All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by jakanjc »

jakanjc wrote: ↑Tue Dec 15, 2020 15:23 Ada yang pernah ngerasain stir ANKInya geter atau semi di kecepatan diatas 100 kmh? anehnya terjadi kl lewat jalan bergelombang di tol yg ga rata, tp kadang ga geter juga walaupun udah tembus 120 kmh. Bingung juga karena 3 bulan yll yang lalu habis finish balancing di *ndala, di cek timah balance msh utuh di keempat roda, kemarin dibawa ke ke a2k di cek langsung sm mekaniknya mobil digantung, di cek semua normal, saya ikut ngolong di cek shock depan blkg aman gaada yg rembes, ban gaada benjol.. awalnya curiga dari shock depan yg rembes/lemah.. krn dulu ngalamin stir semi/geter di bmw tuir ternyata penyebabnya shock depan lemah.. ada masukan suhu2? krn belakangan ini mobil sering dipake pp jkt-purwokerto, pegel juga ni tangan kl stir geter2 selama di tol hehe, tqπŸ™πŸ»
saya juga ngalamin nih, ban/velg masih std kah? umur ban brapa lama? umur shock breaker jg udah brp lama/km? kl shock breaker udah lemah, trus udah kelamaan biasanya bannya jadi korban. nggak benjol tapi bergelombang ga rata gitu. ini yang bikin geter di kecepatan tinggi.

Ini saya alamin nih pas shock bocor, tau2 ban saya jadi korban jugaaa :big_cry: . Penampakan mata ngga keliatan ada benjol, pas ditaruh di mesin balance kelihatan karetnya ngga bulat sempurna dari sudut tertentu. Shock juga itu shock belum ada umur nya 1 tahun dan kurang dari 10ribu km juga, ban nya juga umurnya sama! kesel bgt sama itu shock breaker jadi nya HAHAHAH. Apes aja kali ya


Pokoknya sekarang klo suspensi udah terasa terlalu ngayun or keras kayak batu mendingan langsung di bongkar aja deh, toh bongkar jg ga mahal, klo ganti pun shock breaker innova jg ga mahal (banyak pilihannya)

setelah ganti ban, di finish balance, lari 180kph pun adem...
[/quote]
ban sih usia terhitungnya masih muda om 3 tahun, km mobilnya sendiri baru masuk 30 rb ANKI 2GD 2017 November. Berarti punya om dari tampilan fisiknya mmg sudah ada rembesan ya shocknya? Saya curiga juga shock udah lemah sih om.. kemarin dibawa ke bengkel umum pas finish balance diawal, nyaranin biar pasti shock depannya kiri kanan dilepas,krn menurut kabengnya shock yang udah mati/lemah gabisa diliat dari rembes/ngganya, bagusnya dicoba ditekan manual buat liat shocknya masih berfungsi max/tidak.. Cuman krn kemarin karena lagi banyak gawean saya tunda dulu deh:)
Btw sekarang pake shock apa om? dan harganya brp? parah juga ya berarti shock bawaan ANKI umurnya pendek Kl diganti baiknya pake aftermarket sj ya kalau gitu.
DOHC wrote: ↑Wed Dec 16, 2020 5:17 [quote=jakanjc post_id=<a href="tel:1149063">1149063</a> time=<a href="tel:1608045803">1608045803</a> user_id=34955]
Ada yang pernah ngerasain stir ANKInya geter atau semi di kecepatan diatas 100 kmh? anehnya terjadi kl lewat jalan bergelombang di tol yg ga rata, tp kadang ga geter juga walaupun udah tembus 120 kmh. Bingung juga karena 3 bulan yll yang lalu habis finish balancing di *ndala, di cek timah balance msh utuh di keempat roda, kemarin dibawa ke ke a2k di cek langsung sm mekaniknya mobil digantung, di cek semua normal, saya ikut ngolong di cek shock depan blkg aman gaada yg rembes, ban gaada benjol.. awalnya curiga dari shock depan yg rembes/lemah.. krn dulu ngalamin stir semi/geter di bmw tuir ternyata penyebabnya shock depan lemah.. ada masukan suhu2? krn belakangan ini mobil sering dipake pp jkt-purwokerto, pegel juga ni tangan kl stir geter2 selama di tol hehe, tqπŸ™πŸ»
Ngacung

