DIY cold air induction

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15

DIY cold air induction

Post by ubi »

saya lagi eksperimen Cold Air Intake di Jazz

jazz saya kan filter box nya ambil udara dari sebelah lampu tepatnya masih ada rongga udara yg terhisap dari mesin ato di bawah bonnet, nah DIY yg saya lakukan pasang selang langsung dari filter box dan selangnya langsung nangkep udara di bemper depan, nah yg saya mau tanya boleh gak sih cara begini? kira2 efek negatifnya apa? kalo efek yg saya rasain sih kalo lagi jalan kenceng makin enteng (tau deh apa sugesti doank)

soalnya dari yg saya tau yg pada ganti filter yg jamur harus dibuat Heat shield untuk mencegah udara panas terhisap ke mesin, dan tiap derajat celcius udara panas dari mesin akan ngurangin HP, jadi saya coba eksperimen ke filter Std deh

please komennya, Om takumi komen yah kira2 aman gak nih untuk keawetan mesin jazz saya

Thanks
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ubi on Thu Jun 24, 2004 19:35, edited 1 time in total.
ubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15

Post by ubi »

ini contoh waktu intake masih STD
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15

Post by ubi »

dan ini saluran selang di Bemper ato FogLamp depan
Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

sedikit komen,
bagus tuh eksperimennya
ini sama aja memaksa udara masuk ke ruang bakar, makanya kalo lagi kenceng kan makin enteng, ini bukan sugesti tapi bener, soalnya tuh udara "dipaksa" masuk (ingat prinsip dasar turbocharger)
kalo udara panas terisap masuk, maksudnya udara luar, emang makin panas udara makin mengembang tuh volumenya, jadi kalo pas masuk ke ruang bakar sebenernya oksigen yg masuk lebih sedikit, karena udah ngembang duluan, cuman elu kan ambil udara langsung, jadi nggak ada tuh udara panas, beda sama turbo yg emang udara ini dikompress, jadi temperaturnya naik.
kalo bisa, ini usul sekalian but nerusin eksperimennya lagi, moncong pas udara masuk (paling depan dibuat lebih lebar/besar lagi, sehingga udara yg "ketangkep" lebih banyak lagi, jadi efeknya bisa lebih bagus, dan jangan lupa setting karbunya dirubah juga, khususnya buat supply gasnya, takutnya kalo kebanyak udara yg masuk, ntar mobilnya batuk2 karena kekurangn suplai gas
ubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15

Post by ubi »

tambah botol lagi di selang udaranya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
ubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15

fog lamp

Post by ubi »

intake depan di fog lamp bemper depan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

bagus koq
tapi perlu lu inget..
selama mobil lu masih spec standar apa perlu udara sebanyak itu?.. ecu lu udah di program ngisep udara sebanyak itu?.. sebenernya yang biasa2 ajah emang bagus.. , gak perlu yang ke depan dari bemper .. kenapa karena tau sendiri kondisi di sini berdebu padat.. yang ada banyak debu yang masukk belon lagi kalo banjir , kalo di dalem ruang mesin udah cukup koq.. , trus pasokan box yang biasa sih biasanya udah cukup kecuali emang bener mesin lu dah di setel butuh udara & bensin yang banyak dari ecu nya.. jadi otomatis butuh udara yang banyak..
tapi kreatifitas lu gue acungin jempol koq.. bagus..
btw : sory baru bales soalnya baru kelar Exam nih .. *Argggh*
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Wah...yang abis Exam.... biar nggak penat kepalanya dikasih DIY Cold Air Induction aja :lol: :lol:

Iya rawan kalo posisinya dibawah, kena banjir gimana. Dan saya pikir kalo posisinya dibawah malah akan meningkatkan suhu udara yang masuk. Hal itu akibat jalan yang panas tentunya karena posisinya dibawah malah bukan udara dingin yang masuk tapi udara panas akibat suhu permukaan jalan. Dan juga tinggi segitu pada saat dibelakang mobil yang lain malah sedikit O2 buat pembakaran yang masuk tapi malah CO2 buangan dari knalpot mobil depannya.

Ada sekedar tambahan ide lagi nih, ada baiknya box filternya dilapisin ma Alumunium foil sekalian selangnya tujuannya buat mnyuplai udara dingin kan?
ubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15

Post by ubi »

iya sih mesin gw masih std belum perlu udara yg ekstrem, tp setelah pasang cold air induction jadi lebih enteng tarikannya dan gak usah injek gas dalem2 jadinya mobil gw skrg lebih irit bensin.

dan sudah 2 kali hujan di dalam box ada air nah skrg gw lagi mau buat box lagi didalem bemper jadi didalem box gw modif sedemikian rupa jadi ada pembuangan airnya...

kira2 ada ide gak biar air gak masuk lagi ke box yg std, jadi air terbuang di box yg mau saya pasang di dalam bemper

thanks yah :D
Image
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

hmm buat ajah jebakan aer gitu...
biar aer yang masuk langsung jatoh nya ke bawah.. trus lu hubungin pake pipa kecil buat ngebuang aernya kasih lobang gitu di bawah..
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Post by Cloud »

Kalo suhu udara optimal untuk mesin brp ya? apa mkn rendah mkn bgs?pada brp derajat suhu optimalnya?
T-Ronx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Oct 26, 2005 8:24

Post by T-Ronx »

Sebenarnya mobil paling ideal ambil udara segar dari posisi depan lebih rendah lebih baik, seperti modifikasi bung ubi. Sebab udara dingin ada di paling bawah. Dengan dinginnya udara oksigennya lebih banyak dan lebih tebal, jadi pembakaran makin sempurna.
Sebab mobil mobil kini(terutama yg Buil Up), air intake posisi nya di bumper depan bagian bawah. Akan tetapi dengan kondisi Indonesia yang kondisi jalannya sering banjir , di khawatirkan terjadi water hammer, yaitu masuknya air ke ruang bakar yang akan menyebabkan kerusakan parah pada mobil. Karena itu Mobil rakitan Indonesia di modifikasi air intake nya menjadi lebih tinggi untuk antisipasi terjadinya water hammer, dan konsekwensinya menurunkan performa mesin :cry: .
contonya Suzuki Aerio produk awal posisi air intake terletak di bawah di balik bumper, produk berikutnya dimodifikasi air intakenya menjadi lebih tinggi
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Tolong lanjutin pembahasan dan experiment Cold Air Intake ini... Jazz gue udah pake open air filter... apa ada cara spy udara yang terhisap mesin itu lebih dingin suhunya, khususnya pas saat di bawah terik matahari ..... kalo ngebut di malam hari sih gak masalah... mesin ringan mak nyuss....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Kalau takut kemasukan air, moncong (lubang) dibikin ceper dan diletakkan/dipasang diatas radiator.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Cloud wrote:Kalo suhu udara optimal untuk mesin brp ya? apa mkn rendah mkn bgs?pada brp derajat suhu optimalnya?
Secara teori sih makin rendah temperature intake makin bagus ... cuman parameter ini gak bisa ditentukan untuk single value ... dan pada umumnya perhitungan parameter temperature dilakukan pada kondisi yang standar rata-rata ... biasanya sih 293 derajad Kelvin atau 20 derajad celcius. Terlalu Panas gak bagus ... terlalu dingin juga gak bagus. Untuk negara-negara 4 musim ... filter boks selalu dipasangin heater (pada musim dingin) ... untuk memanaskan udara dingin yang dihisap oleh mesin ... tujuannya untuk membantu menguapkan BBM yang disuntikkan ke mesin dan untuk memudahkan penyalaan mesin.

Tujuan CAI cuman untuk mengambil udara yang fresh dari luar ... ketimbang ngambil udara yang ada disekitar mesin yang suhunya bisa mencapai 40 s/d 50 derajad celcius. Perbedaan suhu udara masuk sebesar 10 derajad (lebih rendah) setidak-tidaknya akan menambah tenaga sebesar 1.75%.

Contohnya sbb :

Suhu Udara Masuk--------Tenaga Yang Hilang---------Contoh Output Tenaga (Power)
20 derajad Celcius----------------0%--------------------------------200 HP
30 derajad Celcius---------------1.75%------------------------------196.5 HP
40 derajad Celcius---------------3.5%-------------------------------193 HP
60 derajad Celcius----------------7%--------------------------------186 HP

Jadi sekiranya boil dengan spec Power Maksimum 100 HP ... ngitungnya berdasarkan suhu 20 derajad Celcius .... Jika dioperasikan di Jakarta (makai CAI) yang suhu luarnya 30 derajad Celcius ... maka tenaga outputnya hanya sekitar 98 HP (maksimum)
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

bagaimana kalau udara masuk dibawah 20 derajat?
seperti penggunaan es kering untuk mendinginkan intake?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

StRaDe_Jazz wrote:bagaimana kalau udara masuk dibawah 20 derajat?
seperti penggunaan es kering untuk mendinginkan intake?
Teorinya sih HP meningkat ... hanya saja dengan udara yang lebih dingin ini penguapan bbm yang disemburkan akan kurang terbantu ... sehingga uap bbm akan berkurang sedang jumlah O2 meningkat ... ini akan menimbulkan Lambda lebih besar dari 1 (atau LEAN running condition) ... mesin bisa jadi panas ... kemungkinan akan ada ngelitik sekiranya Octane BBM yang digunakan kurang mendukung ... tentu saja power malah jadi bisa drop dan konsumsi BBM malah meningkat.
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Pak Penyu, gimana caranya supaya suhu udara yang masuk ke open air filter di Jeskoneng jadi lebih dingin ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

w sumbang nic bang..beli Kit K&N...ada slang cold air nya..ga nyambung jadi aman banjir..hehehe
thanks:)
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

klo gue pake CAI, ambil udara dingin dari slang AC trus dimasukin ke mesin melalui 'usus buntu' (gak tau istilahnye apaan).

Gue pake cuman klo lagi di tol. kekurangannye, klo dibuka 3/4 ato full, bunyi berdesis, klo 1/2 kagak. suara desis ilang klo lagi gaspol (tinggi rendahnya suara desis mengikuti pijakan pedal gas).

mainnya mulai di gigi 3 (rpm 5000 or 5500 / redline baru oper gigi, dst.).
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

JESKONENG wrote:Pak Penyu, gimana caranya supaya suhu udara yang masuk ke open air filter di Jeskoneng jadi lebih dingin ?
Untuk yang jenis Open Pod ... umumnya sisi yang bersebelahan dengan mesin atau tiga sisinya ditutupi (dikasih Bates) dengan pelat aluminium atau kadang Polyurethaane foam ... sebagai Heat Sink atau Heat Shield yang datang dari konveksi dan radiasi panas mesin.

Inget ICE BOX gak ? ... bisa juga beli ICE BOX yang cukup-cukup untuk nutupin POD-nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Honda Jazz Intake :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote:Kalau takut kemasukan air, moncong (lubang) dibikin ceper dan diletakkan/dipasang diatas radiator.
mesin Merc M112 udah pake rancangan seperti ini. CAI from stock.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote:Kalau takut kemasukan air, moncong (lubang) dibikin ceper dan diletakkan/dipasang diatas radiator.
mesin Merc M112 udah pake rancangan seperti ini. CAI from stock.
Tendency semua boil baru udah kayak gitu ...
Image
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote: Tendency semua boil baru udah kayak gitu ...
M112 tahun 1998 om.. yah, 90's lah yah. hehe,