Beda new panther dengan panther lama

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jidan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by jidan »

DOHC wrote:
jidan wrote:Sharing LV 2005, ni mobil gw pake untuk operasional, kadang bawa barang berkarung2 pakaian jadi, kadang bawa orang seRT...Ok Banget.
Sejak dari baru kerja berat terus sampe sekarang KM dah lebih 200ribu, cuman servis rutin aja, belum pernah ada yang rusak, bandel banget nih mobil.
Tapi kalo mengharap handling...jangan banyak berharap deh...(mungkin karena yang LV ya...).

Gw bingung, untuk operasional apa lagi selain Panther...kayanya ga ada...buat gw loh...
ini baru gokil, mobil baru 4 tahun km uda 200rebu.... ketauan banget nigh disiksa abis2an nigh mobil, kaga bermasalah pula mesin nay.... panther emang pilihan pinter dahh.... hidup panther... :big_weee: :big_weee:

Iya Bro...yang gw rasain panther memang mobil badak...waktu di KM +- 150rb, bahan bakar sempet agak boros, setelah diPurging normal lagi...bisa 1:12-13an dalkot.
Satu tahun yang lalu, ni mobil kejeblos di selokan roda depan kiri, akhirnya diangkat rame2, gw kirain ada yang rusak ga taunya hanya penahan lumpunya aja yang robek...ckckck....hebat deh nih panther.
Last edited by jidan on Tue Oct 13, 2009 1:16, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

nah itu yg ane perhatiin, panther2 jenis kapsul rata2 dalkot nya irit, bisa 1 :12 keatas.... kalo generasi panther kotak lebi boros, kalo yg ane tau sigh umum nya panther kotak dapet nya 1:10-11 doank utk dalkot... padahal mesin nya sama...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4601
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by Profith83 »

Biarpun Gue ex pemakai Panther ...
Tapi Gue akuin kalau tuh mobil memang seperti BADAK ...
Awet sekali tidak ada ganti part sudah 3 tahun, cuma ganti olie, ini mobil cocok diajak susah
Ada katanya yang sudah memakai hampir atau lewat 1 juta kilometer dan dibuka mesinnya masih orisinil
Tune up nya pun murah ... setahun lalu cuma 180 rb

Biarpun ada kekurangan disana sini seperti handling, bising, getaran.
TETAPI ini mobil yang gak nyusahin kantong yang punya ...
DOHC wrote: ini baru gokil, mobil baru 4 tahun km uda 200rebu.... ketauan banget nigh disiksa abis2an nigh mobil, kaga bermasalah pula mesin nay.... panther emang pilihan pinter dahh.... hidup panther... :big_weee: :big_weee:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by jalu »

saya blm pernah punya panther..tapi sering pake punya paman tipe LS A/T 2001 dan udah ada turbonya...dari situlah saya mulai mengerti jiwa ispanholic,hehehe.... kalo dibandingin sama yg LS M/T secara umum sih rasanya hampir sama, bedanya akselerasinya lbh lambat.....dan masih cukup irit (dalkot msh bisa 1:11, lukot 1:14)

sekalian mau tanya nih..apakah benar sejak panter kapsul facelift itu udah ada penyempurnaan disuspensi blkg supaya lbh nyaman ?

saya perhatikan di milis2...yg mengeluh keras itu rata2 yg panther kotak & kapsul edisi pertama...yg punya panter facelift jarang yg ngeluh...paling keluhannya yaitu harganya udah mahal,hehehehe....

pls dicerahkan :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

kayanya emang uda beda bro jenis pernya, coba diliat deh, kalo yg facelift itu di ujung kancing ada yg dibungkus ama warna biru gt, beda banget ama yg kotak atau kapsul pertama yg cuman item2 doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

Profith83 wrote:Biarpun Gue ex pemakai Panther ...
Tapi Gue akuin kalau tuh mobil memang seperti BADAK ...
Awet sekali tidak ada ganti part sudah 3 tahun, cuma ganti olie, ini mobil cocok diajak susah
Ada katanya yang sudah memakai hampir atau lewat 1 juta kilometer dan dibuka mesinnya masih orisinil
Tune up nya pun murah ... setahun lalu cuma 180 rb

