7 skenario kecelakaan motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

7 skenario kecelakaan motor

Post by alvika99 »

Diambil dari website yamaha:

7 Peti Mati (7 Deadly Bins)

Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.

1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)

Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

Cara menghindar kesalahan :
- jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.

2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)

Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.

Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.

Cara menghindar kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.

3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)

Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.

Cara menghindar kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)

Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)

Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

Apa yg salah :
4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)

Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)

Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%

Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%

-------------------------------------------------------------
artikel investigasi khusus ini disadur bebas dari kolom Feature "Stop Crashing" Superbike Magazine edisi April 2007 halaman 62, berjudul
"7 Deadly Bins and How to Avoid them", ditulis oleh Dave Bradford, foto oleh Graeme Brown & ilustrasi oleh Huw Williams.

(ditranslate oleh bro Alvie - HTML)
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Nice artikel....
Top!!!
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Wah, gw blom bisa membayangkan yg terjadi... Kalo ada visualisasinya pasti bisa ngerti..
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

yang nomer 7 tuh.... biasanya habis nabrak langsung jadi 'valentino rossi'...
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

gw sering jatoh akibat nomor 7, makanya sekarang gw ogah deket2 atau berparalel langsung dengan objek di depan. minimal agak ke kiri atau kanan dikit, supaya kalau terjadi rem mendadak, tidak nubruk langsung.
semoga selamat sampai duluan
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Yah minimal pedoman Safety Riding kudu diterapin dehhh.....
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

alvika99 wrote: 6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.
ngasih lampu sein aj blom tentu selamat, pa' lg yg gak ngasih lampu sein... tewassss...!!!!

terakhir, gw cilaka krn beginian...
ada motor laen mo mutar udah kagak ngasih sein, motong jalur pulakkk...!!
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

tambahan bro alvika..
sekarang ud tambah lagi kejadian baru..(ga baru.. tapi sekarang tambah sering..)

tabrak adu jangkrik..
tabrakan depan ama depan(sepeda motor)
pernah lihat dulu di depan sekul..

motor-motor..
tabrak..
3 orang tewas..
1 kritis..

gila orangnya kayak terbang gitu(pas kelempar bro..)werr...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

nice bro, moga2 di sticky
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

no.7 ma no.3 pernah gw alami meski ga ampe nabrak, pertama gw ampir nabrak mobil coz gw ada di belakang mobil angkot dengan jarak 5 meter mendadak tuh angkot berhenti alias ngasih aba2 mndadak gw gugup pikir gw nabrak tapi untung gw cepet banting stang jarak gw ma sudut mobil paling2 tinggal beberapa senti. klo yang kedua gw pernah nyalip mobil fuso yang bejajar belum kesalip semua dari depan ada mobil ngebut yah udah mo kembali kjalur ga bisa akhirnya gw mepetin bak fuso n tuh mobil yg dari depan mepet ke pinggir jalan n nabrak rambu2 jalan.... untung yg nyopir cewek n org kaya jadi ga minta ganti ma gw meski bempernya penyok n lampunya pada pecah...
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Post by ZEXELGRIFONE »

No 4 dan 7 itu yg bikin saya was-was..
kudu ekstra waspada..

Untuk no.7 apalagi yg didepan itu mobil box..
wah pandangan langsung sirna.. yah kudu ikutan pelan dan hati2..

Good Post anyway..
User avatar
tsu81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
Location: Neo Venezia

Post by tsu81 »

ah..... kehilangan kendali nomor 1 yah ?
yes, emang naik mtr (apalgi motornya kenceng) emang ini yang plg susah..... dan udah makan korban M600i gw T___T
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

DUh SEnya buat g aja daripada hancur..kakaak
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ya gitu deh namanya naik motor. Kalu belum pernah kecelakaan, jatoh atau tabrakan, belum jago namanya...

Btw yang termasuk bahaya juga lampu belakang motor. Banyak yg pake lampu putih or lampu sign yg ga dimatiin. Lampu putih bikin silau, trus signnya ngawur. Mau belok kanan, sign kiri nyala trus...
Accurate V5 Accounting System Consultant
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Post by Cloud »

bgs bgt infonya, sptnya hrs dipertimbangkan lg nh kalo ngebut,
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

Mungkin 7 Cara naas diatas belum lengkap dengan tambahan ini.

8. Hati-hati bila melihat anak kecil disekitar jalan yang anda lalui memainkan layang-layang, petasan atau bola. kena benang layang gelasan leher mungkin luka atau putus, petasan bikin kaget lantas grogi, kena tembakan penalti juga ngak lucu.

9. Hati-hati bila bertemu dengan mobil dengan tulisan " Latihan" hehehe mungkin aja walau anda dibelakang mobil itu tiba-tiba dia mundur...*#!@*#$

10. bagi anda yang rute utama dan sehari-hari melalui jembatan flyover dengan ketinggian +- 15 meter agar waspada dengan tiupan angin dari samping. berpengaruh buruk pada handling motor apalagi motor dibawah 100 cc.

11. Yang terakhir bagi pengendara mobil ... JANGAN PERNAH PERCAYA KEPADA SIAPAPUN DIJALAN YANG MENUNJUK KEARAH BAN MOBIL ANDA DENGAN MENGATAKAN " Ban-nya bocor". percaya saja kepada feeling anda . bila memang adanya gejala ban kempes perhatikan keadaan disekeliling anda bila ada yang mencurigakan atau adanya sekelompok orang yang ingin membantu urungkan niat anda untuk turun dari mobil.
no one's perfect
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Maaf nih... yang ini sudah belum ya.. :
Kalau saya naik mobil dari jalan kecil masuk ke jalan besar mau belok kekanan. Mata saya pasti menunggu mobil dari arah kiri khan... tapi banyak motor justru masuk / nyelak disisi kanan saya yaitu disudut yang sempit. Jadi pada waktu saya melihat ada kesempatan bergerak, saya menjepit motor tersebut. Sering sekali membuat kaget. Demikian juga sebaliknya kalau belok ke arah kiri, mata saya pasti ke kanan dan motor nyelak dari kiri.

Kalau dari jalan lancar ke jalan terhambat (lebih pelan) misalnya mendekati lampu lalu lintas. Banyak motor yang berpindah jalur melalui sela-2 mobil. Dan anehnya motor yang kebetulan dalam posisi berjalan lurus tidak mengurangi kecepatan. Jadi seeeeering sekali motor ketabrak motor...
Tapi seeeering juga.. motor menabrak penyeberang jalan. Karena pada saat lampu merah adalah kesempatan orang untuk menyeberang. Atau pada saat mobil memberi kesempatan orang untuk menyeberang. Anehnya, kadang-2 motor marah ke pengendara mobil... lalu mobil ditendang karena mengurangi kecepatan untuk memberi kesempatan orang menyeberang...
Sebetulnya kalau sudah masuk kedaerah yang lebih lambat, secara langsung kurangi kecepatan saja sudah bisa mengurangi kecelakaan.

Sebetulnya jalur khusus untuk motor itu ada bagusnya juga.... karena terus terang saya suka bingung.. kalau di jalan yang lebar, sebelah kanan dan kiri saya ada motor yang kecepatannya berbeda... mau nyusul susah, mau nungguin motor juga susah... Kalau semua berada di satu jalur khan pengendara mobil bermanuvernya lebih mudah.

Sekarang, untuk menghindari itu semua, saya memutuskan untuk berangkat lebih pagi. Mobil lebih sedikit, motor sudah agak banyak. Jadi memang lebih banyak terjadi motor beradu dengan motor.
Karyawan saya ada 20 orang yang naik motor... saya juga menganjurkan mereka untuk berangkat lebih pagi. Ada 2 yang pernah kecelakaan sampai kakinya patah tapi ada satu yang meninggal kecelakaan karena berjalan kencang di samping mobil yang kemudian tiba-2 membelok kanan meskipun memberi sinyal tetapi jarak dengan belokan terlalu dekat. Semenjak itu semua karyawan saya wanti-2.. untuk lebih berhati-hati.
Dari Solo ke Oslo
Image
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

