irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Mar 22, 2008 11:41
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
asik asik jadi rame forumnya.
good ide tuk posting foto THE NICE BLAZER CAR
good ide tuk posting foto THE NICE BLAZER CAR
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
trik saya diatas cuma buat awet transmisi ECT ajaGTR wrote:Tuas ke rendah tidak beresiko jika speed range nya tepat, ini malah dapat memberikan rpm lebih sesuai.
A/T dgn ECT pun (apalagi yg ratio renggang 4speed) masih kadang telat me-reka kondisi jalan & keinginan pengemudi, makanya muncul tiptonic dan cvt utk menjaga rpm hampir ideal.
Terkadang kickdown (WOT) membuat kurang nyaman, kalo speed range perjalanan ideal sampai gigi 2 saja, spt merambat di tanjakan2(pegunungan) akan lebih comfort & natural dgn set di "2" (limit topgear s/d gigi 2) throttle bisa open lebih sedikit saja since rpm lebih ideal.
Demikian juga ketika merambat pelan di turunan(pegunungan), drpd injak rem terus, lebih comfort set di "2", cenderung ada efek engine brake secara natural.
klo mau ngejar performa, bisa mainin tiptronic-nya atau pindah-pindah tuas cari posisi plg enak...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
yang penting tau kapan saat harus digunakan.
jika ingin mendapatkan tenaga, sewaktu kick down gagal langsung pindah ke gear 2. >>>> ini yg namanya abused.
jika ingin mendapatkan tenaga, sewaktu kick down gagal langsung pindah ke gear 2. >>>> ini yg namanya abused.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
abused -> jebol ?
btw saya pernah kejadian nih,
saya pake pug206, lagi jalan maju 40km/jam-an, gak sengaja tuas transmisi kedorong barang2 yang lagi saya bawa banyak banget ...
tuas nya masuk ke R !
karena kalo yang tipe gate gitu kan tanpa dipencet bisa masuk ...
karena saya sadar, langsung saya N kan lagi secepat kilat ! lalu langsung D lagi ...
kalau tipe GATE kaya gitu mungkin bahaya kali yaa, soalnya gak ada mekanisme pelindung gitu ...
btw saya pernah kejadian nih,
saya pake pug206, lagi jalan maju 40km/jam-an, gak sengaja tuas transmisi kedorong barang2 yang lagi saya bawa banyak banget ...
tuas nya masuk ke R !
karena kalo yang tipe gate gitu kan tanpa dipencet bisa masuk ...
karena saya sadar, langsung saya N kan lagi secepat kilat ! lalu langsung D lagi ...
kalau tipe GATE kaya gitu mungkin bahaya kali yaa, soalnya gak ada mekanisme pelindung gitu ...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
ini agak unusual nih..ign1z wrote:abused -> jebol ?
btw saya pernah kejadian nih,
saya pake pug206, lagi jalan maju 40km/jam-an, gak sengaja tuas transmisi kedorong barang2 yang lagi saya bawa banyak banget ...
tuas nya masuk ke R !
karena kalo yang tipe gate gitu kan tanpa dipencet bisa masuk ...
karena saya sadar, langsung saya N kan lagi secepat kilat ! lalu langsung D lagi ...
kalau tipe GATE kaya gitu mungkin bahaya kali yaa, soalnya gak ada mekanisme pelindung gitu ...
bukannya dr D ke P hrs lewat N dulu dan dr N berbelok baru bisa masuk ke P (Gate type)..
trus pada waktu terdorong gak sengaja ke N (dr kecepatan 40 km/j), kan pasti berasa buat pengemudi dong..mobil tiba2 kyk stall gitu...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
semoga saat itu keburu pindah ke N sebelum jebol, since 'oil passages' dari "D" ke mode "R" mostly ditunda/ada jeda 1-2 detik sebelum benar2 masuk.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
bukannya walaupun pake model gate (gak ada safety buttonnya), tuas gak akan bisa kegeser ke R pas lagi jalan 40kmh? maksudnya sengaja didorong pun gak akan bisa masuk ke R cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
iya, bener, harusnya ga bisa didorong
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
oo ... seharusnya gak bisa ya ?
