Vario 125 esp

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rbspj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Jan 26, 2017 17:56

Re: Vario 125 esp

Post by Rbspj »

quote
Selama punya motor ga pernah mratiin. Yg penting apa yg disarankan beres aja :|
Share dong Pak, Bp pakai cap apa olinya.

Utk matic saya pernah pakai amsoil signature series, q8 ft 8700, shell advance ultra
1 liter biasanya saya taroh di mesin 800 ml dan di gardan
Sebelum saya pakai oli mobil full sintetis, saya pakai shell scooter dan tiap minggu hrs isi air radiator, saat penggantian per 2000km saya ukur jg oli menguap.
Krn rute saya di jkt penah 95km sehari, 6 hari sminggu dan 2000km itu gak sampe sebulan
Saya baca2 forum2 dan saya coba, saya amati oli dan hingga 10rb, impresi saya gak banyak perubahan, saat pergantian oli pun saya ukur sama dan saya gak isi air radiator saat pake oli full sintetis
Jgn tanya data lab ya, hanya impresi saya
Utk oli motor kopling pun dulu saya hampir 2 thn pake motul 5100, dan skitar lebih dr 3 thn pake shell advance ultra yg edisi lama. Utk tahan panas saya perhatikan shell ultra lebih kuat dr motul 5100 utk tiger semi korekan, dan selalu ganti oli di rentang 2000-2500 km


Utk kendaraan oli megang peranan, tapi perlu diperhatikan bahan bakar, kondisi busi, air filter dsb

Based on my opinion ya ISS jg boros aki krn bandingin punya beberapa teman
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Vario 125 esp

Post by ABEDUL »

Sedikit cerita, adik saya pakai vario 125 iss dulu pakai vario 110 karbu... dulu isi pkai premium skrg pakai pertalite, oli bm1 sae10-40. Yg jelas semenjak ganti dari vario 110 karbu ke 125 iss hasil nya: lebih irit, bagasi luas dan start up awalnya lebih halus.

Sisanya cukup ganti oli, filter udara DIY
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Vario 125 esp

Post by djia »

Halo, om hehe.

Kalo beralih dari motor manual ke matic itu:
- Konsumsi bbm biasanya lebih boros. Apapun motor maticnya, kalo dibandingkan dengan manual yang setara (sama2 honda 125 cc) lebih boros yang matic.
- Kompenasisnya adalah: motor matic lebih nyaman. Jauh lebih nyaman. Pijakan kaki lebar, bukan sekedar setang pedal. Kaki gak repot ngatur gigi. Minim hentakan karena gak ngoper gigi. Getaran mesin yang terasa di badan lebih halus jadi ga gampang pegal2. Kompartemen (tempat penyimpanan barang) biasanya juga lebih banyak.

Untuk opsi motornya, kalo baru sekalian beli Vario 125cc ato 150cc Fi, helm-in. Jangan beli yang 110 apapun motornya (kecuali kalo badan kecil), apalagi yang masih karbu.
Kalo mau lebih gaya dan lebih nyaman untuk adventure, beli Nmax. Kaki bisa selonjoran. Display MID nya jauh lebih lengkap dibanding motor2 biasa. Tutup tangki di depan jadi ga perlu turun motor untuk isi bensin di spbu.
Kalo mau beli bekas, bisa pilih Yamaha atau Suzuki, karena harga bekasnya anjlok, padahal unit kadang masih bagus. Lumayan bisa hemat banyak. Tapi kalo nanti dijual lagi ya makin anjlok.

Kenapa 125/150cc? Karena tarikannya kuat. Nyelip2 gak lelet.
Kenapa helm-in? Supaya fungsional bisa muat sangat banyak. Motor helm-in juga dimensinya besar, ga gampang oleng kyk motor 110cc.

Selamat menikmati motor baru.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Vario 125 esp

Post by michaelgiri93 »

hehe001 wrote: ↑Sat Apr 28, 2018 23:58
Well noted Pak.
Eco riding brti cara berkendara maksudnya 'kan?
Iyaa betul
Cara berkendara yang tidak main betot gas, ngerem juga gak asal.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Vario 125 esp

Post by Angelpesek »

Sperti kata om diatas, kenapa ya yamaha ama suzuki bekasnya anjlok? Suzuki klo menurut saya karna harga part mahal dan penjualan ga sebanyak yg 2 sisanya. Nah yamaha ?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Vario 125 esp

Post by ak4ng »

yoi dari baru (2012) selalu premium, kalo lagi kehabisan kadang pertalit 25rb. Oli pake castrol 10w30
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Vario 125 esp

Post by Woompy »

hehe001 wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 2:19
EricSanjaya wrote:
Ariazaki wrote:
Masih irit lah ya...
Yoi lumayan lah om. Anyway kalo motor om yang di post diatas itu vario 110 first gen ya? Kalo iya, kayaknya emang itu sih boros om. Matic honda semenjak esp irit2 kok om. Yah walaupun kalo dibandingin bebeknya yg udah fi sih masi iritan bebeknya, tp gabeda banyak lah
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

djia wrote:Halo, om hehe.

Kalo beralih dari motor manual ke matic itu:
- Konsumsi bbm biasanya lebih boros. Apapun motor maticnya, kalo dibandingkan dengan manual yang setara (sama2 honda 125 cc) lebih boros yang matic.
- Kompenasisnya adalah: motor matic lebih nyaman. Jauh lebih nyaman. Pijakan kaki lebar, bukan sekedar setang pedal. Kaki gak repot ngatur gigi. Minim hentakan karena gak ngoper gigi. Getaran mesin yang terasa di badan lebih halus jadi ga gampang pegal2. Kompartemen (tempat penyimpanan barang) biasanya juga lebih banyak.

Untuk opsi motornya, kalo baru sekalian beli Vario 125cc ato 150cc Fi, helm-in. Jangan beli yang 110 apapun motornya (kecuali kalo badan kecil), apalagi yang masih karbu.
Kalo mau lebih gaya dan lebih nyaman untuk adventure, beli Nmax. Kaki bisa selonjoran. Display MID nya jauh lebih lengkap dibanding motor2 biasa. Tutup tangki di depan jadi ga perlu turun motor untuk isi bensin di spbu.
Kalo mau beli bekas, bisa pilih Yamaha atau Suzuki, karena harga bekasnya anjlok, padahal unit kadang masih bagus. Lumayan bisa hemat banyak. Tapi kalo nanti dijual lagi ya makin anjlok.

Kenapa 125/150cc? Karena tarikannya kuat. Nyelip2 gak lelet.
Kenapa helm-in? Supaya fungsional bisa muat sangat banyak. Motor helm-in juga dimensinya besar, ga gampang oleng kyk motor 110cc.

Selamat menikmati motor baru.
Comprehensive!!
Kompensasi nya saya catat. Dan ya, tempat nyimpan barang salah satu opsi yg wajib ada mengingat sering ke pasar dan bawa galon.

Nmax bukan pilihan krn susah bawa galon, :(

Vario 110 saya cukup bandel, hanya ganti part aki dan belt selama ini dan saya rasa wajar juga mengingat usianya. Hanya ya, boros. Skr dipakai komoter jarak dekat daja.
michaelgiri93 wrote:
hehe001 wrote: ↑Sat Apr 28, 2018 23:58
Well noted Pak.
Eco riding brti cara berkendara maksudnya 'kan?
Iyaa betul
Cara berkendara yang tidak main betot gas, ngerem juga gak asal.
Siap, Pak
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Ariazaki wrote:
hehe001 wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 2:19
EricSanjaya wrote:
Ariazaki wrote:
Masih irit lah ya...
Yoi lumayan lah om. Anyway kalo motor om yang di post diatas itu vario 110 first gen ya? Kalo iya, kayaknya emang itu sih boros om. Matic honda semenjak esp irit2 kok om. Yah walaupun kalo dibandingin bebeknya yg udah fi sih masi iritan bebeknya, tp gabeda banyak lah
Ya benar, versi baru tampang lama. Krn dirawat rutin ya, jarang mogok. Puas.

Masih penasaran dengan racun aerox dan lexi.....
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Vario 125 esp

Post by P47hos »

Klo Oli sama BBM nya pake yg mahal banget mah jd ga irit pak, cth oli macam amsoil, Motul sdh 100++ AHM masih 45rb, daya tahannya pun +/- aja. BBM jg premium 6400, Pertamax 8900 sudah selisih +/- 20% , padahal kalo dilihat dr irit nya selisih ga sampe 15%.
DeckyArdeni
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Sep 28, 2014 21:35

Re: Vario 125 esp

Post by DeckyArdeni »

Om geo: suzuki address itu kubikasi mesin 113cc dan pengalaman pp bekasi-kuningan skitar 60km skitar 2lt which is 30km/l tergantung tangan kanan.. 😁😁
millionsun
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Mar 04, 2014 2:27

Re: Vario 125 esp

Post by millionsun »

Beat aja kalo mau irit tapi oleng
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Vario 125 esp

Post by vinchazz »

Aerox itu bagasi muat helm gk ya ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun

ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
User avatar
Xclub
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Feb 04, 2016 7:08

Re: Vario 125 esp

Post by Xclub »

vinchazz wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 12:36 Aerox itu bagasi muat helm gk ya ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun

ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan

Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget

Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
diodio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Dec 11, 2014 10:20

Re: Vario 125 esp

Post by diodio »

DeckyArdeni wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 11:10 Om geo: suzuki address itu kubikasi mesin 113cc dan pengalaman pp bekasi-kuningan skitar 60km skitar 2lt which is 30km/l tergantung tangan kanan.. 😁😁
Address nya boros banget mas, harian saya address ngitung konsiten di 42-44 kml ftf, shell regular, traffic Jakarta
krangkrang
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Jan 29, 2017 9:26

Re: Vario 125 esp

Post by krangkrang »

g mau coba beat om?.... saya minggu kemarin tes beat esp 2018 odonya baru 200KM, metode full to full dapat 57km/L
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Vario 125 esp

Post by IGedeAmat »

mobilkutu wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 2:14
hehe001 wrote: ↑Sat Apr 28, 2018 13:21 Kurang lebih sama, 40 km start dari rumah sampai masuk kantor. Nampak nya lebih irit.

Fitur ISS, itu bermanfaat dan ada pengaruh nya kah?
Iss cuman berguna di daerah yang banyak lampu merah >100detik.

Kalo kemacetan gak berguna, lancar jaya di perkampungan jg gak guna.

Mesin 125 vario kalah halus dr vario 110. Getaran lebih terasa.
Dulu ada temen kantor yang galau mo ambil ISS atau non ISS,
dengan selisih harga yang lumayan, dia jelasin soal keunggulan ISS..
saya cuma balik tanya;
"emang dari rumah (balaraja) ke kantor (bitung), ada berapa lampu merah ?"
dia gak jadi ambil ISS...
:mky_07:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Vario 125 esp

Post by Dogies »

motormatic wrote: ↑Sat Apr 28, 2018 13:12 Saya Ada vario 125, bbmnya 40 - 45 kpl. Itu boros apa engga? kalo Saya sih tiap Hari habis sekitar 1 liter pertamax, karena jarak rumah - kantor kurang lebih 40 km.

Saya juga Ada vario 150 konsumsi bbmnya hampir sama, kondisi lalin Jakarta yah
Itu 40km jarak PP ato sekali jalan bro? Klo sekali jalan berarti 2 leter donk... :big_peace:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1615
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Vario 125 esp

Post by dsign1990 »

Angelpesek wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 6:48 Sperti kata om diatas, kenapa ya yamaha ama suzuki bekasnya anjlok? Suzuki klo menurut saya karna harga part mahal dan penjualan ga sebanyak yg 2 sisanya. Nah yamaha ?
Yamaha yg bekasnya anjlok itu ada di kelas entry levelnya kayak mio , fino , soul GT , xeon karena boros , cvt lemot bikin ngeden, dek sempit dan velg legend dari 2004 geal geol gk diganti2
Tapi ....Kelas2 diatasnya OK banget , bebas keluhan di entry level dan fitur sama spesifikasi nya jauh lebih value for money dibanding honda dan dia resale valuenya juga nahan. Contohnya Nmax "15 beli 23 an pake 3th laku 21 an dan aerox 155 sy cek OLX masih 18jt barunya 22jt vario 150 nya malah lebih jatuh yg harga barunya cuma selisih dikit. Perkiraan saya Lexi jg bakal kyk nmax dan aerox 155 .
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1615
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Vario 125 esp

Post by dsign1990 »

Saran saya buat TS coba dulu liat2 lexi siapa tahu cocok , karena saya lbh prefer ini daripada vario
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Vario 125 esp

Post by andyez86 »

hemat n bandel ya balik supra lagi yg helm in...hahhha praktis,klo banjir ngga perlu panik krn bkn cvt...dlu pernah pke vario 125 lwt banjir dlm bgt ud was2 aja...
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Hahaha ya, bebek memang juara...

Maaf saya tidak berminat dengan beat atau scoopy.

Vario 125 CBS, 19.450
Vario 125 ISS, 19.950
Vario 150, 23.200

Lexi S, 23.300

Aerox S, 29.200
Aerox 155 VVA (yg paling biasa) 24.850

Sedap banget harganya ya, di atas 20 juta hahaha...

Lexi menarik juga, tp aerox bagasi nya super luas serasa bawah jog kepakai bagasi semua.

Saya selama ini selalu beli Honda. Yamaha oke kah ya secara durability dll (standar lah pertanyaan user awam)

Kalo perihal fuel consumption uda banyak diceritakan di atas.

Ngelirik ke aerox nih, racun nya...
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Vario 125 esp

Post by martinnn »

Xclub wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 15:20
vinchazz wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 12:36 Aerox itu bagasi muat helm gk ya ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun

ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan

Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget

Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
pcx mending wait and see karena banyak kasus sokbreker bengkok ....
:big_biglaugh:
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Vario 125 esp

Post by bero89 »

Xclub wrote:
vinchazz wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 12:36 Aerox itu bagasi muat helm gk ya ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun

ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan

Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget

Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
Wahh,,sudah testdrive lexi om? Impresi tarikannya beda ya dengan mesin 125 yamaha lainnya? Cukup besar juga berarti yah bodynya,,menarik

Kecewa soalnya waktu bawa mio m3 teman, tarikan lebih enak mio smile, kubikasi 125cc nya gak ngefek apa2, getaran ditelapak tangan bisa bikin kebas.
User avatar
Xclub
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Feb 04, 2016 7:08

Re: Vario 125 esp

Post by Xclub »

martinnn wrote: ↑Mon Apr 30, 2018 3:53 pcx mending wait and see karena banyak kasus sokbreker bengkok ....
Sebetulnya bukan bengkok om tapi lebih tepatnya miring, karena posisi tabung / suspensi dengan per nya memang tidak sejajar. Kasus sokbreaker yg gak presisi sebetulnya bukan yg pertama kali di motor honda tapi itu juga dialami oleh CBR saya meskipun cover pelindung suspensinya sampai baret2 karena bergesekan dengan per nya tapi masih aman dan nyaman kok, malah Nmax saya yg sokbreakernya lempeng tapi as penyangga sokbreakernya lemah sampai patah haha (btw nmax saya gen awal tahun 2015)

bero89 wrote: ↑Mon Apr 30, 2018 4:01 Wahh,,sudah testdrive lexi om? Impresi tarikannya beda ya dengan mesin 125 yamaha lainnya? Cukup besar juga berarti yah bodynya,,menarik

Kecewa soalnya waktu bawa mio m3 teman, tarikan lebih enak mio smile, kubikasi 125cc nya gak ngefek apa2, getaran ditelapak tangan bisa bikin kebas.
Belum om cuma coba dudukin dan nyalain mesinnya aja :e-wall:
Tapi berdasarkan beberapa review blogger dan media otomotif ternama di youtube performanya memang tidak jauh berbeda dengan Nmax yg sama2 VVA karena memang basisnya sama

Nah kalau mesin mio 125 series memang payah om seperti komen saya di page sebelumnya memang lebih baik mesin beat esp series walaupun cuma 110cc tapi lebih irit dan lebih responsif akselerasinya. Kebetulan adik saya pernah pakai mio m3 2017 dan sekarang sudah diganti nmax setelah sering pinjam nmax saya