Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2306
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by PRBS »

patrickstar wrote: Tue Apr 30, 2019 8:07 Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
Orang kasar kayak gitu biasanya tong kosong nyaring bunyinya.. bales aja dengan data, and stay cool.. nanti either doi menghilang atau makin ga jelas sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by evanbngdor »

patrickstar wrote: Tue Apr 30, 2019 8:07 Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
"Kedewasaanmu terlihat dari bagaimana caramu bersikap"

#quoteoftheday

:mky_04: :mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by farizfsa »

Memberbaruapril19 wrote: Mon Apr 29, 2019 10:12
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20
martinnn wrote: Mon Apr 29, 2019 3:28 RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
hehe mas nya emg org apa sih? penasaran aing

cadillac escalade, chevy suburban, chevy tahoe, ford expedition, GMC Yukon, Jeep Wrangler laku loh di negara maju (USA), itu masih body on frame aka ladder frame chassis

jualan ente juga masih ada yg ladder frame, hyundai H1 bor, ga ada nyaman2nya di bandingin mercy viano tua ane.

sblm ngmng do more research bor :ngacir: :ngacir:
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by adrianomyman »

Dsember lalu jalan2 3 mbl sama 2 kakak ane ke dantob. Ane bw old terios, kk tertua old ertiga, yg 1 lg xenia1300cc, semuanya manual.
Singkat crita rombongan pecah, akhirnya kk tertua ane kesasar pas cr hotel. Kkpun nurut ama warga setempat pas kesasar nyari hotel , ditunjukin jalan potong yg nanjak panjaaang, motong bukit keknya bs nyampe 30 derajat kemiringannya, aspal msh basah bercampur sdkt tanah.Penumpang 5, barang jg penuh bagasi. Mbl kk sukses lewat dgn tanpa slip. dia cerita panteng gear 1 trus pelan2.
Jadi, sy yakin bgt fwd bs nanjak asal ban tepat, momennya jg pas. Ertiga lama itu sangat capable klo nanjak meski dia fwd. Oiya, ban waktu itu ar20.
Kalo monokok dan ladder kan soal kapabilitas mengangkut aja. Selama g bawa 1ton mah aman lah monokok 😁
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by michaelgiri93 »

martinnn wrote: Tue Apr 30, 2019 1:53
kalau bawa sedan sya terganggu dengan mobil2 lain yang sorot lampunya seakan akan langsung kena ke bangku supir.... :mky_01:
Eer kalo ini saya setuju banget
Apalagi kalau lawan ngedim, duh silaunya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by paidjho »


mr_mytplx wrote:
Or4cle wrote: Tue Apr 30, 2019 3:15
Memberbaruapril19 wrote: Mon Apr 29, 2019 10:12 Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
Hati - hati dengan pemilihan kata ... Indonesia bukan Indon.
Dan tidak ada orang g*blok yang bisa earning dan spent 400 - 500 juta untuk membeli mobil.
Apabila ada "mobil ternyaman Asia" tetapi volume penjualannya kurang bagus mestinya jadi pertanyaan tohh ?
setuju om. alangkah baiknya moderator bertindak.
Dah gpp buat lucu2an...

Pikniknya mungkin kurang jauh...

[emoji16][emoji16][emoji16]
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by bapakne_satya »

Setuju RWD punya keuntungan di tanjakan, lalu Chassis ga relevan dan ga ada hubungannya dengan tanjakan atau turunan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by marmut »

diantara FWD dan RWD, sudah pasti FRD pemenangnya.

heil FRD..!!!

:big_smoking:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4347
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ginting »

ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..

Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.

Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.

Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.

Keduanya masih pake ban std..

Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.

Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4347
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ginting »

Buat semua oom oom yg mau diskusi, ini saung kita saling tukar pikiran sehat.
jangan emosi dan tetap cool.
mbela merk silahkan saja tapi tetap open minded, dan jangan flaming.

btw, ini SM bukan forum sebelah..mohon disesuaikan unggah ungguhnya sesuai lokasi.

Terima kasih pengertiannya.

Salam dari momods.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by b8099ok »

Memberbaruapril19 wrote: Mon Apr 29, 2019 10:08
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 9:31
quyquy wrote: Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:

1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..

Diluar itu mah fiffty2..

Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..

Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh :mky_01:

nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.

Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Yuk om kita adu, sy fur om jalan duluan deh.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by P47hos »

Klo menurut saya lebih ke penggerak rodanya dan pengalaman drivernya. Untuk yg baru belajar, bawa RWD Ditanjakan relatif lebih mudah dibandingkan bawa FWD, tp klo drivernya sudah terbiasa/berpengalaman, seharusnya tidak akan bermasalah ketika bawa FWD. Trik nya klo bawa FWD, harus pandai mainkan gas/RPM.. gas jgn main bejek sampe mentok tapi lebih kaya diayun/dimainkan supaya tetap di torsi optimal. Ini berlaku buat FWD bensin N/A yg rata2 torsinya di 3000an rpm
Last edited by P47hos on Tue Apr 30, 2019 15:55, edited 1 time in total.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos »

jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Last edited by jivos on Tue Apr 30, 2019 16:00, edited 1 time in total.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by arinugroho14 »

Bayangkan kita sdg bawa gerobak menaiki ramp keramik basah.

Mending kita mendorong gerobak, atau kita menarik gerobak?
Tergantung alas kakinya, kl masih nge"grip" ya kuat2 saja

Atau kita mnta bantuan teman utk dorong/tarik (All wheel drive). Tentunya, alas kakinya jga harus nge"grip"
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Senargitar »

jivos wrote: Tue Apr 30, 2019 15:54 jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Tampanman »

Senargitar wrote: Tue Apr 30, 2019 16:57
jivos wrote: Tue Apr 30, 2019 15:54 jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos »

Tampanman wrote: Tue Apr 30, 2019 17:29
Senargitar wrote: Tue Apr 30, 2019 16:57
jivos wrote: Tue Apr 30, 2019 15:54 jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
tul betul um...
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by liemivan86 »

Senargitar wrote:
jivos wrote: Tue Apr 30, 2019 15:54 jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Nah, ini kayak pembahasan kemarin..

Kayaknya TS terbawa oleh typical di pasar Indonesia. Ada 2 typical pasar Indonesia, ladder frame RWD dan monocoque FWD. Ada beberapa di luar itu, monocoque RWD seperti mark X, Benz, BMW, dll, tapi tidak terlalu populer di Indonesia. Karena itu, umumnya orang awam (di luar maniak otomotif) akan berpikir kalo Ladder frame ya RWD, sedangkan monocoque FWD. Bahkan saya yakin banyak orang awam yang tidak tahu kalo Mark X itu RWD...

Padahal sebenarnya kalo memang cuma masalah nanjak, tidak ada hubungan antara chassis dan kemampuan nanjak..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sintoni »

Sudah ada trit yang bahas beginian.

Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.

Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1361
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by arfs »

Ledderprem awd gtr yg terbaik.... [emoji55] [emoji55] [emoji55] [emoji55] [emoji55]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Balalaika »

sintoni wrote: Wed May 01, 2019 0:49 Sudah ada trit yang bahas beginian.

Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.

Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
Masalahnya yang pro dan kontra sama sama uda terlanjur beli mobilnya.. biasanya yang uda rasain enaknya pake RWD bakalan dukung RWD, sedangkan yang uda terlanjur beli FWD bakalan bilang gak ada bedanya.. :mky_07: :mky_07: :mky_07:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sintoni »

Balalaika wrote: Wed May 01, 2019 1:54
sintoni wrote: Wed May 01, 2019 0:49 Sudah ada trit yang bahas beginian.

Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.

Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
Masalahnya yang pro dan kontra sama sama uda terlanjur beli mobilnya.. biasanya yang uda rasain enaknya pake RWD bakalan dukung RWD, sedangkan yang uda terlanjur beli FWD bakalan bilang gak ada bedanya.. :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Nah, ya bener ini om. Sebagian pasti yang sudah punya mobil atau punya ketertarikan lebih ke beberapa merk tertentu, bahasa gampangnya: fenboi. Haha.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz »

jivos wrote: Tue Apr 30, 2019 18:15
Tampanman wrote: Tue Apr 30, 2019 17:29
Senargitar wrote: Tue Apr 30, 2019 16:57

Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
tul betul um...
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
Ya ada betul'nya, mungkin ini yg diharap Om TS :big_biglaugh:

Tiap2 Mobil ada kelebihan dan kekurangan masing2 :big_peace:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ZEXELGRIFONE »

ginting wrote: Tue Apr 30, 2019 15:22
ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..

Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.

Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.

Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.

Keduanya masih pake ban std..

Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.

Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..
Siap om. Dah kepikiran mo cor carportnya saja semua atau ganti keramiknya dgn yg lebih kasar teksturnya.

Tapi untk skrg ini, masih bisa diakalin dgn ancang2 mundur, atau nunggu keramiknya kering. Hehe..
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mr_mytplx »

Tampanman wrote: Tue Apr 30, 2019 17:29
Senargitar wrote: Tue Apr 30, 2019 16:57
jivos wrote: Tue Apr 30, 2019 15:54 jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
Lha ini dia. soal kemampuan menanjak monokok atau ladder ga bisa di jadikan patokan.

Tp buat ane pribadi kl tanjakannya jalannya rusak ane pilih naik ladder frame. Lebih peace of mind bawanya.

Dl ane ke umbul sidomukti berkali2 naik innova, kaki2 baik2 saja. Tp sekali ane bawa yaris ke sana pulangnya langsung klutuk2 kaki2 depannya.

Apa yaris bisa nanjak? yes bisa.

Apa yaris kuat nanjak? yes kuat.

ya tp itu ada bonus klutuk2 pulangnya.

Lain halnya di tanjakan cipularang, atau tanjakan sebelum tol banyumanik. Pakai monokok jelas lebih enak meliuk2 menyalip truk dan bus yg kehabisan nafas tapi ga mau minggir.

Btw TS nya mana ini ko ga nongol2 lagi.

:mky_03: