efisiensi bahan bakar

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

efisiensi bahan bakar

Post by kjoephi »

salam buat semua,
perkenalkan joe aku newbie di forum seraya motor.
barangkali berkenan aku pengen nanya soal kendaraanku.

aku jatuh cinta benget sama corolla twincam tahun 1990, soalnya nih mobil mobil pertamaku.
yang jadi pertanyaan ku adalah:
1. konsumsi bahan bakarnya 1 liter untuk 9 Km dalam kota dengan AC selalu nyala kalo jalan siang (soalnya aku pulang malemnya sambil ngrokok :) ), konsumsi bahan bakar segitu termasuk boros nggak sih ya?

2. nih mobil tarikannya aku seneng, lebih powerfull dari Vios 2003 yang buat operasional keluarga, cuma semenjak aku benerin knalpotnya ( terus terang aku nggak tau bagian tabung yang paling belakang sebelum corong keluaran itu namanya apa) suaranya jadi agak ngeber (bukan bruumm tapi berrrr ,soalnya kata tukang knalpotnya tabung yang itu buat stelan racing dan aku minta dibalikin yang standar aja. Terus kalo aku longok ke bagian bawah mesin pada jalur exhaust (stelah exhaust manifold) ada 4 buah tabung. Yang pertama agak kecil ada lapisan serat-serat kawatnya apa itu ya?. yang kedua sedikit lebih panjang (kayaknya sih Catalityc converter), yang ketiga lebih panjang lagi (mungkin resonator) dan yang terakhir yang diganti itu ke standard.
dengan komponent seperti ini menjadi salah satu penyebab borosnya bensin nggak?. soalnya Vios 1 liter 12-13 Km twincam cuma 1 ltr 9 Km.

3. Aku biasa bersihin Carburator pake Gzox soft99 (yang foam) hasilnya aku puas buat corollanya. di kalengnya juga tertulis bisa buat injector, emang bisa? soalnya setahuku kalo mau bersihin injector musti pake yang dituang ke tangki besnin. sekarang sih aku pake fuel injector cleaner mereknya Gumout. Nah kalo aku mau pake Gzox soft99 buat bersihin injectornya vios pakenya yang bener gimana yah?.apa musti lepas selang yang menuju throttle body terus disemprotin ke dalem? apa nggak bahaya yah soalnya aku liat disitu banyak kabel masuk, kayak ada sensor flowrate khan yah?mohon pencerahan.

4. temenku ada yang bilang Gzox bisa langsung digunakan diruang bakar dengan membuka busi terlebih dulu terus disemprotin ke dalem. abis itu distater bentar bentar. Benernggak sih ya? apa nggak bahaya?khan sisa foamnya akan jasi air yang nggak Compressible. apa nggak bisa menyebabkan piston bengkok walaupun busi nggak dipasang?

sebelumnya terima kasih :wink:
maaf kalo banyak nanya namanya juga newbie. :)
wasalam

joe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Utk yg dituang ke tangki boleh coba Redline CFSC (Complete Fuel System Cleaner).

Corolla twin cam mesin 4A-FE atau 4A-GE termasuk yg mudah di oprek dgn biaya murah, sering lihat di Phoenix - Serpong teknik light tune hanya dengan tuning sensor2 nya spt MAP sensor dll.
* Bukan ajakan Beli *
kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

Post by kjoephi »

boros nggak sih 1 ltr 9 km?
kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

Post by kjoephi »

dear Moderator,
kayaknya aku salah ruang forum deh. ternyata semestinya aku kirim threat ini ke kamar hard hobby forum yang banyak ngebahas soal tune up dan modifikasi knalpot. Maklum newbie :)
ada yang bisa bantu buat pindahin ke kamar forum itu gak?biar nggak double threat, ntar menuh menuhin doang.
thank you sebelumnya
kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

Post by kjoephi »

Dear moderator,
terimakasih postingnya udah dipindah dan maaf soal double postingnya.
buat para sesepuh dan expert, masih ditunggu masukannya untuk beberapa pertanyaan saya.
terima kasih sebelumnya.

joe
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

kjoephi wrote:boros nggak sih 1 ltr 9 km?
Ya nggak boros bro...Kan mesinnya masi karburator setau gw...Kalau vios lebih irit soalnya uda vvti...
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

Post by kjoephi »

Suwun Cak,
kalo pake Gzox soft99 buat mesin vios (vvti) pakenya gimana yah?
aku agak ngeri ngelihat ada beberapa kabel ti throtle body,jadi belumbrani semprotin kesitu.
sementara aku lagi coba pake injector cleaner yang dimasukin ke tangki merek Gumout.
kalo ada masukan silahkan.
thanks
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

Terima kasih kembali...

Maaf mas,saya tdk berani berkomentar soalnya saya tdk pernah coba..
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

Post by kjoephi »

Mohon pencerahan,
kalo injector cleaner dimasukin ke tangki mobil carburator bisa bersihin fuelsystem juga nggak ya?
soalnya aku masih punya 1/2 botol lagi nih.

thanks
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

kjoephi wrote:Mohon pencerahan,
kalo injector cleaner dimasukin ke tangki mobil carburator bisa bersihin fuelsystem juga nggak ya?
soalnya aku masih punya 1/2 botol lagi nih.

thanks
yah ga ada salahnya buat dimasukin..
Sayang daripada ga dipake..
Bisa bersihin ruang bakar juga koq..
Tapi sedikit sepertinya..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
fajarm2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03

Re: efisiensi bahan bakar

Post by fajarm2k »

kalo buat karbu, lebih efektif kayaknya karbunya di OH aja sekalian paling kena 75rban (kalo udah lama kagak di OH) di tukang karburator, abis itu selanjutnya buat perawatan bisa 1 minggu sekali dari karbunya di semprot2 carb cleaner/injector cleaner bentuk foam.

kalo buat injector, lebih baik injectornya dibersihkan make khusus buat pembersih injector apa tuh namanya? budjetnya sekitar 350 - 500rb. setelah dibersihkan injectornya biasanya sih jadi tambah irit bensinnya, selanjutnya bisa make pembersih2 injector yang dituang di tanki bensin buat perawatan. kalo mau lebih bagus sekalian bersihkan filter bensin, filter di tanki, kuras tanki bensin sekalian :mrgreen:

kalo menurut pengalaman seh : kalo injectornya udah rada mampet, pake injector cleaner yang dituang ke tanki bensin tidak efektif buat membersihkannya.

buat DIY : bisa make DCS/gzox/carbjet dll yang disemprotkan di ruang bakar. caranya panaskan mesin sampe suhu normal, cabut busi, semprot dcs tsb ke ruang bakar diamkan 10-15menitan, pasang busi stater deach. biasa awal2 mesin susah distater, terus aja stater yang panjang sampai akhirnya bisa start dan keliatan dari ujung knalpot bakaran asep "satenya" :lol: awal2nya seh serem mo nyoba2, selanjutnya jamin deach pasti jadi ketagihan, apalagi udah nyium bau khas asepnya :e-dance:

fajarm
cara detail lainnya udah banyak bahasannya di forum disini di search aja
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: efisiensi bahan bakar

Post by mansetha »

twincam...
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re:

Post by Yusaku »

kjoephi wrote:Suwun Cak,
kalo pake Gzox soft99 buat mesin vios (vvti) pakenya gimana yah?
aku agak ngeri ngelihat ada beberapa kabel ti throtle body,jadi belumbrani semprotin kesitu.
sementara aku lagi coba pake injector cleaner yang dimasukin ke tangki merek Gumout.
kalo ada masukan silahkan.
thanks
pernah dbahas di harian Otomoif, bahwa mesin vvt-i dengan cataliyc converter nggak boleh sembarangan main semprot carbjet, dikwatirkan akan menyumbat cc dan membatalkan garansi kendaraan, dikarenakan karbon sisa carbjet akan menyumbat cc sehingga perlu penggantian cc
sekian.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: efisiensi bahan bakar

Post by r1210g »

^
solusinya gmn?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
fajarm2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03

Re: efisiensi bahan bakar

Post by fajarm2k »

solusinya masih ada donk,

kalo make carbjet/gzox/dsc keruang bakar memang ditakutkan akan bikin cc di mobil kita bisa mampet, kalo buat non cc sih aman2 aja.

nah solusinya gimana? yang jelas kagak bisa DIY (do it yourself) lagi, karena harus menggunakan alat sedot vacum khusus (semacam kompresor mini) untuk membersihan sisa2 karbon diruang bakar.

baru2 ini saja saya nyoba membersihkan ruang bakar di bengkel dengan mempergunakan cairan spirit, diisi dan disedot diruang bakar dengan mempergunakan semacam kompresor mini. jadi kotoran sisa carbon diruang bakar disedot dgn alat tsb. otomatis kotorannya tidak akan bikin mampet cc, hasilnya wow muantaff tenan..... jelas lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan carbjet dll, bisa dibilang setingkat hasilnya dibawah skir klep.

recomendasi pemakaian spirit tiap 20k km, untuk perawatan 5k bisa tetep menggunakan cabjet dll

kalo bisa buat orang yang belum pernah bebersih ruang bakar ane anjurkan untuk menggunakan cairan spirit terlebih dahulu.

result yang didapat pake spirit = stasioner lebih stabiil, tarikan enteng, ngelitik ilang

fajarm
fajarm2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03

Re: efisiensi bahan bakar

Post by fajarm2k »

simplenya :

1. injector nyemprot masih kabut (penyemprotan rata tiap ruang bakar)
2. ruang bakar bersih (tiap ruang bakar bersihnya rata)
3. pengapian bagus (percikan busi cukup buat bakar AFR)

= efiesien = tarikan maknyos = injek full gas muluh dah :mrgreen:

selanjutnya sisa membenahi kaki2 buat kenyamanan berkendara...

:e-dance:

fajarm
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: efisiensi bahan bakar

Post by r1210g »

oh.. ogud dah coba juga koq...
nyoba dimana bro?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
fajarm2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03

Re: efisiensi bahan bakar

Post by fajarm2k »

bengkelnya ur garage, jl raya lenteng agung no48 jak-sel phone 021-71417222 / 68191980/08159506669 dari arah ps minggu puter arah di STIA, lewat jalan baru sebelah kanan setelah SPBU petronas sekitar 1-2km disebelah kiri.

harganya lumayan murah dibanding yang lain, mungkin gara2 masih promo awal tahun :beer:

fajarm
sparky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
Location: Jakarta

Re: efisiensi bahan bakar

Post by sparky »

Mo numpang ikutan tanya ya oom...

Punya saya ngelitik banget nih.. Great matik th 94.
Dah tune up + spirit + kabel busi & busi + filter busa + pake Redline injector clean berkala + Perta plus. Tapi kok gak ngaruh ya..
Kemarin emang exhaust bocor di sambungan manifold (pakingnya), trus dah diganti.
Emang sih agak lumayan enteng, tapi ngelitik gak sembuh 100%.
FYI, FC 1:7-8 dalkot dan 1:10 luar kota.

Kira2 langkah selanjutnya diapain ya ? Apa udah waktunya OH ?
Dimohon pencerahannya, mungkin ada yg punya pengalaman serupa.

