Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by gwsecretc »

shanben wrote: Thu May 06, 2021 15:33
ChZ wrote: Thu May 06, 2021 14:11
shanben wrote: Thu May 06, 2021 9:30 om nanya donk "brebet pincang"nya itu seperti apa? apakah saat mau nambah gas mesinnya brebet "tek tek tek" gak mau narik gitu ya?
ane jg user civic turbo sedan 2017 sampe saat ini uda 3-4 kali ngalamin brebet saat injek gas buat nambah kecepatan kondisi rolling di jalan, bukannya nambah rpmnya malah mesinnya brebet dan keluar suara tek tek tek kyk loss power gt (kyk injekan gasnya jd kosong) sekitar 1-2 detik.
apakah sama om gejalanya?
Kalo di saya sih permanen gak kadang kadang lagi... Dan getaran parah kalo ada beban ac / tanjakan. Jalan di bawah 3000 rpm light throttle getar parah...

Kl om ngalamin mungkin knocking biasa. Bbm pake apa om?
Buset permanen.. ngeri jg om.. saya pakai pertamax kadang shell super.. kalau bisa cerita awalnya masih pakai oli goldnya honda, kemudian baca2 diforum lain ada crv turbo yg kena gejala mirip punya saya om dan setelah itu honda keluarin oli turbo yg katanya khusus utk mesin turbo honda, saya gantilah jg pakai oli itu, setelah ganti oli honda turbo sudah gak pernah gejala knocking begitu.. tp br bbrp bulan lalu keluar lagi knockingnya.

Apa karena bbm gak pertamax turbo jd kluar gejala gini om? Di tutup tanki bensin padahal gk diharuskan pakai oktan 98, kalo gak salah min 91 deh, seharusnya knocking bukan karena pakai oktan 92 donk ya?

Oh ya knocking saya ini beda sama knocking mbl bensin pada umumnya yg salah pakai bbm ya om, knocking mbl bensin pada umumnya kan walau dia knocking tp tetep keisi rpm dan mbl tetep jalan, klo knocking di civic saya itu gasnya jd kosong rpm turun..

Kadang kepikir ini mesin turbo gak reliable bwt long term deh, ngeri ngeri sedap juga kalau sampai "apes", ditambah pernah ada kasus terdahulu yg mesinnya jebol dan diganti utuh kan. Semoga aja sih bisa awet nih..
Oot dikit

Crv turbo 2017 bokap saya juga sama persis gejalanya. Kondisi sekarang sudah remap 220hp tetapi masih sama aja dengan sebelum remap suka bunyi tek” gitu kalo pas kickdown tapi ga tentu juga kapan bunyinya. Oli udah api sp, bbm udah pertabo 98 tapi masi bunyi juga.

Tapi saya perhatiin kalau saya sering geber 3-5rb rpm pake mode s manual dan jalan jarak jauh bunyi tek” tersebut auto hilang. Seminggu kemudian balik kumat lagi kalo mobilnya jalan dalkot rute pendek. Apakah ini yang dinamakan lspi? :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

L15B itu direct injection, ada baiknya cek intake valves (lepas intake manifold) apakah ada carbon build up. sebab mesin DI susceptible to carbon build up terutama yg odo tinggi dan sering low speed. ini jg bisa bikin knocking.

yg busi kemarin rusak n bikin jebol coil seharusnya dianalisa busi rusaknya gimana. kl ujung kedua elektrodanya burnt overheat (apalagi sampai leleh n touching bikin short/korslet si coil) berarti perlu ganti ke busi 1 step lbh dingin, khususnya yg sdh remap.

sedangkan kl sebaliknya krn businya hitam banyak jelaga carbon trus bikin short n meledukin coil, ini sih cuma perlu lbh sering cek n ganti busi kl kotor. itu tandanya kurang panas kurang geber tuh mesinnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

shanben wrote: Thu May 06, 2021 15:33
Buset permanen.. ngeri jg om.. saya pakai pertamax kadang shell super.. kalau bisa cerita awalnya masih pakai oli goldnya honda, kemudian baca2 diforum lain ada crv turbo yg kena gejala mirip punya saya om dan setelah itu honda keluarin oli turbo yg katanya khusus utk mesin turbo honda, saya gantilah jg pakai oli itu, setelah ganti oli honda turbo sudah gak pernah gejala knocking begitu.. tp br bbrp bulan lalu keluar lagi knockingnya.

Apa karena bbm gak pertamax turbo jd kluar gejala gini om? Di tutup tanki bensin padahal gk diharuskan pakai oktan 98, kalo gak salah min 91 deh, seharusnya knocking bukan karena pakai oktan 92 donk ya?

Oh ya knocking saya ini beda sama knocking mbl bensin pada umumnya yg salah pakai bbm ya om, knocking mbl bensin pada umumnya kan walau dia knocking tp tetep keisi rpm dan mbl tetep jalan, klo knocking di civic saya itu gasnya jd kosong rpm turun..

Kadang kepikir ini mesin turbo gak reliable bwt long term deh, ngeri ngeri sedap juga kalau sampai "apes", ditambah pernah ada kasus terdahulu yg mesinnya jebol dan diganti utuh kan. Semoga aja sih bisa awet nih..
nah saya kmrn 3 hari nunggu busi datang nyetir mobil terpincang-pincang gitu :big_grin: agak ngeri-ngeri sedap akhirnya cuma minimalin penggunaan AC dan sebisa mungkin jangan pedal to the metal... yang heran itu sekelas bengkel resmi aja g ready busi... ya memang mobil sekarang ganti busi jarang tapi masa ga nyetok sih. aneh bener.

abis businya dateng dicoba ternyata yang rusak koilnya... untungnya itu busi iridium laser universal jd gak ane beli pun dia msh bisa buat stok lah... :big_biglaugh: cm disuruh bayarin koilnya aja...

nah kl knocking sampe gas kosong rpm turun coba bawa ke bengkel deh... kl udah gak garansi saya saran jangan bengkel resmi useless buat problem solving adanya abis duit abis waktu gak kelar masalah.... kl masih garansi ya malah beneran bs minta part baru terus.

kadang dari saringan udara terlalu kotor atau sesederhana accu perlu ganti jg bisa jadi penyebab. atau pertamax/shell supernya dapet batch yang kurang bagus ya bisa bikin knocking.

ni yang bikin saya insecure justru ama mobil "rawatan bengkel resmi" buat ane translates to mobil rawatan montir belajaran. di awal2 selalu bilang blom perlu pak blom perlu pak masih bagus pak, giliran rusak tagihan minimal puluh juta krn males diagnosis... kan t*i

coil rusak kyk ane ya bs jadi tp coil rusak itu sebenernya masalah langka sehh.

koreksi yang dl kasusnya overheat om bkn jebol :mky_01: tp saya yakin lah ni mesin sbenernya kuat ... yg jalan puluhan ratusan rebu kondisi tuned jg pada masih oke.
Suryaputra wrote: Thu May 06, 2021 15:49
blm seberapa dibanding logo dobel R

1 ban sobek samping krn ngadepin mantapnya aspal indonesia, bisa dapet 1 skutik.
udh gak terima ban eco2an :mky_03:
lebih ampuh dr sheer repairing plisurr... :ngacir:
gwsecretc wrote: Thu May 06, 2021 16:14
Oot dikit

Crv turbo 2017 bokap saya juga sama persis gejalanya. Kondisi sekarang sudah remap 220hp tetapi masih sama aja dengan sebelum remap suka bunyi tek” gitu kalo pas kickdown tapi ga tentu juga kapan bunyinya. Oli udah api sp, bbm udah pertabo 98 tapi masi bunyi juga.

Tapi saya perhatiin kalau saya sering geber 3-5rb rpm pake mode s manual dan jalan jarak jauh bunyi tek” tersebut auto hilang. Seminggu kemudian balik kumat lagi kalo mobilnya jalan dalkot rute pendek. Apakah ini yang dinamakan lspi? :big_think:
CRV saya kebetulan standar dan ngalamin juga nih kl low speed kadang bs kejadian kaya misfire gitu... yah minor sih kl drivernya awam jg gak bakal notice.

mgkn sama spt penjelasan mbah suhu omnibus hrs kontrol intake manifold ama busi-busi berkala... LSPI ya bisa jadi, carbon build up bisa krn rute short trip macet macetan itu emang neraka sih buat mesin DI turbo modern gini... aplg L15B7 yang warm up nya makan waktu bgt.
Omnibus wrote: Thu May 06, 2021 23:32 L15B itu direct injection, ada baiknya cek intake valves (lepas intake manifold) apakah ada carbon build up. sebab mesin DI susceptible to carbon build up terutama yg odo tinggi dan sering low speed. ini jg bisa bikin knocking.

yg busi kemarin rusak n bikin jebol coil seharusnya dianalisa busi rusaknya gimana. kl ujung kedua elektrodanya burnt overheat (apalagi sampai leleh n touching bikin short/korslet si coil) berarti perlu ganti ke busi 1 step lbh dingin, khususnya yg sdh remap.

sedangkan kl sebaliknya krn businya hitam banyak jelaga carbon trus bikin short n meledukin coil, ini sih cuma perlu lbh sering cek n ganti busi kl kotor. itu tandanya kurang panas kurang geber tuh mesinnya.
nahh kl kemarin kondisi busi silinder #4 nya kondisi kedua mbah suhu : hitam banyak jelaga carbon. kl busi 1-3 nya aman.

dugaan ane persis sama ama mbah suhu... aplg ni mesin L15B7 warm up nya lama sekali (ini yang bikin oil dilution case jg di negara iklim dingin kan), dan ane pake ganti-gantian ama CRV di rumah per seminggu

sisanya ama mak ane seringnya cm maju mundur garasi per dua minggu dan sangat sure itu mesin blm ampe working temp udah dimatiin... yakin deh itu keseringan cold start bikin ruang bakar terlalu rich akhirnya numpuk semua trus coilnya babai.... :ungg:

setelah kjadian ini tiap serpis minta dicek busi busi dan koil berkala berarti... kyknya perlu jadi precaution tersendiri.

dan brarti hrs lebih sering pedal to the carpet yah mbah suhu... :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by gwsecretc »

Berarti L15B7 engine ini baiknya sering diajak roadtrip atau marathon seminggu sekali ya om :big_biglaugh:

Oh ya soal filter udara seperti kata om chz, nampaknya lumayan berpengaruh ke bunyi tersebut. Saat saya ganti filter udara baru disertai cleaning maf sensor tuh paling bunyi sekali dan setelahnya langsung lenyap ntah kemana :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 2:25
nahh kl kemarin kondisi busi silinder #4 nya kondisi kedua mbah suhu : hitam banyak jelaga carbon. kl busi 1-3 nya aman.

dugaan ane persis sama ama mbah suhu... aplg ni mesin L15B7 warm up nya lama sekali (ini yang bikin oil dilution case jg di negara iklim dingin kan), dan ane pake ganti-gantian ama CRV di rumah per seminggu

sisanya ama mak ane seringnya cm maju mundur garasi per dua minggu dan sangat sure itu mesin blm ampe working temp udah dimatiin... yakin deh itu keseringan cold start bikin ruang bakar terlalu rich akhirnya numpuk semua trus coilnya babai.... :ungg:

setelah kjadian ini tiap serpis minta dicek busi busi dan koil berkala berarti... kyknya perlu jadi precaution tersendiri.

dan brarti hrs lebih sering pedal to the carpet yah mbah suhu... :mky_03:
cuma silinder 4 yg businya hitam, hmm agak abnormal buat ane mbah mod. berarti dia rich sendiri tuh silinder 4.
kemungkinannya either blocked air passage (carbon build up di intake valves cyl 4) atau semprotan injectornya udah ga ngabut (kotor)

monitor aja terus kondisi businya jangan sampai terlalu hitam n bikin korslet meledukin coil lagi. kl di monitor msh hitam, jij musti sedikit insert coin kaya mbah kiel. :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: Fri May 07, 2021 3:32 Berarti L15B7 engine ini baiknya sering diajak roadtrip atau marathon seminggu sekali ya om :big_biglaugh:

