Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:16
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 4:42 Permisi, saya mau tanya perihal CVT. Saya baru ambil crv turbo. km ud agak gondrong di 95 ribuan.
Pertanyaan saya:

CVTnya berasa ga tll enak apabila saya rem ngedadak/disentak. Jd berasa kaya mobil at biasa downshift.
Tapi kalau makin halus saya ngerem rasa sentakannya berkurang (sampai ga berasa kalau saya ngeremnya bener2 pake hati)
Ini ud tanda2 minta jajan / memang seperti itu ya? (Menurut catatan beres mobilnya pernah ganti hcf di 40 dan 79 ribu, lalu saya ganti lagi pas 94 ribu)

Terus pertanyaan berikutnya, selama ini udah pernah ada yg CVTnya tewas atau belum?
Gejalanya seperti apa, lalu biaya perbaikannya berapa ya?

Sekian dulu pertanyaannya. Terima kasih
gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.

udah ok ganti CVTF per 20rb km.

tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.

krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)
Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
Tuneup aja.

Bersih2 mass air flow dan oxi sensor, turbo valve sensor, cek busi, air filter, dsb.

Filter CVT ada 2:
https://tokopedia.link/YrN6trESHNb
https://tokopedia.link/GfOdLkLSHNb
Beli packing sealnya juga habis bongkar cvtf pan.

Ganti cvtf nanti bisa next oil change gpp.

Cara gantinya ya bbrp metode
- bisa drain and refill 2x
- bisa pakai mesin cvt flush
- bisa drain and refill 1x dan oci oendek, berikut ganti lg

Detilnya bs mampir ke sini
viewtopic.php?t=5657
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:32
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:16

gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.

udah ok ganti CVTF per 20rb km.

tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.

krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)
Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
Tuneup aja.

Bersih2 mass air flow dan oxi sensor, turbo valve sensor, cek busi, air filter, dsb.

Filter CVT ada 2:
https://tokopedia.link/YrN6trESHNb
https://tokopedia.link/GfOdLkLSHNb
Beli packing sealnya juga habis bongkar cvtf pan.

Ganti cvtf nanti bisa next oil change gpp.

Cara gantinya ya bbrp metode
- bisa drain and refill 2x
- bisa pakai mesin cvt flush
- bisa drain and refill 1x dan oci oendek, berikut ganti lg

Detilnya bs mampir ke sini
viewtopic.php?t=5657
terakhir tune up di beres seh, sekalian penggantian hcf itu.
Filter tinggal yg bawah yg belum saya ganti, krn masalah pakingnya carternya.

Ini rencananya saya drain refill tiap 10,000 km. Klo pake hcf honda saya masih bisa reimburse; tapi klo q8 kynya nombok sendiri XD
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:41
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:32
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25

Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)
Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
Tuneup aja.

Bersih2 mass air flow dan oxi sensor, turbo valve sensor, cek busi, air filter, dsb.

Filter CVT ada 2:
https://tokopedia.link/YrN6trESHNb
https://tokopedia.link/GfOdLkLSHNb
Beli packing sealnya juga habis bongkar cvtf pan.

Ganti cvtf nanti bisa next oil change gpp.

Cara gantinya ya bbrp metode
- bisa drain and refill 2x
- bisa pakai mesin cvt flush
- bisa drain and refill 1x dan oci oendek, berikut ganti lg

Detilnya bs mampir ke sini
viewtopic.php?t=5657
terakhir tune up di beres seh, sekalian penggantian hcf itu.
Filter tinggal yg bawah yg belum saya ganti, krn masalah pakingnya carternya.

Ini rencananya saya drain refill tiap 10,000 km. Klo pake hcf honda saya masih bisa reimburse; tapi klo q8 kynya nombok sendiri XD
Owh ya udh
10rb km mah cukup pk hcf2 :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:45
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:41
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:32
Tuneup aja.

Bersih2 mass air flow dan oxi sensor, turbo valve sensor, cek busi, air filter, dsb.

Filter CVT ada 2:
https://tokopedia.link/YrN6trESHNb
https://tokopedia.link/GfOdLkLSHNb
Beli packing sealnya juga habis bongkar cvtf pan.

Ganti cvtf nanti bisa next oil change gpp.

Cara gantinya ya bbrp metode
- bisa drain and refill 2x
- bisa pakai mesin cvt flush
- bisa drain and refill 1x dan oci oendek, berikut ganti lg

Detilnya bs mampir ke sini
viewtopic.php?t=5657
terakhir tune up di beres seh, sekalian penggantian hcf itu.
Filter tinggal yg bawah yg belum saya ganti, krn masalah pakingnya carternya.

Ini rencananya saya drain refill tiap 10,000 km. Klo pake hcf honda saya masih bisa reimburse; tapi klo q8 kynya nombok sendiri XD
Owh ya udh
10rb km mah cukup pk hcf2 :big_exellent:
Thanks infonya :big_deal:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by AbdulHakim »

cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:16
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 4:42 Permisi, saya mau tanya perihal CVT. Saya baru ambil crv turbo. km ud agak gondrong di 95 ribuan.
Pertanyaan saya:

CVTnya berasa ga tll enak apabila saya rem ngedadak/disentak. Jd berasa kaya mobil at biasa downshift.
Tapi kalau makin halus saya ngerem rasa sentakannya berkurang (sampai ga berasa kalau saya ngeremnya bener2 pake hati)
Ini ud tanda2 minta jajan / memang seperti itu ya? (Menurut catatan beres mobilnya pernah ganti hcf di 40 dan 79 ribu, lalu saya ganti lagi pas 94 ribu)

Terus pertanyaan berikutnya, selama ini udah pernah ada yg CVTnya tewas atau belum?
Gejalanya seperti apa, lalu biaya perbaikannya berapa ya?

Sekian dulu pertanyaannya. Terima kasih
gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.

udah ok ganti CVTF per 20rb km.

tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.

krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)

Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)
Terus ini tetep ganti tiap 20 ribu? Mayan mahal soalnya q8 ini drpd aslinya :big_think:

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:28
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:16

gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.

udah ok ganti CVTF per 20rb km.

tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.

krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)

Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)
Terus ini tetep ganti tiap 20 ribu? Mayan mahal soalnya q8 ini drpd aslinya :big_think:

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Klo AC off msh ndut2an gak mbah?

Jd kyk mobil manual/DCT yg koplingnya engage dan merayap di low speed :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 6:38
AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:28
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25

Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)

Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)
Terus ini tetep ganti tiap 20 ribu? Mayan mahal soalnya q8 ini drpd aslinya :big_think:

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Klo AC off msh ndut2an gak mbah?

Jd kyk mobil manual/DCT yg koplingnya engage dan merayap di low speed :big_biglaugh:
haha.. aya-aya wae
mbah surya, apa jangan-jangan ini oli transmisinya perlu difine tuning ya? maksudnya exact volume oli yang masuk itu.
saya pas ganti november tahun lalu itu, 4 botol Q8 CVT EVO masuk semua tuh (1 quartz per botol kalo ga salah khan).
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:50
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 6:38
AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:28
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Klo AC off msh ndut2an gak mbah?

Jd kyk mobil manual/DCT yg koplingnya engage dan merayap di low speed :big_biglaugh:
haha.. aya-aya wae
mbah surya, apa jangan-jangan ini oli transmisinya perlu difine tuning ya? maksudnya exact volume oli yang masuk itu.
saya pas ganti november tahun lalu itu, 4 botol Q8 CVT EVO masuk semua tuh (1 quartz per botol kalo ga salah khan).
errr sy blm prnh ganti lendir crv turbo wkwkwk

klo kekurangan lendir, lebih ke gear transmisi pindah2 dr N ke D ke R, seberapa responsip.

untuk ceknya dr baut level check,
setelah mesin dinyalakan / sirkulasi dari D ke N ke R.

Q8 CVT Evo tuh 1 liter per botol
mbah marmut lbh expert dan udh biasa ganti lendir H tegak :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:28
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 5:16

gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.

udah ok ganti CVTF per 20rb km.

tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.

krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)

Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)
Terus ini tetep ganti tiap 20 ribu? Mayan mahal soalnya q8 ini drpd aslinya :big_think:

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Iya seperti itu ndut2annya. Pas mau berenti (semisal tll drastis perubahan kecepatannya) dan kalau abis deselerasi lgs akselerasi lg tapi hanya pas kecepatan rendah. Itu bisa dobel nyentak. Kalau nyetirnya bener2 sopan ya ngga.

AC nyala atau ngga ga ada beda.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by AbdulHakim »

cybrid wrote: Fri Oct 18, 2024 2:51
AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:28
cybrid wrote: Tue Oct 15, 2024 5:25

Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)

Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)
Terus ini tetep ganti tiap 20 ribu? Mayan mahal soalnya q8 ini drpd aslinya :big_think:

Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Iya seperti itu ndut2annya. Pas mau berenti (semisal tll drastis perubahan kecepatannya) dan kalau abis deselerasi lgs akselerasi lg tapi hanya pas kecepatan rendah. Itu bisa dobel nyentak. Kalau nyetirnya bener2 sopan ya ngga.

