Mobil 2nd harga 60-65 jt City/Starlet/Lancer/Karimun ?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ray
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Mar 19, 2004 7:38

Mobil 2nd harga 60-65 jt City/Starlet/Lancer/Karimun ?

Post by ray »

Minta pendapat rekan2, untuk mobil second dengan kisaran harga 60jt-65jt :
1. Honda city tahun 95/96
2. Mitsubishi lancer GLXi tahun 95/96
3. Toyota starlet 1.3 SEG tahun 95/96
4. Suzuki karimun tahun 2000/2001

Tolong bantuin milih dengan pertimbangan utama mesin ngga rewel, perawatannya gampang, sparepart gampang & murah.
Soal gengsi nomor terakhir aja dulu deh :)
Berhubung saya belum pernah punya mobil sendiri nih..

Thanks.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Mesin gampang-perawatan mudah-sparepart terjangkau saat ini hanya dimiliki oleh Toyota,

Jadi jika anda suka mobil kecil tapi tenaga lumayan mumpuni pilih Starlet :)


*kalau saya pilih accord maestro 93 dapet 63,5jt huehehe :wink: *
Demonium

Post by Demonium »

iya setuju starlet bgs.....pengen simple dan ga rewel ya karimun karena paling muda tahun nya



**saya sih ambil genio 94-95 aja deh**
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Ikut meramaikan aja... maap kalo OOT.... :P

Saya bicara dari merk aja ya....

1. Honda. Dulu dikenal dengan spareparts yang mahal. Tapi sekarang ga tuh!! Yang masih mahal cuma jeroan mesin.... tapi yang lainnya malah bisa lebih murah dari Toyota sekalipun.. Rewelnya biasa di bagian kaki kalo yang punya dulu senengnya ceper ato jalan rusak maen hajar aja. Trus juga biasanya bagian sistem pendingin mesin, karena orang kita suka sembarangan ngisi aer radiator make aer biasa...ketika usia mulai lanjut, bermasalah tuh water jacket, jalur aer, ato radiator ply...
Untuk tipe Genio sering juga bermasalah di kaliper rem. Sering bunyi "gruduk-gruduk" kalo jalan keriting (conblok). Kalo dah parah malah bisa sampe "klinting-klinting" kaya lonceng sapi...serius... :). Penyebabnya baut dudukan rumah caliper yang berfungsi sebagai floating buat rem, sudah aus rumahnya. Biasanya di dealer dibalut ama pelat tipis tuh baut jahanam, bertahan kira-kira 3 tahun dalam pemakaian normal. Informasi dari HPM 1 dari 100 Genio bermasalah disini. Kayanya cacat prabik deh... :(

2. Mitsubishi. Spare part mahal dan susah dicari alias harus pesan dulu. Tapi dari segi ketahanan mungkin bisa menang. Lagian Mitsubishi namanya kondang kalo ini mobil kenceng, tapi mungkin cuma yang GTi ya.... Penyakit biasa di kaki juga, sebabnya mungkin sama dengan yang diatas. Yang lain kurang tau, mungkin bisa dibantu ama bung digitALL...

3. Toyota. Bengkel dimana-mana ada, banyak yang ngerti mesinnya. Dulu sUtarlet sempat jadi raja jalanan sebelum keluar Nouva kalo ga salah. Spare part mudah dicari, mau yang asli apa palsu kualitas nomer 24 juga ada! Harga spare part asli setau saya lebih mahal dikit dari Honda...maaf kalo keliru. Tapi agak repot, karena starlet masi make platina kalo ga salah.

4. Karimun. Bagian perawatan lebih gampang lagi, hampir setiap bengkel bisa megang, basis mesin sama seperti Katana, Jadi umum sekali. Sparepart murah meriah, trus kemarin di Surabaya muat 40 orang tuh katanya. Banyak banget kan? :lol: :lol:

Mesin ga rewel, semua yang diatas sepertinya relialble kalo bagian mesin. Sparepart gampang dan murah, IMHO cuma Toyota, Honda, Suzuki.

Masalah perawatan, IMHO mending yang injeksi. Yang karburator harus agak sering overhaul karburator berhubung bensin kita jelek. Saluran banyak yang mengecil meski ga sampe tersumbat. Disemprot make Carb Spray/Carb Jet kadang ga bantu karena yang kena cuma jalur udaranya. Jalur bensin sih ga. Lagian karburator ada membran pompa akselerator, yang kalo sudah usia suka getas/keras/robek. Akselerator bermasalah kalo untuk merk Toyota kayanya ada repair kitnya. Kalo Untuk Suzuki kayanya ga ada deh.

Kalo untuk injeksi bisa tune-up ndiri. Stel klep (untuk yang masih harus disetel), bersihin filter bensin dan udara, oli+filter, semprot throttle body make carb spray/carbjet/dcs, stel gap busi, bersihin distributor, udah deh. Ga usah setel karburator lagi...biar aja ECU yang mikir... :)

Ini cuma pendapat saya... ditunggu komentar rekan-rekan yang lain...
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

wah lengkap banget neh reviewnya.
Demonium

Post by Demonium »

Informasi dari HPM 1 dari 100 Genio bermasalah disini.
tuh kan cuman 1 % hehehhe

dah ....adu luck aja, anggap aja maen gapleh

hahahhaa
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

bgmn dg mazda?

Post by edward »

Salam kenal buat semua,saya seneng bisa menemukan forum oto yg lucu nian ini :lol: .Komentar2 rekan2 nyentil and lucu2 bgt.
Ikut nyering dunk,mestinya duit segitu sudah dapat mazda belum ya?Yg familia atau lantiz 96/97?IMHO mobil itu cukup bagus and kuenceng jg kr mesinnya sudah DOHC?
:e-clap Kalo saya sih milih mazda walaupun resale value anjlok.Gimana bung2 yg lain?
Demonium

Post by Demonium »

waaaaaaaaa......welcome oom edward

spare part nya bung....nyekik leher...
bajingan bener dah tuh merk satu.....hehehehe
sorry ya mazda......abis ente mahal sih jeroan nya
hehehehe


ini forum emang top abis bung.....anda bisa post sendiri jwb sendiri, bayangin aja saya join dari 01 Mar 2004, dan yg nanggap dengan sip cuman bung digit digit itu....

tapi sekarang saya dah seneng nich ada temen diskusi yg namanya baronth , waksss seneng sekali saya discuss ama dia....hehehehe
top deh oom baron ini

makanya sering2 posr disini ya oom edward
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Tadinya saya awam mengenai mesin, terutama jeroan2nya. Juga istilah2 mesin rada awam... Tapi seudah baca reviewnya bung baronfh, saya jadi lumayan ngerti nih... Apalagi saya kan pake Mitsubishi Eterna GTi yang bermesin Injeksi, jadi boleh juga tuh tips2 perawatannya ! Thanks bung baronfh !!!

Oiya, bung Demonium. Sebetulnya saya juga seneng loh di Forum ini ada bung Demonium! "Knapa?" Soalnya sejak bung Demonium bergabung, nih Forum SM jadi lebih HIDUP! Kayanya kita berdua emang paling sering menanggapi nih. Hehehe ... rame juga nih bung Demonium ! Oiya, thanks bung untuk foto2 mobil-nya, keren2 deh.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

To : Ray

1. Honda city tahun 95/96
2. Mitsubishi lancer GLXi tahun 95/96
3. Toyota starlet 1.3 SEG tahun 95/96
4. Suzuki karimun tahun 2000/2001

Mau yang mesin bandel, perawatan gampang, spare part gampang n murah. Menurut saya, pilihan jatoh ke :

Suzuki Karimun 00/01 dan Toyota Starlet 96.

Kalo soal gengsi lebih diprioritaskan dan yang lainnya nomor 2 maka pilihan jatoh ke :

Mitsubishi Lancer GLXi 96 dan Honda City 96, soalnya kedua mobil ini adalah kategori sedan.

Kalo bung suka mobil cepet dan suka modifikasi, langsung aja pilih Lancer GLXi 96. Tapi harga spare parts Mitsubishi emang lebih mahal dari yang lainnya.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

To : baronfh

Penyakit Mitsubishi saya mungkin hanya dikaki2 saja. Maklum jalan di Bandung banyak lobang2 gedenya, terus yang keriting juga banyak. Polisi tidur gede2... Emang repot kalo pake mobil sedan.

Kalo soal performa dan akselerasi, Mitsubishi itu emang rajanya. Tapi karakter mesin jadi lebih kasar dibandingkan dengan para kompetitornya... Apalagi Eterna GTi!

Sektor mesin bandel banget deh...

Spare parts emang lebih mahal dan jangka pemesanan spare part rata2 2 hari. Ngga susah sih carinya, asal kita carinya di toko spare part yang komplit dan khusus Mitsubishi ato bisa langsung cari ke dealernya (di dealer emang lebih mahal).
Demonium

Post by Demonium »

wah org marketing nya dah dateng nich

**kabur ah**
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

kalo gue lebih beda..
kenapa karena gue lebih prefer
1. honda City.. mesinya Udah injection otomatis lebih hemat, spareparts gak semahal mitsu..
apalagi yang tipe Z udah V-tec lebih matep lagi hemat dan kenceng.. lancer pun bisa di jabanin..
2. Lancer GLXi.. jgn yang GLX karna masih karbu
kalo GLXi itu udah injection dan lebih enak di pake.. , jeleknya iya itu kaki2 mesti di benerin , selain itu udah enak koq.. , kalo versi GTi nya emang Masterpice .. Eterna bisa di jabanin gue jamin.. cuman GTi itu Harganya 70 keatas (gue beli ajah 72 taun 95 ) , dan harus kudu tau orang nya yang make sebelon nya ni mobil biasanya pake buat rally.. dan hargan sparepartnya nyaris gak manusiawi.. hueheue.
dan enaknya 2 mobil tsb bisa buat rame2 sambil ngangkut barang banyak.. hehe..
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Ini beberapa keunggulan dan kelemahannya Lancer yang pernah saya rasakan. Kalo lancer mendingan cari yang GTI, kaki-kaki beda lho ma GLXi coba tengok kolong aja kelihatan sudah ada stabilizer dan kaki-kaki nya cukup kuat belum pernah ganti apa-apa. Jadi menurut gw kaki-kakinya cukup bagus, kalo jelek ndak mungkin dipake rally kan?

Mesin kencang, membuat mobil terasa terlalu ringan. Kelemahan ada pada HLA (Hydrolic Last Adjuster) sori kalo sedikit keliru soal kepanjangannya. Ini sering terjadi kalo oli telat naek, ato ndak rajin manasin dulu sebelum jalan apalagi kalo mutu olinya jelek. Gw abis ganti 1 biji sekitar 130 ribu, padahal ada 16 bayangin aja habisnya berapa....(Lebih murah dari Timor lho!!).

Pengereman ini bagian mobil yang sering bikin deg-deg-an, remnya sih makan cuman kurang tahan panas. Kalo sering mengerem mendadak pada kecepatan tinggi diatas 140 lama-lama terasa seperti piringan cakramnya bergelombang. Hal ini terasa ampe kaki, kalo dipake jalan normal dan kembali dingin akan normal lagi.

Interior kalo standarnya lumayan tapi dibanding ma starlet jelas lebih baik. Tapi paling cakep kalo diganti bucket seat :wink:

Kelistrikan baik-baik saja tidak pernah rewel koilnya da 2, 1 koil buat 2 silinder. Pengisian dan pengkabelannya bagus mobil selalu tokcer. Meski 2 bulan nggak jalan ndak usah pake dorong-dorong segala. Membuktikan pengkabelan baik tidak ada kebocoran arus.

Buat yang seneng velg besar agak susah karena mangkuk per standarnya lebar dan rendah kecuali memakai lowering-kit.
Demonium

Post by Demonium »

Buat yang seneng velg besar agak susah karena mangkuk per standarnya lebar dan rendah kecuali memakai lowering-kit.
bisa di modif itu oom
mangkuk per bisa di naekin ke atas...
asal ga sayang aja, saya jamin bisa


heheehehee..pernah sih
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

To : Takumi

Jelas sih bung kalo Lancer GTi bisa ngalahin Eterna GTi. Soalnya bodi Lancer GTi kan lebih ringan dan juga lebih kecil.

Yah kalo mau yang lebih, pilih versi GTi nya aja. Kan kalo ngga salah harganya ngga beda jauh.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Tapi eterna interiornya lebih lega, bagi yang sering ikut rally wisata tripmeter nya dah ada dua jadi soal hitung-menghitung membantu. Kalo bisa cari eterna yang Le Mans edition. Puas deh...!! :o
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Bener Pilih Eterna versi Le Mans edition
itu bener2 maut.. , gue akuin tu mobil KEnceng Abiss.. , mungkin sama kaya Galant V6 24 yang baru deh.. , goin' 0-100kmph about 6-7 sec ..
cuman tu mobil bener2 jarang , bagai Jarum dalam tumpukan jerami..

Bung Indy
HLA =Hydraulic Lash Adjuster
hehehe..

soal GLXi sama GTi jgn tanya...
Sejarahnya Gue Pake GLXi udah 10 taun..
hehe trus akhirnya gue Tuker tambah sama GTi..
jadi penyakitnya GLXi gue udah tau...
biasanya HLA kena karena pemilihan oli yang gak tepat. ..
bener kaya elo bilang.. , dan misalnya Pas stater tunggu 3-4 dtk dulu sampe Gambar Engine Chek nya ilang.. kalo mo awet.. soalnya biar olinya mompa dulu ke atas..

siapa bilang Beda GTi-sama GLXi , Sama Persis cuman beda di Rem belakang doang.. Chasiss sama persis , kelemahan chasis tsb karet2 nya umurnya cepet rusak.. , waktu gue pake GLXi kaki2 nya karet2, Boot, karet stabil, karet stabilizer.. udah pada pecah.. jadinya bunyi2.. trus gue bawa ke bengkel mitsu .. pokoknya abis sampe 2 jt.. , karet2nya banyak abis gue liat yang di ganti dapet satu kantong plastik ... pas keluar dari bengkel duh nikmat bener serasa mobil baru..

sejak gue tuker GTi.. trus gue rasain Waduh.. Ternyata penyakit tersebut juga ada di mobil itu.. wah gue mesti nabung dulu deh buat benerin lagi..
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Oli ngebikin HLA jebol? SETUJU!!!! Makanya jangan make oli artis... Emang artis tau apa tentang perawatan? Sak dokternya...sak pembalap kita yang *kebetulan* temennya bos oli artis tersebut... (mr Rudy Hartono) Tau kan oli apa? hehehe...ga enak kasih nama...

Lancer GTi temen juga sempet bunyi tuh HLA....dia make oli artis awalnya... abis tu ganti ama oli Spanyol *yg sering sponsor rally dan motoGP* eh malah sembuh! ga tau ketutup kotoran ato gimana...yang penting ilang.. :lol:

Jadi...oli adalah nyawa anda..pilih yang merk ternama ya?Dari perusahaan kelas dunia, sering ikut balapan, dan dijual diseluruh dunia...pilih yang men-dunia nama olinya...

Jangan pilih oli yang ngaku Amrik tp ga dijual disana, cuma dijual di Asia dan Timur Tengah, yang make artis lagi!!! :lol: :lol: :lol:
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
aldo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03

Post by aldo »

weks..banyak penggemar mitsubishi juga neh.... :)
sekalian nanya....aku punya lancer glxi 95 tapi cek engine udah gak maen..rusak kata orang bengkel...komputernya juga rusak tapi masih bisa jalan..
Nah menurut rekans gimana ya kok masih bisa jalan? terus utk start apakah perlu juga aku tunggu 3-4 dtk baru distart ato lsg aja terus juga knapa kadang kalo distart gak mau ya..macet di off lagi start lagi off lagi start lagi baru breeeem..aki gak masalah sih....
Please pencerahannya dong....

Tx.
Demonium

Post by Demonium »

takumi wrote:cuman tu mobil bener2 jarang , bagai Jarum dalam tumpukan jerami..
ck ck ck....bahasanya hahahah
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Wah bung ray jadi makin binun nih dg banyaknya masukan :( ,sampai belum kasih komentar lagi?Kenapa ngga masukin si seksi baleno sbg calon akademia? :lol: Th 97 jg masih kesabet dg duit segitu?Walaupun punya gejala understeer(katanya),bokongnya suka goyang inul kalo dipake nikung tajam,tapi the rest is ok...Gimana hayoooo?
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Baleno '97 emang suka ngebuang kalo nikung tajam, suspensinya terlalu lembut. Kalo gue prefer City 1.3, enak dipake buat dalem kota dan irit, spare part juga gak mahal, tp akselerasinya memang kurang.
Demonium

Post by Demonium »

hehhhe
pusing, pusing deh....hhhehe


emang kalo mo beli mobil jgn nanya2 di forum
malah makin bikin bingung
semua pengen jadinya
ray
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Mar 19, 2004 7:38

Post by ray »

baleno ga saya masukin karena kata beberapa temen agak boros bbm nya, bener gak sih ? dan harganya kayaknya masih diatas 70jt deh, budget ga cukup nih :(

bingung juga sih :? but at least saya jadi tambah ilmu banyak soal mobil, thanks so much.

tapi kebanyakan kok malah bahas lancer yach, review yg lain juga donk please, terutama starlet & karimun.
kalo dari bentuk sich seneng starlet tapi dapet umurnya yg udah agak tua, maintenance jadi agak mahal.
karimun dapet yg umurnya paling muda tapi agak takut ntar harga jual nya bakalan jatuh kalo avanza, xenia, every udah gampang dapetnya. every yg udah matic + interior wah aja jualnya kurang dari 100jt, berarti karimun baru harganya jadi berapa ya ?

piye iki.... or wait & see dulu... tapi ampe kapan donk

thanks again