Dibuat khusus bagi para penggemar car detailing...

Silakan...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
biasanya sih supir yang nyuci.....Omnibus wrote:Teman2...saya mau sekalian tanya nih seputar perawatan mobil. Saat ini saya sih jarang banget yg namanya cuci mobil sendiri di rumah. Alasannya selain waktunya ga ada krn harus kerja dan biasanya sering hujan jadi suka sakit hati sendiri kalau sudah nyuci 1-2 jam trus pas mobil dipakai malah hujan. Jadi sekarang kalau cuci mobil harus ke bengkel cuci baik yg manual ataupun yg otomatis.
Pertanyaan saya: Kadang2 kalau mobil dah kelamaan ga dicuci kan kotor tuh...tapi kalau ngeliat mobil orang lain di jalanan kok bersih2 melulu ya? Pakai supir atau gimana sih? Please share ya teman2 kalau bersihin mobil itu sendiri atau gimana dan frekuensinya brp hari sekali? atau berapa kali sehari? hehehehehe
ada nggak ya, mesin yg putarannya bisa rendah sekali, hampir serendah putaran tangan...sedemikian rupa sehingga gak mengikis lapisan cat.y_anjasrana wrote:Oiya, denger2 kalu moles pake mesin justru bisa bikin cat rusak. Memang lebih cepat n ga bikin pegel. Tapi putaran mesin yg kenceng justru mengikis lapisan luar cat. Beda dgn dipoles pake tangan. Cuma pegelnya minta ampyunn... Cuma itu kata temen aja. Ga tau bener apa gaknya...
Iya, sekarang udah jarang tuh, saya pernah sekali pake itu, lumayan bersih & bisa mengkilap, tapi kalo menurut saya sendiri tanggung, mending sekalian di wax pake yang pasta (yang clear coat safe lho ya), lebih awet, palagi kalo sering kehujanan, bersihin sisa-sisa wax juga ga berat. Pada dasarnya kalo model cair tuh praktis dipake kalo memang catnya masih bersih & belum teroksidasi, hasilnya bisa bagus banget. Kalo catnya udah buram, dikasih wax cair percuma bro, ga ngefek, paling air hujan jadi ga gampang nempel di bodi, tapi tetep aja ga bisa mengkilap.andy1800 wrote:btw @ddaru. dulu gw sempet pakai Kit wax cair (instant wax. semprot tangan, bukan aerosol). skrg koq gak ada lagi ya... pdhal itu praktis loh...oiya,istilah instant disana tidak melulu berarti negatif, nampaknya..bahkan pernah baca di otomotif, katanya malah lebih bagus kalau bentuknya cair.
Wah, kalo saya mah orangnya rada ga normal memang. Sesibuk apapun saya, saya harus menyempatkan mencuci 2 mobil saya dalam sehari, tapi jarang sekali pake sampo, kecuali kalo memang ketutup lumpur/tanah yang udah mengering di bodi. Kalau saya pulang dalam kondisi hujan, semalam apapun pasti langsung saya cuci mobilnya, takut banget kalo sampe ada jamur yang muncul di bodi/kaca. Saya tidak percaya orang buat ngerawat mobil saya. 2 bulan sekali memang saya bawa ke salon biar kotoran-kotoran di kolong yang tidak bisa saya jangkau kalau nyuci sendiri bisa rontok semua, itupun selalu saya awasin, sampe yang punya salon apal & berusaha memberikan pelayanan terbaik.Omnibus wrote:Pertanyaan saya: Kadang2 kalau mobil dah kelamaan ga dicuci kan kotor tuh...tapi kalau ngeliat mobil orang lain di jalanan kok bersih2 melulu ya? Pakai supir atau gimana sih? Please share ya teman2 kalau bersihin mobil itu sendiri atau gimana dan frekuensinya brp hari sekali? atau berapa kali sehari? hehehehehe
Ini, saya ambil dari blog yang pernah saya tulis mengenai perawatan cat mobil:Sugie wrote:Kalo Sanpoly tuh ngerusak cat mobil ga ya ? Minggu lalu gw pake itu, kayanya kotoran2 yg ga bersih ama shampoo, bisa bersih.
