Aki or Dinamo Starter
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Aki or Dinamo Starter
guys,pgn nanya ne.tadi Jazz saya tiba2 ga bs distarter pas da nyampe rmh buat masukin garasi..distarter kaya berat nariknya..bunyi ngeekk gt doank..ada 2opini dari saya:kira2 dinamo starter apa aki nya ya yg bermasalah?? aki nya si uda 2taon tapi pas saya tes nyala lampu ttp terang lampu nya.berarti opini saya aki msh bgs dnk..berarti apa dinamo starter yg bermasalah y? and umur rata2 dinamo starter itu brp taon y? and mhl kah itu kl sya mo bli? thx ya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki or Dinamo Starter
semua analisa tu semestinya hrs pegang sendiri...kl diagnosa "jarak jauh", seorang dokter paling top pun pasti akan byk kelirunya,
so, ini gw maen paranormal neh yaa:
... menurut gw itu batterynya... memang seringkali battery baru terasa soak nya secara tiba2.
2 tahun usianya, udah termasuk bagus...
analisa plg sederhana:... pinjam accu yg jelas2 beres,.dr mobil lain... pasangkan di itu jazz, lihat kejadiannya.
so, ini gw maen paranormal neh yaa:

2 tahun usianya, udah termasuk bagus...
analisa plg sederhana:... pinjam accu yg jelas2 beres,.dr mobil lain... pasangkan di itu jazz, lihat kejadiannya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Aki or Dinamo Starter
kalo dari saya sih, coba aja cek voltase aki pake multitester..
12V minimal buat gerakin motor stater..
kalo kurang dari itu, blom tentu juga aki bermasalah..
disini blum diceritakan apakah mobil baru mati langsung dinyalakan lagi, ato sudah mati agak lama lalu dinyalakan..
dari percobaan yang bro lakukan, itu blom cukup untuk membuktikan apakah aki sudah uzur atau blum, soalnya lampu dan komponen kelistrikan lainnya masih dapat bekerja dibawah tegangan 12V..
Memang kerjanya ga maksimal dan ga kerasa ama kita2 kalo tegangan masih bermain di 10-11V..
tapi kalo dah dibawah itu, baru deh kerasa kalo klakson dah ngga cempreng, dan lampu dah ga terang..
Untuk dinamo(motor) stater butuh tegangan dan arus yang cukup besar buat bekerja..
kalo kurang dikit aja, pasti ga nyala..
untuk ngeceknya, pertama coba pakai multitester, lalu coba liat terminal2nya, apa kenceng ato ngga ato ada kerak ga.. kalo smua aman, baru deh motor stater dapat disalahkan..
12V minimal buat gerakin motor stater..
kalo kurang dari itu, blom tentu juga aki bermasalah..
disini blum diceritakan apakah mobil baru mati langsung dinyalakan lagi, ato sudah mati agak lama lalu dinyalakan..
dari percobaan yang bro lakukan, itu blom cukup untuk membuktikan apakah aki sudah uzur atau blum, soalnya lampu dan komponen kelistrikan lainnya masih dapat bekerja dibawah tegangan 12V..
Memang kerjanya ga maksimal dan ga kerasa ama kita2 kalo tegangan masih bermain di 10-11V..
tapi kalo dah dibawah itu, baru deh kerasa kalo klakson dah ngga cempreng, dan lampu dah ga terang..
Untuk dinamo(motor) stater butuh tegangan dan arus yang cukup besar buat bekerja..
kalo kurang dikit aja, pasti ga nyala..
untuk ngeceknya, pertama coba pakai multitester, lalu coba liat terminal2nya, apa kenceng ato ngga ato ada kerak ga.. kalo smua aman, baru deh motor stater dapat disalahkan..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Aki or Dinamo Starter
Kalo aki nya "dicurigai" masih bagus, coba ketok-ketok dinamo starternya sebelum distarter. Biasanya "jurus" ini cukup ampuh buat beberapa kali sebelum dinamo starter masuk bengkel or diganti.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Aki or Dinamo Starter
baru mati langsung dinyalakan lagi,r1210g wrote:kalo dari saya sih, coba aja cek voltase aki pake multitester..
12V minimal buat gerakin motor stater..
kalo kurang dari itu, blom tentu juga aki bermasalah..
disini blum diceritakan apakah mobil baru mati langsung dinyalakan lagi, ato sudah mati agak lama lalu dinyalakan..
dari percobaan yang bro lakukan, itu blom cukup untuk membuktikan apakah aki sudah uzur atau blum, soalnya lampu dan komponen kelistrikan lainnya masih dapat bekerja dibawah tegangan 12V..
Memang kerjanya ga maksimal dan ga kerasa ama kita2 kalo tegangan masih bermain di 10-11V..
tapi kalo dah dibawah itu, baru deh kerasa kalo klakson dah ngga cempreng, dan lampu dah ga terang..
Untuk dinamo(motor) stater butuh tegangan dan arus yang cukup besar buat bekerja..
kalo kurang dikit aja, pasti ga nyala..
untuk ngeceknya, pertama coba pakai multitester, lalu coba liat terminal2nya, apa kenceng ato ngga ato ada kerak ga.. kalo smua aman, baru deh motor stater dapat disalahkan..
kondisi nya pas msn udah panas.bis matiin kr2 2menit buat buka garasi and saya mao start lg eh udah gk nyala..berarti kemungkinan ny skrg lbh brt ke aki y? emank uda 2taon 2bln si aki nya..hoho..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Aki or Dinamo Starter
waduh, keknya akinya blom bisa dipersalahakan tuh..
sejelek2nya aki selama 2 menit pasti masih bisa simpan energi sebentar..
pengisiannya mungkin yang ga bener..
sejelek2nya aki selama 2 menit pasti masih bisa simpan energi sebentar..
pengisiannya mungkin yang ga bener..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Aki or Dinamo Starter
cek aja bro pake charge. kalo sambil dicharge bisa distarter, ya akinya yang dh lemah. kan dh 2 tahun. Ato cek pake multitester, habis dipake starter, coba dicek, kalo kurang dari 11,5 volt berarti akinya dh soak. Aki soak makin terasa kalo habis dipake lo. kalo habis dicharge, hampir gak terasa, kecuali yg udah soak beneran.
kalo pas mesin idup, coba dicek tegangannya harus diatas 13 volt lo, kalo gk, berarti sistem pengisian perlu dicek (alternator) ato jgn2 cuma kabelnya yg perlu dikencengin.
kalo pas mesin idup, coba dicek tegangannya harus diatas 13 volt lo, kalo gk, berarti sistem pengisian perlu dicek (alternator) ato jgn2 cuma kabelnya yg perlu dikencengin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Aki or Dinamo Starter
eh ya blom ganti aki..hehe..kesimpulan kayanya aki.waktu itu pernah recharge aki dl tp ttp ky begt.teman ad yg ngalamin problem sama lsg gnt aki and boil ny da normal.tapi sy blm smpt gnt si.nanti aj..hehe..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki or Dinamo Starter
ya ya.... ntar kasih feedback ya bro....
as i said 1st, tebakan ala "paranormal" gue memang krn aki nya tekor ..... hehehe.
dan, juga saran pertama gue itu: better jangan beli accu dulu... tp undang (mobilnya) temen itu, lalu pasangkan ke your jazz..
gak susah kok bongkar2 aki bentar...
...... kalau ok.. naah, itulah satnya beli accu baru... heheheh
as i said 1st, tebakan ala "paranormal" gue memang krn aki nya tekor ..... hehehe.
dan, juga saran pertama gue itu: better jangan beli accu dulu... tp undang (mobilnya) temen itu, lalu pasangkan ke your jazz..
gak susah kok bongkar2 aki bentar...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Aki or Dinamo Starter
saran dari rekan-rekan tuh patut di coba, ... karena memang masuk akal.
Tidak bisa start kemungkinannya bisa karena aki soak, motor starter rusak atau system perkabelan/kelistrikan bermasalah (konektor kotor/karat).
solusinya sih pilih cara murah dan mudah dulu, pertama cek perkabelan/konektor, bersihkan dan semprot pake cleaner contact, kemudian tes.
kedua, apabila masih belum bisa cek aki, apakah masih dalam kondisi baik, airnya dan setrumnya apakah masih cukup, coba di cas sendiri, lepas dari mobil dan di cas sampai penuh, kemudian pasang dan tes. (bisa juga saran dari om di atas pinjem aki yg bagus).
Ketiga, apabila masih belum bisa start, kemungkinan lainnya adalah motor/dinamo startnya yang bermasalah, silahkan perbaiki di bengkel khusus dinamo start, mungkin udah kotor atau arangnya sudah abis....(sekalian service dinamo charge bila service dinamo start).
selamat mencoba... good luck.
Tidak bisa start kemungkinannya bisa karena aki soak, motor starter rusak atau system perkabelan/kelistrikan bermasalah (konektor kotor/karat).
solusinya sih pilih cara murah dan mudah dulu, pertama cek perkabelan/konektor, bersihkan dan semprot pake cleaner contact, kemudian tes.
kedua, apabila masih belum bisa cek aki, apakah masih dalam kondisi baik, airnya dan setrumnya apakah masih cukup, coba di cas sendiri, lepas dari mobil dan di cas sampai penuh, kemudian pasang dan tes. (bisa juga saran dari om di atas pinjem aki yg bagus).
Ketiga, apabila masih belum bisa start, kemungkinan lainnya adalah motor/dinamo startnya yang bermasalah, silahkan perbaiki di bengkel khusus dinamo start, mungkin udah kotor atau arangnya sudah abis....(sekalian service dinamo charge bila service dinamo start).
selamat mencoba... good luck.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Aki or Dinamo Starter
kalo aki lemah : cek RPM, kalo terlalu rendah pengaruhnya pengisian aki tidak maksimal.HilmanZ wrote:guys,pgn nanya ne.tadi Jazz saya tiba2 ga bs distarter pas da nyampe rmh buat masukin garasi..distarter kaya berat nariknya..bunyi ngeekk gt doank..ada 2opini dari saya:kira2 dinamo starter apa aki nya ya yg bermasalah?? aki nya si uda 2taon tapi pas saya tes nyala lampu ttp terang lampu nya.berarti opini saya aki msh bgs dnk..berarti apa dinamo starter yg bermasalah y? and umur rata2 dinamo starter itu brp taon y? and mhl kah itu kl sya mo bli? thx ya..
kalo dinamo stater, cek nya gampang... maen2 ke tukang dinamo terus tanya masih bagus or tidak. kalo lemah tinggal langsung di ganti magnetnya... murah kok.
