POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by jksc »

:e-dance: Aku baru pertama kali nih mau bli mobil pake "duit sendiri.." CIEEE... :big_peace:
Dananya cuma nyampe yg 1,5 nih... (Jadi malu.. :oops: ) Tapi bingung mending MATIK atau MANUAL Soalnya aku seneng banget setelah nyoba yg matik.. Tapi kata beberapa sumber yg kagak tau bener ga' nya :e-think: Matik itu servisnya mahal dan konsumsi BBMnya lebih boros..
BENER GA YA??? :ungg:
sEN!OR - sEN!OR :big_smoking: yg terhormat minta bantuannya ya....
Thanx banget sebelumnya :thanks:
:cupss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: :e-pNISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA??? (YG 1,5L LOH...)

Post by sjamsul »

klo konsumsi bbm nya lebih boros dari manual itu emang bener. Tapi klo masalah biaya servis itu relatif.
Daripada naik taksi, khan punya boil sendiri relatif lebih murah. :big_smoking:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Risol1 »

Tergantung peruntukan dan selera, maksudnya kalo speed, agresifitas, dsb jadi poin utama, ya pilih MT.
Kalo pengen yg nyaman, santai, gak cape, dsb ya pilih AT.

Dua2nya sih OK kalo menurut saya u/GL. Tapi kemaren ini pernah nyoba GL MT, kalo belom biasa suka mati mesin kenapa ya? kayaknya gasnya musti diinjek lebih dalem supaya startnya smooth. Tau deh cuma perasaan doang, atau cuma 1 GL itu yg salah, atau memang karakteristik GL MT? Soalnya gw emang udah lama engga pegang manual, jadi mungkin kagok sendiri.

Mobil AT memang sedikit lebih boros dari mobil MT, tapi gak terlalu signifikan.

maksudnya servis mahal itu gimana?
Kalo ganti satu gelondongan transmisi memang yg matik jauh lebih mahal, tapi untuk sampe harus ganti satu gelondongan biasanya jaraaang sekali. Asal dirawat (ganti oli transmisi teratur dan bawanya jangan kasar), transmisi matik udah sama reliablenya dengan manualnya.

Kalo mengenai regular maintenance, malahan kayaknya matic bisa lebih murah daripada MTnya, soalnya ganti oli transmisi cukup setiap 50rb km sekali....(setiap 10x ganti oli mesin) dan gak usah ganti kopling spt pada MT.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by evolution21 »

ganti oli mesin per 10rb km
dan oli transmisi A/T per 50rb km
dilakukan hanya dengan catatan mengemudi dengan normal

apabila sering dalam kondisi diluar normal seperti
sering buat ngebut
kena macet terus menerus
dan lainnya yang membuat mesin kerja ekstra

maka sebaiknya penggantian oli dipercepat 2 kali lipat

ohya back to topic
A/T :
lebih boros, tapi perbedaannya sedikit dibanding M/T
performa dibawah M/T
dan tentunya lebih nyaman

M/T :
lebih irit, dan performa lebih baik dengan catatan tau cara main gas nya. Bila tidak, lebih baik ambil A/T saja
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Pilih A/T!!! ... lebih aman dari masalah transmisi.

Yg manual transmisinya terjadi banyak masalah bunyi krerreekkk..kerreeerkkk kerrerkkk sampai akhirnya harus ganti gelondongan full set transmisi, tp tidak semua unit mengalami masalah ... case by case ... tp beberapa ada yg mengalami hal tsb, tp lebih banyak juga yg asik2 aja tanpa alami hal tsb.

