Feeling saya sih mereka skrg lg studi dr almaz buat launch upclassed product yg namanya "victory" itu om biar bs launch di indonesia, terutama studi soal mechanical refinement. Desainnya victory sy yakin bagus, dr bungkusan MMTnya kecetak dikit2 buritannya. Apalg ini sekarang mereka bbrp hari lalu buat admiration buat go global dr victory itu. Menarik buat ditunggu krn victory desainnya mirip mobil amerikaevanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 5:07SGMW mah strategi bisnisnya top deh. Gila-gilaan memang,ada salah satu trik yang seakan-akan bukan SGMW yg butuh vendor, tp vendor yang bergantung ke SGMW. Saya beberapa kali ngunjungin temen yg kerja di SGMW, dan sering banget dapet insight dari dia yg bikin baru ngeh ternyata unik&keren juga strateginyaChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 4:53intinya klo mau sekedar survive jangan gebuk market leader... wkwkwkkw... ini yang bikin susah brand baru buat sukses.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 4:10
Nah setuju, suzuki lebih fokus jadi second tier nya pasar penjualan, dan konsisten dr dulu sampe skg itu sih yg bikin brand suzuki ini tetep eksis sampe skg.
Banyak brand-brand lain yg emang posisi nya sebagai second tier itu dan konsisten sampe skg, alhasil ya tetap eksis. Balik lg ke kesanggupan, kalo emang ngga sanggup untuk mengobrak-abrik di posisi puncak, jadilah second tier agar bisa lebih eksis&sustain
mass-market leader toyota/honda
light pickup market leader suzuki/daihatsu.
medium-heavy truck market leader mitsubishi/hino/isuzu.
sbnrnya kalau commercial lbh tepatnya mereka "dipaksa" eksis terus... aftersales dan spare parts harus terus ada. passenger ga terlalu bergantung ama ini.
mungkin ya prediksi ane, wuling yang punya amunisi buat gebuk-gebukan ama toyota... SGMW group ini ekspansinya ga maen-maen.
mazda will exist sebagai market leader di segmen middle-luxury. mewah tapi gak mahal.
Terlepas dari sukses atau tidaknya penjualan sih tp secara proses bisnis, yg dilakukan SGMW group di Indo udah cukup baik. Cuma biasa masyarakat awam cuma ngeliat dr sisi aftersales dan produknya aja, tp di balik itu semua sih effortnya SGMW bikin saya salut deh
Pabrik Nissan Indonesia tutup
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Soal new product saya ngga bisa omong banyak deh, ditunggu aja Om. Soalnya saya juga belom dapet info resmi dan liat dengan mata kepala sendiri sih. Yg jelas saat ini R&D nya lg sibuk audit2 beberapa vendor, vendor asing dan ada juga vendor lokal yang turut sertaerwinign wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 5:23Feeling saya sih mereka skrg lg studi dr almaz buat launch upclassed product yg namanya "victory" itu om biar bs launch di indonesia, terutama studi soal mechanical refinement. Desainnya victory sy yakin bagus, dr bungkusan MMTnya kecetak dikit2 buritannya. Apalg ini sekarang mereka bbrp hari lalu buat admiration buat go global dr victory itu. Menarik buat ditunggu krn victory desainnya mirip mobil amerikaevanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 5:07SGMW mah strategi bisnisnya top deh. Gila-gilaan memang,ada salah satu trik yang seakan-akan bukan SGMW yg butuh vendor, tp vendor yang bergantung ke SGMW. Saya beberapa kali ngunjungin temen yg kerja di SGMW, dan sering banget dapet insight dari dia yg bikin baru ngeh ternyata unik&keren juga strateginyaChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 4:53
intinya klo mau sekedar survive jangan gebuk market leader... wkwkwkkw... ini yang bikin susah brand baru buat sukses.
mass-market leader toyota/honda
light pickup market leader suzuki/daihatsu.
medium-heavy truck market leader mitsubishi/hino/isuzu.
sbnrnya kalau commercial lbh tepatnya mereka "dipaksa" eksis terus... aftersales dan spare parts harus terus ada. passenger ga terlalu bergantung ama ini.
mungkin ya prediksi ane, wuling yang punya amunisi buat gebuk-gebukan ama toyota... SGMW group ini ekspansinya ga maen-maen.
mazda will exist sebagai market leader di segmen middle-luxury. mewah tapi gak mahal.
