POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4600
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Profith83 »

yah kalau berhenti di tengah tengah penumpang dah keluar gak perlu diganjal deh ... yakin pasti bisa
karena begitu RPM di 3000 an torsinya sudah cukup memadai, tapi memang bau kampas kopling terbakar karena untuk start awal.

Tapi kalau ada jarak untuk start dari awal pasti bisa.
maxx wrote:
Profith83 wrote: Jadi kalau tanjakan pas berhenti dengan kemiringan 30-40 derajat, kemudian penumpang 4 dewasa, 4 anak bawa barang 100 kg an --> nah ini belum pernah nyoba --> tapi saya bayangkan yang nyetir harus sangat PINTAR dan perkiraan pasti ada bau kampas kopling terbakar.
Kalo GL 1.5 dg medan dan kondisi spt itu .. berhenti ditengah2 lagi... pasti amat sangat sulit u/ nanjak kalo semua orang ga keluar + bantu ganjel ban agar ga mundur, dan dipastikan mustahil tidak bau kopling terbakar.
jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by jksc »

[quote="Profith83"]yah kalau berhenti di tengah tengah penumpang dah keluar gak perlu diganjal deh ... yakin pasti bisa
karena begitu RPM di 3000 an torsinya sudah cukup memadai, tapi memang bau kampas kopling terbakar karena untuk start awal.

Tapi kalau ada jarak untuk start dari awal pasti bisa.[/quote="Profith83"]

:shrug: Waduh klo aku pilih A/T harus ribet seperti gitu juga ya?? Aku bisa bawa mobil uda lama tapi di daerah, jadi belum pernah hadapin medan2 tanjakan yang sampai 30-45 derajat.. Jadi ngeri nih... :e-think: Sekarang aku di Tangerang, kalo mau jalan ke Bandung n Puncak dll kata orang2 banyak tanjakannya ya??? Pakai A/T bakal susah ya?? Kampas koplingnya sampai habis ditengah jalan karena nanjak terus bisa kejadian ya??? :e-doh: Tolong bantuaannnya ya...
:thanks:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by sjamsul »

@jksc:
kaga usah khawatir bro. Tanjakannye kaga begitu curam seh, kecuali klo mo ke taman cibodas.

Yg dikhawatirkan klo lagi macet, pas liburan panjang, spt lebaran ini. Antrianpun panjang trus klo ketemu tanjakan, wah ane kaga bisa kaseh komentar neh. Tapi banyak lho nyang pade pake matic, fine2 aja tuh. :big_smoking: :big_smoking:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Kalo ada jarak untuk ancang2 dulu sebelum tanjakan, GL 1.5 sih asik2 aja.. tinggal maintain rpm di 3000an keatas.
Kalo di paksa slip kopling ditanjakan u/ start awal.. pasti bau kampas kopling ke bakar dah, sepinter apapun main kopling dan gas.. tetap bau kampas kebakar pasti kecium... apalagi kalo stop & go di tanjakan.

Pasti kerasa juga dong kalo di rpm 2000-3000 GL 1.5 agak bolot spt performanya mlempem meksi jalan lurus .. tp diatas 3000 .. top dah :frm_tumbright: :frm_tumbleft: .. galak tuh mesinnnya, dulu krn pertimbangan hal ini makanya gw ambil yg GL 1.8.
Profith83 wrote:yah kalau berhenti di tengah tengah penumpang dah keluar gak perlu diganjal deh ... yakin pasti bisa
karena begitu RPM di 3000 an torsinya sudah cukup memadai, tapi memang bau kampas kopling terbakar karena untuk start awal.

