
saya menemukan cara mengemudi yang irit namun tidak biasa dan perlu pengamatan lebih, cara mengemudi saya mungkin agak kontroversial, tetapi berdasar pengalaman saya, cara ini benar2 irit sekali cuma agak repot saja ...
caranya :
saat jalan kita kan masuk ke "D" sampai ke kecepatan yang kita mau lalu masukkan ke "N" ...
cara ini membuat mobil saya "nggeluyur" tanpa tenaga, yang saya kira ini membuatnya menjadi konsumsi bensin minimal saat nggeluyur itu ... lalu rem secukupnya jika diperlukan ...
misalkan sedang dalam kondisi stop n go gitu, setelah saya liat mobil depan maju dengan pelan, saya masuk lagi ke "D" tanpa injak pedal gas, lalu seketika saya "N" kan lagi tanpa menginjak rem, mobil akan jalan dan akan terus menurun saat diganti N sampai berhenti atau saya injak rem ...
jikalau sedang lenggang, sebagai contoh pengalaman saya, di tol menuju gerbang tol puri indah,
saya berakselerasi biasa sampai dengan 80 km/jam, setelah saya liat tanda "500m pintu keluar", saya langsung masuk ke "N".
dan mobil akan nggeluyur terus tanpa hambatan tetapi kecepatan tetap menurun 70 60 50 40 30 .... dan mungkin kadang2 perlu masuk ke "D" juga jika kadang2 ada hambatan didepan sehingga terlalu pelan saat di dekat gerbang tol ...
tapi cara saya ini perlu ... apa ya namanya ... semacem insting, harus bisa menebak, kira2 mobil depan gua ini akan berhenti atau mengurangi kecepatan atau ngerem ... dengan insting ini jadinya timing saat kita masukin gigi N itu jadi pas sekali
jadi intinya jalan dengan sesedikit mungkin waktu untuk menginjak GAS dan sebanyak mungkin "NGELUYUR" (masuk "N")..
kira2 gitu cara saya

dan pengiritan yang saya dapatkan itu benar2 fantastis .. !
ada yang saya ingin tanyakan mengenai MATICnya,
sebenernya boleh gak sih ganti matic dari N ke D dalam kondisi jalan ? misalkan pada 60 km/ jam gitu ??
apakah MATIC itu boleh diperlakukan seperti cara saya diatas ?
soalnya melihat dari saat prakteknya, sama sekali tak ada apa2, saat pergantian dari N ke D dan tanpa injak gas, itu tak ada hentakan sedikitpun atau suara, hanya terasa mulai ada engine brake walaupun sangat kecil selayaknya matic tanpa injek gas ...
mohon pendapat dan bimbingan dari senior2 mengenai cara saya ini

sebagai tambahan, cara ini saya pakai di mobil saya dulu civic vti-L matic 2002 dan sekarang di Volvo s40 matic