Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ongisnade »

DOHC wrote: Wed Mar 11, 2020 13:14
Suryaputra wrote: Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.



:ngacir:
ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smua

bau asem, geter2, brisik...

kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
Bagi orang yang PAHAM, menghidupkan mobil berarti menimbulkan polusi gas beracun yang semua orang harus menghindar jangan sampai terhirup. Seharusnya kita teriak kalau ada orang dibelakang mobil hey...menjauh.... ada gas beracun dibelakang. Ini ada BAU sebagai penanda gratis ada gas beracun malah dibenci. Justru bangga secara diem-diem meracuni orang lain bahkan dirinya sendiri ha...ha...lucu. Kalau tidak bau tanpa sadar kita terus menhirup kalau terakumulasi bisa jadi kanker tuh. Dengan adanya bau masem semua orang pasti berusaha menghindar, menjauh.

LPG (campuran gas Propane dan Butane, C3 dan C4) adalah flamable gas yang tidak berbau. Itu Pertamina susah-susah mencampurkan MERCAPTAN yang baunya menyengat seperti itu tujuanya supaya orang aware : Kalau ada kebocoran MERCAPTANE seolah olah teriak ngasih tau ke orang-orang hey....awas....ada gas bocooorr...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

agathos wrote: Wed Mar 11, 2020 13:45
DOHC wrote: Wed Mar 11, 2020 13:14
Suryaputra wrote: Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.



:ngacir:
ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smua

bau asem, geter2, brisik...

kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
Idem saya hahaha. Saya ada beberapa mobil diesel di rumah gak saya pake. Preference nya bensin walaupun agak boros ya wes lah - cm saya prefer bensin cc gede pakein twin screw supercharger dan I've got a [cencored] amount of toque from low end power band sampe top end. Athough electric car juga instant torque nya insane sih sekarang hahaha.

Dan pengalaman diesel modern direct injection sekali nya rusak pusinggg. Kemarin abis service gede 1kd-ftv sekalian ganti pompa solar puyeng mahal nya hahahaha.

RR diesel enak beli baru om cover warranty kalau uda lepas warranty cape deh hahah

Balik ke CRV, gara2 bahas ini tadi sempet coba bawa CRV Turbo temen kantor yang uda ganti exhaust dan remap, much better than when it was standard sih dia juga pake throttle controller lumayan bantu banget buat response time nya. Kayaknya biggest let down dari power crv karena CVT nya saya rasa sih engine nya feel like there is more potential.

To be fair to 4 cyl engine cc kecil banyak kok yang lumayan powerful tapi yah itu mid to top end main nya karena butuh turbo besar dan diesel modern dengan good low end torque buat stop and go macet enak banget gak terlalu cape
Saya kurang suka Santi DM dulu juga buset kalo manteng gas pas cruise di 2000 RPM berisik denger suara "krrrrr.....krrrrrr.....krrrrrrrr" khas diesel nya,

dan entah kenapa ane ngga terlalu suka low end torque terlalu jambak, malah kesannya rada jerky lebih suka karakter yang linear.

Yes CRD engine di luar ekonomis dan efisien, perawatannya ngga murah, terutama pas jatah serpis gede. Ane tercerahkan waktu angkut Santi DM, perawatannya cukup costly walau sekedar bersih2 dan ganti oli.

Mesin L15B7 potentialnya gede dan termasuk well built engine. Saya pikir di push sampe 300hp juga sanggup dengan ganti internal. Civic Si stock 210hp dengan mesin sama, tuned bisa sampe 300hp, cuma internalsnya Civic Si agak beda, terutama pistonnya lebih kuat.

CVT di CRV dan Civic karakternya dibuat beda um, di Civic lebih agresif, CRV sepertinya karena SUV lebih dibuat halus dan di low RPM ga langsung lockup, berguna buat crawling.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by agathos »

ChZ wrote: Thu Mar 12, 2020 1:07
agathos wrote: Wed Mar 11, 2020 13:45
DOHC wrote: Wed Mar 11, 2020 13:14

ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smua

bau asem, geter2, brisik...

kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
Idem saya hahaha. Saya ada beberapa mobil diesel di rumah gak saya pake. Preference nya bensin walaupun agak boros ya wes lah - cm saya prefer bensin cc gede pakein twin screw supercharger dan I've got a [cencored] amount of toque from low end power band sampe top end. Athough electric car juga instant torque nya insane sih sekarang hahaha.

Dan pengalaman diesel modern direct injection sekali nya rusak pusinggg. Kemarin abis service gede 1kd-ftv sekalian ganti pompa solar puyeng mahal nya hahahaha.

RR diesel enak beli baru om cover warranty kalau uda lepas warranty cape deh hahah

Balik ke CRV, gara2 bahas ini tadi sempet coba bawa CRV Turbo temen kantor yang uda ganti exhaust dan remap, much better than when it was standard sih dia juga pake throttle controller lumayan bantu banget buat response time nya. Kayaknya biggest let down dari power crv karena CVT nya saya rasa sih engine nya feel like there is more potential.

To be fair to 4 cyl engine cc kecil banyak kok yang lumayan powerful tapi yah itu mid to top end main nya karena butuh turbo besar dan diesel modern dengan good low end torque buat stop and go macet enak banget gak terlalu cape
Saya kurang suka Santi DM dulu juga buset kalo manteng gas pas cruise di 2000 RPM berisik denger suara "krrrrr.....krrrrrr.....krrrrrrrr" khas diesel nya,

dan entah kenapa ane ngga terlalu suka low end torque terlalu jambak, malah kesannya rada jerky lebih suka karakter yang linear.

Yes CRD engine di luar ekonomis dan efisien, perawatannya ngga murah, terutama pas jatah serpis gede. Ane tercerahkan waktu angkut Santi DM, perawatannya cukup costly walau sekedar bersih2 dan ganti oli.

Mesin L15B7 potentialnya gede dan termasuk well built engine. Saya pikir di push sampe 300hp juga sanggup dengan ganti internal. Civic Si stock 210hp dengan mesin sama, tuned bisa sampe 300hp, cuma internalsnya Civic Si agak beda, terutama pistonnya lebih kuat.

CVT di CRV dan Civic karakternya dibuat beda um, di Civic lebih agresif, CRV sepertinya karena SUV lebih dibuat halus dan di low RPM ga langsung lockup, berguna buat crawling.
Nah iya L15B honda looks like a good engine, saya lagi pesenin high comp CP piston forged piston dan H beam with ratio 13:1 buat temen yang lagi build engine itu buat jazz. Hahahah

Hmm CVT nya CRV dan CIVIC Satu model tapi beda transmission map dan settings atau entirely different model om? Menarik juga tuh bisa gak CVT nya CRV di buat kayak civic toh CRV di indo kan 2WD juga mostly pake 100% aspal
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1567
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by lemonadelovers »

agathos wrote: Thu Mar 12, 2020 1:55
ChZ wrote: Thu Mar 12, 2020 1:07
agathos wrote: Wed Mar 11, 2020 13:45

Idem saya hahaha. Saya ada beberapa mobil diesel di rumah gak saya pake. Preference nya bensin walaupun agak boros ya wes lah - cm saya prefer bensin cc gede pakein twin screw supercharger dan I've got a [cencored] amount of toque from low end power band sampe top end. Athough electric car juga instant torque nya insane sih sekarang hahaha.

Dan pengalaman diesel modern direct injection sekali nya rusak pusinggg. Kemarin abis service gede 1kd-ftv sekalian ganti pompa solar puyeng mahal nya hahahaha.

RR diesel enak beli baru om cover warranty kalau uda lepas warranty cape deh hahah

Balik ke CRV, gara2 bahas ini tadi sempet coba bawa CRV Turbo temen kantor yang uda ganti exhaust dan remap, much better than when it was standard sih dia juga pake throttle controller lumayan bantu banget buat response time nya. Kayaknya biggest let down dari power crv karena CVT nya saya rasa sih engine nya feel like there is more potential.

To be fair to 4 cyl engine cc kecil banyak kok yang lumayan powerful tapi yah itu mid to top end main nya karena butuh turbo besar dan diesel modern dengan good low end torque buat stop and go macet enak banget gak terlalu cape
Saya kurang suka Santi DM dulu juga buset kalo manteng gas pas cruise di 2000 RPM berisik denger suara "krrrrr.....krrrrrr.....krrrrrrrr" khas diesel nya,

dan entah kenapa ane ngga terlalu suka low end torque terlalu jambak, malah kesannya rada jerky lebih suka karakter yang linear.

Yes CRD engine di luar ekonomis dan efisien, perawatannya ngga murah, terutama pas jatah serpis gede. Ane tercerahkan waktu angkut Santi DM, perawatannya cukup costly walau sekedar bersih2 dan ganti oli.

Mesin L15B7 potentialnya gede dan termasuk well built engine. Saya pikir di push sampe 300hp juga sanggup dengan ganti internal. Civic Si stock 210hp dengan mesin sama, tuned bisa sampe 300hp, cuma internalsnya Civic Si agak beda, terutama pistonnya lebih kuat.

