Vario 125 esp
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Jan 26, 2017 17:56
Re: Vario 125 esp
quote
Selama punya motor ga pernah mratiin. Yg penting apa yg disarankan beres aja
Share dong Pak, Bp pakai cap apa olinya.
Utk matic saya pernah pakai amsoil signature series, q8 ft 8700, shell advance ultra
1 liter biasanya saya taroh di mesin 800 ml dan di gardan
Sebelum saya pakai oli mobil full sintetis, saya pakai shell scooter dan tiap minggu hrs isi air radiator, saat penggantian per 2000km saya ukur jg oli menguap.
Krn rute saya di jkt penah 95km sehari, 6 hari sminggu dan 2000km itu gak sampe sebulan
Saya baca2 forum2 dan saya coba, saya amati oli dan hingga 10rb, impresi saya gak banyak perubahan, saat pergantian oli pun saya ukur sama dan saya gak isi air radiator saat pake oli full sintetis
Jgn tanya data lab ya, hanya impresi saya
Utk oli motor kopling pun dulu saya hampir 2 thn pake motul 5100, dan skitar lebih dr 3 thn pake shell advance ultra yg edisi lama. Utk tahan panas saya perhatikan shell ultra lebih kuat dr motul 5100 utk tiger semi korekan, dan selalu ganti oli di rentang 2000-2500 km
Utk kendaraan oli megang peranan, tapi perlu diperhatikan bahan bakar, kondisi busi, air filter dsb
Based on my opinion ya ISS jg boros aki krn bandingin punya beberapa teman
Selama punya motor ga pernah mratiin. Yg penting apa yg disarankan beres aja
Share dong Pak, Bp pakai cap apa olinya.
Utk matic saya pernah pakai amsoil signature series, q8 ft 8700, shell advance ultra
1 liter biasanya saya taroh di mesin 800 ml dan di gardan
Sebelum saya pakai oli mobil full sintetis, saya pakai shell scooter dan tiap minggu hrs isi air radiator, saat penggantian per 2000km saya ukur jg oli menguap.
Krn rute saya di jkt penah 95km sehari, 6 hari sminggu dan 2000km itu gak sampe sebulan
Saya baca2 forum2 dan saya coba, saya amati oli dan hingga 10rb, impresi saya gak banyak perubahan, saat pergantian oli pun saya ukur sama dan saya gak isi air radiator saat pake oli full sintetis
Jgn tanya data lab ya, hanya impresi saya
Utk oli motor kopling pun dulu saya hampir 2 thn pake motul 5100, dan skitar lebih dr 3 thn pake shell advance ultra yg edisi lama. Utk tahan panas saya perhatikan shell ultra lebih kuat dr motul 5100 utk tiger semi korekan, dan selalu ganti oli di rentang 2000-2500 km
Utk kendaraan oli megang peranan, tapi perlu diperhatikan bahan bakar, kondisi busi, air filter dsb
Based on my opinion ya ISS jg boros aki krn bandingin punya beberapa teman
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: Vario 125 esp
Sedikit cerita, adik saya pakai vario 125 iss dulu pakai vario 110 karbu... dulu isi pkai premium skrg pakai pertalite, oli bm1 sae10-40. Yg jelas semenjak ganti dari vario 110 karbu ke 125 iss hasil nya: lebih irit, bagasi luas dan start up awalnya lebih halus.
Sisanya cukup ganti oli, filter udara DIY
Sisanya cukup ganti oli, filter udara DIY
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Vario 125 esp
Halo, om hehe.
Kalo beralih dari motor manual ke matic itu:
- Konsumsi bbm biasanya lebih boros. Apapun motor maticnya, kalo dibandingkan dengan manual yang setara (sama2 honda 125 cc) lebih boros yang matic.
- Kompenasisnya adalah: motor matic lebih nyaman. Jauh lebih nyaman. Pijakan kaki lebar, bukan sekedar setang pedal. Kaki gak repot ngatur gigi. Minim hentakan karena gak ngoper gigi. Getaran mesin yang terasa di badan lebih halus jadi ga gampang pegal2. Kompartemen (tempat penyimpanan barang) biasanya juga lebih banyak.
Untuk opsi motornya, kalo baru sekalian beli Vario 125cc ato 150cc Fi, helm-in. Jangan beli yang 110 apapun motornya (kecuali kalo badan kecil), apalagi yang masih karbu.
Kalo mau lebih gaya dan lebih nyaman untuk adventure, beli Nmax. Kaki bisa selonjoran. Display MID nya jauh lebih lengkap dibanding motor2 biasa. Tutup tangki di depan jadi ga perlu turun motor untuk isi bensin di spbu.
Kalo mau beli bekas, bisa pilih Yamaha atau Suzuki, karena harga bekasnya anjlok, padahal unit kadang masih bagus. Lumayan bisa hemat banyak. Tapi kalo nanti dijual lagi ya makin anjlok.
Kenapa 125/150cc? Karena tarikannya kuat. Nyelip2 gak lelet.
Kenapa helm-in? Supaya fungsional bisa muat sangat banyak. Motor helm-in juga dimensinya besar, ga gampang oleng kyk motor 110cc.
Selamat menikmati motor baru.
Kalo beralih dari motor manual ke matic itu:
- Konsumsi bbm biasanya lebih boros. Apapun motor maticnya, kalo dibandingkan dengan manual yang setara (sama2 honda 125 cc) lebih boros yang matic.
- Kompenasisnya adalah: motor matic lebih nyaman. Jauh lebih nyaman. Pijakan kaki lebar, bukan sekedar setang pedal. Kaki gak repot ngatur gigi. Minim hentakan karena gak ngoper gigi. Getaran mesin yang terasa di badan lebih halus jadi ga gampang pegal2. Kompartemen (tempat penyimpanan barang) biasanya juga lebih banyak.
Untuk opsi motornya, kalo baru sekalian beli Vario 125cc ato 150cc Fi, helm-in. Jangan beli yang 110 apapun motornya (kecuali kalo badan kecil), apalagi yang masih karbu.
Kalo mau lebih gaya dan lebih nyaman untuk adventure, beli Nmax. Kaki bisa selonjoran. Display MID nya jauh lebih lengkap dibanding motor2 biasa. Tutup tangki di depan jadi ga perlu turun motor untuk isi bensin di spbu.
Kalo mau beli bekas, bisa pilih Yamaha atau Suzuki, karena harga bekasnya anjlok, padahal unit kadang masih bagus. Lumayan bisa hemat banyak. Tapi kalo nanti dijual lagi ya makin anjlok.
Kenapa 125/150cc? Karena tarikannya kuat. Nyelip2 gak lelet.
Kenapa helm-in? Supaya fungsional bisa muat sangat banyak. Motor helm-in juga dimensinya besar, ga gampang oleng kyk motor 110cc.
Selamat menikmati motor baru.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Vario 125 esp
Iyaa betul
Cara berkendara yang tidak main betot gas, ngerem juga gak asal.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 247
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Vario 125 esp
Sperti kata om diatas, kenapa ya yamaha ama suzuki bekasnya anjlok? Suzuki klo menurut saya karna harga part mahal dan penjualan ga sebanyak yg 2 sisanya. Nah yamaha ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Vario 125 esp
yoi dari baru (2012) selalu premium, kalo lagi kehabisan kadang pertalit 25rb. Oli pake castrol 10w30
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Vario 125 esp
Yoi lumayan lah om. Anyway kalo motor om yang di post diatas itu vario 110 first gen ya? Kalo iya, kayaknya emang itu sih boros om. Matic honda semenjak esp irit2 kok om. Yah walaupun kalo dibandingin bebeknya yg udah fi sih masi iritan bebeknya, tp gabeda banyak lah
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Vario 125 esp
Comprehensive!!djia wrote:Halo, om hehe.
Kalo beralih dari motor manual ke matic itu:
- Konsumsi bbm biasanya lebih boros. Apapun motor maticnya, kalo dibandingkan dengan manual yang setara (sama2 honda 125 cc) lebih boros yang matic.
- Kompenasisnya adalah: motor matic lebih nyaman. Jauh lebih nyaman. Pijakan kaki lebar, bukan sekedar setang pedal. Kaki gak repot ngatur gigi. Minim hentakan karena gak ngoper gigi. Getaran mesin yang terasa di badan lebih halus jadi ga gampang pegal2. Kompartemen (tempat penyimpanan barang) biasanya juga lebih banyak.
Untuk opsi motornya, kalo baru sekalian beli Vario 125cc ato 150cc Fi, helm-in. Jangan beli yang 110 apapun motornya (kecuali kalo badan kecil), apalagi yang masih karbu.
Kalo mau lebih gaya dan lebih nyaman untuk adventure, beli Nmax. Kaki bisa selonjoran. Display MID nya jauh lebih lengkap dibanding motor2 biasa. Tutup tangki di depan jadi ga perlu turun motor untuk isi bensin di spbu.
Kalo mau beli bekas, bisa pilih Yamaha atau Suzuki, karena harga bekasnya anjlok, padahal unit kadang masih bagus. Lumayan bisa hemat banyak. Tapi kalo nanti dijual lagi ya makin anjlok.
Kenapa 125/150cc? Karena tarikannya kuat. Nyelip2 gak lelet.
Kenapa helm-in? Supaya fungsional bisa muat sangat banyak. Motor helm-in juga dimensinya besar, ga gampang oleng kyk motor 110cc.
Selamat menikmati motor baru.
Kompensasi nya saya catat. Dan ya, tempat nyimpan barang salah satu opsi yg wajib ada mengingat sering ke pasar dan bawa galon.
Nmax bukan pilihan krn susah bawa galon,
Vario 110 saya cukup bandel, hanya ganti part aki dan belt selama ini dan saya rasa wajar juga mengingat usianya. Hanya ya, boros. Skr dipakai komoter jarak dekat daja.
Siap, Pak
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Vario 125 esp
Ya benar, versi baru tampang lama. Krn dirawat rutin ya, jarang mogok. Puas.Ariazaki wrote:Yoi lumayan lah om. Anyway kalo motor om yang di post diatas itu vario 110 first gen ya? Kalo iya, kayaknya emang itu sih boros om. Matic honda semenjak esp irit2 kok om. Yah walaupun kalo dibandingin bebeknya yg udah fi sih masi iritan bebeknya, tp gabeda banyak lah
Masih penasaran dengan racun aerox dan lexi.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Vario 125 esp
Klo Oli sama BBM nya pake yg mahal banget mah jd ga irit pak, cth oli macam amsoil, Motul sdh 100++ AHM masih 45rb, daya tahannya pun +/- aja. BBM jg premium 6400, Pertamax 8900 sudah selisih +/- 20% , padahal kalo dilihat dr irit nya selisih ga sampe 15%.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Sep 28, 2014 21:35
Re: Vario 125 esp
Om geo: suzuki address itu kubikasi mesin 113cc dan pengalaman pp bekasi-kuningan skitar 60km skitar 2lt which is 30km/l tergantung tangan kanan..
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Mar 04, 2014 2:27
Re: Vario 125 esp
Beat aja kalo mau irit tapi oleng
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Vario 125 esp
Aerox itu bagasi muat helm gk ya ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun
ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun
ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Thu Feb 04, 2016 7:08
Re: Vario 125 esp
Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan
Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget
Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu Dec 11, 2014 10:20
Re: Vario 125 esp
Address nya boros banget mas, harian saya address ngitung konsiten di 42-44 kml ftf, shell regular, traffic JakartaDeckyArdeni wrote: βSun Apr 29, 2018 11:10 Om geo: suzuki address itu kubikasi mesin 113cc dan pengalaman pp bekasi-kuningan skitar 60km skitar 2lt which is 30km/l tergantung tangan kanan..
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Jan 29, 2017 9:26
Re: Vario 125 esp
g mau coba beat om?.... saya minggu kemarin tes beat esp 2018 odonya baru 200KM, metode full to full dapat 57km/L
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Vario 125 esp
Dulu ada temen kantor yang galau mo ambil ISS atau non ISS,
dengan selisih harga yang lumayan, dia jelasin soal keunggulan ISS..
saya cuma balik tanya;
"emang dari rumah (balaraja) ke kantor (bitung), ada berapa lampu merah ?"
dia gak jadi ambil ISS...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Vario 125 esp
Itu 40km jarak PP ato sekali jalan bro? Klo sekali jalan berarti 2 leter donk...motormatic wrote: βSat Apr 28, 2018 13:12 Saya Ada vario 125, bbmnya 40 - 45 kpl. Itu boros apa engga? kalo Saya sih tiap Hari habis sekitar 1 liter pertamax, karena jarak rumah - kantor kurang lebih 40 km.
Saya juga Ada vario 150 konsumsi bbmnya hampir sama, kondisi lalin Jakarta yah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1615
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Vario 125 esp
Yamaha yg bekasnya anjlok itu ada di kelas entry levelnya kayak mio , fino , soul GT , xeon karena boros , cvt lemot bikin ngeden, dek sempit dan velg legend dari 2004 geal geol gk diganti2Angelpesek wrote: βSun Apr 29, 2018 6:48 Sperti kata om diatas, kenapa ya yamaha ama suzuki bekasnya anjlok? Suzuki klo menurut saya karna harga part mahal dan penjualan ga sebanyak yg 2 sisanya. Nah yamaha ?
Tapi ....Kelas2 diatasnya OK banget , bebas keluhan di entry level dan fitur sama spesifikasi nya jauh lebih value for money dibanding honda dan dia resale valuenya juga nahan. Contohnya Nmax "15 beli 23 an pake 3th laku 21 an dan aerox 155 sy cek OLX masih 18jt barunya 22jt vario 150 nya malah lebih jatuh yg harga barunya cuma selisih dikit. Perkiraan saya Lexi jg bakal kyk nmax dan aerox 155 .
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1615
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Vario 125 esp
Saran saya buat TS coba dulu liat2 lexi siapa tahu cocok , karena saya lbh prefer ini daripada vario
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Vario 125 esp
hemat n bandel ya balik supra lagi yg helm in...hahhha praktis,klo banjir ngga perlu panik krn bkn cvt...dlu pernah pke vario 125 lwt banjir dlm bgt ud was2 aja...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Vario 125 esp
Hahaha ya, bebek memang juara...
Maaf saya tidak berminat dengan beat atau scoopy.
Vario 125 CBS, 19.450
Vario 125 ISS, 19.950
Vario 150, 23.200
Lexi S, 23.300
Aerox S, 29.200
Aerox 155 VVA (yg paling biasa) 24.850
Sedap banget harganya ya, di atas 20 juta hahaha...
Lexi menarik juga, tp aerox bagasi nya super luas serasa bawah jog kepakai bagasi semua.
Saya selama ini selalu beli Honda. Yamaha oke kah ya secara durability dll (standar lah pertanyaan user awam)
Kalo perihal fuel consumption uda banyak diceritakan di atas.
Ngelirik ke aerox nih, racun nya...
Maaf saya tidak berminat dengan beat atau scoopy.
Vario 125 CBS, 19.450
Vario 125 ISS, 19.950
Vario 150, 23.200
Lexi S, 23.300
Aerox S, 29.200
Aerox 155 VVA (yg paling biasa) 24.850
Sedap banget harganya ya, di atas 20 juta hahaha...
Lexi menarik juga, tp aerox bagasi nya super luas serasa bawah jog kepakai bagasi semua.
Saya selama ini selalu beli Honda. Yamaha oke kah ya secara durability dll (standar lah pertanyaan user awam)
Kalo perihal fuel consumption uda banyak diceritakan di atas.
Ngelirik ke aerox nih, racun nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Vario 125 esp
pcx mending wait and see karena banyak kasus sokbreker bengkok ....Xclub wrote: βSun Apr 29, 2018 15:20Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan
Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget
Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Vario 125 esp
Wahh,,sudah testdrive lexi om? Impresi tarikannya beda ya dengan mesin 125 yamaha lainnya? Cukup besar juga berarti yah bodynya,,menarikXclub wrote:Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan
Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget
Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
Kecewa soalnya waktu bawa mio m3 teman, tarikan lebih enak mio smile, kubikasi 125cc nya gak ngefek apa2, getaran ditelapak tangan bisa bikin kebas.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Thu Feb 04, 2016 7:08
Re: Vario 125 esp
Sebetulnya bukan bengkok om tapi lebih tepatnya miring, karena posisi tabung / suspensi dengan per nya memang tidak sejajar. Kasus sokbreaker yg gak presisi sebetulnya bukan yg pertama kali di motor honda tapi itu juga dialami oleh CBR saya meskipun cover pelindung suspensinya sampai baret2 karena bergesekan dengan per nya tapi masih aman dan nyaman kok, malah Nmax saya yg sokbreakernya lempeng tapi as penyangga sokbreakernya lemah sampai patah haha (btw nmax saya gen awal tahun 2015)
Belum om cuma coba dudukin dan nyalain mesinnya ajabero89 wrote: βMon Apr 30, 2018 4:01 Wahh,,sudah testdrive lexi om? Impresi tarikannya beda ya dengan mesin 125 yamaha lainnya? Cukup besar juga berarti yah bodynya,,menarik
Kecewa soalnya waktu bawa mio m3 teman, tarikan lebih enak mio smile, kubikasi 125cc nya gak ngefek apa2, getaran ditelapak tangan bisa bikin kebas.
Tapi berdasarkan beberapa review blogger dan media otomotif ternama di youtube performanya memang tidak jauh berbeda dengan Nmax yg sama2 VVA karena memang basisnya sama
Nah kalau mesin mio 125 series memang payah om seperti komen saya di page sebelumnya memang lebih baik mesin beat esp series walaupun cuma 110cc tapi lebih irit dan lebih responsif akselerasinya. Kebetulan adik saya pernah pakai mio m3 2017 dan sekarang sudah diganti nmax setelah sering pinjam nmax saya