thread ini bkn utk memburuk2kan suatu model mobil secara spesifik, thread ini purely cuman utk memperkaya pengetahuan ttg otomotif yang mgkn tercecer atau tidak bisa kita dapatkan dari media2 cetak maupun elektronik..
any suggestions and opinions are welcome especially the constructive ones.
mulai dari saya dulu...

x-trail, setelah dipakai bbrp taon/long term use:
- tenaga kuat, transmisi lelet dan kadang2 kurang bisa membaca kemauan pengemudi walopun katanya sudah mengadopsi sistim elektrik, mesin walopun kuat dan mengadopsi balance shaft tetep aza ga terasa halus sampe kemana, suspensi mobil termasuk empuk; saking empuk nya mobil ini body roll nya sangat terasa di perparah dgn setir yg ringan lengkap dah...(tapi setir ringan ini salah satu kelebihan nya juga, buat parkir gampang..)hehehe
- taon produksi 2005 ke atas rupanya kompressor a/c beda dgn taon prod. di bwh nya, dimana yg lbh baru malah kalo aktif bisa membuat idle speed nya drop..(sampe skg ga ada solusi..

- dashboard mobil ini ada bunyi2 dikit deket dgn glove box nya, solusi: menempelkan sedikit double tape..hehehe
- kaki2 mobil termasuk tdk bising kalo melewati lubang:), tp kalo rusak, siap2 deh kantong sobek, kalo ga salah, ball joint ato tie rodnya ga bisa diganti cuman komponennya saja, harus ganti satu set beserta paha ayamnya.
- rattling di bagasi sgt bising (material plastik keras)...walo ini kekurangannya, tapi ini jg kelebihannya, karena mudah dibersihkan dan naruh barang basah jg bisa.
- mesin mobil ini di luar negeri, khususnya di amerika (di indo blm pernah dgr ada kejadiannya) pernah mempunyai problem krn butterfly screw di intakenya bisa terisap kalo bukaan mesin melebihi 6200rpm (CMIIW). terisapnya screw ini akan membuat mesin mobil ini rusak.
sekaligus, mobil ini agak sensitif BBM saya rasa, pemakaian BBM dgn oktan di bwh 91 secara jangka panjang akan menyebabkan mesin ini mengelitik, walopun halus. sekali ngelitik, susah nian buat ngilanginnya. perlu diketahui ngelitik alus blm tentu tidak bermasalah, karena sdh dilengkapi knock sensor masi ngelitik, berarti BBM nya betul2 tidak bisa ditolerate oleh mesin. jadi saya sarankan rekan2 sekalian memakai BBM minimal RON 91 deh, sekalian membantu kas negara..hihihihii
- setir agak melenceng ke kiri sedikit kalo bener2 diperhatikan sewaktu jalan, mnrt pihak BeRes, ini diakibatkan drive shaft kanan dan kiri beda panjang nya, dimana yg kiri lebih pendek dari yang kanan...(please elaborate on this, am kinda confuse...)
- pernah ada recall penggantian muffler gratis oleh pihak NMI utk muffler warna putih yg setelah ditukar berwarna hitam, muffler warna putih generasi gampang kropos.
- ntah saya yg sial ato apa, piringan rem mobil saya ini cepet bgt afkir nya, blm 2 taon sdh bubut 2X, dimana akhirnya saya klaim garansi juga ditukar oleh pihak NMI, jadi buat yg memakai produk yg sama dgn saya, hati kalo setir mulai bergetar kalo lagi nge-rem, baiknya diperiksa.
- electric fan perlu dibersihkan secara berkalan kalo ngak mau ngadat, soalnya sensor nya sering tertutupi debu kalo medan yg kita lalui berdebu dan kotor yg akan mengakibatkan ngadat nya fan.
- exhaust standar mobil ini betul2 restrictive, bisa dirasakan kalo sudah diganti dgn exhaust aftermarket yg plong, potensi mesin mobil ini akan semakin ganas.
- body part mahal nian..cover kaca spion 2.2jt per sebelah..c'mon NMI..you could do better than this!....
secara umum, mobil ini can live up to my expectation:),..namanya ciptaan manusia, kurang lebih pasti ada kekurangannya mnrt saya, I am fine with my ride.
rekan2 smers sharing yah pengalaman2nya..thanks:)
NB. kalo ada yg bertopik sama, mohon oom mods pindah ato merged saja, thanks.
kalo ada rekan sm-ers yang memakai mobil yg sama, dan merasa postingan di atas ada yg tercecer, mohon diperlengkap yah..Thanks in advance..hehehe