Bensin campur olie. Guna nya apa..?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Bensin campur olie. Guna nya apa..?
Pengen tau doang. Apa fungsi olie dalam campuran bbm yg digunakan di mesin 2 tak...?
Yg punya pengalaman dgn Vespa antik or 2 tak lainnya pls sharing ya..
Biar knalpot nggak karatan... aaah.. yg bener. Masa cuman itu doang..
Yg punya pengalaman dgn Vespa antik or 2 tak lainnya pls sharing ya..
Biar knalpot nggak karatan... aaah.. yg bener. Masa cuman itu doang..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri May 25, 2007 8:46
- Location: Balikpapan
Kalau motor 2tax:
Bensin dicampur oli = bensin + oli samping
Jadi ya nggak perlu tanki oli samping diisi. Resikonya ratio campuran ndak akurat.
Knalpot dikasih oli biasanya untuk motor 4tax.
Efeknya bisa memperpanjang umur knalpot, biar nggak cepat kropos.
Kalau motor 2 tax sih kurang kerjaan kali...
Bensin dicampur oli = bensin + oli samping
Jadi ya nggak perlu tanki oli samping diisi. Resikonya ratio campuran ndak akurat.
Knalpot dikasih oli biasanya untuk motor 4tax.
Efeknya bisa memperpanjang umur knalpot, biar nggak cepat kropos.
Kalau motor 2 tax sih kurang kerjaan kali...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
jaman dulu banget, motor 2 tak gak pake oli samping. so, buat jaga umur piston, bensin pun dicampur oli. motor sekarang sih gak perlu lagi karena uda punya tempat oli samping.
taunya dari temen gw
taunya dari temen gw
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kamsud ane itu mengapa bbm mesin 2 tak perlu bbm campuran..? Ntah itu dari samping atau manual. Kenapa nggak premium 100% seperti mesin 4 tak..??fxsuprapto wrote:Kalau motor 2tax:
Bensin dicampur oli = bensin + oli samping
Jadi ya nggak perlu tanki oli samping diisi. Resikonya ratio campuran ndak akurat.
Knalpot dikasih oli biasanya untuk motor 4tax.
Efeknya bisa memperpanjang umur knalpot, biar nggak cepat kropos.
Kalau motor 2 tax sih kurang kerjaan kali...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
kalo pada 2 tak, oli mesin hanya untuk transmisi. bukan untuk piston.
Dari http://en.wikipedia.org/wiki/Two-stroke_cycle
Lubrication
Two-stroke engines often have a simple lubrication system in which a special two-stroke oil is mixed with the fuel, (then known as 'petroil' from "petrol" + "oil") and therefore reaches all moving parts of the engine. Handheld devices using this method of lubrication have the advantage of operating in any orientation since there is no oil reservoir which would be dependent upon gravity for proper function.
yg saya juga bingung, kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... pdhal pistonnya sama2 gerak..
http://www.keveney.com/twostroke.html
http://science.howstuffworks.com/two-stroke1.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Four-stroke_cycle
tolong donk yg ahli mesin jelasin.....
Dari http://en.wikipedia.org/wiki/Two-stroke_cycle
Lubrication
Two-stroke engines often have a simple lubrication system in which a special two-stroke oil is mixed with the fuel, (then known as 'petroil' from "petrol" + "oil") and therefore reaches all moving parts of the engine. Handheld devices using this method of lubrication have the advantage of operating in any orientation since there is no oil reservoir which would be dependent upon gravity for proper function.
yg saya juga bingung, kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... pdhal pistonnya sama2 gerak..
http://www.keveney.com/twostroke.html
http://science.howstuffworks.com/two-stroke1.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Four-stroke_cycle
tolong donk yg ahli mesin jelasin.....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28
ya emang karena desain mesin nya beda om...hunter wrote:kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... pdhal pistonnya sama2 gerak..
2-tak..ama 4-tak...
secara kan udah ente tulis...bahwa kalo di motor 2-tak emang perlu pelumasan...
yg jelas sih...dengan RPM yg sama...mesin 2-tak punya tenaga setidaknya 2x nya mesin 4-tak...
masih inget kan...? jaman GP-500... itu mesin kan 2-tak 500 cc...
setelah dijadikan MotoGP...pake mesin 4-tak...dengan cc 900...
nah...karena kerjanya lebih keras...si piston dituntut untuk mendapat pelumasan yang lebih sempurna...
yang tidak terbebani oleh gravitasi...kan kalo harus angkat oli dari bak oli, perlu pompa oli untuk angkat ke sebelah atas...
yg lain lagi...mesin 2-tak gak pake klep untuk mendapatkan kompresi mesin..tapi memanfaatkan piston untuk buka-tutup lubang intake & exhaust...
disitu juga ada kemungkinan oli mesin masuk ke intake dan exhaust...
makanya di 2-tak sering kejadian piston macet...lantaran oli samping telat masuk...atau kurang campuran...
begono dari ane...ade yg mo nambahin...?
CMIIW...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Ada pencerahan. Thanks for sharing.
Tapi ada jg masih ada yg bikin bingung. Mungkin "khayalan" gw yg salah...
Bukannya olie itu dah menyatu dgn BBM dan akan terbakar di ruang bakar. Kenapa masih bisa berfungsi untuk melumasi..? Even nggak terbakar pun, kayaknya 5 ltr bensin + 1/4 liter oli nggak bakal bisa berfungsi sebagai pelumas. Ini cuma "khayalan" lho...
cuman iseng2 doang, lg teringat di mesin 4 tak kalo ruang bakar kemasukan olie bisa jadi masalah. Sebaliknya di mesin 2 tak, BBM malah dicampur oli...
Tapi ada jg masih ada yg bikin bingung. Mungkin "khayalan" gw yg salah...
Bukannya olie itu dah menyatu dgn BBM dan akan terbakar di ruang bakar. Kenapa masih bisa berfungsi untuk melumasi..? Even nggak terbakar pun, kayaknya 5 ltr bensin + 1/4 liter oli nggak bakal bisa berfungsi sebagai pelumas. Ini cuma "khayalan" lho...
cuman iseng2 doang, lg teringat di mesin 4 tak kalo ruang bakar kemasukan olie bisa jadi masalah. Sebaliknya di mesin 2 tak, BBM malah dicampur oli...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
Butel bgt penjelasan bro weechoo. pada dasarnya mesin 2 tak maupun 4 tak perlu pelumasan. klo ngak ada pelumasan pada piston gw rasa baru di nyalain 2 menit aja cylinder sama piston pasti hancur.weechoo wrote:ya emang karena desain mesin nya beda om...hunter wrote:kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... pdhal pistonnya sama2 gerak..
2-tak..ama 4-tak...
secara kan udah ente tulis...bahwa kalo di motor 2-tak emang perlu pelumasan...
yg jelas sih...dengan RPM yg sama...mesin 2-tak punya tenaga setidaknya 2x nya mesin 4-tak...
masih inget kan...? jaman GP-500... itu mesin kan 2-tak 500 cc...
setelah dijadikan MotoGP...pake mesin 4-tak...dengan cc 900...
nah...karena kerjanya lebih keras...si piston dituntut untuk mendapat pelumasan yang lebih sempurna...
yang tidak terbebani oleh gravitasi...kan kalo harus angkat oli dari bak oli, perlu pompa oli untuk angkat ke sebelah atas...
yg lain lagi...mesin 2-tak gak pake klep untuk mendapatkan kompresi mesin..tapi memanfaatkan piston untuk buka-tutup lubang intake & exhaust...
disitu juga ada kemungkinan oli mesin masuk ke intake dan exhaust...
makanya di 2-tak sering kejadian piston macet...lantaran oli samping telat masuk...atau kurang campuran...
begono dari ane...ade yg mo nambahin...?
CMIIW...
ホンダ NSR レヌ バィク
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Kalo sudah cerah, tinggal dijernihin aja ya bos, biar yakin.uch wrote:Ada pencerahan. Thanks for sharing.
lha buktinya dengan ,misal, 5ltr bnsin+1/4oli itu, mesin 2t bisa jalan kan, piston gak macet, berarti itu tandanya tuh oli samping dengan formula segitu sudah bisa dianggap untuk melumasi. Beres, jangan bingung lagi, lihat faktanya saja.uch wrote:Tapi ada jg masih ada yg bikin bingung. Mungkin "khayalan" gw yg salah...
Bukannya olie itu dah menyatu dgn BBM dan akan terbakar di ruang bakar. Kenapa masih bisa berfungsi untuk melumasi..? Even nggak terbakar pun, kayaknya 5 ltr bensin + 1/4 liter oli nggak bakal bisa berfungsi sebagai pelumas. Ini cuma "khayalan" lho...
rancangannya mesin 2t adalah bensin plus oli. Kenapa bensin+oli, karena rancangan mesinnya yang sederhana, menuntut demikian. Mesin memang OK, tapi lalu dianggap tidak ramah lingkungan karena bensin+oli bikin berasap dan polusinya tinggi. Kemudian rancangan kedua, mesin 4t, oli sebagai pelumas mesin dan transmisi. Sebenarnya oli tidak ikut terbakar (sedikit mungkin) karena dikeringkan kembali oleh ring piston saat piston turun. Tapi andaipun oli ikut terbakar, sebenarnya secara mesin GAK APA2 (tenaga gak begitu terpengaruh kan), cuma tingkat pencemaran udaranya jadi lebih tinggi dan berasap, plus piston jadi cepat kotor. Jadi yang memasalahkan sebenarnya orangnya, karena mesinnya jadi berasap. GITU.uch wrote:cuman iseng2 doang, lg teringat di mesin 4 tak kalo ruang bakar kemasukan olie bisa jadi masalah. Sebaliknya di mesin 2 tak, BBM malah dicampur oli...
jadi menurut gw sih, kenapa bensin+oli? Cuma karena mengikuti rancangan mesinnya yang mungkin waktu itu masih sederhana, jadi oli terpaksa dialirkan bersama bensin utk melumasi piston. Campuran bahan bakar sebenarnya adalah bensin+udara, sejatinya oli cuma pelumas.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri May 25, 2007 8:46
- Location: Balikpapan
Untuk mesin 4 tax tidak memerlukan campuran pelumas pada bahan bakar karena umumnya sudah menerapkan sistem splash (cipratan).
