Orang kasar kayak gitu biasanya tong kosong nyaring bunyinya.. bales aja dengan data, and stay cool.. nanti either doi menghilang atau makin ga jelas sendiripatrickstar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 8:07 Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
"Kedewasaanmu terlihat dari bagaimana caramu bersikap"patrickstar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 8:07 Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
#quoteoftheday
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2851
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
hehe mas nya emg org apa sih? penasaran aingMemberbaruapril19 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 10:12Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:20kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah?
cadillac escalade, chevy suburban, chevy tahoe, ford expedition, GMC Yukon, Jeep Wrangler laku loh di negara maju (USA), itu masih body on frame aka ladder frame chassis
jualan ente juga masih ada yg ladder frame, hyundai H1 bor, ga ada nyaman2nya di bandingin mercy viano tua ane.
sblm ngmng do more research bor
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Dsember lalu jalan2 3 mbl sama 2 kakak ane ke dantob. Ane bw old terios, kk tertua old ertiga, yg 1 lg xenia1300cc, semuanya manual.
Singkat crita rombongan pecah, akhirnya kk tertua ane kesasar pas cr hotel. Kkpun nurut ama warga setempat pas kesasar nyari hotel , ditunjukin jalan potong yg nanjak panjaaang, motong bukit keknya bs nyampe 30 derajat kemiringannya, aspal msh basah bercampur sdkt tanah.Penumpang 5, barang jg penuh bagasi. Mbl kk sukses lewat dgn tanpa slip. dia cerita panteng gear 1 trus pelan2.
Jadi, sy yakin bgt fwd bs nanjak asal ban tepat, momennya jg pas. Ertiga lama itu sangat capable klo nanjak meski dia fwd. Oiya, ban waktu itu ar20.
Kalo monokok dan ladder kan soal kapabilitas mengangkut aja. Selama g bawa 1ton mah aman lah monokok
Singkat crita rombongan pecah, akhirnya kk tertua ane kesasar pas cr hotel. Kkpun nurut ama warga setempat pas kesasar nyari hotel , ditunjukin jalan potong yg nanjak panjaaang, motong bukit keknya bs nyampe 30 derajat kemiringannya, aspal msh basah bercampur sdkt tanah.Penumpang 5, barang jg penuh bagasi. Mbl kk sukses lewat dgn tanpa slip. dia cerita panteng gear 1 trus pelan2.
Jadi, sy yakin bgt fwd bs nanjak asal ban tepat, momennya jg pas. Ertiga lama itu sangat capable klo nanjak meski dia fwd. Oiya, ban waktu itu ar20.
Kalo monokok dan ladder kan soal kapabilitas mengangkut aja. Selama g bawa 1ton mah aman lah monokok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Eer kalo ini saya setuju banget
Apalagi kalau lawan ngedim, duh silaunya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Dah gpp buat lucu2an...mr_mytplx wrote:setuju om. alangkah baiknya moderator bertindak.Or4cle wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 3:15Hati - hati dengan pemilihan kata ... Indonesia bukan Indon.Memberbaruapril19 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 10:12 Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
Dan tidak ada orang g*blok yang bisa earning dan spent 400 - 500 juta untuk membeli mobil.
Apabila ada "mobil ternyaman Asia" tetapi volume penjualannya kurang bagus mestinya jadi pertanyaan tohh ?
Pikniknya mungkin kurang jauh...
[emoji16][emoji16][emoji16]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Setuju RWD punya keuntungan di tanjakan, lalu Chassis ga relevan dan ga ada hubungannya dengan tanjakan atau turunan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
diantara FWD dan RWD, sudah pasti FRD pemenangnya.
heil FRD..!!!
heil FRD..!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4347
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..
Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.
Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.
Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.
Keduanya masih pake ban std..
Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4347
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Buat semua oom oom yg mau diskusi, ini saung kita saling tukar pikiran sehat.
jangan emosi dan tetap cool.
mbela merk silahkan saja tapi tetap open minded, dan jangan flaming.
btw, ini SM bukan forum sebelah..mohon disesuaikan unggah ungguhnya sesuai lokasi.
Terima kasih pengertiannya.
Salam dari momods.
jangan emosi dan tetap cool.
mbela merk silahkan saja tapi tetap open minded, dan jangan flaming.
btw, ini SM bukan forum sebelah..mohon disesuaikan unggah ungguhnya sesuai lokasi.
Terima kasih pengertiannya.
Salam dari momods.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Yuk om kita adu, sy fur om jalan duluan deh.Memberbaruapril19 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 10:08Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 9:31untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....quyquy wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:
1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..
Diluar itu mah fiffty2..
Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..
Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh
nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Klo menurut saya lebih ke penggerak rodanya dan pengalaman drivernya. Untuk yg baru belajar, bawa RWD Ditanjakan relatif lebih mudah dibandingkan bawa FWD, tp klo drivernya sudah terbiasa/berpengalaman, seharusnya tidak akan bermasalah ketika bawa FWD. Trik nya klo bawa FWD, harus pandai mainkan gas/RPM.. gas jgn main bejek sampe mentok tapi lebih kaya diayun/dimainkan supaya tetap di torsi optimal. Ini berlaku buat FWD bensin N/A yg rata2 torsinya di 3000an rpm
Last edited by P47hos on Tue Apr 30, 2019 15:55, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd?
Last edited by jivos on Tue Apr 30, 2019 16:00, edited 1 time in total.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Bayangkan kita sdg bawa gerobak menaiki ramp keramik basah.
Mending kita mendorong gerobak, atau kita menarik gerobak?
Tergantung alas kakinya, kl masih nge"grip" ya kuat2 saja
Atau kita mnta bantuan teman utk dorong/tarik (All wheel drive). Tentunya, alas kakinya jga harus nge"grip"
Mending kita mendorong gerobak, atau kita menarik gerobak?
Tergantung alas kakinya, kl masih nge"grip" ya kuat2 saja
Atau kita mnta bantuan teman utk dorong/tarik (All wheel drive). Tentunya, alas kakinya jga harus nge"grip"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.
Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframeSenargitar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 16:57Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.
Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
tul betul um...Tampanman wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 17:29Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframeSenargitar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 16:57Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.
Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Nah, ini kayak pembahasan kemarin..Senargitar wrote:Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.
Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Kayaknya TS terbawa oleh typical di pasar Indonesia. Ada 2 typical pasar Indonesia, ladder frame RWD dan monocoque FWD. Ada beberapa di luar itu, monocoque RWD seperti mark X, Benz, BMW, dll, tapi tidak terlalu populer di Indonesia. Karena itu, umumnya orang awam (di luar maniak otomotif) akan berpikir kalo Ladder frame ya RWD, sedangkan monocoque FWD. Bahkan saya yakin banyak orang awam yang tidak tahu kalo Mark X itu RWD...
Padahal sebenarnya kalo memang cuma masalah nanjak, tidak ada hubungan antara chassis dan kemampuan nanjak..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Sudah ada trit yang bahas beginian.
Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.
Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.
Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1361
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Ledderprem awd gtr yg terbaik.... [emoji55] [emoji55] [emoji55] [emoji55] [emoji55]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
- Location: Denpasar/Serpong
- Daily Vehicle: E46 323i
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Masalahnya yang pro dan kontra sama sama uda terlanjur beli mobilnya.. biasanya yang uda rasain enaknya pake RWD bakalan dukung RWD, sedangkan yang uda terlanjur beli FWD bakalan bilang gak ada bedanya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Nah, ya bener ini om. Sebagian pasti yang sudah punya mobil atau punya ketertarikan lebih ke beberapa merk tertentu, bahasa gampangnya: fenboi. Haha.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Ya ada betul'nya, mungkin ini yg diharap Om TSjivos wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 18:15tul betul um...Tampanman wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 17:29Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframeSenargitar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 16:57
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.
Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
Tiap2 Mobil ada kelebihan dan kekurangan masing2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Siap om. Dah kepikiran mo cor carportnya saja semua atau ganti keramiknya dgn yg lebih kasar teksturnya.ginting wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 15:22fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..
Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.
Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.
Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.
Keduanya masih pake ban std..
Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..
Tapi untk skrg ini, masih bisa diakalin dgn ancang2 mundur, atau nunggu keramiknya kering. Hehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1311
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Lha ini dia. soal kemampuan menanjak monokok atau ladder ga bisa di jadikan patokan.Tampanman wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 17:29Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframeSenargitar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 16:57Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.
Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Tp buat ane pribadi kl tanjakannya jalannya rusak ane pilih naik ladder frame. Lebih peace of mind bawanya.
Dl ane ke umbul sidomukti berkali2 naik innova, kaki2 baik2 saja. Tp sekali ane bawa yaris ke sana pulangnya langsung klutuk2 kaki2 depannya.
Apa yaris bisa nanjak? yes bisa.
Apa yaris kuat nanjak? yes kuat.
ya tp itu ada bonus klutuk2 pulangnya.
Lain halnya di tanjakan cipularang, atau tanjakan sebelum tol banyumanik. Pakai monokok jelas lebih enak meliuk2 menyalip truk dan bus yg kehabisan nafas tapi ga mau minggir.
Btw TS nya mana ini ko ga nongol2 lagi.