Pasang Saklar Rahasia

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Pasang Saklar Rahasia

Post by ZEXELGRIFONE »

Bro2 yg ahli..

Mo tanya dunk..
Motor saya Supra-X 125D, pengen saya pasangin saklar rahasia.. yah biar agak2 aman dari pencurian.. Biar bisa di kontak,tapi ga bisa di starter..
Cuman kemaren sabtu udah ke AHASS Lancar di Galur Jakpus.
Bilangnya orang sana (Kayaknya kepala mekanik sana), pake saklar rahasia gitu ga bagus buat pengapian dan kelistrikan. Soalnya Rawan korsleting.. trus lagi pengapiannya sistem DC-CDI jadi agak bahaya..
Kalo korslet, CDI jadi korban..

Nah.. apa betul yg kayak gitu?

Trus bilangnya dia, udah banyak motor SupraX-125 dan juga Kharisma yg bermasalah gara2 saklar rahasia gitu..

Nah.. apa bener juga yg kayak gitu?

Mohon pencerahannya. .

Terima kasih..
User avatar
bharkie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
Location: Bandung

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by bharkie »

wah bro...diboongin tuh...itumah mekaniknya aja males ngerjain...
aman2 aja kok, wong cuman mutusin kabel ke cdi, kalo putus berarti ga bisa idup, kalo nyambung berarti idup...bisa konslet dari hongkong....?!
ZEXELGRIFONE wrote:Bro2 yg ahli..

Mo tanya dunk..
Motor saya Supra-X 125D, pengen saya pasangin saklar rahasia.. yah biar agak2 aman dari pencurian.. Biar bisa di kontak,tapi ga bisa di starter..
Cuman kemaren sabtu udah ke AHASS Lancar di Galur Jakpus.
Bilangnya orang sana (Kayaknya kepala mekanik sana), pake saklar rahasia gitu ga bagus buat pengapian dan kelistrikan. Soalnya Rawan korsleting.. trus lagi pengapiannya sistem DC-CDI jadi agak bahaya..
Kalo korslet, CDI jadi korban..

Nah.. apa betul yg kayak gitu?

Trus bilangnya dia, udah banyak motor SupraX-125 dan juga Kharisma yg bermasalah gara2 saklar rahasia gitu..

Nah.. apa bener juga yg kayak gitu?

Mohon pencerahannya. .

Terima kasih..
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

iya bro, tuh mekaniknya males tuh... minta ditabok duit dulu kali baru mau ngerjain..

gw pasang di mobil, ud 5 taon baek2 aj tuh..apalagi mobil yg jelas2 ud pake ECU segala.. gpp tuh
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

@ZEXELGRIFONE
Jgn percaya bro ama mekanik2 gituan....!
Masangnya jgn ke beres, mendingan ke bengkel2 aksesoris motor aj.... mrk biasanya rapi kl masang aksesoris dan bs banyak nanya soal masalah motor... :D
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Post by ZEXELGRIFONE »

Makasih reply-nya bro semua..

Ya akhirnya kemaren itu saya ga jadi pasang saklar rahasia..
biayanya kalo ndak salah kena 25rb.. (udah termasuk peralatan).

Mungkin mekaniknya itu bilang korslet kalo kena air kali ya?
Mungkin kehujanan atau kebanjiran..

Nah, sebaiknya tempat yg aman penempatannya dimana yak?
Ga banyak orang tau.. aman dari maling, trus aman dari air dan banjir..
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

Nah sekaran kebuktikan klo bengkelnya jg bermasalah....
tanya...ken....apa?????
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Post by ZEXELGRIFONE »

Menurut saya, bermasalah sih enggak bro..
cuman mungkin mereka menyarankan biar ga pasang. MUngkin terkait dengan garansi kelistrikan HOnda yg 1th..

Sebenernya kalo mau nekad pasang AHASSnya juga mau koq pak..

Cuman ada mekanik (setelah tanya sama salesnya ternyata yg nyaranin ga dipasang itu adalah kepala mekanik situ) yg nyaranin jangan dipasang itu tadi..
Ya akhirnya saya ga jadi pasang..

Dan lagi, bilangnya, masang kayak gitu itu mutus/motong kabel asli ya?
Saya sih pengennya kabel CDI itu ga maen dipotong, jadi masih tetep orisinil.. dan sewaktu-waktu saklar rahasia itu bisa dilepas dengan mudah..

Mohon pencerahan...
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

btw saklar rahasianya disimpen dimana bro.....
kasih tau ya tar gw colong motor nya hehehehe
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

Berux_bogor wrote:btw saklar rahasianya disimpen dimana bro.....
kasih tau ya tar gw colong motor nya hehehehe
om... tobat om...!!!













kl udah dapet korban, gw tampung yak...! :D:D:P
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Post by ZEXELGRIFONE »

Berux_bogor wrote:btw saklar rahasianya disimpen dimana bro.....
kasih tau ya tar gw colong motor nya hehehehe
Saklar Rahasianya masih ditoko boss.. belum beli...
silahkan aja colong saklarnya...

Asal jangan motornya.. :lol:


Malah OOT Gene..
User avatar
bharkie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
Location: Bandung

Post by bharkie »

hehe...pokoknya yang jelas cara itu aman sekali, ga ada alasan apapun buat dikhawatirkan...kalo soal kena bajir mah ga pake saklar rahasia juga emg berbahaya, bisa pada konslet, wong kerendem gitu...:P
lagian kita jangan terlalu percaya omongan mekanik 100%, banyak mekanik yang wawasan didunia otomotifnya minim banget, gw sering nanya ini itu sama mekanik, eh malah dijawabnya ngaler ngidul...kaga nyambung...

namanya juga modifikasi bro...pasti ada yang dirubah, yang penting pas bikin saklar rahasia ntu...dibikin rapih, trus dibikin socket lagi pas motong kabelnya, biar ntar kalo dicabut/kaga pake sklar rahasia lagi gampang, tinggal cabut aja, ga usah lepas selotip/sambungan kabel segala macem...

ZEXELGRIFONE wrote:Menurut saya, bermasalah sih enggak bro..
cuman mungkin mereka menyarankan biar ga pasang. MUngkin terkait dengan garansi kelistrikan HOnda yg 1th..

Sebenernya kalo mau nekad pasang AHASSnya juga mau koq pak..

Cuman ada mekanik (setelah tanya sama salesnya ternyata yg nyaranin ga dipasang itu adalah kepala mekanik situ) yg nyaranin jangan dipasang itu tadi..
Ya akhirnya saya ga jadi pasang..

Dan lagi, bilangnya, masang kayak gitu itu mutus/motong kabel asli ya?
Saya sih pengennya kabel CDI itu ga maen dipotong, jadi masih tetep orisinil.. dan sewaktu-waktu saklar rahasia itu bisa dilepas dengan mudah..

Mohon pencerahan...
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Post by ZEXELGRIFONE »

Makasih reply-nya bro..

Saya juga pengennya gitu..
bukan di isolasi.. tapi pake soket..

Makasih semua tuk infonya..
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by thomas89 »

sori ikut2 ya moderator..

gw sarannin sih dibawah jok.sebab gw juga kaya gitu, tapi sakalarnya khusus gw lupa namanya, pokoknya saklarnya tu kaya baut mur gitu lah..klo kita pengen nyalain motor, si baut (istilahnya) ditempelin di mur (istilahnya) yang cocok..pokoknya gitu deh, masalahnya g gak tau namanya sih..pokoknya ajip deh saklar yang gw pake ini..
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Gw dulu waktu masih tinggal di luar negri jg pernah masang di mobil accord gw, merek Ravelco.
Ini ada linknya: http://www.ravelco.com

Ga tau di Indonesia ada distributornya ga, kalo ada, gw sih recommend pake ravelco ini, banyak merek lain yg jg niru niru ravelco, ga tau apakah kualitas merek lain tsb jg sama dgn kualitas punya ravelco.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Dr pengalaman gw, gw dulu dikasih tau oleh pihak ravelco kalo setiap mobil itu lokasi pemasangan saklarnya biasanya ga slalu sama, utk mencegah para pencuri menghafal lokasi alat anti theft ravelco tsb.

Jd kalo you orang masang saklar rahasia ini, sebaiknya lokasi pemasangannya jgn kalian kasih tau ke org lain, lokasi pemasangan alatnya bukan sesuatu yg utk dipamer pamerkan, ini menyangkut keamanan mobil / motor you. Percuma namanya 'saklar rahasia', kalo ternyata lokasi pemasangan saklar tsb sdh tdk menjadi rahasia lg.
User avatar
Alexander
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re:

Post by Alexander »

calvin99 wrote:iya bro, tuh mekaniknya males tuh... minta ditabok duit dulu kali baru mau ngerjain..

gw pasang di mobil, ud 5 taon baek2 aj tuh..apalagi mobil yg jelas2 ud pake ECU segala.. gpp tuh
Didalam elektrik emang rawan memutus suatu hubungan elektrik dengan memakai saklar, memang beberapa AHASS tidak merekomendasikan hal itu karena saklar merupakan hambatan yg nantinya akan berpengaruh dengan pengapian motor.
Gw rasa bukan masalah duit, ada beberapa mekanik yg mau kok, tapi sebelumnya merekomendasi untuk tidak diputus dari koil atau CDI.
G punya pengalaman memutus langsung dari CDI, setelah sebulan pake (Pas lagi musim2 hujan dan keseringan nyuci), motor g ngadat dan g terpaksa dorong sampe kerumah. Ternyata setelah dicek terjadi korsleting diseputar kabel dan saklar.
Mungkin laen hal kalo dipasang dimobil yg d iinstal dibawah dashboard, pasti aman dari air dan tangan-tangan jahil diparkiran.
Direkomendasikan untuk memakai anti maling aftermarket yg banyak dijual di toko aksesories motor, dan usahakan kabel dan saklar diperhatikan agar terbebas dari air hujan dan sewaktu mencuci.
CMIIW....
Get home safe, respect road rules !
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by TUFF Stough »

Sekedar nambahin informasi, bukan mo promosi. Ini aku co-pas dari milist S2W. Nama alatnya Gap Raptor. Mungkin ada yang bisa kasih review:
Posted by: "cah sapiladahitam" [email protected]
Mon Feb 18, 2008 10:34 pm (PST)
coba gw rangkum yah :
1. Bisa untuk motor2 laen selain matic and bebek standar?
jawab : sangat bisa.
2. harga?
190ribu utk anggota utama s2w dan 200ribu utk umum ( sudah termasuk
ongkos pasang )
3. barangnya kayak apa?
raptor bekerja bukan dgn bikin saklar tambahan men...kalo saklar mah
gampang ketauan, alatnya bekerja dgn sistem sensor yg berfungsi memutus
aliran listrik dr accu yg di motor standar biasanya dinyalain dgn memutar
kunci kontak pada posisi ON, dgn media di motornya adlh baut2 body ( yg
penting dr bahan logam ) dan kita hanya perlu menyentuh sensor tsb dgn
tangan spy koneksi dr kunci kontak ke accu bisa tersambung lagi ( harus kena
kulit yah...kalo pake sarung tangan full mah kagak nyala2 ntar...hehehehehe
), posisi baut sensor bisa ente modifikasi sendiri sesuai keinginan, kira2
yg plg aman ada dmn tuh...kalo gw nyaranin sih di baut manifold knalpot aja
men....hwehehehehe...kidding men...jadi ibaratnya, selama sensornya gak
disentuh, walau kunci kontak udh di posisi ON, motor ente gak bakalan nyala,
walau pake kick starter sekalipun atau dgn sistem "underbone" ( didorong
kayak nyalain mobil mogok ), tetep aja gak bisa nyala...

any further question ato mgkn jawaban gw kurang jelas?? please contact me @
021-98013341/081310224664 ato temen gw ( Boy ) @ 08170977727
guesss
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by guesss »

bro... gw mau pasang juga nih saklar begini di mio gw. biasanya, selain motong kabel CDI, motong kabel apa lagi ya?

kl CDI berarti mutus sambungan dari CDI ke apa nih?

gw rencana motong kabel buat fuse aja, artinya sama kaya cabut fuse nya.

ada masukan bro?
User avatar
sbp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sat May 03, 2008 9:46
Location: no where

Re: Pasang Saklar Rahasia

Post by sbp »

konslet memang benar bisa terjadi klo yg dipotong kabel cdi yg dialiri arus listrik, klo gak percaya silahkan coba ...:D

yg paling aman memutus kabel massa cdi ato ngakalin kabel di kontak...trik iini udah banyak diterapkan dan aman...klo main potong kabel arus CDI ya itu tadi resiko, tp klo kabel masa paling mentok motor gak mau nyala doang...

bengkel eces aja bro pasang beginian...

tp klo masalah garansi kelistrikan memang rumit...klo gak mau resiko angus garansi pasang gembok aja yg bagus yg 'hardened', bsa pasang di cakram depan sama belakang....