Cipratan diperoleh dari stang piston yang nyemplung kedalam wadah oil pan.
Karena oli dari bawah maka tidak terbakar. Berbeda dengan 2 tax yang oli dimasukan dari ruang bakar, mangkanya harus selalu diisi.
Cipratan diperoleh dari stang piston yang nyemplung kedalam wadah oil pan.
Karena oli dari bawah maka tidak terbakar. Berbeda dengan 2 tax yang oli dimasukan dari ruang bakar, mangkanya harus selalu diisi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
mesin 4 tak piston, pen piston dan bearing kruk as sudah direndam oli, sudah kena oli mesin, bisa sistem splash (percik) ato sistem tekan (sump), jadi, bensin gak diberi oli karena bensin ada di atas piston, dan di atas piston gak perlu pelumasan, untuk dinding silinder pelumasan dari gerak piston naik-turun, dan biar pelumas gak bocor ke ruang bakar diberi ring oli, kalo mesin 2 tak, meski bearing kruk as ada yang ikut pelumasan gearboks, tapi untuk pen dan piston gak ada yang melumasi. di ruang kompresi primer terpisah dengan gearboks supaya bisa melakukan langkah isap dan bilas. maka dari itu, bahan bakar yang melalui tempat pen dan piston tadi diberi oli buat pelumasan. oli tidak terbakar selama tidak dibakar. kalo pas dibakar di ruang pembakaran ya harus terbakar. Itu sebabnya, oli 2 tak harus mudah terbakaqr biar smokeless, tapi harus tetap melumasi dan tidak dterbakar sebelum benar2 dibakar. Oli yang nempel di dinding silinder n piston relatif masih ada, meski ada sedikit yang terbakar.
kalo gak dikasih oli campur ya macetlah piston dan bagian2 yang bergesekan pada ruang kompresi primer mesin 2 tak.
kalo gak dikasih oli campur ya macetlah piston dan bagian2 yang bergesekan pada ruang kompresi primer mesin 2 tak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Terang terus terus terang, dulu saya buat threads ini karena ada rencana mau mencampur premium 70 liter+oli mesin 2 tak 1 liter. Konon katenye di salah satu web, tarikan lebih maknyoss dan fuel pump yg terendam di tangki jauuuh lebih awet. Jadi sebelum realisasi, coba cari ngelmu dulu dari suhu2 mesin ttg olie 2 tak...
For sharing, itu "percobaan" udah dilaksanakan. 70 liter premium+0.5 liter oli 2 tak, kemudian naik lain plus 1 liter, ketiga kali naik lagi jadi 1.5 liter. Kalo soal tarikan, hasilnya cuman so-so. Alias tak terasa.
Tapi setelah baca2 threads, plus diskusi dgn orang yg lebih berpengalaman, kayaknya (masih kayaknya, belum yakin 100%) saya percaya bisa bikin awet fuel pump yg type kerendam di tangki bensin.
Udah dua kali dan Rencanaya "ritual" itu dilaksanakan 1 x 5000 km. Jgn ditanya darimana datangnya 5000km, itu "suka-suka" gw doang.. he..he..he..
EDIT:
Ini hanya sharing dan jg ungkapan terima kasih buat yg udah sharing ttg olie 2 tak, bukan ajakan untuk melakukan "ritual" yg sama.. .
For sharing, itu "percobaan" udah dilaksanakan. 70 liter premium+0.5 liter oli 2 tak, kemudian naik lain plus 1 liter, ketiga kali naik lagi jadi 1.5 liter. Kalo soal tarikan, hasilnya cuman so-so. Alias tak terasa.
Tapi setelah baca2 threads, plus diskusi dgn orang yg lebih berpengalaman, kayaknya (masih kayaknya, belum yakin 100%) saya percaya bisa bikin awet fuel pump yg type kerendam di tangki bensin.
Udah dua kali dan Rencanaya "ritual" itu dilaksanakan 1 x 5000 km. Jgn ditanya darimana datangnya 5000km, itu "suka-suka" gw doang.. he..he..he..
EDIT:
Ini hanya sharing dan jg ungkapan terima kasih buat yg udah sharing ttg olie 2 tak, bukan ajakan untuk melakukan "ritual" yg sama.. .
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
bensin campur oli gunanya untuk membuat mesin jadi awet karena membantu pelumasan komponen geraknya jadi ga cepet aus tapi klo sekarang ga ada lagi yg pelu di campur coz motor 2 tak udah terpisah tempat oli samping dg bensinnya. biasanya bensin campur oli untuk motor2 tua n vespa jaman dulu. pompa oli memang ada yg kerendem oli ada yg enggak, klo bukan tipe kerendem oli ya jangan dipaksakan direndam tar malah pompa olinya rusak akibatnya piston bisa cepet aus n tekanan kompresi bocor alias ngebul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta