Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by aburaza »

erwinign wrote: Sat Mar 14, 2020 10:56
Ini posisi kanan-kirinya dr posisi supir/gimana ya om?
Kanan sopir om
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by boschdot »

erwinign wrote: Wed Mar 11, 2020 16:48
Pboyz97 wrote: Wed Mar 11, 2020 16:31 [youtube][/youtube]
carvadrive wrote: Fri Jun 21, 2019 15:15 Di deretan Mobkas Honda, crv RE ini termasuk yg resale value nya jeblok. Harganya hampir sama dg Freed utk tahun yg sama. Apa sebabnya ya? Saya pernah pakai dua2nya, baik freed maupun RE. Padahal RE jg mobil yg lumayan badak utk sebuah FWD. Apa karena bensin yg lumayan boros?
Iya om, salah satu alasan saya jual RE 2010 saya karena konsumsi bbmnya boros. Selain itu, partnya juga lumayan mahal menurut saya. Dan kalau badak sih, gak juga, karena CX5 saya tahun 2013 sampe dijual pas odo 150 rb masih solid dan cuma servis rutin dan ganti oli aja. Sama penggantian part minor karena umur, yaitu rack steering dan shock aja, sisanya no complain

Kalau RE saya sih, gak badak2 amat lah, compare to my old CX5. Penyakitnya lumayan banyak, walaupun saya bilang wajar buat ukuran mobil yg udah berumur, tapi tetep menganggu , karena di CX5 gak pernah terjadi masalah - masalah tersebut .Padahal odonya sama sama tinggi, diatas 100 rb. Pertama sih, jok kulitnya udah getas semua pas tahun ke 4. Selain itu, AC juga pernah modar 2x pas tahun ke 4 dan ke 5. Rack steering, dalam 2 tahun ganti sampe 3x, shock juga udah gluduk gluduk tahun ke 5 pas odonya 120 rb, padahal cx5 saya tahun ke 4 odo 110 rb aman aman aja shocknya. Selain itu, bohlam lampu, baik depan maupun belakang, udah pernah ganti semua, gampang banget dah putusnya. wkwkwk. Tapi semua itu terbayar sih sama fun to drive dan handlingnya ini mobil yg gak bisa saya dapatkan di crv gen 5 yg saya pakai sekarang.
Nah kayanya rata2 problem owner RE ya ini om hahahaah, nggak tahan sama bengsinnya. Sy lg kepikir mau ganti mobil lain, krn udah mulai jengah sama bensin+mulai bosen. Memang ini mobil enak, harga jeblok tapi hrs siap sama perawatan dan bensinnya. Dalkot dapet 1:7 pake pertamax udah sujud syukur saya om hahahaahaha. Sll considernya ke CX5 model baru, entah kenapa itu mobil kok cocok dan bagus banget kualitasnya. Punya sy <100rb sampe hr ini baru kena di paking2, mounting, kampas rem udah ganti. Selain itu khas honda, doortrim supir dan pintu belakang bunyi2 terus dari dulu. Setir juga mulai sedikit keluar bunyi seret (oli PS udah ganti di 2018).

Kl sy compare antara cx5 dan crv RE/RM, rasanya CRV ini mobil mentahan yg butuh dimod dikit biar enak kyk audionya, ban, steering switch. Gara2 gitu rasanya kaya kurang mulu bawaannya soal equipment. Begitu liat CX5 yg gen 1 pun, rasanya ngga usah ragat modif2 gitu udah siap jalan
ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh... :big_peace:
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by boschdot »

aburaza wrote: Sat Mar 14, 2020 8:11 Lapor hasil pengecekan di beres:
Getar kabin bener karena engine mounting yg kanan (deket kompresor).
Kl di beres katanya harganya 3jutaan.
Cuman karena td antrian udh panjang dan kalau sabtu bukanya setengah hari, so dipending penggantiannya.
Jadi ada kesempatan buat mikir mau di non beres atau beres nggantinya. :big_slap:
3 jt itu cmn sebiji om?? klo bisa jgn di beres om,mahal nya amit2...
saya dulu pernah pake CRV gen1, pas waktunya jajan besar jg diluar beres itu aja habis sekitar 7jt an waktu itu, klo ane prediksi sih misal ane masukin di beres mgkn bisa habis diatas 10jt.... :big_peace:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Clonz »

boschdot wrote:
erwinign wrote: Wed Mar 11, 2020 16:48
Pboyz97 wrote: Wed Mar 11, 2020 16:31 [youtube][/youtube] Iya om, salah satu alasan saya jual RE 2010 saya karena konsumsi bbmnya boros. Selain itu, partnya juga lumayan mahal menurut saya. Dan kalau badak sih, gak juga, karena CX5 saya tahun 2013 sampe dijual pas odo 150 rb masih solid dan cuma servis rutin dan ganti oli aja. Sama penggantian part minor karena umur, yaitu rack steering dan shock aja, sisanya no complain

Kalau RE saya sih, gak badak2 amat lah, compare to my old CX5. Penyakitnya lumayan banyak, walaupun saya bilang wajar buat ukuran mobil yg udah berumur, tapi tetep menganggu , karena di CX5 gak pernah terjadi masalah - masalah tersebut .Padahal odonya sama sama tinggi, diatas 100 rb. Pertama sih, jok kulitnya udah getas semua pas tahun ke 4. Selain itu, AC juga pernah modar 2x pas tahun ke 4 dan ke 5. Rack steering, dalam 2 tahun ganti sampe 3x, shock juga udah gluduk gluduk tahun ke 5 pas odonya 120 rb, padahal cx5 saya tahun ke 4 odo 110 rb aman aman aja shocknya. Selain itu, bohlam lampu, baik depan maupun belakang, udah pernah ganti semua, gampang banget dah putusnya. wkwkwk. Tapi semua itu terbayar sih sama fun to drive dan handlingnya ini mobil yg gak bisa saya dapatkan di crv gen 5 yg saya pakai sekarang.
Nah kayanya rata2 problem owner RE ya ini om hahahaah, nggak tahan sama bengsinnya. Sy lg kepikir mau ganti mobil lain, krn udah mulai jengah sama bensin+mulai bosen. Memang ini mobil enak, harga jeblok tapi hrs siap sama perawatan dan bensinnya. Dalkot dapet 1:7 pake pertamax udah sujud syukur saya om hahahaahaha. Sll considernya ke CX5 model baru, entah kenapa itu mobil kok cocok dan bagus banget kualitasnya. Punya sy <100rb sampe hr ini baru kena di paking2, mounting, kampas rem udah ganti. Selain itu khas honda, doortrim supir dan pintu belakang bunyi2 terus dari dulu. Setir juga mulai sedikit keluar bunyi seret (oli PS udah ganti di 2018).

Kl sy compare antara cx5 dan crv RE/RM, rasanya CRV ini mobil mentahan yg butuh dimod dikit biar enak kyk audionya, ban, steering switch. Gara2 gitu rasanya kaya kurang mulu bawaannya soal equipment. Begitu liat CX5 yg gen 1 pun, rasanya ngga usah ragat modif2 gitu udah siap jalan
ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh... :big_peace:
Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by boschdot »

Clonz wrote: Wed Mar 18, 2020 9:08
boschdot wrote:
erwinign wrote: Wed Mar 11, 2020 16:48

Nah kayanya rata2 problem owner RE ya ini om hahahaah, nggak tahan sama bengsinnya. Sy lg kepikir mau ganti mobil lain, krn udah mulai jengah sama bensin+mulai bosen. Memang ini mobil enak, harga jeblok tapi hrs siap sama perawatan dan bensinnya. Dalkot dapet 1:7 pake pertamax udah sujud syukur saya om hahahaahaha. Sll considernya ke CX5 model baru, entah kenapa itu mobil kok cocok dan bagus banget kualitasnya. Punya sy <100rb sampe hr ini baru kena di paking2, mounting, kampas rem udah ganti. Selain itu khas honda, doortrim supir dan pintu belakang bunyi2 terus dari dulu. Setir juga mulai sedikit keluar bunyi seret (oli PS udah ganti di 2018).

Kl sy compare antara cx5 dan crv RE/RM, rasanya CRV ini mobil mentahan yg butuh dimod dikit biar enak kyk audionya, ban, steering switch. Gara2 gitu rasanya kaya kurang mulu bawaannya soal equipment. Begitu liat CX5 yg gen 1 pun, rasanya ngga usah ragat modif2 gitu udah siap jalan
ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh... :big_peace:
Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.
wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nya :big_cry:
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan... :big_grin:
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa... :big_biglaugh:
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by aburaza »

boschdot wrote: Wed Mar 18, 2020 8:20
aburaza wrote: Sat Mar 14, 2020 8:11 Lapor hasil pengecekan di beres:
Getar kabin bener karena engine mounting yg kanan (deket kompresor).
Kl di beres katanya harganya 3jutaan.
Cuman karena td antrian udh panjang dan kalau sabtu bukanya setengah hari, so dipending penggantiannya.
Jadi ada kesempatan buat mikir mau di non beres atau beres nggantinya. :big_slap:
3 jt itu cmn sebiji om?? klo bisa jgn di beres om,mahal nya amit2...
saya dulu pernah pake CRV gen1, pas waktunya jajan besar jg diluar beres itu aja habis sekitar 7jt an waktu itu, klo ane prediksi sih misal ane masukin di beres mgkn bisa habis diatas 10jt.... :big_peace:
Saya putusin ganti di beres om, soalnya krn masih baru disini, blm tau banyak bengkel non beres yg rekomen.
Mounting kanan katanya emg yg paling mahal, kmrn dihargai 2jt gendut, dg bea ganti jd 3jt kurus.
Sekarang sudah ilang itu getar idle.
Nah, saya liat2 nota2 servis pemilik sblmnya, ternyata saran utk ganti engine mounting itu udh sejak 2018 lalu
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Clonz »

boschdot wrote:
Clonz wrote: Wed Mar 18, 2020 9:08
boschdot wrote: ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh... :big_peace:
Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.
wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nya :big_cry:
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan... :big_grin:
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa... :big_biglaugh:
Yg bisa ngimbangin naikannya crv, dan menurut saya malah lebih nyaman, adalah si musuh bebuyutan, xtral t30 dan t31 gan. T32 jg oke banget. Cuman karena cvt bagi bbrp suhu sini ktnya kurang fun to drive.

Cuman masalah servis dan maintenance lebih horor lg haha
catalyticR
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Car

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by catalyticR »

Ikutan nimbrung om
Jadi keinget kalo parkir mepet disisi kanan, gampang banget keluarnya di pintu kiri :big_grin:
Yg bikin salut dari mobil ini itu rasio kompresi mesinnya, bbm oktan rendah pun masih bisa dan tetap galak mesinnya, hentakan dan teriakann mesinnya itu loh NA bangettt. :big_exellent:
Ini mungkin crv terakhir yg power steeringnya masih pake oli, jadi biaya perawatannya bisa lebih murah daripada tipe lain yang eps.
Buat perbandingan dengan eps , terakhir saya ngecek harga eps crv rm itu sekitar 16jt, jazz RS 14jt
Buat long term, power steering merk mobil apapun kalo sudah 100.000km siap-siap ganti parts deh. Tapi kalo udah seharusnya ganti tapi dibetulkan sebisanya beda cerita ya :big_peace:
Memang sih dengan eps muter stirnya lebih enteng, tapi ganti eps nya itu 1set ( di beres). Kalo ngomongin tergantung pemakaian mau ga mau motor eps pasti ada umurnya, dan gantinya 1set juga (di beres). Dengan sistem Power steering oli hidrolik,sering ngecek ada rembesan oli ngga atau ngecek oli power steering dibayar dengan biaya perawatan lebih murah dibanding eps.
Overal dengan feel drive nya, kompresinya, simple (NA), kelegaan interior nya, ketersediaan parts nya, mobil ini :big_exellent:
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by boschdot »

Clonz wrote: Sat Mar 21, 2020 17:35
boschdot wrote:
Clonz wrote: Wed Mar 18, 2020 9:08 Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.
wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nya :big_cry:
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan... :big_grin:
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa... :big_biglaugh:
Yg bisa ngimbangin naikannya crv, dan menurut saya malah lebih nyaman, adalah si musuh bebuyutan, xtral t30 dan t31 gan. T32 jg oke banget. Cuman karena cvt bagi bbrp suhu sini ktnya kurang fun to drive.

Cuman masalah servis dan maintenance lebih horor lg haha
bener banget om apalagi RV nya haduuuhhh.... :big_cry:
tp kapan itu sempet pake mobil kantor captiva diesel rasanya hampir mirip dengan CRV saya yg gen 1 dulu itu.... :big_grin:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Clonz »

boschdot wrote:
Clonz wrote: Sat Mar 21, 2020 17:35
boschdot wrote: wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nya :big_cry:
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan... :big_grin:
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa... :big_biglaugh:
Yg bisa ngimbangin naikannya crv, dan menurut saya malah lebih nyaman, adalah si musuh bebuyutan, xtral t30 dan t31 gan. T32 jg oke banget. Cuman karena cvt bagi bbrp suhu sini ktnya kurang fun to drive.

Cuman masalah servis dan maintenance lebih horor lg haha
bener banget om apalagi RV nya haduuuhhh.... :big_cry:
tp kapan itu sempet pake mobil kantor captiva diesel rasanya hampir mirip dengan CRV saya yg gen 1 dulu itu.... :big_grin:
Wah setuju omm. Captiva jambakan dan feel durablemya bikin kangen. Tapi kalau udah ingat perawatan yg njlimet dan wajib pertadex, mundur teratur jadinya [emoji28]

Kalau udah bahas diesel, merembet ke diesel lainnya, yg sempet bikin kesengsem adalah si MuX. Jangan dilanjutin deh ntar malah OOT [emoji1787][emoji2960]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Pboyz97 »

catalyticR wrote: Sun Mar 22, 2020 0:47 Ikutan nimbrung om
Jadi keinget kalo parkir mepet disisi kanan, gampang banget keluarnya di pintu kiri :big_grin:
Yg bikin salut dari mobil ini itu rasio kompresi mesinnya, bbm oktan rendah pun masih bisa dan tetap galak mesinnya, hentakan dan teriakann mesinnya itu loh NA bangettt. :big_exellent:
Ini mungkin crv terakhir yg power steeringnya masih pake oli, jadi biaya perawatannya bisa lebih murah daripada tipe lain yang eps.
Buat perbandingan dengan eps , terakhir saya ngecek harga eps crv rm itu sekitar 16jt, jazz RS 14jt
Buat long term, power steering merk mobil apapun kalo sudah 100.000km siap-siap ganti parts deh. Tapi kalo udah seharusnya ganti tapi dibetulkan sebisanya beda cerita ya :big_peace:
Memang sih dengan eps muter stirnya lebih enteng, tapi ganti eps nya itu 1set ( di beres). Kalo ngomongin tergantung pemakaian mau ga mau motor eps pasti ada umurnya, dan gantinya 1set juga (di beres). Dengan sistem Power steering oli hidrolik,sering ngecek ada rembesan oli ngga atau ngecek oli power steering dibayar dengan biaya perawatan lebih murah dibanding eps.
Overal dengan feel drive nya, kompresinya, simple (NA), kelegaan interior nya, ketersediaan parts nya, mobil ini :big_exellent:
Setuju om, mobil ini emg paling enak feel drivenya dan handlingnya yg gak bisa didapetin di gen 4 dan gen 5. Walaupun harganya sama mahalnya dengan mazda, tapi , jika dibandingkan dengan CRV Gen 4 dan gen 5, buat saya crv gen 3 still the best dibanding gen 4 dan gen 5
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Venturtle »

Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega.. :big_smile]
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega.. :big_smile]
ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya biarpun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega.. :big_smile]
ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya walaupun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Venturtle »

Pboyz97 wrote: Sun Dec 13, 2020 16:43
Venturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega.. :big_smile]
ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya walaupun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwk
belum ada gantinya, om.. sekarang masih pake mobil yang lain dulu :mky_01:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Mon Dec 14, 2020 15:08
Pboyz97 wrote: Sun Dec 13, 2020 16:43
Venturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega.. :big_smile]
ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya walaupun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwk
belum ada gantinya, om.. sekarang masih pake mobil yang lain dulu :mky_01:
ohh oke om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
RobinJethSiva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Wed Oct 09, 2024 12:47
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda CR-V 2007 2400 cc AT CKD

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by RobinJethSiva »

Perkenalkan nama saya Robin Jeth Siva
Saya menggunakan Honda CR-V 2007 2.4 AT CKD
Desain Eksteriornya masih tetap cantik dan elegan
Desain Interior mewah

Pokoknya ini mobil recommended banget deh
Trims
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by Pboyz97 »

RobinJethSiva wrote: Wed Oct 09, 2024 12:58 Perkenalkan nama saya Robin Jeth Siva
Saya menggunakan Honda CR-V 2007 2.4 AT CKD
Desain Eksteriornya masih tetap cantik dan elegan
Desain Interior mewah

Pokoknya ini mobil recommended banget deh
Trims
salken jg om. desainnya memang termasuk timeless, ga lekang dimakan jaman walaupun sudah berumur lebih dari 10 tahun. masih enak dilihat sampe sekarang hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
X252
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by X252 »

Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1002
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by zonepublic »

X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Keras itu tergantung bandingannya sama mobil apa
X252
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by X252 »

zonepublic wrote: Sun Jun 15, 2025 6:39
X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Keras itu tergantung bandingannya sama mobil apa
Saya sering naiknya mobil mainstream saja, kebanyakan sih toyota, seperti Innova reborn, kijang kapsul, innova barong, ertiga, sama Tucson 2012 yg buat gantikan CRV, lebih nyaman. Btw saya pakai di lintas kaltim untuk CRV nya. Ekspektasi saya yang belum pernah pakai Honda sih ya lebih nyaman, ternyata stiff bantingannya, yang 2.0 juga boyo banget manual. tanjakan sering gigi 1.
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by ariswp »

X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Ganti shocknya ori apa merk lain/aftermarket atau ori kawe?
Klo ori empuk2 aja, klo merk lain rata2 keras dan gak awet meskipun belom ada tanda2 bocor

Beda kaki2 2.0 dan 2.4 hanya di power steering, satu elektrik satu hudrolik

Dan faktor lain yg bikin 2.4 lebih empuk dikit paling karena mesin 2.4 lebih berat tapi ya gak signifikan

Saya masi pelihara ini 2.0at, dulu waktu shock ori lemah karena usia ya keras, giliran saya ganti merk aftermarket empuknya cuma sstahun aja, abis tu keras lagi tapi gak sekeras dulu pdhl belom ada bocor
Baru empuk klo diisi 4 org dewasa
Sama shock belakanh kiri setelah 3 tahun mulai klutuk2 kadang

Ya sesuai harga shock belakanh dulu cuma 600rb sepasang, shock depan 1.1juta sepasang :big_grin:
Bentar lagi mo jajan shock entah ori showa, tokico atau budget friendly macem ikybi
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1002
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by zonepublic »

X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 7:40
Saya sering naiknya mobil mainstream saja, kebanyakan sih toyota, seperti Innova reborn, kijang kapsul, innova barong, ertiga, sama Tucson 2012 yg buat gantikan CRV, lebih nyaman. Btw saya pakai di lintas kaltim untuk CRV nya. Ekspektasi saya yang belum pernah pakai Honda sih ya lebih nyaman, ternyata stiff bantingannya, yang 2.0 juga boyo banget manual. tanjakan sering gigi 1.
Ya wajar kalo honda kalah empuk lha lawannya toyota,ertiga,hyundai pula,beda karakter itu
Tapi memang toyota lebih cocok kok untuk medan jalan kaltim,
Betul crv 2.0 memang boyo,berat bodi sama mesin ga sesuai
X252
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by X252 »

ariswp wrote: Sun Jun 15, 2025 7:45
X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Ganti shocknya ori apa merk lain/aftermarket atau ori kawe?
Klo ori empuk2 aja, klo merk lain rata2 keras dan gak awet meskipun belom ada tanda2 bocor

Beda kaki2 2.0 dan 2.4 hanya di power steering, satu elektrik satu hudrolik

Dan faktor lain yg bikin 2.4 lebih empuk dikit paling karena mesin 2.4 lebih berat tapi ya gak signifikan

Saya masi pelihara ini 2.0at, dulu waktu shock ori lemah karena usia ya keras, giliran saya ganti merk aftermarket empuknya cuma sstahun aja, abis tu keras lagi tapi gak sekeras dulu pdhl belom ada bocor
Baru empuk klo diisi 4 org dewasa
Sama shock belakanh kiri setelah 3 tahun mulai klutuk2 kadang

Ya sesuai harga shock belakanh dulu cuma 600rb sepasang, shock depan 1.1juta sepasang :big_grin:
Bentar lagi mo jajan shock entah ori showa, tokico atau budget friendly macem ikybi
Shocknya ori om, cuma pasangnya di bengkel spesialis honda saja.
Apa jangan jangan problemnya di ban ya, rada keras. seingat saya sudah ganti juga Dueler.

saya sih nyerah ganti part ori honda, waktu itu kaget karena harganya di atas rata rata, terus kenyamanan gak dapat, boros, tenaga boyo, ya akhirnya saya lepas.
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010

Post by ariswp »

X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 7:52
ariswp wrote: Sun Jun 15, 2025 7:45
X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Ganti shocknya ori apa merk lain/aftermarket atau ori kawe?
Klo ori empuk2 aja, klo merk lain rata2 keras dan gak awet meskipun belom ada tanda2 bocor

Beda kaki2 2.0 dan 2.4 hanya di power steering, satu elektrik satu hudrolik

Dan faktor lain yg bikin 2.4 lebih empuk dikit paling karena mesin 2.4 lebih berat tapi ya gak signifikan

Saya masi pelihara ini 2.0at, dulu waktu shock ori lemah karena usia ya keras, giliran saya ganti merk aftermarket empuknya cuma sstahun aja, abis tu keras lagi tapi gak sekeras dulu pdhl belom ada bocor
Baru empuk klo diisi 4 org dewasa
Sama shock belakanh kiri setelah 3 tahun mulai klutuk2 kadang

Ya sesuai harga shock belakanh dulu cuma 600rb sepasang, shock depan 1.1juta sepasang :big_grin:
Bentar lagi mo jajan shock entah ori showa, tokico atau budget friendly macem ikybi
Shocknya ori om, cuma pasangnya di bengkel spesialis honda saja.
Apa jangan jangan problemnya di ban ya, rada keras. seingat saya sudah ganti juga Dueler.

saya sih nyerah ganti part ori honda, waktu itu kaget karena harganya di atas rata rata, terus kenyamanan gak dapat, boros, tenaga boyo, ya akhirnya saya lepas.
Saya sih even dengan shock harga glundung tadi masih fine2 aja
Lha ini masi saya pake harian

Part mah emang mahal gen3
Bahkan sama gen4 aja mahal gen3
Mengenai nyaman emang relatif ya kembali ke orangnya
Banyak yg nyaman = empuk tapi juga ada yg nyaman macem saya ini suka yg lebih stiff tapi gak limbung/kapal
Buat nyetir 140 terus2an di tol gak berasa limbung dan capek

2.0 di honda tarikan bawah boyo sih, apalagi maticnya 5at yg panjang2, klo dibayangkan medan di kalimantan, rasanya karakter honda yg maen di rpm atas gak kepake, beda misal di transjawabahn gini, saya bejek 180
Seperti om b0ku bilang, honda mah enaknya dibejek, bukan gas nanggung, freed aja yg boyo giliran dikickdown itu atasnya minta naek teruus
Beda sama misal toyota, atau tucson yang bawahnya udah ngangkat,
Tucson saya belom ngerasain penuh ya, tapi sempat nyetir 2011 punya om, itu rasanya malah sebaliknya, handling kurang, tarikan bawah lumayan, tapi ya tetep aja dibawa ngebut rasanya gak pede dan atasnya kurang, klo empuk iya, mirip2 T31
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08