Saya jg ngalamin, kmaren2 bawa lari d tol transjawabahn, apalagi yg tol batang, geter2 sikit, tp konstan kl ud lari d atas 120 ke atas.. d bawah itu aman jaya

Padahal ban baru

Minggu lalu saya ikutin saran mbah omni buat balans ulang, skali d start tyre, masi ada sikittt banget pas tes d cipularang.. trus bawa ke hnz pluit balans lg.. ud mending jauh skrg.. musti lari ampe 140 -160 baru mulai muncul tu geter2
[/quote]
Hmm kalau gitu logikanya bukan bannya harus ya om? ban baru apalagi di balance harusnya kaya gaada getaran bahkan sampai kecepatan 180 pun.. Saya coba lepas shock depannya dulu kayanya om biar di test tekan manual liat masih berfungsi dengan baik ga shocknya.. sekalian service berkala 30 rb di beres sayang masih dapet free jasaπŸ˜….
'You can go fast, But I can go anywhere'
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by nyotsaeba »

jakanjc wrote:
jakanjc wrote: ↑Tue Dec 15, 2020 15:23 Ada yang pernah ngerasain stir ANKInya geter atau semi di kecepatan diatas 100 kmh? anehnya terjadi kl lewat jalan bergelombang di tol yg ga rata, tp kadang ga geter juga walaupun udah tembus 120 kmh. Bingung juga karena 3 bulan yll yang lalu habis finish balancing di *ndala, di cek timah balance msh utuh di keempat roda, kemarin dibawa ke ke a2k di cek langsung sm mekaniknya mobil digantung, di cek semua normal, saya ikut ngolong di cek shock depan blkg aman gaada yg rembes, ban gaada benjol.. awalnya curiga dari shock depan yg rembes/lemah.. krn dulu ngalamin stir semi/geter di bmw tuir ternyata penyebabnya shock depan lemah.. ada masukan suhu2? krn belakangan ini mobil sering dipake pp jkt-purwokerto, pegel juga ni tangan kl stir geter2 selama di tol hehe, tq[emoji1317]
saya juga ngalamin nih, ban/velg masih std kah? umur ban brapa lama? umur shock breaker jg udah brp lama/km? kl shock breaker udah lemah, trus udah kelamaan biasanya bannya jadi korban. nggak benjol tapi bergelombang ga rata gitu. ini yang bikin geter di kecepatan tinggi.

Ini saya alamin nih pas shock bocor, tau2 ban saya jadi korban jugaaa :big_cry: . Penampakan mata ngga keliatan ada benjol, pas ditaruh di mesin balance kelihatan karetnya ngga bulat sempurna dari sudut tertentu. Shock juga itu shock belum ada umur nya 1 tahun dan kurang dari 10ribu km juga, ban nya juga umurnya sama! kesel bgt sama itu shock breaker jadi nya HAHAHAH. Apes aja kali ya


Pokoknya sekarang klo suspensi udah terasa terlalu ngayun or keras kayak batu mendingan langsung di bongkar aja deh, toh bongkar jg ga mahal, klo ganti pun shock breaker innova jg ga mahal (banyak pilihannya)

