Mio mogok
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Jul 06, 2007 4:09
mio saya juga kemaren sempat bermasalah.. susah di start.. sudah saya ganti aki baru juga masih sering susah untuk start dan akhirnya mati total.. setelah diperiksa dibengkel lebih teliti.. rupanya ada kabel ke starter yang putus.. mungkin sebelumnya sudah sobek dan hampir putus..jadi kadang bisa dan kadang tidak. Dan akhirnya setelah kabelnya diganti sampai sekarang tokcer lagi tuh....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Re: Mio mogok
Wahh ini sekring dan sitem kelistrikan mio emang sering masalah bro.. klaim aja kalo masih baru. btw pasang aksesoris apa aja? kok aki bisa ngedrop cepet? apa masih standart? kalo masih standart, ada yang ngga beres pisan
mansetha wrote:saya punya maslah neh, mio susah start, apakah ada hubungannya dengan aki yg drop... sering juga bermasalah di sekringnya... trims
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Aug 19, 2007 14:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Wahh nouvo gw jg gini nih.. jadi kayanya harus ganti aki kali yah? bawaan standartnya akinya kurang bagus gitu yah? btw aki buat nouvo ada yang tahu ngga spechnya? apa sama kaya mio?
andryflix wrote:gua pake mio udah 2 taun, pas awal emang ada masalah susah start (pemakaian kurang kebih 3 bulan dari baru). Trus gua ganti aki nya pake aki kering merk "maxima". sampe sekarang gal pernah ada masalah lg ama aki/start. (umur aki udah kira2 1 taun 9 bulan).
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Jul 06, 2007 4:09
dari pengalaman gw sehabis setiap service rutin+ganti oli di bengkel jd dalam kondisi motor lg fresh... gw punya asumsi gini....kl setelan bensin/udara dibuat miinimal sehingga stasioner jd rada senyap dan emang bikin bensin rada irit, pasti starternya kurang tokcer, apalagi kalo pagi2 mesin dingin atau abis kehujanan diparkiran pasti harus diengkol..
tapi kalo setelan bensin/udara rada di-los ... bensin emang rada boros tapi starternya tokcer tuh baik mesin dingin ataupun motor kehujanan.
Makanya sekarang gw gak gitu suka stelan yang diirit2.. mendingan standar aja.. biar rada minum bensin tp gak ada masalah starter lagi... apa emang karakteristik mesin matic gini ya...gimana bro2 ada pendapat lain gak?
tapi kalo setelan bensin/udara rada di-los ... bensin emang rada boros tapi starternya tokcer tuh baik mesin dingin ataupun motor kehujanan.
Makanya sekarang gw gak gitu suka stelan yang diirit2.. mendingan standar aja.. biar rada minum bensin tp gak ada masalah starter lagi... apa emang karakteristik mesin matic gini ya...gimana bro2 ada pendapat lain gak?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
setuju bro, dan mungkin satu lagi.. penggunaan busi racing dan tipe BBM. Ada satu yang mungkin harus diketahui, kalau kita pakai busi tipe dingin (racing) dicampur dengan oktan tinggi, tapi kompresi motor kita adalah rendah maka ini akan menyebabkan motor akan susah untuk distarter apalagi dipagi hari dikarena kan busi dingin itu memang di tujukan agar tidak cepat panas sehingga mesin walaupun digeber2 tidak mudah mengalami overheat. yang benar adalah bila kita masih memakai busi standar (busi panas) dan motor kita (gw asumsi mio/nouvo sama yah kompresinya di 8-an) maka penggunaan premium akan membantu masalah starter ini. mau tes? coba deh ganti kalo biasa pake pertamax dengan premium dan bandingkan startnya di pagi hari.. pasti lebih tokcer dibanding pake pertamax.
kalau untuk nouvo, menurut orang2 susahs start ini dikarenakan bocornya jarum pelampung bensin sehingga karbu menjadi banjir bensin yg memang sudah jadi penyakitnya nouvo, dan ini yang menyebabkan susah start lalu secara tidak langsung mesin tidak langsam bahkan ada beberapa yang di gas malah mati. jadi suka2 cek jg yah bagian ini.
kalau untuk nouvo, menurut orang2 susahs start ini dikarenakan bocornya jarum pelampung bensin sehingga karbu menjadi banjir bensin yg memang sudah jadi penyakitnya nouvo, dan ini yang menyebabkan susah start lalu secara tidak langsung mesin tidak langsam bahkan ada beberapa yang di gas malah mati. jadi suka2 cek jg yah bagian ini.
mridbay wrote:dari pengalaman gw sehabis setiap service rutin+ganti oli di bengkel jd dalam kondisi motor lg fresh... gw punya asumsi gini....kl setelan bensin/udara dibuat miinimal sehingga stasioner jd rada senyap dan emang bikin bensin rada irit, pasti starternya kurang tokcer, apalagi kalo pagi2 mesin dingin atau abis kehujanan diparkiran pasti harus diengkol..
tapi kalo setelan bensin/udara rada di-los ... bensin emang rada boros tapi starternya tokcer tuh baik mesin dingin ataupun motor kehujanan.
Makanya sekarang gw gak gitu suka stelan yang diirit2.. mendingan standar aja.. biar rada minum bensin tp gak ada masalah starter lagi... apa emang karakteristik mesin matic gini ya...gimana bro2 ada pendapat lain gak?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Jul 06, 2007 4:09
Iya tuh kayak mio ku jg masalahnya kan di kabel ke starter.Cloud wrote:aku py nouvo, trus sering gk bs start, ternyt kabel ke motor starter kurang connect, mungkin karena getaran, begitu diperbaiki, beres,
Mio ku tahun 2005 dan Aki mio ku bertahan 2 tahun loh... diganti karena disangka udah rusak yg bikin starter ngadat, tapi belakangan diketahui rupanya karena masalah kabel sobek... padahal mungkin aja akinya sih gak apa2.... tp pas beli yg baru langsung aku buang tuh yg lama..... .
Setelah ganti aki eh masih juga bermasalah dengan aki baru.. setelah dicek dari mulai sekring, starter, akhirnya baru ketahuan kabelnya sobek. Dan menurut mekaniknya karena medan listrik dan medan magnet yg tinggi dari kabel starter, maka dia suka nempel ke body dan karena getaran mengakibatkan gesekan kabel dengan body yg bikin kabel sobek/putus. Jd jangan langsung asumsi ke Aki rusak dulu, mending cek dulu yg lainnya kayak perkabelan, sekring dan starternya.
Dan sekarang mio ku, udah ok dan tokcer lagi. Emang fun banget bawa mio, starter tokcer, tinggal gas dan sambil bengong aja eh tau2 bisa sampe tujuan. assoy deh...hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
setelah saya analisa, rupaya istri saya keseringan pake elektrik stater, pagi siang sore, hampir nggak pernah pagi-pagi di engkol, katanya buru-buru... nah itu dia deh, barangkali jadi cepet tekor...ichsan_n wrote:itu tuhh! penyakitnya mio... selalu tekor aki.. emang udah berapa lama akinya? hati2 broo.. yang kemarin2 ngeluh bisa 2-3 kali ganti aki dalam setahun
mansetha wrote:udah ketemu penyakitnya, eh aki tekor, di charge langsung tok cer....
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Jul 06, 2007 4:09
Bukannya kalo bisa engkol itu gak usa sampe dipake...... saya aja selama 2 tahun lebih ini, pake engkol jarang2 banget.. bisa 3 bulan sekali, itu juga kl udah ketelatan service rutin+ganti oli jadi biasanya starter rada susah idup.
Setiap hari ya pagi siang sore malem pencet starter ya langsung jreng... udah dua bulan ini semenjak masalah kabel beres... starter/aki mio ku gak ada masalah sama sekali....
Apalagi kemaren sebulan sempet engkol ilang dicuri orang. Karena starter ok ya gak masalah. Tp kemaren sih udah dapet gantinya beli bekas di loakan, lumayan nebus 50 rb euy (jangan2 itu engkol gw jg yg dicuri gw beli lagi..hehehehe)..ikhlas2
Setiap hari ya pagi siang sore malem pencet starter ya langsung jreng... udah dua bulan ini semenjak masalah kabel beres... starter/aki mio ku gak ada masalah sama sekali....
Apalagi kemaren sebulan sempet engkol ilang dicuri orang. Karena starter ok ya gak masalah. Tp kemaren sih udah dapet gantinya beli bekas di loakan, lumayan nebus 50 rb euy (jangan2 itu engkol gw jg yg dicuri gw beli lagi..hehehehe)..ikhlas2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Iya, saya jg dikasih tau bengkel begitu.. ngga usah pake engkol jg ngga papa.. ngga tau nih sesat apa kaga
mridbay wrote:Bukannya kalo bisa engkol itu gak usa sampe dipake...... saya aja selama 2 tahun lebih ini, pake engkol jarang2 banget.. bisa 3 bulan sekali, itu juga kl udah ketelatan service rutin+ganti oli jadi biasanya starter rada susah idup.
Setiap hari ya pagi siang sore malem pencet starter ya langsung jreng... udah dua bulan ini semenjak masalah kabel beres... starter/aki mio ku gak ada masalah sama sekali....
Apalagi kemaren sebulan sempet engkol ilang dicuri orang. Karena starter ok ya gak masalah. Tp kemaren sih udah dapet gantinya beli bekas di loakan, lumayan nebus 50 rb euy (jangan2 itu engkol gw jg yg dicuri gw beli lagi..hehehehe)..ikhlas2
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Feb 19, 2007 10:35
Nggak ada masalah dg pemakaian elektrik starter secara terus menerus. Selama akinya sehat dan pengisiannya nggak masalah, oke2 aja. Mio saya udah setahun akinya masih fine2 aja, padahal saya sama sekali gak pernah pakai engkol.
Dulu pernah kejadian mionya ngadat (sekitar 3 bln setelah beli), gak kuat distart, maunya diengkol. Saya bawa ke BeRes, kata mekaniknya akinya soak, alasannya kerena dipakai jarak dekat dan pakai elektrik starter terus, sehingga pengisian ke akinya kurang alias tekor. Tapi saya gak mau terima begitu aja, saya bilang kalau saya punya motor gak hanya sebiji ini aja dan kejadian begini baru saya alami sekarang. Malah saya tambahin kalau gitu kualitasnya mio kacangan dong, masak motor saya yg lain gak papa, wah saya salah beli dong. Akhirnya motor saya ditangani sama kepala mekaniknya, setelah diteliti ternyata masalahnya kabel pengisiannya. Setelah kabelnya diganti langsung tokcer, sampai sekarang gak ada masalah. Kayaknya ini masalahnya mio deh, makanya kalau ketemu kasus spt itu jangan buru2 nyalahin akinya, cek kabel2nya dulu.
Kalau pagi2 susah idup waktu distart, pakai choke aja. Pasti beres.....
Dulu pernah kejadian mionya ngadat (sekitar 3 bln setelah beli), gak kuat distart, maunya diengkol. Saya bawa ke BeRes, kata mekaniknya akinya soak, alasannya kerena dipakai jarak dekat dan pakai elektrik starter terus, sehingga pengisian ke akinya kurang alias tekor. Tapi saya gak mau terima begitu aja, saya bilang kalau saya punya motor gak hanya sebiji ini aja dan kejadian begini baru saya alami sekarang. Malah saya tambahin kalau gitu kualitasnya mio kacangan dong, masak motor saya yg lain gak papa, wah saya salah beli dong. Akhirnya motor saya ditangani sama kepala mekaniknya, setelah diteliti ternyata masalahnya kabel pengisiannya. Setelah kabelnya diganti langsung tokcer, sampai sekarang gak ada masalah. Kayaknya ini masalahnya mio deh, makanya kalau ketemu kasus spt itu jangan buru2 nyalahin akinya, cek kabel2nya dulu.
Kalau pagi2 susah idup waktu distart, pakai choke aja. Pasti beres.....
HIDUP GEMBIRA AWET MUDA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mio mogok
gak masalah pake elektrik starter, malah direkomendasikan. sering tekor ternyata lebih disebabkan adanya konslet atau kabel yang kurang connect, eh, sesekali engkol juga difungsikan lo, dan dibersihin juga, soalnya kalo jarang dipake dikhawatirkan macet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: Mio mogok
gw biasanya kalo manasin mio ama spin, diselah 3x baru pencet tombol elektrik starter....Cloud wrote:gak masalah pake elektrik starter, malah direkomendasikan. sering tekor ternyata lebih disebabkan adanya konslet atau kabel yang kurang connect, eh, sesekali engkol juga difungsikan lo, dan dibersihin juga, soalnya kalo jarang dipake dikhawatirkan macet.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Thu Jul 19, 2007 6:08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mio mogok
scooter matic gak bisa didorong, harus selah ato pake lektrik. kalo dorong, ya mesin gak idup karena gak berputar. soalnya di dalamnya menganut sentrifugal langsung untuk menggerakkan roda dari cvt.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: Mio mogok
ampir 4 taon pake mio, rupanya sering mogok nih matik, dari yg jelas sampe yg ga jelas penyebabya. yg jelas, keabisan bensin, busi maot, ama pass kerendem banjir ampe paha, yg ga jelas, mogok begitu aja spt kehilangan tenaga padahal udah di gass ampe poll malah mesin mati, trus ga bisa stater dan di selah, spt loss aja, ga ada tekanan.
tp berdsrkan pengalaman, cara gw ngatasinnya.
yg pertama, jelas isi bensin, kedua, ganti busi lah, ketiga, alhamdulillah begitu keluar dari air, mesin di selah mau idup, cuman kudu periksa busi, filter ama olinya di bengkel.
nah yg ga jelas ini yg susah dan repot. setelah cek busi masih ok dan aki masih baru, berarti masalahnya di mesin. berdasarkan pengalaman, biasanya bisa idup setelah di selah utk waktu yg lumayan lama dan melelahkan. begitu udah mulai berat nyelahnya, di stater dgn sedikit maksa biasanya idup. tp kalo emang ga bisa idup2 jg, cabut busi, sumpel tuh lubang pake jempol, trus minta tolong temen nyelahin, sampe kerasa ada tekanan dijempol, pasang lg businya, selah lg, biasanya mau. kalo masih belon jg, ya mau ga mau coba lg pake teori jempol itu. kalo emang ampe susah idup jg, kerek ato dorong ke bengkel, hehehe. cuman kan yg repot kalo kejadian itu pas malem larut, sendiri, tools ga bawa, duit cekak, bengkel jauh, pas lg di jalur yg sepi dan gelap.
kenapa bisa ampe loss gitu yah? pakar matic, mohon pencerahan dan solusinya...
tp berdsrkan pengalaman, cara gw ngatasinnya.
yg pertama, jelas isi bensin, kedua, ganti busi lah, ketiga, alhamdulillah begitu keluar dari air, mesin di selah mau idup, cuman kudu periksa busi, filter ama olinya di bengkel.
nah yg ga jelas ini yg susah dan repot. setelah cek busi masih ok dan aki masih baru, berarti masalahnya di mesin. berdasarkan pengalaman, biasanya bisa idup setelah di selah utk waktu yg lumayan lama dan melelahkan. begitu udah mulai berat nyelahnya, di stater dgn sedikit maksa biasanya idup. tp kalo emang ga bisa idup2 jg, cabut busi, sumpel tuh lubang pake jempol, trus minta tolong temen nyelahin, sampe kerasa ada tekanan dijempol, pasang lg businya, selah lg, biasanya mau. kalo masih belon jg, ya mau ga mau coba lg pake teori jempol itu. kalo emang ampe susah idup jg, kerek ato dorong ke bengkel, hehehe. cuman kan yg repot kalo kejadian itu pas malem larut, sendiri, tools ga bawa, duit cekak, bengkel jauh, pas lg di jalur yg sepi dan gelap.
kenapa bisa ampe loss gitu yah? pakar matic, mohon pencerahan dan solusinya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mio mogok
kalo sering kena banjir, coba tiap sambungan kabel diberi anti karat, ato lebih baik setelah dikasih antikarat dikasih sealer karet, yang penting rapat. Tapi pastikan dulu, motornya sehat (distarter ok, begitu pula yang lain). Trus, di bagian filter udara, cek juga, sapa tahu kotor, ato tersumbat.
trus, karburator. biasanya, kondisi standar (bersih), jarang sekali macet. demikian pula busi, asal masih bagus jarang macet.
permasalahannya, justru pas menerjang banjir, jangan sekali-kali air melebihi lubang pernafasan CVT (coba bro buka cover plastik CVT mio sebelah kiri) nah, di atasnya ada lubang. dari lubang kotak itu, bisa diliat kerja CVT, kalo pas digas akan melebar pulleynya, demikian sebaliknya.
kalo air masuk ke situ, CVT akan basah, dengan demikian TIDAK AKAN BISA MENTRANSFER DAYA MESIN KE RODA karena slip. kalo dipaksa, malah nggerung n kemungkinan komponen di dalam rusak kalo tidak segera dikuras (resiko karat).
Solusi, segera pinggirkan,cabut selang pembuangan CVT(bagian bawah belakang). biarkan air mengalir sampai habis. standar tengah, hidupkan mesin (kalo belum hidup, pakai cara yg udah disebutkan di atas(buka busi dll), trus digas sampai kira2 air di cvt kering (ati2, motor loncat, ban belakang harus nggantung).
kalo udah, bisa teruskan perjalanan.
JANGAN LUPA, SETELAH KENA BANJIR, segera dicek oli mesin, filter udara n filter CVT, kabel2 kelistrikan, dan bongkar CVT kalo kemasukan air. bersihkan air, berilah pelumasan secukupnya pada starter manual, ganti grease CVT dengan yang baru (grease khusus CVT), dan pastikan air ato lumpur hilang.
mesin mogok juga kemungkinan pulser kena air. coba bro buka tutup cvt ma kipasnya. nah, keliatan pick up coilnya. itu kalo kena air, kemungkinan bisa ngadat, makanya hati2 kalo menerjang banjir. mending kabel2nya diberi sealer kalo terkelupas.
Solusi bensin boros, spuyer bisa dikecilkan pakai punya mio soul, ato kaze. tenaga masih lumayan, tapi penghematan bensin cukup signifikan.
kalo mau tenaga tetap berisi, bro bisa pake piston datar atau cembung untuk menaikkan kompresi, memperhalus kulit jeruk di port masuk n buang, dan tetap pake spuyer yang lebih kecil.
agar komposisi udara tidak kebanyakan, pada filter udara coba bro kasih selotip kecil satu lapis aja di bagian tepi. trus, busi pake yang lebih dingin, jangan pake punya standar bebek. yah, minimal pake busi standar matik. dengan ubahan ini, tenaga tetap lumayan, bahkan bisa lebih galak di putaran bawah, namun bensin jadi lebih hemat.
trus, karburator. biasanya, kondisi standar (bersih), jarang sekali macet. demikian pula busi, asal masih bagus jarang macet.
permasalahannya, justru pas menerjang banjir, jangan sekali-kali air melebihi lubang pernafasan CVT (coba bro buka cover plastik CVT mio sebelah kiri) nah, di atasnya ada lubang. dari lubang kotak itu, bisa diliat kerja CVT, kalo pas digas akan melebar pulleynya, demikian sebaliknya.
kalo air masuk ke situ, CVT akan basah, dengan demikian TIDAK AKAN BISA MENTRANSFER DAYA MESIN KE RODA karena slip. kalo dipaksa, malah nggerung n kemungkinan komponen di dalam rusak kalo tidak segera dikuras (resiko karat).
Solusi, segera pinggirkan,cabut selang pembuangan CVT(bagian bawah belakang). biarkan air mengalir sampai habis. standar tengah, hidupkan mesin (kalo belum hidup, pakai cara yg udah disebutkan di atas(buka busi dll), trus digas sampai kira2 air di cvt kering (ati2, motor loncat, ban belakang harus nggantung).
kalo udah, bisa teruskan perjalanan.
