shanben wrote: ↑Thu May 06, 2021 15:33
Buset permanen.. ngeri jg om.. saya pakai pertamax kadang shell super.. kalau bisa cerita awalnya masih pakai oli goldnya honda, kemudian baca2 diforum lain ada crv turbo yg kena gejala mirip punya saya om dan setelah itu honda keluarin oli turbo yg katanya khusus utk mesin turbo honda, saya gantilah jg pakai oli itu, setelah ganti oli honda turbo sudah gak pernah gejala knocking begitu.. tp br bbrp bulan lalu keluar lagi knockingnya.
Apa karena bbm gak pertamax turbo jd kluar gejala gini om? Di tutup tanki bensin padahal gk diharuskan pakai oktan 98, kalo gak salah min 91 deh, seharusnya knocking bukan karena pakai oktan 92 donk ya?
Oh ya knocking saya ini beda sama knocking mbl bensin pada umumnya yg salah pakai bbm ya om, knocking mbl bensin pada umumnya kan walau dia knocking tp tetep keisi rpm dan mbl tetep jalan, klo knocking di civic saya itu gasnya jd kosong rpm turun..
Kadang kepikir ini mesin turbo gak reliable bwt long term deh, ngeri ngeri sedap juga kalau sampai "apes", ditambah pernah ada kasus terdahulu yg mesinnya jebol dan diganti utuh kan. Semoga aja sih bisa awet nih..
nah saya kmrn 3 hari nunggu busi datang nyetir mobil terpincang-pincang gitu
agak ngeri-ngeri sedap akhirnya cuma minimalin penggunaan AC dan sebisa mungkin jangan pedal to the metal... yang heran itu sekelas bengkel resmi aja g ready busi... ya memang mobil sekarang ganti busi jarang tapi masa ga nyetok sih. aneh bener.
abis businya dateng dicoba ternyata yang rusak koilnya... untungnya itu busi iridium laser universal jd gak ane beli pun dia msh bisa buat stok lah...
cm disuruh bayarin koilnya aja...
nah kl knocking sampe gas kosong rpm turun coba bawa ke bengkel deh... kl udah gak garansi saya saran jangan bengkel resmi useless buat problem solving adanya abis duit abis waktu gak kelar masalah.... kl masih garansi ya malah beneran bs minta part baru terus.
kadang dari saringan udara terlalu kotor atau sesederhana accu perlu ganti jg bisa jadi penyebab. atau pertamax/shell supernya dapet batch yang kurang bagus ya bisa bikin knocking.
ni yang bikin saya insecure justru ama mobil "rawatan bengkel resmi" buat ane translates to mobil rawatan montir belajaran. di awal2 selalu bilang blom perlu pak blom perlu pak masih bagus pak, giliran rusak tagihan minimal puluh juta krn males diagnosis... kan t*i
coil rusak kyk ane ya bs jadi tp coil rusak itu sebenernya masalah langka sehh.
koreksi yang dl kasusnya overheat om bkn jebol
tp saya yakin lah ni mesin sbenernya kuat ... yg jalan puluhan ratusan rebu kondisi tuned jg pada masih oke.
Suryaputra wrote: ↑Thu May 06, 2021 15:49
blm seberapa dibanding logo dobel R
1 ban sobek samping krn ngadepin mantapnya aspal indonesia, bisa dapet 1 skutik.
udh gak terima ban eco2an
lebih ampuh dr sheer repairing plisurr...
gwsecretc wrote: ↑Thu May 06, 2021 16:14
Oot dikit
Crv turbo 2017 bokap saya juga sama persis gejalanya. Kondisi sekarang sudah remap 220hp tetapi masih sama aja dengan sebelum remap suka bunyi tek” gitu kalo pas kickdown tapi ga tentu juga kapan bunyinya. Oli udah api sp, bbm udah pertabo 98 tapi masi bunyi juga.
Tapi saya perhatiin kalau saya sering geber 3-5rb rpm pake mode s manual dan jalan jarak jauh bunyi tek” tersebut auto hilang. Seminggu kemudian balik kumat lagi kalo mobilnya jalan dalkot rute pendek. Apakah ini yang dinamakan lspi?
CRV saya kebetulan standar dan ngalamin juga nih kl low speed kadang bs kejadian kaya misfire gitu... yah minor sih kl drivernya awam jg gak bakal notice.
mgkn sama spt penjelasan mbah suhu omnibus hrs kontrol intake manifold ama busi-busi berkala... LSPI ya bisa jadi, carbon build up bisa krn rute short trip macet macetan itu emang neraka sih buat mesin DI turbo modern gini... aplg L15B7 yang warm up nya makan waktu bgt.
Omnibus wrote: ↑Thu May 06, 2021 23:32
L15B itu direct injection, ada baiknya cek intake valves (lepas intake manifold) apakah ada carbon build up. sebab mesin DI susceptible to carbon build up terutama yg odo tinggi dan sering low speed. ini jg bisa bikin knocking.
yg busi kemarin rusak n bikin jebol coil seharusnya dianalisa busi rusaknya gimana. kl ujung kedua elektrodanya burnt overheat (apalagi sampai leleh n touching bikin short/korslet si coil) berarti perlu ganti ke busi 1 step lbh dingin, khususnya yg sdh remap.
sedangkan kl sebaliknya krn businya hitam banyak jelaga carbon trus bikin short n meledukin coil, ini sih cuma perlu lbh sering cek n ganti busi kl kotor. itu tandanya kurang panas kurang geber tuh mesinnya.
nahh kl kemarin kondisi busi silinder #4 nya kondisi kedua mbah suhu : hitam banyak jelaga carbon. kl busi 1-3 nya aman.
dugaan ane persis sama ama mbah suhu... aplg ni mesin L15B7 warm up nya lama sekali (ini yang bikin oil dilution case jg di negara iklim dingin kan), dan ane pake ganti-gantian ama CRV di rumah per seminggu
sisanya ama mak ane seringnya cm maju mundur garasi per dua minggu dan sangat sure itu mesin blm ampe working temp udah dimatiin... yakin deh itu keseringan cold start bikin ruang bakar terlalu rich akhirnya numpuk semua trus coilnya babai....
setelah kjadian ini tiap serpis minta dicek busi busi dan koil berkala berarti... kyknya perlu jadi precaution tersendiri.
dan brarti hrs lebih sering pedal to the carpet yah mbah suhu...