Thank's bro, it helps alot...........ddaru wrote:..................................................................................................................................................
Nah, yang saya tahu, Sanpoly tu berbahan dasar silikon, jadi cocoknya sama cat jenis NC & NC modified. Tapi menurut saya, Sanpoly memang bagus untuk membersihkan, noda minyak sampai bekas lem stiker (kalo habis ngelepas stiker-stiker) bisa ilang dengan mudah. Tapi untuk kilapnya, untuk jenis cat NC & NC modified lebih kinclong pake Amway Silicone Glaze. Kalo mobil anda termasuk baru, Sanpoly dipake buat ngilangin noda minyak & bekas stiker aja, ga ngerusak kok, kalo buat moles mending pake yang bahan dasarnya organik seperti Carnuba Wax.
Nah, tidak semua wax mengandung kompon, tapi kompon bukanlah wax. Wax yang mengandung kompon tu biasanya scratch removal, termasuk KIT yang kaleng kuning.Sugie wrote:Gw punya dulu juga waktu delivery joknya msh diplastikin, cuma yg lainnya bersih & kinclong. Jok blkg aja sampe skrg msh dibungkus plastik........ Soalnya cm buat sendirian doank sih. Ok, back to topic; bro ddaru, diatas lg ngomongin Turtle Wax & Kit kaleng biru tiba2 topiknya loncat ke penggunaan kompon. Pertanyaan gw, Turtle Wax ( kaleng hijau ) & Kit (kaleng biru) tuh Wax atau kompon, bs dipake regularly ngga ? Atau kompon ama wax podo wae, cuma beda bhs ? .......
I c, I c, jadi kalo mau ngilangin baret2 gw pake Kit kaleng kuning, tapi buat regular maintenance pake yg kaleng biru.....right?ddaru wrote: Nah, tidak semua wax mengandung kompon, tapi kompon bukanlah wax. Wax yang mengandung kompon tu biasanya scratch removal, termasuk KIT yang kaleng kuning.
Kalo Turtle Wax Carnuba Wax (kaleng hijau) & KIT paste wax for Metallic Paint (kaleng biru) tidak mengandung kompon, karena kandungannya organik (carnuba wax) yangaman buat clear coat, jadi bisa dipake regularly. Kalo kompon cuma digunakan untuk ngilangin baret-baret ringan sama cat yang udah teroksidasi, tidak bisa dipake untuk perawatan rutin karena sifatnya abrasif. Kadang banyak orang salah kaprah dan bilang kalo kompon bisa bikin cat mengkilap lagi, memang bisa, itu karena cat lama yang udah teroksidasi dikikis biar yang tampak lapisan bawahnya yang masih kinclong, kalo keseringan habis deh tu cat mobil, jadi tipis. Kalo untuk perawatan rutin pake yang tidak mengandung kompon yah...
kalo saya bisa 2 kali sehari, pagi dan sore (kya mandi) hehe.. soalnya saya ga doyan liat mobil kotor, meskipun saya tahu kalo besok bakalan ujan lagi, hr ini tetep saya cuci hehe.. soalnya kalo menurut saya, kotoran yang gak dibersihin begitu aja, makin lama makin numpuk and susah makin susah dibersihinnya. o'ya hal yang saya paling suka lakukan, ya nyuci mobil.. hehe.. mau ujan mau panas pokoknya nyuci mobil hehe..Omnibus wrote:Teman2...saya mau sekalian tanya nih seputar perawatan mobil. Saat ini saya sih jarang banget yg namanya cuci mobil sendiri di rumah. Alasannya selain waktunya ga ada krn harus kerja dan biasanya sering hujan jadi suka sakit hati sendiri kalau sudah nyuci 1-2 jam trus pas mobil dipakai malah hujan. Jadi sekarang kalau cuci mobil harus ke bengkel cuci baik yg manual ataupun yg otomatis.
Pertanyaan saya: Kadang2 kalau mobil dah kelamaan ga dicuci kan kotor tuh...tapi kalau ngeliat mobil orang lain di jalanan kok bersih2 melulu ya? Pakai supir atau gimana sih? Please share ya teman2 kalau bersihin mobil itu sendiri atau gimana dan frekuensinya brp hari sekali? atau berapa kali sehari? hehehehehe
bro ddaru, uda nyoba gosok pake mesin? mungkin kalau pake mesin bisa lebih membantu, trutama pada bagian kap mesin sama atap sperti yang bro ddaru bilang.ddaru wrote:Kalo saya Swiftnya Active Pink.Menurut saya kmaren dealernya ga gitu oke waktu nyerahin mobil. Kondisi mobil ga bersih, kacanya uda ada jamurnya. Plastik-plastik di jok belum dilepasin. Alasannya pengen konsumen bener-bener terima kondisi baru-apa-adanya. Agak kecewa saya sama pelayanan dealer. Trus catnya juga rada kasar (mungkin sama dealer belum dipoles dulu sebelum diserahin ke konsumen), saya dah dua kali ngegosok pake clay bar biar licin, sampe skarang belum tuntas, baru pintu-pintu samping & pintu bagasi yang udah bisa licin, kap mesin sama atap masih kasar. Padahal 5 hari sekali saya poles pake soft wax.
Beda banget waktu saya ambil Yaris, beuh, bersih banget. Mreka ga ngijinin saya ngambil mobilnya sebelum mereka bersiin dulu. Khan habis itu dapet angket dari Toyota, ada poin yang isinya: "kebersihan mobil saat serah terima", ini merupakan poin penting buat saya. Lebih puas sama pelayanannya Toyota.
hidup bro ddaru!ddaru wrote:Wah, kalo saya mah orangnya rada ga normal memang. Sesibuk apapun saya, saya harus menyempatkan mencuci 2 mobil saya dalam sehari, tapi jarang sekali pake sampo, kecuali kalo memang ketutup lumpur/tanah yang udah mengering di bodi. Kalau saya pulang dalam kondisi hujan, semalam apapun pasti langsung saya cuci mobilnya, takut banget kalo sampe ada jamur yang muncul di bodi/kaca. Saya tidak percaya orang buat ngerawat mobil saya. 2 bulan sekali memang saya bawa ke salon biar kotoran-kotoran di kolong yang tidak bisa saya jangkau kalau nyuci sendiri bisa rontok semua, itupun selalu saya awasin, sampe yang punya salon apal & berusaha memberikan pelayanan terbaik.Omnibus wrote:Pertanyaan saya: Kadang2 kalau mobil dah kelamaan ga dicuci kan kotor tuh...tapi kalau ngeliat mobil orang lain di jalanan kok bersih2 melulu ya? Pakai supir atau gimana sih? Please share ya teman2 kalau bersihin mobil itu sendiri atau gimana dan frekuensinya brp hari sekali? atau berapa kali sehari? hehehehehe
Kalo saya, mencuci mobil jadi sarana penghilang stress (atau malah yang bikin stress ya?), karena saya kalo sampe ga sempet nyuci mobil pagi hari, siangnya bawaannya ga tenang, rasanya pengen nyuci mobil terus, kuliah jadi ga konsen. Setiap weekend saya juga sempatkan memoles mobil pake soft wax.
Bagaimana dengan yang lain? (manusia-manusia yang lebih normal dari saya)
Btw, langganan saya khan salon C3, itu ada program nyuci bayar sekali untuk berkali-kali cuci di hari yang sama. Jadi kalau anda mencucikan mobil di pagi hari di C3 (eksterior+vakum), siangnya mobilnya kehujanan, sorenya anda boleh balik lagi ke C3 minta dicuciin gratis (eksterior doank, tanpa vakum) dengan menunjukkan bukti pembayaran cuci di pagi hari .