Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Mar 07, 2020 8:39
Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Ketika mencari referensi bertemu dengan artikel yang janggal ini :
https://m.sgcarmart.com/articles/articl ... r&AID=1428
Berdasar artikel itu mereka menyimpulkan bahwa crv punya kabin dg material, fit dan finish yg lebih baik dr santa fe. Rasanya bertolak belakang dg realita yang ada dikehidupan dunia nyata ya yang mana seluruh dunia memuji kualitas material, fi& finish santa fe yg setara atau bahkan lebih baik dr merk premium
https://m.sgcarmart.com/articles/articl ... r&AID=1428
Berdasar artikel itu mereka menyimpulkan bahwa crv punya kabin dg material, fit dan finish yg lebih baik dr santa fe. Rasanya bertolak belakang dg realita yang ada dikehidupan dunia nyata ya yang mana seluruh dunia memuji kualitas material, fi& finish santa fe yg setara atau bahkan lebih baik dr merk premium
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Mungkin di singapore dapet crv nya bukan rakitan indonesia....cmiiw
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Lah kalo di singapur mah CR-V CBU Japan, jangan disamain sama yang CKD Karawang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Beda negara bisa beda kualitas, karena spek n qc nya beda. Contoh nyata jaman suzuki swift cbu n ckd. Begitu jg nissan xtrail t32 cbu skrg beda jauh kualitasnya ama yg sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9775
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
CKD karawang vs CBU thailand aja dah beda om
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Kl mobil di malaysia itu rata2 CKD malaysia om. Jangan salah, kualitasnya ndak kalah bagus buat ukuran ASEAN. Even sama CBU thai mungkin lbh bagus dikit. Contohnya proton preve itu oke, sirion baru jg. CX5-CX8 walaupun assembly sana jg standarnya ngga dikurang2i dibanding jaman cbu jepang
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Hrv aussie ama indo aj beda jauh rasa nya
numpang lewat aja....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
saya koq amat sangat jarang liat 3 mobil ini di singapur ya, SUV-SUV sangat jarang, paling laris crossover HRV, dan sedan2 Mercy & BMW, serta mobil2 boxy macam Voxy & AlphardSadaabe wrote: ↑Sat Mar 07, 2020 8:43 Ketika mencari referensi bertemu dengan artikel yang janggal ini :
https://m.sgcarmart.com/articles/articl ... r&AID=1428
Berdasar artikel itu mereka menyimpulkan bahwa crv punya kabin dg material, fit dan finish yg lebih baik dr santa fe. Rasanya bertolak belakang dg realita yang ada dikehidupan dunia nyata ya yang mana seluruh dunia memuji kualitas material, fi& finish santa fe yg setara atau bahkan lebih baik dr merk premium
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4599
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Mungkin CRV yg dimaksud yg CBU jepang , yg udh full spek (salah satunya speedo full TFT), which is beda jauh sm versi indo yg full sunat + BQnya paling kacrut dibandingkan SUV sekelasnya di rentang harga 450 - 550 jt (owner CRV Prestige 2019 dan AN CX5 Elite 2018)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4599
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Kalau malaysia sih, cukup baik untuk kawasan ASEAN. Saya user CX5 Elite 2018 CBU malay, udah 1 tahun lebih pemakaian interiornya masih solid dan blm ada rattle sama sekali
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Ortu, adik2 saya n istri saya Yg sbg org awam otomotif aja sadar betul kok perbedaan ride quality, dan kualitas kabin antara santa fe TM dan crv turbo RW seperti apa
Harian pake santa fe TM, dan sempet piara crv turbo juga cuma bertahan 6-7 bulan doang
Mungkin itu cbu jepun aseli ga kena sunatan massal di indo
Harian pake santa fe TM, dan sempet piara crv turbo juga cuma bertahan 6-7 bulan doang
Mungkin itu cbu jepun aseli ga kena sunatan massal di indo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
CRV yang most powerful?
ngga imbang dong soalnya ngga dicompare sesama top line-nya...soalnya santa fe versi luar punya yang 2000cc , 235 hp/260nM. hmmmmm
penasaran juga cabin materialnya CRV rakitan luar kaya gimana..
ngga imbang dong soalnya ngga dicompare sesama top line-nya...soalnya santa fe versi luar punya yang 2000cc , 235 hp/260nM. hmmmmm
penasaran juga cabin materialnya CRV rakitan luar kaya gimana..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Hando jaman skrg ud macam plat,roda,sama mesin...lain nya sebisa mungkin di sunat.....no offense yah...tp masuk LCGC yg tipe RS sekalipun rasanya kopong bgt....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
di spore santa fe cuma ada varian 2.4 bensin doang.. jadi dari mana kaga adilnya..krniawnhdr wrote: ↑Mon Mar 09, 2020 1:24 CRV yang most powerful?
ngga imbang dong soalnya ngga dicompare sesama top line-nya...soalnya santa fe versi luar punya yang 2000cc , 235 hp/260nM. hmmmmm
penasaran juga cabin materialnya CRV rakitan luar kaya gimana..
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
singapur mah beda, apalagi disana harga mobil emang naudzubillah mahalnya.Sadaabe wrote: ↑Sat Mar 07, 2020 8:43 Ketika mencari referensi bertemu dengan artikel yang janggal ini :
https://m.sgcarmart.com/articles/articl ... r&AID=1428
Berdasar artikel itu mereka menyimpulkan bahwa crv punya kabin dg material, fit dan finish yg lebih baik dr santa fe. Rasanya bertolak belakang dg realita yang ada dikehidupan dunia nyata ya yang mana seluruh dunia memuji kualitas material, fi& finish santa fe yg setara atau bahkan lebih baik dr merk premium
ga kayak sini barang ekspor reject aja bisa dijual dan anehnya standar perakitannya jauh lebih bagus daripada yang untuk pasar lokal
fit and finish SantaFe TM setara atau lebih baik dari merek premium, merek premium yang mana ? siapa yang ngomong ? bole cantumkan sumbernya, oom?
krn setau saya sebagusnya Hyundai belum sampe selevelnya Mazda build quality nya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
bahlan lebih baik dr merk premium build qualitynya, saya jd penasaran jg di bagian mananya , merk premium yg mana ini ya
kalo dr kekedapan kabin memang diakui bagus sekali santafe ini misal dibanding x1 masih better santafe
kalo dr kekedapan kabin memang diakui bagus sekali santafe ini misal dibanding x1 masih better santafe
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 147
- Joined: Wed May 10, 2017 16:00
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Itu sg ya om? Beda spec kali.
Beda negara kan beda spec. Sesuai keinginan banyak target marketnya.
Beda negara kan beda spec. Sesuai keinginan banyak target marketnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
data darimana itu?Senargitar wrote: ↑Mon Mar 09, 2020 1:52di spore santa fe cuma ada varian 2.4 bensin doang.. jadi dari mana kaga adilnya..krniawnhdr wrote: ↑Mon Mar 09, 2020 1:24 CRV yang most powerful?
ngga imbang dong soalnya ngga dicompare sesama top line-nya...soalnya santa fe versi luar punya yang 2000cc , 235 hp/260nM. hmmmmm
penasaran juga cabin materialnya CRV rakitan luar kaya gimana..
di webnya hyundai singapore aja ada yang 2.2 crdi.
jadi kalo mau compare sama tipe yg beredar, top line vs top line. ya lawannya mestinya santafe yang 2.2 crdi...
tapi kalo gitu nanti pros nya si crv cuma tinggal cabin quality, itupun masih subyektif sifatnya...
kecuali authornya cuma mau comparing versi gasoline doang.
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
perlu diingat kalo SantaFe bukan direct competitornya CR-V... secara size lebih ke New Mazda CX-9. CR-V lebih deket ke Tucsonkrniawnhdr wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 1:38
data darimana itu?
di webnya hyundai singapore aja ada yang 2.2 crdi.
jadi kalo mau compare sama tipe yg beredar, top line vs top line. ya lawannya mestinya santafe yang 2.2 crdi...
tapi kalo gitu nanti pros nya si crv cuma tinggal cabin quality, itupun masih subyektif sifatnya...
kecuali authornya cuma mau comparing versi gasoline doang.
pros nya CR-V tinggal cabin quality? sdh test dua duanya yang versi SG oom?
dan mesin 2.2 CRDi sebenernya powerful on-paper tapi secara performa sebenernya 11-12 saja... 0-100 sprint nya cenderung mirip di 9 detikan (SantaFe lebih berat, jd comply ke power mesinnya yang lebih gede).
ngga tau sih SantaFe memang mobil bagus tapi menurut saya agak overrated kalo dibilang "kelas premium" atau "pros nya CRV tinggal cabin quality".
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
Ya yang di compare sesama versi bensin lah. Aneh aja comparenya satu diesel satu bensinkrniawnhdr wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 1:38data darimana itu?Senargitar wrote: ↑Mon Mar 09, 2020 1:52di spore santa fe cuma ada varian 2.4 bensin doang.. jadi dari mana kaga adilnya..krniawnhdr wrote: ↑Mon Mar 09, 2020 1:24 CRV yang most powerful?
ngga imbang dong soalnya ngga dicompare sesama top line-nya...soalnya santa fe versi luar punya yang 2000cc , 235 hp/260nM. hmmmmm
penasaran juga cabin materialnya CRV rakitan luar kaya gimana..
di webnya hyundai singapore aja ada yang 2.2 crdi.
jadi kalo mau compare sama tipe yg beredar, top line vs top line. ya lawannya mestinya santafe yang 2.2 crdi...
tapi kalo gitu nanti pros nya si crv cuma tinggal cabin quality, itupun masih subyektif sifatnya...
kecuali authornya cuma mau comparing versi gasoline doang.
Dan bener itu kata om chz, akselerasi si santa fe diesel dg crv turbo jg sebelas dua belas. Pdhl si crv lack 200nm torsinya dr si santi diesel, cvt pula...
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
jawabannya karena mesin diesel nafasnya lebih pendek oom, dan untuk 0-100 figur curve torsi lebih berpengaruh ketimbang sekedar peak torsi.Senargitar wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 2:41
Ya yang di compare sesama versi diesel lah. Aneh aja comparenya beda jenis mesin. Gak aneh kok itu...
Dan bener itu kata om chz, akselerasi si santa fe diesel dg crv turbo jg sebelas dua belas. Pdhl si crv lack 200nm torsinya dr si santi diesel.
curve torsi tidak pernah dipublikasi oleh ATPM, tapi yang jelas bisa keliatan adalah hp, merupakan hasil perkalian torsi dengan RPM... jadi 0-100 figure sebenernya lebih lihat angka hp (ini di luar faktor setting dan jenis transmisi, final gear, lalu jenis penggerak dan bobot mobil itu sendiri).
CR-V dan Santi CRDi cuma beda 8 hp... tapi bobot Santi diesel sekitar 200kg lebih berat. Perlu diingat selain size dan sasis, mesin diesel lebih berat dari bensin. Innova bensin dan diesel saja beda 200 kg...
belum transmisi Santi diesel skrg yang pake 8-speed yang komponennya pasti banyak dan nyumbang bobot juga dibanding CVT di CRV. Yang saya tidak suka dari mobil diesel kebanyakan adalah bobotnya : terlalu berat. tidak agile dan merusak weight distribution.
cuma yah di dunia nyata butt-o-meter kan selalu diukur dari injakan gas ketimbang data faktual... dan mayoritas masyarakat kita nginjek gas hampir tidak pernah gas pol... makanya ketemu mobil turbodiesel modern pasti feelingnya kenceng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
yang bikin perbandingannya di website itu kan writernya, kita cuma bahas aja disini soal pros-cons pendapat si writer.ChZ wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 2:20perlu diingat kalo SantaFe bukan direct competitornya CR-V... secara size lebih ke New Mazda CX-9. CR-V lebih deket ke Tucsonkrniawnhdr wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 1:38
data darimana itu?
di webnya hyundai singapore aja ada yang 2.2 crdi.
jadi kalo mau compare sama tipe yg beredar, top line vs top line. ya lawannya mestinya santafe yang 2.2 crdi...
tapi kalo gitu nanti pros nya si crv cuma tinggal cabin quality, itupun masih subyektif sifatnya...
kecuali authornya cuma mau comparing versi gasoline doang.
pros nya CR-V tinggal cabin quality? sdh test dua duanya yang versi SG oom?
dan mesin 2.2 CRDi sebenernya powerful on-paper tapi secara performa sebenernya 11-12 saja... 0-100 sprint nya cenderung mirip di 9 detikan (SantaFe lebih berat, jd comply ke power mesinnya yang lebih gede).
ngga tau sih SantaFe memang mobil bagus tapi menurut saya agak overrated kalo dibilang "kelas premium" atau "pros nya CRV tinggal cabin quality".
santafe crdi yang dimaksud performanya 11-12 dengan crv itu masih pakai santi crdi DM ya yang masih 6 speed?
soalnya kalo sama santa fe crdi TM, feels performanya bedanya itu justru kerasa..udah pernah td yang versi TM crdi?
well, mungkin statement dikomenan sebelumnya yg ada bilang 'kelas premium' itu karena dibandingin sama yang harga kisaran 500-600jt..
crv ada pros di cabin quality pun itu kalo versi luar...
kalo versi rakitan sini berarti udah ngga ada pros ya dibanding santafe, selama santafe itu crdi..
soalnya cabin qualitynya ya gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
kalo gasoline vs gasoline, ya case close...Senargitar wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 2:41Ya yang di compare sesama versi bensin lah. Aneh aja comparenya satu diesel satu bensinkrniawnhdr wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 1:38data darimana itu?Senargitar wrote: ↑Mon Mar 09, 2020 1:52
di spore santa fe cuma ada varian 2.4 bensin doang.. jadi dari mana kaga adilnya..
di webnya hyundai singapore aja ada yang 2.2 crdi.
jadi kalo mau compare sama tipe yg beredar, top line vs top line. ya lawannya mestinya santafe yang 2.2 crdi...
tapi kalo gitu nanti pros nya si crv cuma tinggal cabin quality, itupun masih subyektif sifatnya...
kecuali authornya cuma mau comparing versi gasoline doang.
Dan bener itu kata om chz, akselerasi si santa fe diesel dg crv turbo jg sebelas dua belas. Pdhl si crv lack 200nm torsinya dr si santi diesel, cvt pula...
crv nya walau 1.5 tapi turbo..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?
setuju buat statement awalnya..ChZ wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 2:46jawabannya karena mesin diesel nafasnya lebih pendek oom, dan untuk 0-100 figur curve torsi lebih berpengaruh ketimbang sekedar peak torsi.Senargitar wrote: ↑Tue Mar 10, 2020 2:41
Ya yang di compare sesama versi diesel lah. Aneh aja comparenya beda jenis mesin. Gak aneh kok itu...
Dan bener itu kata om chz, akselerasi si santa fe diesel dg crv turbo jg sebelas dua belas. Pdhl si crv lack 200nm torsinya dr si santi diesel.
curve torsi tidak pernah dipublikasi oleh ATPM, tapi yang jelas bisa keliatan adalah hp, merupakan hasil perkalian torsi dengan RPM... jadi 0-100 figure sebenernya lebih lihat angka hp (ini di luar faktor setting dan jenis transmisi, final gear, lalu jenis penggerak dan bobot mobil itu sendiri).
CR-V dan Santi CRDi cuma beda 8 hp... tapi bobot Santi diesel sekitar 200kg lebih berat. Perlu diingat selain size dan sasis, mesin diesel lebih berat dari bensin. Innova bensin dan diesel saja beda 200 kg...
belum transmisi Santi diesel skrg yang pake 8-speed yang komponennya pasti banyak dan nyumbang bobot juga dibanding CVT di CRV. Yang saya tidak suka dari mobil diesel kebanyakan adalah bobotnya : terlalu berat. tidak agile dan merusak weight distribution.
cuma yah di dunia nyata butt-o-meter kan selalu diukur dari injakan gas ketimbang data faktual... dan mayoritas masyarakat kita nginjek gas hampir tidak pernah gas pol... makanya ketemu mobil turbodiesel modern pasti feelingnya kenceng.
anyway diesel dan bobot kayaknya ga bisa dipisahin, tapi dengan mesin diesel yang lebih besar dan berat, peredaman cabin dan quality interiornya santi yang bikin orang amazed...
kalau diukur pakai decibel meter pun, pasti bakal ketauan deh mobil bensin mana aja yang kalah senyap dari mobil diesel..