Tapi kalau ada jarak untuk start dari awal pasti bisa.
maxx wrote:
Profith83 wrote: Jadi kalau tanjakan pas berhenti dengan kemiringan 30-40 derajat, kemudian penumpang 4 dewasa, 4 anak bawa barang 100 kg an --> nah ini belum pernah nyoba --> tapi saya bayangkan yang nyetir harus sangat PINTAR dan perkiraan pasti ada bau kampas kopling terbakar.
Kalo GL 1.5 dg medan dan kondisi spt itu .. berhenti ditengah2 lagi... pasti amat sangat sulit u/ nanjak kalo semua orang ga keluar + bantu ganjel ban agar ga mundur, dan dipastikan mustahil tidak bau kopling terbakar.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by jksc »

maxx wrote:Kalo ada jarak untuk ancang2 dulu sebelum tanjakan, GL 1.5 sih asik2 aja.. tinggal maintain rpm di 3000an keatas.
Kalo di paksa slip kopling ditanjakan u/ start awal.. pasti bau kampas kopling ke bakar dah, sepinter apapun main kopling dan gas.. tetap bau kampas kebakar pasti kecium... apalagi kalo stop & go di tanjakan.

Pasti kerasa juga dong kalo di rpm 2000-3000 GL 1.5 agak bolot spt performanya mlempem meksi jalan lurus .. tp diatas 3000 .. top dah :frm_tumbright: :frm_tumbleft: .. galak tuh mesinnnya, dulu krn pertimbangan hal ini makanya gw ambil yg GL 1.8.
:beer: :beer: Hi bRO Maxx, back ke topic ya... :big_smoking:
:big_peace: Dana aku cuman cukup yg 1,5L itu pun sepertinya aku mau yg matik... (Dana untuk A/T uda minta tambahan ORTU... :e-think: )
Nah aku mau nanya nih.... rpm di A/T perlu dijaga diatas 3000 juga ya??? :e-think: Sorry i baru belajar tentang A/T... :shrug:
Terus mau nanya gunanya D1, D2 n O/D di persnelingnya A/T apa??? Kata salesnya, D1 & D2 fungsinya untuk tanjakan dan O/D untuk melambung boil lain pas nanjak, jadi tanjakan ga nyusahin buat matik atau A/T... Tapi klo emang segampang itu koq Bro Maxx ceritanya agak ngeri ya??? Sorri ya Bro, aku bener2 baru nih soal A/T... :ungg: :oops: :ungg: :oops: :ungg:
:frm_tumbright: Klo soal irit aku uda dapat jawaban dari yg punya 1,5L A/T katanya masih lebih iritan GL 1,5L A/T daripada Avansa 1,5L A/T... :frm_tumbleft:
Thanx ya... :thanks: :thanks:
jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by jksc »

sjamsul wrote:@jksc:
kaga usah khawatir bro. Tanjakannye kaga begitu curam seh, kecuali klo mo ke taman cibodas.

Yg dikhawatirkan klo lagi macet, pas liburan panjang, spt lebaran ini. Antrianpun panjang trus klo ketemu tanjakan, wah ane kaga bisa kaseh komentar neh. Tapi banyak lho nyang pade pake matic, fine2 aja tuh. :big_smoking: :big_smoking:
:big_peace: Bener juga sih Bro td i baru ketemua ama orang yang punya GL 1,5L A/T :big_peace: , abis nanya2 dikit sepertinya kehibur juga sih :e-dance: karena katanya dia biasa bawa ke luar kota termasuk Bandung, Puncak & t4 wisata lain katanya sih fine2 aja ditanjakan... Tapi ga tau jawaban itu asal aja atau beneran soalnya Bapaknya buru2 mau kabur ga tau kenapa??? :ungg: :weekk: :capede:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by sjamsul »

Kemungkinan kaboer ada 2:
1. Mo ada rapat jadi harus buru2 balik ke kantor.
2. Takut ditodonk ame nt, hehehehe.............(kidding lho bro)................
Insomnia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Jul 18, 2008 17:57

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Insomnia »

maxx wrote:Kalo ada jarak untuk ancang2 dulu sebelum tanjakan, GL 1.5 sih asik2 aja.. tinggal maintain rpm di 3000an keatas.
Kalo di paksa slip kopling ditanjakan u/ start awal.. pasti bau kampas kopling ke bakar dah, sepinter apapun main kopling dan gas.. tetap bau kampas kebakar pasti kecium... apalagi kalo stop & go di tanjakan.
nih cuman buat yg mt, kalo at tinggal injek gas doang
bro maxx emang paling pinter nakut2in :mrgreen:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Insomnia wrote:
maxx wrote:Kalo ada jarak untuk ancang2 dulu sebelum tanjakan, GL 1.5 sih asik2 aja.. tinggal maintain rpm di 3000an keatas.
Kalo di paksa slip kopling ditanjakan u/ start awal.. pasti bau kampas kopling ke bakar dah, sepinter apapun main kopling dan gas.. tetap bau kampas kebakar pasti kecium... apalagi kalo stop & go di tanjakan.
nih cuman buat yg mt, kalo at tinggal injek gas doang
bro maxx emang paling pinter nakut2in :mrgreen:
jahh... buat apa nakut2in orang.. bicara kenyataannya aja deh, sudah ada yg kopling A/T hangus kebakar krn maksa nanjak, jadi harus ganti baru (untung gratis krn masih garansi), ini memang krn ada pengetahuan kurang pengertian u/ pake A/T. Intinya u/ tanjakan yg mayan (>30 derajat) GL 1.5 baik A/T maupun M/T agak kewalahan bila stop & go .. kalo libas dg ancang2 dari bawah... pasti bisa dilalui... jadi pinter2 aja ambil ancang2, pertahankan RPM dan atur pakai gigi perseneling yg benar.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

jksc wrote:
maxx wrote:Kalo ada jarak untuk ancang2 dulu sebelum tanjakan, GL 1.5 sih asik2 aja.. tinggal maintain rpm di 3000an keatas.
Kalo di paksa slip kopling ditanjakan u/ start awal.. pasti bau kampas kopling ke bakar dah, sepinter apapun main kopling dan gas.. tetap bau kampas kebakar pasti kecium... apalagi kalo stop & go di tanjakan.

Pasti kerasa juga dong kalo di rpm 2000-3000 GL 1.5 agak bolot spt performanya mlempem meksi jalan lurus .. tp diatas 3000 .. top dah :frm_tumbright: :frm_tumbleft: .. galak tuh mesinnnya, dulu krn pertimbangan hal ini makanya gw ambil yg GL 1.8.
:beer: :beer: Hi bRO Maxx, back ke topic ya... :big_smoking:
:big_peace: Dana aku cuman cukup yg 1,5L itu pun sepertinya aku mau yg matik... (Dana untuk A/T uda minta tambahan ORTU... :e-think: )
Nah aku mau nanya nih.... rpm di A/T perlu dijaga diatas 3000 juga ya??? :e-think: Sorry i baru belajar tentang A/T... :shrug:
Terus mau nanya gunanya D1, D2 n O/D di persnelingnya A/T apa??? Kata salesnya, D1 & D2 fungsinya untuk tanjakan dan O/D untuk melambung boil lain pas nanjak, jadi tanjakan ga nyusahin buat matik atau A/T... Tapi klo emang segampang itu koq Bro Maxx ceritanya agak ngeri ya??? Sorri ya Bro, aku bener2 baru nih soal A/T... :ungg: :oops: :ungg: :oops: :ungg:
:frm_tumbright: Klo soal irit aku uda dapat jawaban dari yg punya 1,5L A/T katanya masih lebih iritan GL 1,5L A/T daripada Avansa 1,5L A/T... :frm_tumbleft:
Thanx ya... :thanks: :thanks:
A/T GL itu 4 percepatan
O/D on > gigi main dari 1-4
O/D off >> otomatis naik turun dari 1 smp gigi 3, dan mesin lebih agressif, tp FC tentu lebih boros.
D2 >> otomatis naik turun gigi1 dan 2
D1 >> hanya gigi 1 aja

Meski sudah A/T pengaturan gigi di sesuaikan dg kondisi medan.

Bukan mo bikin ngeri... tp bicara yg nyata aja ... sebenarnya kalo tau caraya tidak harus ngeri, kalo pakai cara yg benar pasti bisa atasi medan dg lebih mudah... meskipun demikian bagaimanapun GL 1.5 baik A/T maupun M/T tetap terasa kurang mumpuni untuk stop & go di tanjakan curam (>30 derjat) apalagi kalo isi 6 orang dewasa + bagage, coba baca tuh yg bos profith tulis diatas .. bener ga yg sudah gw sampaikan.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4600
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Profith83 »

Santai saja lah Bro,

jadi agak susah bila semua kriteria dibawah ini terpenuhi:
1. mesin 1500 CC (kalau 1800 cc yah gak papa)
2. 6 penumpang dewasa + bagasi lebih dari 100 KG (kalau penumpang 6 dewasa + bagasi cuma 50 kg an sih OK)
3. tanjakan harus curam lebih dari 30 derajat (kalau dibawah 30 derajat misla 25 derajat sih fine fine aja)
4. dalam keadaan STOP & GO (kalau ada ancang ancang dari bawah gak usah mikir pasti naik kok)

Jadi kalau misal tanjakan lebih dari 30 derajat, mesin 1500 CC, STOP and GO, tetapi isinya cuma 4 dewasa yah tetap saja bisa nanjak :)
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by nescafe »

hmm.. memang torsi GL 1.5 dan 1.8 beda jauh kah? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4600
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Profith83 »

Pak Nes,

kalau beda kurang tahu,
Tetapi yang saya pernah lihat di SPEC torsi maks GL 1500 CC didapat di putaran 4.400, Sedangkan GL 1800 CC didapat di putaran 3.600 kalau gak salah.

Sedangkan Daya Maks untuk 1500 CC di putaran 6.000 an sedangkan 1800 CC di putaran 5.400 an
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by nescafe »

hmm.. i see.. pantes penjelasan pak maxx diatas seperti itu..

thanks pak Profith83! :D

jgn panggil saya pak, saya msh anak2.. :big_peace:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4600
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Profith83 »

Sorry yah Nes, saya kagak tahu sudah tua apa masih muda :big_peace:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by nescafe »

hehe.. it's ok pak profith.. :D

ok, back to topic..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

nescafe wrote:hmm.. memang torsi GL 1.5 dan 1.8 beda jauh kah? :e-think:
GL 1.5 >> Mesin HR15DE
Displacement = 1498cc
Bore x Stroke = 78 x 78.4
Compression ratio = 10.5 : 1
Max. output (PS/rpm) = 109 / 6000
Max Torque (Kgm/rpm) = 15.1 / 4400

GL 1.8 >> Mesin MR18DE
Displacement = 1798cc
Bore x Stroke = 84 x 81.1
Compression ratio = 9.9 : 1
Max. output (PS/rpm) = 126 / 5200
Max Torque (Kgm/rpm) = 17.7 / 4800

Torsi GL 1.5 >> 15.1/4400 sebenernya cukup besar .. tp gear ratio yg digunakan lebih diperuntukan buat track lurus (makanya bisa 200kph) tp sptnya terlalu halus u/ tanjakan >30 derajat dg beban full load mulai ditengah2 tanjakan.. pasti melorot, tp ga terlalu masalah kalo ambil ancang2 trus jaga putaran mesin 3000rpm
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by GTR »

ratio final gear GL yg seems setara sedan, yg membuat "bawaannya" (pick-up power maupun cruising) mirip sedan terutama di tanjakan curam.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4600
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Profith83 »

BETUL SEKALI gear ratio seperti sedan karena bisa jalan sampai 200 KM/jam.
di TOL pas pulang dan pergi, Gue kuntit terus Innova :)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by GTR »

final ratio sedan membuat power transfer lebih smooth (minim menghentak), tapi juga kurang galak buat pick-up power di tanjakan curam layaknya most minibus.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by Risol1 »

jksc wrote:Waduh klo aku pilih A/T harus ribet seperti gitu juga ya?? Aku bisa bawa mobil uda lama tapi di daerah, jadi belum pernah hadapin medan2 tanjakan yang sampai 30-45 derajat.. Jadi ngeri nih... :e-think: Sekarang aku di Tangerang, kalo mau jalan ke Bandung n Puncak dll kata orang2 banyak tanjakannya ya??? Pakai A/T bakal susah ya?? Kampas koplingnya sampai habis ditengah jalan karena nanjak terus bisa kejadian ya??? :e-doh: Tolong bantuaannnya ya...
:thanks:
Malah kalo pake AT gak serumit kalo pake MT bos. KIta gak usah maenin kopling pas start di tanjakan. Kalo tanjakan landai, pas mao start, geser aja tuas ke D, lalu geser kaki kanan dari pedal rem ke pedal gas (gak usah even pake rem tangan), pasti jalan tu mobil.
Kalo tanjakan curam, tuas geser ke D1 atau D2, bantuin pake rem tangan, abis itu injek gas nya pasti jalan juga kalo memang memungkinkan, Kalo udah begini caranya tetep gak mao nanjak, berarti:
1. tanjakan ketinggian (buang muatan, penumpang suruh turun, mobil ganjel pake balok).
2. mobil keberatan (sama caranya kaya diatas)
3. Memang medannya udah gak sesuai dengan GL (yg pasti kalo ini yg terjadi pasti banyak juga mobil2 lain yg gak bisa nanjak).

Tapi yg pasti kalo cuma jalan ke bandung lewat puncak aja sih cuma sedikit tanjakan yg bener2 curam, biasanya sih kalo bawaan masih wajar, pasti naik ni mobil. Kalo mao lebih confident di tanjakan atau banyak melewati tanjakan2 curam untuk rute sehari2, mungkin lebih bijaksana ambil terios AT
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by nescafe »

maxx wrote:
nescafe wrote:hmm.. memang torsi GL 1.5 dan 1.8 beda jauh kah? :e-think:
GL 1.5 >> Mesin HR15DE
Displacement = 1498cc
Bore x Stroke = 78 x 78.4
Compression ratio = 10.5 : 1
Max. output (PS/rpm) = 109 / 6000
Max Torque (Kgm/rpm) = 15.1 / 4400

GL 1.8 >> Mesin MR18DE
Displacement = 1798cc
Bore x Stroke = 84 x 81.1
Compression ratio = 9.9 : 1
Max. output (PS/rpm) = 126 / 5200
Max Torque (Kgm/rpm) = 17.7 / 4800

Torsi GL 1.5 >> 15.1/4400 sebenernya cukup besar .. tp gear ratio yg digunakan lebih diperuntukan buat track lurus (makanya bisa 200kph) tp sptnya terlalu halus u/ tanjakan >30 derajat dg beban full load mulai ditengah2 tanjakan.. pasti melorot, tp ga terlalu masalah kalo ambil ancang2 trus jaga putaran mesin 3000rpm
hmm.. i see,, it's a matter of gear ratio tho.. semakin jelas buat gw..
nah, apakah pada GL 1.8 gear rationya juga berkarakter se[erti GL 1.5 ini?

trimkasih pak maxx.. :e-clap:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

Risol1 wrote:
jksc wrote:Waduh klo aku pilih A/T harus ribet seperti gitu juga ya?? Aku bisa bawa mobil uda lama tapi di daerah, jadi belum pernah hadapin medan2 tanjakan yang sampai 30-45 derajat.. Jadi ngeri nih... :e-think: Sekarang aku di Tangerang, kalo mau jalan ke Bandung n Puncak dll kata orang2 banyak tanjakannya ya??? Pakai A/T bakal susah ya?? Kampas koplingnya sampai habis ditengah jalan karena nanjak terus bisa kejadian ya??? :e-doh: Tolong bantuaannnya ya...
:thanks:
Malah kalo pake AT gak serumit kalo pake MT bos. KIta gak usah maenin kopling pas start di tanjakan. Kalo tanjakan landai, pas mao start, geser aja tuas ke D, lalu geser kaki kanan dari pedal rem ke pedal gas (gak usah even pake rem tangan), pasti jalan tu mobil.
Kalo tanjakan curam, tuas geser ke D1 atau D2, bantuin pake rem tangan, abis itu injek gas nya pasti jalan juga kalo memang memungkinkan, Kalo udah begini caranya tetep gak mao nanjak, berarti:
1. tanjakan ketinggian (buang muatan, penumpang suruh turun, mobil ganjel pake balok).
2. mobil keberatan (sama caranya kaya diatas)
3. Memang medannya udah gak sesuai dengan GL (yg pasti kalo ini yg terjadi pasti banyak juga mobil2 lain yg gak bisa nanjak).

Tapi yg pasti kalo cuma jalan ke bandung lewat puncak aja sih cuma sedikit tanjakan yg bener2 curam, biasanya sih kalo bawaan masih wajar, pasti naik ni mobil. Kalo mao lebih confident di tanjakan atau banyak melewati tanjakan2 curam untuk rute sehari2, mungkin lebih bijaksana ambil terios AT
Setuju sama risol :frm_tumbright: :e-clap: :e-clap: :e-clap:
btw, traksi u/ nanjak lebih baik bila ganti ban lebih lebar.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by maxx »

nescafe wrote:
maxx wrote:
nescafe wrote:hmm.. memang torsi GL 1.5 dan 1.8 beda jauh kah? :e-think:
GL 1.5 >> Mesin HR15DE
Displacement = 1498cc
Bore x Stroke = 78 x 78.4
Compression ratio = 10.5 : 1
Max. output (PS/rpm) = 109 / 6000
Max Torque (Kgm/rpm) = 15.1 / 4400

GL 1.8 >> Mesin MR18DE
Displacement = 1798cc
Bore x Stroke = 84 x 81.1
Compression ratio = 9.9 : 1
Max. output (PS/rpm) = 126 / 5200
Max Torque (Kgm/rpm) = 17.7 / 4800

Torsi GL 1.5 >> 15.1/4400 sebenernya cukup besar .. tp gear ratio yg digunakan lebih diperuntukan buat track lurus (makanya bisa 200kph) tp sptnya terlalu halus u/ tanjakan >30 derajat dg beban full load mulai ditengah2 tanjakan.. pasti melorot, tp ga terlalu masalah kalo ambil ancang2 trus jaga putaran mesin 3000rpm
hmm.. i see,, it's a matter of gear ratio tho.. semakin jelas buat gw..
nah, apakah pada GL 1.8 gear rationya juga berkarakter se[erti GL 1.5 ini?

trimkasih pak maxx.. :e-clap:
TRANSMISSION HR15DE MR18DE
A/T 4-speed A/T 4-speed A/T
Gear Ratios 1st 2.861 2.861
Gear Ratios 2nd 1.562 1.562
Gear Ratios 3rd 1.000 1.000
Gear Ratios 4th 0.697 0.697
Gear Ratios Rev. 2.310 2.310
Final Gear Ratio 4.072 4.072

M/T 5-speed M/T 6-speed M/T
Gear Ratios 1st 3.727 3.727
Gear Ratios 2nd 2.048 2.105
Gear Ratios 3rd 1.393 1.452
Gear Ratios 4th 1.029 1.171
Gear Ratios 5th 0.821 0.971
Gear Ratios 6th 0.811
Gear Ratios Rev. 3.545 3.687
Final Gear Ratio 4.067 3.933

Dilihat dari spec final gear ratio malah yg 1.8 lebih kecil.. tp krn torsi lebih besar dan bore lebih besar dari stroke maka bisa lebih nyaman untuk nanjak dari pada yg 1.5
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: POLL: NISSAN GL PILIH MATIK atau MANUAL YA?? (YG 1,5L LOH..)

Post by abrof »

Disinilah keunggulan dan kelemahan ratio gear GL, klo jalan datar minibus yg lain (ipah, apanja) atau SUV dengan mesin sekelasnya pasti gampang dilewati, kebalikannya klo stop and go ditanjakan curam