Kanan sopir om
Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??erwinign wrote: Wed Mar 11, 2020 16:48Nah kayanya rata2 problem owner RE ya ini om hahahaah, nggak tahan sama bengsinnya. Sy lg kepikir mau ganti mobil lain, krn udah mulai jengah sama bensin+mulai bosen. Memang ini mobil enak, harga jeblok tapi hrs siap sama perawatan dan bensinnya. Dalkot dapet 1:7 pake pertamax udah sujud syukur saya om hahahaahaha. Sll considernya ke CX5 model baru, entah kenapa itu mobil kok cocok dan bagus banget kualitasnya. Punya sy <100rb sampe hr ini baru kena di paking2, mounting, kampas rem udah ganti. Selain itu khas honda, doortrim supir dan pintu belakang bunyi2 terus dari dulu. Setir juga mulai sedikit keluar bunyi seret (oli PS udah ganti di 2018).Pboyz97 wrote: Wed Mar 11, 2020 16:31 [youtube][/youtube]Iya om, salah satu alasan saya jual RE 2010 saya karena konsumsi bbmnya boros. Selain itu, partnya juga lumayan mahal menurut saya. Dan kalau badak sih, gak juga, karena CX5 saya tahun 2013 sampe dijual pas odo 150 rb masih solid dan cuma servis rutin dan ganti oli aja. Sama penggantian part minor karena umur, yaitu rack steering dan shock aja, sisanya no complaincarvadrive wrote: Fri Jun 21, 2019 15:15 Di deretan Mobkas Honda, crv RE ini termasuk yg resale value nya jeblok. Harganya hampir sama dg Freed utk tahun yg sama. Apa sebabnya ya? Saya pernah pakai dua2nya, baik freed maupun RE. Padahal RE jg mobil yg lumayan badak utk sebuah FWD. Apa karena bensin yg lumayan boros?
Kalau RE saya sih, gak badak2 amat lah, compare to my old CX5. Penyakitnya lumayan banyak, walaupun saya bilang wajar buat ukuran mobil yg udah berumur, tapi tetep menganggu , karena di CX5 gak pernah terjadi masalah - masalah tersebut .Padahal odonya sama sama tinggi, diatas 100 rb. Pertama sih, jok kulitnya udah getas semua pas tahun ke 4. Selain itu, AC juga pernah modar 2x pas tahun ke 4 dan ke 5. Rack steering, dalam 2 tahun ganti sampe 3x, shock juga udah gluduk gluduk tahun ke 5 pas odonya 120 rb, padahal cx5 saya tahun ke 4 odo 110 rb aman aman aja shocknya. Selain itu, bohlam lampu, baik depan maupun belakang, udah pernah ganti semua, gampang banget dah putusnya. wkwkwk. Tapi semua itu terbayar sih sama fun to drive dan handlingnya ini mobil yg gak bisa saya dapatkan di crv gen 5 yg saya pakai sekarang.
Kl sy compare antara cx5 dan crv RE/RM, rasanya CRV ini mobil mentahan yg butuh dimod dikit biar enak kyk audionya, ban, steering switch. Gara2 gitu rasanya kaya kurang mulu bawaannya soal equipment. Begitu liat CX5 yg gen 1 pun, rasanya ngga usah ragat modif2 gitu udah siap jalan
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
3 jt itu cmn sebiji om?? klo bisa jgn di beres om,mahal nya amit2...aburaza wrote: Sat Mar 14, 2020 8:11 Lapor hasil pengecekan di beres:
Getar kabin bener karena engine mounting yg kanan (deket kompresor).
Kl di beres katanya harganya 3jutaan.
Cuman karena td antrian udh panjang dan kalau sabtu bukanya setengah hari, so dipending penggantiannya.
Jadi ada kesempatan buat mikir mau di non beres atau beres nggantinya.![]()
saya dulu pernah pake CRV gen1, pas waktunya jajan besar jg diluar beres itu aja habis sekitar 7jt an waktu itu, klo ane prediksi sih misal ane masukin di beres mgkn bisa habis diatas 10jt....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.boschdot wrote:ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??erwinign wrote: Wed Mar 11, 2020 16:48Nah kayanya rata2 problem owner RE ya ini om hahahaah, nggak tahan sama bengsinnya. Sy lg kepikir mau ganti mobil lain, krn udah mulai jengah sama bensin+mulai bosen. Memang ini mobil enak, harga jeblok tapi hrs siap sama perawatan dan bensinnya. Dalkot dapet 1:7 pake pertamax udah sujud syukur saya om hahahaahaha. Sll considernya ke CX5 model baru, entah kenapa itu mobil kok cocok dan bagus banget kualitasnya. Punya sy <100rb sampe hr ini baru kena di paking2, mounting, kampas rem udah ganti. Selain itu khas honda, doortrim supir dan pintu belakang bunyi2 terus dari dulu. Setir juga mulai sedikit keluar bunyi seret (oli PS udah ganti di 2018).Pboyz97 wrote: Wed Mar 11, 2020 16:31 [youtube][/youtube] Iya om, salah satu alasan saya jual RE 2010 saya karena konsumsi bbmnya boros. Selain itu, partnya juga lumayan mahal menurut saya. Dan kalau badak sih, gak juga, karena CX5 saya tahun 2013 sampe dijual pas odo 150 rb masih solid dan cuma servis rutin dan ganti oli aja. Sama penggantian part minor karena umur, yaitu rack steering dan shock aja, sisanya no complain
Kalau RE saya sih, gak badak2 amat lah, compare to my old CX5. Penyakitnya lumayan banyak, walaupun saya bilang wajar buat ukuran mobil yg udah berumur, tapi tetep menganggu , karena di CX5 gak pernah terjadi masalah - masalah tersebut .Padahal odonya sama sama tinggi, diatas 100 rb. Pertama sih, jok kulitnya udah getas semua pas tahun ke 4. Selain itu, AC juga pernah modar 2x pas tahun ke 4 dan ke 5. Rack steering, dalam 2 tahun ganti sampe 3x, shock juga udah gluduk gluduk tahun ke 5 pas odonya 120 rb, padahal cx5 saya tahun ke 4 odo 110 rb aman aman aja shocknya. Selain itu, bohlam lampu, baik depan maupun belakang, udah pernah ganti semua, gampang banget dah putusnya. wkwkwk. Tapi semua itu terbayar sih sama fun to drive dan handlingnya ini mobil yg gak bisa saya dapatkan di crv gen 5 yg saya pakai sekarang.
Kl sy compare antara cx5 dan crv RE/RM, rasanya CRV ini mobil mentahan yg butuh dimod dikit biar enak kyk audionya, ban, steering switch. Gara2 gitu rasanya kaya kurang mulu bawaannya soal equipment. Begitu liat CX5 yg gen 1 pun, rasanya ngga usah ragat modif2 gitu udah siap jalan
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nyaClonz wrote: Wed Mar 18, 2020 9:08Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.boschdot wrote:ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??erwinign wrote: Wed Mar 11, 2020 16:48
Nah kayanya rata2 problem owner RE ya ini om hahahaah, nggak tahan sama bengsinnya. Sy lg kepikir mau ganti mobil lain, krn udah mulai jengah sama bensin+mulai bosen. Memang ini mobil enak, harga jeblok tapi hrs siap sama perawatan dan bensinnya. Dalkot dapet 1:7 pake pertamax udah sujud syukur saya om hahahaahaha. Sll considernya ke CX5 model baru, entah kenapa itu mobil kok cocok dan bagus banget kualitasnya. Punya sy <100rb sampe hr ini baru kena di paking2, mounting, kampas rem udah ganti. Selain itu khas honda, doortrim supir dan pintu belakang bunyi2 terus dari dulu. Setir juga mulai sedikit keluar bunyi seret (oli PS udah ganti di 2018).
Kl sy compare antara cx5 dan crv RE/RM, rasanya CRV ini mobil mentahan yg butuh dimod dikit biar enak kyk audionya, ban, steering switch. Gara2 gitu rasanya kaya kurang mulu bawaannya soal equipment. Begitu liat CX5 yg gen 1 pun, rasanya ngga usah ragat modif2 gitu udah siap jalan
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh...

cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan...

tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Saya putusin ganti di beres om, soalnya krn masih baru disini, blm tau banyak bengkel non beres yg rekomen.boschdot wrote: Wed Mar 18, 2020 8:203 jt itu cmn sebiji om?? klo bisa jgn di beres om,mahal nya amit2...aburaza wrote: Sat Mar 14, 2020 8:11 Lapor hasil pengecekan di beres:
Getar kabin bener karena engine mounting yg kanan (deket kompresor).
Kl di beres katanya harganya 3jutaan.
Cuman karena td antrian udh panjang dan kalau sabtu bukanya setengah hari, so dipending penggantiannya.
Jadi ada kesempatan buat mikir mau di non beres atau beres nggantinya.![]()
saya dulu pernah pake CRV gen1, pas waktunya jajan besar jg diluar beres itu aja habis sekitar 7jt an waktu itu, klo ane prediksi sih misal ane masukin di beres mgkn bisa habis diatas 10jt....![]()
Mounting kanan katanya emg yg paling mahal, kmrn dihargai 2jt gendut, dg bea ganti jd 3jt kurus.
Sekarang sudah ilang itu getar idle.
Nah, saya liat2 nota2 servis pemilik sblmnya, ternyata saran utk ganti engine mounting itu udh sejak 2018 lalu
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Yg bisa ngimbangin naikannya crv, dan menurut saya malah lebih nyaman, adalah si musuh bebuyutan, xtral t30 dan t31 gan. T32 jg oke banget. Cuman karena cvt bagi bbrp suhu sini ktnya kurang fun to drive.boschdot wrote:wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nyaClonz wrote: Wed Mar 18, 2020 9:08Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.boschdot wrote: ikut nimbrung om dan salam kenal dari surabaya.... masa iya CRV RE ini bensin nya boros banget om?? klo dibanding dengan CRV gen1 gmn om??
saya dulu pernah pake CRV gen1 selama 8 tahun, emg kalo dalam kota mgkn 1:6-7km kali yaa tp klo luar kota bisa sampe 1:11-12km loh...![]()
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan...![]()
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa...
Cuman masalah servis dan maintenance lebih horor lg haha
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Car
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Ikutan nimbrung om
Jadi keinget kalo parkir mepet disisi kanan, gampang banget keluarnya di pintu kiri
Yg bikin salut dari mobil ini itu rasio kompresi mesinnya, bbm oktan rendah pun masih bisa dan tetap galak mesinnya, hentakan dan teriakann mesinnya itu loh NA bangettt.
Ini mungkin crv terakhir yg power steeringnya masih pake oli, jadi biaya perawatannya bisa lebih murah daripada tipe lain yang eps.
Buat perbandingan dengan eps , terakhir saya ngecek harga eps crv rm itu sekitar 16jt, jazz RS 14jt
Buat long term, power steering merk mobil apapun kalo sudah 100.000km siap-siap ganti parts deh. Tapi kalo udah seharusnya ganti tapi dibetulkan sebisanya beda cerita ya
Memang sih dengan eps muter stirnya lebih enteng, tapi ganti eps nya itu 1set ( di beres). Kalo ngomongin tergantung pemakaian mau ga mau motor eps pasti ada umurnya, dan gantinya 1set juga (di beres). Dengan sistem Power steering oli hidrolik,sering ngecek ada rembesan oli ngga atau ngecek oli power steering dibayar dengan biaya perawatan lebih murah dibanding eps.
Overal dengan feel drive nya, kompresinya, simple (NA), kelegaan interior nya, ketersediaan parts nya, mobil ini
Jadi keinget kalo parkir mepet disisi kanan, gampang banget keluarnya di pintu kiri

Yg bikin salut dari mobil ini itu rasio kompresi mesinnya, bbm oktan rendah pun masih bisa dan tetap galak mesinnya, hentakan dan teriakann mesinnya itu loh NA bangettt.

Ini mungkin crv terakhir yg power steeringnya masih pake oli, jadi biaya perawatannya bisa lebih murah daripada tipe lain yang eps.
Buat perbandingan dengan eps , terakhir saya ngecek harga eps crv rm itu sekitar 16jt, jazz RS 14jt
Buat long term, power steering merk mobil apapun kalo sudah 100.000km siap-siap ganti parts deh. Tapi kalo udah seharusnya ganti tapi dibetulkan sebisanya beda cerita ya

Memang sih dengan eps muter stirnya lebih enteng, tapi ganti eps nya itu 1set ( di beres). Kalo ngomongin tergantung pemakaian mau ga mau motor eps pasti ada umurnya, dan gantinya 1set juga (di beres). Dengan sistem Power steering oli hidrolik,sering ngecek ada rembesan oli ngga atau ngecek oli power steering dibayar dengan biaya perawatan lebih murah dibanding eps.
Overal dengan feel drive nya, kompresinya, simple (NA), kelegaan interior nya, ketersediaan parts nya, mobil ini

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
bener banget om apalagi RV nya haduuuhhh....Clonz wrote: Sat Mar 21, 2020 17:35Yg bisa ngimbangin naikannya crv, dan menurut saya malah lebih nyaman, adalah si musuh bebuyutan, xtral t30 dan t31 gan. T32 jg oke banget. Cuman karena cvt bagi bbrp suhu sini ktnya kurang fun to drive.boschdot wrote:wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nyaClonz wrote: Wed Mar 18, 2020 9:08 Iya gan memang segitu gan. Saya pemakai CRV RE 2400 tahun 2011 tp udah dijual tahun lalu. Selama pake, bbm seperti yg om nya bilang di atas kalau dalkot boros banget kan 1:6. Luar kota ya paling irit 1:11 lah. Itu pake pertamax. Menurut saya sih itu udah boros banget gan.![]()
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan...![]()
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa...
Cuman masalah servis dan maintenance lebih horor lg haha

tp kapan itu sempet pake mobil kantor captiva diesel rasanya hampir mirip dengan CRV saya yg gen 1 dulu itu....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Wah setuju omm. Captiva jambakan dan feel durablemya bikin kangen. Tapi kalau udah ingat perawatan yg njlimet dan wajib pertadex, mundur teratur jadinya [emoji28]boschdot wrote:bener banget om apalagi RV nya haduuuhhh....Clonz wrote: Sat Mar 21, 2020 17:35Yg bisa ngimbangin naikannya crv, dan menurut saya malah lebih nyaman, adalah si musuh bebuyutan, xtral t30 dan t31 gan. T32 jg oke banget. Cuman karena cvt bagi bbrp suhu sini ktnya kurang fun to drive.boschdot wrote: wah ya hampir mirip2 sama CRV ane dulu ya, dulu ane masih pake premium malah karena saking boros nya![]()
cmn klo masalah naikkan nya sampe skr pun masih belum ketemu gantinya yg mirip2 crv ane dulu gan...![]()
tp jujur ane sempet kepincut jg pengen punya CRV RE ini krn model dan harga second nya yaa...
Cuman masalah servis dan maintenance lebih horor lg haha![]()
tp kapan itu sempet pake mobil kantor captiva diesel rasanya hampir mirip dengan CRV saya yg gen 1 dulu itu....
Kalau udah bahas diesel, merembet ke diesel lainnya, yg sempet bikin kesengsem adalah si MuX. Jangan dilanjutin deh ntar malah OOT [emoji1787][emoji2960]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4967
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Setuju om, mobil ini emg paling enak feel drivenya dan handlingnya yg gak bisa didapetin di gen 4 dan gen 5. Walaupun harganya sama mahalnya dengan mazda, tapi , jika dibandingkan dengan CRV Gen 4 dan gen 5, buat saya crv gen 3 still the best dibanding gen 4 dan gen 5catalyticR wrote: Sun Mar 22, 2020 0:47 Ikutan nimbrung om
Jadi keinget kalo parkir mepet disisi kanan, gampang banget keluarnya di pintu kiri![]()
Yg bikin salut dari mobil ini itu rasio kompresi mesinnya, bbm oktan rendah pun masih bisa dan tetap galak mesinnya, hentakan dan teriakann mesinnya itu loh NA bangettt.
Ini mungkin crv terakhir yg power steeringnya masih pake oli, jadi biaya perawatannya bisa lebih murah daripada tipe lain yang eps.
Buat perbandingan dengan eps , terakhir saya ngecek harga eps crv rm itu sekitar 16jt, jazz RS 14jt
Buat long term, power steering merk mobil apapun kalo sudah 100.000km siap-siap ganti parts deh. Tapi kalo udah seharusnya ganti tapi dibetulkan sebisanya beda cerita ya![]()
Memang sih dengan eps muter stirnya lebih enteng, tapi ganti eps nya itu 1set ( di beres). Kalo ngomongin tergantung pemakaian mau ga mau motor eps pasti ada umurnya, dan gantinya 1set juga (di beres). Dengan sistem Power steering oli hidrolik,sering ngecek ada rembesan oli ngga atau ngecek oli power steering dibayar dengan biaya perawatan lebih murah dibanding eps.
Overal dengan feel drive nya, kompresinya, simple (NA), kelegaan interior nya, ketersediaan parts nya, mobil ini![]()
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2157
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega.. ![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4967
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya biarpun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwkVenturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega..![]()
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4967
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya walaupun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwkVenturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega..![]()
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2157
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
belum ada gantinya, om.. sekarang masih pake mobil yang lain duluPboyz97 wrote: Sun Dec 13, 2020 16:43ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya walaupun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwkVenturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega..![]()

Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4967
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
ohh oke omVenturtle wrote: Mon Dec 14, 2020 15:08belum ada gantinya, om.. sekarang masih pake mobil yang lain duluPboyz97 wrote: Sun Dec 13, 2020 16:43ganti apa om jadinya?. RE emg salah 1 crv yg paling fun to drive menurut saya, interior termasuk oke lah buat jamannya walaupun quality dan fiturnya agak kurang buat mobil yg harganya 380 jt waktu baru wkwkwkVenturtle wrote: Wed Dec 02, 2020 9:46 Akhirnya setelah 13 tahun menemani, CRV gen 3 ane akhirnya dijual.. overall mobil yang oke buat disetir sendiri, interior mewah di zamannya, dan ruang kabin yang lega..![]()
![]()
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Wed Oct 09, 2024 12:47
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda CR-V 2007 2400 cc AT CKD
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Perkenalkan nama saya Robin Jeth Siva
Saya menggunakan Honda CR-V 2007 2.4 AT CKD
Desain Eksteriornya masih tetap cantik dan elegan
Desain Interior mewah
Pokoknya ini mobil recommended banget deh
Trims
Saya menggunakan Honda CR-V 2007 2.4 AT CKD
Desain Eksteriornya masih tetap cantik dan elegan
Desain Interior mewah
Pokoknya ini mobil recommended banget deh
Trims
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4967
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
salken jg om. desainnya memang termasuk timeless, ga lekang dimakan jaman walaupun sudah berumur lebih dari 10 tahun. masih enak dilihat sampe sekarang heheheRobinJethSiva wrote: Wed Oct 09, 2024 12:58 Perkenalkan nama saya Robin Jeth Siva
Saya menggunakan Honda CR-V 2007 2.4 AT CKD
Desain Eksteriornya masih tetap cantik dan elegan
Desain Interior mewah
Pokoknya ini mobil recommended banget deh
Trims
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Thu May 08, 2025 23:22
- Location: Balikpapan
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1004
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Keras itu tergantung bandingannya sama mobil apaX252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Thu May 08, 2025 23:22
- Location: Balikpapan
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Saya sering naiknya mobil mainstream saja, kebanyakan sih toyota, seperti Innova reborn, kijang kapsul, innova barong, ertiga, sama Tucson 2012 yg buat gantikan CRV, lebih nyaman. Btw saya pakai di lintas kaltim untuk CRV nya. Ekspektasi saya yang belum pernah pakai Honda sih ya lebih nyaman, ternyata stiff bantingannya, yang 2.0 juga boyo banget manual. tanjakan sering gigi 1.zonepublic wrote: Sun Jun 15, 2025 6:39Keras itu tergantung bandingannya sama mobil apaX252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Ganti shocknya ori apa merk lain/aftermarket atau ori kawe?X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Klo ori empuk2 aja, klo merk lain rata2 keras dan gak awet meskipun belom ada tanda2 bocor
Beda kaki2 2.0 dan 2.4 hanya di power steering, satu elektrik satu hudrolik
Dan faktor lain yg bikin 2.4 lebih empuk dikit paling karena mesin 2.4 lebih berat tapi ya gak signifikan
Saya masi pelihara ini 2.0at, dulu waktu shock ori lemah karena usia ya keras, giliran saya ganti merk aftermarket empuknya cuma sstahun aja, abis tu keras lagi tapi gak sekeras dulu pdhl belom ada bocor
Baru empuk klo diisi 4 org dewasa
Sama shock belakanh kiri setelah 3 tahun mulai klutuk2 kadang
Ya sesuai harga shock belakanh dulu cuma 600rb sepasang, shock depan 1.1juta sepasang

Bentar lagi mo jajan shock entah ori showa, tokico atau budget friendly macem ikybi
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1004
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Ya wajar kalo honda kalah empuk lha lawannya toyota,ertiga,hyundai pula,beda karakter ituX252 wrote: Sun Jun 15, 2025 7:40
Saya sering naiknya mobil mainstream saja, kebanyakan sih toyota, seperti Innova reborn, kijang kapsul, innova barong, ertiga, sama Tucson 2012 yg buat gantikan CRV, lebih nyaman. Btw saya pakai di lintas kaltim untuk CRV nya. Ekspektasi saya yang belum pernah pakai Honda sih ya lebih nyaman, ternyata stiff bantingannya, yang 2.0 juga boyo banget manual. tanjakan sering gigi 1.
Tapi memang toyota lebih cocok kok untuk medan jalan kaltim,
Betul crv 2.0 memang boyo,berat bodi sama mesin ga sesuai
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Thu May 08, 2025 23:22
- Location: Balikpapan
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Shocknya ori om, cuma pasangnya di bengkel spesialis honda saja.ariswp wrote: Sun Jun 15, 2025 7:45Ganti shocknya ori apa merk lain/aftermarket atau ori kawe?X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Klo ori empuk2 aja, klo merk lain rata2 keras dan gak awet meskipun belom ada tanda2 bocor
Beda kaki2 2.0 dan 2.4 hanya di power steering, satu elektrik satu hudrolik
Dan faktor lain yg bikin 2.4 lebih empuk dikit paling karena mesin 2.4 lebih berat tapi ya gak signifikan
Saya masi pelihara ini 2.0at, dulu waktu shock ori lemah karena usia ya keras, giliran saya ganti merk aftermarket empuknya cuma sstahun aja, abis tu keras lagi tapi gak sekeras dulu pdhl belom ada bocor
Baru empuk klo diisi 4 org dewasa
Sama shock belakanh kiri setelah 3 tahun mulai klutuk2 kadang
Ya sesuai harga shock belakanh dulu cuma 600rb sepasang, shock depan 1.1juta sepasang![]()
Bentar lagi mo jajan shock entah ori showa, tokico atau budget friendly macem ikybi
Apa jangan jangan problemnya di ban ya, rada keras. seingat saya sudah ganti juga Dueler.
saya sih nyerah ganti part ori honda, waktu itu kaget karena harganya di atas rata rata, terus kenyamanan gak dapat, boros, tenaga boyo, ya akhirnya saya lepas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Saya sih even dengan shock harga glundung tadi masih fine2 ajaX252 wrote: Sun Jun 15, 2025 7:52Shocknya ori om, cuma pasangnya di bengkel spesialis honda saja.ariswp wrote: Sun Jun 15, 2025 7:45Ganti shocknya ori apa merk lain/aftermarket atau ori kawe?X252 wrote: Sun Jun 15, 2025 5:48 Maaf mau tanya, saya ex user CRV 2007 2.0 Manual, apakah kaki kaki dan shockbreaker beda sama yang 2.4 ya? saya merasakan dulu keras sekali shocknya. walau udah ganti kaki2 dan shock ori juga. Kepikiran terus sampai sekarang walau mobilnya dah lama dijual.
Klo ori empuk2 aja, klo merk lain rata2 keras dan gak awet meskipun belom ada tanda2 bocor
Beda kaki2 2.0 dan 2.4 hanya di power steering, satu elektrik satu hudrolik
Dan faktor lain yg bikin 2.4 lebih empuk dikit paling karena mesin 2.4 lebih berat tapi ya gak signifikan
Saya masi pelihara ini 2.0at, dulu waktu shock ori lemah karena usia ya keras, giliran saya ganti merk aftermarket empuknya cuma sstahun aja, abis tu keras lagi tapi gak sekeras dulu pdhl belom ada bocor
Baru empuk klo diisi 4 org dewasa
Sama shock belakanh kiri setelah 3 tahun mulai klutuk2 kadang
Ya sesuai harga shock belakanh dulu cuma 600rb sepasang, shock depan 1.1juta sepasang![]()
Bentar lagi mo jajan shock entah ori showa, tokico atau budget friendly macem ikybi
Apa jangan jangan problemnya di ban ya, rada keras. seingat saya sudah ganti juga Dueler.
saya sih nyerah ganti part ori honda, waktu itu kaget karena harganya di atas rata rata, terus kenyamanan gak dapat, boros, tenaga boyo, ya akhirnya saya lepas.
Lha ini masi saya pake harian
Part mah emang mahal gen3
Bahkan sama gen4 aja mahal gen3
Mengenai nyaman emang relatif ya kembali ke orangnya
Banyak yg nyaman = empuk tapi juga ada yg nyaman macem saya ini suka yg lebih stiff tapi gak limbung/kapal
Buat nyetir 140 terus2an di tol gak berasa limbung dan capek
2.0 di honda tarikan bawah boyo sih, apalagi maticnya 5at yg panjang2, klo dibayangkan medan di kalimantan, rasanya karakter honda yg maen di rpm atas gak kepake, beda misal di transjawabahn gini, saya bejek 180
Seperti om b0ku bilang, honda mah enaknya dibejek, bukan gas nanggung, freed aja yg boyo giliran dikickdown itu atasnya minta naek teruus
Beda sama misal toyota, atau tucson yang bawahnya udah ngangkat,
Tucson saya belom ngerasain penuh ya, tapi sempat nyetir 2011 punya om, itu rasanya malah sebaliknya, handling kurang, tarikan bawah lumayan, tapi ya tetep aja dibawa ngebut rasanya gak pede dan atasnya kurang, klo empuk iya, mirip2 T31
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08