Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vega
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Mon Aug 06, 2007 19:15
Location: Bandung

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by vega »

barusan liat bebek di depan gw yg ngesot gak karuan gara2 ban belakangnya nge-lock, dia ngerem disekaligusin soalnya ada angkot berhenti mendadak.. padahal jalan pelan aja, gw liat spedo cuman +- 30km/jm..
pas gw liat ternyata dia udah ganti pake cakram belakang, terlalu pakem kali.. :e-naughty:
User avatar
birkov
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Fri Apr 18, 2008 1:48
Location: Tangerang

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by birkov »

bro mau ikutan share pengalaman nih .. untuk pemakainan tromol dan cakram ..gue rasa sama aja semua tergantun handling kita dan kebiasaan di kaki kita dan tangan itu cock yang soft atau kejut. rem tromol gak selamanya bersifat lembut bisa juga di setel kejut macam cakram ..hasil sama sama gesot kalau di jalan di rem mendadak dengan kondisi jalan kering berpasir dikit ..atau kondisi ban dan rada botak atau emang sengaja di kesotin.. tapi dalam hal ini musti ati ati kalauu belum apal sama motor kita ..bakal ngebuang ke kiri atau kekanan jadi tidak jatuh.
semantara kalau perawatan jelas cuma beda di harga aja intinya sama sama harus bongkar saat ganti kampas, tapi kalau untuk penampilan jelas cakram lah yang jadi pilihan. :big_peace:
Birkov Devil - B 6294 CKU
MAZTER (Mazda Tangerang)
http://www.facebook.com/group.php?gid=154990383441
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by y_anjasrana »

Sekedar info.

Rem cakram di motor MotoGP antara depan belakang ukurannya beda2 lho. Begitu pula beda rider juga beda ukuran.

Utk bahan, cakram depan pakai karbon, tapi cakram belakang dari besi seperti motor biasa.

Utk ukuran tiap motor beda2 tergantung gaya membalap, terutama cakram belakang. Rider yg jago sliding, biasanya memilih cakram belakang lebih besar. Contohnya Hayden dan Stoner. Kedua rider tersebut sama2 berasal dari dirt track, yang umumnya tidak pakai rem depan. Jadi utk mengerem, mereka mengandalkan rem belakang. Sedangkan rider yg asalnya memang dari track aspal, umumnya memilih cakram belakang lebih kecil. Contoh yg gampang dilihat Dani Pedrosa. Bisa dibilang dia sama sekali tidak pakai rem belakang. Ga heran tiap adu late braking dgn Rossi, ban belakangnya sampai terangkat berkali-kali.

Jadi kesimpulannya kalu pakai cakram belakang, musti bisa sliding tuhh... Kalu ga bisa, mendingan pakai rem tromol aja buat roda belakang.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by neo88 »

riofhaloho wrote:
Mesin motor yg udah diatas 100 cc dan akselerasinya lumayan spontan.. ada baiknya make disc brake jg...
Ada satu kekurangan tromol, ini gw rasakan saat menggunakan tiger 2000 thn 2003..
Rem terasa gak pakem saat hujan ato tromolnya terkena air...
lumanyan kaya gimana ?? kalo supra x 125 pa ya termasukk lumayan spontan ???
lhooo bukannyaa kalo cakram yg kena hujan jadi licin piringannya sooo jd ga pakem ???
:e-think:
anak_singkong wrote:
rem blkg tromol klo udah kepanasan jd kurang pakem..
klo disc brake lbh cepat melepas panas krn ada lubang ventilasinya.
oo..hh betulkann kalo kepanasan jd kurang pakem ychh?? smpai seberapa panas, apa klo dijemur dibawah matahari aja bisa kurang pakem? atoo gara2 dipakai ngebutt? :e-think:
m..mmm kalo gara2 lubang sihhh kliatannya bukan dehhh... mungkin krn disc nya kan di luar n bisa terkena angin (sbg pendingin) CMIIW

JESKONENG wrote:
cuma tersisa tandatanya : kenapa di road race itu motor balap rem blakangnya kok pake tromol ??
nahh itu diaa.. mungkin untuk safety nyaa ya broo... cause depan cakram kan dahh pakem yg belakang ga perlu terlalu pakem supaya bisa menyesuaikan dgn yg didepan.. biar ga selip CMIIW
y_anjasrana wrote:
Dengan memakai rem tromol, diharapkan saat pengereman tidak terjadi sliding. Lain dgn halnya motor balap pada MotoGP, dgn tapak ban lebar, sliding tidak menjadi masalah karena masih dapat dikontrol. Apalagi di MotoGP sudah banyak digunakan piranti elektronik yg rumit. Jadi ga heran kalu kita sering lihat Danny Pedrosa ngerem sampai stoppie (roda belakang naik), atau Valentino Rossi ngerem sampai roda belakang sliding.
Disamping itu perlu dilihat juga keperluannya. Pada motor standar yg tenaganya ga lebih dari 20hp, atau mobil yg ga lebih dari 200hp, tidak perlu juga memasang rem cakram di roda belakang. Dengan kecepatan maksimum 120-150kmpj, relatif belum butuh rem yg terlalu mahal
maksudnya pa broo tidak terjadi sliding? sliding = slip yach ? :e-think:
heehee... :mrgreen: thanks masukkannya... :off_good_job:

r1210g wrote:
wah malahan mau ganti tuh rem blkang satria hiu ogud..
dari cakram ke teromol..
cakram lebih berat.. ada gesekan lebih..
coba aja diputer antara teromol ama cakram..
lebih dulu berhenti yang cakram daripada teromol..
efisiensi tenaga keknya lebih baik walaupun kecil..
mungkin ada alasan juga ke race2 gitu lebih enteng..
soalnya temen ogud ada yang drag, rem belakangnya pake teromol juga ubah dari cakram..
bener lebih berat cos liat aja di spek. motor yg tormol n cakaram pasti lebih berat kurang lebih 2 KG, mm.mm tp kalo krn masalah gesekan lebih.. neo ga tau.. ntar neo coba puter jg dehh :mrgreen:
vega wrote:
barusan liat bebek di depan gw yg ngesot gak karuan gara2 ban belakangnya nge-lock, dia ngerem disekaligusin soalnya ada angkot berhenti mendadak.. padahal jalan pelan aja, gw liat spedo cuman +- 30km/jm..
pas gw liat ternyata dia udah ganti pake cakram belakang, terlalu pakem kali..
ii.dihh.. ngeri... tacu...tt, mmm but thankss infonya.. :off_good_job:
birkov wrote:
semantara kalau perawatan jelas cuma beda di harga aja intinya sama sama harus bongkar saat ganti kampas, tapi kalau untuk penampilan jelas cakram lah yang jadi pilihan.
murah mana broo...? praktiss mana broo? :e-think:
y_anjasrana wrote:
Sekedar info.
.......
Contoh yg gampang dilihat Dani Pedrosa. Bisa dibilang dia sama sekali tidak pakai rem belakang. Ga heran tiap adu late braking dgn Rossi, ban belakangnya sampai terangkat berkali-kali.

Jadi kesimpulannya kalu pakai cakram belakang, musti bisa sliding tuhh... Kalu ga bisa, mendingan pakai rem tromol aja buat roda belakang
neo ga perlu mpeek terangkat berkali2 :mrgreen:
musti bisa sliding tuhh maksudnya pa? gmn ?


but thankss all bro SMers :thanks:
sementara neo jd preferr pake tormol dehhh :big_peace:
Maximum speed ......................... Setting ON
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by anak_singkong »

neo88 wrote:
anak_singkong wrote:
rem blkg tromol klo udah kepanasan jd kurang pakem..
klo disc brake lbh cepat melepas panas krn ada lubang ventilasinya.
oo..hh betulkann kalo kepanasan jd kurang pakem ychh?? smpai seberapa panas, apa klo dijemur dibawah matahari aja bisa kurang pakem? atoo gara2 dipakai ngebutt? :e-think:
m..mmm kalo gara2 lubang sihhh kliatannya bukan dehhh... mungkin krn disc nya kan di luar n bisa terkena angin (sbg pendingin) CMIIW


[/color][/size]
@neo
yah..situ ada2 aja nih.. :P
masa ya panas krn di jemur matahari..ya ga gtu lah.. :)

panasnya krn gesekan kampas rem ama body tromol itu yg menyebabkan panas..klo kondisi body tromol msh dingin rem tromol akan terasa pakem cuma klo udh panas krn gesekan kampas lama2 jd kurang pakem.

sekali lg panasnya bukan krn sakit demam..eh..panas kena jemur matahari ya.. heheh :D

soal disc brake bolong2 itu..gunanya buat melepas panas..itu udh banyak kta org terutama mekanik motor bukan sy yg ngarang2..

klo bandingin dlu sy pernah punya King thn 83 disc depannya polos..ga ada lubangnya..terasa emang pas panas rem jd aga kurang pakem.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by r1210g »

sjamsul wrote:"rem cakram lebih berat...ada gesekan lebih..... " mungkin jarang diserpis kali remnya bro ato ada kotoran yg nempel ama brake pad nya, shg terjadi gesekan lebih. :mrgreen:
TUFF Stough wrote:Piston remnya jarang dilumasi kali tuh Bro. Pistonnya jadi macet dan menahan cakram walaupun tuas rem gak diinjak. Pernah kejadian sama rem depan Shogun SP gw.
doq wrote: biasanya klo kampas rem dah mo abis, mank suka ngegesek ke cakramnya oom.....coba d cek aja
wah rem pernah servis om.. pernah bongkar smua..
kampas juga masih agak baru.. soalnya rem belakang juga jarang pake berat sih..

ini udah ogud coba ke beberapa motor..
kalo lagi di standart tengah coba diputer pake kaki..
banyak puteran roda yang pake teromol yang masih bagus lebih banyak dibanding cakram yang masih bagus..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by Cloud »

teromol lebih cepet abis?
sebenarnya enggak, sy pake sejak tahun 2005 sampe skrg belum abis (original), malah kampas disc depan udah harus ganti (tgl 1 mm). pertanyaannya, keseringan ngerem pake rem depan ato belakang?
nah, kalo sering belakang ya cepet abis.
1 lagi, rem teromol kalo aus dikit aja, jadi kurang pakem, karena penekanan kurang merata (kan yang sebelah diungkit, yang sebelah diam ditahan pin), jadi, harus sering dibuka, disetel ulang (pin diganjal pelat atau kabel tembaga), biar penekanan kampas merata.
kalo cakram, gak usah disetel, soalnya penyetelan celah dilakukan otomatis oleh karet seal pistonnya,
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by neo88 »

Ohh yachh apa bedanya cakaram dgn 1 piston n 2 piston ?
kok namanya pake piston apa cara kerjanya mirim piston di engine yachh...?
bisa kasi ulasan dikit mengenai cara kerjanya sehigga dinamakan piston


:thanks:
Maximum speed ......................... Setting ON
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by TUFF Stough »

Dinamakan piston ya karena ada silinder besi yang menonjok kampas remnya supaya menjepit piringan cakram.

Cara kerjanya bedalah ama pistonnya mesin. Kalau pistonnya mesin mengandalkan ledakan (ignition) untuk mendorongnya turun, kalau pistonnya rem murni mengandalkan cairan rem untuk mendorong-tarik piston itu sendiri.

1 piston dan 2 piston itu membedakan daya cengkeram kampas terhadap cakram. Makin banyak makin pakem remnya. Makanya untuk disc brake belakang disarankan pakai single-piston aja.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by TUFF Stough »

Untuk jelasnya, silakan browse ke sini: http://auto.howstuffworks.com/disc-brake.htm
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by sjamsul »

Tuh neo, om Tuff Stough dah kasih masukan. Coba nt pelajari baik2 yah, supaya menjadi orang nyang pinnnn.....terrrrrr........ :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by neo88 »

siap prop :frm_salut: ...
makaci... ya.. om TUFF Stough...... :off_good_job:

ntar neo baca, biar bisa jadi SUPER MANIAC MEMBER OF MECHANIC ENGINEER Image
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by wongcilik »

Salam kenal :big_peace:

Mohon informasi mas bro :

1. Aku-nya pernah 2x rem disc brake belakang "blong" :
a. Th. 2003, pake panthom TA200 2002, dari Cemoro Sewu turun ke Sarangan (medan-nya super turun and banyak tikungan2 tajam, plus bergelombang), rem belakang "blong" total --- motor sama sekali tidak bisa dihentikan, terpaksa hanya mengandalkan rem depan dan tahanan mesin (jarak yg ditempuh tanpa rem belakang, sekitar 2 s/d 3 km), begitu bisa nyampe jalan datar (udah nyampe danau Sarangan, dekat pos polisi) akunya bisa berhenti. Sambil mendinginkan cakram, pentil-nya (penutup kecil dari karet) aku lepas.

Disitu, aku dihampiri ama polisi and di-tanya2, begitu tahu aku turun tanpa rem belakang, akunya langsung ditanya begini : "Mas, nomor buntut-an (judi) yg bakal keluar apa ya?" :mrgreen: :evil: --- eeeh, apa ng'gak gila itu polisi.....? :frm_bang_head: :frm_bang_head:
---------------- apa mungkin karena disc-nya kepanasan ya? :e-think: (kalau yg ini kayak-nya memang karena kepanasan) :e-think: -----------------

b. Th. 2008, bulan Oktober ini, pake Kaisar Rub y V250 2008 (baru beli 2 bulan), akan turun dari Kaliurang (jalan menurun, tapi jalan rata and mulus), baru dapat 3 tikungan - disc brake belakang udah "nyeplos" gak bisa untuk nge-rem --- padahal turun-nya udah aku kombinasi dengan rem depan.
---------------- apa ini juga karena kepanasan?, rasanya ng'gak juga, kenapa ya... ? ---------- :e-think: :e-think:


2. Kaisar Ruby V250-ku ini kalau aku pake agak kenceng dikit (antara 80 s/d 90 km/jam), kalau di-rem kok sangat tidak stabil ya? (padahal jalan lurus and rata --- tidak ada pasir-nya, posisi motor juga tegak vertical), selain ban belakang agak "slide", ban depan-nya juga sedikit berubah arah --- catatan : depan belakang pake disc brake semua.
---------------- ini kenapa ya? :e-think: --------------------

Mohon pencerahan para expert :) :e-pray:
Salam. :) :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by sjamsul »

@wongcilik:
Ane sih bukan expert di bidang ini.
Tapi ane punya sedikit pengalaman wkt pake ninja. Pada mtr ini ane kaga pernah menemukan hal yg spt nt ceritakan. Oke2 aja tuh. Mungkin aja di mtr tsb kualitas dari sistim pengeremannye ada yg kurang baik, misalken bahan2 kanpas remnya yg kurang bagus, dll. :mrgreen:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by wongcilik »

sjamsul wrote:@wongcilik:
Ane sih bukan expert di bidang ini.
Tapi ane punya sedikit pengalaman wkt pake ninja. Pada mtr ini ane kaga pernah menemukan hal yg spt nt ceritakan. Oke2 aja tuh. Mungkin aja di mtr tsb kualitas dari sistim pengeremannye ada yg kurang baik, misalken bahan2 kanpas remnya yg kurang bagus, dll. :mrgreen:
Salam kenal Mas Bro sjamsul :big_peace:

Baru saja aku-nya kepikiran, apa ban-nya (Kaisar Ruby V250) yang licin ya? ...., kurang "ng'gigit" gitu...... :e-think: .... :e-think: ....
Terima kasih mas bro :) :big_peace:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by TUFF Stough »

Kalau aku lihat, ini lebih disebabkan karena posisi selang minyak rem cakram belakang yang horisontal. Berbeda dengan rem cakram depan yang selangnya vertikal.

Jadi pada saat turunan, posisi kaliper rem belakang lebih tinggi dari jalur distribusi minyak rem, sehingga minyak remnya tidak bisa mendorong piston secara kuat kalau tuas rem belakang diinjak. Akibatnya kampas rem gak menggigit rem secara kuat, dan rem belakang menjadi blong.

Kalau rem depan khan karena selangnya vertikal, walaupun posisi tanjakan atau turunan, kemiringannya gak sampai menyebabkan posisi kaliper lebih tinggi daripada jalur distribusi minyak remnya.

Makanya untuk medan2 berbukit yang naik-turun, tidak disarankan menggunakan rem cakram belakang. Lebih aman pakai drum brake belakang karena mekanismenya yang menggunakan kabel.

Sorry kalo salah. :frm_salut:
User avatar
blackpit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
Location: 024-mataram

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by blackpit »

gw setuju ama bro sjamsul, untuk motor pabrikan jepang semisal ninja, satria fu, ato tiger revo yang roda belakang-nya sudah aplikasi rem cakram semuanya ga ada masalah. biasanya masalah kayak gini itu pada rem cakram rakitan sendiri ama rem cakram bawaan motor cina yang kualitasnya kadang kurang bagus, baik unitnya maupun instalasinya.

sharing aja; dulu pas awal beli, rem cakram belakang mocin gw jg bermasalah, keras dan nggak pakem. tp skrg, setelah beberapa kali modif akhirnya sudah bagus performanya.

dalam kasus motor gw, solusi terbaik gw dapet stlh ganti footstep+tuas rem+master rem dgn punya ninja sementara untuk kaliper, braket dan piringannya pake punya tiger revo (kebetulan pas ama ukuran pelek dan swing arm). alasan gw si, kalo bawaan asli motor jepang pasti lebih bagus kualitasnya daripada produk variasi, tp ya itu...lebih muahal....dan ngga ngaruh ke harga jual motor gw.. :frm_bang_head:
1924, remember...remember...!
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by wongcilik »

TUFF Stough wrote:Kalau aku lihat, ini lebih disebabkan karena posisi selang minyak rem cakram belakang yang horisontal. Berbeda dengan rem cakram depan yang selangnya vertikal.

Jadi pada saat turunan, posisi kaliper rem belakang lebih tinggi dari jalur distribusi minyak rem, sehingga minyak remnya tidak bisa mendorong piston secara kuat kalau tuas rem belakang diinjak. Akibatnya kampas rem gak menggigit rem secara kuat, dan rem belakang menjadi blong.

Kalau rem depan khan karena selangnya vertikal, walaupun posisi tanjakan atau turunan, kemiringannya gak sampai menyebabkan posisi kaliper lebih tinggi daripada jalur distribusi minyak remnya.

Makanya untuk medan2 berbukit yang naik-turun, tidak disarankan menggunakan rem cakram belakang. Lebih aman pakai drum brake belakang karena mekanismenya yang menggunakan kabel.

Sorry kalo salah. :frm_salut:
Waaaah..... :) :frm_salut: ... terima kasih mas bro TUFF Stough :beer: (banyu degan)

Mas bro, selain hukum "bejana berhubungan" (dan gravitasi), apa tidak ada "tekanan" yang bisa tetap (membantu) me-supply kaliper disc brake rem belakang? :e-think:

Nambah lagi ya mas bro..... :) , ini aku rencana-nya mau pasang double disc brake (depan), kira2 bahaya apa ng'gak ya....? :e-think:
Salam. :) :off_good_job: :big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by wongcilik »

blackpit wrote:gw setuju ama bro sjamsul, untuk motor pabrikan jepang semisal ninja, satria fu, ato tiger revo yang roda belakang-nya sudah aplikasi rem cakram semuanya ga ada masalah. biasanya masalah kayak gini itu pada rem cakram rakitan sendiri ama rem cakram bawaan motor cina yang kualitasnya kadang kurang bagus, baik unitnya maupun instalasinya.

sharing aja; dulu pas awal beli, rem cakram belakang mocin gw jg bermasalah, keras dan nggak pakem. tp skrg, setelah beberapa kali modif akhirnya sudah bagus performanya.

dalam kasus motor gw, solusi terbaik gw dapet stlh ganti footstep+tuas rem+master rem dgn punya ninja sementara untuk kaliper, braket dan piringannya pake punya tiger revo (kebetulan pas ama ukuran pelek dan swing arm). alasan gw si, kalo bawaan asli motor jepang pasti lebih bagus kualitasnya daripada produk variasi, tp ya itu...lebih muahal....dan ngga ngaruh ke harga jual motor gw.. :frm_bang_head:
Terima kasih mas bro :)
Modif-nya habis berapa ya...? (kalau bisa mas bro, dengan rincian item-nya :) ). Salam. :big_peace:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by roadtrain99 »

Mau mobil atau motor kecil atau gede, pasti lebih mantep rem cakram, klo ga, buat apa di moto gp pake cakram? Pendinginan rem cakram lebih cepat dan lebih bagus. Semakin cepat dingin, semakin pakem.

Soal motor di atas, pasti dia panic braking.

Sewkt ngerem, berat motor pindah bertumpu ke roda depan & bagian belakang motor menjadi lebih ringan dan cengkeraman pun ban otomatis berkurang. Roda terkunci tidak bisa dielakkan. Ekor pun akan "ngebuang", biasanya klo udah ngebuang, klo rider nya panik atau baru belajar pasti jatoh. Yah valentino rossii aja yg udah juara dunia masih kadang2 jatuh kok.

Biasanya & dianjurkan pemakaian rem 70%depan dan 30%belakang atau 60/40lah. Bs jg dibantu engine braking dgn menurunkan ke gigi yg lebih rendah, tp kudu hati2 biar ban belakang ga selip. Pembagian distribusi rem di mobil jg begitu, cuma beda nya sudah diset dari pabriknya, kalo motor kan rem depan ama belakang pisah controller.

Sebaiknya pk rem yg dr pabrik aja, krn itu udah disesuain dgn chassis & bobot motor itu. Klo mo nambah pakem, cukup pk brake pad yg bagus dan ga 'makan besi' disc. Kecuali klo rem bawaan pabriknya busuk banget, ok deh br modif.

Ga perlu extreme smp memperbesar dimensi cakram nya, toh bukan utk balapan. Yg penting oli, kanvas, disc, tuas/pedal rem dlm kondisi bagus terawat. Lagipula rem pakem hrs sesuai dgn kekuatan shock nya, percuma kalo rem nya kuat tapi shock depan ga mampu nahan beban yg terpindah dr belakang ke depan. Apalagi klo motor bebek dinaikkin 3 org..wuih..

Sepengalaman dgn motor besar (mo double disc depan atau single), aplikasi nya sama. Selalu dianjurkan rem depan dulu, baru rem belakang. Kalo jalanan berpasir/basah mau motor gede, kecil, mobil tentu saja kudu hati2. Kebetulan pernah ikut safety riding course, biasanya panic braking selalu diperagakan. Instruktur nya biasanya dr polisi bm/patwal dgn motor HD atau yamaha nya itu (non abs). Melihat mereka dengan kencang melaju dan rem abis2an, sampe ban belakang ngelock keluar asap, tp masih bisa lurus. Wah itu sulit bener klo tanpa latihan.

Internet jg udah murah, banyak kok tips2 dr segala forum atau majalah. misalnya http://www.motorcyclecruiser.com/street ... index.html dan banyak lagi.

Yah kuncinya hati2 ajalah, jalanan bukan punya sendiri. naik motor pk helm, pelindung mata, jgn sambil sms/telpon, jgn bengong.

sharing aja. :big_peace:
User avatar
blackpit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
Location: 024-mataram

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by blackpit »

@wong cilik

wah, gw lupa persisnya abis berapa bro...kalo yang terakhir berhasil sih kira2 1 jtan lebih, ni itemnya:
- 1 set rem belakang tiger revo kw2 (almunium braket+piringan+kaliper+master) = 350rb
- 1 set footstep depan ninja rr (kiri kanan) + master remnya = 800rban
- ongkos pasang + busing = 75rb
kebetulan item2 yg terakhir gw beli itu tinggal pasang semua, jd lebih cepet dan akurat hasilnya.
yang menjadi catatan gw selama proses modif tsb:
- pilih master rem yg bagus kualitasnya (gampangnya cr bawaan pabrik mopang)
- pilih piringan yg masih baru, kemungkinan ga senternya kecil
- ukuran busing yg menghubungkan velg dgn braket dan braket dgn arm sisi kanan (kalo ada) harus pas/persisi panjangnya. jd ketika as roda dikencengin stlh nyetel ketgangan rantai dan kelurusan roda cakram bisa berjalan lancar
- pilih montir yang sudah berpengalaman (biasanya di bengkel modif)

ni hasilnya bro:

Image
1924, remember...remember...!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by anak_singkong »

selama ini yg sy rasakan dimotor2 yg emang udah memakai disc brake belakang bawaan pabrik spt Satria F atw Shogun SP..

sepertinya..
disc brake blkg ini emang udah disesuaikan dgn kekuatan injakan kaki jadinya ga terlalu mengunci waktu di injak mendadak..kecuali waktu pedal di injak sekuat tenaga..ya roda bakalan mengunci.

kurang lbh sdkt sama dgn rem tromol cuma sdkt lbh pakem.
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by wongcilik »

blackpit wrote:@wongcilik
wah, gw lupa persisnya abis berapa bro...kalo yang terakhir berhasil sih kira2 1 jtan lebih, ni itemnya:
- 1 set rem belakang tiger revo kw2 (almunium braket+piringan+kaliper+master) = 350rb
- 1 set footstep depan ninja rr (kiri kanan) + master remnya = 800rban
- ongkos pasang + busing = 75rb
kebetulan item2 yg terakhir gw beli itu tinggal pasang semua, jd lebih cepet dan akurat hasilnya.
yang menjadi catatan gw selama proses modif tsb:
- pilih master rem yg bagus kualitasnya (gampangnya cr bawaan pabrik mopang)
- pilih piringan yg masih baru, kemungkinan ga senternya kecil
- ukuran busing yg menghubungkan velg dgn braket dan braket dgn arm sisi kanan (kalo ada) harus pas/persisi panjangnya. jd ketika as roda dikencengin stlh nyetel ketgangan rantai dan kelurusan roda cakram bisa berjalan lancar
- pilih montir yang sudah berpengalaman (biasanya di bengkel modif)
ni hasilnya bro: Image
Terima kasih mas bro :) :frm_tumbright: Salam. :big_peace:
IwaSenna
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 25, 2008 15:37

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by IwaSenna »

Kalo gue pribadi, lebih seneng pake cakram utk roda belakang. Kenapa? Karena gue ngerasain perbedaan yang jauh dalam hal ke-pakem-an antara tromol & cakram.
Motor yang gue pake skrg itu S90 '67 yg udah gue modif, termasuk cakram belakang. Emang sih, saking pakemnya sampe2 gue sering sliding di jalanan. Tapi itu emang tujuan gue, hehehe..... Gue seneng aja bisa ber-sliding ria di jalanan, walaupun ban cepet abis.
Menurut gue, pemakaian cakram belakang tergantung dari besaran HP dan juga bobot motor. Semakin berat dan cepat motor, kayaknya cakram belakang itu jadi wajib. Biar motor lebih mantep berhentinya.
Trus soal piston, gue lebih seneng pake kaliper 2 piston yang berhadapan, bukan samping2an seperti pada kaliper rem cakram depan pada umumnya. Kenapa? Karena masing2 piston berbarengan menggerakkan tiap kampas utk menjepit cakram. Mungkin udah pada tau, kalau pada kaliper 2 piston berdampingan, salah satu kampas rem hanya diam. Untuk alasan itulah, gue pasang kaliper kitaco 2 piston yg saling berhadapan utk rem cakram belakang motor gue.
Kalo rem cakram lebih seret dibanding tromol, menurut beberapa orang, itu emang bawaan lahirnya. Tapi menurut gue, bisa diakibatkan oleh posisi piringan cakram yang ga center banget sama kampasnya. Jadi untuk beberapa bagian piringan ada yang bergesekan sama kampas, walau dalam keadaan bebas. Itu pernah gue alamin sama motor gue.
Mungkin segitu aja bagi2 pengalaman dari gue. Sori bgt kalo gue salah, & silahkan dikoreksi. Btw, kalo boleh beriklan sedikit, Honda S90 gue itu mo gue jual. Hehehe... Makasih. Ciaoo
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Enakan mana rem blakang pake CAKRAM ato TROMOL ?

Post by y_anjasrana »

Naa... buat yg nanya kenapa pake rem belakang cakram musti bisa sliding, itu artinya si rider harus bisa jaga keseimbangan saat sliding. Ga sampe jatoh gitu lhoo
Accurate V5 Accounting System Consultant