Biarpun ada kekurangan disana sini seperti handling, bising, getaran.
TETAPI ini mobil yang gak nyusahin kantong yang punya ...
DOHC wrote: ini baru gokil, mobil baru 4 tahun km uda 200rebu.... ketauan banget nigh disiksa abis2an nigh mobil, kaga bermasalah pula mesin nay.... panther emang pilihan pinter dahh.... hidup panther... :big_weee: :big_weee:
yg ane bold itu bener banget.... kaga nyusahin... nigh mobil uda dipliara di kluarga ane slama 10 taon, berjalan ratusan rebu km, cuman perna servis radiator ama kopling doank utk servis besar nya... ramah di kantong abiss.... bandingin ama mobil kantor bokap yg baru 100an rebu km aja uda overhaul dll....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by BADAK »

Makanya gw pake nick BADAK, soalnya sesuai ama mobil nya :big_smoking:
Per nya mmg udah diperbaiki di model kapsul, jauh lebih empuk. Bahkan dibandingin kijang kapsul masih lebih empuk. Tapi akibatnya jd kurang stabil untuk ber manuver. Kalo pengalaman dari dulu pake panther, mulai royale, higrade, new higrade, LS, n terakhir touring di mesin jarang ada masalah. Tapi selalu aja ada kerusakan minor kyk di interior, kopling, gas, dll.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4601
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by Profith83 »

Terus terang saya puas memakai panther ... :D
Cuma ya itu mesinnya gak sehalus D4D

Sekarang ganti D4D, mesin lebih halus, lebih lapang, shock lebih empuk.
Tetapi kalau tanjakan, keawetan mesin dan maintenance tetap lebih pilih Panther.

Peace Bro.
Kalau mau mobil operational dengan KM banyak, pilihan sudah jelas :)
Tinggal Ganti Olie + filter olie tiap 5.000 KM (asal pakai Olie yang bagus misalnya motul)
Filter solar tiap 10.000 KM
Filter udara tiap 20.000 KM
Olie Gardan + transmisi + oli rem + olie power steering (sepertinya tiap 20 ribu or 40 ribu KM cukup)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by poeticmind »

jidan wrote:Sharing LV 2005, ni mobil gw pake untuk operasional, kadang bawa barang berkarung2 pakaian jadi, kadang bawa orang seRT...Ok Banget.
Sejak dari baru kerja berat terus sampe sekarang KM dah lebih 200ribu, cuman servis rutin aja, belum pernah ada yang rusak, bandel banget nih mobil.
Tapi kalo mengharap handling...jangan banyak berharap deh...(mungkin karena yang LV ya...).

Gw bingung, untuk operasional apa lagi selain Panther...kayanya ga ada...buat gw loh...
ada, L300 diesel... tapi memang secara perbandingan panther lebih irit dan lincah. :)
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by BADAK »

L300 diesel spare part mahal, jd blm bisa mengimbangi panther :big_smoking:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by poeticmind »

mahal, tapi cukup awet kok bro... :)
tapi memang belum bisa menyaingi panther, betul... mungkin paling deket lah ya.. dibanding unit lain.
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

BADAK wrote:L300 diesel spare part mahal, jd blm bisa mengimbangi panther :big_smoking:
kalo ga salah L300 jg masi pake glow plug kan ?? dan harga tuh glow plug satuan nya lumayan miris sigh mahal nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by BADAK »

DOHC wrote:
BADAK wrote:L300 diesel spare part mahal, jd blm bisa mengimbangi panther :big_smoking:
kalo ga salah L300 jg masi pake glow plug kan ?? dan harga tuh glow plug satuan nya lumayan miris sigh mahal nya...
Gak juga koq, sama aja.. L300 yg mahal bagian engine nya.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

mesin kuda diesel ama mesin L300 tuh sama ga ?? koq yg ane tau kuda diesel masi pake glow plug sigh....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by maskopat »