CVT di CRV dan Civic karakternya dibuat beda um, di Civic lebih agresif, CRV sepertinya karena SUV lebih dibuat halus dan di low RPM ga langsung lockup, berguna buat crawling.
Nah iya L15B honda looks like a good engine, saya lagi pesenin high comp CP piston forged piston dan H beam with ratio 13:1 buat temen yang lagi build engine itu buat jazz. Hahahah

Hmm CVT nya CRV dan CIVIC Satu model tapi beda transmission map dan settings atau entirely different model om? Menarik juga tuh bisa gak CVT nya CRV di buat kayak civic toh CRV di indo kan 2WD juga mostly pake 100% aspal
Ngetes beda mapping TCM coba tukeran TCM aja yaa..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

agathos wrote: Thu Mar 12, 2020 1:55
Nah iya L15B honda looks like a good engine, saya lagi pesenin high comp CP piston forged piston dan H beam with ratio 13:1 buat temen yang lagi build engine itu buat jazz. Hahahah

Hmm CVT nya CRV dan CIVIC Satu model tapi beda transmission map dan settings atau entirely different model om? Menarik juga tuh bisa gak CVT nya CRV di buat kayak civic toh CRV di indo kan 2WD juga mostly pake 100% aspal
wah menarik mau masukin L15B yang N/A di Jazz? :mky_02: ditunggu resultnya oom.

nah saya kurang tau ya, kalau ngeliat kebiasaan Honda mungkin satu seri tapi beda printilan saja (might be stronger CVT belt or pulley? biasanya gini-gini yang baru bisa ke-notice kalo beneran dibongkar). Accord sepertinya lebih ke settingan CR-V.

Yang jadi pertimbangan dalam setting transmisi biasanya selain kegunaan juga bobot. SUV biasanya pake komponen yang lebih heavy duty, misal di VW, Tiguan pake 6-speed wet DSG DQ250, beda dengan Golf dan Scirocco yang pake 7-speed dry DQ200.

Tapi bener juga, CR-V swap gearbox Civic dengan final gear punya CR-V seperti ide yang bagus :big_think: lockup transmisinya lebih cepet, jd nolong torsi bawah lebih kuat :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by agathos »

ChZ wrote: Thu Mar 12, 2020 2:27
wah menarik mau masukin L15B yang N/A di Jazz? :mky_02: ditunggu resultnya oom.

nah saya kurang tau ya, kalau ngeliat kebiasaan Honda mungkin satu seri tapi beda printilan saja (might be stronger CVT belt or pulley? biasanya gini-gini yang baru bisa ke-notice kalo beneran dibongkar). Accord sepertinya lebih ke settingan CR-V.

Yang jadi pertimbangan dalam setting transmisi biasanya selain kegunaan juga bobot. SUV biasanya pake komponen yang lebih heavy duty, misal di VW, Tiguan pake 6-speed wet DSG DQ250, beda dengan Golf dan Scirocco yang pake 7-speed dry DQ200.

Tapi bener juga, CR-V swap gearbox Civic dengan final gear punya CR-V seperti ide yang bagus :big_think: lockup transmisinya lebih cepet, jd nolong torsi bawah lebih kuat :big_think:
Iya om, cm gak tau dia dapet dari mana Jazz yang L15B nya - cm titip beli piston sama saya aja, sekalian saya kemaren juga abis beli CP piston buat mobil lain. tak coba foto-in nanti kalau ketemu pas anter piston nya yak hehehe.
blacksaphire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by blacksaphire »

ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 2:46
Senargitar wrote: Tue Mar 10, 2020 2:41
Ya yang di compare sesama versi diesel lah. Aneh aja comparenya beda jenis mesin. Gak aneh kok itu...

Dan bener itu kata om chz, akselerasi si santa fe diesel dg crv turbo jg sebelas dua belas. Pdhl si crv lack 200nm torsinya dr si santi diesel.
jawabannya karena mesin diesel nafasnya lebih pendek oom, dan untuk 0-100 figur curve torsi lebih berpengaruh ketimbang sekedar peak torsi.

curve torsi tidak pernah dipublikasi oleh ATPM, tapi yang jelas bisa keliatan adalah hp, merupakan hasil perkalian torsi dengan RPM... jadi 0-100 figure sebenernya lebih lihat angka hp (ini di luar faktor setting dan jenis transmisi, final gear, lalu jenis penggerak dan bobot mobil itu sendiri).

CR-V dan Santi CRDi cuma beda 8 hp... tapi bobot Santi diesel sekitar 200kg lebih berat. Perlu diingat selain size dan sasis, mesin diesel lebih berat dari bensin. Innova bensin dan diesel saja beda 200 kg...

belum transmisi Santi diesel skrg yang pake 8-speed yang komponennya pasti banyak dan nyumbang bobot juga dibanding CVT di CRV. Yang saya tidak suka dari mobil diesel kebanyakan adalah bobotnya : terlalu berat. tidak agile dan merusak weight distribution.

cuma yah di dunia nyata butt-o-meter kan selalu diukur dari injakan gas ketimbang data faktual... dan mayoritas masyarakat kita nginjek gas hampir tidak pernah gas pol... makanya ketemu mobil turbodiesel modern pasti feelingnya kenceng.
Klo saya, untuk mobil malah apa yg dirasakan itu yg lebih dipercaya ketimbang angka2 faktual. Karena kenyaman, performa, fun to drive itu dirasakan. Makanya perlu test drive. Sama lah kayak kasus review seltos yg ga sesuai harapan kayak spek, yg tertulis faktual di spek biarlah buat brosur aja, kenikmatannya aslinya biar feeling user yg merasakan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

blacksaphire wrote: Thu Mar 12, 2020 11:03 Klo saya, untuk mobil malah apa yg dirasakan itu yg lebih dipercaya ketimbang angka2 faktual. Karena kenyaman, performa, fun to drive itu dirasakan. Makanya perlu test drive. Sama lah kayak kasus review seltos yg ga sesuai harapan kayak spek, yg tertulis faktual di spek biarlah buat brosur aja, kenikmatannya aslinya biar feeling user yg merasakan.
Ya skali lagi kalo ngomongnya feel, berarti subjective sesuai taste masing2... Hehehe. Krn feel itu tergantung butt o meter tiap orang...



Klo bahas objective, ya hrs pake data...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by DOHC »

ongisnade wrote: Wed Mar 11, 2020 22:01
DOHC wrote: Wed Mar 11, 2020 13:14
Suryaputra wrote: Wed Mar 11, 2020 7:38
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.



:ngacir:
ane kayanya orang yg masuk kategori ini.. sbagus apapun turbo diesel, ga bkal ane lirik.. sedari kecil justru mobil di rumah diesel mulu ampe eneg skrg.. makanya sejak beberapa taon trakir, isi gerasi di rumah ane ganti jd bensin smua

bau asem, geter2, brisik...

kcuali ud tajir sanggup ngempanin biem atau RR diesel
Bagi orang yang PAHAM, menghidupkan mobil berarti menimbulkan polusi gas beracun yang semua orang harus menghindar jangan sampai terhirup. Seharusnya kita teriak kalau ada orang dibelakang mobil hey...menjauh.... ada gas beracun dibelakang. Ini ada BAU sebagai penanda gratis ada gas beracun malah dibenci. Justru bangga secara diem-diem meracuni orang lain bahkan dirinya sendiri ha...ha...lucu. Kalau tidak bau tanpa sadar kita terus menhirup kalau terakumulasi bisa jadi kanker tuh. Dengan adanya bau masem semua orang pasti berusaha menghindar, menjauh.

LPG (campuran gas Propane dan Butane, C3 dan C4) adalah flamable gas yang tidak berbau. Itu Pertamina susah-susah mencampurkan MERCAPTAN yang baunya menyengat seperti itu tujuanya supaya orang aware : Kalau ada kebocoran MERCAPTANE seolah olah teriak ngasih tau ke orang-orang hey....awas....ada gas bocooorr...
jaka sembung bawa golok

smua org jg tau asep knalpot itu beracun..ngalor ngidul ampe bawa2 lpg

lagian sampean kl emg doyan yg bau asem2 yah uda.. ane ga suka situ mau apa

norak amat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 12:34
jaka sembung bawa golok

smua org jg tau asep knalpot itu beracun..ngalor ngidul ampe bawa2 lpg

lagian sampean kl emg doyan yg bau asem2 yah uda.. ane ga suka situ mau apa

norak amat
Ya maklum lah, wajar klo ga bisa bedain fakta ama selera / personal preference....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9763
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by Suryaputra »

Artikel dari postingan TS dah bener, gasoline vs gasoline.

makin ke sini, jadi diesel vs gasoline.
ntar lagi bakal mobil listrik vs diesel

gak kelar2 wkwkwkwkwkw
& Calon trit digembok inih

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Mar 12, 2020 13:57 Artikel dari postingan TS dah bener, gasoline vs gasoline.

makin ke sini, jadi diesel vs gasoline.
ntar lagi bakal mobil listrik vs diesel

gak kelar2 wkwkwkwkwkw
& Calon trit digembok inih

:ngacir:
dari yang fans Santi diesel ga terima Santi TM gasoline dibandingin ama CR-V gasoline (ya sebenernya keduanya nggak sekelas juga sih, inipun menurut gw sudah nggak apple to apple, kalo scr quality lebih bagus Santi ya wajar, lebih mahal.)

lanjut ke yang ngga terima data faktual terus bilang lebih percaya feeling lah.

lha wong yang dibahas pengetesan, tp kok muter sampe ke feeling dan selera yang purely subjective.

kalo yang dibahas cuma feeling, ya ngga perlu ada forum SM, wong feeling itu subjektif... bilang data faktual ga penting, on paper specs ga penting...

justru gw join SM dulu ya karena diskusinya berbobot ngga sekedar subjective menurut gw menurut gw "oh gw pake ini, ini yang paling bagus", "oh gw suka ini, ini yang paling bagus, yang lain ngga bagus".

yang sets apart pengujiannya Otodriver dan Carmudi jadi punya kesan lebih berkelas dibanding let's say, Autonet, ya Otodriver/Carmudi pake data, Autonet pure berdasarkan feeling...

btw soal electric vs gasoline...



gw sangat yakin by feeling Lambo nya way faster than Tesla :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9763
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by Suryaputra »

ya makanya karena itulah device spt RaceLogic dan sejenisnya diciptakan untuk keperluan test secara professional dgn standard international.
bukan SNI :big_biglaugh:

biar betul2 bisa ngukur timing 0-100, 0-200, 0- top speed sekian km/h
40 - 80 km/h
60 - 80 km/h
dst

klo specs di brosur kan itungan nya Dyno on-engine, bukan on-wheel, yg mana power loss udah banyak
sehingga jg gak bisa dijadikan acuan.
& Btw autonet skrg dah pk racelogic juga koq.

contoh lain bensin vs bensin



:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Mar 13, 2020 2:50 ya makanya karena itulah device spt RaceLogic dan sejenisnya diciptakan untuk keperluan test secara professional dgn standard international.
bukan SNI :big_biglaugh:

biar betul2 bisa ngukur timing 0-100, 0-200, 0- top speed sekian km/h
40 - 80 km/h
60 - 80 km/h
dst

klo specs di brosur kan itungan nya Dyno on-engine, bukan on-wheel, yg mana power loss udah banyak
sehingga jg gak bisa dijadikan acuan.
& Btw autonet skrg dah pk racelogic juga koq.

contoh lain bensin vs bensin



:ngacir:
yup, Racelogic standar internasional dan speed nya GPS based jadi lebih fair nggak sekedar on speedo yang mana deviasinya beda-beda :upss:

kalo gw spek di brosur ngasih gambaran power mobil karakternya seperti apa, biasanya di dyno ngga akan beda jauh kurvanya (meskipun angkanya selisih). Memang lebih fair liat on-wheel dyno sih, real world performance nya ketauan... seberapa besar losses di transmisi dan roda.

oh autonet skrg pake racelogic ya? Gw dulu gak demennya autonet selain reviewernya yang begitulah, juga karena ngga ada ngukur 0-100 accel :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by bensinsolar »

blacksaphire wrote: Thu Mar 12, 2020 11:03
ChZ wrote: Tue Mar 10, 2020 2:46
Senargitar wrote: Tue Mar 10, 2020 2:41
Ya yang di compare sesama versi diesel lah. Aneh aja comparenya beda jenis mesin. Gak aneh kok itu...

Dan bener itu kata om chz, akselerasi si santa fe diesel dg crv turbo jg sebelas dua belas. Pdhl si crv lack 200nm torsinya dr si santi diesel.
jawabannya karena mesin diesel nafasnya lebih pendek oom, dan untuk 0-100 figur curve torsi lebih berpengaruh ketimbang sekedar peak torsi.

curve torsi tidak pernah dipublikasi oleh ATPM, tapi yang jelas bisa keliatan adalah hp, merupakan hasil perkalian torsi dengan RPM... jadi 0-100 figure sebenernya lebih lihat angka hp (ini di luar faktor setting dan jenis transmisi, final gear, lalu jenis penggerak dan bobot mobil itu sendiri).

CR-V dan Santi CRDi cuma beda 8 hp... tapi bobot Santi diesel sekitar 200kg lebih berat. Perlu diingat selain size dan sasis, mesin diesel lebih berat dari bensin. Innova bensin dan diesel saja beda 200 kg...

belum transmisi Santi diesel skrg yang pake 8-speed yang komponennya pasti banyak dan nyumbang bobot juga dibanding CVT di CRV. Yang saya tidak suka dari mobil diesel kebanyakan adalah bobotnya : terlalu berat. tidak agile dan merusak weight distribution.

cuma yah di dunia nyata butt-o-meter kan selalu diukur dari injakan gas ketimbang data faktual... dan mayoritas masyarakat kita nginjek gas hampir tidak pernah gas pol... makanya ketemu mobil turbodiesel modern pasti feelingnya kenceng.
Klo saya, untuk mobil malah apa yg dirasakan itu yg lebih dipercaya ketimbang angka2 faktual. Karena kenyaman, performa, fun to drive itu dirasakan. Makanya perlu test drive. Sama lah kayak kasus review seltos yg ga sesuai harapan kayak spek, yg tertulis faktual di spek biarlah buat brosur aja, kenikmatannya aslinya biar feeling user yg merasakan.
Bener Om utk fun to drive saya setuju perlu test drive. Kalau berkaitan dengan Performa, mkgn yg Om maksudkan itu lebih ke driveability (enak tidaknya penyaluran tenaga mobil & ini bener2 preferensi orang berbeda2), tapi kalau pure performance yg mau diukur ya harus dengan alat test spt Race logic utk 0-100, rolling acceleration dst. Karena mau seberapa cepat pun itu berasa di butt o meter, kalau angka2 tsb tidak mendukung ya kalau sama2 pedal to metal, mau itu bangku depan sampe copot karena g force, tetap aja di jalan seimbang kalau figurenya mirip. CMIIW
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by FU27 »

ChZ wrote: Fri Mar 13, 2020 2:13
Suryaputra wrote: Thu Mar 12, 2020 13:57 Artikel dari postingan TS dah bener, gasoline vs gasoline.

makin ke sini, jadi diesel vs gasoline.
ntar lagi bakal mobil listrik vs diesel

gak kelar2 wkwkwkwkwkw
& Calon trit digembok inih

:ngacir:
dari yang fans Santi diesel ga terima Santi TM gasoline dibandingin ama CR-V gasoline (ya sebenernya keduanya nggak sekelas juga sih, inipun menurut gw sudah nggak apple to apple, kalo scr quality lebih bagus Santi ya wajar, lebih mahal.)

lanjut ke yang ngga terima data faktual terus bilang lebih percaya feeling lah.

lha wong yang dibahas pengetesan, tp kok muter sampe ke feeling dan selera yang purely subjective.

kalo yang dibahas cuma feeling, ya ngga perlu ada forum SM, wong feeling itu subjektif... bilang data faktual ga penting, on paper specs ga penting...

justru gw join SM dulu ya karena diskusinya berbobot ngga sekedar subjective menurut gw menurut gw "oh gw pake ini, ini yang paling bagus", "oh gw suka ini, ini yang paling bagus, yang lain ngga bagus".

yang sets apart pengujiannya Otodriver dan Carmudi jadi punya kesan lebih berkelas dibanding let's say, Autonet, ya Otodriver/Carmudi pake data, Autonet pure berdasarkan feeling...

btw soal electric vs gasoline...



gw sangat yakin by feeling Lambo nya way faster than Tesla :upss:
Pokoknya honda is a crap... mobil roadnoisenya parah, gap interior ga konsisten, plastik ember, cvt kaya beat mberrrr. Ga mungkin lebih bagus dari mobil asia standar yurop.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by Herman7103 »

Quote
Pokoknya honda is a crap... mobil roadnoisenya parah, gap interior ga konsisten, plastik ember, cvt kaya beat mberrrr. Ga mungkin lebih bagus dari mobil asia standar yurop.

unquote
Kritik yg pedas tapi ngak salah jg commentnya mengingat saya sendiri masih pilih beli mobil Nissan dulu tahun 2014 saat milih mobil untuk kendaraan sehari hari, dan sampai sekarang belum mau ganti mobil karena sudah cocok dgn kebutuhan keluarga saya.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Fri Mar 13, 2020 7:00
Bener Om utk fun to drive saya setuju perlu test drive. Kalau berkaitan dengan Performa, mkgn yg Om maksudkan itu lebih ke driveability (enak tidaknya penyaluran tenaga mobil & ini bener2 preferensi orang berbeda2), tapi kalau pure performance yg mau diukur ya harus dengan alat test spt Race logic utk 0-100, rolling acceleration dst. Karena mau seberapa cepat pun itu berasa di butt o meter, kalau angka2 tsb tidak mendukung ya kalau sama2 pedal to metal, mau itu bangku depan sampe copot karena g force, tetap aja di jalan seimbang kalau figurenya mirip. CMIIW
sebenernya saya sih terserah aja orang nggak percaya data bla bla bla... tapi sekali lagi itu matter of taste dan personal preference. Jangan dibawa-bawa waktu lagi bahas soal pengujian objektif. Objective test bicara soal facts not feelings.

mengatakan data eksak nggak penting, itu sama saja bilang kalo ndesain mobil nggak perlu pake itungan matematika rumit... memangnya desain mesin, sasis, transmisi cukup pake feeling gitu?

Terus pengujian test mule di pabrik dan proving ground cukup pake feeling aja nggak perlu investasi alat mahal-mahal buat ngitung G-Force dan aerodynamics gitu?

Makanya saya bilang, oh kalo feeling saya di udara naik Boeing 777 diem aja tuh, walaupun dia lagi lari di atas 600 km/jam...
FU27 wrote: Fri Mar 13, 2020 7:22
Pokoknya honda is a crap... mobil roadnoisenya parah, gap interior ga konsisten, plastik ember, cvt kaya beat mberrrr. Ga mungkin lebih bagus dari mobil asia standar yurop.
meski dibandingin sama rival yang tidak sekelas dan 90 juta lebih mahal, pokoknya honda is a crap...

tapi sudahlah kalo harga aja nanti dipatok pake feeling, kalo pake feeling 90 juta gak mahal kok.
Last edited by ChZ on Fri Mar 13, 2020 8:01, edited 7 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by slowipah »

ane bingung org suka bandingin mbl yg beda harga, 30jt-50jt kl ditambahin ya dapat upgrade banyak.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: Fri Mar 13, 2020 7:35
bensinsolar wrote: Fri Mar 13, 2020 7:00
Bener Om utk fun to drive saya setuju perlu test drive. Kalau berkaitan dengan Performa, mkgn yg Om maksudkan itu lebih ke driveability (enak tidaknya penyaluran tenaga mobil & ini bener2 preferensi orang berbeda2), tapi kalau pure performance yg mau diukur ya harus dengan alat test spt Race logic utk 0-100, rolling acceleration dst. Karena mau seberapa cepat pun itu berasa di butt o meter, kalau angka2 tsb tidak mendukung ya kalau sama2 pedal to metal, mau itu bangku depan sampe copot karena g force, tetap aja di jalan seimbang kalau figurenya mirip. CMIIW
sebenernya saya sih terserah aja orang nggak percaya data bla bla bla... tapi sekali lagi itu matter of taste dan personal preference. Jangan dibawa-bawa waktu lagi bahas soal pengujian objektif. Objective test bicara soal facts not feelings.

mengatakan data eksak nggak penting, itu sama saja bilang kalo ndesain mobil nggak perlu pake itungan matematika rumit... memangnya desain mesin, sasis, transmisi cukup pake feeling gitu?

Terus pengujian test mule di pabrik dan proving ground cukup pake feeling aja nggak perlu investasi alat mahal-mahal buat ngitung G-Force dan aerodynamics gitu?

Makanya saya bilang, oh kalo feeling saya di udara naik Boeing 777 diem aja tuh, walaupun dia lagi lari di atas 600 km/jam...
Kalau pake feeling, sensasi take off pesawat jet yg selama ini saya naikin masih kalah sama ANF & Accord Euro mulai dari 5000rpm-7500rpm. Apalagi pas denger suara merdunya pure VTEC :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Fri Mar 13, 2020 8:16
Kalau pake feeling, sensasi take off pesawat jet yg selama ini saya naikin masih kalah sama ANF & Accord Euro mulai dari 5000rpm-7500rpm. Apalagi pas denger suara merdunya pure VTEC :big_peace:
wah apalagi DOHC VTEC engine sensasi nariknya udah berasa kuat banget begitu VTEC kickin :big_love:

kalo by feeling aja nih mobil bisa ngasapin muscle car :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by Leonhart »

Simple Karena Pembuat Artikel itu dibayar oleh Pihak H Tegak
jadi bela CRV

issue Built Quality Honda belakangan ini issue global kok

dari HRV sampe ke CRV glodakan semua
tapi di USA dan indonesia tetap laku banget hrv ama crv

temen yg pake hrv di aussie aja rattling semua interiornya
spec sich lbh jauh lengkap daripada indonesia, Jok aja elektrik disana, MID Full TFT
jadi biarpun built quality sama2 bapuk, tapi ketolong oleh spec yg lebih lengkap / lebih bagus

singapore ane boleh dibilang gk prnah Liat CRV turbo

hrv yg banyak, dan untuk CRV diwakilin versi sedannya yaitu Civic itupun gak byk


Jadi Artikel tsb di sponsorin oleh H tegak biar CRV penjualannya naik



btw, oot dikit
pernah dpat grab mobil HRV di singapore
gak beda jauh ama indo rattlingnya di interior
malahan velgnya disana jelek bgt

dan jok jg belum kulit, mending hrv di indo soal specnya

conclusion hrv di singapore:
built quality sama2 bapuk, spec lebih rendah daripada indo... kecuali disana ada Fitur ECON Mode


ane pernah liat aja di jalanan Singapore Versi JDM nya, Vezel specnya lebih lengkap kyknya keliatan dr velgnya lbh gede dan lbh bagus
trs stoplampnya Model LED bar

btw Honda Vezel di singapore itu Barang IU (Importir umum) bukan ATPM Honda Singapore
Barang ATPM Honda Singapore tetap pake nama HRV
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by Lolol »

bensinsolar wrote: Fri Mar 13, 2020 8:16
ChZ wrote: Fri Mar 13, 2020 7:35
bensinsolar wrote: Fri Mar 13, 2020 7:00
Bener Om utk fun to drive saya setuju perlu test drive. Kalau berkaitan dengan Performa, mkgn yg Om maksudkan itu lebih ke driveability (enak tidaknya penyaluran tenaga mobil & ini bener2 preferensi orang berbeda2), tapi kalau pure performance yg mau diukur ya harus dengan alat test spt Race logic utk 0-100, rolling acceleration dst. Karena mau seberapa cepat pun itu berasa di butt o meter, kalau angka2 tsb tidak mendukung ya kalau sama2 pedal to metal, mau itu bangku depan sampe copot karena g force, tetap aja di jalan seimbang kalau figurenya mirip. CMIIW
sebenernya saya sih terserah aja orang nggak percaya data bla bla bla... tapi sekali lagi itu matter of taste dan personal preference. Jangan dibawa-bawa waktu lagi bahas soal pengujian objektif. Objective test bicara soal facts not feelings.

mengatakan data eksak nggak penting, itu sama saja bilang kalo ndesain mobil nggak perlu pake itungan matematika rumit... memangnya desain mesin, sasis, transmisi cukup pake feeling gitu?

Terus pengujian test mule di pabrik dan proving ground cukup pake feeling aja nggak perlu investasi alat mahal-mahal buat ngitung G-Force dan aerodynamics gitu?

Makanya saya bilang, oh kalo feeling saya di udara naik Boeing 777 diem aja tuh, walaupun dia lagi lari di atas 600 km/jam...
Kalau pake feeling, sensasi take off pesawat jet yg selama ini saya naikin masih kalah sama ANF & Accord Euro mulai dari 5000rpm-7500rpm. Apalagi pas denger suara merdunya pure VTEC :big_peace:
Cobain denger in take off nya GE90 om, ga kalah merdu kok apalagi kalo duduk pas di sebelah mesin :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Fri Mar 13, 2020 8:29
bensinsolar wrote: Fri Mar 13, 2020 8:16
Kalau pake feeling, sensasi take off pesawat jet yg selama ini saya naikin masih kalah sama ANF & Accord Euro mulai dari 5000rpm-7500rpm. Apalagi pas denger suara merdunya pure VTEC :big_peace:
wah apalagi DOHC VTEC engine sensasi nariknya udah berasa kuat banget begitu VTEC kickin :big_love:

kalo by feeling aja nih mobil bisa ngasapin muscle car :ngacir:
By feeling agya ane lebi irit dr prius.. jakarta bandung pp plus muter2 aj masi sisa stengah tangki
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Material, fit and finish Crv RW lebih baik dari Santa Fe TM?

Post by ChZ »

Leonhart wrote: Sun Mar 15, 2020 20:44 Simple Karena Pembuat Artikel itu dibayar oleh Pihak H Tegak


Jadi Artikel tsb di sponsorin oleh H tegak biar CRV penjualannya naik

oom hati-hati dengan statement gini yah... kalau gak ada bukti pencemaran nama baik lho... mengingatkan saja :big_peace:

kecuali oom punya bukti media terkait dibayar / terafiliasi dengan ATPM tertentu... :big_peace:
DOHC wrote: Mon Mar 16, 2020 1:10
By feeling agya ane lebi irit dr prius.. jakarta bandung pp plus muter2 aj masi sisa stengah tangki
agya kan mobil resing oom klep... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7