@ELJEPE jangnkan bro yang naik mobil bingung, gw yang naik sama2 motor aja bingung juga, biz banyak pengendara motor yang nyalip sekenanya aja alias prinsip a chance of a life time bwt nyalip jadi ada yg nyalip dari kiri n ada juga yang dari kanan malah ada juga yang maksa nyalip meski didepannya ada motor. so what.... begitulah watak orang2 Indonesia yg harus kita trima dengan hati rada ngedumel, meski kita hati2 klo orang lain ga hati2 ya sama aja khan ujung2nya...... braaak!!!!!!
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Post by ibar78 »

kalo ane sih dah 5 kali jatuh dan itu berbagai sebab.
1. waktu jatuh pertama sih gw ditabrak angkot [cencored]. ntu angkot ga ada remnya n nabrak gw. kejadiannya: ada orang nyebrang, trus mobil pertama rem cietttttttt....mobil kedua cieet juga...gw sambil ngepot brenti dengan possisi lurus eh angkot sialan nabrak gw brak.....simpulan:gw jatuh, motor soun gw bonyok lampu belakangnya n si sopir angkot ga bisa ganti karena baru narik n ga punya sim...duh dunia orang bego gini nyetir.....

2. ditabrak dari belakang juga dengan posisi gw jatuh dihajar ma bebek tengil yg dibawa ma abg. motor cbu gw radiatornya ancur mineh payah deh. akhirnya diganti sambil gontok2an.

3. terlalu ngebut n jatuh di bandung, tepatnya di moh toha abis dari pengalengan. padahal motor nsr baru dibenerin. footstep jatuh entah dimana lampu n bodi depan besot2 sambil ada warna hitam gosong bekas percikan api. tapi motor bisa di jalanin dari toha ke cimahi....pake gigi 3 mulu kekkekekek n jatuhnya tepat di depan kantor polisi moh toha.

4. jatuh ma calon bini di jembatan duern sawit gara2 anak abg bawa bebek vega dari kiri motong ke kanan...gubark gw jatuh ma calon bini. kelingking bini gw nyaris putus dan si abg kabur.

5. saking kenceng motor bis turun mesin, n gara2 orang nyebrang ga ngelihat kanan kiri akhirnya gw apes menghindar kena mobil boks n hantem pikap...untung motor masih bisa jalan n masih bisa ngebut. padahal, sok tabung kiri bawah motor ancur, batok lampu ancur..bah......magrib pula....


dari sekian kecelakaan itu, tangan n kaki kiri suka lecet2 n baret. alhamdulillah ga sampe diurut tapi lumayan bengkak n biru bahhhhhhhhh......makanya gw sekarang dendam ma motor bebek...gw jabanin n suka gw rem mendadak di depan mereka...bodo amat, mereka mulai gw ladenin dah....
:popcorn:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Iya ... pola pikir karyawan dan supir juga sudah saya rubah.
1. Berangkat jauh lebih awal... supaya tidak terburu-buru.
2. Hindari kecelakaan, maksudnya jangan berpikir : siapa yang salah, siapa yang sudah masuk duluan, tidak ada yang mau ngalah. Bersabarlah sampai semua betul-2 aman.
3. Meskipun karyawan , supir dan kendaraan sudah diasuransikan tapi yang namanya waktu tidak bisa diasuransikan. Mobil masuk bengkel, kita kehilangan waktu untuk mondar-mandir, badan kita masuk rumah sakit... keluarga harus datang menengok/menemani
4. Biasakan sebelum berangkat tugas... berdoa untuk keselamatan.

ljp.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Bro kalo gw jadi gubernur jalur busway bakal dijadiin jalur khusus motor :D
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Post by ibar78 »

sejak ada busway...macet tiap hari
:popcorn:
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

^itukan maunya sutiyoso...
maksa pengguna mobil biar mau make busway...
tp ora iso cak...!!

gagal maning... gagal maning...!!!
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

deleted
Last edited by €lj€p€ on Sun Oct 07, 2007 14:20, edited 1 time in total.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

pak eljepe,...bang yos kan sekarang dah resmi calonkan diri jadi capres pemilu 2009, kan warisan kebijakannya masih bisa diungkit-ungkit. Di transTV semalam ada acara dia sowan ke mbah marijan tuh, minta dukungan...hehehehe...