Terlepas dari sukses atau tidaknya penjualan sih tp secara proses bisnis, yg dilakukan SGMW group di Indo udah cukup baik. Cuma biasa masyarakat awam cuma ngeliat dr sisi aftersales dan produknya aja, tp di balik itu semua sih effortnya SGMW bikin saya salut deh
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
ya Mr Johnpeace gimana ga hebat, satu jabatan tapi coverage berapa biji tu di ahond dulunya. marketing, PR, development juga kan.ChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 4:53 ane ngeliat sebenernya lord jonpis itu visioner dalam hal marketing, bisa ngerti kalo pasar crossover dan small hatchback bakal meledak, waktu taon 90an ga ad yang ngurus nih pasar. produk andalan mereka ya brio, jazz, CRV, HRV.
lah gimana bertaun taun gebukin corona corolla susah ga tumbang-tumbang... ampe skrg kan camry/accord dan civic/corolla skornya seri terus... hahahahha.
ketauan giliran jualan 7 seater malah abis digebukin semua. stream odyssey freed mobilio/brv. lebih cocok sama orang jepang mpv nya.
yg bisa bikin imej ahond itu european japan, ahond itu mevvah diatas daitoyo, ahond driving experience, pelit fitur, pelit peredam ya bisa jadi karena beliau
untuk mpv/7 seater menurut ane si, sederhana saja, terutama BRV MOBILIO keterlaluan kopongnya dengan harga khas ahond
ya dulu merek jepang juga pelan2 gerus pasaran merek amerika dan eropa, baru d sekarang menuai hasil. tapi zaman now, mana bisa begitu, semuanya serba cepat gitu.
intinya klo mau sekedar survive jangan gebuk market leader... wkwkwkkw... ini yang bikin susah brand baru buat sukses.
mass-market leader toyota/honda
light pickup market leader suzuki/daihatsu.
medium-heavy truck market leader mitsubishi/hino/isuzu.
sbnrnya kalau commercial lbh tepatnya mereka "dipaksa" eksis terus... aftersales dan spare parts harus terus ada. passenger ga terlalu bergantung ama ini.
mungkin ya prediksi ane, wuling yang punya amunisi buat gebuk-gebukan ama toyota... SGMW group ini ekspansinya ga maen-maen.
mazda will exist sebagai market leader di segmen middle-luxury. mewah tapi gak mahal.
commercial itu selain spare part juga harus bikin spek overload ini jagonya Jepang, karena develop khusus di indo. karena ya memang ada duitnya di sini.
China group itu duitnya banyak banget. menarik lihat langkah berikutnya gimana. apakah bisa salip Korean dulu?
Mazda ya akan ngikut suzuki, yg penting exist. semoga Nissan juga gini.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
yup ga selalu yang trim tertinggi... tergantung type mobil, kelengkapan, dan range harga.
behavior konsumen di range 200-300juta beda ama 300 juta ke atas. 200-300 juta selisih 10jt naik grade berasa banget, pada blom rela nambah sgitu wkwkkwkw makanya mid grade jadi jawaban. tp di satu sisi ga mau kopongan, mid grade akhirnya dipilih. cm kadang ini ga melulu bener juga, expander terlaris malah tipe ultimate dan sport.
beda ma 300 jt ke atas, CR-V pada laris-laris tipe Prestige itu padahal 40juta lebih mahal dari yang non prestige.
hahahaha makanya oom... skala bisnisnya SGMW ini cukup gede.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 5:07
SGMW mah strategi bisnisnya top deh. Gila-gilaan memang,ada salah satu trik yang seakan-akan bukan SGMW yg butuh vendor, tp vendor yang bergantung ke SGMW. Saya beberapa kali ngunjungin temen yg kerja di SGMW, dan sering banget dapet insight dari dia yg bikin baru ngeh ternyata unik&keren juga strateginya
Terlepas dari sukses atau tidaknya penjualan sih tp secara proses bisnis, yg dilakukan SGMW group di Indo udah cukup baik. Cuma biasa masyarakat awam cuma ngeliat dr sisi aftersales dan produknya aja, tp di balik itu semua sih effortnya SGMW bikin saya salut deh
china means business, ane yakin investment mereka dimari ga maen-maen dan punya plan yang solid buat jangka panjang. uda masukin MG juga, artinya wah ya gila sih ini... astra group bisa dilahap klo ga ati-ati.
marketing and aftersales director. ngerintis karir jadi sales terus marketing manager klo ga salah. dasarnya emang jago jualan bisa napaki karir ampe jd director.kunaskun wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 6:44
ya Mr Johnpeace gimana ga hebat, satu jabatan tapi coverage berapa biji tu di ahond dulunya. marketing, PR, development juga kan.
yg bisa bikin imej ahond itu european japan, ahond itu mevvah diatas daitoyo, ahond driving experience, pelit fitur, pelit peredam ya bisa jadi karena beliau
untuk mpv/7 seater menurut ane si, sederhana saja, terutama BRV MOBILIO keterlaluan kopongnya dengan harga khas ahond
ya dulu merek jepang juga pelan2 gerus pasaran merek amerika dan eropa, baru d sekarang menuai hasil. tapi zaman now, mana bisa begitu, semuanya serba cepat gitu.
commercial itu selain spare part juga harus bikin spek overload ini jagonya Jepang, karena develop khusus di indo. karena ya memang ada duitnya di sini.
China group itu duitnya banyak banget. menarik lihat langkah berikutnya gimana. apakah bisa salip Korean dulu?
Mazda ya akan ngikut suzuki, yg penting exist. semoga Nissan juga gini.
development kaga ikut-ikut dia.
krn vokal dan jadi corong nya HPM ke publik doi yang selalu disalahin urusan produk sunatan, pdhl apa hubungannya, kerjaannya cm ngurusin serpis ama jualan... bossnya suruh jual apa, ya doi cm gmn cara gimana bisa laku. namanya jualan, sesampah sampahnya barangnya tetep kudu d blg bagus dan wordplay biar gak blunder.
mobilio sempet sukses di awal sblm digebuk ama expander, skrg kayaknya klo liat dr kebiasaan ahond, ga trlalu suka main ke market yang rame gak bisa dia kuasai, balik fokus maen brio lagi.
terbukti kan, brio baru langsung moncer penjualannya, jau bahkan dibanding mobilio yg sekarang calon-calon gurem, mungkin bakal discontinue. klo gak diskon gede ga ad yang beli ntu mobilio.
imej brand mewah ini malah backfire ke mobilio rasany... persepsi honda = mahal jd kurang menjual malah orang pd takut... hahahhaa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Kalo saya boleh koreksi, Pak Jonfis itu bukan eksekutor dalam hal perencanaan dan pengembangan produk. Beliau ngurusin Marketing, Aftersales, sama IT aja di tahun-tahun terakhirnyakunaskun wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 6:44ya Mr Johnpeace gimana ga hebat, satu jabatan tapi coverage berapa biji tu di ahond dulunya. marketing, PR, development juga kan.ChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 4:53 ane ngeliat sebenernya lord jonpis itu visioner dalam hal marketing, bisa ngerti kalo pasar crossover dan small hatchback bakal meledak, waktu taon 90an ga ad yang ngurus nih pasar. produk andalan mereka ya brio, jazz, CRV, HRV.
lah gimana bertaun taun gebukin corona corolla susah ga tumbang-tumbang... ampe skrg kan camry/accord dan civic/corolla skornya seri terus... hahahahha.
ketauan giliran jualan 7 seater malah abis digebukin semua. stream odyssey freed mobilio/brv. lebih cocok sama orang jepang mpv nya.
yg bisa bikin imej ahond itu european japan, ahond itu mevvah diatas daitoyo, ahond driving experience, pelit fitur, pelit peredam ya bisa jadi karena beliau
untuk mpv/7 seater menurut ane si, sederhana saja, terutama BRV MOBILIO keterlaluan kopongnya dengan harga khas ahond
Jd secara fungsi, beliau itu hanya memikirkan strategi-strategi dalam memasarkan produk baik itu sistem pelayanan dealer, bengkel, treatment ke konsumen, dll. Istilahnya Pak Jonfis itu sebagai garda terdepan/pihak yang paling duluan berhadapan langsung dengan konsumen, dan ngga ada hubungannya sama development, karena dimana-mana marketing itu hanya fokus ttg bagaimana cara memasarkan produk yang telah dibuat.
Salah kaprah memang kalo selama ini masalah sunatan fitur&material itu netijen nyalain Pak Jonfis. Kalo masalah pelayanan bengkel, nyalahin Pak Jonfis sih boleh lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
volume maker biasanya mid trim, tapi non volume biasanya memang top trim = biasanya ya. dan ini menentukan resale value, entah karena top trim tapi unit ga banyak jadi gampang jual atau karena laku banget jadi otomatis gampang dijual.ChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 7:50 yup ga selalu yang trim tertinggi... tergantung type mobil, kelengkapan, dan range harga.
behavior konsumen di range 200-300juta beda ama 300 juta ke atas. 200-300 juta selisih 10jt naik grade berasa banget, pada blom rela nambah sgitu wkwkkwkw makanya mid grade jadi jawaban. tp di satu sisi ga mau kopongan, mid grade akhirnya dipilih. cm kadang ini ga melulu bener juga, expander terlaris malah tipe ultimate dan sport.
beda ma 300 jt ke atas, CR-V pada laris-laris tipe Prestige itu padahal 40juta lebih mahal dari yang non prestige.
avanza tanpa disadari kan highest trim itu memang type 1.3 G, di luar faktor ada varian 1.5G AT
veloz itu kan "bukan" avanza
begitu juga xenia, mirip avanza. yg laku varian 1.3 bukan 1.5.
LCGC juga mirip2.
calya sigra, agya ayla, malah kalau ada varian TRD biasanya lebih laku daripada lowest trim sekalipun.
selain top trim, biasanya pembeda itu di kapasitas mesin. perhatikan saja type dengan mesin kecil + top trim cenderung lebih laku daripada mesin lebih besar yg biasanya top trim.
ah saya salah ingat. sebenernya si secara jabatan meamng seperti ga nyambung tapi karena megang marketing dan after sales tentu tahu maunya konsumen apa, dan gimana input ke develop product. karena product development tentunya harus ada input dari marketing kan. menurut saya loh ya.marketing and aftersales director. ngerintis karir jadi sales terus marketing manager klo ga salah. dasarnya emang jago jualan bisa napaki karir ampe jd director.
development kaga ikut-ikut dia.
krn vokal dan jadi corong nya HPM ke publik doi yang selalu disalahin urusan produk sunatan, pdhl apa hubungannya, kerjaannya cm ngurusin serpis ama jualan... bossnya suruh jual apa, ya doi cm gmn cara gimana bisa laku. namanya jualan, sesampah sampahnya barangnya tetep kudu d blg bagus dan wordplay biar gak blunder.
mobilio sebelum xpander IMHO juga terus menurun kan, apalagi pas xpander masuk langsung drop, kena lagi ketika ertiga new gen. dulu mobilo masuk di waktu yg tepat juga, waktu itu ertiga + avanza masih older gen/belum FL, sudah gitu di zamannya memang mobilio termasuk oke walau saya rada bingung, mobil model wagon ala2 gini emang bisa laku di indo.mobilio sempet sukses di awal sblm digebuk ama expander, skrg kayaknya klo liat dr kebiasaan ahond, ga trlalu suka main ke market yang rame gak bisa dia kuasai, balik fokus maen brio lagi.
mungkin sekarang sudah nyerah main mpv, bikin brv juga termasuk ga sukses di mana2. padahal mobilio brv itu kan develop khusus negara2 yang dijual. tapi tetep ga jalan.
ya soal masuk market yang ga dia kuasai, ya kayanya semua merek sama. entah bikin segment baru berdasarkan ukuran/harga/dsb kalau ga jalan akan mundur pelan2, atau masuk segment yang sudah ada jualan terus ga jalan maka juga mundur pelan2, rada lumrah.
Brio new gen itu pas banget momennya, yang lain belum ganti generasi, dia masuk duluan, dan dengan perubahan yang ngikut maunya konsumen. larger, roomier, slightly better equipment. dan soal timing kayanya ahond memang jago, setelah mobilio, brio new gen pas. gitu juga waktu Civic dan CRV. selalu pas ketika kompetitor masih older gen atau belum FL. dan biasanya sekali masuk langsung leader.terbukti kan, brio baru langsung moncer penjualannya, jau bahkan dibanding mobilio yg sekarang calon-calon gurem, mungkin bakal discontinue. klo gak diskon gede ga ad yang beli ntu mobilio.
imej brand mewah ini malah backfire ke mobilio rasany... persepsi honda = mahal jd kurang menjual malah orang pd takut... hahahhaa.
mobilio diskon gede ya? kalau disini2 pas awal2 tahun malah saya bingung pas tanya sales di pameran, diskon cuma 10 jutaan rata2. kecuali NIK2019 tentunya. itu saja barangnya ga banyak. dan kalau saya perhatikan honda di daerah saya, jarang diskon gede kecuali pindah tahun, tengah tahun over stock type tertentu.
ya imej mewah di daerah ini bikin pembeli di daerah banyak yg beli ahond, berasa naik kelas daripada jepang lain. karena memang lebih mahal
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
ohh sip2. saya salah. walau saya pikir secara jabatan memang ga nyambung, tapi bukannya mr John Peace lebih paham maunya konsumen? lalu kasih input ke development? tapi ya ga tau d aslinya gimanaevanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:04
Salah kaprah memang kalo selama ini masalah sunatan fitur&material itu netijen nyalain Pak Jonfis. Kalo masalah pelayanan bengkel, nyalahin Pak Jonfis sih boleh lah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Definisi bekerja dengan hati sih itu. Beliau join dari tahun 1993, meniti karir dari bawah hingga terakhir menjabat sebagai direktur itu. Cukup salut sih sama Pak Jonfis, mengingat beliau bisa berkarir segitu lama di satu perusahaan, apalagi udah sama-sama tau kalo untuk meniti karir di perusahaan Jepang itu bukan langkah yg tepatChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 7:50
marketing and aftersales director. ngerintis karir jadi sales terus marketing manager klo ga salah. dasarnya emang jago jualan bisa napaki karir ampe jd director.
development kaga ikut-ikut dia.
krn vokal dan jadi corong nya HPM ke publik doi yang selalu disalahin urusan produk sunatan, pdhl apa hubungannya, kerjaannya cm ngurusin serpis ama jualan... bossnya suruh jual apa, ya doi cm gmn cara gimana bisa laku. namanya jualan, sesampah sampahnya barangnya tetep kudu d blg bagus dan wordplay biar gak blunder.
mobilio sempet sukses di awal sblm digebuk ama expander, skrg kayaknya klo liat dr kebiasaan ahond, ga trlalu suka main ke market yang rame gak bisa dia kuasai, balik fokus maen brio lagi.
terbukti kan, brio baru langsung moncer penjualannya, jau bahkan dibanding mobilio yg sekarang calon-calon gurem, mungkin bakal discontinue. klo gak diskon gede ga ad yang beli ntu mobilio.
imej brand mewah ini malah backfire ke mobilio rasany... persepsi honda = mahal jd kurang menjual malah orang pd takut... hahahhaa.
Pengabdian beliau dan bagaimana beliau bersikap ke seluruh tim nya itu sih yg konon bikin Tim nya ngerasa kehilangan banget begitu beliau mengundurkan diri, apalagi PLT nya expat dari Jepang, ya makin-makin deh.
Rumus umum marketing ya "tell the truth (positive aspect)", dan beliau melakukan itu dalam memasarkan semua produk-produknya, dan itu teori&praktik yg tepat sih. Kalo ada yg jualan dengan cara "tell the competitor's weaknesses" sih mending kelaut aja, mau jualan atau nyinyir
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Ada beberapa perusahaan yg model development nya 2 arah gitu, jadi ngga cuma in --> out, tapi juga out --> in Cuma kalo saya gak salah sih di perusahaan yg satu itu ngga gitu ya. Ngga pernah juga kan ngeliat ada sharing/FGD antara produsen dengan konsumen?kunaskun wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:08ohh sip2. saya salah. walau saya pikir secara jabatan memang ga nyambung, tapi bukannya mr John Peace lebih paham maunya konsumen? lalu kasih input ke development? tapi ya ga tau d aslinya gimanaevanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:04
Salah kaprah memang kalo selama ini masalah sunatan fitur&material itu netijen nyalain Pak Jonfis. Kalo masalah pelayanan bengkel, nyalahin Pak Jonfis sih boleh lah
Kalo di Toyota masih sering tuh TAM ngadain sharing/FGD untuk pengembangan produknya, yg diundang itu komunitas-komunitas resmi di bawah naungan TOC. Cuma ya tetep hasil dari sharing/FGD kan cuma sekedar input, yang belom tentu terlaksana. Kalau terlaksana pun paling ya hanya sekian %
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Honda sama gitu2 kayaknya ndak ada concern om. Mungkin memang scr sistem bs dibilang masih krg dekat ke customer ya. Krn yg saya rasa itu ASS aja (ngga tau skrg gimana) beda PT beda treatment, harga part jg beda2, supply chain sparepart jg ndak jelas. Otomatis buat saya peace of mind pake honda agak krg gara2 itu, dimana beda sama toyota/astra group scr perlakuan ke cust.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:23Ada beberapa perusahaan yg model development nya 2 arah gitu, jadi ngga cuma in --> out, tapi juga out --> in Cuma kalo saya gak salah sih di perusahaan yg satu itu ngga gitu ya. Ngga pernah juga kan ngeliat ada sharing/FGD antara produsen dengan konsumen?kunaskun wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:08ohh sip2. saya salah. walau saya pikir secara jabatan memang ga nyambung, tapi bukannya mr John Peace lebih paham maunya konsumen? lalu kasih input ke development? tapi ya ga tau d aslinya gimanaevanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:04
Salah kaprah memang kalo selama ini masalah sunatan fitur&material itu netijen nyalain Pak Jonfis. Kalo masalah pelayanan bengkel, nyalahin Pak Jonfis sih boleh lah
Kalo di Toyota masih sering tuh TAM ngadain sharing/FGD untuk pengembangan produknya, yg diundang itu komunitas-komunitas resmi di bawah naungan TOC. Cuma ya tetep hasil dari sharing/FGD kan cuma sekedar input, yang belom tentu terlaksana. Kalau terlaksana pun paling ya hanya sekian %
Terakir2 honda bonding sama customer masih jaman pak jonpis, wkt brio mod contest ga tau th berapa. Skrg dia ngejabat dimana ya btw? Mestinya dg experience sehebat begitu sih banyak diburu ATPM2 ya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue May 12, 2020 5:32
- Daily Vehicle: Suzuki Swift ST
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Setau saya beliau masih nganggur, saya sih curiganya dia bakal dicaplok ATPM lain tapi dikasih jeda biar rasanya lebih etis...erwinign wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 10:05Honda sama gitu2 kayaknya ndak ada concern om. Mungkin memang scr sistem bs dibilang masih krg dekat ke customer ya. Krn yg saya rasa itu ASS aja (ngga tau skrg gimana) beda PT beda treatment, harga part jg beda2, supply chain sparepart jg ndak jelas. Otomatis buat saya peace of mind pake honda agak krg gara2 itu, dimana beda sama toyota/astra group scr perlakuan ke cust.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:23Ada beberapa perusahaan yg model development nya 2 arah gitu, jadi ngga cuma in --> out, tapi juga out --> in Cuma kalo saya gak salah sih di perusahaan yg satu itu ngga gitu ya. Ngga pernah juga kan ngeliat ada sharing/FGD antara produsen dengan konsumen?
Kalo di Toyota masih sering tuh TAM ngadain sharing/FGD untuk pengembangan produknya, yg diundang itu komunitas-komunitas resmi di bawah naungan TOC. Cuma ya tetep hasil dari sharing/FGD kan cuma sekedar input, yang belom tentu terlaksana. Kalau terlaksana pun paling ya hanya sekian %
Terakir2 honda bonding sama customer masih jaman pak jonpis, wkt brio mod contest ga tau th berapa. Skrg dia ngejabat dimana ya btw? Mestinya dg experience sehebat begitu sih banyak diburu ATPM2 ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
ah tipikal Japanese ya.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:23 Ada beberapa perusahaan yg model development nya 2 arah gitu, jadi ngga cuma in --> out, tapi juga out --> in Cuma kalo saya gak salah sih di perusahaan yg satu itu ngga gitu ya. Ngga pernah juga kan ngeliat ada sharing/FGD antara produsen dengan konsumen?
Kalo di Toyota masih sering tuh TAM ngadain sharing/FGD untuk pengembangan produknya, yg diundang itu komunitas-komunitas resmi di bawah naungan TOC. Cuma ya tetep hasil dari sharing/FGD kan cuma sekedar input, yang belom tentu terlaksana. Kalau terlaksana pun paling ya hanya sekian %
ya, pengalaman saya juga sama dengan ahond juga mirip. Beres Pluit segede gitu tapi pelayanan begitulah, jadi ingat dulu suka ngeledekin: cuma beres ahond yang jualan oli topsatuerwinign wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 10:05 Honda sama gitu2 kayaknya ndak ada concern om. Mungkin memang scr sistem bs dibilang masih krg dekat ke customer ya. Krn yg saya rasa itu ASS aja (ngga tau skrg gimana) beda PT beda treatment, harga part jg beda2, supply chain sparepart jg ndak jelas. Otomatis buat saya peace of mind pake honda agak krg gara2 itu, dimana beda sama toyota/astra group scr perlakuan ke cust.
kalau Astra group memang jadi benchmark, ga ada lawannya, tapi ya mesti Astra juga. karena pengalaman dulu ke Tunas Toyota beda banget dari A2K, apalagi Nasmoco
masuk ke merek asal Tiongkok atau Korean kali ya. kalau ke Jepang lagi kayanya ga mungkin ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Yg potensial sih dia masuk ke wuling/hyundai sih om, growthnya bagus sampe detik ini
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
nahh ane baru mau mikir gt, tapi argumen ane terpatahkan inget innova lama... tipe terlarisnya mau bensin/diesel ya tetep tipe G. klo mnrt ane ini psikologi harga sih... innova skrg kalo ane liat laku jg tipe G yang justru terendah... yahh ada tipe V jg ga kalah banyak, tp yang jelas bukan Q.
Q dianggep ga logis harganya buat buyer innova, 400 jt cm dapet kijang. makany mgkn di rebrand jadi venturer. permainan nama lah, macem vios dan limo atau avanza dan transmover biar ga pengaruhin imej.
kesalahan mobilio first batch itu dash nya sehh parah bgt... rasanya ini yang bikin banyak orang ud punya kesan jelek ke mobilio. ditambah mukanya identik ama brio bgt...mobilio sebelum xpander IMHO juga terus menurun kan, apalagi pas xpander masuk langsung drop, kena lagi ketika ertiga new gen. dulu mobilo masuk di waktu yg tepat juga, waktu itu ertiga + avanza masih older gen/belum FL, sudah gitu di zamannya memang mobilio termasuk oke walau saya rada bingung, mobil model wagon ala2 gini emang bisa laku di indo.
dan sialnya brio satya adalah seekor LCGC. jd punya kesan bahwa mobilio dan brv adalah glorified honda LCGC, brio seharga 200 juta lebih. klo soal ini HPM blunder parah.
mobilio masih beberapa x diskon kecil, tp di kota ane minimal belasan sehh. yg parah itu biervi, ampe puluhan, macem flash sale. bbrp orang milih biervi pertimbangannya jg karena harganya dpt murah bgt jd jatohnya lebih value ketimbang lainnya, even adiknya sendiri.mobilio diskon gede ya? kalau disini2 pas awal2 tahun malah saya bingung pas tanya sales di pameran, diskon cuma 10 jutaan rata2. kecuali NIK2019 tentunya. itu saja barangnya ga banyak. dan kalau saya perhatikan honda di daerah saya, jarang diskon gede kecuali pindah tahun, tengah tahun over stock type tertentu.
orang yang jadi wajahnya honda indonesia, bahkan ampe sekarang lebih terkenal om johnpeace daripada presdir presdirnya agak aneh skrg baca berita denger yang publikasi produk baru ahond bukan jonfis fandy... emang bkn kaleng-kaleng prestasinya, bisa ngeliat future prospect di pasar.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:18
Definisi bekerja dengan hati sih itu. Beliau join dari tahun 1993, meniti karir dari bawah hingga terakhir menjabat sebagai direktur itu. Cukup salut sih sama Pak Jonfis, mengingat beliau bisa berkarir segitu lama di satu perusahaan, apalagi udah sama-sama tau kalo untuk meniti karir di perusahaan Jepang itu bukan langkah yg tepat
Pengabdian beliau dan bagaimana beliau bersikap ke seluruh tim nya itu sih yg konon bikin Tim nya ngerasa kehilangan banget begitu beliau mengundurkan diri, apalagi PLT nya expat dari Jepang, ya makin-makin deh.
Rumus umum marketing ya "tell the truth (positive aspect)", dan beliau melakukan itu dalam memasarkan semua produk-produknya, dan itu teori&praktik yg tepat sih. Kalo ada yg jualan dengan cara "tell the competitor's weaknesses" sih mending kelaut aja, mau jualan atau nyinyir
trmasuk yang berjasa masukin mesin turbo ke produk ahond. ntah kenapa sejak ada civic turbo mainstream brands makin brani keluarin teknologi baru-baru di kelas yang gemuk. biasanya cm main di niche market, toyota main hybrid di kelas 600 juta, skrg berani masukin C-HR dan Corolla Hybrid.
tell competitor's weakness itu tipikal cara jualannya sales-sales baru...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Ya kalo dibandingin sama Toyota sih msh jauh lah. Rasanya belum ada merek mobil jepang yang maintain&support komunitas pengguna dr line-up produknya. Dan supportnya jg ngga main-main sih, kerjasama ke dealer&bengkel resmi juga banyak banget.erwinign wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 10:05Honda sama gitu2 kayaknya ndak ada concern om. Mungkin memang scr sistem bs dibilang masih krg dekat ke customer ya. Krn yg saya rasa itu ASS aja (ngga tau skrg gimana) beda PT beda treatment, harga part jg beda2, supply chain sparepart jg ndak jelas. Otomatis buat saya peace of mind pake honda agak krg gara2 itu, dimana beda sama toyota/astra group scr perlakuan ke cust.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:23Ada beberapa perusahaan yg model development nya 2 arah gitu, jadi ngga cuma in --> out, tapi juga out --> in Cuma kalo saya gak salah sih di perusahaan yg satu itu ngga gitu ya. Ngga pernah juga kan ngeliat ada sharing/FGD antara produsen dengan konsumen?
Kalo di Toyota masih sering tuh TAM ngadain sharing/FGD untuk pengembangan produknya, yg diundang itu komunitas-komunitas resmi di bawah naungan TOC. Cuma ya tetep hasil dari sharing/FGD kan cuma sekedar input, yang belom tentu terlaksana. Kalau terlaksana pun paling ya hanya sekian %
Terakir2 honda bonding sama customer masih jaman pak jonpis, wkt brio mod contest ga tau th berapa. Skrg dia ngejabat dimana ya btw? Mestinya dg experience sehebat begitu sih banyak diburu ATPM2 ya
Skg masalah after sales services Honda kalo gak salah dipegang sama orang jepang langsung, ngga tau deh bakal lebih dekat ke konsumen atau sebaliknya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Ngga sedikit loh sales-sales yg gitu, apalagi yg jualan pernak-pernik mobil. Itu hampir semua model jualannya "tell competitor's weaknesses"ChZ wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 13:44orang yang jadi wajahnya honda indonesia, bahkan ampe sekarang lebih terkenal om johnpeace daripada presdir presdirnya agak aneh skrg baca berita denger yang publikasi produk baru ahond bukan jonfis fandy... emang bkn kaleng-kaleng prestasinya, bisa ngeliat future prospect di pasar.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:18
Definisi bekerja dengan hati sih itu. Beliau join dari tahun 1993, meniti karir dari bawah hingga terakhir menjabat sebagai direktur itu. Cukup salut sih sama Pak Jonfis, mengingat beliau bisa berkarir segitu lama di satu perusahaan, apalagi udah sama-sama tau kalo untuk meniti karir di perusahaan Jepang itu bukan langkah yg tepat
Pengabdian beliau dan bagaimana beliau bersikap ke seluruh tim nya itu sih yg konon bikin Tim nya ngerasa kehilangan banget begitu beliau mengundurkan diri, apalagi PLT nya expat dari Jepang, ya makin-makin deh.
Rumus umum marketing ya "tell the truth (positive aspect)", dan beliau melakukan itu dalam memasarkan semua produk-produknya, dan itu teori&praktik yg tepat sih. Kalo ada yg jualan dengan cara "tell the competitor's weaknesses" sih mending kelaut aja, mau jualan atau nyinyir
trmasuk yang berjasa masukin mesin turbo ke produk ahond. ntah kenapa sejak ada civic turbo mainstream brands makin brani keluarin teknologi baru-baru di kelas yang gemuk. biasanya cm main di niche market, toyota main hybrid di kelas 600 juta, skrg berani masukin C-HR dan Corolla Hybrid.
tell competitor's weakness itu tipikal cara jualannya sales-sales baru...
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Minimal bs ngunggulin suzuki aja udah bagus banget om buat improvenya di honda. Yg heran ya beda PT dealer harga bs beda dan kdg ogah kasih diskon sedikit (saya yakin divisi sparepart tiap dealer pasti punya perhitungan diskon ini buat some cases)evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 13:55Ya kalo dibandingin sama Toyota sih msh jauh lah. Rasanya belum ada merek mobil jepang yang maintain&support komunitas pengguna dr line-up produknya. Dan supportnya jg ngga main-main sih, kerjasama ke dealer&bengkel resmi juga banyak banget.erwinign wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 10:05Honda sama gitu2 kayaknya ndak ada concern om. Mungkin memang scr sistem bs dibilang masih krg dekat ke customer ya. Krn yg saya rasa itu ASS aja (ngga tau skrg gimana) beda PT beda treatment, harga part jg beda2, supply chain sparepart jg ndak jelas. Otomatis buat saya peace of mind pake honda agak krg gara2 itu, dimana beda sama toyota/astra group scr perlakuan ke cust.evanbngdor wrote: ↑Wed Jun 03, 2020 9:23
Ada beberapa perusahaan yg model development nya 2 arah gitu, jadi ngga cuma in --> out, tapi juga out --> in Cuma kalo saya gak salah sih di perusahaan yg satu itu ngga gitu ya. Ngga pernah juga kan ngeliat ada sharing/FGD antara produsen dengan konsumen?
Kalo di Toyota masih sering tuh TAM ngadain sharing/FGD untuk pengembangan produknya, yg diundang itu komunitas-komunitas resmi di bawah naungan TOC. Cuma ya tetep hasil dari sharing/FGD kan cuma sekedar input, yang belom tentu terlaksana. Kalau terlaksana pun paling ya hanya sekian %
Terakir2 honda bonding sama customer masih jaman pak jonpis, wkt brio mod contest ga tau th berapa. Skrg dia ngejabat dimana ya btw? Mestinya dg experience sehebat begitu sih banyak diburu ATPM2 ya
Skg masalah after sales services Honda kalo gak salah dipegang sama orang jepang langsung, ngga tau deh bakal lebih dekat ke konsumen atau sebaliknya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Feeling saya, kedepan Nissan akan makin banyak bikin produk kembar dengan Platform Mitsubishi.
Xpander dan Livina udah
Mungkin Mirage dan March?
X-trail dan Outlander Sport?
Kalau Pajero dan Terra, kira2 platform mana yang lebih Ok?
Xpander dan Livina udah
Mungkin Mirage dan March?
X-trail dan Outlander Sport?
Kalau Pajero dan Terra, kira2 platform mana yang lebih Ok?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Navara next gen rencananya bakalan 1 platform sama triton, malah rumornya cmn rebadge dan ganti muka, karena pajero sport sekarang 1 platform sama triton jadinya ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
yang Real Outlander sama X-trail, om
Klo Outlander Sport cocok basis Quashai
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup
Sudah, Paling beda'nya kaya Duo Livander Disini aja
Wajah ga jauh2 dari Xp Cross, ANPS Facelift dan New Triton