AC nyala atau ngga ga ada beda.
idem ditto
absoesilo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Jun 13, 2023 6:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner 2GD Innova Zenix V Hybrid

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by absoesilo »

Ada yg punya rekomendasi tukang betulin plafon CRV Turbo Prestige 2017

Dari bbrp tukang minta 3-4jt. lumayan juga ya, karena ada yg patah dan mesti di ganti spare partnya.

Mohon petunjuknya.
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

Permisi, numpang tanya lagi.

Saya coba ganti head unit saya, krn yg bawaan ga ada android auto. Saya pasang kenwood 9018 saya yang lama.

Pertanyaan saya, kendali kamera belakang sebenernya bisa difungsikan atau tidak ya (skrg nyangkut di posisi dekat saja)

Terus ada 1 soket 12 pin yang saya ga tau fungsinya. Apakah di sini ada yang tau?
Saya coba cabut seperti tidak ada fungsinya ketika masih pakai head unit aslinya
(yang saya nemu fungsinya cuma soket utama, antene radio, antene gps, dan kamera belakang)

Terus minta pengalaman yang pernah ganti hu juga. Yang paling memuaskan so far apa ya.

Thanks.
frostbitez88
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Apr 26, 2024 12:30
Location: Jakarta

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by frostbitez88 »

AbdulHakim wrote: Fri Oct 18, 2024 4:01
cybrid wrote: Fri Oct 18, 2024 2:51
AbdulHakim wrote: Tue Oct 15, 2024 6:28
iya sama, istri saya juga mengalami kondisi seperti itu di CRV nya, dia bilang kalau abis ngerem terus mau akselerasi lagi terasa ndut-ndutan, kalau saya bilangnya jerky, saya coba agak berkurang jerkynya kalo bawanya smooth banget dalam artian abis deselerasi pas mau ngegas lagi musti diurut gasnya secara gradually smooth.
oh iya saya juga udah ganti pake Q8 CVT EVO, tapi masih terjadi.
saya biarin saja, karena belum ada waktu buat solve problem tersebut.

Tolong dishare aja di sini om, kalo udah dapat solusinya :big_deal:
Iya seperti itu ndut2annya. Pas mau berenti (semisal tll drastis perubahan kecepatannya) dan kalau abis deselerasi lgs akselerasi lg tapi hanya pas kecepatan rendah. Itu bisa dobel nyentak. Kalau nyetirnya bener2 sopan ya ngga.

AC nyala atau ngga ga ada beda.
idem ditto
Lah iya sama, kirain penyakit di saya aja, soalnya baru ngangkat bekas km gondrong 120.000, makin berasa setelah ganti per lendiran (karena makin instant respons nya) kalo boleh tag ane juga kalo uda nemu solusinya hehe
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

Permisi, mau numpang tanya lagi.
Saya dengar ada bunyi dengung (suaranya seperi bunyi pompa power steering rusak) ketika kompresor ac nyala, suaranya ikut rpm.
ACnya sendiri dingin, ga pernah ada masalah.
Yang lain pernah ngalamin / tidak ya?

Thanks.
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Sandaljepit »

ijin tanya om2
crv turbo prestige 2017 tangan pertama dr baru
km 32rb an
klo belok kanan ... setir kayak nendang dikit ( mental )
apakah itu eps nya kena?
klo perbaikan brp ya om ?
disby dimana om ?
klo ganti di beres brp ya om

makasi om 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by AbdulHakim »

izin nanya om-om sekalian
saya niat mau peremajaan kaki-kaki depan CRV Turbo, karena sudah mulai terdengar bermasalah di sektor tersebut.
kira-kira apa saja part-part yang lazim diganti?
lebih detail, lebih baik
syukur-syukur kalo ada yang bisa ngasih gambar owner manual sektor kaki-kaki CRV Turbo
terimakasih sebelum dan sesudahnya

edit:
Suspension.png
5. 2017-2020 Honda CR-V - Rubber L Front Spring Seat 51694-TLA-A01
7. Dust Cover 51686-TLA-A01
8. 2017-2021 Honda Rubber L Front Spring Mount (Upper) 51403-TEX-R01
9. Bumper 51722-TRT-A01
11. Strut Bearing 51726-TBA-A01
12. Strut Mount 51670-TLA-A01
13. Lower Ball Joint 51220-TLA-A51
14. 2017-2020 Honda CR-V - Arm L Front (Lower) 51360-TLA-A71
18. Stabilizer Link 51320-TRN-H03
Knuckle.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

cybrid wrote: Mon Dec 23, 2024 8:02 Permisi, mau numpang tanya lagi.
Saya dengar ada bunyi dengung (suaranya seperi bunyi pompa power steering rusak) ketika kompresor ac nyala, suaranya ikut rpm.
ACnya sendiri dingin, ga pernah ada masalah.
Yang lain pernah ngalamin / tidak ya?

Thanks.
update
Saya coba ganti oli kompresor dan refill freon.
Suara berkurang (masih ada bunyi, tapi ud ga terlalu kencang) - kemungkinan memang kompresor acnya sudah mulai kena
Tapi bengkel ac kurangin isi freonnya.
Jadi sebelumnya bunyi kencang mungkin karena tekanan freon tinggi atau kurang olinya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11728
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by marmut »

cybrid wrote: Mon Dec 23, 2024 8:02 Permisi, mau numpang tanya lagi.
Saya dengar ada bunyi dengung (suaranya seperi bunyi pompa power steering rusak) ketika kompresor ac nyala, suaranya ikut rpm.
ACnya sendiri dingin, ga pernah ada masalah.
Yang lain pernah ngalamin / tidak ya?

Thanks.


bearing.

bisa bearing magnetic clutch, bisa juga bearing kompresor.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11728
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by marmut »

AbdulHakim wrote: Wed Jan 22, 2025 13:31 izin nanya om-om sekalian
saya niat mau peremajaan kaki-kaki depan CRV Turbo, karena sudah mulai terdengar bermasalah di sektor tersebut.
kira-kira apa saja part-part yang lazim diganti?
lebih detail, lebih baik
syukur-syukur kalo ada yang bisa ngasih gambar owner manual sektor kaki-kaki CRV Turbo
terimakasih sebelum dan sesudahnya

edit:
Suspension.png
5. 2017-2020 Honda CR-V - Rubber L Front Spring Seat 51694-TLA-A01
7. Dust Cover 51686-TLA-A01
8. 2017-2021 Honda Rubber L Front Spring Mount (Upper) 51403-TEX-R01
9. Bumper 51722-TRT-A01
11. Strut Bearing 51726-TBA-A01
12. Strut Mount 51670-TLA-A01
13. Lower Ball Joint 51220-TLA-A51
14. 2017-2020 Honda CR-V - Arm L Front (Lower) 51360-TLA-A71
18. Stabilizer Link 51320-TRN-H03
Knuckle.png



peremajaan total? odo dan umur berapa?
kalo udah lewat 50rb km dan/ atau 5 tahun, mending ganti :
- shock depan belakang + support shock
- bearing support depan.
- tie rod + rack end.
- ball joint.
- link stabil.
- bushing stabil.

untuk bushing arm musti cek fisik langsung.
dust cover #7 diintip dulu, misal sobek ya ganti.
#8 belum pernah nemu kasus sampe rusak dlm pemakaian normal.
#9 ganti aja sekalian.
cybrid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by cybrid »

marmut wrote: Fri Jan 24, 2025 7:03
cybrid wrote: Mon Dec 23, 2024 8:02 Permisi, mau numpang tanya lagi.
Saya dengar ada bunyi dengung (suaranya seperi bunyi pompa power steering rusak) ketika kompresor ac nyala, suaranya ikut rpm.
ACnya sendiri dingin, ga pernah ada masalah.
Yang lain pernah ngalamin / tidak ya?

Thanks.


bearing.

bisa bearing magnetic clutch, bisa juga bearing kompresor.
Kemungkinan bearing kompresor yang di dalem seh ini, mungkin pernah kurang oli jadi kena itu internalsnya
Jadi ya udah lah, pake dulu aja n ngarep ngga makin parah, setidaknya sampe ganti tunggangan :big_biglaugh:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by AbdulHakim »

marmut wrote: Fri Jan 24, 2025 7:11
AbdulHakim wrote: Wed Jan 22, 2025 13:31 izin nanya om-om sekalian
saya niat mau peremajaan kaki-kaki depan CRV Turbo, karena sudah mulai terdengar bermasalah di sektor tersebut.
kira-kira apa saja part-part yang lazim diganti?
lebih detail, lebih baik
syukur-syukur kalo ada yang bisa ngasih gambar owner manual sektor kaki-kaki CRV Turbo
terimakasih sebelum dan sesudahnya

edit:
Suspension.png
5. 2017-2020 Honda CR-V - Rubber L Front Spring Seat 51694-TLA-A01
7. Dust Cover 51686-TLA-A01
8. 2017-2021 Honda Rubber L Front Spring Mount (Upper) 51403-TEX-R01
9. Bumper 51722-TRT-A01
11. Strut Bearing 51726-TBA-A01
12. Strut Mount 51670-TLA-A01
13. Lower Ball Joint 51220-TLA-A51
14. 2017-2020 Honda CR-V - Arm L Front (Lower) 51360-TLA-A71
18. Stabilizer Link 51320-TRN-H03
Knuckle.png



peremajaan total? odo dan umur berapa?
kalo udah lewat 50rb km dan/ atau 5 tahun, mending ganti :
- shock depan belakang + support shock
- bearing support depan.
- tie rod + rack end.
- ball joint.
- link stabil.
- bushing stabil.

untuk bushing arm musti cek fisik langsung.
dust cover #7 diintip dulu, misal sobek ya ganti.
#8 belum pernah nemu kasus sampe rusak dlm pemakaian normal.
#9 ganti aja sekalian.
terimakasih suhu atas masukannya.
odo 62rb-an dan udah 7 tahun-an
tadi siang sudah masuk bengkel resmi Honda langganan, dari hasil pengecekan mekanik, item yang diganti shock depan ka-ki, shock supportnya ka-ki, bearing support/damper ka-ki yang udah pecah.
ntar sore pas ngambil, bakal dievaluasi apakah keluhan sudah hilang.
untuk item-item: tie rod + rack end, ball joint, dan bushing stabil, bisa dijadwalkan saat kunjungan berikutnya.
sedangkan link stabil, sudah pernah diganti tahun lalu seingat saya.
Terimakasih om -suhu SM- marmut (sambil salim)
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by ctopher7 »

mbah suhu sekalian pengen nanya, penasaran lebih preferable mana: crv rw turbo (trim bebas) atau tiguan yang sebelum allspace 5 seater (tapi udah new model)

bicarain:
- driving dynamics + nvh (termasuk wet dct vs cvt honda)
- maintainability sama repairability (ternasuk harga benerinnya kalo kenapa napa)

fitur kyk head unit,pano sunroof, audio ga gitu penting karna saya ga tralu pake juga

nuhun
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by AbdulHakim »

ctopher7 wrote: Fri Jan 24, 2025 8:59 mbah suhu sekalian pengen nanya, penasaran lebih preferable mana: crv rw turbo (trim bebas) atau tiguan yang sebelum allspace 5 seater (tapi udah new model)

bicarain:
- driving dynamics + nvh (termasuk wet dct vs cvt honda)
- maintainability sama repairability (ternasuk harga benerinnya kalo kenapa napa)

fitur kyk head unit,pano sunroof, audio ga gitu penting karna saya ga tralu pake juga

nuhun
Saya belum pernah punya atau coba Tiguan, jadi maaf saya ga bisa comment ya om 🙏🏻😁
Semoga ada suhu-suhu SM yang baca dan kasih saran.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Fri Jan 24, 2025 8:59 mbah suhu sekalian pengen nanya, penasaran lebih preferable mana: crv rw turbo (trim bebas) atau tiguan yang sebelum allspace 5 seater (tapi udah new model)

bicarain:
- driving dynamics + nvh (termasuk wet dct vs cvt honda)
- maintainability sama repairability (ternasuk harga benerinnya kalo kenapa napa)

fitur kyk head unit,pano sunroof, audio ga gitu penting karna saya ga tralu pake juga

nuhun

Nubi nemu vidio






Selebihnya bs test drive sendiri :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by nicholasmun »

Ane ada isu bau-bauan nih di CRV 2021 ane.

Kalo posisi mobil di belakang truk ngebul sesekali bau asapnya masuk ke kabin, walaupun AC udah di set tombol loop. Gak tiap kali sih, sesekali aja.
Filter AC udah diganti baru, tetep aja gitu. Jendela selalu tertutup rapat.

Pas ane tanya ke SA, kata SA ane:
Dibelakang bumper ada jendela sirkulasi udara luar dan dalam jendela penutupnya terbuat dari karet jadi bisa masuk dari situ udara luar ya. Posisi di bumper belakang.

Tapi ane blm sempet ngecek ke Beres. Belum ada waktu.

Om2 disini ada yg pernah ngalamin kah? Dan ada possible solution apa gitu yg harus ane cek? Service AC kah?