Grand Livina Users..! - Part 01

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

maxx wrote:Perhatikan tombol OD-nya nyala ga tuh? .. krn kalo OD on (lampu mati) artinya hanya bermain gigi 1-3 (kalo ga salah inget) .. ini pasti lebih boros, tentu saja u/ bejek2an lebih enak OD on

NOTE: kalo gw ga salah inget.. lampu OD nyala ber arti OD off.. coba cek lagi di buku manualnya.
og262 wrote:mau share pengalaman juga sambil nanya nih, dari terima gl udah 5 x isi bensin (1.5 XV/AT), selalu pertamax plus atau super extra, dapatnya

ke 1 isi plus dalkot campur dapat 8,4km/lt
ke 2 super extra dalkot campur 8,9km/lt
ke 3 plus luar kota ga macet dapat 13,6/lt
ke 4 plus setengah luar kota dapat 10,8/km/lt
ke 5 sup extra dalkot dapat 9km/lt

nah kenapa kalau full dalkot ga bisa nyampe diatas 10 km/lt yah, padahal ngegas nya udah pelan pelan seperti yg di ajar bung maxx dan lainnya ( ecu perlu waktu biar ga sampe baru digas udah direm lagi ), sampe sampe kalau lagi macet bisa diserobot sama mobil sebelah karena terlalu pelan jalannya.

waktu isi bensin ke 3 udah service, ganti oli dan kasih tau sama Ta nya tapi masih ga dapet juga.

Perlu Private kali yah cara ngebejek gasnya ?....

Mohon advise lagi deh....
OD on (Lampu indikator OD mati) artinya mobil bisa masuk ke gigi tertinggi, di kasus GL yaitu gigi 4....jadi bukannya mentok di gigi 3....
kalo OD off (Lampu indikator nyala), baru deh gigi mentok di 3
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Risol1 wrote:
maxx wrote:Perhatikan tombol OD-nya nyala ga tuh? .. krn kalo OD on (lampu mati) artinya hanya bermain gigi 1-3 (kalo ga salah inget) .. ini pasti lebih boros, tentu saja u/ bejek2an lebih enak OD on

NOTE: kalo gw ga salah inget.. lampu OD nyala ber arti OD off.. coba cek lagi di buku manualnya.
og262 wrote:mau share pengalaman juga sambil nanya nih, dari terima gl udah 5 x isi bensin (1.5 XV/AT), selalu pertamax plus atau super extra, dapatnya

ke 1 isi plus dalkot campur dapat 8,4km/lt
ke 2 super extra dalkot campur 8,9km/lt
ke 3 plus luar kota ga macet dapat 13,6/lt
ke 4 plus setengah luar kota dapat 10,8/km/lt
ke 5 sup extra dalkot dapat 9km/lt

nah kenapa kalau full dalkot ga bisa nyampe diatas 10 km/lt yah, padahal ngegas nya udah pelan pelan seperti yg di ajar bung maxx dan lainnya ( ecu perlu waktu biar ga sampe baru digas udah direm lagi ), sampe sampe kalau lagi macet bisa diserobot sama mobil sebelah karena terlalu pelan jalannya.

waktu isi bensin ke 3 udah service, ganti oli dan kasih tau sama Ta nya tapi masih ga dapet juga.

Perlu Private kali yah cara ngebejek gasnya ?....

Mohon advise lagi deh....
OD on (Lampu indikator OD mati) artinya mobil bisa masuk ke gigi tertinggi, di kasus GL yaitu gigi 4....jadi bukannya mentok di gigi 3....
kalo OD off (Lampu indikator nyala), baru deh gigi mentok di 3
Itu yg gw sering kebalik2.. sampe sekarang gw juga ngerti mana yg bener krn cuma andalin ingetan saat technical meeting NLC dg NMI aja... ga liat manual booknya.. krn unitnya aja belum terima gimana bs ada manual booknya :lol: .. pokoke masalah OD itu berpengaruh sama FC :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
Ahli sih kaga dehhh.. cuma sering dengar sharing valid dari teman2 yg sudah alami sendiri alias valid owner/personal experience .. selain itu dapat info2 valid dari acara NLC.. spt saat technical meeting, kopdar dst.
Unit gw katanya datang bulan ini [crossing fingers : mode on] :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

ga tau yg mana, yg pasti kalau lampu indikator nyala, tarikan lebih enak buat nyalip, jalan nanjak dan yg pasti gw sering pake buat engine brake, kayaknya pas banget lagi jalan kenceng +/- diatas 100 pasti di gigi 4 dong, trus mobil di depan ngerem, tinggal pencet OD nya, mobil kita ngebrake sedikit, tinggal ambil kiri atau kanan deh.

Yg pasti gw sering maenin OD nya, mungkin jadi bikin lebih boros bensin yah, abis langsung di bejek lagi gasnya langsung ngacir sih..

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
Default GL pada saat start adalah OD on (lampu OD off mati), atau istilahnya economy mode... dan setiap start akan reset ke posisi OD on...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Wahh konsumsi bensin bung OG sama donk dgn gw.. iya nih, tadi gw jg udah dikasih wejangan2an.. nyetir matic bertahun-tahun masih perlu diajarin jg ternyata sama maxx ahahaha.. gini, kalo masalah OD nih.. mau tahu bedanya tuh pas jalan sekitar 60-80 pencet OD (indikator OD off nyala) pasti rpm jadi lebih tinggi, mesin lebih ngegerung.. kalo dibawah 60 better pake gigi 2 saja incase mau nyalip, tapi abis itu oper lagi ke D. bisa jg pake kickdown (tapi nginjeknya sedikit tega yah, pake hentakan dikit lah). kalo engine brake, elu better turun ke 2 misalnya diturunan curam, tapi jangan lah elu serign2 pake engine brake dengan pencet OD.. ngapain, boros doank, better elu injak rem.
og262 wrote:ga tau yg mana, yg pasti kalau lampu indikator nyala, tarikan lebih enak buat nyalip, jalan nanjak dan yg pasti gw sering pake buat engine brake, kayaknya pas banget lagi jalan kenceng +/- diatas 100 pasti di gigi 4 dong, trus mobil di depan ngerem, tinggal pencet OD nya, mobil kita ngebrake sedikit, tinggal ambil kiri atau kanan deh.

Yg pasti gw sering maenin OD nya, mungkin jadi bikin lebih boros bensin yah, abis langsung di bejek lagi gasnya langsung ngacir sih..

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Oalaahhh maxxx.. maxxx.. elu belum nyetir livina tohhh? HAHAHAHAHAH..... sip.. sipp.. top.. top.. eh btw tanyain donk... ke milis livina, gimana kesannya kalo misalnya nih ngakunya ketua harley davidson club indonesia, tapi malah ngga mau beli motor harley.. dan belinya yamaha majesty. hahahaha.. tanyain donk kenapa.

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Bisa jadi don, tapi yah.. masa gw punya 2 mobil matic masih harus penyesuaian lagi sih? bukannya triptonic lebih kejem tuh konsumsi bensinya? heheheheh.... but okelah nanti gw liat lagi siapa tahu memang mesinnya jg masih penyesuaian.
dony wrote:Seharusnya sich baik 1.5 maupun 1.8 harus memakai minimal pertamax. Penggunaan premium min ron 88 dampaknya ada penurunan sedikit di tenaga.
Driving style sing plg berpengaruh ya , dimana org yg biasa bawanya kalem jarang kickdown dan ngebut asum si rute macet pasti tetap irit bisa masuklah 1.12km-an dan l.kota mungkin bisa 1:20 km-an, lain halnya dgn saya yg kaki maunya bejek melulu dlm kota 1:8/9 udh bagus sekali, l-kota 1-12km udh bagus.
Tiap mobil merk lain pasti punya karaksteritik berbeda-2 dan butuh penyesuaian cara bawanya.
Spt Bung Ichssan dalam 1 minggu ini rata-2 dlm kota dapt sekitar 1.8/9 km ini proses penyesuain dgn karakter mobil, coba minggu ke 2 test lagi konsumsi bhn bakarnya dgn rute sama pasti akan berbeda, terus coba lagi smp mminggu ke 3.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote: Kalo AT.. mending lo bawa aja ke BERES tanyain soal hal tsb, di milist sih belum ada yg cerita2 soal bau karet kebakar.
Coba ikut nimbrung aja om di milist.. biar bisa sharing dan tukar pikiran.. soal problem dan solusi-nya.
nih maxx gw kasih alesan kenapa gw kaga mau ikut milis, lihat chat gw dengan salah satu anggota milis

ichsan_n : ketua livina club tuh siapa sekarang?
[cencored] : yup?
[cencored]: wahahha... nda tau...
[cencored]: nda pernah baca milis
[cencored]: kalo baca milis jadi ngga obyektip lagi sih
ichsan : yang gw bingung, kenapa ketuanya malah pake latio yah ngga livina? coba misalnya kalo ketua harley indonesia tapi motornya malah milih yamaha majesty? hahahaha.. katanya best value of the car? kok ketuanya aja malah pilih tipe lain?
[cencored]: temenku yang punya GL MT, dia menerima semua kekurangan GL, seperti kopling bermasalah, nanjak mlorot deelel, setelah baca milis
[cencored]: Mission Accomplished!!
[cencored]: hehe
ichsan : setekag baca milis menerima?
BUZZ!!!
[cencored]: iya.. dia bilang, karena ini sudah jadi mobil saya dan kondisinya begini, berarti ya memang saya yang harus menyesuaikan diri.. giiituuu katanyaaa...
ichsan : ANJRRIITTTTT
ichsan : buooddohhh.. buooddohhhhh
[cencored]: dia bilang ini hal biasa, karena livina itu mobil perdana.. mungkin varian barunya akan lebih sempurnaa
ichsan : genes gw
ichsan : terus terima aja gitu? gw mah kaga bakalan?
[cencored]: oiya, satu lagi masalah lubang di mesin, dia bilang itu juga ada tapi gapapa, udah saya plester sendiri ga masalah ko
[cencored]: hahahaa
ichsan : HAHAHAHAH.. naif bener sih tuh orang
ichsan : gw mah kaga mau
ichsan : kemaren sebelum diambil gw liat udah diplesterin sendiri sama bengkelnya, pake bahannya lumayan bagus pula.
Exxx : gue bilang gini aja, livina bukan mobil pertama gue, tapi ini mobil baru yang pertama kali punya buanyak masalah.. biasanya mobil second yang pas kita beli musti banyak perbaikan, tapi ini mobil baru gitu loooh... nissan pulaaa
ichsan : elu bilang gitu dimilis?
[cencored]: bukan di milis, tapi ke temen gue
[cencored]: temen gue langsung terdiam
[cencored]: sama kaya elu, gue gemes buanget dengernya
ichsan : masa manual ngga nanjak sih?
[cencored] : susah banget karena setting koplingnya ketinggian katanya
[cencored]: Temen kantor, duduk di samping gue.gue bilang ke dia, udah tau settingnya ngga pas, kenapa ngga disetel dari pabrik
ichsan : bukannya ngga distel dipabrik za
[cencored]: eh, dia masih belain, katanya ada kok bengkel nisan yang bisa nyetel kopling bagus, cuma di halim dan klp gading. Kalo disetel sama montir yang lain aga susah
ichsan : emang udah kaya begitu, mau distel gimanapun jg ngga bakalan bisa
ichsan : itu tuhhh.. di brain wash dimilis
ichsan : ya itu mah terserah dia lah.. wong ruginya jg rugi dia.,. gw mah ngapain ngebelain kaleng di cat dikasih mesin terus dibandrol 150jt.. hahahah
ichsan : cuman gemeesss aja gitu lohhhh... gimanapun jg kita konsumen
[cencored]: emang dia dapet jawaban gitu dari milis, pas ada yang komplen mengenai kopling
ichsan : kok naiff bener
ichsan : oh dan terus dia ngerasa kalo itu adalah hal yang wajar untuk sebuah mobil baru? atau karena latio jg begitu? hahahahaha
ichsan : maksud gw .... "latio saya jg begitu, dan saya oke kok.." hahahhaha
[cencored] : hahahaha...
[cencored] : kalo dia ya itu tadi, ga punya pilihan, sehingga harus nrimo dan menyesuaikan diri

Halloo.. NMI... kenapa setelannya begitu? setel aja dulu dipabriknya.. atau maxx ingin mengklarifikasi?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Gw bilang jg apee... tuh liat faktanya! inimahh emang mobilnya!
og262 wrote:mau share pengalaman juga sambil nanya nih, dari terima gl udah 5 x isi bensin (1.5 XV/AT), selalu pertamax plus atau super extra, dapatnya

ke 1 isi plus dalkot campur dapat 8,4km/lt
ke 2 super extra dalkot campur 8,9km/lt
ke 3 plus luar kota ga macet dapat 13,6/lt
ke 4 plus setengah luar kota dapat 10,8/km/lt
ke 5 sup extra dalkot dapat 9km/lt

nah kenapa kalau full dalkot ga bisa nyampe diatas 10 km/lt yah, padahal ngegas nya udah pelan pelan seperti yg di ajar bung maxx dan lainnya ( ecu perlu waktu biar ga sampe baru digas udah direm lagi ), sampe sampe kalau lagi macet bisa diserobot sama mobil sebelah karena terlalu pelan jalannya.

waktu isi bensin ke 3 udah service, ganti oli dan kasih tau sama Ta nya tapi masih ga dapet juga.

Perlu Private kali yah cara ngebejek gasnya ?....

Mohon advise lagi deh....
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

alasannya pakai OD untuk engine brkae kalau lagi lari diatas 100 aja biar ga terlalu kaget kalau pakai 2, tapi kalau lagi lari di bawah 60 an sih emang benar kata bro ichsan pakai 2 atau pakai rem aja he..he.he

tapi pengalaman lagi nih, gw kesian sama itu rem, jalan dari rumah ke Mega Mall Pluit yang cuma berjarak +/- 3 Km, pas cakram rem depan di pegang kog panas sekali yah, kondisi lumayan macet tapi ga ada turunan yg harus nahan rem gitu
ichsan_n wrote:Wahh konsumsi bensin bung OG sama donk dgn gw.. iya nih, tadi gw jg udah dikasih wejangan2an.. nyetir matic bertahun-tahun masih perlu diajarin jg ternyata sama maxx ahahaha.. gini, kalo masalah OD nih.. mau tahu bedanya tuh pas jalan sekitar 60-80 pencet OD (indikator OD off nyala) pasti rpm jadi lebih tinggi, mesin lebih ngegerung.. kalo dibawah 60 better pake gigi 2 saja incase mau nyalip, tapi abis itu oper lagi ke D. bisa jg pake kickdown (tapi nginjeknya sedikit tega yah, pake hentakan dikit lah). kalo engine brake, elu better turun ke 2 misalnya diturunan curam, tapi jangan lah elu serign2 pake engine brake dengan pencet OD.. ngapain, boros doank, better elu injak rem.
og262 wrote:ga tau yg mana, yg pasti kalau lampu indikator nyala, tarikan lebih enak buat nyalip, jalan nanjak dan yg pasti gw sering pake buat engine brake, kayaknya pas banget lagi jalan kenceng +/- diatas 100 pasti di gigi 4 dong, trus mobil di depan ngerem, tinggal pencet OD nya, mobil kita ngebrake sedikit, tinggal ambil kiri atau kanan deh.

Yg pasti gw sering maenin OD nya, mungkin jadi bikin lebih boros bensin yah, abis langsung di bejek lagi gasnya langsung ngacir sih..

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

agak2 bau gosong ngga dari arah bawah mobil elu? kalo panas doank sih lumrah manual jg gitu kok. kondisi macet kalo bisa tetep kaya manual, suka masukin ke N dan injak rem aja bro, jalan lansung masukin lagi ke D.. lumayan bisa irit bensin dan melihara transmisi. kedua, kalo service nanti.. wanti2 sekali ke montirnya.. jangan pernah waktu servis posisi gigi di P.. gw jamin bakalan jebol itu transmisi kalo keseringan di gas2 waktu di P. karena oli tidak mengalir kalo di P walhasil seal TC elu bisa jebol. akhirnya suka bau hangus dan susah pindah gigi. so selalu cek yah kalo servis always di N
og262 wrote:alasannya pakai OD untuk engine brkae kalau lagi lari diatas 100 aja biar ga terlalu kaget kalau pakai 2, tapi kalau lagi lari di bawah 60 an sih emang benar kata bro ichsan pakai 2 atau pakai rem aja he..he.he

tapi pengalaman lagi nih, gw kesian sama itu rem, jalan dari rumah ke Mega Mall Pluit yang cuma berjarak +/- 3 Km, pas cakram rem depan di pegang kog panas sekali yah, kondisi lumayan macet tapi ga ada turunan yg harus nahan rem gitu
ichsan_n wrote:Wahh konsumsi bensin bung OG sama donk dgn gw.. iya nih, tadi gw jg udah dikasih wejangan2an.. nyetir matic bertahun-tahun masih perlu diajarin jg ternyata sama maxx ahahaha.. gini, kalo masalah OD nih.. mau tahu bedanya tuh pas jalan sekitar 60-80 pencet OD (indikator OD off nyala) pasti rpm jadi lebih tinggi, mesin lebih ngegerung.. kalo dibawah 60 better pake gigi 2 saja incase mau nyalip, tapi abis itu oper lagi ke D. bisa jg pake kickdown (tapi nginjeknya sedikit tega yah, pake hentakan dikit lah). kalo engine brake, elu better turun ke 2 misalnya diturunan curam, tapi jangan lah elu serign2 pake engine brake dengan pencet OD.. ngapain, boros doank, better elu injak rem.
og262 wrote:ga tau yg mana, yg pasti kalau lampu indikator nyala, tarikan lebih enak buat nyalip, jalan nanjak dan yg pasti gw sering pake buat engine brake, kayaknya pas banget lagi jalan kenceng +/- diatas 100 pasti di gigi 4 dong, trus mobil di depan ngerem, tinggal pencet OD nya, mobil kita ngebrake sedikit, tinggal ambil kiri atau kanan deh.

Yg pasti gw sering maenin OD nya, mungkin jadi bikin lebih boros bensin yah, abis langsung di bejek lagi gasnya langsung ngacir sih..

dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Benaran nggk nich kalau digas-2 harus di N bukannya di P, kok rasanya tiap bengkep slalu taruh di P bkn di N.
Info dari mana nich dan valid nggk ngk Bung Ichsan.
Awal datang sich emang bau gosong gitu , skrg sich udh sama sekali tdk bau.
Kemarin baru servis 1.000 km, ganti olie mesin dan maticnya, malah abis ganti olie suara halus bangeet.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

banyak kok, montir2 bengkel gw jg suka bilang gitu, di majalah otomotif jg bilang gitu.. jangan pernah taruh di P kalo pas servis.. itu montir belum pengalman kalo dia bilang boleh di P. coba tanya moderator sm sini deh. P itu oli trasmisi tidak mengalir mas. mungkin yang lain bisa klarifikasi? banyak pendapat kan biar jadi lebih yakin toh
dony wrote:Benaran nggk nich kalau digas-2 harus di N bukannya di P, kok rasanya tiap bengkep slalu taruh di P bkn di N.
Info dari mana nich dan valid nggk ngk Bung Ichsan.
Awal datang sich emang bau gosong gitu , skrg sich udh sama sekali tdk bau.
Kemarin baru servis 1.000 km, ganti olie mesin dan maticnya, malah abis ganti olie suara halus bangeet.
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

waktu service di beres nissan pik ga keliatan sih posisi dimana, abis cuma nunggu di ruang tunggu kaya aquarium gitu, tapi harusnya tehnisi tau dong kalau ada aturan gitu,
mudah mudahan pihak bengkel ga mau sengajain biar jebol sekalian.

Any Comment, please......
dony wrote:Benaran nggk nich kalau digas-2 harus di N bukannya di P, kok rasanya tiap bengkep slalu taruh di P bkn di N.
Info dari mana nich dan valid nggk ngk Bung Ichsan.
Awal datang sich emang bau gosong gitu , skrg sich udh sama sekali tdk bau.
Kemarin baru servis 1.000 km, ganti olie mesin dan maticnya, malah abis ganti olie suara halus bangeet.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

harusnya sih beres nissan pada tau lah.. karena setahu gw yah.. even bengkel non resmi buat CBU (apalagi bengkel resmi loh..) berkali-kali jg gw liatin selalu di taro di N kok. jadi logika gw sih ngga mungkin mereka ngga tau, cuman apesnya itu kalo montirnya kebetulan dapet yang masih ijo, belum tahu. tapi yah buat jaga2 aja lah selalu ingetin.
og262 wrote:waktu service di beres nissan pik ga keliatan sih posisi dimana, abis cuma nunggu di ruang tunggu kaya aquarium gitu, tapi harusnya tehnisi tau dong kalau ada aturan gitu,
mudah mudahan pihak bengkel ga mau sengajain biar jebol sekalian.

Any Comment, please......
dony wrote:Benaran nggk nich kalau digas-2 harus di N bukannya di P, kok rasanya tiap bengkep slalu taruh di P bkn di N.
Info dari mana nich dan valid nggk ngk Bung Ichsan.
Awal datang sich emang bau gosong gitu , skrg sich udh sama sekali tdk bau.
Kemarin baru servis 1.000 km, ganti olie mesin dan maticnya, malah abis ganti olie suara halus bangeet.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Kalo nyetir sih udah sampe ke Bandung Bos.. dipinjemin NMI tuh.. GL 1.8XV AT .. sempet gw bejeg2 abis2an .. mumpung dipinjemin .. makanya gw sering share TBW ada jeda 1 detikan... krn selagi dicipularang gw bejek.. 1-2detikan deh akselerasi beranjak pelan .. trus tiba2 NYOOOTTTTTTT badan kedorong kesandaran jok.. serasa NOS di on tuh. (cuma illustrasi aja, bukan mo lebih2in) he he he... kalo ga siap dan baru pertama kali ... pada situasi didepan agak rame/padet selagi NYOOTTT gitu bisa pucet juga ngeremnya.. he he he.. :lol:

Jujur gw ga ngerti pertanyaan lo... coba lo tanya sendiri aja deh. :D
ichsan_n wrote:Oalaahhh maxxx.. maxxx.. elu belum nyetir livina tohhh? HAHAHAHAHAH..... sip.. sipp.. top.. top.. eh btw tanyain donk... ke milis livina, gimana kesannya kalo misalnya nih ngakunya ketua harley davidson club indonesia, tapi malah ngga mau beli motor harley.. dan belinya yamaha majesty. hahahaha.. tanyain donk kenapa.

Risol1 wrote:Bro Maxx belom terima unit GLnya toh? kirain udah lama soalnya kayaknya udah ahli bener ttg GL :D
kalo OD di offkan (lampu indikator nyala), ya pastilah lebih boros, karena di kecepatan yang sama, pake gigi 4 pasti lebih irit karena putaran mesin lebih rendah (injek gasnya lebih sedikit) dibanding jalan dengan gigi 3. :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote: Halloo.. NMI... kenapa setelannya begitu? setel aja dulu dipabriknya.. atau maxx ingin mengklarifikasi?
Huehehehe... apa urusannya gw kasi klarifikasi? memangnya NMI gaji gw? :lol:
Tp memang bener.. koplingnya ketinggian dan sudah bisa di stel jadi kaki bisa lebih landai... kalo ditanya kenapa ketinggian dan tidak disetel sejak di pabrik... lo tanya aja sendiri .. bukan gw yang buat tuh mobil.

Btw, masing2 punya pemikiran pribadi sendiri2 kok.. bebas2 aja mo mikir spt apapun. Tp kalo dibilang milist itu Brain Wash.. ga bener deh spt itu ... kita tinggal lihat dan serap informasi yg baik dan berguna saja .. banyak juga yg punya problem sharing... dan menemukan solusinya... tp ada jg yg belum terpecahkan dimana permasalahannya.. spt AC yg katanya kelewat dingin dan kenceng angin semburan blowernya, trus.. musti gimana?.. memang GL ga sempurna kok.. ya ada aja kekurangannya.. namanya juga buatan manusia .. lo tau sendiri manusia itu beragam dan unik dimana ga akan sama tiap orang akan behaviour, kebutuhan, keinginan, kebiasaan dlsb.. ya ga mungkin GL bisa serap semua hal tsb.. GL bukan mobil dewa :D .. ada yg cocok.. ada juga yg ga cocok.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:. iya nih, tadi gw jg udah dikasih wejangan2an.. nyetir matic bertahun-tahun masih perlu diajarin jg ternyata sama maxx ahahaha..
Bukan mo ngajarin lo boss :e-naughty: .. itu info dari majalah yg gw baca dan sharing disini, moga2 aja berguna dan bermanfaat.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:kalo service nanti.. wanti2 sekali ke montirnya.. jangan pernah waktu servis posisi gigi di P.. gw jamin bakalan jebol itu transmisi kalo keseringan di gas2 waktu di P. karena oli tidak mengalir kalo di P walhasil seal TC elu bisa jebol. akhirnya suka bau hangus dan susah pindah gigi. so selalu cek yah kalo servis always di N
Nih info menarik nih.. thanks bro sharingnya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

og262 wrote:tapi pengalaman lagi nih, gw kesian sama itu rem, jalan dari rumah ke Mega Mall Pluit yang cuma berjarak +/- 3 Km, pas cakram rem depan di pegang kog panas sekali yah, kondisi lumayan macet tapi ga ada turunan yg harus nahan rem gitu
sdh pernah pegang rem cakram kendaraan lain? apakah sama atau lebih dingin?
kalo saya sih blm pernah pegang2 rem cakram mobil. tapi utk motor sih pernah...hehehe. memang panas koq, sekalipun tdk banyak rem.

setahu saya, tolong dikoreksi oleh yg ahlinya yah. rem cakram itu sekalipun dlm keadaan tdk nge-rem, piringan cakramnya tetap kena ke kampas remnya. tapi tdk tertekan (jadi kampasnya gak bertambah tipis). Tapi ketika itu di-rem, maka kampas rem akan mengcengkeram piringannya dengan kuat, akibat tekanan dr minyak rem. kalo di motor saya lihat, makanya untuk memasang kampas rem itu cukup susah, krn kampas rem akan nempel ke piringan, gak longgar-longgar gitu. coba liat secara kasat mata deh rem cakram di motor, semua kampas remnya keliatannya nempel ke piringnya. sekalipun dlm keadaan diam. secara prinsip saya yakin sama.
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

iya yah pas di pegang mobil dan motor, emang sama panasnya padahal lagi hujan nih sekarang, cuma perasaan aja kalau gitu, abis jalan ga sampe 5 menit tanpa banyak ngerem kog bisa bisanya sampe panas begitu.

good answer bro hunter...

hunter wrote: sdh pernah pegang rem cakram kendaraan lain? apakah sama atau lebih dingin?
kalo saya sih blm pernah pegang2 rem cakram mobil. tapi utk motor sih pernah...hehehe. memang panas koq, sekalipun tdk banyak rem.

setahu saya, tolong dikoreksi oleh yg ahlinya yah. rem cakram itu sekalipun dlm keadaan tdk nge-rem, piringan cakramnya tetap kena ke kampas remnya. tapi tdk tertekan (jadi kampasnya gak bertambah tipis). Tapi ketika itu di-rem, maka kampas rem akan mengcengkeram piringannya dengan kuat, akibat tekanan dr minyak rem. kalo di motor saya lihat, makanya untuk memasang kampas rem itu cukup susah, krn kampas rem akan nempel ke piringan, gak longgar-longgar gitu. coba liat secara kasat mata deh rem cakram di motor, semua kampas remnya keliatannya nempel ke piringnya. sekalipun dlm keadaan diam. secara prinsip saya yakin sama.
B2279JM
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Post by fusionkit »

HUhehe.. denger2 harga GL naik yah..?
weleh2, untung beli harga pameran.. huhehehe
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Ga usah harga waktu pameran launching deh.. beli sebelum Juni aja udah untung tuh.. DP 5 juta .. sekarang udah terkoreksi 6jt (kalo yg ke 2 bener2 4jt naiknya) CMIIW
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport