berlaku kalo kita mo jual barang ke negara yg menganut standard Euro2, kalo tidak dianut yaa bebas2 aja dunk mo jual apa aja. Contohnya kita ekspor kijang, spek mesin yg di ekspor kenegara yg menganut dan tidak menerapkan kan pasti ada sedikit beda karena ada hukum ekonomi berlaku disitu.
Lha bajay aja yg sejak taun kapan pengen dihapus ampe sekarang hidup aman sejahtera tuh....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15
Hallo SMers,
In thread yg cukup menarik kalo menurut saya. Gimana kalo kita terusin?
Saya tuh lagi liat2 kali aja suatu saat beli motor, nah minggu kemarin saya liat NSR bekas di bengkel, saya tanya kenapa Honda berhenti produksi NSR? Terus dia bilang soalnya ada 'masalah' sama anti polusinya. Kayaknya ada hubungannya nih sama Euro2.
Ada yg tau lebih lagi?
Thx,
Indomi
In thread yg cukup menarik kalo menurut saya. Gimana kalo kita terusin?
Saya tuh lagi liat2 kali aja suatu saat beli motor, nah minggu kemarin saya liat NSR bekas di bengkel, saya tanya kenapa Honda berhenti produksi NSR? Terus dia bilang soalnya ada 'masalah' sama anti polusinya. Kayaknya ada hubungannya nih sama Euro2.
Ada yg tau lebih lagi?
Thx,
Indomi
Paling enak migoreng sama sambel abc
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Untuk membatasi emisi gas buang yang berbahaya (polusi udara) seperti gas CO (Carbon monoxide), NOx (Nitrous Oxide), UHC (Unburned Hydro Carbon) dan PM (Particulate Matter) ke ambang yang kurang bahayanya, maka dibuatlah standard. Di eropa standard emisi dilakukan secara bertahap, disebut dengan EURO Emmission Standard :
Untuk mobil-mobil ber-BBM :
Euro 0 - (1988-1992) emisi batas gas buang : 12.3 g/kWh CO, 2.6 g/kWh UHC, 15.8 g/kWh NOx
Euro I - (1992-1995) emisi batas gas buang : 4.9 g/kWh CO, 1.23 g/kWh UHC, 9.0 g/kWh NOx, 0.4 g/kWh PM
Euro II - (1995-1999) emisi batas gas buang : 4.0 g/kWh CO, 1.1 g/kWh UHC, 7.0 g/kWh NOx, 0.15 g/kWh PM
Euro III - (1999-2005) emisi batas gas buang : 2.1 g/kWh CO, 0.66 g/kWh UHC, 5.0 g/kWh NOx, 0.1 g/kWh PM
Euro IV - (2005-2008) emisi batas gas buang : 1.5 g/kWh CO, 0.46 g/kWh UHC, 3.5 g/kWh NOx, 0.02 g/kWh PM
Euro V - (2008-2012) emisi batas gas buang : 1.5 g/kWh CO, 0.46 g/kWh UHC, 2.0 g/kWh NOx, 0.02 g/kWh PM
Semua satuan dalam gram/kWh. Kita ketahui bahwa jumlah energy yang terkandung dalam 1 kg BBM adalah sekitar 44 MJ, jika dikonversi kedalam satuan kWh, maka setiap 1 kg BBM akan menghasilkan sekitar 12 kWh atau untuk setiap liter BBM energy yang tersedia sebanyak 10 kWh.
Untuk Motor 2 Stroke :
1. Dibawah 50 cc : 3.4 g/kWh CO, 13.5 g/kWh UHC, 0.2 g/kWh NOx
2. Diatas 50 cc : 7.4 g/kWh CO, 33.8 g/kWh UHC, 0.4 g/kWh NOx
Untuk mobil-mobil ber-BBM :
Euro 0 - (1988-1992) emisi batas gas buang : 12.3 g/kWh CO, 2.6 g/kWh UHC, 15.8 g/kWh NOx
Euro I - (1992-1995) emisi batas gas buang : 4.9 g/kWh CO, 1.23 g/kWh UHC, 9.0 g/kWh NOx, 0.4 g/kWh PM
Euro II - (1995-1999) emisi batas gas buang : 4.0 g/kWh CO, 1.1 g/kWh UHC, 7.0 g/kWh NOx, 0.15 g/kWh PM
Euro III - (1999-2005) emisi batas gas buang : 2.1 g/kWh CO, 0.66 g/kWh UHC, 5.0 g/kWh NOx, 0.1 g/kWh PM
Euro IV - (2005-2008) emisi batas gas buang : 1.5 g/kWh CO, 0.46 g/kWh UHC, 3.5 g/kWh NOx, 0.02 g/kWh PM
Euro V - (2008-2012) emisi batas gas buang : 1.5 g/kWh CO, 0.46 g/kWh UHC, 2.0 g/kWh NOx, 0.02 g/kWh PM
Semua satuan dalam gram/kWh. Kita ketahui bahwa jumlah energy yang terkandung dalam 1 kg BBM adalah sekitar 44 MJ, jika dikonversi kedalam satuan kWh, maka setiap 1 kg BBM akan menghasilkan sekitar 12 kWh atau untuk setiap liter BBM energy yang tersedia sebanyak 10 kWh.
Untuk Motor 2 Stroke :
1. Dibawah 50 cc : 3.4 g/kWh CO, 13.5 g/kWh UHC, 0.2 g/kWh NOx
2. Diatas 50 cc : 7.4 g/kWh CO, 33.8 g/kWh UHC, 0.4 g/kWh NOx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
NSR di jepang: http://www.dreamgate.ne.jp/NSR/news/nsr ... tinued.htmindomi wrote:Hallo SMers,
In thread yg cukup menarik kalo menurut saya. Gimana kalo kita terusin?
Saya tuh lagi liat2 kali aja suatu saat beli motor, nah minggu kemarin saya liat NSR bekas di bengkel, saya tanya kenapa Honda berhenti produksi NSR? Terus dia bilang soalnya ada 'masalah' sama anti polusinya. Kayaknya ada hubungannya nih sama Euro2.
Ada yg tau lebih lagi?
Thx,
Indomi
tentu diluar jepang terimbas efeknya setelah tahun tsb.
kalau AHM, dari dulu spt kurang supporting 2tak.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Standard Euro itu applied pada semua internal combustion engine (SI ataupun CI) yang make BBM (bensin ataupun solar), dari sini barulah ada breakdown - 2 tak, 4 tak, Diesel, Petrol, dsb dsb.Mike wrote:Euro II sepertinya bUkan hanya masalah 2 tak, saya liat di koran Kawak Ninja lolos Euro II.
Tapi 4 tak juga ada yg gak lolos seperti Thunder 125,
tapi skrg udah ada yg model Euro II.
Banyak kendaraan bermotor baru yang udah lulus euro II atau euro III, tapi overtime ada performance degradation, giliran mau nyambung Roadtax (tiap-tiap tahun) ... fail ... mesti tuning dulu.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15
Terimakasih link nya.... sad news for a such beautiful bike to be discontinuedyoyoyo wrote:NSR di jepang: http://www.dreamgate.ne.jp/NSR/news/nsr ... tinued.htm
tentu diluar jepang terimbas efeknya setelah tahun tsb.
kalau AHM, dari dulu spt kurang supporting 2tak.
Paling enak migoreng sama sambel abc
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
kalau diberlakukan aturan itu.
mungkin pembangunan akan macet. lah truck2 banyak juga kok.
dan gas buangnya lebih berbahaya dari sepeda motor.
bayangkan berapa banyak ada truck di indonesia.
kalau diberlakukan, pasti truck juga nggak boleh jalan dong.
sorry OOT.
mungkin pembangunan akan macet. lah truck2 banyak juga kok.
dan gas buangnya lebih berbahaya dari sepeda motor.
bayangkan berapa banyak ada truck di indonesia.
kalau diberlakukan, pasti truck juga nggak boleh jalan dong.
sorry OOT.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
lah thunder 125 yang gak lolos euro II yang keluaran berapa bro ??Mike wrote:Euro II sepertinya bUkan hanya masalah 2 tak, saya liat di koran Kawak Ninja lolos Euro II.
Tapi 4 tak juga ada yg gak lolos seperti Thunder 125,
tapi skrg udah ada yg model Euro II.
berarti gw klo mo beli ninja gimana ntar euro III-nya euro VI-nya.. ?
euro III ntar berlaku taun 2008 lagi?baru make setaun udah MATI...
gak jelas nih................. ??
tolong ada yang bisa kasi info "RENCANA PEMBERLAKUAN EURO2 I, II, III, IV, V RENTANG TAHUN2nya Gitu"
ribet amat yaaks... gitu lah
"Macam BetuL"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya