Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hehe001 wrote: ↑Mon Apr 30, 2018 3:50
Hahaha ya, bebek memang juara...
Maaf saya tidak berminat dengan beat atau scoopy.
Vario 125 CBS, 19.450
Vario 125 ISS, 19.950
Vario 150, 23.200
Lexi S, 23.300
Aerox S, 29.200
Aerox 155 VVA (yg paling biasa) 24.850
Sedap banget harganya ya, di atas 20 juta hahaha...
Lexi menarik juga, tp aerox bagasi nya super luas serasa bawah jog kepakai bagasi semua.
Saya selama ini selalu beli Honda. Yamaha oke kah ya secara durability dll (standar lah pertanyaan user awam)
Kalo perihal fuel consumption uda banyak diceritakan di atas.
Ngelirik ke aerox nih, racun nya...
lexi S kemahalan
masa beda keyless sama shock tabung dan kulit jok sampe naikin hampir 3jt
GSX saja beda versi keyless sama shutter key biasa cuma 1jt
tp lexi yg std jauh lebih value for money dibanding vario125
BTW daerah mana nih ? aerox std mahal bgt di jabodetabek 23 lebih dikit
Yoi lumayan lah om. Anyway kalo motor om yang di post diatas itu vario 110 first gen ya? Kalo iya, kayaknya emang itu sih boros om. Matic honda semenjak esp irit2 kok om. Yah walaupun kalo dibandingin bebeknya yg udah fi sih masi iritan bebeknya, tp gabeda banyak lah
Ya benar, versi baru tampang lama. Krn dirawat rutin ya, jarang mogok. Puas.
Masih penasaran dengan racun aerox dan lexi.....
Mantep nih om dirawat. Vario 150 saya dulu dirawat, semenjak nabrak pajero sport nyelonong, bagian depannya hancur semua, uda gaterlalu dirawat lagi. Yang penting jalan lah....
Mesin vvanya yamaha sih kalo nyari irit jangan yah. Ada blogger yg punya pcx dan nmax. Pcxnya bisaa dapet 1:42-44, sedangkan nmaxnya cuma 1:35-38. Temen juga punya nmax yang facelift kemaren juga bilang engga irit2 banget sih. Cuma emang tarikannya oke
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
vinchazz wrote: ↑Sun Apr 29, 2018 12:36
Aerox itu bagasi muat helm gk ya ?
keren sih, tpi butuh yg bagasi gede biar bisa nyimpen jas hujan + masukin jajanan pas pulang dari stasiun
ato ada saran matic yg 125-150cc yg bagasi luas + irit ?
Baik Aerox 125 maupun Aerox 155 bagasinya muat helm om, cuma yg 125 helm halfface aja itupun pas2an sedangkan yg 155 bisa muat helm fullface dan masih bisa dijejalin jas hujan
Untuk budget 28jt - 32jt bisa ambil PCX om fiturnya lengkap sudah full LED dan keyless pula atau bisa Nmax yg tenaganya lebih responsif, keduanya sama2 motor yg nyaman. Kalau budget maksimal 25jt bisa ambil Aerox 155 yg gambot dan bertenaga ataupun New Vario 150 MY 2018 yg sudah keyless dan full LED, tapi ini motor posisi duduknya agak sporty. Sedangkan jika budget maksimal 20jt bisa ambil Lexi 125 versi standar yg nyaman dan bertenaga ataupun New Vario 125 MY 2018 yg desainnya sporty banget
Untuk konsumsi bensin semuanya gak jauh beda rata2 1 liter bisa dapet 38KM - 40KM kalau masih mau lebih irit lagi tapi bagasi masih muat helm bisa ambil Scoopy om dia basis mesinnya sama dengan beat esp
duh asli ngiler aerox S
tapi beda harganya dari S ke R lumayan kerasa loh ya
trus mau nanya, kalo kredit pake simulasi di web yamaha, kok bunga nya gede sekali ya
yg harusnya cicilan per bulan 1.3 jt ( bunga 0%) ditulis 2.8 jt
besar sekali 100% lebih bunganya
bisakah pake cicilan macem MTF ato KKB BCA untuk cicilan nih motor ?
nmax udah 3x liat video ama foto mesin jebol dan patah
itu karena apa sih ? cast ironnya jelek ?
vinchazz wrote: ↑Mon Apr 30, 2018 16:25
duh asli ngiler aerox S
tapi beda harganya dari S ke R lumayan kerasa loh ya
trus mau nanya, kalo kredit pake simulasi di web yamaha, kok bunga nya gede sekali ya
yg harusnya cicilan per bulan 1.3 jt ( bunga 0%) ditulis 2.8 jt
besar sekali 100% lebih bunganya
bisakah pake cicilan macem MTF ato KKB BCA untuk cicilan nih motor ?
nmax udah 3x liat video ama foto mesin jebol dan patah
itu karena apa sih ? cast ironnya jelek ?
Aerox 155 S itu versi tertingginya yg sudah keyless.
Masalah cicilan di web itu hanya perkiraan bukan buat patokan untuk cicilan yg sebenarnya tetap mesti langsung ke dealer. Biasanya rata2 dealer menolak kalau kita mengajukan kredit nya pakai KSM BCA / CS Finance mungkin karena profitnya kecil
Masalah crankcase jebol ataupun patah itu bisa dialami semua motor matic kalau kena benturan keras, bahkan Xmax pun pernah saya lihat beberapa kali crankasenya patah salah satunya ada yg cuma karena ditabrak beat (dari samping). Tapi kenapa cuma Nmax yg sering terekspos? Karena penjualan Nmax paling laris dari semua motor produksi yamaha saat ini bisa dibilang tulang punggung yamaha motor indonesia jadi lebih gampang ditemukan apalagi nmax termasuk motor fenomenal jadi apapun tentang nmax bisa jadi bahan obrolan seru baik bagi fansboy maupun hatersnya haha
Kalau om tidak percaya kualitas nmax berarti jangan percaya juga kualitas aerox karena nmax itu di set diatasnya aerox 155 kelasnya, masa iya motor yg lebih mahalnya di set lebih ringkih? Padahal dari segi desain dan fitur nmax kalah dengan aerox. Dan yg paling anehnya masa iya motor ringkih malah lebih laris penjualannya bahkan harga secondnya pun masih termasuk tinggi dan stabil
aerox saya tipe standar, cash di 23.25 juta (jogja)
helm untuk perjalanan jauh saya pakai nolan n60-5, muat dengan nyaman di bagasi. untuk helm full face extra gede semacam agv k-3 kurang yakin muat, bisa coba tes dulu di toko (kalau boleh). kalau cuma helm sni biasa sih yakin muat dengan nyaman
untuk shock belakang, perbedaan antara yang standar dengan tipe tabung reservoir bawaan yamaha ga begitu kerasa, mending sekalian upgrade ke ohlins (6.75 juta)
pengereman untuk tipe standar so-so lah, untuk pemakaian harian saya rasa sudah cukup, kalau mau upgrade ya mending pasang parts aftermarket yang mumpuni.
konsumsi BBM di MID sekitar 1:42, riilnya waktu dibandingkan dengan jarak tempuh dan jadwal pengisian tidak begitu signifkan, masih 1:40an
build quality motor jaman sekarang ya so-so lah, jangan berharap banyak.
vinchazz wrote: ↑Mon Apr 30, 2018 16:25
duh asli ngiler aerox S
tapi beda harganya dari S ke R lumayan kerasa loh ya
trus mau nanya, kalo kredit pake simulasi di web yamaha, kok bunga nya gede sekali ya
yg harusnya cicilan per bulan 1.3 jt ( bunga 0%) ditulis 2.8 jt
besar sekali 100% lebih bunganya
bisakah pake cicilan macem MTF ato KKB BCA untuk cicilan nih motor ?
nmax udah 3x liat video ama foto mesin jebol dan patah
itu karena apa sih ? cast ironnya jelek ?
Aerox 155 S itu versi tertingginya yg sudah keyless.
Masalah cicilan di web itu hanya perkiraan bukan buat patokan untuk cicilan yg sebenarnya tetap mesti langsung ke dealer. Biasanya rata2 dealer menolak kalau kita mengajukan kredit nya pakai KSM BCA / CS Finance mungkin karena profitnya kecil
Masalah crankcase jebol ataupun patah itu bisa dialami semua motor matic kalau kena benturan keras, bahkan Xmax pun pernah saya lihat beberapa kali crankasenya patah salah satunya ada yg cuma karena ditabrak beat (dari samping). Tapi kenapa cuma Nmax yg sering terekspos? Karena penjualan Nmax paling laris dari semua motor produksi yamaha saat ini bisa dibilang tulang punggung yamaha motor indonesia jadi lebih gampang ditemukan apalagi nmax termasuk motor fenomenal jadi apapun tentang nmax bisa jadi bahan obrolan seru baik bagi fansboy maupun hatersnya haha
Kalau om tidak percaya kualitas nmax berarti jangan percaya juga kualitas aerox karena nmax itu di set diatasnya aerox 155 kelasnya, masa iya motor yg lebih mahalnya di set lebih ringkih? Padahal dari segi desain dan fitur nmax kalah dengan aerox. Dan yg paling anehnya masa iya motor ringkih malah lebih laris penjualannya bahkan harga secondnya pun masih termasuk tinggi dan stabil
iya sih, itu salah satu pikiran saya
mungkin lebih ke expos karena lebih banyak yang pake (chance rusak tentu jadi lebih besar ditemukan)
aerox dan nmax mesinnya apakah sama ? kata temen yg pake xabre, mesin 150cc yamaha walo beda tipe (vixion, xabre, r15) tapi mesin mirip-mirip
apakah berlaku juga di motor matic ?
helm saya tdr defender modular doank, harusnya aman kan masuk bagasi aerox
beda tipe R dengan S selain keyless, apakah ada fitur penting laen yang membuat jadi worth naek dari R ke S ?
oh iya soal kenyamanan, aerox ini jenis nyaman apa keras ya ( read:balap ) ?
saya biasa pake njz menurut saya itu nyaman bantingannya tpi tetep gk ancur pas ngebut nerabas speedtrap
bagaimana dengan aerox ? pengennya sih yg empuk/nyaman senyaman njz saya
dizco wrote:aerox saya tipe standar, cash di 23.25 juta (jogja)
helm untuk perjalanan jauh saya pakai nolan n60-5, muat dengan nyaman di bagasi. untuk helm full face extra gede semacam agv k-3 kurang yakin muat, bisa coba tes dulu di toko (kalau boleh). kalau cuma helm sni biasa sih yakin muat dengan nyaman
untuk shock belakang, perbedaan antara yang standar dengan tipe tabung reservoir bawaan yamaha ga begitu kerasa, mending sekalian upgrade ke ohlins (6.75 juta)
pengereman untuk tipe standar so-so lah, untuk pemakaian harian saya rasa sudah cukup, kalau mau upgrade ya mending pasang parts aftermarket yang mumpuni.
konsumsi BBM di MID sekitar 1:42, riilnya waktu dibandingkan dengan jarak tempuh dan jadwal pengisian tidak begitu signifkan, masih 1:40an
build quality motor jaman sekarang ya so-so lah, jangan berharap banyak.
Posisi duduk utk jalan jauh nyaman gk om?
Soalnya sy klo naik vario 125, diatas setengah jam paha terasa pegal.
ceiszha wrote: ↑Tue May 01, 2018 16:31
Posisi duduk utk jalan jauh nyaman gk om?
Soalnya sy klo naik vario 125, diatas setengah jam paha terasa pegal.
jok depan agak keras tapi bagi saya jauh lebih nyaman dibanding nmax. dalam sehari saya bisa 2 jam di atas jok aerox, badan dan paha tidak terasa pegal
cuma selangkangan jadi agak anget aja
vinchazz wrote: ↑Tue May 01, 2018 12:10
iya sih, itu salah satu pikiran saya
mungkin lebih ke expos karena lebih banyak yang pake (chance rusak tentu jadi lebih besar ditemukan)
aerox dan nmax mesinnya apakah sama ? kata temen yg pake xabre, mesin 150cc yamaha walo beda tipe (vixion, xabre, r15) tapi mesin mirip-mirip
apakah berlaku juga di motor matic ?
helm saya tdr defender modular doank, harusnya aman kan masuk bagasi aerox
beda tipe R dengan S selain keyless, apakah ada fitur penting laen yang membuat jadi worth naek dari R ke S ?
oh iya soal kenyamanan, aerox ini jenis nyaman apa keras ya ( read:balap ) ?
saya biasa pake njz menurut saya itu nyaman bantingannya tpi tetep gk ancur pas ngebut nerabas speedtrap
bagaimana dengan aerox ? pengennya sih yg empuk/nyaman senyaman njz saya
untuk ngetes bagasi di dealer harusnya boleh kok, sewaktu cek unit dulu saya bawa helm untuk tes muat tidaknya di bagasi
R ke S beda utama di opsi warna, keyless entry, dan ISS (start-stop system)
mesin aerox dan nmax basisnya sama, tapi kalau nggak salah output aerox sedikit di bawah nmax
aerox itungannya keras bung , kalau mau upgrade sok depan-belakang sudah ada aftermarket nya
Saya pengguna Aerox 155 yg R, sebelumnya pake Vario 110 kyk TS juga (sebelum2nya uda sempet ngerasain Vario 125 Gen 1, Soul GT 2015).
Buat pertimbangan nih :
- 125cc Honda klo dicompare sama 125cc yamaha yg blue core, enakan honda. (kecuali yg 125 VVA kyk Lexi).
- BQ Honda itu kalah dicompare sama Yamaha, klo dipake lebih dari 2 tahun, itu banyak rattling di body, dan kalau lewat jalan keriting, berisik body nya (Baik Vario 110 atau 125).
- Aerox 155 uda pake VVA (di putaran atas, tenaga masih berasa ngisi) dan handling nya enak dan juga stabil (efek dr ban besar sepertinya). Sedangkan suspensi, depannya ngepas, belakangnya agak ambless kalau boncengan dan lewatin poldur, lalu pertimbangin juga, apakah sering boncengin pacar or istri ? Karena bangku belakang aerox ini tinggi, istri saya aja komplain terus kalau naik nya susah, dan lagi aerox ini model sporty (tidak ada dek tengah buat taruh barang, makanya jok bagasi lumayan besar), selama saya pake Aerox 155 ini konsumsi bensin dalkot sekitar 1:30-35an (sering narik gas agak dalem).
Overall, Aerox 155 ini masih matic terbaik yg pernah saya pakai (fitur dan juga performa), kalaupun mau ganti, saya pertimbangin downgrade ke Lexi 125, karena mesin sama cuma lebih kecil saja, teknologi juga sudah VVA. Klo cuma buat commuter, lebih santai dan juga bisa bawa barang di dek tengah.
Saya ada Xeon GT 125 2015, Vario 150 2017 dan PCX 153 CBU 2017. Konsumsi rata2 Xeon GT125 ada diangka 42 km/l, Vario 150 43-45 km/l. PCX 153 CBU berapaaa????
50,6 km/l!!!! padahal standaran, cuma pake busi NGK irridium, oli gardan Castrol yg Thailand plus oli mesin pake Motul HTec 100 5W30 dan bensin selalu pertamax turbo rute Cihanjuang-Padalarang ato keliling Bandung pas siang lagi macet2nya karena urusan duit alias kerja
tadinya mau jual yg Xeon GT125 karena boros trus ganti Vario 125 terbaru, FC selalu siangka 38 Km/l, tapi setelah pake Pertalite jadi tembus 42 Km/l. Jado rada pikir2 lg lepas Xeon GT, secara motor ini tahan banting mulai dari mesin sampe plastik2 bodinya ga ada yg geter kayak penyakit motor2 Honda kecuali PCX saya ini. Plus ga pasaran dan aman dari incaran maling
Nah Iya, motor Honda itu kebanyakan casing nya getar dan akhir nya dikasi tie wrap (kabel ties) wkkk.. Mulai dari punya astea prima, astrea impresa, supra 100cc, kharisma dan nirwana (apa ini yah nama motor barengan nya karisma itu, lagian gimana kabarnya? Kaya ilang aja), astrea legend, supra x 125, semua getar getar bodinya.
hehe001 wrote: ↑Thu May 03, 2018 15:04
Nah Iya, motor Honda itu kebanyakan casing nya getar dan akhir nya dikasi tie wrap (kabel ties) wkkk.. Mulai dari punya astea prima, astrea impresa, supra 100cc, kharisma dan nirwana (apa ini yah nama motor barengan nya karisma itu, lagian gimana kabarnya? Kaya ilang aja), astrea legend, supra x 125, semua getar getar bodinya.