DOHC wrote:mesin kuda diesel ama mesin L300 tuh sama ga ?? koq yg ane tau kuda diesel masi pake glow plug sigh....
nah, coba tanya juragan sparepart...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by BADAK »

yup, mari kita tunggu jawaban dr juragan spare part yg bentar lg jd boss momod :e-clap:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by poeticmind »

mesin kuda diesel sama persis dengan L300-200, hanya beda seting setau saya... L200 lebih baru teknologinya serta volume mesin nya juga beda dan ber-turbo.

ini yg keliatan sama mata saya lho... ntah kalo kata si koh meong, ntah juga kapan jawabnya... wkwkwkwk... :upss:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by BADAK »

om meong lg transaksi mesin seharga jutaan dolar, blm bisa kasi info di forum ini :big_smoking:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by mandala1 »

Eheeeem,,

Seperti yg sudah diungkapkan oleh saudara poechimin, adalah benar mesin 4D56 L300 diesel = Kuda Diesel = L200,, n semua masih pake glow plug (yg harganya ga terlalu mahal)

Hmmmm.......pernyataan diatas yg bilang sperpat L300 lebih mahal daripada Panther, ane kurang setubuh....kalo mau ditelusuri dgn benar, jawabannya adalah "YES SIR" harga sparepat ori (suku cadang asli) L300 jauh lebih murah dari Isuzu Panther,, :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by maskopat »

mandala1 wrote:Eheeeem,,

Seperti yg sudah diungkapkan oleh saudara poechimin, adalah benar mesin 4D56 L300 diesel = Kuda Diesel = L200,, n semua masih pake glow plug (yg harganya ga terlalu mahal)

Hmmmm.......pernyataan diatas yg bilang sperpat L300 lebih mahal daripada Panther, ane kurang setubuh....kalo mau ditelusuri dgn benar, jawabannya adalah "YES SIR" harga sparepat ori (suku cadang asli) L300 jauh lebih murah dari Isuzu Panther,, :mrgreen:
sori ganggu di tret panther.. tapi berhubung lagi bahas elsape..

om dal, spare part ori elsape yang ori ini masih jepun? atau udah lokal? kualitasnya gimana? ini yang diesel kan yah?

kembali ke panther, ane kira nih mobil banyak masalahnya karena habitatnya jarang untuk komersial dibanding elsape, carry atau colt t... ternyata mobilnya badak juga nih kalo baca2 testimoni penggunanya..

nanya lagi, glow plug ini kan untuk manasin apa ya? emangnya kalo di diesel lain, gak pake glow plug lagi? lalu pake apa? sori nubie diesel.. hehehe :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

om kopat, panther itu ada 3 seri mesin sigh, 2000 cc, 2300 ampe 2500 cc... nah umumnya sigh yg ane denger yg 2500cc yg awet, kalo yg seri2 lain nya kurang ane denger gaung awet nya tuh, mungkin uda jadul banget kali.... tapi kaga jarang koq ane ketemuin panther lagi overhaul di bengkel lantaran sering alpa servis... makanya sering ane tulis kalo panther itu musti rajin ganti oli ama filter2... lain dari itu mah optional doank...

panther yg seri 2000 -2300 cc masi pake glow plug koq... cuman yg 2500 yg uda kaga karena uda system direct injection... untuk tau lebi lanjut soal injeksi langsung ini, saya kembalikan ke om meong dan pakar2 diesel lain nya di studio...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by GTR »

phanter paling kecil bukannya c223 (2300cc).
apa isuzu yg 2000cc itu trooper lama?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

GTR wrote:phanter paling kecil bukannya c223 (2300cc).
apa isuzu yg 2000cc itu trooper lama?
ada om GTR... itu masi panther yg karoseri... taon 90an awal punya tuh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by GTR »

hmm... yang karoseri juga bukannya c223 ya.. :e-think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Beda new panther dengan panther lama

Post by DOHC »

seinget ane sigh yg karoseri kluaran taon awal2 90an itu masi 2000 sigh bro... bentar ane coba cari dulu, siapa tau ane masi simpen fotokopi surat2 tuh mobil...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: