(NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 458
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by gadjahalphien »

Omnibus wrote: Sun Dec 08, 2019 13:58 :big_exellent:

contoh terakhir datgo (3 cyl) yg dibantai habis sama agya ayla (4 cyl). terlepas dr faktor kekuatan merk bla bla bla tetap saja ga ada yg mau tuh naik taxol datgo krn goyangannya terasa sampai ke pinggul.... balancer shaft my a**
Om, koreksi.

Agya/ayla 1.0 masih 3 inline cylinder.

Setelah ada FL 1.2 4 inline cylinder, emang 1.0 lebih turun penjualannya. Tapi masih diproduksi dan masih ada yg beli.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by sintoni »

Males sih, paling untuk ine up Njes atau Siti.

Perawatan jadi lebih mahal secara harus pake bensin bagus. Hahaha.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 458
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by gadjahalphien »

sintoni wrote: Mon Dec 09, 2019 0:23 Males sih, paling untuk ine up Njes atau Siti.

Perawatan jadi lebih mahal secara harus pake bensin bagus. Hahaha.
Habis ini, toyota bakal keluarin 1.0t juga kok om.
Itu produk kembar ke kemarin launch di tokyo motor show.
Setidaknya 2022.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by sintoni »

gadjahalphien wrote: Mon Dec 09, 2019 1:48
sintoni wrote: Mon Dec 09, 2019 0:23 Males sih, paling untuk ine up Njes atau Siti.

Perawatan jadi lebih mahal secara harus pake bensin bagus. Hahaha.
Habis ini, toyota bakal keluarin 1.0t juga kok om.
Itu produk kembar ke kemarin launch di tokyo motor show.
Setidaknya 2022.
Ane sendiri pecinta enjin kuno om, seperti 1NZ atau 2KD atau L15 sama K20/24 di line up Honda.

Lebih tahan bensin busuk sama montir2 biasa lebih ngerti, soalnya dipake di Kalimantan. Hehe.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by marama »

Paling pas trial dijualnya di city , volume small sedan g trll besar,hrg mahal ya gpp, kl ada aneh2 di mesin ke blowup nya g serame dicangkokin di HRV, tp kl tryt 1-2th aman dan peminatnya bgs kan bs dilanjut di jazz/next HRV/ mgkn di mobilio wkwkw

seumur2 jarang banget lihat vios muka joker, city sepantaran vios joker lumayan lihat, sepi banget pasar small sedan.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Omnibus »

gadjahalphien wrote: Mon Dec 09, 2019 0:11 Om, koreksi.

Agya/ayla 1.0 masih 3 inline cylinder.

Setelah ada FL 1.2 4 inline cylinder, emang 1.0 lebih turun penjualannya. Tapi masih diproduksi dan masih ada yg beli.
oh ok .... ya ini contoh lg lah model fl di upgrade dr 3 cyl ke 4 cyl. dan terbukti penjualan 3 cyl menurun meski harganya lbh murah. selera pasar memang 4 cyl.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by ChZ »

udahh gak perlu... nanti drama oil life keulang lagi... malah nt pada treak treaknya makin kenceng.

jualan disini buat level kelas under 300 juta modal tampang bagus saja sudah laku, gak perlu pasang mesin teknologi terkini... tuh liat contohnya xpander...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Koddy »

Oil life itu kan emang kualitas olinya yang dibaca sensor jadi jelek kan?
Mungkin perlu coba pake oli mesin yang bagusan, seperti Mobil 1 0w20, siapa tahu memang jadi ga gampang hancur oil life nya, karena kualitas HGO yang ..... Yah gitu dah.

Daripada masukin 3 cylinder turbonya Honda, masukin Hybrid car nya donk
Juga sekaligus CR-V dieselnya

Lebih ajib
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by ChZ »

Koddy wrote: Mon Dec 09, 2019 7:51 Oil life itu kan emang kualitas olinya yang dibaca sensor jadi jelek kan?
Mungkin perlu coba pake oli mesin yang bagusan, seperti Mobil 1 0w20, siapa tahu memang jadi ga gampang hancur oil life nya, karena kualitas HGO yang ..... Yah gitu dah.