Thanks in advance guys,..
fajarm2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03

Re: efisiensi bahan bakar

Post by fajarm2k »

mobilnya emang udah diapain aja om? kok minumnya "mewah" banget make pertamax plus ?

kalo yang ini udah blm :
1. bersihin injectornya make ultrasonic aja, hasilnya lebih maksimal daripada meke redline/stp/dll
2. mobilnya make hla ato klep? kalo klep mungkin setelannya salah waktu tune up
3. businya kali bukan untuk peruntukan mobilnya ?
4. kompresinya udah pernah dicek? rata ngak tiap silinder?
5. pengapian lemah kali ! bisa koil udah lemah jadi kagak cukup kuat buat bakar bensinnya.
6. oli transimisi udah di flush blm?

coba cek and recek lagi :
biasa kan ngelitik gara2: salah set timing pengapian, ruang bakar penuh karbon, pengapian lemah.

fajarm
redvolcano
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Nov 03, 2005 3:58

Re: efisiensi bahan bakar

Post by redvolcano »

coba cek timing pengapiannya....
sparky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
Location: Jakarta

Re: efisiensi bahan bakar

Post by sparky »

fajarm2k wrote:mobilnya emang udah diapain aja om? kok minumnya "mewah" banget make pertamax plus ?

kalo yang ini udah blm :
1. bersihin injectornya make ultrasonic aja, hasilnya lebih maksimal daripada meke redline/stp/dll
2. mobilnya make hla ato klep? kalo klep mungkin setelannya salah waktu tune up
3. businya kali bukan untuk peruntukan mobilnya ?
4. kompresinya udah pernah dicek? rata ngak tiap silinder?
5. pengapian lemah kali ! bisa koil udah lemah jadi kagak cukup kuat buat bakar bensinnya.
6. oli transimisi udah di flush blm?

coba cek and recek lagi :
biasa kan ngelitik gara2: salah set timing pengapian, ruang bakar penuh karbon, pengapian lemah.

fajarm
hehehe,... gak tiap hari pake Perta plus kok oom.. Biasanya campur aja 50:50 Premium sama P-Plus.
Cuma kemarin penasaran mungkin ngelitik krn pake campur, jadi isi perta plus deh. Ternyata sami mawon..
Dari suggestion diatas, yg belum re-check no 1-2 aja. Nti coba lagi deh.
Kalo ultrasonic injector clean yg di selatan mana yg bagus oom fajarm ?

Thanks for the input and suggestions..
sparky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
Location: Jakarta

Re: efisiensi bahan bakar

Post by sparky »

redvolcano wrote:coba cek timing pengapiannya....
Udah oom,.. kalo maju knocking makin parah.
Kalo mundur knocking berkurang dikit tapi tenaga boyo bgt jadinya.

Mungkin mo coba injector clean dulu deh..
Any suggestion untuk bengkel yg bagus di selatan ?

thanks sebelumnya.
kjoephi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Oct 31, 2007 10:32

Re: efisiensi bahan bakar

Post by kjoephi »

dear all,
sebelumnya makasih buat semua masukan nya untuk thread yan ini,
Sabtu lalu saya udah nyoba bawa nih twincam kesayangan ke bengkel specialis carburator di Yono Carburator depan pintu mauk taman mini,kebetulan pas di check tukangnya nemu kalo valve vacum choke karbunya dah bocor (kedua diaphragmanya).
katanya kalo mau overhaul carbu nya sekalian aja kalo dah punya sparepart vacum valve nya.
karena menurut tukangnya choke nya di nonaktifkan (oleh pemilik yang dulu).
itu sebabnya kalo pagi distarter suka mesin bergetar (gak mulus).
kalo di aktifkan skarang tanpa vaucum valve (choke breaker) itu carbu akan nge choke terus.
Nah masalanya aku dah coba cari ke pusat onderdil eks ramanda depok dan pusat onderdil pondok cabe belum dapet nih sampe hari ini.
ada yang punya info nggak dimana lagi aku bisa dapetin valve itu?trus berapa duit yah?

thanks sebelumnya
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re:

Post by kutkuy »

kjoephi wrote:Dear moderator,
terimakasih postingnya udah dipindah dan maaf soal double postingnya.
buat para sesepuh dan expert, masih ditunggu masukannya untuk beberapa pertanyaan saya.
terima kasih sebelumnya.

joe
jadi udah ga diterusin nih?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com