tapi itu 206 saat itu bisa masuk loh... jadinya dari D ke N trus ke R dalam kondisi jalan, saat itu juga saya sedang grasak grusuk gara2 barang2..., saat masih di R, saya sempat merasa seperti stall gitu ... seperti masuk ke "N" gituu ...
tapi ya sudahlah, sudah terjual ini kok dan laku cepat sekali lagih hehe
btw mau tanya lagi,
pertanda matic akan SEGERA rusak atau sudah ada gejalarusak itu gimana ya ?
misalkan matic saya,
matic saya rasanya agak njendal gitu kalau dari 1 ke 2 tapi njendalnya gak ada kalau sedang bejek gas gitu, kalau sedang akselerasi cepat ...
tapi kalau sedang akselerasi lambat gitu, saat maticnya berganti dari 1 ke 2, mobil saya rasanya njendal gitu, berasa sekali kalau sedang ganti gigi ...
apakah hal itu normal ?
tapi itu 206 saat itu bisa masuk loh... jadinya dari D ke N trus ke R dalam kondisi jalan, saat itu juga saya sedang grasak grusuk gara2 barang2..., saat masih di R, saya sempat merasa seperti stall gitu ... seperti masuk ke "N" gituu ...
tapi ya sudahlah, sudah terjual ini kok dan laku cepat sekali lagih hehe
btw mau tanya lagi,
pertanda matic akan SEGERA rusak atau sudah ada gejalarusak itu gimana ya ?
misalkan matic saya,
matic saya rasanya agak njendal gitu kalau dari 1 ke 2 tapi njendalnya gak ada kalau sedang bejek gas gitu, kalau sedang akselerasi cepat ...
tapi kalau sedang akselerasi lambat gitu, saat maticnya berganti dari 1 ke 2, mobil saya rasanya njendal gitu, berasa sekali kalau sedang ganti gigi ...
apakah hal itu normal ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
kalo bisa dari N ke R tanpa tekan tombol, aneh juga.
kalo masih cukup halus perpindahannya, masih normal, kalo sudah kasar dan sulit / tidak mau pindah2
baik upshift maupun downshift, itu gejala menuju kerusakan.
Kemungkinan itu hanya saat hard-acceleration rpm tinggi, memang lebih menyentak dibanding di rpm middle.
Juga lock-up (saat topgear) kalo sudah tidak berfungsi.
Kalo cuma kurang smooth, coba di-flush dulu.
kalo masih cukup halus perpindahannya, masih normal, kalo sudah kasar dan sulit / tidak mau pindah2
baik upshift maupun downshift, itu gejala menuju kerusakan.
Kemungkinan itu hanya saat hard-acceleration rpm tinggi, memang lebih menyentak dibanding di rpm middle.
Juga lock-up (saat topgear) kalo sudah tidak berfungsi.
Kalo cuma kurang smooth, coba di-flush dulu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
^^ kebalik bro....menurut bro ign nyendalnya terjadi kalo lagi akselerasi normal......kalo lagi hard acceleration malah smooth.
kalo menurut gw, coba aja ganti ATFnya dulu, kalo masih begitu, memang kayaknya matiknya udah kurang bener....CMIIW. Matik yg masih bagus harusnya dalam keadaan apapun harus smooth
Tapi kadang2 kalo nyendal gitu bukan cuma karena transmisi yg jelek, bisa juga sensor ECU yang udah gak bener (untuk matik2 modern)
kalo menurut gw, coba aja ganti ATFnya dulu, kalo masih begitu, memang kayaknya matiknya udah kurang bener....CMIIW. Matik yg masih bagus harusnya dalam keadaan apapun harus smooth
Tapi kadang2 kalo nyendal gitu bukan cuma karena transmisi yg jelek, bisa juga sensor ECU yang udah gak bener (untuk matik2 modern)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
pada mobil keluaran lama, apalagi yg lock nya sudah tidak berfungsi atau malah tidak ada (?!!!), dari D ke R sangat bisa terjadi. Ini pernah kejadian sewaktu saya punya accord matic tahun hmmm, 84 kalo ga salah... dan lucunya, meskipun donat nya sudah kena (tidak bisa jalan masuk di D), bisa dipancing dari gigi bawah dulu! hahahaha!
akhirnya saya ganti total! habis 5jt. (jaman tahun 90an itu sangat mahal, karena unit nya sendiri hanya laku 14jt saja).
utk 206 saya tidak tahu, tapi bisa saja... dari D ke N dan ke R dalam jeda 2-3 detik, apalagi dalam keadaan kita menyetir, hitungan detik terasa sangat cepat sekali... karena konsentrasi terbagi.
jika otomatis ngerem (setengah jalan), pada posisi N ke R pasti masuk... meskipun masih melaju pelan.
utk kasus bro ign1z , coba di tune up lagi. mungkin juga pada ATF nya, tapi saya lebih yakin setingan yg sudah berubah. lambat dalam akselerasi pada RPM tinggi.
pada matic non CVT, pasti tidak smooth... kerasa perpindahan antara 1 ke 2 dst. tapi bukan menyentak (kecuali sudah pake turbo...hehehe).
akhirnya saya ganti total! habis 5jt. (jaman tahun 90an itu sangat mahal, karena unit nya sendiri hanya laku 14jt saja).
utk 206 saya tidak tahu, tapi bisa saja... dari D ke N dan ke R dalam jeda 2-3 detik, apalagi dalam keadaan kita menyetir, hitungan detik terasa sangat cepat sekali... karena konsentrasi terbagi.
jika otomatis ngerem (setengah jalan), pada posisi N ke R pasti masuk... meskipun masih melaju pelan.
utk kasus bro ign1z , coba di tune up lagi. mungkin juga pada ATF nya, tapi saya lebih yakin setingan yg sudah berubah. lambat dalam akselerasi pada RPM tinggi.
pada matic non CVT, pasti tidak smooth... kerasa perpindahan antara 1 ke 2 dst. tapi bukan menyentak (kecuali sudah pake turbo...hehehe).
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
@bung Risol1
kalau baru 10ribu km gitu perlu ganti gak ya ?
soalnya olinya KELEWATAN mahalnyaaaa ! hehehehehe
ooo ada sensor juga pada maticnya ya, posisinya dimana itu ? mungkin perlu dibersihkan socketnya gitu ...
@bung poetic
iya pak, tapi untung saja pengalaman saya dengan matic masih selalu berjalan baik dan mulus hehe
memangnya pada matic itu ada setelan2 nya ?
setelah saya tes2 lagi ini mobil s40,
dengan akselerasi "siput" hehe
dari gigi 1 ke 2 itu ganti di rpm 1500
dari gigi 2 ke 3 itu ganti di rpm 1900
gigi yang seterusnya di rpm 2000 ...
misalkan sedang di gigi 1 dan di rpm 1499 gitu trus saya lepas gas, akan terasa menyentak masuk ke gigi 2 lalu turun lagi ke 1 seiring dengan turunnya rpm ...
apakah itu normal ?
dan juga, berdasar dari MID, karena juga dengan teknik saya yang masuk "N" mobil berisiko rusak, saya menemukan cara baru buat irit
untuk hal ini, mobil yang saya pake s40, saya selalu secepatnya mencapai RPM 1700 karena berdasar MID, itu paling irit.
misalkan perlu ngebut, maka secepat mungkin masuk ke gigi 5 dan pantengin jalan di rpm 1700, toh sudah jalan 80-an
jika sedang kira2 mau santai2 aja, secepatnya buat supaya mobil masuk gigi 2 atau 3 gitu dengan rpm 1700 gitu, pokoknya selama mungkin jalan pada rpm 1700, entah gigi berapa saja terserah deh
berdasar pada prinsip jalan dengan kecepatan konstan, kira2 gitu cara baru saya
kalau baru 10ribu km gitu perlu ganti gak ya ?
soalnya olinya KELEWATAN mahalnyaaaa ! hehehehehe
ooo ada sensor juga pada maticnya ya, posisinya dimana itu ? mungkin perlu dibersihkan socketnya gitu ...
@bung poetic
iya pak, tapi untung saja pengalaman saya dengan matic masih selalu berjalan baik dan mulus hehe
memangnya pada matic itu ada setelan2 nya ?
setelah saya tes2 lagi ini mobil s40,
dengan akselerasi "siput" hehe
dari gigi 1 ke 2 itu ganti di rpm 1500
dari gigi 2 ke 3 itu ganti di rpm 1900
gigi yang seterusnya di rpm 2000 ...
misalkan sedang di gigi 1 dan di rpm 1499 gitu trus saya lepas gas, akan terasa menyentak masuk ke gigi 2 lalu turun lagi ke 1 seiring dengan turunnya rpm ...
apakah itu normal ?
dan juga, berdasar dari MID, karena juga dengan teknik saya yang masuk "N" mobil berisiko rusak, saya menemukan cara baru buat irit
untuk hal ini, mobil yang saya pake s40, saya selalu secepatnya mencapai RPM 1700 karena berdasar MID, itu paling irit.
misalkan perlu ngebut, maka secepat mungkin masuk ke gigi 5 dan pantengin jalan di rpm 1700, toh sudah jalan 80-an
jika sedang kira2 mau santai2 aja, secepatnya buat supaya mobil masuk gigi 2 atau 3 gitu dengan rpm 1700 gitu, pokoknya selama mungkin jalan pada rpm 1700, entah gigi berapa saja terserah deh
berdasar pada prinsip jalan dengan kecepatan konstan, kira2 gitu cara baru saya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11332
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
Waduh ada lagi nih...kayanya ribet banget sih. Nyetir mah yg normal aja lah lagian pengiritannya seberapa banyak sih kalau memang mobilnya udah haus bensin dari sananya.
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
S40 mesinnya 2.0 Turbo kan yach ?ign1z wrote: setelah saya tes2 lagi ini mobil s40,
Kasih Free flow air filter serta CAI / AAI Pre & Post Turbo dech.........nanti kalo dah kasih coba ukur lagi MID nya berapa
Kalau rela suara exhaust agak gede dikit tapi efisiensi bisa improve kasih semi free flow muffler atau Flowmaster utk mempercepat Turbo spool Up.
Salam Efisiensi
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
Coba bersihin konektor sensor A/T dgn kontak cleanerRisol1 wrote:^^ kebalik bro....menurut bro ign nyendalnya terjadi kalo lagi akselerasi normal......kalo lagi hard acceleration malah smooth.
kalo menurut gw, coba aja ganti ATFnya dulu, kalo masih begitu, memang kayaknya matiknya udah kurang bener....CMIIW. Matik yg masih bagus harusnya dalam keadaan apapun harus smooth
Tapi kadang2 kalo nyendal gitu bukan cuma karena transmisi yg jelek, bisa juga sensor ECU yang udah gak bener (untuk matik2 modern)
Kalo baru 10 rb Km belum perlu ganti ATF, kalo ga salah Volvo A/T unitnya banyak yg. buatan Aisin Warner, en yg baru2 juga ATF nya comply dgn JWS 3309, jadi pake ATF spt yg dipake Innova / Fortuner aja.
Kalau mau enak A/T unit dikasih Ground cable.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
wah makasih banget atas sarannya nih pak, tapi CAI dan AAi pre turbo bosst itu apaan ya pak ?Turboman wrote:ign1z wrote: S40 mesinnya 2.0 Turbo kan yach ?
Kasih Free flow air filter serta CAI / AAI Pre & Post Turbo dech.........nanti kalo dah kasih coba ukur lagi MID nya berapa
Kalau rela suara exhaust agak gede dikit tapi efisiensi bisa improve kasih semi free flow muffler atau Flowmaster utk mempercepat Turbo spool Up.
Salam Efisiensi
hehe
saya gak banyak ngerti jeroan2 gitu pak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: irit banget dengan matic (cara gua loh !) jangan ditiru :p
Informasi dari bro Turboman diatas udah lengkap tu broign1z wrote:@bung Risol1
kalau baru 10ribu km gitu perlu ganti gak ya ?
soalnya olinya KELEWATAN mahalnyaaaa ! hehehehehe
ooo ada sensor juga pada maticnya ya, posisinya dimana itu ? mungkin perlu dibersihkan socketnya gitu ...