Oh ya soal filter udara seperti kata om chz, nampaknya lumayan berpengaruh ke bunyi tersebut. Saat saya ganti filter udara baru disertai cleaning maf sensor tuh paling bunyi sekali dan setelahnya langsung lenyap ntah kemana :big_think:
sepertinya bgitu om :big_biglaugh: mesinnya hrs sering diajak lari kl diajak macet melulu ngambek...

nahh itu sprtinya L15B7 ini memang didesain untuk bekerja di near perfect condition... yang sialnya tidak di negara kita yang udaranya kurang mendukung dan trafficnya macem neraka...
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 3:47
cuma silinder 4 yg businya hitam, hmm agak abnormal buat ane mbah mod. berarti dia rich sendiri tuh silinder 4.
kemungkinannya either blocked air passage (carbon build up di intake valves cyl 4) atau semprotan injectornya udah ga ngabut (kotor)

monitor aja terus kondisi businya jangan sampai terlalu hitam n bikin korslet meledukin coil lagi. kl di monitor msh hitam, jij musti sedikit insert coin kaya mbah kiel. :mky_03:
nahh injector ini blm pernah cek kondisinya kyk apa... bengkel resmi ya biasanya gak nganggep orang odo rendah pasti mikirnya belum perlu... pdhl gak ngerti aja udah remap :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
shanben
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Feb 02, 2017 10:14

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by shanben »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 2:25
shanben wrote: Thu May 06, 2021 15:33
Buset permanen.. ngeri jg om.. saya pakai pertamax kadang shell super.. kalau bisa cerita awalnya masih pakai oli goldnya honda, kemudian baca2 diforum lain ada crv turbo yg kena gejala mirip punya saya om dan setelah itu honda keluarin oli turbo yg katanya khusus utk mesin turbo honda, saya gantilah jg pakai oli itu, setelah ganti oli honda turbo sudah gak pernah gejala knocking begitu.. tp br bbrp bulan lalu keluar lagi knockingnya.

Apa karena bbm gak pertamax turbo jd kluar gejala gini om? Di tutup tanki bensin padahal gk diharuskan pakai oktan 98, kalo gak salah min 91 deh, seharusnya knocking bukan karena pakai oktan 92 donk ya?

Oh ya knocking saya ini beda sama knocking mbl bensin pada umumnya yg salah pakai bbm ya om, knocking mbl bensin pada umumnya kan walau dia knocking tp tetep keisi rpm dan mbl tetep jalan, klo knocking di civic saya itu gasnya jd kosong rpm turun..

Kadang kepikir ini mesin turbo gak reliable bwt long term deh, ngeri ngeri sedap juga kalau sampai "apes", ditambah pernah ada kasus terdahulu yg mesinnya jebol dan diganti utuh kan. Semoga aja sih bisa awet nih..
nah saya kmrn 3 hari nunggu busi datang nyetir mobil terpincang-pincang gitu :big_grin: agak ngeri-ngeri sedap akhirnya cuma minimalin penggunaan AC dan sebisa mungkin jangan pedal to the metal... yang heran itu sekelas bengkel resmi aja g ready busi... ya memang mobil sekarang ganti busi jarang tapi masa ga nyetok sih. aneh bener.

abis businya dateng dicoba ternyata yang rusak koilnya... untungnya itu busi iridium laser universal jd gak ane beli pun dia msh bisa buat stok lah... :big_biglaugh: cm disuruh bayarin koilnya aja...

nah kl knocking sampe gas kosong rpm turun coba bawa ke bengkel deh... kl udah gak garansi saya saran jangan bengkel resmi useless buat problem solving adanya abis duit abis waktu gak kelar masalah.... kl masih garansi ya malah beneran bs minta part baru terus.

kadang dari saringan udara terlalu kotor atau sesederhana accu perlu ganti jg bisa jadi penyebab. atau pertamax/shell supernya dapet batch yang kurang bagus ya bisa bikin knocking.

ni yang bikin saya insecure justru ama mobil "rawatan bengkel resmi" buat ane translates to mobil rawatan montir belajaran. di awal2 selalu bilang blom perlu pak blom perlu pak masih bagus pak, giliran rusak tagihan minimal puluh juta krn males diagnosis... kan t*i

coil rusak kyk ane ya bs jadi tp coil rusak itu sebenernya masalah langka sehh.

koreksi yang dl kasusnya overheat om bkn jebol :mky_01: tp saya yakin lah ni mesin sbenernya kuat ... yg jalan puluhan ratusan rebu kondisi tuned jg pada masih oke.
berarti kasusnya om lumayan parah donk, sampai harus ada pergantian coil dan kalau gak diganti-ganti akan pincang terus, di saya cuma sesekali aja terjadinya, kebanyakan saat creeping di tol yg agak ramai tapi masih jalan, getaran pincangnya sampai kerasa ke kabin dan suaranya juga kerasa, sampai istri saya juga nyadar pincangnya kambuh lagi (kerasa dari suara getaran dan laju mobil yg hilang gak normal padahal seharusnya mobil uda saatnya melaju karena traffic didepan sudah pada maju.

mobil saya kondisi standard semua dan selalu rawatan bengkel resmi, ganti oli servis berkala gk pernah telat (berharap agar worry free), pernah saat servis berkala mau coba komplain utk dicek kenapa ada trouble sesekali seperti itu, tp feeling saya hondapun akan sulit buat ngecek beginian, ujung2nya cuma akan dilakukan pembersihan engine dll aja, males kalau harus ditinggal dan buat diteliti lebih jauh untuk hal yg gk pasti. civic saya uda 4 taun om kayaknya sudah gak garansi lagi.

kalau emank harus banyak yg diperhatiin part2 mbl ini akan rasanya repot sekali ya, saya tipe org yg berharap mblnya worry free dan bandel as long as maintain ke bengkel resmi. memang gk semua mbl worry free, tetap akan ada unit yg "apes".

civic turbo ini powernya enak banget di awal, walau cvt tapi ngeden diawal gk terlalu lama dan begitu boostnya masuk lg ngejambak, tapi di putaran atasnya payah, mau nambah power lg uda engap2, pakai paddle shift di rpm tinggi seperti di php-in, cuma meraung2 gk jelas tapi gak bisa kasi tarikan lebih. dibawa eco driving cvtnya memang sangat irit, tp begitu sporty driving itu borosnya ampun ampunan.. sering saya bawa tarik mobil ini karena enak powernya, tapi disatu sisi ada kekhawatiran cvtnya akan bisa slip someday karena sering di betot, apakah memang akan slip ya suatu hari cvtnya honda ini om Chz?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

shanben wrote: Fri May 07, 2021 5:07
berarti kasusnya om lumayan parah donk, sampai harus ada pergantian coil dan kalau gak diganti-ganti akan pincang terus, di saya cuma sesekali aja terjadinya, kebanyakan saat creeping di tol yg agak ramai tapi masih jalan, getaran pincangnya sampai kerasa ke kabin dan suaranya juga kerasa, sampai istri saya juga nyadar pincangnya kambuh lagi (kerasa dari suara getaran dan laju mobil yg hilang gak normal padahal seharusnya mobil uda saatnya melaju karena traffic didepan sudah pada maju.

mobil saya kondisi standard semua dan selalu rawatan bengkel resmi, ganti oli servis berkala gk pernah telat (berharap agar worry free), pernah saat servis berkala mau coba komplain utk dicek kenapa ada trouble sesekali seperti itu, tp feeling saya hondapun akan sulit buat ngecek beginian, ujung2nya cuma akan dilakukan pembersihan engine dll aja, males kalau harus ditinggal dan buat diteliti lebih jauh untuk hal yg gk pasti. civic saya uda 4 taun om kayaknya sudah gak garansi lagi.

kalau emank harus banyak yg diperhatiin part2 mbl ini akan rasanya repot sekali ya, saya tipe org yg berharap mblnya worry free dan bandel as long as maintain ke bengkel resmi. memang gk semua mbl worry free, tetap akan ada unit yg "apes".

civic turbo ini powernya enak banget di awal, walau cvt tapi ngeden diawal gk terlalu lama dan begitu boostnya masuk lg ngejambak, tapi di putaran atasnya payah, mau nambah power lg uda engap2, pakai paddle shift di rpm tinggi seperti di php-in, cuma meraung2 gk jelas tapi gak bisa kasi tarikan lebih. dibawa eco driving cvtnya memang sangat irit, tp begitu sporty driving itu borosnya ampun ampunan.. sering saya bawa tarik mobil ini karena enak powernya, tapi disatu sisi ada kekhawatiran cvtnya akan bisa slip someday karena sering di betot, apakah memang akan slip ya suatu hari cvtnya honda ini om Chz?
yah parah (banget) om.... bensin ampe turun jadi 1:8 doang normal padahal 1:10 ud paling boros :mky_01:

mnurut saya simply karena tidak berada di habitat yang tepat saja om... jalanan indonesia tidak ideal sama sekali : terlalu banyak stop and go dan short distance-low speed driving. smentara L15B7 ini didesain untuk working temperature yang agak tinggi... mesinnya didesain terlalu efisien jadi sangat dingin. dingin = lama mencapai working temperature. burning too much fuel untuk warming up.

korbannya penumpukan karbon yang ujungnya kayak saya : koil tewas cepet.

jadi perlu extra maintenance di beberapa sektor seperti pengapian dan pembersihan yang lebih rutin... dan celakanya bengkel resmi honda kok juga tidak memberi disclaimer untuk perhatian ekstra di bbrp komponen...

yah kl sempat ke bengkel atau kl penasaran bisa DIY dan kontrol busi / coilnya sendiri kl punya multimeter sendiri lebih bagus.

kl pakai oktan 92 kayaknya performa atas pasti ketahan om... saya skali cekokin CRV pake 92 kapok gak pernah lagi lelet banget atasnya... kl pake 98 timingnya bisa maju banget.

CVT pasti wear out om... ganti oli CVT agak cepat saja kalau was-was. kl sering dipake 1 taun sekali atau per 20.000 kilometer. ya ujungnya mahal tp 300rb/1 thn lebih baik daripada musti ganti CVT segelondong di akhir :ungg: saya sih 2 taun sekali krn mobil low km juga. standar pake HCF2 aja cukup sih.

kl mau agak modal yah pake kayak mbah suhu omnibus amsoil cvt....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
shanben
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Feb 02, 2017 10:14

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by shanben »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 5:56
shanben wrote: Fri May 07, 2021 5:07
berarti kasusnya om lumayan parah donk, sampai harus ada pergantian coil dan kalau gak diganti-ganti akan pincang terus, di saya cuma sesekali aja terjadinya, kebanyakan saat creeping di tol yg agak ramai tapi masih jalan, getaran pincangnya sampai kerasa ke kabin dan suaranya juga kerasa, sampai istri saya juga nyadar pincangnya kambuh lagi (kerasa dari suara getaran dan laju mobil yg hilang gak normal padahal seharusnya mobil uda saatnya melaju karena traffic didepan sudah pada maju.

mobil saya kondisi standard semua dan selalu rawatan bengkel resmi, ganti oli servis berkala gk pernah telat (berharap agar worry free), pernah saat servis berkala mau coba komplain utk dicek kenapa ada trouble sesekali seperti itu, tp feeling saya hondapun akan sulit buat ngecek beginian, ujung2nya cuma akan dilakukan pembersihan engine dll aja, males kalau harus ditinggal dan buat diteliti lebih jauh untuk hal yg gk pasti. civic saya uda 4 taun om kayaknya sudah gak garansi lagi.

kalau emank harus banyak yg diperhatiin part2 mbl ini akan rasanya repot sekali ya, saya tipe org yg berharap mblnya worry free dan bandel as long as maintain ke bengkel resmi. memang gk semua mbl worry free, tetap akan ada unit yg "apes".

civic turbo ini powernya enak banget di awal, walau cvt tapi ngeden diawal gk terlalu lama dan begitu boostnya masuk lg ngejambak, tapi di putaran atasnya payah, mau nambah power lg uda engap2, pakai paddle shift di rpm tinggi seperti di php-in, cuma meraung2 gk jelas tapi gak bisa kasi tarikan lebih. dibawa eco driving cvtnya memang sangat irit, tp begitu sporty driving itu borosnya ampun ampunan.. sering saya bawa tarik mobil ini karena enak powernya, tapi disatu sisi ada kekhawatiran cvtnya akan bisa slip someday karena sering di betot, apakah memang akan slip ya suatu hari cvtnya honda ini om Chz?
yah parah (banget) om.... bensin ampe turun jadi 1:8 doang normal padahal 1:10 ud paling boros :mky_01:

mnurut saya simply karena tidak berada di habitat yang tepat saja om... jalanan indonesia tidak ideal sama sekali : terlalu banyak stop and go dan short distance-low speed driving. smentara L15B7 ini didesain untuk working temperature yang agak tinggi... mesinnya didesain terlalu efisien jadi sangat dingin. dingin = lama mencapai working temperature. burning too much fuel untuk warming up.

korbannya penumpukan karbon yang ujungnya kayak saya : koil tewas cepet.

jadi perlu extra maintenance di beberapa sektor seperti pengapian dan pembersihan yang lebih rutin... dan celakanya bengkel resmi honda kok juga tidak memberi disclaimer untuk perhatian ekstra di bbrp komponen...

yah kl sempat ke bengkel atau kl penasaran bisa DIY dan kontrol busi / coilnya sendiri kl punya multimeter sendiri lebih bagus.

kl pakai oktan 92 kayaknya performa atas pasti ketahan om... saya skali cekokin CRV pake 92 kapok gak pernah lagi lelet banget atasnya... kl pake 98 timingnya bisa maju banget.

CVT pasti wear out om... ganti oli CVT agak cepat saja kalau was-was. kl sering dipake 1 taun sekali atau per 20.000 kilometer. ya ujungnya mahal tp 300rb/1 thn lebih baik daripada musti ganti CVT segelondong di akhir :ungg: saya sih 2 taun sekali krn mobil low km juga. standar pake HCF2 aja cukup sih.

kl mau agak modal yah pake kayak mbah suhu omnibus amsoil cvt....
emank bener sih dulu sempet pake oktan 98, enak bener tenaganya baik bawah tengah atas (compare pake 92), kayak berubah bacaan ecunya, hahaha.. spbu dekat rumah gak ada yang jual pertamax turbo, harus jauhan dikit baru ada, agak susah jadinya mw stay di pertabo. sepengalaman saya pakai shell super / vpower dan BP tetap gak dapet performa yang sebagus kalau pakai pertabo, terasa mesin ini lebih cocok sama pertabo kalau mau dapat performa maksimal.

untuk ganti oli cvt saya ikut buku servis di 20rb (atau ikut waktu) pergantiannya (mobil low km jarang pake) dan jadi kaget aja kok uda ganti oli cvt, biasanya pake mobil torque converter bisa diatas 80rb baru ganti oli transmisi hahaha.. yah emank nasib dah cvt emank harus lbh extra rawatnya.. hahaha..

anyway thanks pencerahannya om, semoga awet2 aja mesin dan transmisinya, ditunggu update long term reviewnya lg om :big_blushing: :big_blushing:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

shanben wrote: Fri May 07, 2021 5:07
berarti kasusnya om lumayan parah donk, sampai harus ada pergantian coil dan kalau gak diganti-ganti akan pincang terus, di saya cuma sesekali aja terjadinya, kebanyakan saat creeping di tol yg agak ramai tapi masih jalan, getaran pincangnya sampai kerasa ke kabin dan suaranya juga kerasa, sampai istri saya juga nyadar pincangnya kambuh lagi (kerasa dari suara getaran dan laju mobil yg hilang gak normal padahal seharusnya mobil uda saatnya melaju karena traffic didepan sudah pada maju.

mobil saya kondisi standard semua dan selalu rawatan bengkel resmi, ganti oli servis berkala gk pernah telat (berharap agar worry free), pernah saat servis berkala mau coba komplain utk dicek kenapa ada trouble sesekali seperti itu, tp feeling saya hondapun akan sulit buat ngecek beginian, ujung2nya cuma akan dilakukan pembersihan engine dll aja, males kalau harus ditinggal dan buat diteliti lebih jauh untuk hal yg gk pasti. civic saya uda 4 taun om kayaknya sudah gak garansi lagi.

kalau emank harus banyak yg diperhatiin part2 mbl ini akan rasanya repot sekali ya, saya tipe org yg berharap mblnya worry free dan bandel as long as maintain ke bengkel resmi. memang gk semua mbl worry free, tetap akan ada unit yg "apes".

civic turbo ini powernya enak banget di awal, walau cvt tapi ngeden diawal gk terlalu lama dan begitu boostnya masuk lg ngejambak, tapi di putaran atasnya payah, mau nambah power lg uda engap2, pakai paddle shift di rpm tinggi seperti di php-in, cuma meraung2 gk jelas tapi gak bisa kasi tarikan lebih. dibawa eco driving cvtnya memang sangat irit, tp begitu sporty driving itu borosnya ampun ampunan.. sering saya bawa tarik mobil ini karena enak powernya, tapi disatu sisi ada kekhawatiran cvtnya akan bisa slip someday karena sering di betot, apakah memang akan slip ya suatu hari cvtnya honda ini om Chz?
kl menurut nubie, kasusnya om chz sama sekali ga parah. yg namanya coil mati itu umum banget. coil mati terus2an itu troubleshooting (diagnosis) nya sangat mudah krn mesin pincangnya terus2an. ganti coilnya pun sangat straight forward.

nah justru yg dialami om itu yg perlu diagnosa lebih teliti krn menemukan permasalahannya perlu waktu apalagi trouble nya terjadinya intermittent (kadang ada kadang ga ada). semua faktor yg menjurus menjadi penyebab trouble tsb hrs dicek dan dicoba diduplikasi, akhirnya melalui proses eliminasi faktor2 tsb yg diduga sbg penyebab troublenya.

dan service rutin di beres sama sekali tdk menjamin mobil bakal sehat. krn waktu pengerjaan kurang, bisa bayangkan dlm 1 hari service dr pagi sampe sore ga menuhi semua item service dikerjakan. apalagi kl cuma ganti oli, pdhl banyak komponen lain yg perlu perawatan dibersihkan n dilumasi.

tapi jangan kuatir, semua bisa dibetulin kok. cuma perlu waktu dan mekanik yg mengerti.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

mau lihat GDI carbon build up 10,000 miles di vw golf R w/ EA888 engine?

yes, itu vw ini honda. tapi sama2 direct injection turbo malah itu cc nya lbh besar 2.0L.
unless you have dual injection system (direct n port) ..... it's more or less the same.

yes sy tau honda n toyota belajar banyak dr kesalahan si jerman dgn mrk bikin overlap intake cam spy ada mixture yg masuk dulu dikit ke payung intake valve ketika compression stroke dgn tujuan utk bersihin intake valves nya. I'm aware of that ..... let's see.

yg jelas 10k miles di vw GDI udah kaya gini. 10k bukan 100k lho. 100k miles? udah kaya cor2an semen.


Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 6:54
shanben wrote: Fri May 07, 2021 5:07
berarti kasusnya om lumayan parah donk, sampai harus ada pergantian coil dan kalau gak diganti-ganti akan pincang terus, di saya cuma sesekali aja terjadinya, kebanyakan saat creeping di tol yg agak ramai tapi masih jalan, getaran pincangnya sampai kerasa ke kabin dan suaranya juga kerasa, sampai istri saya juga nyadar pincangnya kambuh lagi (kerasa dari suara getaran dan laju mobil yg hilang gak normal padahal seharusnya mobil uda saatnya melaju karena traffic didepan sudah pada maju.

mobil saya kondisi standard semua dan selalu rawatan bengkel resmi, ganti oli servis berkala gk pernah telat (berharap agar worry free), pernah saat servis berkala mau coba komplain utk dicek kenapa ada trouble sesekali seperti itu, tp feeling saya hondapun akan sulit buat ngecek beginian, ujung2nya cuma akan dilakukan pembersihan engine dll aja, males kalau harus ditinggal dan buat diteliti lebih jauh untuk hal yg gk pasti. civic saya uda 4 taun om kayaknya sudah gak garansi lagi.

kalau emank harus banyak yg diperhatiin part2 mbl ini akan rasanya repot sekali ya, saya tipe org yg berharap mblnya worry free dan bandel as long as maintain ke bengkel resmi. memang gk semua mbl worry free, tetap akan ada unit yg "apes".

civic turbo ini powernya enak banget di awal, walau cvt tapi ngeden diawal gk terlalu lama dan begitu boostnya masuk lg ngejambak, tapi di putaran atasnya payah, mau nambah power lg uda engap2, pakai paddle shift di rpm tinggi seperti di php-in, cuma meraung2 gk jelas tapi gak bisa kasi tarikan lebih. dibawa eco driving cvtnya memang sangat irit, tp begitu sporty driving itu borosnya ampun ampunan.. sering saya bawa tarik mobil ini karena enak powernya, tapi disatu sisi ada kekhawatiran cvtnya akan bisa slip someday karena sering di betot, apakah memang akan slip ya suatu hari cvtnya honda ini om Chz?
kl menurut nubie, kasusnya om chz sama sekali ga parah. yg namanya coil mati itu umum banget. coil mati terus2an itu troubleshooting (diagnosis) nya sangat mudah krn mesin pincangnya terus2an. ganti coilnya pun sangat straight forward.

nah justru yg dialami om itu yg perlu diagnosa lebih teliti krn menemukan permasalahannya perlu waktu apalagi trouble nya terjadinya intermittent (kadang ada kadang ga ada). semua faktor yg menjurus menjadi penyebab trouble tsb hrs dicek dan dicoba diduplikasi, akhirnya melalui proses eliminasi faktor2 tsb yg diduga sbg penyebab troublenya.

dan service rutin di beres sama sekali tdk menjamin mobil bakal sehat. krn waktu pengerjaan kurang, bisa bayangkan dlm 1 hari service dr pagi sampe sore ga menuhi semua item service dikerjakan. apalagi kl cuma ganti oli, pdhl banyak komponen lain yg perlu perawatan dibersihkan n dilumasi.

tapi jangan kuatir, semua bisa dibetulin kok. cuma perlu waktu dan mekanik yg mengerti.
Idem mbah Omni, koil mati no big deal, mungkin mksd om Shanben kok KM segitu aja kok koil sudah tewas.
Yang mesti diperhatikan tuh deposit karbon, masalah klasik di engine GDI. Tapi ini juga gak ada obatnya, paling mesti sering di carbon cleaner.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:14 mau lihat GDI carbon build up 10,000 miles di vw golf R w/ EA888 engine?

yes, itu vw ini honda. tapi sama2 direct injection turbo malah itu cc nya lbh besar 2.0L.
unless you have dual injection system (direct n port) ..... it's more or less the same.

yes sy tau honda n toyota belajar banyak dr kesalahan si jerman dgn mrk bikin overlap intake cam spy ada mixture yg masuk dulu dikit ke payung intake valve ketika compression stroke dgn tujuan utk bersihin intake valves nya. I'm aware of that ..... let's see.

yg jelas 10k miles di vw GDI udah kaya gini. 10k bukan 100k lho. 100k miles? udah kaya cor2an semen.


mengingat bengkel resmi itu sangat-sangat nggak pernah dibuka sampe begini.... tune-up ya paling bersihin busi throttle body ama saringan udara doang...

