Bensin campur olie. Guna nya apa..?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Bensin campur olie. Guna nya apa..?

Post by uch »

Pengen tau doang. Apa fungsi olie dalam campuran bbm yg digunakan di mesin 2 tak...?

Yg punya pengalaman dgn Vespa antik or 2 tak lainnya pls sharing ya..

Biar knalpot nggak karatan... aaah.. yg bener. Masa cuman itu doang.. :D
fxsuprapto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri May 25, 2007 8:46
Location: Balikpapan

Post by fxsuprapto »

Kalau motor 2tax:
Bensin dicampur oli = bensin + oli samping
Jadi ya nggak perlu tanki oli samping diisi. Resikonya ratio campuran ndak akurat.

Knalpot dikasih oli biasanya untuk motor 4tax.
Efeknya bisa memperpanjang umur knalpot, biar nggak cepat kropos.
Kalau motor 2 tax sih kurang kerjaan kali...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

jaman dulu banget, motor 2 tak gak pake oli samping. so, buat jaga umur piston, bensin pun dicampur oli. motor sekarang sih gak perlu lagi karena uda punya tempat oli samping.
taunya dari temen gw
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

fxsuprapto wrote:Kalau motor 2tax:
Bensin dicampur oli = bensin + oli samping
Jadi ya nggak perlu tanki oli samping diisi. Resikonya ratio campuran ndak akurat.

Knalpot dikasih oli biasanya untuk motor 4tax.
Efeknya bisa memperpanjang umur knalpot, biar nggak cepat kropos.
Kalau motor 2 tax sih kurang kerjaan kali...
Kamsud ane itu mengapa bbm mesin 2 tak perlu bbm campuran..? Ntah itu dari samping atau manual. Kenapa nggak premium 100% seperti mesin 4 tak..??
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

karena setahu saya yg minim soal mesin. mesin 2 tak itu membutuhkan pelumasan pada pistonnya. sedangkan pd mesin 4 tak, ente kurang ngerti, kenapa gak butuh pelumasan. emang dari sononya, rancangan mesin 2 tak butuh pelumasan pd pistonnya, n 4 tak gak perlu. hehehehe
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

oh ya... Bisa jg kali ya.. :D


Tapi bukannya pelumasan piston tetap dari olie mesin..?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

kalo pada 2 tak, oli mesin hanya untuk transmisi. bukan untuk piston.

Dari http://en.wikipedia.org/wiki/Two-stroke_cycle

Lubrication

Two-stroke engines often have a simple lubrication system in which a special two-stroke oil is mixed with the fuel, (then known as 'petroil' from "petrol" + "oil") and therefore reaches all moving parts of the engine. Handheld devices using this method of lubrication have the advantage of operating in any orientation since there is no oil reservoir which would be dependent upon gravity for proper function.

yg saya juga bingung, kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... :) pdhal pistonnya sama2 gerak..


http://www.keveney.com/twostroke.html
http://science.howstuffworks.com/two-stroke1.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Four-stroke_cycle

tolong donk yg ahli mesin jelasin.....:)
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

pada mesin 4 tak. Pelumas mesin bersirkulasi melalui lubang-lubang dan saluran yang kecil. Piston dan silinder di lumasi pula oleh oli. Tapi di sekat oleh ring piston. Ring piston juga ada jalur olinya, membuat ia agar tetap terlumasi.


Demikian, semoga gak tambah bingung... :)
User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Post by weechoo »

hunter wrote:kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... :) pdhal pistonnya sama2 gerak..
ya emang karena desain mesin nya beda om...
2-tak..ama 4-tak...
secara kan udah ente tulis...bahwa kalo di motor 2-tak emang perlu pelumasan...
yg jelas sih...dengan RPM yg sama...mesin 2-tak punya tenaga setidaknya 2x nya mesin 4-tak...
masih inget kan...? jaman GP-500... itu mesin kan 2-tak 500 cc...
setelah dijadikan MotoGP...pake mesin 4-tak...dengan cc 900...

nah...karena kerjanya lebih keras...si piston dituntut untuk mendapat pelumasan yang lebih sempurna...
yang tidak terbebani oleh gravitasi...kan kalo harus angkat oli dari bak oli, perlu pompa oli untuk angkat ke sebelah atas...

yg lain lagi...mesin 2-tak gak pake klep untuk mendapatkan kompresi mesin..tapi memanfaatkan piston untuk buka-tutup lubang intake & exhaust...
disitu juga ada kemungkinan oli mesin masuk ke intake dan exhaust...

makanya di 2-tak sering kejadian piston macet...lantaran oli samping telat masuk...atau kurang campuran...

begono dari ane...ade yg mo nambahin...?

CMIIW...
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Ada pencerahan. Thanks for sharing.

Tapi ada jg masih ada yg bikin bingung. Mungkin "khayalan" gw yg salah... :D

Bukannya olie itu dah menyatu dgn BBM dan akan terbakar di ruang bakar. Kenapa masih bisa berfungsi untuk melumasi..? Even nggak terbakar pun, kayaknya 5 ltr bensin + 1/4 liter oli nggak bakal bisa berfungsi sebagai pelumas. Ini cuma "khayalan" lho... :D

cuman iseng2 doang, lg teringat di mesin 4 tak kalo ruang bakar kemasukan olie bisa jadi masalah. Sebaliknya di mesin 2 tak, BBM malah dicampur oli...
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

weechoo wrote:
hunter wrote:kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas.... :) pdhal pistonnya sama2 gerak..
ya emang karena desain mesin nya beda om...
2-tak..ama 4-tak...
secara kan udah ente tulis...bahwa kalo di motor 2-tak emang perlu pelumasan...
yg jelas sih...dengan RPM yg sama...mesin 2-tak punya tenaga setidaknya 2x nya mesin 4-tak...
masih inget kan...? jaman GP-500... itu mesin kan 2-tak 500 cc...
setelah dijadikan MotoGP...pake mesin 4-tak...dengan cc 900...

nah...karena kerjanya lebih keras...si piston dituntut untuk mendapat pelumasan yang lebih sempurna...
yang tidak terbebani oleh gravitasi...kan kalo harus angkat oli dari bak oli, perlu pompa oli untuk angkat ke sebelah atas...

yg lain lagi...mesin 2-tak gak pake klep untuk mendapatkan kompresi mesin..tapi memanfaatkan piston untuk buka-tutup lubang intake & exhaust...
disitu juga ada kemungkinan oli mesin masuk ke intake dan exhaust...

makanya di 2-tak sering kejadian piston macet...lantaran oli samping telat masuk...atau kurang campuran...

begono dari ane...ade yg mo nambahin...?

CMIIW...
Butel bgt penjelasan bro weechoo. pada dasarnya mesin 2 tak maupun 4 tak perlu pelumasan. klo ngak ada pelumasan pada piston gw rasa baru di nyalain 2 menit aja cylinder sama piston pasti hancur.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

ya sudah pasti 2 tak maupun 4tak pistonnya butuh pelumasan... cuman cara kerjanya aja yang beda bos.. seperti penjelasan om wechooo itu sudah sangat jelas banget
Turbo Hayabusa

Image
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

ohhh gitu tohh.......
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

uch wrote:Ada pencerahan. Thanks for sharing.
Kalo sudah cerah, tinggal dijernihin aja ya bos, biar yakin.

uch wrote:Tapi ada jg masih ada yg bikin bingung. Mungkin "khayalan" gw yg salah... :D

Bukannya olie itu dah menyatu dgn BBM dan akan terbakar di ruang bakar. Kenapa masih bisa berfungsi untuk melumasi..? Even nggak terbakar pun, kayaknya 5 ltr bensin + 1/4 liter oli nggak bakal bisa berfungsi sebagai pelumas. Ini cuma "khayalan" lho... :D
lha buktinya dengan ,misal, 5ltr bnsin+1/4oli itu, mesin 2t bisa jalan kan, piston gak macet, berarti itu tandanya tuh oli samping dengan formula segitu sudah bisa dianggap untuk melumasi. Beres, jangan bingung lagi, lihat faktanya saja.
uch wrote:cuman iseng2 doang, lg teringat di mesin 4 tak kalo ruang bakar kemasukan olie bisa jadi masalah. Sebaliknya di mesin 2 tak, BBM malah dicampur oli...
rancangannya mesin 2t adalah bensin plus oli. Kenapa bensin+oli, karena rancangan mesinnya yang sederhana, menuntut demikian. Mesin memang OK, tapi lalu dianggap tidak ramah lingkungan karena bensin+oli bikin berasap dan polusinya tinggi. Kemudian rancangan kedua, mesin 4t, oli sebagai pelumas mesin dan transmisi. Sebenarnya oli tidak ikut terbakar (sedikit mungkin) karena dikeringkan kembali oleh ring piston saat piston turun. Tapi andaipun oli ikut terbakar, sebenarnya secara mesin GAK APA2 (tenaga gak begitu terpengaruh kan), cuma tingkat pencemaran udaranya jadi lebih tinggi dan berasap, plus piston jadi cepat kotor. Jadi yang memasalahkan sebenarnya orangnya, karena mesinnya jadi berasap. GITU.

jadi menurut gw sih, kenapa bensin+oli? Cuma karena mengikuti rancangan mesinnya yang mungkin waktu itu masih sederhana, jadi oli terpaksa dialirkan bersama bensin utk melumasi piston. Campuran bahan bakar sebenarnya adalah bensin+udara, sejatinya oli cuma pelumas.
semoga selamat sampai duluan
fxsuprapto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri May 25, 2007 8:46
Location: Balikpapan

Post by fxsuprapto »

Untuk mesin 4 tax tidak memerlukan campuran pelumas pada bahan bakar karena umumnya sudah menerapkan sistem splash (cipratan).

Cipratan diperoleh dari stang piston yang nyemplung kedalam wadah oil pan.
Karena oli dari bawah maka tidak terbakar. Berbeda dengan 2 tax yang oli dimasukan dari ruang bakar, mangkanya harus selalu diisi.
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

sepertinya sudah jelas nih, gunanya bensin campur
Turbo Hayabusa

Image
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Buset anak2 seraya motor pinter2 bgt yahh.......

Saluuutt!!!!! :e-clap: :e-clap: :e-clap:
FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12

Post by FARID »

apa keuntungan mesin 4 tak jika bensinya di campur oil seperti 2tak?
User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Post by weechoo »

FARID wrote:apa keuntungan mesin 4 tak jika bensinya di campur oil seperti 2tak?
kagak ada untungnya...
yg ada...rugi...
mesin blebek...kebasahan...
kompresi ilang...
kerak numpuk makin cepat...
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Post by Cloud »

mesin 4 tak piston, pen piston dan bearing kruk as sudah direndam oli, sudah kena oli mesin, bisa sistem splash (percik) ato sistem tekan (sump), jadi, bensin gak diberi oli karena bensin ada di atas piston, dan di atas piston gak perlu pelumasan, untuk dinding silinder pelumasan dari gerak piston naik-turun, dan biar pelumas gak bocor ke ruang bakar diberi ring oli, kalo mesin 2 tak, meski bearing kruk as ada yang ikut pelumasan gearboks, tapi untuk pen dan piston gak ada yang melumasi. di ruang kompresi primer terpisah dengan gearboks supaya bisa melakukan langkah isap dan bilas. maka dari itu, bahan bakar yang melalui tempat pen dan piston tadi diberi oli buat pelumasan. oli tidak terbakar selama tidak dibakar. kalo pas dibakar di ruang pembakaran ya harus terbakar. Itu sebabnya, oli 2 tak harus mudah terbakaqr biar smokeless, tapi harus tetap melumasi dan tidak dterbakar sebelum benar2 dibakar. Oli yang nempel di dinding silinder n piston relatif masih ada, meski ada sedikit yang terbakar.
kalo gak dikasih oli campur ya macetlah piston dan bagian2 yang bergesekan pada ruang kompresi primer mesin 2 tak.
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

mungkin mesin 2-tak sebentar lagi punah karena teknologinya sudah mentok, saringan CC(catalitic converternya) mahal.
Dan masalah emisi yang standarnya sudah mau euro 4.
no one's perfect
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Post by 123stu »

berarti, kalo mau bertahan, harganya bisa mahal dunk...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Terang terus terus terang, dulu saya buat threads ini karena ada rencana mau mencampur premium 70 liter+oli mesin 2 tak 1 liter. Konon katenye di salah satu web, tarikan lebih maknyoss dan fuel pump yg terendam di tangki jauuuh lebih awet. Jadi sebelum realisasi, coba cari ngelmu dulu dari suhu2 mesin ttg olie 2 tak... :D :D

For sharing, itu "percobaan" udah dilaksanakan. 70 liter premium+0.5 liter oli 2 tak, kemudian naik lain plus 1 liter, ketiga kali naik lagi jadi 1.5 liter. Kalo soal tarikan, hasilnya cuman so-so. Alias tak terasa.

Tapi setelah baca2 threads, plus diskusi dgn orang yg lebih berpengalaman, kayaknya (masih kayaknya, belum yakin 100%) saya percaya bisa bikin awet fuel pump yg type kerendam di tangki bensin.

Udah dua kali dan Rencanaya "ritual" itu dilaksanakan 1 x 5000 km. Jgn ditanya darimana datangnya 5000km, itu "suka-suka" gw doang.. he..he..he..


EDIT:

Ini hanya sharing dan jg ungkapan terima kasih buat yg udah sharing ttg olie 2 tak, bukan ajakan untuk melakukan "ritual" yg sama.. :D.
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

bensin campur oli gunanya untuk membuat mesin jadi awet karena membantu pelumasan komponen geraknya jadi ga cepet aus tapi klo sekarang ga ada lagi yg pelu di campur coz motor 2 tak udah terpisah tempat oli samping dg bensinnya. biasanya bensin campur oli untuk motor2 tua n vespa jaman dulu. pompa oli memang ada yg kerendem oli ada yg enggak, klo bukan tipe kerendem oli ya jangan dipaksakan direndam tar malah pompa olinya rusak akibatnya piston bisa cepet aus n tekanan kompresi bocor alias ngebul.
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

Jadi sia-sia dong usahamu? hihihihi
no one's perfect