bolongin thermostat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
bolongin thermostat
SM'ers..
kemarin ini saya turun 1/2 mesin..
lalu setelah selesai, saya pake, temperatur maksimal cuma 1/4..
bahkan pagi2 cuma 1/8..
sebelum turun, biasanya temperatur 1/2 kurang dikit..
setelah saya tanya, katanya termostat saya dibolongin lagi sedikit..
gimana pendapat para ahli2 disini?
boleh ga sih? ato jangan2 dah biasa?
kalo dingin gitu bukannya pembakarannya kurang optimal ya?
kemarin ini saya turun 1/2 mesin..
lalu setelah selesai, saya pake, temperatur maksimal cuma 1/4..
bahkan pagi2 cuma 1/8..
sebelum turun, biasanya temperatur 1/2 kurang dikit..
setelah saya tanya, katanya termostat saya dibolongin lagi sedikit..
gimana pendapat para ahli2 disini?
boleh ga sih? ato jangan2 dah biasa?
kalo dingin gitu bukannya pembakarannya kurang optimal ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: bolongin thermostat
Seharusnya sih 1/2 kurang sedikit. Tapi maksudnya "dibolongin" apa ya... soalnya Thermostat itu mengatur buka / tutup aliran air dingin. Thermostat mendapat perintah dari thermal sensor.
Mungkin dibuat supaya air mengalir lebih cepat, dibawah normal running temperature.
Saya lupa.. berapa derajat normal / berapa derajat air mengalir... buku-2 sudah saya wariskan ke SJI.
Yang bagus sebetulnya menjaga supaya suhu tetap pada running temperature misalnya 90*-105* C.
Jadi air dingin akan mengalir pada suhu 105*C. Tapi kemudian jalanan macet... angin berkurang, jadi harus ditambah banyaknya angin ke radiator... caranya pakai electric fan. Tapi thermostat tetap membuka pada suhu 105%.
Mungkin dibuat supaya air mengalir lebih cepat, dibawah normal running temperature.
Saya lupa.. berapa derajat normal / berapa derajat air mengalir... buku-2 sudah saya wariskan ke SJI.
Yang bagus sebetulnya menjaga supaya suhu tetap pada running temperature misalnya 90*-105* C.
Jadi air dingin akan mengalir pada suhu 105*C. Tapi kemudian jalanan macet... angin berkurang, jadi harus ditambah banyaknya angin ke radiator... caranya pakai electric fan. Tapi thermostat tetap membuka pada suhu 105%.
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: bolongin thermostat
jadi yang saya denger sih dilobangin lagi dikit biar alirannya lancar.. ga tau saya juga blom buka & liat sih..
katanya pas lagi tes abis pasang head, suhunya naik jadi 3/4, makanya dilubangin..
kalo kata buku sekitar 82-88C ngebukanya..
makanya jadi ngeri juga sih nih..
ngomong2 sensor "panas"nya indikator tuh dimana ya?
katanya pas lagi tes abis pasang head, suhunya naik jadi 3/4, makanya dilubangin..
kalo kata buku sekitar 82-88C ngebukanya..
makanya jadi ngeri juga sih nih..
ngomong2 sensor "panas"nya indikator tuh dimana ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: bolongin thermostat
iya betul sekitat 82-88C
sensor didekat thermostatnya... sensor ini juga berhubungan dengan elektrik fan A/C. Repot nih .. gak ada bukunya... pokoknya dalam keadaan panas kalau dicabut... fan a/c langsung mati.. nah itu dia...
atau kalau punya pengukur temperatur industri.. yang dari metal semua... buka tutup radiator.. (dingin), nyalakan mesin, masukan pengukur temperatur tersebut ke lubang radiator.. perhatikan pada waktu air mengalir, lihat suhunya...
Sudah punya atau belum buku Haynes Service... kalau belum,,, nanti saya mintakan salinan ke SJI atau sudah punya yang lain.. biasanya sih sama saja...
Kalau dulu saya pasang thermal sensor lagi (sudah ada lubang didekat karburator) tapi dengan ukuran suhu yang lebih tinggi... untuk mengaktifkan electric fan mesin... dengan begitu... baik kompresor maupun mesin... terjaga dengan baik....
bayangkan... sampai sekarang belum turun mesin dan belum ganti kompresor juga (padahal itu kompresor bekas ex-Sin)... mobil sering jalan Cilacap - Bandung lho. Kebetulan saya monitor terus ke pemilik sekarang...
Tidak tahu, apakah mesinnya yang bandel atau settingan modifikasinya yang pas banget... heheheeeee.
sensor didekat thermostatnya... sensor ini juga berhubungan dengan elektrik fan A/C. Repot nih .. gak ada bukunya... pokoknya dalam keadaan panas kalau dicabut... fan a/c langsung mati.. nah itu dia...
atau kalau punya pengukur temperatur industri.. yang dari metal semua... buka tutup radiator.. (dingin), nyalakan mesin, masukan pengukur temperatur tersebut ke lubang radiator.. perhatikan pada waktu air mengalir, lihat suhunya...
Sudah punya atau belum buku Haynes Service... kalau belum,,, nanti saya mintakan salinan ke SJI atau sudah punya yang lain.. biasanya sih sama saja...
Kalau dulu saya pasang thermal sensor lagi (sudah ada lubang didekat karburator) tapi dengan ukuran suhu yang lebih tinggi... untuk mengaktifkan electric fan mesin... dengan begitu... baik kompresor maupun mesin... terjaga dengan baik....
bayangkan... sampai sekarang belum turun mesin dan belum ganti kompresor juga (padahal itu kompresor bekas ex-Sin)... mobil sering jalan Cilacap - Bandung lho. Kebetulan saya monitor terus ke pemilik sekarang...
Tidak tahu, apakah mesinnya yang bandel atau settingan modifikasinya yang pas banget... heheheeeee.
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: bolongin thermostat
ini sekalian memberi gambaran kpd pembaca awam yaa..... kl buat bro Rio & yg lain yg udah paham thermostat, ya dilewat saja...
pada dasarnya, sensor thermostat sudah jadi satu assembly dg katupnya,...
wait.... thermostat tu bekerja secara mekanis loh, jd bukan elektrik.
prinsip kerjanya adalah vacuum valve (mgkin analoginya adlh semacam cara kerja bimetal) utk sensor suhu, dan actuatornya (yaitu katup air).
***tp mgkin kalau ada thermostat yg elektronik, ....*mgkin utk mobil2 canggih (yg udah fully ECU-ed) model termostatnya begitu ....*gw blm pernah lihat...maap katro
***maka, dari assembly thermostat itu akan cuma keluar kabel (atau konektor) yg akan "diurusi" oleh wiring harness..(krn tinggal perlu koneksi catuan arus saja)
***atau mgkin juga ada electric fan (pd radiator & AC) yg juga sekalian "minta" trigger dari thermostat ini...entah
jd secara awam, tidak terlihat lagi pick-up sensor temperaturnya....
yg terlihat dr luar ya cuma satu kesatuan yg disebut thermostat itu (yaitu alat utk bikin stat=statis si thermo=suhu)
maka dari itu, pada thermostat ada ukuran derajat (bukaan) nya: misalnya 72 atau 82, dsb
itu adalah suhu dimana katup airnya akan membuka (dan menutup).
-sdngkn pick-up sensor (atau temp. gauge) yg biasanya ada pada engine, adalh sensor temperatur yg akan diproyeksikan ke indikator suhu (atau temp. monitor), di speedometer.
-ada juga pick up sensor yg disebut thermo-switch... ini biasanya utk mengkatifasikan electric fan pd radiator.
-ada juga thermo-switch utk AC, yg seringkali disebut thermostat jg... ini biasanya terpasang dekat evaporator aircon.... kalau ini nggak ada hubungannya dg
cooling system... tp utk meng on-off kan compressor aircon,...bekerjasama (secara logika OR) dg sensor tekanan pada pipa freon...
dan/atau juga utk menyalakan electric fan pada condenser aircon (pd mobil dg condenser aircon & radiator terpisah kanan kiri)...
....now, get into this case....
flashback:
nampaknya, yg dimaksdu oleh bengkel dg melobangi sedikit lagi itu adlah "membuatnya tidak berfungsi lagi".
ada kemungkinan begitu... jadi, saya nggak bermaksud menuduh pak bengkelnya loh..cuma kecurigaan...(loh apa bedanya..hehehe)
soalnya, gw belum kebayang gimana valve (yg cuma punya logika 1 & 0: tertutup penuh atau terbuka penuh saja) itu bisa dibikin setengah2 ?
well, curhat menyelip:.. hal2 semacam itu yg bikin gw sampai skrg (hampir) blm pernah percayakan ke bengkel.
seharusnya, sblm melakukan tindakan (action) apapun, the mechanic mustinya konsultasikan diagnosisnya dulu dg si pemilik.
lalu kemukakan usulan action, utk mendapat persetujuan si pemilik.
utk situasi: menurut test nya bengnkel >> termostat dlm keadaan normal, tp engine cenderung overheat (3/4 garis..belum overheat siih), berarti ada yg kurang tepat.
lbh baik dicari tau, dipahami, dan (kalau bisa) diberesi dulu...., baru setelah mentok, ok silakan lakukan pengakalan...
tp, krn dlm kasus bro Rio ini.... itu udah "terlanjur".....ya sudah.... maka salah satu cara "analisisnya":
coba lakukan "bechmarking" atau "kalibrasi" termostatnya...
dg cara saling tukar dg mobil lain, lalu dilihat apakah kejadiannya (indokatornya) di kedua mobil tetap (pd garis 1/4).
dari situ nanti bisa dilanjutkan dg analisa thd dugaan2 lain.
*****
salah satu artikel cooling system yg mencakup thermostat bs dilihat di site saftari <<< http://saft7.com/?p=78 dan http://saft7.com/?p=182
maaf, gw merasa gak etis kalau mau "comot" gambarnya utk penjelasan/diposting disini...silakan dilihat kesana ya..
pada dasarnya, sensor thermostat sudah jadi satu assembly dg katupnya,...
wait.... thermostat tu bekerja secara mekanis loh, jd bukan elektrik.
prinsip kerjanya adalah vacuum valve (mgkin analoginya adlh semacam cara kerja bimetal) utk sensor suhu, dan actuatornya (yaitu katup air).
***tp mgkin kalau ada thermostat yg elektronik, ....*mgkin utk mobil2 canggih (yg udah fully ECU-ed) model termostatnya begitu ....*gw blm pernah lihat...maap katro
***maka, dari assembly thermostat itu akan cuma keluar kabel (atau konektor) yg akan "diurusi" oleh wiring harness..(krn tinggal perlu koneksi catuan arus saja)
***atau mgkin juga ada electric fan (pd radiator & AC) yg juga sekalian "minta" trigger dari thermostat ini...entah
jd secara awam, tidak terlihat lagi pick-up sensor temperaturnya....
yg terlihat dr luar ya cuma satu kesatuan yg disebut thermostat itu (yaitu alat utk bikin stat=statis si thermo=suhu)
maka dari itu, pada thermostat ada ukuran derajat (bukaan) nya: misalnya 72 atau 82, dsb
itu adalah suhu dimana katup airnya akan membuka (dan menutup).
-sdngkn pick-up sensor (atau temp. gauge) yg biasanya ada pada engine, adalh sensor temperatur yg akan diproyeksikan ke indikator suhu (atau temp. monitor), di speedometer.
-ada juga pick up sensor yg disebut thermo-switch... ini biasanya utk mengkatifasikan electric fan pd radiator.
-ada juga thermo-switch utk AC, yg seringkali disebut thermostat jg... ini biasanya terpasang dekat evaporator aircon.... kalau ini nggak ada hubungannya dg
cooling system... tp utk meng on-off kan compressor aircon,...bekerjasama (secara logika OR) dg sensor tekanan pada pipa freon...
dan/atau juga utk menyalakan electric fan pada condenser aircon (pd mobil dg condenser aircon & radiator terpisah kanan kiri)...
....now, get into this case....
flashback:
nampaknya, yg dimaksdu oleh bengkel dg melobangi sedikit lagi itu adlah "membuatnya tidak berfungsi lagi".
ada kemungkinan begitu... jadi, saya nggak bermaksud menuduh pak bengkelnya loh..cuma kecurigaan...(loh apa bedanya..hehehe)
soalnya, gw belum kebayang gimana valve (yg cuma punya logika 1 & 0: tertutup penuh atau terbuka penuh saja) itu bisa dibikin setengah2 ?
well, curhat menyelip:.. hal2 semacam itu yg bikin gw sampai skrg (hampir) blm pernah percayakan ke bengkel.
seharusnya, sblm melakukan tindakan (action) apapun, the mechanic mustinya konsultasikan diagnosisnya dulu dg si pemilik.
lalu kemukakan usulan action, utk mendapat persetujuan si pemilik.
utk situasi: menurut test nya bengnkel >> termostat dlm keadaan normal, tp engine cenderung overheat (3/4 garis..belum overheat siih), berarti ada yg kurang tepat.
lbh baik dicari tau, dipahami, dan (kalau bisa) diberesi dulu...., baru setelah mentok, ok silakan lakukan pengakalan...
tp, krn dlm kasus bro Rio ini.... itu udah "terlanjur".....ya sudah.... maka salah satu cara "analisisnya":
coba lakukan "bechmarking" atau "kalibrasi" termostatnya...
dg cara saling tukar dg mobil lain, lalu dilihat apakah kejadiannya (indokatornya) di kedua mobil tetap (pd garis 1/4).
dari situ nanti bisa dilanjutkan dg analisa thd dugaan2 lain.
*****
salah satu artikel cooling system yg mencakup thermostat bs dilihat di site saftari <<< http://saft7.com/?p=78 dan http://saft7.com/?p=182
maaf, gw merasa gak etis kalau mau "comot" gambarnya utk penjelasan/diposting disini...silakan dilihat kesana ya..
Last edited by andy1800 on Sat Jun 14, 2008 23:34, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: bolongin thermostat
Nah ini jawaban yang lebih sistematis... saya sudah agak-2 lupa.. jadi loncat sana - loncat sini...
sebaiknya memang "link" saja ke saft7.. tidak usah copy paste... kita hormati intellectual property rights nya.. heheheeeee....
sebaiknya memang "link" saja ke saft7.. tidak usah copy paste... kita hormati intellectual property rights nya.. heheheeeee....
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: bolongin thermostat
halah! belum selesai ngeditnya ooommmm.. !...grrrrrrrrrggghh... .hahahahah
ya uwis, gak apa2, ....nanti kalau ada salah atau kurang, bisa dibenerin sambil jalan aja.....sementara, biarin gitu aja...
loh, wait....
tapi, ....maaasa' dibilang belum ganti kompresor juga?....... pdhal itu aja udah kompresor ex-Sin... berarti kan udah bukan kompresor bawaan.. berarti yg bawaan udah pernah diganti... berarti, seharusnya kalimat pembanggaannya adalah: "...dan belum ganti kompresor lagi".
......................
huehehehehe..... ngaku "dosa" deh gw ngebecandain terus gini.. ......
ya uwis, gak apa2, ....nanti kalau ada salah atau kurang, bisa dibenerin sambil jalan aja.....sementara, biarin gitu aja...
loh, wait....
iya deeeh...previous ownernya memang top abies deeeeh ngerawatnya...€lj€p€ wrote:bayangkan... sampai sekarang belum turun mesin dan belum ganti kompresor juga (padahal itu kompresor bekas ex-Sin)...
Tidak tahu, apakah mesinnya yang bandel atau settingan modifikasinya yang pas banget... heheheeeee.
tapi, ....maaasa' dibilang belum ganti kompresor juga?....... pdhal itu aja udah kompresor ex-Sin... berarti kan udah bukan kompresor bawaan.. berarti yg bawaan udah pernah diganti... berarti, seharusnya kalimat pembanggaannya adalah: "...dan belum ganti kompresor lagi".
......................
huehehehehe..... ngaku "dosa" deh gw ngebecandain terus gini.. ......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: bolongin thermostat
iya tapi masalahnya ide ganti electric fan itu pada saat ganti kompresor / setelah mobil dipakai 4/5 tahun.. karena penasaran .. cari cara yang terbaik.. mendapatkan kenyamanan dalam kabin...andy1800 wrote:halah! belum selesai ngeditnya ooommmm.. !...grrrrrrrrrggghh... .hahahahah
ya uwis, gak apa2, ....nanti kalau ada salah atau kurang, bisa dibenerin sambil jalan aja.....sementara, biarin gitu aja...
loh, wait....iya deeeh...previous ownernya memang top abies deeeeh ngerawatnya...€lj€p€ wrote:bayangkan... sampai sekarang belum turun mesin dan belum ganti kompresor juga (padahal itu kompresor bekas ex-Sin)...
Tidak tahu, apakah mesinnya yang bandel atau settingan modifikasinya yang pas banget... heheheeeee.
tapi, ....maaasa' dibilang belum ganti kompresor juga?....... pdhal itu aja udah kompresor ex-Sin... berarti kan udah bukan kompresor bawaan.. berarti yg bawaan udah pernah diganti... berarti, seharusnya kalimat pembanggaannya adalah: "...dan belum ganti kompresor lagi".
......................
huehehehehe..... ngaku "dosa" deh gw ngebecandain terus gini.. ......
jadi ya milestone nya... pada waktu ganti kompresor tersebut...
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: bolongin thermostat
mending jangan dilubangi ato dirusak. sebab thermostat dirancang untuk mengoptimalkan suhu kerja mesin. kalo terlalu dingin, bakal banyak karbon akibat pembakaran kurang sempurna. kalo terlalu panas, bisa overheat.
meski thermostat nutup, air yang ada di blok mesin aja yang ngalir berputar2. jadi, kalo air dh mencapai suhu yang ditentukan, thermostat membuka, air yang di radiator ngalir ke mesin sesuai pembukaan katup.
kalo air yang masuk terlalu dingin, ya katup nutup lagi, sampai suhu tertentu tercapai.
Nah, kalo thermostat sudah membuka, dan aliran air dari radiator melebihi suhu yang ditentukan, barulah fan berfungsi.
daripada modif thermostat, mending ganti thermostat aja, misal pembukaan 95 derajat, diganti 90 derajat (meski tidak direkomendasikan). atau yang lebih aman, thermostat sesuai spesifikasi, namun electric fan pake yang lebih besar.
oh ya, perlu dicek juga sensor suhunya, jangan2 sudah terlalu panas fan belum bekerja, atau masih dingin fan sudah berputar.
meski thermostat nutup, air yang ada di blok mesin aja yang ngalir berputar2. jadi, kalo air dh mencapai suhu yang ditentukan, thermostat membuka, air yang di radiator ngalir ke mesin sesuai pembukaan katup.
kalo air yang masuk terlalu dingin, ya katup nutup lagi, sampai suhu tertentu tercapai.
Nah, kalo thermostat sudah membuka, dan aliran air dari radiator melebihi suhu yang ditentukan, barulah fan berfungsi.
daripada modif thermostat, mending ganti thermostat aja, misal pembukaan 95 derajat, diganti 90 derajat (meski tidak direkomendasikan). atau yang lebih aman, thermostat sesuai spesifikasi, namun electric fan pake yang lebih besar.
oh ya, perlu dicek juga sensor suhunya, jangan2 sudah terlalu panas fan belum bekerja, atau masih dingin fan sudah berputar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: bolongin thermostat
@ELJEPE
wah2, mau donk pak..
Haynes emang top punya deh..
Pasang dimana tuh pak?
keknya menarik sensor tambahannya, bisa buat indikator tambahan ya?
@andy
thx bro.. iya nih, saya keknya bakal liat dulu kebenarannya..
nanti kalo ada apa2 saya coba komplain deh ke bengkelnya.. hehehe..
sementara ini sih dipake enak2 aja..
tapi masalah suhunya ini loh, kadang liat ke speedometer ga enak, jarum temp. dibawah terus..
padahal dah pake keliling2, masih aja 1/8..
itu masih pake air biasa.. kalo pake coolant bisa ga gerak kali tuh jarum...
weleh2..
ato jangan2 soketny kali ga bener?
wah2, mau donk pak..
Haynes emang top punya deh..
Pasang dimana tuh pak?
keknya menarik sensor tambahannya, bisa buat indikator tambahan ya?
@andy
thx bro.. iya nih, saya keknya bakal liat dulu kebenarannya..
nanti kalo ada apa2 saya coba komplain deh ke bengkelnya.. hehehe..
sementara ini sih dipake enak2 aja..
tapi masalah suhunya ini loh, kadang liat ke speedometer ga enak, jarum temp. dibawah terus..
padahal dah pake keliling2, masih aja 1/8..
itu masih pake air biasa.. kalo pake coolant bisa ga gerak kali tuh jarum...
weleh2..
ato jangan2 soketny kali ga bener?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: bolongin thermostat
ok, akhir Juli kita ketemuan ya....r1210g wrote:@ELJEPE
wah2, mau donk pak..
Haynes emang top punya deh..
Pasang dimana tuh pak?
keknya menarik sensor tambahannya, bisa buat indikator tambahan ya?
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: bolongin thermostat
pas gath SM nih?€lj€p€ wrote:ok, akhir Juli kita ketemuan ya....r1210g wrote:@ELJEPE
wah2, mau donk pak..
Haynes emang top punya deh..
Pasang dimana tuh pak?
keknya menarik sensor tambahannya, bisa buat indikator tambahan ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: bolongin thermostat
Da memang id protek sama yang punya untuk tidak bisa di pindah , kalau di ambil dan di miliki sendiri malah buleh..€lj€p€ wrote:Nah ini jawaban yang lebih sistematis... saya sudah agak-2 lupa.. jadi loncat sana - loncat sini...
sebaiknya memang "link" saja ke saft7.. tidak usah copy paste... kita hormati intellectual property rights nya.. heheheeeee....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Sep 28, 2007 7:29
- Location: denpasar
Re: bolongin thermostat
mungkin maksudnya dibolongin itu dicabut kli termstat nya.......
setau gw termostat ga bisa dbolongin karna tenga2 termostat itu per n plat......klo dia dibologin otomatis ga ngebuka dong di suhu tertentu, yg ada arus air jadi lambat bgt.
klo yg udah2 sih termostat dicabut,jadi air mengalir cepet dari mesin ke radiator n sebaliknya...makanya suhu mesin bisa lebih dingin dari biasanya.....tapi klo pas lo jalan dijalanan yg macet,pasti lebih cepet naik panasnya......biasanya termostat dicabut karna fan,kipas asli radiator udah ga mampu dinginin mesin,atau mesin lo udah di up grade porting polish,jadi tingkat panasnya lebih tinggi dari biasanya......
setau gw termostat ga bisa dbolongin karna tenga2 termostat itu per n plat......klo dia dibologin otomatis ga ngebuka dong di suhu tertentu, yg ada arus air jadi lambat bgt.
klo yg udah2 sih termostat dicabut,jadi air mengalir cepet dari mesin ke radiator n sebaliknya...makanya suhu mesin bisa lebih dingin dari biasanya.....tapi klo pas lo jalan dijalanan yg macet,pasti lebih cepet naik panasnya......biasanya termostat dicabut karna fan,kipas asli radiator udah ga mampu dinginin mesin,atau mesin lo udah di up grade porting polish,jadi tingkat panasnya lebih tinggi dari biasanya......
NATURAL engine performnce
JL.Palapa X / no:6
Denpasar-Bali 80223
telp:0361-7455723 (workshop)
0361-726501 (home)
088 838 111 33 (oscar)
JL.Palapa X / no:6
Denpasar-Bali 80223
telp:0361-7455723 (workshop)
0361-726501 (home)
088 838 111 33 (oscar)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: bolongin thermostat
setahu saya ada yang memang suka melepas thermostatnya..katanya biar lebih dingin mesinnya....kalo dibolongin baru tahu nih, seperti kata natural di atas, thermostat kan memang terbuka, ada pernya, seperti klep kalo panas membuka kalo dingin menutup...fungsinya menjaga panas ideal mesin. kalau dibolongin dibagian mananya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: bolongin thermostat
nah loh.. pada bingung..
hue3...
gimana saya... ga tau nih blom saya buka lagi sih rumah termostatnya...
mau buka keras bener...
takut..
hue3...
gimana saya... ga tau nih blom saya buka lagi sih rumah termostatnya...
mau buka keras bener...
takut..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: bolongin thermostat
ntar kalo sudah kelar eksperimennya, kabarin yah... kalo ok mau coba juga...r1210g wrote:nah loh.. pada bingung..
hue3...
gimana saya... ga tau nih blom saya buka lagi sih rumah termostatnya...
mau buka keras bener...
takut..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: bolongin thermostat
ok deh pasti bro..mansetha wrote:ntar kalo sudah kelar eksperimennya, kabarin yah... kalo ok mau coba juga...r1210g wrote:nah loh.. pada bingung..
hue3...
gimana saya... ga tau nih blom saya buka lagi sih rumah termostatnya...
mau buka keras bener...
takut..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..