ane jd sangsi ni cerita2 di atas jangan2 gejala carbon build up semua wkwkwkwkwk....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 8:17
Idem mbah Omni, koil mati no big deal, mungkin mksd om Shanben kok KM segitu aja kok koil sudah tewas.
Yang mesti diperhatikan tuh deposit karbon, masalah klasik di engine GDI. Tapi ini juga gak ada obatnya, paling mesti sering di carbon cleaner.
berarti ketauan mod chz mobil diremap tp nyetirnya pulse n glide wakakakakakaka

carbon clean pake chemical konon udah ga mempan kl sdh baked si carbonnya. harus pake kekerasan fisik alias pake walnut blast. belum ada yg jual kitnya (tools dan walnut shell nya) kayanya disini, cmiiw, sy nyari2 belum nemu di olshop yg jual tools nya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 8:29
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:14 mau lihat GDI carbon build up 10,000 miles di vw golf R w/ EA888 engine?

yes, itu vw ini honda. tapi sama2 direct injection turbo malah itu cc nya lbh besar 2.0L.
unless you have dual injection system (direct n port) ..... it's more or less the same.

yes sy tau honda n toyota belajar banyak dr kesalahan si jerman dgn mrk bikin overlap intake cam spy ada mixture yg masuk dulu dikit ke payung intake valve ketika compression stroke dgn tujuan utk bersihin intake valves nya. I'm aware of that ..... let's see.

yg jelas 10k miles di vw GDI udah kaya gini. 10k bukan 100k lho. 100k miles? udah kaya cor2an semen.


mengingat bengkel resmi itu sangat-sangat nggak pernah dibuka sampe begini.... tune-up ya paling bersihin busi throttle body ama saringan udara doang...

ane jd sangsi ni cerita2 di atas jangan2 gejala carbon build up semua wkwkwkwkwk....
request ke beres utk bongpas intake dong, lihat kondisi intake port n valves nya kaya video itu.

kl mobil ane sih udah ta emek2 itu wkwkwkwkwk
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:31
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 8:17
Idem mbah Omni, koil mati no big deal, mungkin mksd om Shanben kok KM segitu aja kok koil sudah tewas.
Yang mesti diperhatikan tuh deposit karbon, masalah klasik di engine GDI. Tapi ini juga gak ada obatnya, paling mesti sering di carbon cleaner.
berarti ketauan mod chz mobil diremap tp nyetirnya pulse n glide wakakakakakaka

carbon clean pake chemical konon udah ga mempan kl sdh baked si carbonnya. harus pake kekerasan fisik alias pake walnut blast. belum ada yg jual kitnya (tools dan walnut shell nya) kayanya disini, cmiiw, sy nyari2 belum nemu di olshop yg jual tools nya.
Buah simalakama, kalo dibejek terus CVT yang cepat rontok :big_biglaugh:
Iya juga mbah Omni, kalau kerak karbon sdh terbentuk gak menpan tuh carbon cleaner.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 8:41
Buah simalakama, kalo dibejek terus CVT yang cepat rontok :big_biglaugh:
Iya juga mbah Omni, kalau kerak karbon sdh terbentuk gak menpan tuh carbon cleaner.
bejek2 cvt ga akan bikin trouble apa2 asalkan bukan digeber dr 0 kph macam kaya org lg drag race atau kaya pake launch control (masuk D injek rem gas pol trus lepas rem).

apalagi kl geber2nya sendiri atau max berdua tanpa beban apa2 di bagasi .... aman itu masih jauh dr safety factor rancangan pabrik. mau digeber sampe top speed, redline, kickdown, oper2 paddle shift juga ga akan kenapa2 krn mobil sdh dlm keadaan bergerak.

kl udah ganti pake oli cvt merk nganu keraton, nah itu cherry on top deh.
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by adiputra4 »

Waah ngeri jugaa yaa reliability nya Civic.. sempet jd pertimbangan kalau mau ambil mid sedan..

Sementara masih condong ke altis deh kayanya lebih worry free..

Masih wait n see si civic ini, padahal ganteng bgt ni mobil.. apalagi warna putih kinclong kilap..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:31 berarti ketauan mod chz mobil diremap tp nyetirnya pulse n glide wakakakakakaka
Kbanyakan rute urban sih mbah.

Yah gmn tuh mobil gas ditoel aja ampe 60 cepet. Berasa seisi kota lambat semua nyetirnya. 40 km/h ya kepaksa pulse n glide wkwkwkwkwkwk.

Paling kl gemes ada kesempatan baru bejeg 1/2 gas itu aj udah 100 abis itu buruan ngerem.

Di tol seh seringnya pedal to the carpet.... Wkwkwkwkwkwk
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

adiputra4 wrote: Fri May 07, 2021 9:22 Waah ngeri jugaa yaa reliability nya Civic.. sempet jd pertimbangan kalau mau ambil mid sedan..

Sementara masih condong ke altis deh kayanya lebih worry free..

Masih wait n see si civic ini, padahal ganteng bgt ni mobil.. apalagi warna putih kinclong kilap..
Kl gak hobi mobil sih piara mobil canggih2 berturbo gdi gini bakal capek ati... Aplg bakal di modif.

Gak reliabel sih kaga, VW golf mk6 ampe ratusan rebu jg tembus. cm dengan kondisi Indonesia dah pasti butuh perhatian lebih di sisi preventif. Ini yang ga banyak orang tahu krn selama ini dicekokin mobil teknologi lama dan isi oktan 88.

Se apik apiknya rawat tetep kalah kl udah ngomong kondisi jalanan.

Gak hobi mending beli yang aman aman aja... bensin ya beli NA MPI biasa aja dengan AT 4-speed.

