padahal kalo masih mau pake ban jepang, ada yokohama yang masuk kategori lumayan yalemonadelovers wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 1:59Mungkin ini alasan accord tetap pilih ban michelin padahal biasanya produk jepang maunya pakai part merek jepang jg jadi accord aja yg menyimpang pakai ban non jepang + ditambah futur active noise canceling
Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
di carwow juga blm ada euy...Suryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 1:57cek di youtube blm ada yg test tuh, adu cepat CRV turbo vs CX5 vs SantaFe CRDi
dari 0-100 km/h, 0-400 m, 60-80 km/h dsb..
pakai device yg sudah jd standar international.
bukan SNI yaaa, apalagi standar butt feel
dan jangan lupa kalo test pake racelogic / GPS box juga lebih akurat karena standarnya adalah GPS speed, bukan speedometer
Civic FK pake Yokohama Advan dB dan BS Turanza ER33, gw kira yang tipe S doang dapet Yoko Advan, tapi kayaknya ini random saja krn beberapa tipe sedan dan tipe E juga ada yang pake Advan dB.krniawnhdr wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:06padahal kalo masih mau pake ban jepang, ada yokohama yang masuk kategori lumayan yalemonadelovers wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 1:59
Mungkin ini alasan accord tetap pilih ban michelin padahal biasanya produk jepang maunya pakai part merek jepang jg jadi accord aja yg menyimpang pakai ban non jepang + ditambah futur active noise canceling
Kayaknya ini murni tergantung suppliernya saja. Accord dan Civic sama-sama CBU Thailand.
CKD Indo biasa ga jauh-jauh dari Dunlop atau BS. cm ntah kenapa OEM tyre yang dipajang di rack dealer cuma Dunlop.
Corolla Altis prev generation yang tipe V juga pake Michelin PS3.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.ChZ wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 10:05Saya dulu jg pake Santi DM Crdi dan emang secara penyaluran tenaga real world "feel" mesin turbodiesel modern pasti lebih kuat. Saya skr jg pake CRV Turbo. Jd juga bukan sekedar teori atau data. Feel di kaki saya, Santi CRDi kuat di putaran bawah, CRV baru berasa buasnya di 3000 keatas... Santi DM sebaliknya, putaran atasnya kalah. Diesel v bensin emang gitu.ongisnade wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 8:53 Saat dikendarai, penyaluran tenaga Mazda CX-5 lebih terasa bertenaga dibanding CRV Turbo. Santa Fe 8 speed lebih bertenaga/lebih buas dari Mazda CX-5. Kalau tidak percaya silakan dibuktikan beli 1 unit dan rasakan sendiri, bukan teori kertas dan kata orang lain, buktikan sendiri. Saya lego Mazda CX-5 dan beli 1 unit Grand Santa Fe 8 speed dan sudah saya buktikan sendiri. Syaratnya ganti oli yang bagus dan filter udara tetap bersih. Sudah pake 2 bulan 7000 km puas. Soal kekedapan kabin kenyamanan,road noise gesekan suara ban CRV Turbo bukan kelasnya Santi, jauh.
Apalagi buat muat 7 orang Santafe masih lurus, CRV-Turbo belakangnya ndeprok, mukanya mendongak, per belakangnya lemah. Saat dikendarai terasa betul beban dibelakang.
Soal suka yang mana, kembali ke selera. Kalo saya jujur masih lbh suka mesin bensin berturbo.
Cuma masalahnya context yg dibahas disini adalah pengetesan objektif, which is butuh lebih dr sekedar feeling buat ngukur.
Ya kalo mikirnya parameter selalu "feeling", gak heran modip ngelepas per pedal gas bisa laku...
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
menarik, jadi penasaran kalau dibilang TM handlingnya lebih bagus dari RW, memang saya denger suspensinya dibuat lebih keras dari DM tapi jatohnya lebih mantep ketimbang DM yang handlingnya membingungkan, pantatnya belok dikit udah flexing.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Kalau sama adiknya, si Tucson, ane percaya handlingnya lebih lincah dari RW. Udah pernah coba Tucson CRDi sasisnya bisa dibilang setara bahkan mungkin lebih enak sedikiiiit dari Mazda, tapi bantingannya Tucson emang cukup keras, a lil bit harsh for my taste.
Still, I do think DM is a good car. Saya bahkan sering rekomen ini ke orang-orang yang punya budget 200-300 juta-an tapi pengen mobil yang anti mainstream dan "naik kelas" + proper seven seater.
Point saya disini bukan jelek-jelekin Santi TM yah, cuma pengen kasih pandangan objective saja kalau dalam pengetesan mobil yang diukur bukan "by feeling" tapi data eksak.
Saya ndiri cukup suka noleh liat Santi TM di jalan, emang presence nya beda banget. Sapa tau ada yang merelakan unitnya buat ane test
Lagian sebenernya agak ngga fair karena lawannya RW seharusnya Tucson, Santi kelas CX-9, tapi karena context yang dibahas disini pengetesan orang lain ya sudah.
kalo soal HU emang kupret si piso sunatnya HPM
Last edited by ChZ on Wed Mar 11, 2020 2:49, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Civic fk d aussie sana malah smua nya pake hankook mods, yg ventus noble2, perna iseng nanya dealer nya, katanya sehh cbu thai atau jepun
Malah sblom fk, smuanya dunlop sp sport300
Malah sblom fk, smuanya dunlop sp sport300
ChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:09di carwow juga blm ada euy...Suryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 1:57cek di youtube blm ada yg test tuh, adu cepat CRV turbo vs CX5 vs SantaFe CRDi
dari 0-100 km/h, 0-400 m, 60-80 km/h dsb..
pakai device yg sudah jd standar international.
bukan SNI yaaa, apalagi standar butt feel
dan jangan lupa kalo test pake racelogic / GPS box juga lebih akurat karena standarnya adalah GPS speed, bukan speedometer
Civic FK pake Yokohama Advan dB dan BS Turanza ER33, gw kira yang tipe S doang dapet Yoko Advan, tapi kayaknya ini random saja krn beberapa tipe sedan dan tipe E juga ada yang pake Advan dB.krniawnhdr wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:06padahal kalo masih mau pake ban jepang, ada yokohama yang masuk kategori lumayan yalemonadelovers wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 1:59
Mungkin ini alasan accord tetap pilih ban michelin padahal biasanya produk jepang maunya pakai part merek jepang jg jadi accord aja yg menyimpang pakai ban non jepang + ditambah futur active noise canceling
Kayaknya ini murni tergantung suppliernya saja. Accord dan Civic sama-sama CBU Thailand.
CKD Indo biasa ga jauh-jauh dari Dunlop atau BS. cm ntah kenapa OEM tyre yang dipajang di rack dealer cuma Dunlop.
Corolla Altis prev generation yang tipe V juga pake Michelin PS3.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
saya blom pernah tes santi lamaChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:40menarik, jadi penasaran kalau dibilang TM handlingnya lebih bagus dari RW, memang saya denger suspensinya dibuat lebih keras dari DM tapi jatohnya lebih mantep ketimbang DM yang handlingnya membingungkan, pantatnya belok dikit udah flexing.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Kalau sama adiknya, si Tucson, ane percaya handlingnya lebih lincah dari RW. Udah pernah coba Tucson CRDi sasisnya bisa dibilang setara bahkan mungkin lebih enak sedikiiiit dari Mazda, tapi bantingannya Tucson emang cukup keras, a lil bit harsh for my taste.
Still, I do think DM is a good car. Saya bahkan sering rekomen ini ke orang-orang yang punya budget 200-300 juta-an tapi pengen mobil yang anti mainstream dan "naik kelas" + proper seven seater.
Point saya disini bukan jelek-jelekin Santi TM yah, cuma pengen kasih pandangan objective saja kalau dalam pengetesan mobil yang diukur bukan "by feeling" tapi data eksak.
Saya ndiri cukup suka noleh liat Santi TM di jalan, emang presence nya beda banget. Sapa tau ada yang merelakan unitnya buat ane test
Lagian sebenernya agak ngga fair karena lawannya RW seharusnya Tucson, Santi kelas CX-9, tapi karena context yang dibahas disini pengetesan orang lain ya sudah.
kalo soal HU emang kupret si piso sunatnya HPM
tapi pernah test drive santi baru, memang terasa lincah, dan kencang, dibanding misal sama captiva , captiva terasa kencang tapi ga lincah, kalo compare crv turbo sudah sulit juga mencari keunggulan crv ketimbang santi, cuman ga bisa comment banyak comparismnya, soalnya saat tes santi, dibawa sampe di tol meliuk2, dan gas pol. sementara saya coba crv sebatas puter2 di dalkot
bagaimana kalo Um Chz bikin comparsim test ? 1 lagi yg menarik utk dimasukin yaitu peugeot 5008 allure plus
judulnya comparism 7seater suv
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Ventus Noble2 mungkin Thai ya.
sebelum FK? FB dong? FB dikasih SPSport300 apa kabar rasanya beruntung yang lokal sini pake Eagle NCT-5.
um evo pernah bandingkan langsung dengan CX-9? Saya si benchmark untuk SUV besar handling sekarang CX-9... walau rada harsh (pengaruh ban Ecopia sepertinya) tapi memang lincah untuk badan segede itu.evolution21 wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 3:04
saya blom pernah tes santi lama
tapi pernah test drive santi baru, memang terasa lincah, dan kencang, dibanding misal sama captiva , captiva terasa kencang tapi ga lincah, kalo compare crv turbo sudah sulit juga mencari keunggulan crv ketimbang santi, cuman ga bisa comment banyak comparismnya, soalnya saat tes santi, dibawa sampe di tol meliuk2, dan gas pol. sementara saya coba crv sebatas puter2 di dalkot
bagaimana kalo Um Chz bikin comparsim test ? 1 lagi yg menarik utk dimasukin yaitu peugeot 5008 allure plus
judulnya comparism 7seater suv
Nah itu ngga ada kah yang mau pinjemin TM dan Pug 5008 ? walau secara size sebenernya nggak seukuran juga sih... 5008 ama CR-V mungkin masih 11-12, tapi Santi TM...
RW itu sebenernya kalo pengalaman pribadi, yang bikin kesan mobil ini kurang lincah ya suspensinya yang jadi empuk, karena sasisnya ditekuk-tekuk masih enak (same platform as Civic type R, lol), bannya apalagi dikasih SPSportmaxx, limitnya ada di suspensi yang bikin ga pede, dan feel mobilnya yang berasa gede bgt beda dengan RE dan RM.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Ha..ha...ini yang gue bilang perlu beli 1 unit baru Santi 8 speed dan rasakan bedanya, kalo gak cocok lego lagi gak cuma lihat kertas.Teman gue juga lego tuh CRV Turbo ganti Santi. Bagaimana gak enak rpm belum nyentuh 3000 rpm speed udah 200 km/h gak terasa kencengnya anak istri nyaman tertidur, suara mesin nyaris gak kedengaran. Kalo CRV Turbo speed baru 180 km/h serasa jalan 200 km/h rpm dah tinggi mesin meraung menjerit dan kabin berisik banget, jadi malah gak enak, jalan pelan serasa ngebut anak istri jadi ketakutan.ChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:40menarik, jadi penasaran kalau dibilang TM handlingnya lebih bagus dari RW, memang saya denger suspensinya dibuat lebih keras dari DM tapi jatohnya lebih mantep ketimbang DM yang handlingnya membingungkan, pantatnya belok dikit udah flexing.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Kalau sama adiknya, si Tucson, ane percaya handlingnya lebih lincah dari RW. Udah pernah coba Tucson CRDi sasisnya bisa dibilang setara bahkan mungkin lebih enak sedikiiiit dari Mazda, tapi bantingannya Tucson emang cukup keras, a lil bit harsh for my taste.
Point saya disini bukan jelek-jelekin Santi TM yah, cuma pengen kasih pandangan objective saja kalau dalam pengetesan mobil yang diukur bukan "by feeling" tapi data eksak.
Saya ndiri cukup suka noleh liat Santi TM di jalan, emang presence nya beda banget. Sapa tau ada yang mau bawain unit tes ke rumah
kalo soal HU emang kupret si piso sunatnya HPM
Itu 8 speednya improve banget power tersalurkan dengan halus terasa linear gak ada hentakan seperti 6AT yang perlu kickdown agak dalam. Toel dikit dah 200 km/h tanpa hentakan. Bahkan power terasa lebih kuat buat ngebut dari VNT saya yang 240 HP 520 NM, tapi 4AT. Perlu bejek dalam buat keluarin tenaganya. Jadi kalo dibilang Santi lebih meledak-ledak dari CRV Turbo itu salah. Justru turbo imut CRV meraung-raung buat keluarin power dan torsinya, apalagi buat 7 penumpang. Cocoknya tuh mesin petrol turbo 2 liter. Kalo buat ukuran saya dan keluarga itu 1.5 Turbo terlalu imut untuk menggendong kami ha..ha....dengan average berat badan 80 kg he..he..kecuali di remap. Tambah lagi itu pantat CRV geal-geol buat 7 penumpang, muka mendongak pantatnya serasa nyentuh tanah, jadi kelihatan lucu. Itu lihat CRV Turbo kawan bawa 7 penumpang ke bromo saat menanjak
Mungkin berbeda pandangan ya bro, kalo saya beli dan dikendarai untuk bisa merasakan dijalan yang sebenarnya hingga ribuan km baru menyimpulkan dan menyampaikan hasilnya, gak mau dari katanya dan kertas atau sekedar icip-icip test drive.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Yah sekali lagi selera ya oom... kalau kelg kami kurang cocok dengan mesin turbodiesel dari dulu ntah kenapa dan teknik bawa juga pengaruh. Mgkn dengan teknik bawa oom (apalagi sering bawa lebih dari 5 orang, sementara saya maksimal juga 4 orang), lebih cocok pakai mesin turbodiesel. Ya bgitulah bedanya mesin turbodiesel dan bensin... semua tinggal selera kita suka yang mana kan?ongisnade wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 3:20
Itu 8 speednya improve banget power tersalurkan dengan halus terasa linear gak ada hentakan seperti 6AT yang perlu kickdown agak dalam. Toel dikit dah 200 km/h tanpa hentakan. Bahkan power terasa lebih kuat buat ngebut dari VNT saya yang 240 HP 520 NM, tapi 4AT. Perlu bejek dalam buat keluarin tenaganya. Jadi kalo dibilang Santi lebih meledak-ledak dari CRV Turbo itu salah. Justru turbo imut CRV meraung-raung buat keluarin power dan torsinya, apalagi buat 7 penumpang. Cocoknya tuh mesin petrol turbo 2 liter. Kalo buat ukuran saya dan keluarga itu 1.5 Turbo terlalu imut untuk menggendong kami ha..ha....dengan average berat badan 80 kg he..he..kecuali di remap. Tambah lagi itu pantat CRV geal-geol buat 7 penumpang, muka mendongak pantatnya serasa nyentuh tanah, jadi kelihatan lucu. Itu lihat CRV Turbo kawan bawa 7 penumpang ke bromo saat menanjak
Mungkin berbeda pandangan ya bro, kalo saya beli dan dikendarai untuk bisa merasakan dijalan yang sebenarnya hingga ribuan km baru menyimpulkan dan menyampaikan hasilnya, gak mau dari katanya dan kertas atau sekedar icip-icip test drive.
Agreed, dalam beberapa kasus ane memang merasa 1.5 Liter nya kurang raw power... harus 2.0 atau 2.5L Turbo. Kalo habis dari berenti terus mau jalan lagi (misal abis emergency braking di toll) buat picking up speed agak berasa boyo nya, tapi kalo sdh naik ke 100-140 sih enteng. Terusin ampe 190-200 juga masih kuat. Top speed di speedo 212 km/h kena limiter.
CR-V 7 seatsnya nggak terlalu proper, kalo buat emergency seats emang iya lebih baik dari T32 X-Trail. Tapi ngga dalam jangka waktu lama, kasian yang duduk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 147
- Joined: Wed May 10, 2017 16:00
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Bukannya yokohama salah satu the best ya.krniawnhdr wrote:padahal kalo masih mau pake ban jepang, ada yokohama yang masuk kategori lumayan yalemonadelovers wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 1:59Mungkin ini alasan accord tetap pilih ban michelin padahal biasanya produk jepang maunya pakai part merek jepang jg jadi accord aja yg menyimpang pakai ban non jepang + ditambah futur active noise canceling
Karena pabrik2 ban ngambil karet sama dia untuk bahan baku ban mobil karena dia supplier utama ke pabrik ban. Dan yokohama yang pure grade A alias grade karet terbaik.
Sedangkan conti info dari dia masih mix grade a dan b.
Makanya harga yokohama termasuk tinggi.
Tapi beliau ada info sih ban2 apa aja yg masih oke.
Conti salah satunya masih bagus. Tapi kalau yokohama lebih ok karena bahan bakunya pure ga mix.
Michelin juga ok.
Bridgestone info dia masih oke.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Kalo dulu om pernah pakai dm pre fl, coba pake dm fl..lebih empuk mantul2 bodyroll cem kapal punya saya dulu dikasih spring buffer biar lebih keras n lebih stabil.ChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:40menarik, jadi penasaran kalau dibilang TM handlingnya lebih bagus dari RW, memang saya denger suspensinya dibuat lebih keras dari DM tapi jatohnya lebih mantep ketimbang DM yang handlingnya membingungkan, pantatnya belok dikit udah flexing.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Kalau sama adiknya, si Tucson, ane percaya handlingnya lebih lincah dari RW. Udah pernah coba Tucson CRDi sasisnya bisa dibilang setara bahkan mungkin lebih enak sedikiiiit dari Mazda, tapi bantingannya Tucson emang cukup keras, a lil bit harsh for my taste.
Still, I do think DM is a good car. Saya bahkan sering rekomen ini ke orang-orang yang punya budget 200-300 juta-an tapi pengen mobil yang anti mainstream dan "naik kelas" + proper seven seater.
Point saya disini bukan jelek-jelekin Santi TM yah, cuma pengen kasih pandangan objective saja kalau dalam pengetesan mobil yang diukur bukan "by feeling" tapi data eksak.
Saya ndiri cukup suka noleh liat Santi TM di jalan, emang presence nya beda banget. Sapa tau ada yang merelakan unitnya buat ane test
Lagian sebenernya agak ngga fair karena lawannya RW seharusnya Tucson, Santi kelas CX-9, tapi karena context yang dibahas disini pengetesan orang lain ya sudah.
kalo soal HU emang kupret si piso sunatnya HPM
Pernah juga pake tucson bensin 1-2 bulanan kira2..enak buat dalam kota, lincah, rigid, respon mesin sm trans nya bagus buat sruntulan walaupun yah agak keras
Dari data eksak mungkin angka nya ga seberapa jauh beda om saya tau itu. Masih didalam range 8s 0-100. Yang paling berasa saat di jalanan Pake turbodiesel betul2 nyantai ga perlu geber rpm tinggi2 buat mencapai lets say 140kph, suara mesin jauh Lebih senyap lebih nyaman
Btw, kalo santi masih kelas cx9 apa ga kejauhan om? Mengingat secara dimensi nya aja udah beda lumayan jauh kan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Nah ini yang bikin data eksak jadi kurang berguna..pada akhirnya driving experience sesungguhnya ya dijalan raya dengan berbagai kondisi seperti ini. Saya Dan keluarga pun merasakan hal yang sama persis seperti apa yg om dan keluarga rasakan. Jalan pelan disangka ngebut karena suara mesin menjerit. Padahal cuma narik2 dikit aja. Belum lagi gemuruh road noise nyaongisnade wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 3:20Ha..ha...ini yang gue bilang perlu beli 1 unit baru Santi 8 speed dan rasakan bedanya, kalo gak cocok lego lagi gak cuma lihat kertas.Teman gue juga lego tuh CRV Turbo ganti Santi. Bagaimana gak enak rpm belum nyentuh 3000 rpm speed udah 200 km/h gak terasa kencengnya anak istri nyaman tertidur, suara mesin nyaris gak kedengaran. Kalo CRV Turbo speed baru 180 km/h serasa jalan 200 km/h rpm dah tinggi mesin meraung menjerit dan kabin berisik banget, jadi malah gak enak, jalan pelan serasa ngebut anak istri jadi ketakutan.ChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:40menarik, jadi penasaran kalau dibilang TM handlingnya lebih bagus dari RW, memang saya denger suspensinya dibuat lebih keras dari DM tapi jatohnya lebih mantep ketimbang DM yang handlingnya membingungkan, pantatnya belok dikit udah flexing.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Kalau sama adiknya, si Tucson, ane percaya handlingnya lebih lincah dari RW. Udah pernah coba Tucson CRDi sasisnya bisa dibilang setara bahkan mungkin lebih enak sedikiiiit dari Mazda, tapi bantingannya Tucson emang cukup keras, a lil bit harsh for my taste.
Point saya disini bukan jelek-jelekin Santi TM yah, cuma pengen kasih pandangan objective saja kalau dalam pengetesan mobil yang diukur bukan "by feeling" tapi data eksak.
Saya ndiri cukup suka noleh liat Santi TM di jalan, emang presence nya beda banget. Sapa tau ada yang mau bawain unit tes ke rumah
kalo soal HU emang kupret si piso sunatnya HPM
Belum smpe setahun pakai udah dilepas..
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Tucson CRDi mesinnya enak sayang kalo menurut saya transmisi 6-speednya masih rada suka bingung dan setirnya terlalu enteng di mode normal, nggak coba di mode sport.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 4:37
Kalo dulu om pernah pakai dm pre fl, coba pake dm fl..lebih empuk mantul2 bodyroll cem kapal punya saya dulu dikasih spring buffer biar lebih keras n lebih stabil.
Pernah juga pake tucson bensin 1-2 bulanan kira2..enak buat dalam kota, lincah, rigid, respon mesin sm trans nya bagus buat sruntulan walaupun yah agak keras
Dari data eksak mungkin angka nya ga seberapa jauh beda om saya tau itu. Masih didalam range 8s 0-100. Yang paling berasa saat di jalanan Pake turbodiesel betul2 nyantai ga perlu geber rpm tinggi2 buat mencapai lets say 140kph, suara mesin jauh Lebih senyap lebih nyaman
Btw, kalo santi masih kelas cx9 apa ga kejauhan om? Mengingat secara dimensi nya aja udah beda lumayan jauh kan.