setelah ganti ban, di finish balance, lari 180kph pun adem...
ban sih usia terhitungnya masih muda om 3 tahun, km mobilnya sendiri baru masuk 30 rb ANKI 2GD 2017 November. Berarti punya om dari tampilan fisiknya mmg sudah ada rembesan ya shocknya? Saya curiga juga shock udah lemah sih om.. kemarin dibawa ke bengkel umum pas finish balance diawal, nyaranin biar pasti shock depannya kiri kanan dilepas,krn menurut kabengnya shock yang udah mati/lemah gabisa diliat dari rembes/ngganya, bagusnya dicoba ditekan manual buat liat shocknya masih berfungsi max/tidak.. Cuman krn kemarin karena lagi banyak gawean saya tunda dulu deh:)
Btw sekarang pake shock apa om? dan harganya brp? parah juga ya berarti shock bawaan ANKI umurnya pendek Kl diganti baiknya pake aftermarket sj ya kalau gitu.
DOHC wrote: ↑Wed Dec 16, 2020 5:17 [quote=jakanjc post_id=<a href="tel:1149063">1149063</a> time=<a href="tel:1608045803">1608045803</a> user_id=34955]
Ada yang pernah ngerasain stir ANKInya geter atau semi di kecepatan diatas 100 kmh? anehnya terjadi kl lewat jalan bergelombang di tol yg ga rata, tp kadang ga geter juga walaupun udah tembus 120 kmh. Bingung juga karena 3 bulan yll yang lalu habis finish balancing di *ndala, di cek timah balance msh utuh di keempat roda, kemarin dibawa ke ke a2k di cek langsung sm mekaniknya mobil digantung, di cek semua normal, saya ikut ngolong di cek shock depan blkg aman gaada yg rembes, ban gaada benjol.. awalnya curiga dari shock depan yg rembes/lemah.. krn dulu ngalamin stir semi/geter di bmw tuir ternyata penyebabnya shock depan lemah.. ada masukan suhu2? krn belakangan ini mobil sering dipake pp jkt-purwokerto, pegel juga ni tangan kl stir geter2 selama di tol hehe, tq[emoji1317]
Ngacung

Saya jg ngalamin, kmaren2 bawa lari d tol transjawabahn, apalagi yg tol batang, geter2 sikit, tp konstan kl ud lari d atas 120 ke atas.. d bawah itu aman jaya

Padahal ban baru

Minggu lalu saya ikutin saran mbah omni buat balans ulang, skali d start tyre, masi ada sikittt banget pas tes d cipularang.. trus bawa ke hnz pluit balans lg.. ud mending jauh skrg.. musti lari ampe 140 -160 baru mulai muncul tu geter2
[/quote]
Hmm kalau gitu logikanya bukan bannya harus ya om? ban baru apalagi di balance harusnya kaya gaada getaran bahkan sampai kecepatan 180 pun.. Saya coba lepas shock depannya dulu kayanya om biar di test tekan manual liat masih berfungsi dengan baik ga shocknya.. sekalian service berkala 30 rb di beres sayang masih dapet free jasa[emoji28].[/quote]..
..


Shock anki mah payah, sy dibawah 2 thn uda tewas sepasang (bocor), untung masih klaim garansi.

Sama2 2gd 2017 jg...

tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

jakanjc wrote: ↑Wed Dec 16, 2020 7:26
ban sih usia terhitungnya masih muda om 3 tahun, km mobilnya sendiri baru masuk 30 rb ANKI 2GD 2017 November. Berarti punya om dari tampilan fisiknya mmg sudah ada rembesan ya shocknya? Saya curiga juga shock udah lemah sih om.. kemarin dibawa ke bengkel umum pas finish balance diawal, nyaranin biar pasti shock depannya kiri kanan dilepas,krn menurut kabengnya shock yang udah mati/lemah gabisa diliat dari rembes/ngganya, bagusnya dicoba ditekan manual buat liat shocknya masih berfungsi max/tidak.. Cuman krn kemarin karena lagi banyak gawean saya tunda dulu deh:)
Btw sekarang pake shock apa om? dan harganya brp? parah juga ya berarti shock bawaan ANKI umurnya pendek Kl diganti baiknya pake aftermarket sj ya kalau gitu.


Hmm kalau gitu logikanya bukan bannya harus ya om? ban baru apalagi di balance harusnya kaya gaada getaran bahkan sampai kecepatan 180 pun.. Saya coba lepas shock depannya dulu kayanya om biar di test tekan manual liat masih berfungsi dengan baik ga shocknya.. sekalian service berkala 30 rb di beres sayang masih dapet free jasaπŸ˜….
innova sy 2gd 2018, 2019 ngerasa shock bawaan terlalu kayak kapal laut trus ganti shock kayaba excel G (dan ternyata shock nya udah pada bocor, padahal ga klihatan rembesannya), pake per std enak tapi gitu ganti per eibach jd keras bgt, 2020 baru coba melewati japex elevated dan HORROR banget rasanya, keras kayak batu, max 80kph. Langsung lah ganti shock ori (baru), tapi ternyata ga betah (walau pake per eibach tetep aja ngayun2) dan ganti lagi ke tokico 1 bualn kemudian :D.

