GL ada KEYLESS ENTRY???

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

tukang sapu wrote:Kalo dengar yg kontra kok saya jadi kepikiran kalo satu2nya mobil yg keyless seperti anda maksudkan cuma mercedes S class yg cuma pake either sidik jari atau kartu kode.
hihi.. no offense.. baca dulu yang bener pak.. sori, banyak yang udah pake keyless entry.. tapi gw sendiri belom liat brosur toyota (*gak tau avanza/rush gw gak punya*) dan brosur honda dan brosur suzuki yang menyebutkan mobilnya pake keyless entry system kecuali bener2 pake.. gak ada mobil mereka yang pake alarm aja trus semena-mena mereka sebut itu teknologi keyless entry.. hihi..

Ya terserah anda aja sih mau nyebut livina keyless entry, innova keyless entry, ato avanza keyless entry.. kalo kebetulan punya salah satu kan bisa bikin sedikit puas.. *no offense again* kalo gw pribadi gak akan pernah menyebut vios 03 ato innova 05, ato aerio 03, ato kijang 97&2000 ato karimun yang gw punya dan pernah punya itu keyless entry..(walaupun semuanya udah beralarm toyota/suzuki sejak dibeli..)
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

hunter wrote:
datsu wrote:Hmm.. masalah definisi dari link yang dikasih bung hunter.. itu kan remote keyless system.. itu definisi harfiah secara umum.. Disini kesalahan justru ada di NMI yang mendefinisikan suatu fitur bernama keyless entry secara SANGAT harfiah.. padahal definisi fitur ini udah seragam di dunia...
wah soal harfiah atau tdk harfiah. saya kurang ngarti deh..:) apa sih artinya harfiah? (ini pertanyaan beneran).
maksudnya untuk menjual suatu produk, fitur2 yg diberikan gak boleh memakai nama istilah umum? jadi mobil gak boleh ditawarkan memiliki fitur "power window, electric mirror", dll ? jadi harus ada suatu trade mark, atau definisi ciptaan sendiri ?

anyway di link wikipedia:
A remote keyless system can include both a remote keyless entry system (RKE) and a remote keyless ignition system (RKI).

The functions of a remote keyless entry system are contained on a small, hand-held fob attached to the keychain or built into the ignition key handle itself. Buttons are set aside to either lock or unlock the doors, plus open the trunk (or, on sport utility vehicles and station wagons, unlock/open the rear tailgate). Some cars will also close any open windows and roof when remotely locking the car. On many newer cars, the remote keyless fob also contains a button to activate the car alarm.

Some cars engines with remote keyless ignition systems can be started by the push of a button on the handheld fob.
bukannya ngebela NMI, tapi kalo saya pribadi, tdk melihat adanya penipuan. kalo yg saya liat sih emang pengertian orang aja yg beda2. pdhal dr definisi juga jelas2 tdk menyebutkan bahwa keyless entry itu adl seperti "pd jarak tertentu dapat lock/unlock, tanpa pencet tombol pd remote". itu saja....

kalo memang maksudnya definisi suatu fitur keyless entry disebut udah seragam di dunia, kenapa di wikipedia n penjelasan di internet, rata2 masih sama, tdk menyebutkan bhw fitur tsb harus ada fitur advancednya, yaitu tanpa pencet tombol sdh bisa lock/unlock ?
harfiah itu langsung artiin secara bahasanya.. dari bahasa inggris ke indo.. kalo gitu mah keyless entry asal masuk tanpa kunci itu namanya keyless.. mau motong kabel ato pake penggaris selama bukan kunci ya keyless.. hehehe..

just FYI.. wikipedia itu bisa diinput oleh siapa aja.. saya bisa, anda bisa.. gak bisa dijadikan pegangan total.. monggo kalo anda bisa menemukan definisi yang mendukung statement anda dari website otomotif yang memang punya kredibilitas, mungkin anda bisa merubah pikiran saya..

istilah ini memang sudah seragam.. kaya istilah power window.. (masa mau diartikan jendela yang punya tenaga? hehehehe..) Kalo ditulis power window dan buka jendelanya masih pake engkol anda marah gak pak? nanti ATPM bisa aja berdalih itu power window koq.. Jendela yang dibuka pake tenaga..tenaga manusia..
Ato electric mirror.. eh malah dikasih spion manual dengan kemampuan mengeluarkan listrik buat nyetrum maling.. hehehe.. namanya bakal tetep electric mirror kah? gak salah koq.. tapi apa tidak menipu konsumen yang udah terbiasa dengan definisi yang normal..?

But again, jangan termakan sama omongan saya.. anda mau nyebut GL keyless, innova keyless, ato bahkan estilo keyless pun gak masalah.. itung2 kan biar tambah puas ama mobil sendiri.. hehehe.. *no offense*

*gw gak bela suatu merek/produk disini..cuman mau meluruskan istilah biar gak ada yang merasa dirugiin*
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

http://www.bmwgroup.com/bmwgroup_prod/e ... /home.html

Cuplikannya..
BMW has already realised the vision of unlocking and locking vehicles, as well as starting the engine, without active intervention by the driver or the need to use a key. "Keyless entry" and "keyless go", features of the Comfort Access System (CAS), were first implemented in the 7-Series range, which was introduced in 2001. The main component of this system is an identification transponder (ID transponder) - the so-called new "BMW key". The ID transponder only has to near the vehicle, for example in the driver's trouser pocket, to allow the doors and boot to be unlocked or locked just by touching the handle. In the same way, the engine can be started by pressing the start/stop button.

Although, for the driver, this process sounds simple and above all convenient, the system behind it relies on highly sophisticated technology and is based on the principle of electronic immobilisation. Using encrypted codes, a complex arithmetic operation is performed until the ID transponder is conclusively identified and access is finally granted. This type of authentication process is initiated when opening and closing the car, and also starting the engine. These individual steps, referred to as passive entry, passive exit and passive go, always follow a similar order, explained by Dr Fuchs using the opening of the doors as an example: "A sensor positioned on the exterior door handle is able to recognise when the vehicle owner carrying the appropriate ID transponder is approaching the vehicle. A ferrite coil attached to the sensor sends a signal to the ID transponder, requesting code identification - we call this "challenge". The request is subsequently answered with a "response". The signal's request for identification is simultaneously transmitted to the Comfort Access System where the response code provided by the ID transponder is also arithmetically calculated. The two results are checked to ensure that they match, as in the case of the electronic immobiliser; the Comfort Access System will only grant access when this is confirmed."

Finally, a sensor recognises when the door handle is pulled and the central locking is deactivated. This process takes place in just a matter of seconds and goes unnoticed by the driver because by the time he or she pulls on the door handle, the Comfort Access System has already authenticated access permission by communicating with the ID transponder.
Bahkan BMW memodif keyless entry sehingga lebih canggih (kunci baru kebuka ketika handle pintu ditarik) tapi merubah nama marketingnya supaya orang gak salah kaprah dengan keyless entry "biasa"
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

datsu wrote:just FYI.. wikipedia itu bisa diinput oleh siapa aja.. saya bisa, anda bisa.. gak bisa dijadikan pegangan total.. monggo kalo anda bisa menemukan definisi yang mendukung statement anda dari website otomotif yang memang punya kredibilitas, mungkin anda bisa merubah pikiran saya..

But again, jangan termakan sama omongan saya.. anda mau nyebut GL keyless, innova keyless, ato bahkan estilo keyless pun gak masalah.. itung2 kan biar tambah puas ama mobil sendiri.. hehehe.. *no offense*

*gw gak bela suatu merek/produk disini..cuman mau meluruskan istilah biar gak ada yang merasa dirugiin*
hehe tenang saja bung datsu, saya tdk akan berlebihan. ini hanya just for the sake of my knowledge. soalnya saya juga tdk suka kalo salah mengerti. wikie emang bisa dibuat siapa saja, tp biasanya ada yg review n kalo salah akan ada yg kasih tahu. anyway, fair enough, wiki is not a reliable source.

saya sih gak mau maksa nyebut GL punya keyless entry, saya hanya mau tahu istilah keyless entry yg sesungguhnya saja. jd sama, cuman mau meluruskan otak saya.

ternyata susah juga nyari2 info ttg istilah ini di internet, krn masing2 pabrikan sdh banyak yg memodifikasi fungsi ini, apalagi jaman sekarang yg sdh canggih. tp saya sempet juga liat2 BMW Comfort Access System.

kalo liat dictionary: http://encarta.msn.com/dictionary_56153 ... entry.html
remote-control unlocking system: a system that enables the user to unlock a door and gain entry to something, especially a vehicle, by means of a remote-control device instead of a key

keyless entry system itu sebetulnya istilah umum, tdk spesifik harus "mencet tombol" atau harus "tdk perlu pencet tombol". jd gak ada yg salah IMHO.

disni ada penjelasan: http://www.wisegeek.com/what-is-keyless-entry.htm
is a standard feature in vehicles that have installed alarm systems. A small battery operated device or remote hangs on the key chain and features one or more buttons for arming and disarming the alarm. The button operates the door locks as well. When one approaches the car, a press of the button will not only disarm the alarm, but unlock the driver's door, making it unnecessary to use a key. Hence, it allows keyless entry.
gak tau, menurut anda ini valid, kompeten atau tdk.

tapi, maksudku, kebanyakan penjelasan keyless entry itu dengan tombol. kecuali yg sudah advanced, spt Mercedes keyless entry and ignition yg disebut Keyless Go, BMW Comfort Access System.

di website ini: http://auto.howstuffworks.com/remote-entry.htm juga ada tombolnya untuk lock/unlock.

yg lucunya, saya cari2 di internet, ketemu di website patent US, dulu2 dr tahun 1984 atau 1988, sdh ada patennya di US. dan lucunya lagi Assignee-nya (yg mendapat patennya) adl Nissan US. :)

tahun 1988: http://www.patentstorm.us/patents/4737784.html patennya di-apply/requestnya dr tahun 1984.
A keyless entry system can lock and unlock an automotive vehicle door, a trunk lid, a glove box and/or a steering column without an ignition key. The system comprises a transmitter producing a radio signal indicative of a preset unique code, and a controller receiving the radio signal and performing desired locking or unlocking operation when the code from the transmitter matches a preset code. A manual switch is provided to order the transmitter to transmit the code-indicative radio signal to the controller. The transmitter encloses a battery acting as a power source. A battery checker is provided to produce an alarm when the battery voltage becomes lower than a predetermined voltage.
tahun 1990: http://www.patentstorm.us/patents/48980 ... ption.html kalo yg ini requestnya dr tahun 1988.

anyway, bung datsu, anda mungkin saja benar. jaman skarang yg sdh canggih2, mobil2 mahal kayak BMW, Mercy bahkan yg umum2 spt Toyota, Honda, Nissan, dkkkkk sejagad, banyak yg mengaplikasikan keyless entry yg tanpa perlu pencet tombol. tp, saya yakin 100% n percaya bhw pd awalnya keyless entry diciptakan jaman dulu, pasti pd awalnya memakai tombol untuk lock/unlock, baru teknologi jaman2 modern saja yg tdk perlu pencet tombol. soal, apakah istilah keyless entry sdh berubah artinya atau apakah skrng layak disebut lagi keyless entry atau tdk, itu topik bahasan yg lain lagi deh...

oke deh, bung datsu sampai sini saja deh saya diskusinya. saya gak bilang saya yg benar, tp saya coba memberikan data2 yg saya dpt dr internet. anyway thank you very much for the knowledge...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

datsu wrote:
uch wrote:Seingat saya justru dulu Innova yg pertama mengaburkan istilah "keyless entry" ini. Brosur2 Innova yg generasi pertama menulis "Immobilizer" dan "Keyless Entry". Kalo nggak salah pernah masuk salah satu media otomotif deh...
Ada buktinya tak? Saya megang semua brosur innova dan fortuner mulai dari yang selembar sampe yang berbetuk booklet.. gak ada satupun tuh yang bilang toyota keyless entry.. cuman ada INTEGRATED TOYOTA SECURITY SYSTEM dengan IMMOBILIZER.. nothin about keyless entry..
Ntar gw tanya paman google, siapa tau ada. Gw nggak punya brosur nya tapi pernah baca di salah satu media yg bahas banyak konsumen kecewa karena ternyata Immobilizer dan Keyless Entry tidak ada di Innova.

Kayak Immobilizer itu jg, ternyata (katanya) kunci duplikat buatan kaki lima jg bisa dipake di Innova. Padahal kan kalo pengertian yg umum sebelumnya selama ini, Immobilizer itu berarti hanya kunci dgn chip dan pin tertentu yg berkomunikasi dgn ECU, yg bisa menghidupkan mesin.

Saya bukan mo bela2 in Livina atau jelekin Innova, cuma mau nunjukin how the marketer works. Di semua ATPM. Jgn sampe beranggapan ATPM yg ini jujur2 dan nggak punya trick macem2 sementara yg sono suka boong.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

uch wrote: Ntar gw tanya paman google, siapa tau ada. Gw nggak punya brosur nya tapi pernah baca di salah satu media yg bahas banyak konsumen kecewa karena ternyata Immobilizer dan Keyless Entry tidak ada di Innova.