Gak usah turbo turboan kecuali turbodisel itupun terbatas innova fortuner pajero aja krn yang lain sama repotnya. Pajero fortuner tuningan aja gak semuanya seindah yang keliatan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:51
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 8:41
Buah simalakama, kalo dibejek terus CVT yang cepat rontok :big_biglaugh:
Iya juga mbah Omni, kalau kerak karbon sdh terbentuk gak menpan tuh carbon cleaner.
bejek2 cvt ga akan bikin trouble apa2 asalkan bukan digeber dr 0 kph macam kaya org lg drag race atau kaya pake launch control (masuk D injek rem gas pol trus lepas rem).

apalagi kl geber2nya sendiri atau max berdua tanpa beban apa2 di bagasi .... aman itu masih jauh dr safety factor rancangan pabrik. mau digeber sampe top speed, redline, kickdown, oper2 paddle shift juga ga akan kenapa2 krn mobil sdh dlm keadaan bergerak.

kl udah ganti pake oli cvt merk nganu keraton, nah itu cherry on top deh.
Justru di situ seninya mbah ... Bayar tiket tol, bejek pedal to carpet baru mantap :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 10:12
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:51
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 8:41
Buah simalakama, kalo dibejek terus CVT yang cepat rontok :big_biglaugh:
Iya juga mbah Omni, kalau kerak karbon sdh terbentuk gak menpan tuh carbon cleaner.
bejek2 cvt ga akan bikin trouble apa2 asalkan bukan digeber dr 0 kph macam kaya org lg drag race atau kaya pake launch control (masuk D injek rem gas pol trus lepas rem).

apalagi kl geber2nya sendiri atau max berdua tanpa beban apa2 di bagasi .... aman itu masih jauh dr safety factor rancangan pabrik. mau digeber sampe top speed, redline, kickdown, oper2 paddle shift juga ga akan kenapa2 krn mobil sdh dlm keadaan bergerak.

kl udah ganti pake oli cvt merk nganu keraton, nah itu cherry on top deh.
Justru di situ seninya mbah ... Bayar tiket tol, bejek pedal to carpet baru mantap :upss:
Trus dengerin suara ban berdecit kehilangan traksi nakut nakutin driver sebelah.... Gmn gak kalap nginjek...

:big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 10:12
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:51
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 8:41
Buah simalakama, kalo dibejek terus CVT yang cepat rontok :big_biglaugh:
Iya juga mbah Omni, kalau kerak karbon sdh terbentuk gak menpan tuh carbon cleaner.
bejek2 cvt ga akan bikin trouble apa2 asalkan bukan digeber dr 0 kph macam kaya org lg drag race atau kaya pake launch control (masuk D injek rem gas pol trus lepas rem).

apalagi kl geber2nya sendiri atau max berdua tanpa beban apa2 di bagasi .... aman itu masih jauh dr safety factor rancangan pabrik. mau digeber sampe top speed, redline, kickdown, oper2 paddle shift juga ga akan kenapa2 krn mobil sdh dlm keadaan bergerak.

kl udah ganti pake oli cvt merk nganu keraton, nah itu cherry on top deh.
Justru di situ seninya mbah ... Bayar tiket tol, bejek pedal to carpet baru mantap :upss:
ChZ wrote: Fri May 07, 2021 10:50
Trus dengerin suara ban berdecit kehilangan traksi nakut nakutin driver sebelah.... Gmn gak kalap nginjek...

:big_love:
boleh .... ntar kl bilang ga boleh dianggap aliran siksa diri lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh:

sy juga sering begitu. cuma kl sy ditoel dulu dikit spy mobil gerak baru pedal to kampret. ga pernah ampe berdecit2 kecuali kl sukanya insert coin sheer repairing pleasure kaya mbah Kiel. dgn diurut yg jelas tagihan spare part sy ga pernah bikin dompet All Space. :wkkk:

paling bisa emang om Kiel dah ..... :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 10:59 boleh .... ntar kl bilang ga boleh dianggap aliran siksa diri lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh:

sy juga sering begitu. cuma kl sy ditoel dulu dikit spy mobil gerak baru pedal to kampret. ga pernah ampe berdecit2 kecuali kl sukanya insert coin sheer repairing pleasure kaya mbah Kiel. dgn diurut yg jelas tagihan spare part sy ga pernah bikin dompet All Space. :wkkk:

paling bisa emang om Kiel dah ..... :mky_01:
Wkwkwkwkwkw tp kalo ane skr jarang mbah... Cipiti ga enak jg dibegituin malah ngeraung2. Ya biarin glide dulu ampe 20 kph baru mentokin :big_biglaugh:

Gmn yah dibilang udah remap nyetirnya susah amat trus buat apa di remap...

Nah d sini mnurut ane dah salah kaprah dl ngomongin remap pasti buat kebut kebutan pedal to the carpet selalu dll kalo gak brani dibilang aliran siksa diri lah apa lah...

Mnurut ane seninya tuning itu not about how much power u gain... Tp gimana balance antara everyday drivability, optimizing performance, fuel economy, dan reliability... enjin kluar dr pabrik performanya kan gak customized buat kita. Lambo ferrari aja udah larinya kenceng jg pada modif :big_biglaugh:

Sekedar mobil kenceng tp rasanya gak karuan 5ribu KM businya mampus conrod bengkok mah anak TK jg bisa...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by sintoni »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 9:40
adiputra4 wrote: Fri May 07, 2021 9:22 Waah ngeri jugaa yaa reliability nya Civic.. sempet jd pertimbangan kalau mau ambil mid sedan..

Sementara masih condong ke altis deh kayanya lebih worry free..

Masih wait n see si civic ini, padahal ganteng bgt ni mobil.. apalagi warna putih kinclong kilap..
Kl gak hobi mobil sih piara mobil canggih2 berturbo gdi gini bakal capek ati... Aplg bakal di modif.

Gak reliabel sih kaga, VW golf mk6 ampe ratusan rebu jg tembus. cm dengan kondisi Indonesia dah pasti butuh perhatian lebih di sisi preventif. Ini yang ga banyak orang tahu krn selama ini dicekokin mobil teknologi lama dan isi oktan 88.

Se apik apiknya rawat tetep kalah kl udah ngomong kondisi jalanan.

Gak hobi mending beli yang aman aman aja... bensin ya beli NA MPI biasa aja dengan AT 4-speed.

Gak usah turbo turboan kecuali turbodisel itupun terbatas innova fortuner pajero aja krn yang lain sama repotnya. Pajero fortuner tuningan aja gak semuanya seindah yang keliatan.
Kok ane merasa tesinggung nih mesin NA metik 4 speed..

:big_slap:

Ingat motto RX8 users: 1 Rev a day keeps the mechanics away..

Mungkin bisa diterapkan biar carbon build up rontok semua...