udah ga usah ngandelin beres / garansi mah klo soal shock breaker. Shock breaker ori toyota itu justru yang paling murah dibandingkan dengan kayaba excel G, tokico dkk. Depan belakang ori kena 1.3 juta, tokico/kayaba 1.7 jt, amada extreme 3 jtan, profender 5 jtan, bilstein 7 jtan, tein coilover 15 jt... tapi yah gitu deh bikin mabok klo shock ori IMO. (selera orang beda2 sih) Klo suka karakter original innova yang lembek2 gitu sih ya gapapa andelin beres :D
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by piggypig77 »

tesna wrote: ↑Wed Dec 16, 2020 4:20
Clonz wrote: ↑Tue Dec 15, 2020 7:10 [Wakakaka. Kalau ngmgin perngorbanan ini nih, kasian yg duduk penumpangnya om.
Soalnya ini mobil keluarga sih yg berusaha jadi separo2 racing look hahahaha.

Coilover tein ada temen yg ngmg empuk, tp ada jg yg ngmg keras. Jadi saya bgng jg mau sharing apa.

Cuman terakhir ada yg ngmgin coilover BC 14 step itu katanya yg oke empuknya bener2 bisa disetting.
Cuman saya pingin cari2 info lg sihh
ya udah standaran aja klo gitu :D

Anyway saya baru jajal tol layang cikampek pake setup yang sekarang (shock tokico, per ebach + R18). Short verdict! PUAS banget. Rasda keras sih memang, tapi itungannya lebih nyaman daripada pake shock std + per eibach. Jadi ngga ngayun2 gitu, pas lewat sambungan betonnya berasa mantap gitu, keredam dengan baik. Tadinya 120 udah mayan kekocok2, sekarang 120kph disana anteng aja pake cruise
piggypig77 wrote: ↑Tue Dec 15, 2020 10:59

Jangan pake velg tipe Q ato venturer om fitmentnya jelek, rodanya masuk ke dalem apalagi kalo di ceperin
tapi masih lebih baik daripada std G/V yang R16... klo pake velg venturer pastinya ga usah dipendekin. Sepertiya pake R17, per std, dengan shock yang rada uprated bakalan lumayan stabil tanpa mengorbankan banyak kenyamanan

Dibanding G/V bener sih improve cuma sayang aja velg ring 17 nya ga proper juga buat innova dari segi lebar dan offset, biarpun udah upgrade velg venturer ttp bagusan di pendekin sih om biar ga ketinggian mblnya n lebih stabil
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

Ngelihat pembahasan bannya venturer jadi kepikiran...

Ban std venturer kan 215 55 r17 ya.

Apa ga keras? Mgkn yg udah pake venturer bisa share...

Kalau saya bandingin sih ketebalan bannya malah lebih tipis drpd 235 50 r18....
Screenshot_20201217-215145_Tire%20Expert.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
popolapo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Jan 27, 2018 21:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by popolapo »

Om semua, minta sarannya untuk bengkel kaki2 atau bengkel innova untuk cek bunyi2 sekitaran jakbar, cengkareng, kalideres ? Kalau jalan gak rata suka bunyi gluk2. Sudah pernah dicek bengkel didekat rumah terus bushing yg difoto ditambahin karet tapi gak lama bunyi2 lagi. Thnks
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

popolapo wrote: ↑Sat Dec 19, 2020 13:52 Om semua, minta sarannya untuk bengkel kaki2 atau bengkel innova untuk cek bunyi2 sekitaran jakbar, cengkareng, kalideres ? Kalau jalan gak rata suka bunyi gluk2. Sudah pernah dicek bengkel didekat rumah terus bushing yg difoto ditambahin karet tapi gak lama bunyi2 lagi. Thnks
saya kurang paham sih klo di daerah sana, tapi kaki2 innova itu harganya lumayan bersahabat. Jangan diakalin tambah2 karet, klo ada yg rusak diganti aja ga mahal kok. Pakai 555 jepun pasti jg mantep.

Bengkel kaki2 langganan saya ada di blok m mall basement, namanya hasan per. Mungkin yang lain bisa kasih rekomendasi yang lebih dekat
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1967
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by alvin23 »

popolapo wrote:Om semua, minta sarannya untuk bengkel kaki2 atau bengkel innova untuk cek bunyi2 sekitaran jakbar, cengkareng, kalideres ? Kalau jalan gak rata suka bunyi gluk2. Sudah pernah dicek bengkel didekat rumah terus bushing yg difoto ditambahin karet tapi gak lama bunyi2 lagi. Thnks
Kl tangerang sih Bandar Per. Dia semua kaki2 kecuali rack steer
Rocky R ADS CVT 2021
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

popolapo wrote: ↑Sat Dec 19, 2020 13:52 Om semua, minta sarannya untuk bengkel kaki2 atau bengkel innova untuk cek bunyi2 sekitaran jakbar, cengkareng, kalideres ? Kalau jalan gak rata suka bunyi gluk2. Sudah pernah dicek bengkel didekat rumah terus bushing yg difoto ditambahin karet tapi gak lama bunyi2 lagi. Thnks
Itu karet chassis mah ga perlu d tambahin, dkencengin jg ud ckup

Lagian karet chassis itu tebel dan kuat.. umur nya panjang, apalagi utk mobil berat sekelas kijang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

popolapo wrote: ↑Sat Dec 19, 2020 13:52 Om semua, minta sarannya untuk bengkel kaki2 atau bengkel innova untuk cek bunyi2 sekitaran jakbar, cengkareng, kalideres ? Kalau jalan gak rata suka bunyi gluk2. Sudah pernah dicek bengkel didekat rumah terus bushing yg difoto ditambahin karet tapi gak lama bunyi2 lagi. Thnks
GBT Meruya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
popolapo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Jan 27, 2018 21:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by popolapo »

Wah thanks banget untuk infonya. Awalnya mmg mau cek dulu darimana asal bunyinya makanya dikasih karet bekas bushing. Sepertinya GBT atau Bandar Per boleh dicoba.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

malam mbah...suhu..master per ipah-an
baru angkat ipah 2gd V 2019 Bekas. baru pertama pegang dan awam mobil diesel. mohon sarannya...
1. Apa saja yg perlu di perhatikan dan dilakukan saat merawat 2gd yg rutin
2. modif apa saja yg perlu di lakukan utk pemakaian harian buat nguli
3. Cairan (oli dkk) apa saja yg rekomen dan masih value for money utk 2gd ini

semoga berkenan...
terima kasih
:big_deal:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5727
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

dori2802 wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 13:09 malam mbah...suhu..master per ipah-an
baru angkat ipah 2gd V 2019 Bekas. baru pertama pegang dan awam mobil diesel. mohon sarannya...
1. Apa saja yg perlu di perhatikan dan dilakukan saat merawat 2gd yg rutin
2. modif apa saja yg perlu di lakukan utk pemakaian harian buat nguli
3. Cairan (oli dkk) apa saja yg rekomen dan masih value for money utk 2gd ini

semoga berkenan...
terima kasih
:big_deal:
1. Ya perawatan sih sama saja kayak mobil bensin om, ganti oli dll, paling cuma 20rb km ganti filter solar aja.
2. Kalau ane sih yg penting ganri klakson, soalnya jelek klaksonnya. Terus kalau ngerasa suspensi terlalalu ngayun jg boleh ganti shockbreaker.
3. Oli mesin: PTT 10W30 bisa 10rb / 11 bulan maks.
ATF: Aisin AFW+
Gardan: Eneos 75W90.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

sintoni wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 14:48
dori2802 wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 13:09 malam mbah...suhu..master per ipah-an
baru angkat ipah 2gd V 2019 Bekas. baru pertama pegang dan awam mobil diesel. mohon sarannya...
1. Apa saja yg perlu di perhatikan dan dilakukan saat merawat 2gd yg rutin
2. modif apa saja yg perlu di lakukan utk pemakaian harian buat nguli
3. Cairan (oli dkk) apa saja yg rekomen dan masih value for money utk 2gd ini

semoga berkenan...
terima kasih
:big_deal:
1. Ya perawatan sih sama saja kayak mobil bensin om, ganti oli dll, paling cuma 20rb km ganti filter solar aja.
2. Kalau ane sih yg penting ganri klakson, soalnya jelek klaksonnya. Terus kalau ngerasa suspensi terlalalu ngayun jg boleh ganti shockbreaker.
3. Oli mesin: PTT 10W30 bisa 10rb / 11 bulan maks.
ATF: Aisin AFW+
Gardan: Eneos 75W90.
Terima kasih mbah..
tanya lagi mbah... ban bawaan 2GD V AT 2019 apa ya mbah? Saya dapatnya Primacy 4, atau memang itu ban bawaanya.. :big_childish:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5727
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

dori2802 wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 6:18
sintoni wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 14:48
dori2802 wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 13:09 malam mbah...suhu..master per ipah-an
baru angkat ipah 2gd V 2019 Bekas. baru pertama pegang dan awam mobil diesel. mohon sarannya...
1. Apa saja yg perlu di perhatikan dan dilakukan saat merawat 2gd yg rutin
2. modif apa saja yg perlu di lakukan utk pemakaian harian buat nguli
3. Cairan (oli dkk) apa saja yg rekomen dan masih value for money utk 2gd ini

semoga berkenan...
terima kasih
:big_deal:
1. Ya perawatan sih sama saja kayak mobil bensin om, ganti oli dll, paling cuma 20rb km ganti filter solar aja.
2. Kalau ane sih yg penting ganri klakson, soalnya jelek klaksonnya. Terus kalau ngerasa suspensi terlalalu ngayun jg boleh ganti shockbreaker.
3. Oli mesin: PTT 10W30 bisa 10rb / 11 bulan maks.
ATF: Aisin AFW+
Gardan: Eneos 75W90.
Terima kasih mbah..
tanya lagi mbah... ban bawaan 2GD V AT 2019 apa ya mbah? Saya dapatnya Primacy 4, atau memang itu ban bawaanya.. :big_childish:
Kalau ga salah bawaannya Enasave sama Champiro.

Walah lumayan jg tuh om kalau dapat Primacy, liat aja kode produksinya, kalau dapat produksi baru lumayan sih.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

dori2802 wrote:
sintoni wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 14:48
dori2802 wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 13:09 malam mbah...suhu..master per ipah-an
baru angkat ipah 2gd V 2019 Bekas. baru pertama pegang dan awam mobil diesel. mohon sarannya...
1. Apa saja yg perlu di perhatikan dan dilakukan saat merawat 2gd yg rutin
2. modif apa saja yg perlu di lakukan utk pemakaian harian buat nguli
3. Cairan (oli dkk) apa saja yg rekomen dan masih value for money utk 2gd ini

semoga berkenan...
terima kasih
:big_deal:
1. Ya perawatan sih sama saja kayak mobil bensin om, ganti oli dll, paling cuma 20rb km ganti filter solar aja.
2. Kalau ane sih yg penting ganri klakson, soalnya jelek klaksonnya. Terus kalau ngerasa suspensi terlalalu ngayun jg boleh ganti shockbreaker.
3. Oli mesin: PTT 10W30 bisa 10rb / 11 bulan maks.
ATF: Aisin AFW+
Gardan: Eneos 75W90.
Terima kasih mbah..
tanya lagi mbah... ban bawaan 2GD V AT 2019 apa ya mbah? Saya dapatnya Primacy 4, atau memang itu ban bawaanya.. :big_childish:
Wah hoki dapat primacy 4. Kalau ga mau bannya, boleh om bannya diganti yg baru, primacy4 buat warga SM aja [emoji28]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

dori2802 wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 6:18
sintoni wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 14:48
dori2802 wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 13:09 malam mbah...suhu..master per ipah-an
baru angkat ipah 2gd V 2019 Bekas. baru pertama pegang dan awam mobil diesel. mohon sarannya...
1. Apa saja yg perlu di perhatikan dan dilakukan saat merawat 2gd yg rutin
2. modif apa saja yg perlu di lakukan utk pemakaian harian buat nguli
3. Cairan (oli dkk) apa saja yg rekomen dan masih value for money utk 2gd ini

semoga berkenan...
terima kasih
:big_deal:
1. Ya perawatan sih sama saja kayak mobil bensin om, ganti oli dll, paling cuma 20rb km ganti filter solar aja.
2. Kalau ane sih yg penting ganri klakson, soalnya jelek klaksonnya. Terus kalau ngerasa suspensi terlalalu ngayun jg boleh ganti shockbreaker.
3. Oli mesin: PTT 10W30 bisa 10rb / 11 bulan maks.
ATF: Aisin AFW+
Gardan: Eneos 75W90.
Terima kasih mbah..
tanya lagi mbah... ban bawaan 2GD V AT 2019 apa ya mbah? Saya dapatnya Primacy 4, atau memang itu ban bawaanya.. :big_childish:
Mobil masi kinyis banget tp pake ban michelin

Feeling saya kuat mengatakan kl om hoki dapet inofa simpenan d sayang2 ama owner nya tuh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

Terima kasih Mbah, suhu dimari...tambah merasa beruntung saya...
karena setelah cek2 dompet manual booknya ternyata ada bon2 Vkool (kaca depan), solar guard premium (samping-belakang), anti karat Tuffkote, karpet trapo, garansi Coating dan 4 ban michelin primacy 4,
thn 2019 km 15k dan belum service ke 10k sepertinya...
seperti kata mbah DOHC, mobil tersimpan sama yg punya..
:big_smile]
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1967
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by alvin23 »

dori2802 wrote:Terima kasih Mbah, suhu dimari...tambah merasa beruntung saya...
karena setelah cek2 dompet manual booknya ternyata ada bon2 Vkool (kaca depan), solar guard premium (samping-belakang), anti karat Tuffkote, karpet trapo, garansi Coating dan 4 ban michelin primacy 4,
thn 2019 km 15k dan belum service ke 10k sepertinya...
seperti kata mbah DOHC, mobil tersimpan sama yg punya..
:big_smile]
Lah inimah jackpot dpt bagus. Tinggal di cek bekas banjir ga hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

alvin23 wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 13:13
dori2802 wrote:Terima kasih Mbah, suhu dimari...tambah merasa beruntung saya...
karena setelah cek2 dompet manual booknya ternyata ada bon2 Vkool (kaca depan), solar guard premium (samping-belakang), anti karat Tuffkote, karpet trapo, garansi Coating dan 4 ban michelin primacy 4,
thn 2019 km 15k dan belum service ke 10k sepertinya...
seperti kata mbah DOHC, mobil tersimpan sama yg punya..
:big_smile]
Lah inimah jackpot dpt bagus. Tinggal di cek bekas banjir ga hahaha
semoga ga om..udah di cek2 jg. sama kalau kena banjir itu buku2 sama bon2 pasti uda ancur..
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Poporing »

sintoni wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 6:35
dori2802 wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 6:18
sintoni wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 14:48

1. Ya perawatan sih sama saja kayak mobil bensin om, ganti oli dll, paling cuma 20rb km ganti filter solar aja.
2. Kalau ane sih yg penting ganri klakson, soalnya jelek klaksonnya. Terus kalau ngerasa suspensi terlalalu ngayun jg boleh ganti shockbreaker.
3. Oli mesin: PTT 10W30 bisa 10rb / 11 bulan maks.
ATF: Aisin AFW+
Gardan: Eneos 75W90.
Terima kasih mbah..
tanya lagi mbah... ban bawaan 2GD V AT 2019 apa ya mbah? Saya dapatnya Primacy 4, atau memang itu ban bawaanya.. :big_childish:
Kalau ga salah bawaannya Enasave sama Champiro.

Walah lumayan jg tuh om kalau dapat Primacy, liat aja kode produksinya, kalau dapat produksi baru lumayan sih.
setau saya primacy 4 tipe yg baru launching...
dan seinget saya masuk indo dari mid-akhir 2018
setua2nya primacy 4 mah masi ok...
saya mau kalo dikasi produksi 2018 tp masi kinyis2... :big_biglaugh:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Duvebriliant0 »

Om om mau tanya ni, jd sy barusan duduk di row kedua anki bensin kok knalpot belakangnya kedengeran banget ya, perasaan dulu duduk di ipah lama gk ada suara dari knalpotnya.. apa normal begitu kah? Soalnya sy selama ini seringnya yg nyetir jadi gk terlalu kedengeran itu suara. Kayak "ngoooong" gitu tp jujur asik juga sih suaranya, yang ditakutin ada bocor atau glaswoolnya abis atau gmn.. thanks om om sekalian maklum nubie
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Primagultom
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jul 27, 2018 23:52
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel 2011

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Primagultom »

Selamat tahun baru om semuaπŸ™πŸ»

Izin nie om maw sharing sedikit tentang 2gd mt saya yg baru, pd saat penyerahan mobil suara mesin ok..ok aja om, n mobil saya bawa keluat kota sktar +-100km, pd saat d TOL sy rasa mobil agak lemot tdk kontan seperti 2gd sy tahun 2018, pd saat itu sy hanya max di 2500rpm, saat sampai mesin terdengar berubah kasar saat idle, bunyi tek....tek....tek sangat jelas x, n Pedal gas ada speling, n ketika mobil d hidupkan muncul lambang segitiga kuning d spedo sktr 1.5 detik siap thu hilang.

Pd saat 1000km keluhan ini sy utarakan k SA, n ktnya tidak ada maslaah pada mesin, sy d suruh pakai dexlite ato pertamina dex. Setelah servise pertama sy lgsung ganti oli ptt 10-40 n pakai addictive ptt, perubahan suara mesin ada semakin halus, tetapi tidak sehalus mesin 2gd sy thn2018, n tarikan tetap lemot d putaran bawah. Pada saat d dalam kabin, terdengar Dr mesin bunyi seperti siulan tapi tidak terlalu keras ketika d rpm2000

Mohon bantuan n pencerahannya omπŸ™πŸ», kira2 maslaah seperti ini apa yg harus sy lakukan.
Terima kasih banyak omπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by piggypig77 »

Duvebriliant0 wrote: ↑Thu Dec 31, 2020 19:39 Om om mau tanya ni, jd sy barusan duduk di row kedua anki bensin kok knalpot belakangnya kedengeran banget ya, perasaan dulu duduk di ipah lama gk ada suara dari knalpotnya.. apa normal begitu kah? Soalnya sy selama ini seringnya yg nyetir jadi gk terlalu kedengeran itu suara. Kayak "ngoooong" gitu tp jujur asik juga sih suaranya, yang ditakutin ada bocor atau glaswoolnya abis atau gmn.. thanks om om sekalian maklum nubie
Emang berisik om, di saya ngalaminnya dengung (venturer bensin 2019). Solusinya ganti tabung muffler pake punya innova 2005
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Mrvin »

Primagultom wrote: ↑Tue Jan 05, 2021 14:29 Selamat tahun baru om semuaπŸ™πŸ»

Izin nie om maw sharing sedikit tentang 2gd mt saya yg baru, pd saat penyerahan mobil suara mesin ok..ok aja om, n mobil saya bawa keluat kota sktar +-100km, pd saat d TOL sy rasa mobil agak lemot tdk kontan seperti 2gd sy tahun 2018, pd saat itu sy hanya max di 2500rpm, saat sampai mesin terdengar berubah kasar saat idle, bunyi tek....tek....tek sangat jelas x, n Pedal gas ada speling, n ketika mobil d hidupkan muncul lambang segitiga kuning d spedo sktr 1.5 detik siap thu hilang.

Pd saat 1000km keluhan ini sy utarakan k SA, n ktnya tidak ada maslaah pada mesin, sy d suruh pakai dexlite ato pertamina dex. Setelah servise pertama sy lgsung ganti oli ptt 10-40 n pakai addictive ptt, perubahan suara mesin ada semakin halus, tetapi tidak sehalus mesin 2gd sy thn2018, n tarikan tetap lemot d putaran bawah. Pada saat d dalam kabin, terdengar Dr mesin bunyi seperti siulan tapi tidak terlalu keras ketika d rpm2000

Mohon bantuan n pencerahannya omπŸ™πŸ», kira2 maslaah seperti ini apa yg harus sy lakukan.
Terima kasih banyak omπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Mau tanya, 2gd yang tahun 2018 juga sesama transmisi manual kah??

Konsumsi bbm nya apakah lebih boros drpd 2gd 2018??

Setahu saya 2gd 2020 itu ada perbedaan di ECU (toyota diesel gen 3), injektor improvement utk tenggak b20 above (ini mungkin yg bikin suara jadi lebih kasar), selebihnya saya belum tahu lagi karena ga ada unit yg di utak atik lebih dalam

Selama ini saya ketemu anki fl, anf fl di jalan pun memang suaranya lebih kasar waktu idle

Entah fuel pressure sama injection volume spek nya masih sama atau engga