Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

sintoni wrote: Fri May 07, 2021 11:26
ChZ wrote: Fri May 07, 2021 9:40
adiputra4 wrote: Fri May 07, 2021 9:22 Waah ngeri jugaa yaa reliability nya Civic.. sempet jd pertimbangan kalau mau ambil mid sedan..

Sementara masih condong ke altis deh kayanya lebih worry free..

Masih wait n see si civic ini, padahal ganteng bgt ni mobil.. apalagi warna putih kinclong kilap..
Kl gak hobi mobil sih piara mobil canggih2 berturbo gdi gini bakal capek ati... Aplg bakal di modif.

Gak reliabel sih kaga, VW golf mk6 ampe ratusan rebu jg tembus. cm dengan kondisi Indonesia dah pasti butuh perhatian lebih di sisi preventif. Ini yang ga banyak orang tahu krn selama ini dicekokin mobil teknologi lama dan isi oktan 88.

Se apik apiknya rawat tetep kalah kl udah ngomong kondisi jalanan.

Gak hobi mending beli yang aman aman aja... bensin ya beli NA MPI biasa aja dengan AT 4-speed.

Gak usah turbo turboan kecuali turbodisel itupun terbatas innova fortuner pajero aja krn yang lain sama repotnya. Pajero fortuner tuningan aja gak semuanya seindah yang keliatan.
Kok ane merasa tesinggung nih mesin NA metik 4 speed..

:big_slap:

Ingat motto RX8 users: 1 Rev a day keeps the mechanics away..

Mungkin bisa diterapkan biar carbon build up rontok semua...
Kl ente sih beda

NA metik 4 speed spek resing.... Yaris GR aja malu.

Nahh kyknya tuh motto berlaku buat semua high performance engine... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by KielConstantine »

Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 10:59
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 10:12
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:51

bejek2 cvt ga akan bikin trouble apa2 asalkan bukan digeber dr 0 kph macam kaya org lg drag race atau kaya pake launch control (masuk D injek rem gas pol trus lepas rem).

apalagi kl geber2nya sendiri atau max berdua tanpa beban apa2 di bagasi .... aman itu masih jauh dr safety factor rancangan pabrik. mau digeber sampe top speed, redline, kickdown, oper2 paddle shift juga ga akan kenapa2 krn mobil sdh dlm keadaan bergerak.

kl udah ganti pake oli cvt merk nganu keraton, nah itu cherry on top deh.
Justru di situ seninya mbah ... Bayar tiket tol, bejek pedal to carpet baru mantap :upss:
ChZ wrote: Fri May 07, 2021 10:50
Trus dengerin suara ban berdecit kehilangan traksi nakut nakutin driver sebelah.... Gmn gak kalap nginjek...

:big_love:
boleh .... ntar kl bilang ga boleh dianggap aliran siksa diri lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh:

sy juga sering begitu. cuma kl sy ditoel dulu dikit spy mobil gerak baru pedal to kampret. ga pernah ampe berdecit2 kecuali kl sukanya insert coin sheer repairing pleasure kaya mbah Kiel. dgn diurut yg jelas tagihan spare part sy ga pernah bikin dompet All Space. :wkkk:

paling bisa emang om Kiel dah ..... :mky_01:
:big_biglaugh: Wkwkwkwkwkwk .... nasib si tiguan all-space skali ngadep 8jeti


Ane sering bgitu loh di innova 2kd ... dari stasioner berenti langsung pedal to kampret sampe ban spin spin . Untung ga nape2 si matic purba 4 a/t ..... behh


Mau tau aja semisal rusak aisin 4 speed torque converter. Skali overhaul di charge brapa duit dah :mky_06:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 10:50
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 10:12
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 8:51

bejek2 cvt ga akan bikin trouble apa2 asalkan bukan digeber dr 0 kph macam kaya org lg drag race atau kaya pake launch control (masuk D injek rem gas pol trus lepas rem).

apalagi kl geber2nya sendiri atau max berdua tanpa beban apa2 di bagasi .... aman itu masih jauh dr safety factor rancangan pabrik. mau digeber sampe top speed, redline, kickdown, oper2 paddle shift juga ga akan kenapa2 krn mobil sdh dlm keadaan bergerak.

kl udah ganti pake oli cvt merk nganu keraton, nah itu cherry on top deh.
Justru di situ seninya mbah ... Bayar tiket tol, bejek pedal to carpet baru mantap :upss:
Trus dengerin suara ban berdecit kehilangan traksi nakut nakutin driver sebelah.... Gmn gak kalap nginjek...

:big_love:

Mentokin aja chris ke salatiga, dari semarang . 1 jam jg sampe . Kmaren ane lari sampe 190 km/h pake kijang . Nyampe tuhhh dibawah 1 jam. Transjawabahn pancen oye. Harusnya om kompre maenan ke sana jg :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

KielConstantine wrote: Fri May 07, 2021 14:18
Omnibus wrote: Fri May 07, 2021 10:59
Or4cle wrote: Fri May 07, 2021 10:12

Justru di situ seninya mbah ... Bayar tiket tol, bejek pedal to carpet baru mantap :upss:
ChZ wrote: Fri May 07, 2021 10:50
Trus dengerin suara ban berdecit kehilangan traksi nakut nakutin driver sebelah.... Gmn gak kalap nginjek...

:big_love:
boleh .... ntar kl bilang ga boleh dianggap aliran siksa diri lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh:

sy juga sering begitu. cuma kl sy ditoel dulu dikit spy mobil gerak baru pedal to kampret. ga pernah ampe berdecit2 kecuali kl sukanya insert coin sheer repairing pleasure kaya mbah Kiel. dgn diurut yg jelas tagihan spare part sy ga pernah bikin dompet All Space. :wkkk:

paling bisa emang om Kiel dah ..... :mky_01:
:big_biglaugh: Wkwkwkwkwkwk .... nasib si tiguan all-space skali ngadep 8jeti


Ane sering bgitu loh di innova 2kd ... dari stasioner berenti langsung pedal to kampret sampe ban spin spin . Untung ga nape2 si matic purba 4 a/t ..... behh


Mau tau aja semisal rusak aisin 4 speed torque converter. Skali overhaul di charge brapa duit dah :mky_06:
alah itu sih murah, sikat terus spin2 kijang sih parts nya banyak, mau baru mau kampakan ada .... biaya sama ama sekali tiguan ngadep beres. kl ga salah inget 8-12 juta deh. :mky_03:

kata bengkel matic disini, coba deh ane lupa2 inget:

User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by sedangembira »

Civic FK4/FC iki menarik. Lompatan desain dari FB jauh sekali plus mesin yang dipakai (meski ada keluhan / minus sana sini). Mungkin ini saat yang tepat buat hunting bekasnya mengingat generasi ke-11 segera rilis. Vibe nya mirip2 seperti saat FD beralih ke FB.

Depresiasi harga, NIK relatif masih muda, mileage relatif minim. Bahkan tipe S nya pun udah lebih dari cukup, toh bakal di oprek lagi kaki2 nya.
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Jordiansyah007 »

ChZ wrote: Fri May 07, 2021 9:40
adiputra4 wrote: Fri May 07, 2021 9:22 Waah ngeri jugaa yaa reliability nya Civic.. sempet jd pertimbangan kalau mau ambil mid sedan..

Sementara masih condong ke altis deh kayanya lebih worry free..

Masih wait n see si civic ini, padahal ganteng bgt ni mobil.. apalagi warna putih kinclong kilap..
Kl gak hobi mobil sih piara mobil canggih2 berturbo gdi gini bakal capek ati... Aplg bakal di modif.

Gak reliabel sih kaga, VW golf mk6 ampe ratusan rebu jg tembus. cm dengan kondisi Indonesia dah pasti butuh perhatian lebih di sisi preventif. Ini yang ga banyak orang tahu krn selama ini dicekokin mobil teknologi lama dan isi oktan 88.

Se apik apiknya rawat tetep kalah kl udah ngomong kondisi jalanan.

Gak hobi mending beli yang aman aman aja... bensin ya beli NA MPI biasa aja dengan AT 4-speed.

Gak usah turbo turboan kecuali turbodisel itupun terbatas innova fortuner pajero aja krn yang lain sama repotnya. Pajero fortuner tuningan aja gak semuanya seindah yang keliatan.

Menurut saya sih kalo mobil banyak masalah ya ga perlu nyalahin kondisi di indo, jualan di indonesia ya harus sdh siap dg segala konsekuensi nya, kondisi jalan rusak/bumpy, macet dimana2..

Lucu kalau tiap ada civic baru rusak yg disalahin jalanan indonesia, yaudah gausa dipake mobilnya, gausa jualan di indonesia

Gak semua org yg harus beli civic itu ngerti / hobi mobil. Dealer itu jual mobil bukan hanya untuk org yg hobi mobil, banyak tuh saya liat org pake civic fc tp ga ngerti / ga hobi mobil, bahkan ga ngerti turbo2an / direct injection, cuma service ikutin beres aja. Dan mereka jg banyak keluhan, mulai dari kawan yg pake / ngobrol sama user civic di beres. Lantas mereka salah krn ga hobi / ga ngerti direct injection ? ya gak juga


non-luxury car brand, tp kok manja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Jordiansyah007 wrote: Mon May 17, 2021 5:36
Menurut saya sih kalo mobil banyak masalah ya ga perlu nyalahin kondisi di indo, jualan di indonesia ya harus sdh siap dg segala konsekuensi nya, kondisi jalan rusak/bumpy, macet dimana2..

Lucu kalau tiap ada civic baru rusak yg disalahin jalanan indonesia, yaudah gausa dipake mobilnya, gausa jualan di indonesia

Gak semua org yg harus beli civic itu ngerti / hobi mobil. Dealer itu jual mobil bukan hanya untuk org yg hobi mobil, banyak tuh saya liat org pake civic fc tp ga ngerti / ga hobi mobil, bahkan ga ngerti turbo2an / direct injection, cuma service ikutin beres aja. Dan mereka jg banyak keluhan, mulai dari kawan yg pake / ngobrol sama user civic di beres. Lantas mereka salah krn ga hobi / ga ngerti direct injection ? ya gak juga


non-luxury car brand, tp kok manja
Well.... That's the fact. Mau gimana. Emang gak semua cocok dgn kondisi traffic dan jalanan.

Makanya yang laku Kijang Avanza kan.

Civic sebulan paling berapa % dari total sales HPM? Gak ampe seupilnya brioh.

Lho justru saya share di sini semua problem transparan aja, gak nutupin. Terbuka utk user lain mau share problem aja.

Kl rawatan beres aja masih masalah tandanya ya mmg ada extra check yang perlu dilakukan user kan. Spt yang di share mbah suhu omnibus di atas.

So as Alphard juga banyak problem kena jalan indo. Pdhl sales Alphard lebih banyak dr Civic pastinya.

Kembali lg ke pengguna. Mau mobil canggih hrs rela spend extra time money n resource.

Yg pake VW dsg dry clutch keluar puluhan jt juga santai. Ya penyebabnya apa kl ga kena jalanan indonesia jg tuh. Golf mk6 dulu pdhl yang beli jg bkn pehobi semua harganya blm masuk teritori luxury.

Kl ngerasa mobil begini manja ya beli Innova KD atau LMPV jg beres. Isi solar / pertalite, hajar hajarin, spare part murah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

update perawatan berkala per 6 bulan.

ini sebenarnya ane lebih cepat dari jadwal dan tidak terencana juga sih... tadi berhubung kepikiran aja pengen ganti oli CVT, sekalian aja hajar dengan oli mesin.

oli mesin : Q8 Special D1 5W-30 (udah emang jodoh kayaknya paling cocok pake ini, klo kata yang build FK4 hampir 300hp doi paling cocok Q8 dibanding yang lain termasuk AMS SS, ane sebagai nubie manut ae saran dia) @170k/ltr, pakai 4 liter. plus filter oli @40k.

oli CVT : FK Pulse CVTF for Honda. niat mau coba Q8 CVTF juga sesuai rekomen orang yang sama tapi gak ada, ditawarin FK dan ada judul "for honda" nya jadi penasaran. @163k/ltr. pakai 3.5 liter sisa dibawa pulang 500 ml.

total damage cost 1.4juta.

minor issue : karet penahan bagasi sepertinya perlu replacement.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11846
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Sep 18, 2021 8:45 update perawatan berkala per 6 bulan.

ini sebenarnya ane lebih cepat dari jadwal dan tidak terencana juga sih... tadi berhubung kepikiran aja pengen ganti oli CVT, sekalian aja hajar dengan oli mesin.

oli mesin : Q8 Special D1 5W-30 (udah emang jodoh kayaknya paling cocok pake ini, klo kata yang build FK4 hampir 300hp doi paling cocok Q8 dibanding yang lain termasuk AMS SS, ane sebagai nubie manut ae saran dia) @170k/ltr, pakai 4 liter. plus filter oli @40k.

oli CVT : FK Pulse CVTF for Honda. niat mau coba Q8 CVTF juga sesuai rekomen orang yang sama tapi gak ada, ditawarin FK dan ada judul "for honda" nya jadi penasaran. @163k/ltr. pakai 3.5 liter sisa dibawa pulang 500 ml.

total damage cost 1.4juta.

minor issue : karet penahan bagasi sepertinya perlu replacement.
ganteng lendirnya.
q8 formulanya yg D1 gen2?
bukan gen 1 yg lama kan?

yg dex1 gen2 lbh superior.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Sep 18, 2021 8:59
ganteng lendirnya.
q8 formulanya yg D1 gen2?
bukan gen 1 yg lama kan?

yg dex1 gen2 lbh superior.
nahh baru nyadar ternyata masih gen 1 mbah :big_childish: di botolnya gak ada cap "dexos1". yg gen 2 di botolnya ada capnya khan. liat harga jg lumayan jauh.... :big_childish:

yah salah beli ternyata beda pantes murah :big_biglaugh: tp dulu jg pernah pake yang gen 1 lumayan cocok sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11846
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Sep 18, 2021 11:21
Suryaputra wrote: Sat Sep 18, 2021 8:59
ganteng lendirnya.
q8 formulanya yg D1 gen2?
bukan gen 1 yg lama kan?

yg dex1 gen2 lbh superior.
nahh baru nyadar ternyata masih gen 1 mbah :big_childish: di botolnya gak ada cap "dexos1". yg gen 2 di botolnya ada capnya khan. liat harga jg lumayan jauh.... :big_childish:

yah salah beli ternyata beda pantes murah :big_biglaugh: tp dulu jg pernah pake yang gen 1 lumayan cocok sih.
beda dikit.
sikatt

https://tokopedia.link/3fjRuFpuEjb di toko Sentra Pelumas

labelled Dex1 Gen2 ini buat mesin turboh.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Sat Sep 18, 2021 12:43 beda dikit.
sikatt

https://tokopedia.link/3fjRuFpuEjb di toko Sentra Pelumas

labelled Dex1 Gen2 ini buat mesin turboh.
Brand Ambassador lendir kuwait in action...

Kabor...

:ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11846
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

sintoni wrote: Sat Sep 18, 2021 12:47
Suryaputra wrote: Sat Sep 18, 2021 12:43 beda dikit.
sikatt

https://tokopedia.link/3fjRuFpuEjb di toko Sentra Pelumas

labelled Dex1 Gen2 ini buat mesin turboh.
Brand Ambassador lendir kuwait in action...

Kabor...

:ngacir:
jadi di sini ada BA lendir kuwait dan BA AMS....

:ngacir: sebelum BA satunya muncul
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by benzz89 »

Waduhhh untung om Chz pake si kuwait... ngeri takut yg amrik jd naik lg harganya [emoji1787]

Sdh kt jgn sebut2 namanya deh... ngerikkk probono kt si mbah yg BA nya itu hahahah
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
ChZ wrote: Sat Sep 18, 2021 11:21
Suryaputra wrote: Sat Sep 18, 2021 8:59
ganteng lendirnya.
q8 formulanya yg D1 gen2?
bukan gen 1 yg lama kan?

yg dex1 gen2 lbh superior.
nahh baru nyadar ternyata masih gen 1 mbah :big_childish: di botolnya gak ada cap "dexos1". yg gen 2 di botolnya ada capnya khan. liat harga jg lumayan jauh.... :big_childish:

yah salah beli ternyata beda pantes murah :big_biglaugh: tp dulu jg pernah pake yang gen 1 lumayan cocok sih.
beda dikit.
sikatt

https://tokopedia.link/3fjRuFpuEjb di toko Sentra Pelumas

labelled Dex1 Gen2 ini buat mesin turboh.
Om surya sorry oot, bedanya dgn yang vx long life apa ya? Harganya diatas yg formula special d1
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11846
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Sat Sep 18, 2021 13:58
Suryaputra wrote:
ChZ wrote: Sat Sep 18, 2021 11:21

nahh baru nyadar ternyata masih gen 1 mbah :big_childish: di botolnya gak ada cap "dexos1". yg gen 2 di botolnya ada capnya khan. liat harga jg lumayan jauh.... :big_childish:

yah salah beli ternyata beda pantes murah :big_biglaugh: tp dulu jg pernah pake yang gen 1 lumayan cocok sih.
beda dikit.
sikatt

https://tokopedia.link/3fjRuFpuEjb di toko Sentra Pelumas

labelled Dex1 Gen2 ini buat mesin turboh.
Om surya sorry oot, bedanya dgn yang vx long life apa ya? Harganya diatas yg formula special d1
itu formulasi khusus buat mbl eropah, mbah.
liat aja approval nya
https://www.q8oils.com/product/q8-formu ... ife-5w-30/

ini trit cibo jd bahas lendir :big_biglaugh:

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by KielConstantine »

benzz89 wrote: Sat Sep 18, 2021 13:42 Waduhhh untung om Chz pake si kuwait... ngeri takut yg amrik jd naik lg harganya [emoji1787]

Sdh kt jgn sebut2 namanya deh... ngerikkk probono kt si mbah yg BA nya itu hahahah
Mbah yang satu itu. Tiap abis morning run di-toll, langsung kuras lendir ganti baru…

Baut2nya aja di lap lapin sampe kinclong sebelom dipasang :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

4.5 yrs of ownership maintenance record.
ODO : 31.700-ish otw 32.000

Sebetulnya relatif rendah untuk mobil usia segini tp karena pemakaian rada extreme supirnya juga males ngerem di jalan gak rata.... jadi mari kita lihat apa saja yang terjadi :mky_03:

Perlendiran, kali ini nggak salah beli :
IMG20220421124210.jpg
Q8 Dexos1 gen 2 0W-20 + Filter OEM.
Venue : KudaMas Auto Service Semarang.
DC : 800rebu.

Other services :
General Check-up
Ritual bebersih mesin dan kalibrasi (filter udara, busi, dll)
Servis rem, dengan kondisi minyak rem yang sudah 4% contaminated (lihat pakai device), pantes kalo ngerem kecepatan tinggi nginjeknya agak ketahan.
Jobs done by the most trusted Honda specialist : GaragePlus Semarang.
DC : 833rebu.
IMG20220511135044.jpg
IMG20220511134903.jpg
Total DC : 1.633.000.

+ kalau mau ngomong semua wearables, ganti ban kalau mau diitung tapi ini vary ya krn ban saya 225/45/18 bkn ukuran standar dan gantinya juga dari Falken ZE914, sekarang ke Dunlop Direzza DZ102 : 4.8juta. Ukuran standar lebih murah. Inipun sebenarnya belum habis-habis amat treadwear masih 50% tp karena saya dah merasa gak aman akibat performa mesin yang udah mulai gak bisa diimbangi ban jadi mau gak mau ya harus diganti.

Sebenarnya masih ada PR 1 lagi yaitu stel klep, cuma krn tidak urgent dan harus nginap 1-2 hari krn ritual bongkar pasang aga ribet, jadi saya pending dulu mungkin di service berikutnya aja.

Beberapa temuan :

- Karet pin kaliper rem ada yang longgar di kanan depan / FR
- Shock absorber belakang mulai rembes
- Sedikit rembesan oli di valve cover, nanti rencana diganti sekalian saat stel klep. (konon katanya ini memang penyakit common di Honda Civic / CR-V turbo krn mesinnya memang bekerja dalam kondisi sangat panas jadi gasketnya cepet kalah)

Bonus ketemu mobil langka :
IMG20220511134649.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by levofloxacine »

izin mau sharing problem sedikit om, civic turbo saya km 30.000 bagian setir kalo diputer kiri/kanan berbunyi tek-tek-tek..., kalo pagi2 baru dihidupkan bunyinya belum terlalu muncul bahkan tidak terdengar, tetapi bila sudah berjalan jauh misal satu jam, bunyinya bertambah keras seiring putaran setir, bunyi kedengaran seperti dari bagian dalam, saya baca2 apakah damper steernya sudah pecah, tapi saya belum sempat ke beres karena masih di daerah..
roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by roadmap »

Mirip di crv turbo saya, ada 2 keluhan. Bunyi dung2 ketika setir belok, vonis beres shock breaker, solusi ganti 1 set depan kanan kena 3 jutaan. Browse2 kabarnya sebenarnya yg perlu diganti hanya bearing shock nya aja. Jadi katanya shock ini telat muter ketika setir diputer sehingga bunyi dung.

Masalah setir diputer dikabin bunyi tek2 terutama kalau patah. Kadang hilang kadang timbul. Check kaki2 aman semua kecuali yg bunyi dung di masalah pertama tadi. Gak ada yg rembes gak ada yg oblak.

Sialnya pas diagnosa di beres bunyi gak keluar. Hahaha.:.. jd belum ada solusi.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11846
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Thu May 12, 2022 3:26 4.5 yrs of ownership maintenance record.
ODO : 31.700-ish otw 32.000

Sebetulnya relatif rendah untuk mobil usia segini tp karena pemakaian rada extreme supirnya juga males ngerem di jalan gak rata.... jadi mari kita lihat apa saja yang terjadi :mky_03:

Perlendiran, kali ini nggak salah beli :

IMG20220421124210.jpg

Q8 Dexos1 gen 2 0W-20 + Filter OEM.
Venue : KudaMas Auto Service Semarang.
DC : 800rebu.

Other services :
General Check-up
Ritual bebersih mesin dan kalibrasi (filter udara, busi, dll)
Servis rem, dengan kondisi minyak rem yang sudah 4% contaminated (lihat pakai device), pantes kalo ngerem kecepatan tinggi nginjeknya agak ketahan.
Jobs done by the most trusted Honda specialist : GaragePlus Semarang.
DC : 833rebu.

IMG20220511135044.jpg

IMG20220511134903.jpg

Total DC : 1.633.000.

+ kalau mau ngomong semua wearables, ganti ban kalau mau diitung tapi ini vary ya krn ban saya 225/45/18 bkn ukuran standar dan gantinya juga dari Falken ZE914, sekarang ke Dunlop Direzza DZ102 : 4.8juta. Ukuran standar lebih murah. Inipun sebenarnya belum habis-habis amat treadwear masih 50% tp karena saya dah merasa gak aman akibat performa mesin yang udah mulai gak bisa diimbangi ban jadi mau gak mau ya harus diganti.

Sebenarnya masih ada PR 1 lagi yaitu stel klep, cuma krn tidak urgent dan harus nginap 1-2 hari krn ritual bongkar pasang aga ribet, jadi saya pending dulu mungkin di service berikutnya aja.

Beberapa temuan :

- Karet pin kaliper rem ada yang longgar di kanan depan / FR
- Shock absorber belakang mulai rembes
- Sedikit rembesan oli di valve cover, nanti rencana diganti sekalian saat stel klep. (konon katanya ini memang penyakit common di Honda Civic / CR-V turbo krn mesinnya memang bekerja dalam kondisi sangat panas jadi gasketnya cepet kalah)

Bonus ketemu mobil langka :

IMG20220511134649.jpg
Beh sades.
Udh remap turbo pula.
Masih pk 0w20 nya kyu eight.
Gmn rasanya?..