Daripada masukin 3 cylinder turbonya Honda, masukin Hybrid car nya donk
Juga sekaligus CR-V dieselnya

Lebih ajib
oil life ahond ga baca dr kualitas oli...

engine load, engine hour. kalo macet macet terus ya wasallam tu ganti tiap 2000 kata indikatornya.

ane kmrn masukin Q8 di civic sama aja dapet di 5000an kyk pake gold biasa....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Syauqi »

Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 7:28
gadjahalphien wrote: Mon Dec 09, 2019 0:11 Om, koreksi.

Agya/ayla 1.0 masih 3 inline cylinder.

Setelah ada FL 1.2 4 inline cylinder, emang 1.0 lebih turun penjualannya. Tapi masih diproduksi dan masih ada yg beli.
oh ok .... ya ini contoh lg lah model fl di upgrade dr 3 cyl ke 4 cyl. dan terbukti penjualan 3 cyl menurun meski harganya lbh murah. selera pasar memang 4 cyl.
Agya 3 silinder emang jarang banget dijalan om, karena secara harganya cuma selisih 3,1jt dari agya 1200 G ya siapa yang mau gitu hahaha..
Kalo ayla 1000cc dijalan masih banyak sih, selisih tipe 1000cc X MT & 1200cc R MT masih 15,85jt.
Tapi mesin 1000cc nya agya facelift udah vvti, kalo yang ayla masih belom
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Omnibus »

Syauqi wrote: Mon Dec 09, 2019 9:38
Agya 3 silinder emang jarang banget dijalan om, karena secara harganya cuma selisih 3,1jt dari agya 1200 G ya siapa yang mau gitu hahaha..
Kalo ayla 1000cc dijalan masih banyak sih, selisih tipe 1000cc X MT & 1200cc R MT masih 15,85jt.
Tapi mesin 1000cc nya agya facelift udah vvti, kalo yang ayla masih belom
Sebetulnya ga sebanding dgn kekurangannya kl lebih murahnya cuma segitu bedanya. sy rasa cost savings itu adanya di pihak produsen porsi besarnya. Jd keenakan produsen kl konsumen beli mesin 3 cyl. Apalagi kl beli mobil 700an juta macem x1 dapetnya cuma 3 cyl.

versi 3 cyl tuh posisinya cuma dijadikan batu loncatan utk justifikasi kenaikan harga trim level di atasnya.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by osbertc0ol »

Yakin saya 3cyl GA LAKU udah ada buktinya, liat aja BMW i8


:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by DOHC »

Justru mustinya 1000 cc imut2 gt buat yg kelas mobil murah lcgc..

Makin naek kelas makin gede mesin nya, bukan nya kebalik, masa pay more get less..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by kompresorz »

arief225 wrote: Sun Dec 08, 2019 5:56 Asik nih. Bisa beli mobil agak murah mesin turbo.
Cocok untuk di cem-macemin.
Tenaganya klo 122 ps ya sedikit di bawah honda 1.5 turbo lah. Di crv dapet 126hp atau sekitar 130ps / 1000cc. Dan masih bisa di push.
1000 cc ini minim di push 150hp max harusnya kuat. 150hp untuk kelas jazz, asik sih kayaknya.
:big_exellent:

cobainnn om....sikatttt blehhhh...

kencang n irit kynya...


sesuai mesinnya 1000 cc 3 silinder...

yang penting merknya oondaa...

vtak kik in u.....
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Mon Dec 09, 2019 12:33 Justru mustinya 1000 cc imut2 gt buat yg kelas mobil murah lcgc..

Makin naek kelas makin gede mesin nya, bukan nya kebalik, masa pay more get less..
:big_biglaugh: ....

dulu alasannya mesin gede pajak mahal....


eh skrg mesin di press harganya tambah mahall....kalo turun 100 cc tenaga lebih gede sih wajar ky GD....

alasan skrg..fitur tambah...

all new citi RS 1.0 T...price 350 jt....tilu silinder...

yg beli yah sama dgn pembeli b em we ...kagak paham yg penting b em we...org bengkel aja liatnya sperti najonk

fanboi oonda..miriplah



:wkkk:
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by dizco »

DOHC wrote: Mon Dec 09, 2019 12:33 Justru mustinya 1000 cc imut2 gt buat yg kelas mobil murah lcgc..

Makin naek kelas makin gede mesin nya, bukan nya kebalik, masa pay more get less..
JK bensin awalnya 3.8l penta star.....JL sekarang 2.0l turbo.....
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Omnibus »

mobil 200 jt ke atas mah jangan deh dikasih 3 cyl mau NA atau T. kebangetan.

1.5 T 4-cyl udah bottom lah
1.8 T 4-cyl sweet spot ini deh; dulu dipake audi a4, vw golf gti, benz cgi
2.0 T 4-cyl ini cherry on top nya deh

hrv aja di Poland dpt versi 1.5 T asik bgt kayanya nih https://m.youtube.com/watch?v=tLcTC9f5WhQ&t=383s

crv upgrade ke 2.0 T ok bgt

1.0 T 3-cyl paling ke brio satya atau bawahnya lg kl ada
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Tampanman »

kompresorz wrote: Mon Dec 09, 2019 12:45
DOHC wrote: Mon Dec 09, 2019 12:33 Justru mustinya 1000 cc imut2 gt buat yg kelas mobil murah lcgc..

Makin naek kelas makin gede mesin nya, bukan nya kebalik, masa pay more get less..
:big_biglaugh: ....

dulu alasannya mesin gede pajak mahal....


eh skrg mesin di press harganya tambah mahall....kalo turun 100 cc tenaga lebih gede sih wajar ky GD....

alasan skrg..fitur tambah...

all new citi RS 1.0 T...price 350 jt....tilu silinder...

yg beli yah sama dgn pembeli b em we ...kagak paham yg penting b em we...org bengkel aja liatnya sperti najonk

fanboi oonda..miriplah



:wkkk:
Yang makin untung ya pabrikannya, dapet cuan dari mobil mesin yang pajaknya 1000cc, dengan harga lebih mahal dari 1500 cc, nambahin cuan pertamina juga lebih banyak yang beli bensin oktan tinggi..
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Astargea »

Syauqi wrote: Mon Dec 09, 2019 9:38
Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 7:28
gadjahalphien wrote: Mon Dec 09, 2019 0:11 Om, koreksi.

Agya/ayla 1.0 masih 3 inline cylinder.

Setelah ada FL 1.2 4 inline cylinder, emang 1.0 lebih turun penjualannya. Tapi masih diproduksi dan masih ada yg beli.
oh ok .... ya ini contoh lg lah model fl di upgrade dr 3 cyl ke 4 cyl. dan terbukti penjualan 3 cyl menurun meski harganya lbh murah. selera pasar memang 4 cyl.
Agya 3 silinder emang jarang banget dijalan om, karena secara harganya cuma selisih 3,1jt dari agya 1200 G ya siapa yang mau gitu hahaha..
Kalo ayla 1000cc dijalan masih banyak sih, selisih tipe 1000cc X MT & 1200cc R MT masih 15,85jt.
Tapi mesin 1000cc nya agya facelift udah vvti, kalo yang ayla masih belom
Lah kan dulu agya/ayla bertahun-tahun adanya cuma yang 3 silinder om, ada kali lebih dari 350 ribu agya/ayla 3 silinder berseliweran di jalanan, kalo dikata jarang di jalan sih salah besar
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by maastricht889 »

Astargea wrote: Mon Dec 09, 2019 15:50
Syauqi wrote: Mon Dec 09, 2019 9:38
Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 7:28

oh ok .... ya ini contoh lg lah model fl di upgrade dr 3 cyl ke 4 cyl. dan terbukti penjualan 3 cyl menurun meski harganya lbh murah. selera pasar memang 4 cyl.
Agya 3 silinder emang jarang banget dijalan om, karena secara harganya cuma selisih 3,1jt dari agya 1200 G ya siapa yang mau gitu hahaha..
Kalo ayla 1000cc dijalan masih banyak sih, selisih tipe 1000cc X MT & 1200cc R MT masih 15,85jt.
Tapi mesin 1000cc nya agya facelift udah vvti, kalo yang ayla masih belom
Lah kan dulu agya/ayla bertahun-tahun adanya cuma yang 3 silinder om, ada kali lebih dari 350 ribu agya/ayla 3 silinder berseliweran di jalanan, kalo dikata jarang di jalan sih salah besar
Anu om, maksudnya itu agya model FL yang headlamp dah projector, tapi 1000cc sekarang jarang di jalan. Bener sih yg pre fl 1000cc banyak banget di jalan. Agya FL aja mau varian apapun lbh jarang sih om, kena efek dr penjualan calya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by Omnibus »

Image


Image


Image


Image


Image
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1417
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by iwing »

gak enak nih yang ada dipikiran klo mobil pake 3 silinder. kayak pincang gitu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 14:14 mobil 200 jt ke atas mah jangan deh dikasih 3 cyl mau NA atau T. kebangetan.

1.5 T 4-cyl udah bottom lah
1.8 T 4-cyl sweet spot ini deh; dulu dipake audi a4, vw golf gti, benz cgi
2.0 T 4-cyl ini cherry on top nya deh

hrv aja di Poland dpt versi 1.5 T asik bgt kayanya nih https://m.youtube.com/watch?v=tLcTC9f5WhQ&t=383s

crv upgrade ke 2.0 T ok bgt

1.0 T 3-cyl paling ke brio satya atau bawahnya lg kl ada
ane setuju banget... sebagai pengguna CRV 1.5 T.

Kalo udah jalan lempeng di tol 120-130 emang enak bangetttt tenaganya buat nyalip juga kenceng... cuma begitu musti ngerem dan build momentum lagi.... wasallam deh :mky_06: harus gas dalem ampe 3.000 RPM dan kecepatan mesti diatas 60 km/jam baru enak...

gak heran kalo di dalem kota tetep gak bisa irit banget... bahkan sama civic nya saja jauh... civic bisa 1:11-12, CRV 1:8-9... tuning CVT nya civic dan CRV juga beda... civic slip nya lebih minim, CRV lebih banyak buat crawling.

ane mikirnye kalo CRV dapet 2.0T output 220hp aja kayaknya bakal iritnya tetep tapi power lebih dapet... + di tuning bisa dapet 270 kan sadis :big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by b8099ok »

ChZ wrote: Mon Dec 09, 2019 7:57
Koddy wrote: Mon Dec 09, 2019 7:51 Oil life itu kan emang kualitas olinya yang dibaca sensor jadi jelek kan?
Mungkin perlu coba pake oli mesin yang bagusan, seperti Mobil 1 0w20, siapa tahu memang jadi ga gampang hancur oil life nya, karena kualitas HGO yang ..... Yah gitu dah.

Daripada masukin 3 cylinder turbonya Honda, masukin Hybrid car nya donk
Juga sekaligus CR-V dieselnya

Lebih ajib
oil life ahond ga baca dr kualitas oli...

engine load, engine hour. kalo macet macet terus ya wasallam tu ganti tiap 2000 kata indikatornya.

ane kmrn masukin Q8 di civic sama aja dapet di 5000an kyk pake gold biasa....
Oli Life ahond bacanya dr flow sensor. Jd flow fuel yg dimonitor. Seperti halnya di FRD yg mana ditemboloknya ada flow meter yg akan menentukan kapan dia ke WC.

1.0T cocok di Brio krn chassisnya G-CON sekelas ama S-Klasse dibawah wowlink sedikit.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4347
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: (NEWS) : Honda Siapkan Mobil 1.000 cc Turbo untuk Indonesia

Post by ginting »

kompresorz wrote: Sun Dec 08, 2019 23:25
sealplayerz wrote: Sun Dec 08, 2019 21:44 Maaf mau nanya kenapa ya mesin turbo bensin gak se reliable mesin turbo diesel?
emang dibangun buat mobil kuli....

jeroannya gede...

liat aja truk bus bodi udah nyengser muatan kanan kiri tetap aja kuat...

bensin cuma menang halus n top sepeed....

kalo udah rasain disel sebisa mungkin gak mau beli bensin...

stop n go ky indo mobil bensin di sikat disel...enyakkkkk

apalg ini 3 silinderrrrr boowww sekelas honda.....jelas pincang...tar getar getar geli gitu dah...

kalo seharga ayla sih agak apa...harganya di atas anki GD....

udah rasain GD empet nanti pake mesin turbo beredar di sini...

:wkkk:
Bener, jeroan mesin Diesel itu didesain lebih kokoh untuk menahan pukulan dari hasil pembakaran di ruang bakar..
iwing wrote: Tue Dec 10, 2019 1:24 gak enak nih yang ada dipikiran klo mobil pake 3 silinder. kayak pincang gitu
Saya sih dari dulu mind-set saya adalah "hindari cylinder ganjil"
saya lebih merasa peace of mind dengan cylinder genap (4,6,8) dibanding 3, 5, dst..