Oh bahkan untuk yg seri skyactiv pun masih fomoco? Sekarang seh ane lg pasang jaring2 kawat nyamuk dulu di depan kondenser, lumayan nih kondenser bersih dari kerikil n serangga.... nah amit2 ke depan bocor lg, kalau merk lokal macem ACM gitu apakah lumayan om kemuning?kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 16:06 Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.
Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.
Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.
Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.
Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Iya betul masih. Nah bagus bgt, dikasih jaring2 supaya mencegah kerikil kena Condenser. Karena emang biasanya Condenser bocor karena kerikil doang. Kalo merk aftermarket ada yg bagus, ada yang kurang. Menurut saya pake merk Sigma, Protech, Yaruki, ACM boleh kok, kalo yg lainnya kurang begitu bagus (tingkat panasnya Condenser terlalu berlebih, bahan kurang bagus)josomba wrote:Oh bahkan untuk yg seri skyactiv pun masih fomoco? Sekarang seh ane lg pasang jaring2 kawat nyamuk dulu di depan kondenser, lumayan nih kondenser bersih dari kerikil n serangga.... nah amit2 ke depan bocor lg, kalau merk lokal macem ACM gitu apakah lumayan om kemuning?kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 16:06 Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.
Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.
Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.
Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap om kemuning, informatif sekali. Terima kasih yakemuningauto wrote: ↑Fri Jul 12, 2019 1:18 Iya betul masih. Nah bagus bgt, dikasih jaring2 supaya mencegah kerikil kena Condenser. Karena emang biasanya Condenser bocor karena kerikil doang. Kalo merk aftermarket ada yg bagus, ada yang kurang. Menurut saya pake merk Sigma, Protech, Yaruki, ACM boleh kok, kalo yg lainnya kurang begitu bagus (tingkat panasnya Condenser terlalu berlebih, bahan kurang bagus)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siaaap om. Sama2.josomba wrote:Siap om kemuning, informatif sekali. Terima kasih yakemuningauto wrote: ↑Fri Jul 12, 2019 1:18 Iya betul masih. Nah bagus bgt, dikasih jaring2 supaya mencegah kerikil kena Condenser. Karena emang biasanya Condenser bocor karena kerikil doang. Kalo merk aftermarket ada yg bagus, ada yang kurang. Menurut saya pake merk Sigma, Protech, Yaruki, ACM boleh kok, kalo yg lainnya kurang begitu bagus (tingkat panasnya Condenser terlalu berlebih, bahan kurang bagus)
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Sharing ttg ac nya di sini jelas sekali. Rela balas pertanyaan satu per satu, tanpa ada embel2 jualan.
Kalau di forum kaskus, layak jadi hot thread nih!
Kalau di forum kaskus, layak jadi hot thread nih!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap om. Saya akan coba bantu temen2 yg berproblem sama AC mobilnya dengan edukasi, hints & tips. Tanpa embel2 promosiadri31 wrote:Sharing ttg ac nya di sini jelas sekali. Rela balas pertanyaan satu per satu, tanpa ada embel2 jualan.
Kalau di forum kaskus, layak jadi hot thread nih!
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kurang bagus. Buat sementara bisa, tapi ngga bisa selamanya menyumbat yg bocor. Dilihat dari segi harga, misalnya kebocoran di selang mending ganti selang, fitting selang baru, dipress ulang. Kalo di selang yg high pressure dilas fittingnya sebelum dipress biar kuat. Ganti selang kisaran 250 menyelesaikan masalah selamanya, daripada stop leak di atas itu setau saya.iwing wrote:om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
ok sippppp thx omkemuningauto wrote: ↑Fri Jul 12, 2019 10:39Kurang bagus. Buat sementara bisa, tapi ngga bisa selamanya menyumbat yg bocor. Dilihat dari segi harga, misalnya kebocoran di selang mending ganti selang, fitting selang baru, dipress ulang. Kalo di selang yg high pressure dilas fittingnya sebelum dipress biar kuat. Ganti selang kisaran 250 menyelesaikan masalah selamanya, daripada stop leak di atas itu setau saya.iwing wrote:om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Satu lagi, berpotensi menyumbat Receiver Dryer dan Expansion Valve.iwing wrote:ok sippppp thx omkemuningauto wrote: ↑Fri Jul 12, 2019 10:39Kurang bagus. Buat sementara bisa, tapi ngga bisa selamanya menyumbat yg bocor. Dilihat dari segi harga, misalnya kebocoran di selang mending ganti selang, fitting selang baru, dipress ulang. Kalo di selang yg high pressure dilas fittingnya sebelum dipress biar kuat. Ganti selang kisaran 250 menyelesaikan masalah selamanya, daripada stop leak di atas itu setau saya.iwing wrote:om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
Apalagi kalo udah ada kebocoran artinya udara udah masuk, yang nantinya ikut aliran freon dan masuk ke Condenser. Melalui proses kondensasi di Condender, udara tadi akan jadi uap air. Sedangkan kalo ada uap air malah jadi masalah di sistem AC, makanya perlu ada proses Vacuum sebelum pengisian freon. Kalo pake Leak Sealer, berarti uap air masih menetap di sistem AC dan malah jadi problem di kemudian hari.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1639
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19 Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.
Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Sep 03, 2010 4:54
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
- Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).pengendiesel wrote:Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19 Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.
Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.
- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Yaris termasuk awet buat parts AC nya. Coba dicek dari yg paling keliatan dan bisa dianalisa tanpa tools.tee-toe wrote:Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
1. Pastikan settingan AC udah bener dari kedinginan temperatur, mode airflow circulation.
2. Kinerja Motor Fan lemah atau bagus (Yaris ada 2 speed fan nya Low dan High)
3. Air Radiator ada kurang atau tidak, karatan atau tidak (di Tabung Cadangan dan di Radiator)
4. Temperatur Mesin normal atau tidak.
Minta Analisa Bengkel
1. Tekanan freon normal atau ngga (Ukuran siang hari: Low 30-40, High 175-215)
2. Oli Compressor dikasih berapa ml? Pake merk apa? Kebanyakan atau ngga?
3. Kalo ganti Oli Compressor, di parts selang2, Condenser, Evaporator harus diflushing biar oli2 lama ilang dan tidak mengganggu viscocity si oli baru. Lebih bagus lagi pake mesin seperti LAX.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3198
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Halo om kemuning salam kenalkemuningauto wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 11:07- Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).pengendiesel wrote:Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19 Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.
Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.
- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Di Mobil saya pernah kejadian setelah cuci Mobil ac tiba2 mati fan nya walopun indicator semua tampak normal. Kemudian ane bawa ke bengkel Toyota ..o iya Mobil ny vrz kerluaran 17
Ternyata dikarenakan Ada air yang terjebak di area depan spakbor? cmiiw(tempat teapat dibawah wiper) mmg selama berbulan Bulan jika berbelok seperti ada bunyi kemricik air di area depan terdengar "kopyak kopyak" seperti Ada aquarium kecil d kap ..
Singkat cerita Harus menggati sebuah alat yg krn basah menjadi rusak. Tentunya tercover garansi dan setelah penggantian alat tersebut sistem ac menjadi baik
Namun agaknya sekitar beberpa minggu setelahnya terdangar dari area dasbor bunyi siulan "ngiinggg".. awalnya cukup senyap namun ahir2 ini bunyi semakin keras Dan cukup mengganggu
Kira2 utk mengatasi problem tersebut apakah bisa DIY barangkali disini om om Ada yg pernah menjumpai case serupa.. hehe
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap, Om Walid.walid_007 wrote:Halo om kemuning salam kenalkemuningauto wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 11:07- Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).pengendiesel wrote:
Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.
Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.
- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Di Mobil saya pernah kejadian setelah cuci Mobil ac tiba2 mati fan nya walopun indicator semua tampak normal. Kemudian ane bawa ke bengkel Toyota ..o iya Mobil ny vrz kerluaran 17
Ternyata dikarenakan Ada air yang terjebak di area depan spakbor? cmiiw(tempat teapat dibawah wiper) mmg selama berbulan Bulan jika berbelok seperti ada bunyi kemricik air di area depan terdengar "kopyak kopyak" seperti Ada aquarium kecil d kap ..
Singkat cerita Harus menggati sebuah alat yg krn basah menjadi rusak. Tentunya tercover garansi dan setelah penggantian alat tersebut sistem ac menjadi baik
Namun agaknya sekitar beberpa minggu setelahnya terdangar dari area dasbor bunyi siulan "ngiinggg".. awalnya cukup senyap namun ahir2 ini bunyi semakin keras Dan cukup mengganggu
Kira2 utk mengatasi problem tersebut apakah bisa DIY barangkali disini om om Ada yg pernah menjumpai case serupa.. hehe
Kilometer udah brp ya kalo boleh tau?
- Bunyi seperti siulan di dalam dashboard ketika menyalakan AC saja, kemungkinan besar problem di Expansion Valvenya ada sedikit penyumbatan di Valve. Harus dicek juga ada kebocoran dan menyebabkan kekurangan freon atau tidak, soalnya ada beberapa kasus bunyi menyerupai siulan karena kurang kapasitas freon (ada bocor), jadi ada ruang kosong berlebih di sistem AC. Ketika AC nyala (Compressor ON dan memompa freon ke Evaporator di dalam dashboard) maka suaranya terbentuk dari freon yg mengalir di pipa2 alumuniumnya.
- Untuk DIY, lumayan besar costnya harus ada Manifold Gauge (untuk pengecekan tekanan freon), Kunci 10,12, T10, T12, Freon, Alat Vacuum sistem AC, dan satu lagi Expansion Valvenya. Expansion Valve keliatan dari buka kap mobil kok. Bentuknya kotak mengarah ke dalem mobil dan ada 2 selang di situ.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3198
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Untuk kilometer saat ini disekitar 45rb an
Baik coba nanti sy komunikasi kan dgn org bengkel Saran dari om
Thanks om kemuning
Baik coba nanti sy komunikasi kan dgn org bengkel Saran dari om
Thanks om kemuning
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap, Om Walid. Dicek tekanan freonnya, kalo normal bisa langsung dieksekusi ganti Expansion Valve nya.walid_007 wrote:Untuk kilometer saat ini disekitar 45rb an
Baik coba nanti sy komunikasi kan dgn org bengkel Saran dari om
Thanks om kemuning
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Sep 03, 2010 4:54
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Terima kasih om Kemuning, coba saya cek ke bengkel ac lagikemuningauto wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 11:17Yaris termasuk awet buat parts AC nya. Coba dicek dari yg paling keliatan dan bisa dianalisa tanpa tools.tee-toe wrote:Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
1. Pastikan settingan AC udah bener dari kedinginan temperatur, mode airflow circulation.
2. Kinerja Motor Fan lemah atau bagus (Yaris ada 2 speed fan nya Low dan High)
3. Air Radiator ada kurang atau tidak, karatan atau tidak (di Tabung Cadangan dan di Radiator)
4. Temperatur Mesin normal atau tidak.
Minta Analisa Bengkel
1. Tekanan freon normal atau ngga (Ukuran siang hari: Low 30-40, High 175-215)
2. Oli Compressor dikasih berapa ml? Pake merk apa? Kebanyakan atau ngga?
3. Kalo ganti Oli Compressor, di parts selang2, Condenser, Evaporator harus diflushing biar oli2 lama ilang dan tidak mengganggu viscocity si oli baru. Lebih bagus lagi pake mesin seperti LAX.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap bostee-toe wrote:Terima kasih om Kemuning, coba saya cek ke bengkel ac lagikemuningauto wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 11:17Yaris termasuk awet buat parts AC nya. Coba dicek dari yg paling keliatan dan bisa dianalisa tanpa tools.tee-toe wrote:Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
1. Pastikan settingan AC udah bener dari kedinginan temperatur, mode airflow circulation.
2. Kinerja Motor Fan lemah atau bagus (Yaris ada 2 speed fan nya Low dan High)
3. Air Radiator ada kurang atau tidak, karatan atau tidak (di Tabung Cadangan dan di Radiator)
4. Temperatur Mesin normal atau tidak.
Minta Analisa Bengkel
1. Tekanan freon normal atau ngga (Ukuran siang hari: Low 30-40, High 175-215)
2. Oli Compressor dikasih berapa ml? Pake merk apa? Kebanyakan atau ngga?
3. Kalo ganti Oli Compressor, di parts selang2, Condenser, Evaporator harus diflushing biar oli2 lama ilang dan tidak mengganggu viscocity si oli baru. Lebih bagus lagi pake mesin seperti LAX.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1639
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Thanks infonya om.kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 11:07 - Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).
- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.
- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Magnet clutchnya Sienta yang ori/kw berapaan?
Apakah ada hal2 khusus yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur magnet clutch?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Sienta yang single blower dan double blower beda magnet clutchnya.pengendiesel wrote:Thanks infonya om.kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 11:07 - Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).
- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.
- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Magnet clutchnya Sienta yang ori/kw berapaan?
Apakah ada hal2 khusus yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur magnet clutch?
- Yang imitasi single blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 850-900.
- Yang asli single blower kisaran 950an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total 1.100-1.200
- Yang imitasi double blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 950-1.000
- Yang asli double blower ngga ada di Densonya sampe bulan lalu.
* Magnet Clutch biasanya kena karena umur kalo normal kisaran 5-8 tahun. Kalo karena malfungsi, penyebabnya Compressor ngga mau main otomatis ON dan OFF nya, dia ON terus, lama2 kebakar magnetnya dan rusak. Kenapa bisa ga main otomatisnya, karena ada problem di sistem AC yang buaanyak faktornya, dari kebocoran freon, kurang oli Compressornya, dll.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1639
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Well noted om, thankskemuningauto wrote: ↑Mon Jul 22, 2019 4:52 Sienta yang single blower dan double blower beda magnet clutchnya.
- Yang imitasi single blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 850-900.
- Yang asli single blower kisaran 950an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total 1.100-1.200
- Yang imitasi double blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 950-1.000
- Yang asli double blower ngga ada di Densonya sampe bulan lalu.
* Magnet Clutch biasanya kena karena umur kalo normal kisaran 5-8 tahun. Kalo karena malfungsi, penyebabnya Compressor ngga mau main otomatis ON dan OFF nya, dia ON terus, lama2 kebakar magnetnya dan rusak. Kenapa bisa ga main otomatisnya, karena ada problem di sistem AC yang buaanyak faktornya, dari kebocoran freon, kurang oli Compressornya, dll.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
untuk jazz 2005, ketika siang"ac harus di set ke blower speed 3 terus karena terasa kurang dingin.. padahal ac termasuk terawat setiap tahun servis dibersihkan, ganti oli kompresor serta filter dryer + expansion, dan tidak ada yang bocor..
kira"masalahnya ada dimana ya kl seperti ini?
dan jazz ini punya penyakit AC bawaan seperti apa ya?
kira"masalahnya ada dimana ya kl seperti ini?
dan jazz ini punya penyakit AC bawaan seperti apa ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
om kemuning utk captiva, kalo kompresor kurang kompresi, apakah bisa di service dan kira2 penyebabnya apa ya om..?? baru nya yang ori lumayan, sekitar 18 juta katanya. klo yang imitasi sekitar 5 juta