Sebenernya skali lagi yang ditekankan disini adalah membahas soal pengujian profesional (membahas di artikel TS), dan dalam konteks pengujian profesional terukur, data eksak adalah ukuran objektifnya (menentukan mobil itu kencang atau tidak). Yang saya bahas dari awal tidak jauh-jauh dari ini, supaya tidak melebar kemana-mana.
Plus, data eksak kadang memberi kita gambaran sebenernya soal karakter powerband mobil, makanya yang lebih fair sebenernya akselerasi dari 0-60, 40-80, 0-100, 60-100, 80-100, 100-120.
Cara lebih gampang : dragrace dengan rolling start dan dari diem seperti kata oom Suryaputra.
Sedangkan feel berkendara pastinya tinggal menyesuaikan selera dan real-world feeling bisa sangat berbeda krn pengaruh karakter powerband mesin dan transmisi yang digunakan.
Makanya dunia engine tuning itu rumit, nggak sekedar mau angka horsepower berapa dan torsi berapa. Harus menyesuaikan dengan real-world conditions.
hmmm bener juga, tapi dengan CR-V masalahnya, panjangnya juga beda hampir 20 cm, dan ukuran CR-V sebenernya lebih mendekati Tucson malah.
CR-V RW
4.587 x 1.854 x 1.679 mm
Wheelbase : 2.659 mm
Tucson
4.475 x 1.850 x 1.645 mm
Wheelbase : 2.670 mm
Santi TM
4.770 x 1.890 x 1.705 mm
Wheelbase : 2.765 mm
CX-8
4.900 x 1.840 x 1.730 mm
Wheelbase : 2.930 mm
CX-9
5.075 x 1.969 x 1.747 mm
Wheelbase : 2.930 mm
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Jd intinya kalau soal build quality JDM > KDM. Case closed
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Bandingin mesin diesel turbo vs bensin turbo ini gak apple to apple sebetulnya.ChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 4:57Tucson CRDi mesinnya enak sayang kalo menurut saya transmisi 6-speednya masih rada suka bingung dan setirnya terlalu enteng di mode normal, nggak coba di mode sport.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 4:37
Kalo dulu om pernah pakai dm pre fl, coba pake dm fl..lebih empuk mantul2 bodyroll cem kapal punya saya dulu dikasih spring buffer biar lebih keras n lebih stabil.
Pernah juga pake tucson bensin 1-2 bulanan kira2..enak buat dalam kota, lincah, rigid, respon mesin sm trans nya bagus buat sruntulan walaupun yah agak keras
Dari data eksak mungkin angka nya ga seberapa jauh beda om saya tau itu. Masih didalam range 8s 0-100. Yang paling berasa saat di jalanan Pake turbodiesel betul2 nyantai ga perlu geber rpm tinggi2 buat mencapai lets say 140kph, suara mesin jauh Lebih senyap lebih nyaman
Btw, kalo santi masih kelas cx9 apa ga kejauhan om? Mengingat secara dimensi nya aja udah beda lumayan jauh kan.
Sebenernya skali lagi yang ditekankan disini adalah membahas soal pengujian profesional (membahas di artikel TS), dan dalam konteks pengujian profesional terukur, data eksak adalah ukuran objektifnya (menentukan mobil itu kencang atau tidak). Yang saya bahas dari awal tidak jauh-jauh dari ini, supaya tidak melebar kemana-mana.
Plus, data eksak kadang memberi kita gambaran sebenernya soal karakter powerband mobil, makanya yang lebih fair sebenernya akselerasi dari 0-60, 40-80, 0-100, 60-100, 80-100, 100-120.
Cara lebih gampang : dragrace dengan rolling start dan dari diem seperti kata oom Suryaputra.
Sedangkan feel berkendara pastinya tinggal menyesuaikan selera dan real-world feeling bisa sangat berbeda krn pengaruh karakter powerband mesin dan transmisi yang digunakan.
Makanya dunia engine tuning itu rumit, nggak sekedar mau angka horsepower berapa dan torsi berapa. Harus menyesuaikan dengan real-world conditions.
hmmm bener juga, tapi dengan CR-V masalahnya, panjangnya juga beda hampir 20 cm, dan ukuran CR-V sebenernya lebih mendekati Tucson malah.
CR-V RW
4.587 x 1.854 x 1.679 mm
Wheelbase : 2.659 mm
Tucson
4.475 x 1.850 x 1.645 mm
Wheelbase : 2.670 mm
Santi TM
4.770 x 1.890 x 1.705 mm
Wheelbase : 2.765 mm
CX-8
4.900 x 1.840 x 1.730 mm
Wheelbase : 2.930 mm
CX-9
5.075 x 1.969 x 1.747 mm
Wheelbase : 2.930 mm
karakter powerband nya aja udah beda banget overall, blm lagi bicara torque.
pada umumnya, mesin diesel itu punya karakter galak di rpm bawah - tengah.
Makanya dia punya redline paling di kisaran 4K RPM dipasangkan dgn gear-ratio yang puanjang ala mak erot.
di RPM mendekati redline, torsinya dah melorot biasa nya.
That's why untuk dapat top speed di mesin diesel, gak perlu RPM setinggi mesin bensin.
Mesin bensin turbo rata2 galak di RPM tengah - atas, jd butuh "raungan" untuk dapat max powah.
untuk di sirkuit dan kebut2an di jalan, suara mesin bensin bisa kasih "adrenaline yang plus plus"
balik lagi ini soal selera.
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
& gak semua orang suka mesin bensin, krn butuh RPM tinggi untuk dapat max powah, ditambah, lbh boros dibanding disel.
klo mau compare yah bensin vs bensin ajah, atau disel vs disel.
jd fair gtu loh.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
itulah, dari awal debat kusir karena memang sebenernya ngga apple to apple. udah karakter mesin bensin dan dieselnya beda, cc nya juga beda jauh (1.500 vs 2.200), transmisinya juga beda. Well, ngga heran sih pasti feel nya beda total.Suryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 7:38
Bandingin mesin diesel turbo vs bensin turbo ini gak apple to apple sebetulnya.
karakter powerband nya aja udah beda banget overall, blm lagi bicara torque.
pada umumnya, mesin diesel itu punya karakter galak di rpm bawah - tengah.
Makanya dia punya redline paling di kisaran 4K RPM.
di RPM mendekati redline, torsinya dah melorot biasa nya.
Mesin bensin turbo rata2 galak di tengah - atas, jd butuh "raungan" untuk dapat max powah.
untuk di sirkuit dan kebut2an di jalan, suara mesin bensin bisa kasih "adrenaline yang plus plus"
klo mau compare yah bensin vs bensin ajah.
jd fair.
Yang didebatin "feel", which is very subjective. Sementara yang sedang dibahas adalah pengetesan jurnalis...
Fun fact : BMW 320i dan 320d figur accel 0-100 nya imbang-imbang, tapi gw yakin real world feeling 320d akan terasa lebih "kencang". Di drag race, gw yakin 320d menang start, 320i nya akan ngejer di tengah-tengah.
gw suka nya mesin bensin turbo, powerband lebih luas di seluruh RPM range jadi feel punchy nya sampe RPM redline, dan penyaluran tenaga lebih linear. Inilah kenapa sampe hari ini mesin bensin tetep idola buat balap. Rev range dan powerband nya lebih luas.
Tp sekali lagi ini selera...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Tuh cek honda thailand deh.
CRV produksi ada varian diesel 1.6L Turbo
160 PS & 350 Nm
transmisi matic 9 speed ZF 9HP
klo masuk sini, bs jadi alternatif buat fans mesin diesel.
CRV produksi ada varian diesel 1.6L Turbo
160 PS & 350 Nm
transmisi matic 9 speed ZF 9HP
klo masuk sini, bs jadi alternatif buat fans mesin diesel.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smuaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
bau asem, geter2, brisik...
kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Idem saya hahaha. Saya ada beberapa mobil diesel di rumah gak saya pake. Preference nya bensin walaupun agak boros ya wes lah - cm saya prefer bensin cc gede pakein twin screw supercharger dan I've got a [cencored] amount of toque from low end power band sampe top end. Athough electric car juga instant torque nya insane sih sekarang hahaha.DOHC wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 13:14ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smuaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
bau asem, geter2, brisik...
kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
Dan pengalaman diesel modern direct injection sekali nya rusak pusinggg. Kemarin abis service gede 1kd-ftv sekalian ganti pompa solar puyeng mahal nya hahahaha.
RR diesel enak beli baru om cover warranty kalau uda lepas warranty cape deh hahah
Balik ke CRV, gara2 bahas ini tadi sempet coba bawa CRV Turbo temen kantor yang uda ganti exhaust dan remap, much better than when it was standard sih dia juga pake throttle controller lumayan bantu banget buat response time nya. Kayaknya biggest let down dari power crv karena CVT nya saya rasa sih engine nya feel like there is more potential.
To be fair to 4 cyl engine cc kecil banyak kok yang lumayan powerful tapi yah itu mid to top end main nya karena butuh turbo besar dan diesel modern dengan good low end torque buat stop and go macet enak banget gak terlalu cape
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Pernah nyoba naek 2x, taxi E-class diesel W212 di spore.DOHC wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 13:14ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smuaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
bau asem, geter2, brisik...
kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
peredam nya emang top banget. tapi tetap suara khas mesin diesel 4-cyl terdengar di dalam kabin, walaupun getaran nya cukup halus.
yg enak itu klo diesel nya V8 LC200 baru deh aluss
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Asal jangan ambil yang UK om LC200 Euro IV standard dan pakai DPF banyak yang jebol itu mesin. Beli yang ATPM detuned engine nya tapi ok lah although saya prefer yang 5.7 V8 masih hahahaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 14:46Pernah nyoba naek 2x, taxi E-class diesel W212 di spore.DOHC wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 13:14ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smuaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
bau asem, geter2, brisik...
kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
peredam nya emang top banget. tapi tetap suara khas mesin diesel 4-cyl terdengar di dalam kabin, walaupun getaran nya cukup halus.
yg enak itu klo diesel nya V8 LC200 baru deh aluss
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
suaranya berkharisma banget emg klo V8 bensin,agathos wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 14:55Asal jangan ambil yang UK om LC200 Euro IV standard dan pakai DPF banyak yang jebol itu mesin. Beli yang ATPM detuned engine nya tapi ok lah although saya prefer yang 5.7 V8 masih hahahaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 14:46Pernah nyoba naek 2x, taxi E-class diesel W212 di spore.DOHC wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 13:14
ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smua
bau asem, geter2, brisik...
kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
peredam nya emang top banget. tapi tetap suara khas mesin diesel 4-cyl terdengar di dalam kabin, walaupun getaran nya cukup halus.
yg enak itu klo diesel nya V8 LC200 baru deh aluss
cuma kesayangan SPBU itu om
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Hihihi makanya ada versi dual tank 138L om hahahhaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 15:01suaranya berkharisma banget emg klo V8 bensin,agathos wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 14:55Asal jangan ambil yang UK om LC200 Euro IV standard dan pakai DPF banyak yang jebol itu mesin. Beli yang ATPM detuned engine nya tapi ok lah although saya prefer yang 5.7 V8 masih hahahaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 14:46
Pernah nyoba naek 2x, taxi E-class diesel W212 di spore.
peredam nya emang top banget. tapi tetap suara khas mesin diesel 4-cyl terdengar di dalam kabin, walaupun getaran nya cukup halus.
yg enak itu klo diesel nya V8 LC200 baru deh aluss
cuma kesayangan SPBU itu om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
As owner of CRV turbo prestige 2019, i agree with your statement, dibanding xpander dan CX5 Elite 2018 saya dirumah, CRV RW ini paling berisik kabinnya. Entah lah, honda sepertinya masih belum bisa bikin mobil yg road noisenya bagus dibanding pesaingnya di rentang harga yg samajakanjc wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 14:37Nah ini saya juga setuju, yang bedain santi itu selain mesin dieselnya ya kekedapan kabinnya. Dan sektor kekedapan adalah kelemahan utama honda saat ini, bahkan sampe line up mewahnya macam odyssey juga masih berisik kabinnyakrniawnhdr wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 3:39setuju buat statement awalnya..ChZ wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 2:46
jawabannya karena mesin diesel nafasnya lebih pendek oom, dan untuk 0-100 figur curve torsi lebih berpengaruh ketimbang sekedar peak torsi.
curve torsi tidak pernah dipublikasi oleh ATPM, tapi yang jelas bisa keliatan adalah hp, merupakan hasil perkalian torsi dengan RPM... jadi 0-100 figure sebenernya lebih lihat angka hp (ini di luar faktor setting dan jenis transmisi, final gear, lalu jenis penggerak dan bobot mobil itu sendiri).
CR-V dan Santi CRDi cuma beda 8 hp... tapi bobot Santi diesel sekitar 200kg lebih berat. Perlu diingat selain size dan sasis, mesin diesel lebih berat dari bensin. Innova bensin dan diesel saja beda 200 kg...
belum transmisi Santi diesel skrg yang pake 8-speed yang komponennya pasti banyak dan nyumbang bobot juga dibanding CVT di CRV. Yang saya tidak suka dari mobil diesel kebanyakan adalah bobotnya : terlalu berat. tidak agile dan merusak weight distribution.
cuma yah di dunia nyata butt-o-meter kan selalu diukur dari injakan gas ketimbang data faktual... dan mayoritas masyarakat kita nginjek gas hampir tidak pernah gas pol... makanya ketemu mobil turbodiesel modern pasti feelingnya kenceng.
anyway diesel dan bobot kayaknya ga bisa dipisahin, tapi dengan mesin diesel yang lebih besar dan berat, peredaman cabin dan quality interiornya santi yang bikin orang amazed...
kalau diukur pakai decibel meter pun, pasti bakal ketauan deh mobil bensin mana aja yang kalah senyap dari mobil diesel..
Wah, berarti korean car di indo bagus juga ya om, sampe2 temen om mau lego CRV Turbonya demi santa fe. Maklum, belum pernah make mobil korea sama sekali, sepertinya boleh nih consider as my next car in the future. Sebagai owner dari CRV Prestige 2019 yg turbo, saya juga merasakan kok, BQ mobil ini gak sesuai harganya yg 1/2M, beli mobil ini cuma karena faktor bapak saya aja yg pengen mobil yg lega biar ibu saya bisa duduk. Apalagi sblmnya pake CX5 1st gen 2013, yg bikin nyesel tuker ke CRV ini, downgrade dari segala sisi terutama road noise, audio, dan interior qualitynya yg berasa cheapo dan gak kerasa seperti mobil 500jt. Kalau bokap nanyain mending dijual apa kagak, saya gak pake mikir langsung iyain deh. Wkwkwk, pengen tuker ke AN Mazda 3 hatchback yg cakep bgt tampilannya, atau gak AN Altis V yg lebih murah partnya dibanding mazda 3 karena toyota hehehe, atau tuker ke ANKI yg jadi mobil daily impian bapak saya yg gak kebeli beli hanya karena ibu saya gak suka bentuknyaongisnade wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 3:20Ha..ha...ini yang gue bilang perlu beli 1 unit baru Santi 8 speed dan rasakan bedanya, kalo gak cocok lego lagi gak cuma lihat kertas.Teman gue juga lego tuh CRV Turbo ganti Santi. Bagaimana gak enak rpm belum nyentuh 3000 rpm speed udah 200 km/h gak terasa kencengnya anak istri nyaman tertidur, suara mesin nyaris gak kedengaran. Kalo CRV Turbo speed baru 180 km/h serasa jalan 200 km/h rpm dah tinggi mesin meraung menjerit dan kabin berisik banget, jadi malah gak enak, jalan pelan serasa ngebut anak istri jadi ketakutan.ChZ wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:40menarik, jadi penasaran kalau dibilang TM handlingnya lebih bagus dari RW, memang saya denger suspensinya dibuat lebih keras dari DM tapi jatohnya lebih mantep ketimbang DM yang handlingnya membingungkan, pantatnya belok dikit udah flexing.gaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23
Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Kalau sama adiknya, si Tucson, ane percaya handlingnya lebih lincah dari RW. Udah pernah coba Tucson CRDi sasisnya bisa dibilang setara bahkan mungkin lebih enak sedikiiiit dari Mazda, tapi bantingannya Tucson emang cukup keras, a lil bit harsh for my taste.
Point saya disini bukan jelek-jelekin Santi TM yah, cuma pengen kasih pandangan objective saja kalau dalam pengetesan mobil yang diukur bukan "by feeling" tapi data eksak.
Saya ndiri cukup suka noleh liat Santi TM di jalan, emang presence nya beda banget. Sapa tau ada yang mau bawain unit tes ke rumah
kalo soal HU emang kupret si piso sunatnya HPM
Itu 8 speednya improve banget power tersalurkan dengan halus terasa linear gak ada hentakan seperti 6AT yang perlu kickdown agak dalam. Toel dikit dah 200 km/h tanpa hentakan. Bahkan power terasa lebih kuat buat ngebut dari VNT saya yang 240 HP 520 NM, tapi 4AT. Perlu bejek dalam buat keluarin tenaganya. Jadi kalo dibilang Santi lebih meledak-ledak dari CRV Turbo itu salah. Justru turbo imut CRV meraung-raung buat keluarin power dan torsinya, apalagi buat 7 penumpang. Cocoknya tuh mesin petrol turbo 2 liter. Kalo buat ukuran saya dan keluarga itu 1.5 Turbo terlalu imut untuk menggendong kami ha..ha....dengan average berat badan 80 kg he..he..kecuali di remap. Tambah lagi itu pantat CRV geal-geol buat 7 penumpang, muka mendongak pantatnya serasa nyentuh tanah, jadi kelihatan lucu. Itu lihat CRV Turbo kawan bawa 7 penumpang ke bromo saat menanjak
Mungkin berbeda pandangan ya bro, kalo saya beli dan dikendarai untuk bisa merasakan dijalan yang sebenarnya hingga ribuan km baru menyimpulkan dan menyampaikan hasilnya, gak mau dari katanya dan kertas atau sekedar icip-icip test drive.
Iya om, sebagai owner dari CRV Turbo prestige 2019, peredamnya sangat sangat parah buat mobil 500 jt. Kalah jauh dibandingkan CX5 2013 saya dulu dan CX5 Elite 2018 saya dirumah. HU selain ngehang, juga tampilannya jadul. Dibandingkan dengan mobil lain yg ada dirumah (xpander ,CX5 Elite, yaris joker). HU CRV ini yg paling jadul tampilannya, cuma ketolong sm layar gede dan fitur navigasinya aja. SIsanya plain dan boring, gak ada elite2nya sama sekali buat mobil 500 jt + hangnya juga kebangetan, HU yaris joker dan xpander saya jauh lebih baik dari itu soal lagnyagaspol wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 2:23Maap om santafe dm vs tm udah betul2 jauh berbeda karakter nya. Saya kebetulan udah pernah miara dm, dm fl, sampe skrg tm betul2 tau perbedaan karakter antar model tsb dan pernah punya crv turbo juga.ChZ wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 10:05Saya dulu jg pake Santi DM Crdi dan emang secara penyaluran tenaga real world "feel" mesin turbodiesel modern pasti lebih kuat. Saya skr jg pake CRV Turbo. Jd juga bukan sekedar teori atau data. Feel di kaki saya, Santi CRDi kuat di putaran bawah, CRV baru berasa buasnya di 3000 keatas... Santi DM sebaliknya, putaran atasnya kalah. Diesel v bensin emang gitu.ongisnade wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 8:53 Saat dikendarai, penyaluran tenaga Mazda CX-5 lebih terasa bertenaga dibanding CRV Turbo. Santa Fe 8 speed lebih bertenaga/lebih buas dari Mazda CX-5. Kalau tidak percaya silakan dibuktikan beli 1 unit dan rasakan sendiri, bukan teori kertas dan kata orang lain, buktikan sendiri. Saya lego Mazda CX-5 dan beli 1 unit Grand Santa Fe 8 speed dan sudah saya buktikan sendiri. Syaratnya ganti oli yang bagus dan filter udara tetap bersih. Sudah pake 2 bulan 7000 km puas. Soal kekedapan kabin kenyamanan,road noise gesekan suara ban CRV Turbo bukan kelasnya Santi, jauh.
Apalagi buat muat 7 orang Santafe masih lurus, CRV-Turbo belakangnya ndeprok, mukanya mendongak, per belakangnya lemah. Saat dikendarai terasa betul beban dibelakang.
Soal suka yang mana, kembali ke selera. Kalo saya jujur masih lbh suka mesin bensin berturbo.
Cuma masalahnya context yg dibahas disini adalah pengetesan objektif, which is butuh lebih dr sekedar feeling buat ngukur.
Ya kalo mikirnya parameter selalu "feeling", gak heran modip ngelepas per pedal gas bisa laku...
Sorry to say, crv turbo handling nya belum bisa se agile santafe tm, peredamnya juga parah, Ditambah HU si crv sering ngehang bikin emosi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Waktu main ke kampungnya mercy sy dapet taksi S350d W222, gile itu sehalus2nya diesel dah+istopnya bener2 alus (yaiyalah s class). Dan itu unit 4Matic, jadi kerasa narik banget+torsinya yg gede juga wkt saya naik. Selain itu, kl taksi di singapur pernah naik W211 E220d buluk memang suaranya brisik sampe dalem, cuma torsinya ngacir banget. Tp masih lbh enak sonata sebelum YF (lampu kotak) diesel yg comfort taxi punya, jauh lebih halus scr mesin.Suryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 14:46Pernah nyoba naek 2x, taxi E-class diesel W212 di spore.DOHC wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 13:14ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smuaSuryaputra wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
bau asem, geter2, brisik...
kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
peredam nya emang top banget. tapi tetap suara khas mesin diesel 4-cyl terdengar di dalam kabin, walaupun getaran nya cukup halus.
yg enak itu klo diesel nya V8 LC200 baru deh aluss
Skrg saya males punya diesel di indo, padahl dulu 3x punya panther saking cocoknya. Sekarang semua mobil yg dipake berubah ke bensin malah jd kebiasa bensin terus krn alus dan nggak bau