tulung tulung...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
tulung tulung...
gue baru 6 bulanan ini pake great corolla. ada bunyi 'ngelitik' misalnya tiba-tiba tuh pedal gas gue bejek. di tutup bensin ada tulisan kalo gue suruh pake premix dan selama ini gue pake premium. ngaruh gak? wah, kalo pake premix atau yang laennya, merusak mata euy. mata pencaharian maksudnya...
satu lageh. belakangan baru ketawan kalo suka ngebul putih. misalnya lagi stasioner [?] gak terlalu kliatan. pas gasnya dibejek lagi, baru muncul. kalo lagi jalan dan lari cepet, awalnya gak ada. setelah lewat rpm 4000-5000 baru nungul asep putih.
satu lageh. belakangan baru ketawan kalo suka ngebul putih. misalnya lagi stasioner [?] gak terlalu kliatan. pas gasnya dibejek lagi, baru muncul. kalo lagi jalan dan lari cepet, awalnya gak ada. setelah lewat rpm 4000-5000 baru nungul asep putih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Greatnya tahun berapa sih bun(g)?Mau nulis bung bun bun kok boros bgt b nya byk bgt
Mobil ngelitikin gitu kan biasanya berhubungan dg kualitas bahan bakarnya.Mestinya pembakaranya harus di setel ulang kr biasa pake premix terus pakai premium.Coba aja di tune up dan setel waktu pembakarannya(dimundurkan TMP nya)
Terus kalo asap putih itu kan berhubungan dg kebocoran oli?Mungkin perlu di cek seal2 oli,mungkin ada yg bocor dan masuk kemesin,menyebabkan asap berwarna putih.
Treatment paling mujarab,mungkin "Overhaul 1/2"(ini bahasa halusnya turun mesin setengah?)
Mungkin para pakar yg lain akan nambahin tulisan yg awam ini.....
Mobil ngelitikin gitu kan biasanya berhubungan dg kualitas bahan bakarnya.Mestinya pembakaranya harus di setel ulang kr biasa pake premix terus pakai premium.Coba aja di tune up dan setel waktu pembakarannya(dimundurkan TMP nya)
Terus kalo asap putih itu kan berhubungan dg kebocoran oli?Mungkin perlu di cek seal2 oli,mungkin ada yg bocor dan masuk kemesin,menyebabkan asap berwarna putih.
Treatment paling mujarab,mungkin "Overhaul 1/2"(ini bahasa halusnya turun mesin setengah?)
Mungkin para pakar yg lain akan nambahin tulisan yg awam ini.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
kalo great gue saranin Pake Pertamax..
soalnya kompresi nya lebih tinggi, bisa pake premium cuman harus di setting ulang alias setel timing nya di mundurin.. , dan gue dah pernah nyoba cuman pas gue itung2 jatohnya pake premium lebih boros.. , nah asep yang keluar itu berarti ring seher lu udah jebol.. , cek oli deh suka kurang gak?.. kalo suka alamat lu mesti turun mesin.. mo gak mo.. , inget kalo lu pake premium belon setel timing bisa2 mesin lu cepet jebol..
soalnya kompresi nya lebih tinggi, bisa pake premium cuman harus di setting ulang alias setel timing nya di mundurin.. , dan gue dah pernah nyoba cuman pas gue itung2 jatohnya pake premium lebih boros.. , nah asep yang keluar itu berarti ring seher lu udah jebol.. , cek oli deh suka kurang gak?.. kalo suka alamat lu mesti turun mesin.. mo gak mo.. , inget kalo lu pake premium belon setel timing bisa2 mesin lu cepet jebol..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
yah coba di tune up dulu n bilang ke mekaniknya kalo you pake premium dan bukan pertamax. Cuma seperti Takumi bilang, jatuh2nya ampir sama karena kalo kita pake pertamax pemakaian bensin per km-nya lebih irit
Trus cek deposit di knalpot, kalo agak item berarti ada oli kebakar. Trus cek volume oli mesin, kalo cepet berkurang berarti udah mesti overhaul
Trus cek deposit di knalpot, kalo agak item berarti ada oli kebakar. Trus cek volume oli mesin, kalo cepet berkurang berarti udah mesti overhaul
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
@ edward: taun 95.
hmm, keknya emang mesti di tune up dan ganti pake pertamax neh soale emang ada sedikit basah di ujung knalpot. oli dicek, gak berkurang tuh. maksudnya, gak signifikan gitu. mungkin emang berkurang tapi dikit kali yaa, jadi gak kliatan wuah, gak enak yaa kalo mesti turun setengah
soalan ganti bahan bakar, duehh... bakal merusak mata neh...
thanks guys! nabung lageh... duh!
hmm, keknya emang mesti di tune up dan ganti pake pertamax neh soale emang ada sedikit basah di ujung knalpot. oli dicek, gak berkurang tuh. maksudnya, gak signifikan gitu. mungkin emang berkurang tapi dikit kali yaa, jadi gak kliatan wuah, gak enak yaa kalo mesti turun setengah
soalan ganti bahan bakar, duehh... bakal merusak mata neh...
thanks guys! nabung lageh... duh!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44
Wait wait..
Kalo nglitik pas gas dibejek, apalagi pas pagi hari mesin mau dipanasin, gejalanya ada di spuyer. Spuyernya ini sepertinya pernah diganti sama pemilik sebelumnya dengan ukuran yg lebih kecil supaya bensinnya jadi irit. Untuk Greco, spuyernya ada 2.. yaitu kalo stasioner high rpm (kalo kecepatan rendah gigi 1 dan gigi 2) serta low rpm high speed (kalo ngebut, otomatis spuyernya pindah ke yang ini).
Biasanya sama tukang bengkel, spuyernya ini yang diganti yg kecepatan rendah, sebab yg ini paling sering diutak atik.
Kalo knalpotnya ngebul tipis, gak apa apa sih, masih dalam batas toleransi. Tapi kalo kasusnya ngebul banyak :
Asapnya putih tapi tidak bikin perih mata: bisa jadi mesin terlalu dingin, saluran pembuangan dan mesin banyak embun air di dalamnya. Pada saat dipanaskan airnya akan menguap jadi uap air (kayak kalo kita menjerang air). Normal kalo terjadi pada saat menyalakan mesin sehabis hujan atau malamnya memang dingin banget. Kanlpotnya akan becek.. tapi becek akibat air... Tidak masalah.
Asap putih tapi bikin perih mata : setelan angin nya terlalu banyak, bensinnya sedikit (miskin bensin).
Asap putih berbau oli : ini memang waktunya turmes... apalagi kalo olinya sampai keluar lewat knalpot (knalpot becek).
Asapnya hitam : bensinnya terlalu kaya, udara sedikit.
Ini khusus untuk mesin bensin aja lhoo...
Kalo nglitik pas gas dibejek, apalagi pas pagi hari mesin mau dipanasin, gejalanya ada di spuyer. Spuyernya ini sepertinya pernah diganti sama pemilik sebelumnya dengan ukuran yg lebih kecil supaya bensinnya jadi irit. Untuk Greco, spuyernya ada 2.. yaitu kalo stasioner high rpm (kalo kecepatan rendah gigi 1 dan gigi 2) serta low rpm high speed (kalo ngebut, otomatis spuyernya pindah ke yang ini).
Biasanya sama tukang bengkel, spuyernya ini yang diganti yg kecepatan rendah, sebab yg ini paling sering diutak atik.
Kalo knalpotnya ngebul tipis, gak apa apa sih, masih dalam batas toleransi. Tapi kalo kasusnya ngebul banyak :
Asapnya putih tapi tidak bikin perih mata: bisa jadi mesin terlalu dingin, saluran pembuangan dan mesin banyak embun air di dalamnya. Pada saat dipanaskan airnya akan menguap jadi uap air (kayak kalo kita menjerang air). Normal kalo terjadi pada saat menyalakan mesin sehabis hujan atau malamnya memang dingin banget. Kanlpotnya akan becek.. tapi becek akibat air... Tidak masalah.
Asap putih tapi bikin perih mata : setelan angin nya terlalu banyak, bensinnya sedikit (miskin bensin).
Asap putih berbau oli : ini memang waktunya turmes... apalagi kalo olinya sampai keluar lewat knalpot (knalpot becek).
Asapnya hitam : bensinnya terlalu kaya, udara sedikit.
Ini khusus untuk mesin bensin aja lhoo...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
blun sempret ke bengkel, tapi dah ganti BBMnya pake perta. ngelitiknya ilang. berasa ada beda di tenaga dan gue perhatiin gak ada asep putihnya lageh. tapi, gak tau yaa kalo pas gak merhatiin taunya malah ngebul...
oyak, waktu ityuh asepnya gak bikin perih mata. sekarang bbmnya yang bikin perih mata
oyak, waktu ityuh asepnya gak bikin perih mata. sekarang bbmnya yang bikin perih mata
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia