Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kalo di Grandis gw, depannya 40psi, belakang 35psi...
lho kok depan lebih banyak? mo tau? mesinnya berat banget, kalo 35psi di depan masih keliatan kempes lho...
wait, 23 atau 2.3? kalo 2.3 itu biasanya satuan bar, kalo diconvert, maka harusnya pake 33.8 atau sama aja dengan 34. 34 seharusnya lebih masuk akal. kalo gitu bro r1210g kekurangan tekanan tuh
Paling gampang melihat berapa tekanan ban yang tepat ialah melihat di samping/pilar B, sewaktu buka pintu pengemudi, disitu tertulis berapa tekanan ban yang harus diberikan. Itu sudah paling akurat yang di beri pabrikan mobil. Unless ganti velg lebih besar n ban ganti. untuk velg 18 biasanya si 36-38. Tetapi di mobil saya, tertulis bahwa tekanan ban harus 42 dan ini pertama x nya beli mobil tekanan ban dari pabrikan harus 42. semua velg n ban normal. jadi ya ikutin aja d.
StRaDe_Jazz wrote:wait, 23 atau 2.3? kalo 2.3 itu biasanya satuan bar, kalo diconvert, maka harusnya pake 33.8 atau sama aja dengan 34. 34 seharusnya lebih masuk akal. kalo gitu bro r1210g kekurangan tekanan tuh
oh tnang bro... gw pastikan dengan seksama... 23 psi pas... ga lebih, ga kurang...
naldo wrote:Paling gampang melihat berapa tekanan ban yang tepat ialah melihat di samping/pilar B, sewaktu buka pintu pengemudi, disitu tertulis berapa tekanan ban yang harus diberikan. Itu sudah paling akurat yang di beri pabrikan mobil. Unless ganti velg lebih besar n ban ganti. untuk velg 18 biasanya si 36-38. Tetapi di mobil saya, tertulis bahwa tekanan ban harus 42 dan ini pertama x nya beli mobil tekanan ban dari pabrikan harus 42. semua velg n ban normal. jadi ya ikutin aja d.
nah itu dia.. gw liat di pilar B tulisannya ya begitu... 23 psi... kecil amat!!
ring 16 nih... SUV pula lagi...
Itu tambah bro tekanannya. 23 untuk SUV terlalu kecil. Paling tidak 30-32. Jangan di bawah 30 kalau bisa, karena kemungkinan besar ban akan cepat kempes walaupun menambah grip walau di hujan
r1210g wrote:Ban memang dah ganti pake standardnya X-Trail..
Dunlop Grandtrek... Mobil Escudo 97...
Kalo ban tsb di x-trail ditulisnya pake 29 psi rata empat2nya.
Tapi kalo gue suka ditambahin jadi 32 rata. kalo pake 23 mestinya bakal lebih 'empuk' bantingannya. buat ba SUV kagak masalah kalo psi-nya rendah. justru kalo lewat lumpur/pasir, tekanan ban musti dikurangi lagi, supaya dapet 'grip'
Pabrikan boil akan merekomendasikan tekanan ban standard yang dipakai (pada saat keluar dari pabrik) ... berdasarkan distribusi berat ban depan dan belakang.
Jika udah ada modif pelek dan ukuran ban ... tentu ada penyesuaian. Secara pribadi saya makai tekanan antara 75% s/d 80% dari Maksimum tekanan yang tertera pada ban.
r1210g wrote:Di bag mana bro?
Tulisannya kecil/gede?
di dinding ban, cari aja di setiap tulisan, tapi mungkin ga smua ban ada ya...asal jangan cari "The quick brown fox jumps over the lazy dog" kaga bakalan dapet tuh...
r1210g wrote:Di bag mana bro?
Tulisannya kecil/gede?
di dinding ban, cari aja di setiap tulisan, tapi mungkin ga smua ban ada ya...asal jangan cari "The quick brown fox jumps over the lazy dog" kaga bakalan dapet tuh...
bener, kalo gak salah dalam tanda kurung deh, deket kode ukuran ban
ibar78 wrote:gw rencana mo ganti ban nih buat si e2000, enaknya apa ya.
wah...pertanyaannya terlalu global bro. Susah ngejawabnya, soalnya orang beli ban pertimbangannya macam2 seh, ada yg dari ekonomis (harga), fungsi, performa, etc, etc. Kalo ga salah e2000 tuh mazda yach? Agak2 lupa Kalo iya, dia masuk kategori van/light truck tuh.
sebenernya apa sih keunggulan utama pake nitrogen dibanding udara biasa?
1. Besar molekul Nitrogen relatif lebih besar dari porositas karet ban, sehingga Nitrogen yang keluar relatif sedikit, so tekanan ban akan tetap konstan untuk jangka waktu sekurang-kurang nya 6 bulan (cuman berkurang 1 psi) ... jika menggunakan udara biasa, sebulan aja tekanan ban bisa kurang 2 psi. Konstannya tekanan ban akan menolong konsumsi BBM.
2. Dari segi kompresibilitas gas Nitrogen akan lebih memberikan kenyamanan ... banyak shockbreaker yang menggunakan gas nitrogen. Membantu peredaman kejutan/getaran sehingga sambungan mekanis pada kendaraan gak mudah kendor.
3. Gas Nitrogen adalah gas yang tidak mudah bereaksi ... dibanding dengan udara biasa yang notabene ada campuran oksigen dan uap air ... campuran ini dalam perjalanan keluar ban akan bertemu dengan steel belt dan akan bereaksi menjadi karat. Jika steel belt udah karatan ... alamat ban akan dengan mudah mbledug atau bisulan.
4. Variasi tekanan ban tidak berubah jauh dengan adanya pemanasan ban ... kalau make udara biasa ... variasi tekanannya akan cukup significant.
5. Proses AGING (Penuaan) Ban akan relatif lambat ... sebaliknya bila menggunakan udara biasa proses AGING akan cepat ... Proses AGING ini adalah mengerasnya karet ban akibat adanya reaksi oksidasi karet ban dengan oksigen ... Ban akan menjadi cepat keras dan pecah-pecah (retak-retak) ... kalau udah keras ... suspensi boil akan terasa keras juga.