Fyi, u/ GL 1.5 (baik matik maupun manual) kalo isi 6-7 orang + bagage, akan kewalahan untuk perjalanan keluar kota di jalan yg menanjak agak curam (>30 derajat) .. semakin curam tanjakan bisa2 mundur mobilnya.
Kalo mo lebih nyaman keluar kota di jalan menanjak dan bawa banyak penumpang, saran gw kumpulin duit lagi dikit untuk ambil yg 1.8 M/T.

need more info?.. gabung aja ke milis i-loc (indonesian livina owner community) >> http://autos.groups.yahoo.com/group/i-LOC/
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Risol1 wrote: Tapi kemaren ini pernah nyoba GL MT, kalo belom biasa suka mati mesin kenapa ya? kayaknya gasnya musti diinjek lebih dalem supaya startnya smooth. Tau deh cuma perasaan doang, atau cuma 1 GL itu yg salah, atau memang karakteristik GL MT?
jarak main kopling GL 1.5 sedikit, kalo terlalu cepat lepas kopling dan putaran mesin tidak mencukupi.. pasti mesin mati.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

evolution21 wrote: A/T :
lebih boros, tapi perbedaannya sedikit dibanding M/T
performa dibawah M/T
dan tentunya lebih nyaman

M/T :
lebih irit, dan performa lebih baik dengan catatan tau cara main gas nya. Bila tidak, lebih baik ambil A/T saja
Betul !! :off_good_job:

A/T bisa lebih irit kalo yg pake M/T kakinya ga bener / ga sabaran.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by sjamsul »

@jksc:

Tuh dengerin yah. Mo pilih yg mana krn para senior dah kaseh masukan.
Buat jadi bahan pertimbangan.
Ntar klo dah jadi ambil trus mo pasang jok kulit ato kaca pelem posting aja disene yah, krn cukup lengkap deh.

Halahhhh kok jadi promosi sehhhhh.....................
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by AD74YA »

Gran livina kan terkenal kenyamanan nya bro..

maksimalkan dengan transmisi A/T..

wekekekek...

serius lho..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by abrof »

maxx wrote:Pilih A/T!!! ... lebih aman dari masalah transmisi.

Yg manual transmisinya terjadi banyak masalah bunyi krerreekkk..kerreeerkkk kerrerkkk sampai akhirnya harus ganti gelondongan full set transmisi, tp tidak semua unit mengalami masalah ... case by case ... tp beberapa ada yg mengalami hal tsb, tp lebih banyak juga yg asik2 aja tanpa alami hal tsb.

Fyi, u/ GL 1.5 (baik matik maupun manual) kalo isi 6-7 orang + bagage, akan kewalahan untuk perjalanan keluar kota di jalan yg menanjak agak curam (>30 derajat) .. semakin curam tanjakan bisa2 mundur mobilnya.
Kalo mo lebih nyaman keluar kota di jalan menanjak dan bawa banyak penumpang, saran gw kumpulin duit lagi dikit untuk ambil yg 1.8 M/T.
Enggak kok bro maxx, asal kita pintar2 pilih gigi gak ada kejadian apa2 gw udah buktikan, tapi yang manual ya gak tau yg matik
User avatar
vLo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by vLo »

matik konsumsi bbm nya boros karena dipengaruhi oleh yg bawanya jg, dgn kata lain, klo pengendaranya tipe injek gas dalem2 tanpa memerhatikan kitiran mesin, maka bensin akan byk terbuang percuma
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."

- William Shakespeare
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Hansen »

udah.....kalo seneng ama yg matik......ambil yg matik ajah............................. :e-whistle:


anggapan bahwa matik itu servisnya mahal dan konsumsi BBMnya lebih boros......kaga selalu bener bos.... :e-naughty:


Buktikan sendiri... :big_smoking:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by sjamsul »

Klo dah berani beli boil sebaiknye jangan pikirin masalah boros ato kaga nye, tapi pikirin aja nyang mane lebih nikmat dipakenye ama lebih santai bawanye. Dalam hal ini sebaiknye pake aja nyang otomatic, krn kaki kaga pegel klo lagi macet.

Tapi klo dah berani beli boil, trus masih takut boros, saran ane jangan beli boil, beli motor aja deh, krn dijamin pemakaian bbm nye pasti deh jauuuhhhhh lebih irittttt dari pade boil. tul ngak?. :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Insomnia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Jul 18, 2008 17:57

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Insomnia »

pilih manual dunk... kalo pengen nyesel
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

abrof wrote: Enggak kok bro maxx, asal kita pintar2 pilih gigi gak ada kejadian apa2 gw udah buktikan, tapi yang manual ya gak tau yg matik

Sama bos, gw juga sudah buktikan GL 1.5 kalo berhenti ditengah2 tanjakan >30-derajat trus jalan... ampoen deh beratnya untuk maju dan bau kopling terbakar, mesinnya kewalahan krn ratio giginya terlalu halus .. tp emang jago untuk track lurus, ... lain ceritanya kalo hadapi jalanan nanjak ambil ancang2 dari bawah, ya asik2 aja.
Nah kalo matik berhenti ditengah2 tanjakan yg cukup curam(>30 derajat) .... harus pindah ke D1, bantu rem tangan, tapi tetap aja pasti bau kopling kebakar.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by esh »

Kalau pakenya di daerah macet, matik adalah pilihan wajib kalau nggak mau betis jadi besar sebelah. Lagipula harga secondnya untuk Jakarta lebih oke matik CMIIW
Insomnia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Jul 18, 2008 17:57

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Insomnia »

maxx wrote: Nah kalo matik berhenti ditengah2 tanjakan yg cukup curam(>30 derajat) .... harus pindah ke D1, bantu rem tangan, tapi tetap aja pasti bau kopling kebakar.
ngawur
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Insomnia wrote:
maxx wrote: Nah kalo matik berhenti ditengah2 tanjakan yg cukup curam(>30 derajat) .... harus pindah ke D1, bantu rem tangan, tapi tetap aja pasti bau kopling kebakar.
ngawur
??? yg betul gimana? .. apakah sudah coba GL 1.5 a/t ?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by jksc »

:off_good: tHANX BRO2 N SIS2 semuanya... :e-clap: :frm_salut:
Skarang baru lagi nih pertanyaannya... :big_peace:
Diantara Bro2 n Sis2 semua, yg punya or uda pernah pake boil GL 1,5L A/T atau M/T Siapa ya???
Terus uda pernah nyoba ke Bandung atau ke Puncak pake GLnya ga??? :ungg: Pengalaman pribadi yg realnya gimana, ceritain dong... :e-pray:
Soalnya klo ngikutin kata2 Bro Maxx takut juga tuh klo ternyata susah nanjak... Jadi ada bisikan lain nih... :e-think: Ada yg saranin "TERIOS" A/T aja... :e-think:
Gimana dong??? Jadi tambah bingung nih... :e-doh: Tolong bantuannya lagi ya... :big_peace:
:thanks: :thanks: :thanks:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

jksc wrote::off_good: tHANX BRO2 N SIS2 semuanya... :e-clap: :frm_salut:
Skarang baru lagi nih pertanyaannya... :big_peace:
Diantara Bro2 n Sis2 semua, yg punya or uda pernah pake boil GL 1,5L A/T atau M/T Siapa ya???
Terus uda pernah nyoba ke Bandung atau ke Puncak pake GLnya ga??? :ungg: Pengalaman pribadi yg realnya gimana, ceritain dong... :e-pray:
Soalnya klo ngikutin kata2 Bro Maxx takut juga tuh klo ternyata susah nanjak... Jadi ada bisikan lain nih... :e-think: Ada yg saranin "TERIOS" A/T aja... :e-think:
Gimana dong??? Jadi tambah bingung nih... :e-doh: Tolong bantuannya lagi ya... :big_peace:
:thanks: :thanks: :thanks:
Bener, kalo mau dapat info yg lbh pasti tanyakan langsung ke owner GL di milis i-LOC (indonesian livina owners community) di http://autos.groups.yahoo.com/group/i-LOC/, dijamin dapat jawaban tanpa ditutup2in.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Insomnia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Jul 18, 2008 17:57

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Insomnia »

maxx wrote:
Insomnia wrote:
maxx wrote: Nah kalo matik berhenti ditengah2 tanjakan yg cukup curam(>30 derajat) .... harus pindah ke D1, bantu rem tangan, tapi tetap aja pasti bau kopling kebakar.
ngawur
??? yg betul gimana? .. apakah sudah coba GL 1.5 a/t ?

belom pernah heheh.. :mrgreen:
tapi guwa pernah test allnew crv xtrem zone chalenge, stop di tanjakan 45 derajat terus
jalan lagi emang sedikit mundur tapi dikiiit dan pelaaan banget gak perlu rem tangan ko
di gas langsung naek dan gak bau angus
2000cc 45 derajat compare 1500 cc 30 derajat harusnya sama aje
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Insomnia wrote:
maxx wrote:
Insomnia wrote: ngawur
??? yg betul gimana? .. apakah sudah coba GL 1.5 a/t ?

belom pernah heheh.. :mrgreen:
tapi guwa pernah test allnew crv xtrem zone chalenge, stop di tanjakan 45 derajat terus
jalan lagi emang sedikit mundur tapi dikiiit dan pelaaan banget gak perlu rem tangan ko
di gas langsung naek dan gak bau angus
2000cc 45 derajat compare 1500 cc 30 derajat harusnya sama aje
Ya ampoenn.. CRV SUV torsi gede dg gear ratio yg besar .. masa mo disamain sama GL 1.5 dg gear ratio yg halus dan dibuat u/ lari kenceng di track lurus.

Kalo blum coba GL 1.5 A/T ato M/T jangan bilang "ngawur" dong, nah-kannnn sekarang bukannya lo yg jadi kasih info "ngawur"?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4600
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Profith83 »

HEHEHE

Gue pakai 1.5 XV manual, barusan kubawa ke trawas di dekat Surabaya
Disana ada tanjakan curam lebih dari 30 derajat, malah ada yang 45 derajat. (derajat kurang lebih yah .. soalnya saya gak ngukur ... :) )

Pas naik yang 30 derajat beriringan sejauh kira kira 300 meter pakai gigi 2 terus, tinggal 50 meter tuh mobil turun.
Penyebabnya karena pada waktu beiringan pakai gigi 2, RPM cuma di 1800-2000 an --> SALAH BESAR.
akhirnya sempat terhenti, tekan kopling, injak gas lepas kopling eh masih mati ... akhirnya kumatiin mesin dan hand rem.

Start dari awal gas akan tinggi RPM di 2500-3000 lepas kopling pelan dibarengi lepas handrem pelan akhirnya bisa naik (pada waktu itu kemiringan sekitar 20-25 derajat), sejak itu RPM dijaga di 3.000 an ...
Pernah test untuk naik tanjakan 45 derajat diisi 4 dewasa, 4 anak RPM memang harus dijaga sekitar 3.000 an.
Pakai start dari bawah.

Biasanya pakai Panther Turbo thn 2005, mau dari stop pun OK :) hehehe.

Jadi kalau tanjakan pas berhenti dengan kemiringan 30-40 derajat, kemudian penumpang 4 dewasa, 4 anak bawa barang 100 kg an --> nah ini belum pernah nyoba --> tapi saya bayangkan yang nyetir harus sangat PINTAR dan perkiraan pasti ada bau kampas kopling terbakar.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Profith83 wrote: Jadi kalau tanjakan pas berhenti dengan kemiringan 30-40 derajat, kemudian penumpang 4 dewasa, 4 anak bawa barang 100 kg an --> nah ini belum pernah nyoba --> tapi saya bayangkan yang nyetir harus sangat PINTAR dan perkiraan pasti ada bau kampas kopling terbakar.
Kalo GL 1.5 dg medan dan kondisi spt itu .. berhenti ditengah2 lagi... pasti amat sangat sulit u/ nanjak kalo semua orang ga keluar + bantu ganjel ban agar ga mundur, dan dipastikan mustahil tidak bau kopling terbakar.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by abrof »

Karena rasio giginya yang untuk lari (bukan torsi tinggi di RPM rendah) ya bawa mobil di tanjakan 40 derajat >harus teriak2 RPMnya klo pas start dari berhenti...itupun klo muatan penuh (mobil mendongak) ban depan kadang spin sebentar , klo soal bau angus kopling saya enggak deh...