Kayak Immobilizer itu jg, ternyata (katanya) kunci duplikat buatan kaki lima jg bisa dipake di Innova. Padahal kan kalo pengertian yg umum sebelumnya selama ini, Immobilizer itu berarti hanya kunci dgn chip dan pin tertentu yg berkomunikasi dgn ECU, yg bisa menghidupkan mesin.

Saya bukan mo bela2 in Livina atau jelekin Innova, cuma mau nunjukin how the marketer works. Di semua ATPM. Jgn sampe beranggapan ATPM yg ini jujur2 dan nggak punya trick macem2 sementara yg sono suka boong.
Hehehe.. brosur inova edisi pertama gw.. TAA di tipe G&V dan immobilizer di V.. coba cek yang kecewa itu punya tipe apa? hehehe... iya sih.. yang penting gak ada yang merasa dirugikan..

tapi gini.. seandainya memang benar dulu toyota menipu di brosur innova dan sekrng gak.. dan skrng udah gak ada lagi brosur dia yang menipu.. itu artinya toyota belajar.. gw gak mau jelek2in NMI, tapi dulu nissan sangat rapih dan jujur waktu masih menjual mobil mahal semua.. skrng mereka malah ikut2an toyota dulu..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

hunter wrote:
datsu wrote:just FYI.. wikipedia itu bisa diinput oleh siapa aja.. saya bisa, anda bisa.. gak bisa dijadikan pegangan total.. monggo kalo anda bisa menemukan definisi yang mendukung statement anda dari website otomotif yang memang punya kredibilitas, mungkin anda bisa merubah pikiran saya..

But again, jangan termakan sama omongan saya.. anda mau nyebut GL keyless, innova keyless, ato bahkan estilo keyless pun gak masalah.. itung2 kan biar tambah puas ama mobil sendiri.. hehehe.. *no offense*

*gw gak bela suatu merek/produk disini..cuman mau meluruskan istilah biar gak ada yang merasa dirugiin*
hehe tenang saja bung datsu, saya tdk akan berlebihan. ini hanya just for the sake of my knowledge. soalnya saya juga tdk suka kalo salah mengerti. wikie emang bisa dibuat siapa saja, tp biasanya ada yg review n kalo salah akan ada yg kasih tahu. anyway, fair enough, wiki is not a reliable source.

saya sih gak mau maksa nyebut GL punya keyless entry, saya hanya mau tahu istilah keyless entry yg sesungguhnya saja. jd sama, cuman mau meluruskan otak saya.

ternyata susah juga nyari2 info ttg istilah ini di internet, krn masing2 pabrikan sdh banyak yg memodifikasi fungsi ini, apalagi jaman sekarang yg sdh canggih. tp saya sempet juga liat2 BMW Comfort Access System.

kalo liat dictionary: http://encarta.msn.com/dictionary_56153 ... entry.html
remote-control unlocking system: a system that enables the user to unlock a door and gain entry to something, especially a vehicle, by means of a remote-control device instead of a key

keyless entry system itu sebetulnya istilah umum, tdk spesifik harus "mencet tombol" atau harus "tdk perlu pencet tombol". jd gak ada yg salah IMHO.

disni ada penjelasan: http://www.wisegeek.com/what-is-keyless-entry.htm
is a standard feature in vehicles that have installed alarm systems. A small battery operated device or remote hangs on the key chain and features one or more buttons for arming and disarming the alarm. The button operates the door locks as well. When one approaches the car, a press of the button will not only disarm the alarm, but unlock the driver's door, making it unnecessary to use a key. Hence, it allows keyless entry.
gak tau, menurut anda ini valid, kompeten atau tdk.

tapi, maksudku, kebanyakan penjelasan keyless entry itu dengan tombol. kecuali yg sudah advanced, spt Mercedes keyless entry and ignition yg disebut Keyless Go, BMW Comfort Access System.

di website ini: http://auto.howstuffworks.com/remote-entry.htm juga ada tombolnya untuk lock/unlock.

yg lucunya, saya cari2 di internet, ketemu di website patent US, dulu2 dr tahun 1984 atau 1988, sdh ada patennya di US. dan lucunya lagi Assignee-nya (yg mendapat patennya) adl Nissan US. :)

tahun 1988: http://www.patentstorm.us/patents/4737784.html patennya di-apply/requestnya dr tahun 1984.
A keyless entry system can lock and unlock an automotive vehicle door, a trunk lid, a glove box and/or a steering column without an ignition key. The system comprises a transmitter producing a radio signal indicative of a preset unique code, and a controller receiving the radio signal and performing desired locking or unlocking operation when the code from the transmitter matches a preset code. A manual switch is provided to order the transmitter to transmit the code-indicative radio signal to the controller. The transmitter encloses a battery acting as a power source. A battery checker is provided to produce an alarm when the battery voltage becomes lower than a predetermined voltage.
tahun 1990: http://www.patentstorm.us/patents/48980 ... ption.html kalo yg ini requestnya dr tahun 1988.

anyway, bung datsu, anda mungkin saja benar. jaman skarang yg sdh canggih2, mobil2 mahal kayak BMW, Mercy bahkan yg umum2 spt Toyota, Honda, Nissan, dkkkkk sejagad, banyak yg mengaplikasikan keyless entry yg tanpa perlu pencet tombol. tp, saya yakin 100% n percaya bhw pd awalnya keyless entry diciptakan jaman dulu, pasti pd awalnya memakai tombol untuk lock/unlock, baru teknologi jaman2 modern saja yg tdk perlu pencet tombol. soal, apakah istilah keyless entry sdh berubah artinya atau apakah skrng layak disebut lagi keyless entry atau tdk, itu topik bahasan yg lain lagi deh...

oke deh, bung datsu sampai sini saja deh saya diskusinya. saya gak bilang saya yg benar, tp saya coba memberikan data2 yg saya dpt dr internet. anyway thank you very much for the knowledge...
hehehe.. kita kan diskusi sehat bos.. bagus buat nambah dan memperbaiki ilmu.. *keep peace*
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

datsu wrote:hehehe.. kita kan diskusi sehat bos.. bagus buat nambah dan memperbaiki ilmu.. *keep peace*
iya, ini model diskusi yg saya suka, mangkanya panjang lebar juga gak masalah. :wink: :e-clap:
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Kalo soal apa yg ditulis di brosur sih, itu terserah yg bikin brosur kan nggak mungkin semua info mereka masukin brosur. Produsen pasti hanya memasukkan info berdasarkan apa yg hendak mereka tonjolkan.

Hanya karena mereka tidak masukkan ke brosur bukan berarti tidak ada kan fitur itu. Dari tahun jebot sejak saya pake alarm di mobil honda grand civic saya juga itu sudah termasuk keyless entry hanya saja saat itu belum muncul istilah seperti itu.
datsu wrote:
tukang sapu wrote:Kalo dengar yg kontra kok saya jadi kepikiran kalo satu2nya mobil yg keyless seperti anda maksudkan cuma mercedes S class yg cuma pake either sidik jari atau kartu kode.
hihi.. no offense.. baca dulu yang bener pak.. sori, banyak yang udah pake keyless entry.. tapi gw sendiri belom liat brosur toyota (*gak tau avanza/rush gw gak punya*) dan brosur honda dan brosur suzuki yang menyebutkan mobilnya pake keyless entry system kecuali bener2 pake.. gak ada mobil mereka yang pake alarm aja trus semena-mena mereka sebut itu teknologi keyless entry.. hihi..

Ya terserah anda aja sih mau nyebut livina keyless entry, innova keyless entry, ato avanza keyless entry.. kalo kebetulan punya salah satu kan bisa bikin sedikit puas.. *no offense again* kalo gw pribadi gak akan pernah menyebut vios 03 ato innova 05, ato aerio 03, ato kijang 97&2000 ato karimun yang gw punya dan pernah punya itu keyless entry..(walaupun semuanya udah beralarm toyota/suzuki sejak dibeli..)
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Bener mobil civic life yg udah mau mati kalo bisa dipasangin alarm yg pake remote juga bisa dibilang keyless entry, ini bukan sesuatu yg luar biasa. Cuma saja dipakai oleh marketing dari produsen sebagai point untuk menjual produknya sehingga dibuat njelimet dan kedengarannya wah.

Konsumen di indonesia kebanyakan masih pada katro/bodoh sehingga mudah termakan mis-information yg dilakukan oleh produsen. Makanya Nokia communicator/E90 bisa laku bak kacang goreng walaupun sipembeli cuma pake itu telepon untuk nelepon dan sms doang.

tigor wrote:
tukang sapu wrote:Kok repot soal keyless entry sih, gini aja gampangnya bisa gak masuk mobil tanpa pake kunci pada lubang kunci? Kalo bisa ya berarti keyless entry = masuk tanpa pake kunci (maling nyolong tanpa kunci tidak termasuk).

Gitu aja kok repot.
Horeee...DX tetangga gwa pake keyless entry juga yah, dia ndak pake kunci, cuman pencet tombol remote, dah kebuka pintunya. :e-clap:
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

[quote="uch
Kayak Immobilizer itu jg, ternyata (katanya) kunci duplikat buatan kaki lima jg bisa dipake di Innova. Padahal kan kalo pengertian yg umum sebelumnya selama ini, Immobilizer itu berarti hanya kunci dgn chip dan pin tertentu yg berkomunikasi dgn ECU, yg bisa menghidupkan mesin.

.[/quote]

Kl masalah keyless entry yg ternyata Cuma alarm biasa aja, OK lah, perdebatan masih bisa panjang antara literal meaning or not. Tp kl masalah immobilizer, well that’s another different issue.kl bener yg dituduhkan di atas, kunci buatan pinggir jalan bisa menghidupkan mesin mobil (Innova) yg harusnya immobilizer, nah ini masalah serius dan bisa dikategorikan penipuan ke konsumen IMHO.
Gue blm pernah coba sih, apa bener kunci buatan pinggir jalan bisa idupin msin mobil gue yg katanya pk immobilizer,and mobil gue bukan innova ya jd gak bisa dicheck jg tuduhan di atas itu.Cuma utk dptin kunci duplikat buat mobil gue itu dr TAM, yg gue tau prosedurnya lumayan ngejlimet yah, blm lg harga blank key (yg chipnya blm diprogram) itu sendiri sekitar 1,6 jt per piece, kl immobilizernya gak bekerja, bener2 keterlaluan
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Hihi... banyak juga konsumen indonesia yang katro/bodoh gak mau menerima kekurangan mobilnya, atopun menganggap mobilnya udah pake teknologi tercanggih.. :D makanya innova bisa laku, livina bisa laku, avanza bisa laku, padahal di harga segitu mereka bisa dapet SX4 yang WAH.. hehehe...

Btw, untuk kasus immobilizer emang parah juga.. ada gak pemilik innova V batch awal atau innova G&V facelift 1 yang pernah nyoba?
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Sebenernya bahaya tuh buat nissan.. ada konsumen yang kritis bisa disue tuh ke YLKI.. bung hunter.. terlepas dari masalah terminologi di wikipedia.. benak semua orang itu tahunya keyless entry yah kaya gitu deh... liat quote bung datsu ini.. bukan "keyless entry" kan ditulisnya? bung nissan.. better suruh revisi tuh brosurnya.. daripada jadi masalah. itu mah udah jelas.. salah tulis
datsu wrote:
uch wrote:Seingat saya justru dulu Innova yg pertama mengaburkan istilah "keyless entry" ini. Brosur2 Innova yg generasi pertama menulis "Immobilizer" dan "Keyless Entry". Kalo nggak salah pernah masuk salah satu media otomotif deh...
Ada buktinya tak? Saya megang semua brosur innova dan fortuner mulai dari yang selembar sampe yang berbetuk booklet.. gak ada satupun tuh yang bilang toyota keyless entry.. cuman ada INTEGRATED TOYOTA SECURITY SYSTEM dengan IMMOBILIZER.. nothin about keyless entry..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Sebenernya bahaya tuh buat nissan.. ada konsumen yang kritis bisa disue tuh ke YLKI.. bung hunter.. terlepas dari masalah terminologi di wikipedia.. benak semua orang itu tahunya keyless entry yah kaya gitu deh... liat quote bung datsu ini.. bukan "keyless entry" kan ditulisnya? bung nissan.. better suruh revisi tuh brosurnya.. daripada jadi masalah. itu mah udah jelas.. salah tulis
datsu wrote:
uch wrote:Seingat saya justru dulu Innova yg pertama mengaburkan istilah "keyless entry" ini. Brosur2 Innova yg generasi pertama menulis "Immobilizer" dan "Keyless Entry". Kalo nggak salah pernah masuk salah satu media otomotif deh...
Ada buktinya tak? Saya megang semua brosur innova dan fortuner mulai dari yang selembar sampe yang berbetuk booklet.. gak ada satupun tuh yang bilang toyota keyless entry.. cuman ada INTEGRATED TOYOTA SECURITY SYSTEM dengan IMMOBILIZER.. nothin about keyless entry..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

kalo gitu, diseluruh buku panduan GL suruh aja cantumin definisi dari wikipedia ini biar pada ngerti.. selesai deh
hunter wrote:
datsu wrote:Hmm.. masalah definisi dari link yang dikasih bung hunter.. itu kan remote keyless system.. itu definisi harfiah secara umum.. Disini kesalahan justru ada di NMI yang mendefinisikan suatu fitur bernama keyless entry secara SANGAT harfiah.. padahal definisi fitur ini udah seragam di dunia...
wah soal harfiah atau tdk harfiah. saya kurang ngarti deh..:) apa sih artinya harfiah? (ini pertanyaan beneran).
maksudnya untuk menjual suatu produk, fitur2 yg diberikan gak boleh memakai nama istilah umum? jadi mobil gak boleh ditawarkan memiliki fitur "power window, electric mirror", dll ? jadi harus ada suatu trade mark, atau definisi ciptaan sendiri ?

anyway di link wikipedia:
A remote keyless system can include both a remote keyless entry system (RKE) and a remote keyless ignition system (RKI).

The functions of a remote keyless entry system are contained on a small, hand-held fob attached to the keychain or built into the ignition key handle itself. Buttons are set aside to either lock or unlock the doors, plus open the trunk (or, on sport utility vehicles and station wagons, unlock/open the rear tailgate). Some cars will also close any open windows and roof when remotely locking the car. On many newer cars, the remote keyless fob also contains a button to activate the car alarm.

Some cars engines with remote keyless ignition systems can be started by the push of a button on the handheld fob.
bukannya ngebela NMI, tapi kalo saya pribadi, tdk melihat adanya penipuan. kalo yg saya liat sih emang pengertian orang aja yg beda2. pdhal dr definisi juga jelas2 tdk menyebutkan bahwa keyless entry itu adl seperti "pd jarak tertentu dapat lock/unlock, tanpa pencet tombol pd remote". itu saja....

kalo memang maksudnya definisi suatu fitur keyless entry disebut udah seragam di dunia, kenapa di wikipedia n penjelasan di internet, rata2 masih sama, tdk menyebutkan bhw fitur tsb harus ada fitur advancednya, yaitu tanpa pencet tombol sdh bisa lock/unlock ?
User avatar
kucluk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Tue May 29, 2007 1:06

Post by kucluk »

ichsan_n wrote:kalo gitu, diseluruh buku panduan GL suruh aja cantumin definisi dari wikipedia ini biar pada ngerti.. selesai deh
Kalo gak salah di Nissan pake istilah intelligent key seperti pada Latio, New xtrail. Atau smart key pada Yaris & New Vios.
Dulu juga saya pernah dengar kalo GL Ultimate sudah pake Intelligent key, tapi kok setelah liat brosurnya ternyata nggak ada. kecele deh & akhirnya gak jadi ambil ultimate.
Keyless entry emang kalo liat dari segi bahasa sih sama sg remote (masuk mobil gak perlu pake kunci ) :lol: :lol:
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:Sebenernya bahaya tuh buat nissan.. ada konsumen yang kritis bisa disue tuh ke YLKI.. bung hunter.. terlepas dari masalah terminologi di wikipedia.. benak semua orang itu tahunya keyless entry yah kaya gitu deh...
bung ichsan... mau sue, sue aja... kalo perlu pake YLKI dkk.. saya sih gak urus... xixixixixi

soal benak semua orang... "semua orang" itu siapa? yakin 100% bhw benak semua orang? saya koq gak yakin ya.... :wink: saya sih tdk memihak, tp pernyataan benak semua orang bhw keyless entry spt yg dijelaskan bung datsu, juga gak 100% valid IMHO. sdh ah... :)
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:kalo gitu, diseluruh buku panduan GL suruh aja cantumin definisi dari wikipedia ini biar pada ngerti.. selesai deh
yeee..:) saya kan cuman mencari tahu, sebetulnya yg dimaksud keyless entry itu apaan. dan terbukti di internet, banyak yg menjelaskan keyless entry itu dengan memencet tombol. selanjutnya terserah yg lain deh.... :lol:
r3ynard
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sat Apr 21, 2007 16:56

Post by r3ynard »

memang kalau kita mau menuntut sih bisa saja..soalnya spesifikasi yang diberikan ada keyless entry (gak usah keluarin kunci dai kantong) dengan catatan didukung "INDIKATOR KEYLESS ENTRY" yang ada di brosur gambar dashboardnya...tetapi balik lagi sesuai catatan kecil dibawahnya...


"SPESIFIKASI DAPAT BERUBAH SEWAKTU-WAKTU"

:shock: :shock: :shock:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

plasworld88 wrote:
uch wrote: Kayak Immobilizer itu jg, ternyata (katanya) kunci duplikat buatan kaki lima jg bisa dipake di Innova. Padahal kan kalo pengertian yg umum sebelumnya selama ini, Immobilizer itu berarti hanya kunci dgn chip dan pin tertentu yg berkomunikasi dgn ECU, yg bisa menghidupkan mesin.

Kl masalah keyless entry yg ternyata Cuma alarm biasa aja, OK lah, perdebatan masih bisa panjang antara literal meaning or not. Tp kl masalah immobilizer, well that’s another different issue.kl bener yg dituduhkan di atas, kunci buatan pinggir jalan bisa menghidupkan mesin mobil (Innova) yg harusnya immobilizer, nah ini masalah serius dan bisa dikategorikan penipuan ke konsumen IMHO.
Gue blm pernah coba sih, apa bener kunci buatan pinggir jalan bisa idupin msin mobil gue yg katanya pk immobilizer,and mobil gue bukan innova ya jd gak bisa dicheck jg tuduhan di atas itu.Cuma utk dptin kunci duplikat buat mobil gue itu dr TAM, yg gue tau prosedurnya lumayan ngejlimet yah, blm lg harga blank key (yg chipnya blm diprogram) itu sendiri sekitar 1,6 jt per piece, kl immobilizernya gak bekerja, bener2 keterlaluan.
Bos, coba diliat2 di link berikut ttg security Innova yg "immobilizer" itu. Security Innova E yg aslinya tidak pake alarm, tapi dipasangin alarm di dealer ternyata lebih canggih dari security Innova G & V yg udah dipasangin alarm dari sononya. Ini sebenarnya kasus udah lama. Nggak tau sekarang apakah sudah upgrade, atau apakah kata "immobilizer" dihilangkan dari brosur/spec atau masih tetap bersekukuh dgn immo versi meraka.

Di bilang penipuan jg, mereka (TAM) bisa berkelit karna istilah lengkapnya "Toyota Alarm dengan Immobilizer". Kalo dituntut kan mereka bisa ngelak " Lho, udah jelaskan. Ini Immobilizer versi TAM.."


http://www.otomotif-online.com/art_ceta ... artid=5066

Sorry buat TS, OOT jg lanjut nih.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

itu artikel otomotif online kapan punya ya?
apakah innova skrng alarm-nya msh seperti itu?
si GL juga alarmnya seperti itu tuh, tdk ada immobilizer-nya. simpel banget. :)
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

AHAHAHAHA!!! iya yah ada kalimat sakti ini.. "dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu"... tapi.. setelah dirubah, ya pas jual jangan tetep dibilang alarm canggih doannk ahh kesannya.

r3ynard wrote:...tetapi balik lagi sesuai catatan kecil dibawahnya...


"SPESIFIKASI DAPAT BERUBAH SEWAKTU-WAKTU"

:shock: :shock: :shock:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

emang dasar manusia rubah....













*Spesifikasi dapat dikurangi kalau udah laku :lol:
Image
User avatar
kucluk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Tue May 29, 2007 1:06

Post by kucluk »

hunter wrote:itu artikel otomotif online kapan punya ya?
apakah innova skrng alarm-nya msh seperti itu?
si GL juga alarmnya seperti itu tuh, tdk ada immobilizer-nya. simpel banget. :)
Ya betul, meskipun sudah kita kunci pake remote, bisa kita buka pake kunci manual & nyalain mobil ....
Mangkanya gimana nih, udah ada yg ganti alarm belum ?? kasih info dong ...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Tenanggg BRoooo... juli unit gw rencananya keluar nih.. bakalan gw bredeelll itu alarm ganti clifford!! mobil kalo ilang repot jg euy walaupun udah asuransi..
kucluk wrote:
hunter wrote:itu artikel otomotif online kapan punya ya?
apakah innova skrng alarm-nya msh seperti itu?
si GL juga alarmnya seperti itu tuh, tdk ada immobilizer-nya. simpel banget. :)
Ya betul, meskipun sudah kita kunci pake remote, bisa kita buka pake kunci manual & nyalain mobil ....
Mangkanya gimana nih, udah ada yg ganti alarm belum ?? kasih info dong ...