Cobain yg 5w30 nya jg gans.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16460
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: Thu May 12, 2022 5:40 izin mau sharing problem sedikit om, civic turbo saya km 30.000 bagian setir kalo diputer kiri/kanan berbunyi tek-tek-tek..., kalo pagi2 baru dihidupkan bunyinya belum terlalu muncul bahkan tidak terdengar, tetapi bila sudah berjalan jauh misal satu jam, bunyinya bertambah keras seiring putaran setir, bunyi kedengaran seperti dari bagian dalam, saya baca2 apakah damper steernya sudah pecah, tapi saya belum sempat ke beres karena masih di daerah..
roadmap wrote: Thu May 12, 2022 5:58 Masalah setir diputer dikabin bunyi tek2 terutama kalau patah. Kadang hilang kadang timbul. Check kaki2 aman semua kecuali yg bunyi dung di masalah pertama tadi. Gak ada yg rembes gak ada yg oblak.

Sialnya pas diagnosa di beres bunyi gak keluar. Hahaha.:.. jd belum ada solusi.
sudah liat karet boot driveshaft apa ada yang sobek? soalnya sy juga sering dengar ini problem paling umum. mungkin sobeknya blm terlalu besar jadi bunyi masih ilang timbul ilang timbul.

klo udah parah mungkin kayak om @levofloxacine . tapi bisa aja beda case.

kemarin GCU kaki kaki sih aman paling ya rembes di shock belakang aja. sejauh ini ga ada bunyi bunyi malah bingung jg ternyata shock rembes dikit padahal dipake masih kyk baru
Suryaputra wrote: Thu May 12, 2022 6:32
Beh sades.
Udh remap turbo pula.
Masih pk 0w20 nya kyu eight.
Gmn rasanya?..

Cobain yg 5w30 nya jg gans.
krn yg speknya lbh sadesss aja jg pada pake nya kiu eit mbah... :mky_03:

emang beda 0W20 keraton tuh high rev aja berasa alusssss yah klw yang murah murah kan kaya mau rontok mesinnya di high rev :mky_03:

sblmnya pake yang 5W30 D1 gen 1 sih. kyknya skrg lebih cocok pake 0W20 aja brasa lebih responsif jg :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11846
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Thu May 12, 2022 6:42
Suryaputra wrote: Thu May 12, 2022 6:32
Beh sades.
Udh remap turbo pula.
Masih pk 0w20 nya kyu eight.
Gmn rasanya?..

Cobain yg 5w30 nya jg gans.
krn yg speknya lbh sadesss aja jg pada pake nya kiu eit mbah... :mky_03:

emang beda 0W20 keraton tuh high rev aja berasa alusssss yah klw yang murah murah kan kaya mau rontok mesinnya di high rev :mky_03:

sblmnya pake yang 5W30 D1 gen 1 sih. kyknya skrg lebih cocok pake 0W20 aja brasa lebih responsif jg :mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
tapi banyak loh yg masih gak percaya, belum nyoba sih :mky_03:

viscocity 100 C nya stabil soalnya, dari baru sampai ngetap lagi, proven di test lab klo oli keraton.
base oilnya kuwait mantap emang.

klo mesin turbo, lendir keraton cukup 7-8rb KM ganti aja, jgn lama2.
apalagi dah remap.
Pake pertaturbo ya?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by levofloxacine »

roadmap wrote: Thu May 12, 2022 5:58 Mirip di crv turbo saya, ada 2 keluhan. Bunyi dung2 ketika setir belok, vonis beres shock breaker, solusi ganti 1 set depan kanan kena 3 jutaan. Browse2 kabarnya sebenarnya yg perlu diganti hanya bearing shock nya aja. Jadi katanya shock ini telat muter ketika setir diputer sehingga bunyi dung.

Masalah setir diputer dikabin bunyi tek2 terutama kalau patah. Kadang hilang kadang timbul. Check kaki2 aman semua kecuali yg bunyi dung di masalah pertama tadi. Gak ada yg rembes gak ada yg oblak.

Sialnya pas diagnosa di beres bunyi gak keluar. Hahaha.:.. jd belum ada solusi.
nah iya, kadang muncul kadang hilang ini yang bikin males bawa ke beres, nanti pas disana gak bunyi.... tapi kalo udah lama jalan bunyinya rese banget apalagi kalo naik/turun di parkiran mall yang ngelingker