Yamaha getar juga sih, tp lbh solid nampak nya.
Jujur Yamaha menang soal tebel busa jok yg bikin jok empuk dibanding Honda bahkan sekelas PCX CBU sekalipun. Plastik lebih rigid, handling jauh lebih tajem Yamaha Xeon saya, lincah dan stabil plus tahan banting. Minusnya yaa lebih boros daripada Honda
hehe001 wrote: ↑Thu May 03, 2018 15:13
Pak @kuroboy itu komponen busi dan oli, dan lainnya (selain bbm) berpengaruh besar ke fuel consumption?
Pasti om. Busi itu menyempurnakan bunga api utk pembakaran, oli yg encer (sesuai anjuran) jg membuat gerakan komponen makin enteng nmun koefisien geseknya berkurang drastis
hehe001 wrote: ↑Thu May 03, 2018 15:13
Pak @kuroboy itu komponen busi dan oli, dan lainnya (selain bbm) berpengaruh besar ke fuel consumption?
Pasti om. Busi itu menyempurnakan bunga api utk pembakaran, oli yg encer (sesuai anjuran) jg membuat gerakan komponen makin enteng nmun koefisien geseknya berkurang drastis
NGK iridium recommended untuk motor matic? Saya catat nih
hehe001 wrote: ↑Thu May 03, 2018 15:13
Pak @kuroboy itu komponen busi dan oli, dan lainnya (selain bbm) berpengaruh besar ke fuel consumption?
Pasti om. Busi itu menyempurnakan bunga api utk pembakaran, oli yg encer (sesuai anjuran) jg membuat gerakan komponen makin enteng nmun koefisien geseknya berkurang drastis
NGK iridium recommended untuk motor matic? Saya catat nih
Merk sih macem2 tapi yang mayor cuma dua: Denso ato NGK. Berhubung nanti pasti beli motornya tipe injeksi, pastiin businya ada label R yang artinya resistensi tegangan supaya lonjakan gelombang listriknya ga mengacaukan sensor injeksi akibat radiasi dari busi tsb
Kuroboy wrote:
Pasti om. Busi itu menyempurnakan bunga api utk pembakaran, oli yg encer (sesuai anjuran) jg membuat gerakan komponen makin enteng nmun koefisien geseknya berkurang drastis
NGK iridium recommended untuk motor matic? Saya catat nih
Merk sih macem2 tapi yang mayor cuma dua: Denso ato NGK. Berhubung nanti pasti beli motornya tipe injeksi, pastiin businya ada label R yang artinya resistensi tegangan supaya lonjakan gelombang listriknya ga mengacaukan sensor injeksi akibat radiasi dari busi tsb
cukup susah memahaminya ya, buat saya yang awam begini. di atas itu ngga disebutin khusus untuk matic.
Perihal OLI ternyata masih ada range untuk SAE yg cocok untuk matic ya. 10-30.
Secara umum, setiap motor bebas menggunakan oli apapun, meskipun oli tersebut bukanlah rekomendasi dari pabrik motor yang kalian gunakan. Namun, oli yang digunakan tidak sembarangan juga yah, oli itu harus memenuhi standard kekentalan untuk oli matic. Standar kekentalan atau lebih dikenal SAE oli motor matic yang baik yaitu antara 10 sampai dengan 30.
Pada dasarnya, oli motor matic jauh lebih encer jika dibandingkan dengan dengan oli untuk jenis motor selain matic. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan oli yang bagus untuk motor matic kalian, sehingga motor kalian dapat menghasilkan performa mesin yang bagus pula. Maka dari itu kami akan memberikan tips untuk memilih oli yang bagus untuk motor matic kalian.
Jalanan di kota-kota Indonesia saat ini sangatlah padat. Hal ini membuat para pengendara yang terjebak macet harus sering-sering berhenti dan kemudian jalan sedikit demi sedikit untuk menembus kemacetan. Badan mesin yang tertutup dan juga desain transmisi yang berkesinambungan akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas. Untuk mengatasi hal ini, motor matic kalian membutuhkan oli yang didalamnya tekandung zat aditif molybdenum yang berguna untuk mengurangi suhu panas pada mesin.
Selain itu, oli dengan zat aditif juga membuat gesekan mesin semakin halus. Kekentalan oli juga seharusnya memenuhi standar API-SL (standard American-Petroleum-Institute yang tingkat kekentalannya “L”) yang pas untuk digunakan pada motor matic. Pililhlah jenis oli yang telah memiliki sertifikat resmi.
Hingga saat ini, sudah sangat banyak jenis sertificat yang beredar luas dipasaran. Tapi, khusus untuk motor matic umumnya yaitu API, yang tak lain adalah lembaga yang menguji kualitas oli di Negara- negara Amerika dan Eropa dan juga JASO (Japanese-Automotive-Standar-Association) yang juga merupakan lembaga yang menguji kualiatas oli di Jepang. Saran untuk kalian nih guys, gunakanlah oli motor berkode JASO-MB yang memang menjadikan motor matic sebagai sasarannya.
hehe001 wrote: ↑Thu May 03, 2018 15:35
NGK iridium recommended untuk motor matic? Saya catat nih
Merk sih macem2 tapi yang mayor cuma dua: Denso ato NGK. Berhubung nanti pasti beli motornya tipe injeksi, pastiin businya ada label R yang artinya resistensi tegangan supaya lonjakan gelombang listriknya ga mengacaukan sensor injeksi akibat radiasi dari busi tsb
cukup susah memahaminya ya, buat saya yang awam begini. di atas itu ngga disebutin khusus untuk matic.
Perihal OLI ternyata masih ada range untuk SAE yg cocok untuk matic ya. 10-30.
Secara umum, setiap motor bebas menggunakan oli apapun, meskipun oli tersebut bukanlah rekomendasi dari pabrik motor yang kalian gunakan. Namun, oli yang digunakan tidak sembarangan juga yah, oli itu harus memenuhi standard kekentalan untuk oli matic. Standar kekentalan atau lebih dikenal SAE oli motor matic yang baik yaitu antara 10 sampai dengan 30.
Pada dasarnya, oli motor matic jauh lebih encer jika dibandingkan dengan dengan oli untuk jenis motor selain matic. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan oli yang bagus untuk motor matic kalian, sehingga motor kalian dapat menghasilkan performa mesin yang bagus pula. Maka dari itu kami akan memberikan tips untuk memilih oli yang bagus untuk motor matic kalian.
Jalanan di kota-kota Indonesia saat ini sangatlah padat. Hal ini membuat para pengendara yang terjebak macet harus sering-sering berhenti dan kemudian jalan sedikit demi sedikit untuk menembus kemacetan. Badan mesin yang tertutup dan juga desain transmisi yang berkesinambungan akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas. Untuk mengatasi hal ini, motor matic kalian membutuhkan oli yang didalamnya tekandung zat aditif molybdenum yang berguna untuk mengurangi suhu panas pada mesin.
Selain itu, oli dengan zat aditif juga membuat gesekan mesin semakin halus. Kekentalan oli juga seharusnya memenuhi standar API-SL (standard American-Petroleum-Institute yang tingkat kekentalannya “L”) yang pas untuk digunakan pada motor matic. Pililhlah jenis oli yang telah memiliki sertifikat resmi.
Hingga saat ini, sudah sangat banyak jenis sertificat yang beredar luas dipasaran. Tapi, khusus untuk motor matic umumnya yaitu API, yang tak lain adalah lembaga yang menguji kualitas oli di Negara- negara Amerika dan Eropa dan juga JASO (Japanese-Automotive-Standar-Association) yang juga merupakan lembaga yang menguji kualiatas oli di Jepang. Saran untuk kalian nih guys, gunakanlah oli motor berkode JASO-MB yang memang menjadikan motor matic sebagai sasarannya.
Pengalaman para SMers?
Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.
Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
untuk oli motor yg mau nyoba mobil punya
cobain merk kendall sih, itu bagus dan jarang nemuin yang palsu soalnya barang kelas mahal dan jarang laku (rugi bandar kalo dipalsuin)