Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dulu saya pernah pake yg 2.0 ex-saloon G thn 88/89. Kalo yg 1.6 kayaknya pake mesin corolla twin cam deh.
Harga pasaran sih udah dibawah corolla twin cam.....mungkin sekitar 25-35 jutaan kali ya pak.
konsumsi bensin udah agak2 lupa sih bos soalnya dah lama, tapi untuk mesin 2000cc gak terlalu boros lah soalnya udah EFI (sekitar 1:7an lah). Kalo yg 1.6 malahan masih pake karburator. Tapi untuk bodi corona, kayaknya mending ambil yg 2000EFI sih.
Dulu sih mobil gw suka tiba2 mati kalo lagi jalan kenceng dan injek koplingnya, abis itu kayaknya engga ada masalah lagi sih (Sori udah agak2 lupa). Oh iya corona gw dulu speedo digitalnya ngaco abis, udah dicoba calibrate tetep gak bisa, tapi "untungnya" tu mobil kebanjiran dan harus ganti ECU, abis itu langsung bener tu speedonya.
Untuk model 90 keatas, power antena nya dah pasti macet/bengkok. Ganti aja belt2, oli2, dan fastmoving lainnya. Dan harus siapin dana taktis untuk jaga2
satyr wrote:paling penting cek speedometernya (soalnya digital n kalo rusak dompet kering tuh)
kaki2 jg penting diliat, cek timing belt, engine mounting (biasanya dah mesti ganti tuh kalo dah belasan taun umurnya)
sisanya sih rasain aja mesin, kopling, dll
pastikan power window dan kelengkapan laen jg berfungsi (kadang udah seret kalo dah tua)
Bisa di kasih sedikit pencerahan Om. timing belt,engine mounting,selain karena umur,kasat mata bentuk fisiknya gimana dan pengaruh mesin berasa seperti apa..? yang mana harus mesti kudu ganti.
Corona kenapa nggak corolla... kalo umur kendaraan udah belasan tahun, biasanya sparepart selain disebutkan diatas yang perlu diganti adalah dari kaki-kakinya...tierod, balljoin, shockbrekers, ... kalo udah yang injection, injectornya perlu dikalibarasi lagi. dll deh. tetapi one by one and step by step... mana yg lebih terasa dulu.
Risol1 wrote:konsumsi bensin udah agak2 lupa sih bos soalnya dah lama, tapi untuk
mesin 2000cc gak terlalu boros lah soalnya udah EFI (sekitar 1:7an
lah). Kalo yg 1.6 malahan masih pake karburator. Tapi untuk bodi
corona, kayaknya mending ambil yg 2000EFI sih.
Dulu sih mobil gw
suka tiba2 mati kalo lagi jalan kenceng dan injek koplingnya, abis itu
kayaknya engga ada masalah lagi sih (Sori udah agak2 lupa). Oh iya
corona gw dulu speedo digitalnya ngaco abis, udah dicoba calibrate
tetep gak bisa, tapi "untungnya" tu mobil kebanjiran dan harus ganti
ECU, abis itu langsung bener tu speedonya.
Yup, mending yg 2000 EFI, lebih bertenaga; Nambahin bro Risol, dulu gw punya yg th 91, selama dipakai kaki2 dan bushing2 karet suspensi harus diperhatiin, karena biasanya ga bisa diganti karetnya saja tapi harus dengan rumahnya. Contoh penahan sayap roda belakang (lupa namanya), lalu karet sayap roda depan, klo beli satu set cukup mahal. Tapi jg kwatir, bisa diakalin di tukang per (waktu itu di Kircon Bandung ada) sistemnya disuntik, cuma 40ribu saja Slain itu AC perlu diperhatikan juga karena cukup modern untuk masanya, jadi klo rusak agak ribet, dan memang speedo meternya suka ngaco klo udah diatas 100 kpj. Tapi over all cukup menarik dan nyaman nih mobil dan bbm nya ga boros2 amat kok...
kira kira sampai 50 persen dari harga beli nggak yah,untuk meremajakan komponen komponen yang sudah membikin tidak nyaman tuh boil, tidah termasuh over haul ?
bisa jadi...apalagi kalo semua spare part yang rusak dan diganti banyak kemudian pake part yg asli original... kalo cuman diakal-akalin mungkin nggak sampai.
wah repot juga y.....
pertimbangan awal gw sih sebenere cuma masalah harga yg agak murah klo dibanding yg corolla..
juga lebih lega interiornya dengan cc yg sama (1.6)...
Wah bro, kalo untuk mobil yg umurnya ampir2 20 thn memang harus sedia dana taktis (kecuali kalo udah di restorasi sama pemilik sebelumnya).
Corolla dan Accord pasti juga ada aja masalahnya kalo rawatannya gak bener.
sisi pandang agak lain:
kenapa org cenderung memilih medium sedan (kelas corolla, civic) drpd saloon (corona, accord)...
**dan karena arus pasarnya begitu, maka membuat saloon menjadi lbh murah harga bekasnya.
-karena cc saloon lbh besar, jadi (dianggap) lbh boros....plus pajak lbh besar. (pdhal pajak tahunan berdasarkan harga jual, bukan cc)
-karena feature saloon lbh lengkap, ini juga membuat mobilnya jd lbh complicated, lbh byk pernik2...ber-implikasi pada ongkos bengkel & spare parts.
-spare partnya sendiri, (dulunya), yg genuine, partsnya saloon dipatok dg harga lbh tinggi drpd mid-sedan (utk jenis part yg sama)... (asumsi) ini ter-cam-kan sampai skrg mobil itu dah berusia puluhan tahun.....pdhal, utk parts aftermarketnya, kalau pun ada selisih harga, nampaknya nggak segitunya besar.
corona TC mah payah harganya paling 20-30jt...spidometer digital
ngga jelas kemana arahnya, ngga bisa buat mobil irit2anlah..mending corolla aja kl mau buat pake harian..
Selain cc lebih besar dari corolla, perawatan jg udah ga sebanding sama nilai mobilnya..body parts jg udah mahal. Sayang duitnya apalagi kalo dapet mobil cape...semuanya minta di benerin dari body, ban, kaki2, mesin, kelistrikan sama interior ga bisa tidur dahh
Coba aja cek cek Corolla twincam 87-91 baik yang 1300 (mesin 2E kaya starlet ) sampe yang 1600 (mesin 4A kaya great corolla)...berkisar 25-40jt..
kenapa ga ambil mercy bro? nyaman... perawatan irit, karena mobil hobi... jelas dirawat. cari di clubnya. dibanding mobil umum ga jelas perawatan nya... banyak yg harus diganti.
bener kalo mau buat seneng2 cari 300E aja, atau 230E jg gpp, yang matic. paling 50an dapet yang bagus.
corolla/city/civic sih emang kenceng pasarannya, tapi kebanyakan ga terawat, orang make doang toh dijual tetep laku2 aja...jadi nyari yang bagus rada susah.
beresinnya ga beda jauh sama mercedes..dengan asumsi sama2 pake orisinil.
lagian mercedes kan RWD, jelas beda rasanya
mangkenye udah corolla atau city aja...55jutaan dah dapet great cari yang seger...ntar kalo bosen cari 300E...apa E320 MP...hehe...gue bosen E320 malah beli corolla neh
300E? terlalu baru... model tiger kebawah lah... cuma 30-35jt. terawat... buktinya temen2 saya dapet, dan edan rapih nya.
mobil gini apa yg mau dibangun? wong udah enak, paling2 audio... banter2 interior kulit.