JANGAN LUPA, SETELAH KENA BANJIR, segera dicek oli mesin, filter udara n filter CVT, kabel2 kelistrikan, dan bongkar CVT kalo kemasukan air. bersihkan air, berilah pelumasan secukupnya pada starter manual, ganti grease CVT dengan yang baru (grease khusus CVT), dan pastikan air ato lumpur hilang.
mesin mogok juga kemungkinan pulser kena air. coba bro buka tutup cvt ma kipasnya. nah, keliatan pick up coilnya. itu kalo kena air, kemungkinan bisa ngadat, makanya hati2 kalo menerjang banjir. mending kabel2nya diberi sealer kalo terkelupas.
Solusi bensin boros, spuyer bisa dikecilkan pakai punya mio soul, ato kaze. tenaga masih lumayan, tapi penghematan bensin cukup signifikan.
kalo mau tenaga tetap berisi, bro bisa pake piston datar atau cembung untuk menaikkan kompresi, memperhalus kulit jeruk di port masuk n buang, dan tetap pake spuyer yang lebih kecil.
agar komposisi udara tidak kebanyakan, pada filter udara coba bro kasih selotip kecil satu lapis aja di bagian tepi. trus, busi pake yang lebih dingin, jangan pake punya standar bebek. yah, minimal pake busi standar matik. dengan ubahan ini, tenaga tetap lumayan, bahkan bisa lebih galak di putaran bawah, namun bensin jadi lebih hemat.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jun 10, 2008 7:38
Re: Mio mogok
Mau ikut minta saran temen2 nih. sedikit OOT sih.
Sy pake mio udah 2 thn, udah 2 bln ini ada masalah bunyi di bagian cvt pada saat jalan kira2 10-25 km/jam apabila gas dilepas. Awalnya ada bunyi bletak pd saat distarter pk electric starter trus sy bw ke BeRes diservice cvtnya, eh jadinya mslh itu selesai tapi ada masalah baru yaitu bunyi bletak2 pd saat lepas gas terutama dijalan rusak atau kena polisi tidur saat jalan pelan. Sy bw balik lagi keBeRes yg sm tapi mekaniknya bilang ga apa2 tp lama kelamaan suara itu makin mengganggu. Sy sdh bw ke BeRes yg lain dibongkar lagi CVTnya ada ganti sparepart (Sy lupa namanya) saat ditest ditempatnya OK, tp sampai dirumah bunyinya timbul lagi. Sy jg udah pernah bw ke Bengkel ga resmi, tapi mrk nyerah setelah dibongkar cvtnya dan coba ganti bearing dan part lainnya (besi kecil 6 bh berbentuk silinder) tp masih tetep bunyi.
Mohon info temen2 dimana BeRes Yamaha yg bagus daerah Cengkareng? apa ada yg pernah ngalami masalah yg sama? Ada saran dr temen2?
Sy pake mio udah 2 thn, udah 2 bln ini ada masalah bunyi di bagian cvt pada saat jalan kira2 10-25 km/jam apabila gas dilepas. Awalnya ada bunyi bletak pd saat distarter pk electric starter trus sy bw ke BeRes diservice cvtnya, eh jadinya mslh itu selesai tapi ada masalah baru yaitu bunyi bletak2 pd saat lepas gas terutama dijalan rusak atau kena polisi tidur saat jalan pelan. Sy bw balik lagi keBeRes yg sm tapi mekaniknya bilang ga apa2 tp lama kelamaan suara itu makin mengganggu. Sy sdh bw ke BeRes yg lain dibongkar lagi CVTnya ada ganti sparepart (Sy lupa namanya) saat ditest ditempatnya OK, tp sampai dirumah bunyinya timbul lagi. Sy jg udah pernah bw ke Bengkel ga resmi, tapi mrk nyerah setelah dibongkar cvtnya dan coba ganti bearing dan part lainnya (besi kecil 6 bh berbentuk silinder) tp masih tetep bunyi.
Mohon info temen2 dimana BeRes Yamaha yg bagus daerah Cengkareng? apa ada yg pernah ngalami masalah yg sama? Ada saran dr temen2?