Mobil ditinggal seminggu mogok ga ya?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Mobil ditinggal seminggu mogok ga ya?
Teman2. Mobil ditinggal seminggu (liburan lebaran) mogok ga ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Accu nya dicabut aja..... simpan dilemari
kalau pakai alarm khan percuma juga... gak ada yang dengar...
kalau mau dibawa kabur sama maling... tidak bisa di starter juga... kecuali malingnya bawa accu cadangan..... susah khan manjat pintu pager/pintu garasi... sambil bawa accu.
kalau malingnya sampai ketumpahan air accu... dia akan cari uang dari menuntut si pemilik rumah... heheheeeee... jadi simpan aja di lemari.. jangan lupa digembok pakai yang bikinan itali.. yang gak bisa dipotong pakai master key.... (gunting yang khusus untuk motong gembok)
nanti kalau sudah pulang... menghidupkan mesin jangan langsung di gas... starter normal aja.. tunggu langsam beberapa menit, biar olinya naik dulu....
kalau pakai alarm khan percuma juga... gak ada yang dengar...
kalau mau dibawa kabur sama maling... tidak bisa di starter juga... kecuali malingnya bawa accu cadangan..... susah khan manjat pintu pager/pintu garasi... sambil bawa accu.
kalau malingnya sampai ketumpahan air accu... dia akan cari uang dari menuntut si pemilik rumah... heheheeeee... jadi simpan aja di lemari.. jangan lupa digembok pakai yang bikinan itali.. yang gak bisa dipotong pakai master key.... (gunting yang khusus untuk motong gembok)
nanti kalau sudah pulang... menghidupkan mesin jangan langsung di gas... starter normal aja.. tunggu langsam beberapa menit, biar olinya naik dulu....
Last edited by €lj€p€ on Sat Sep 29, 2007 15:06, edited 1 time in total.
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
atau kalo mau lebih enak lagi, daripada nanggung resiko si maling ternyata anggota SM sini, yang uda ngebaca post nya bro Eljepe, sehingga si doi dateng bawa aki, cabut aja tuh kabel ECU, gunting sekalian deh biar tambah tokcer
, jangankan maling, yang punya aja bakal bingung, wakakakakaka
KABOERRRRR

KABOERRRRR
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Iya betul-betul... dia gak cerita mobilnya apa.... karena mobil saya masih konvensional... jadi bayangan saya, ya seperti mobil saya saja.... (maklum orang Ja-Dul, mobilnya Ja-Dul juga) hehehheeee.. kalau mobil-2 baru yang sudah high-tech... JANGAN CABUT ACCU....dion wrote:aki dicabut apa gakngaruh ke ECU ya?
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Dicabut saja accunya yang positif saja cukup. Isi bensin full, kalo tangki bensin kosong takutnya bisa terkontaminasi dengan air.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
BMW jadul juga ribet urusannya kalo aki dicabut.....radio/tape jadi gak mao nyala (minta password dulu dari dealer), abis itu juga kadang2 jarum penunjuk bensin gak bergerak, ribet lah€lj€p€ wrote:Iya betul-betul... dia gak cerita mobilnya apa.... karena mobil saya masih konvensional... jadi bayangan saya, ya seperti mobil saya saja.... (maklum orang Ja-Dul, mobilnya Ja-Dul juga) hehehheeee.. kalau mobil-2 baru yang sudah high-tech... JANGAN CABUT ACCU....dion wrote:aki dicabut apa gakngaruh ke ECU ya?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Bimmer yang seri 7 kaleee... tahun 94 an saya pakai Seri-3 M40.. engga ribet amat... Tapi pakai Merc C-class, R/T nya pesan dari states (OEM Alpine khusus pakai logo Merc).. Kalau P/W tidak di enter,... displaynya blinking tapi semua frequency masuk... kalau pakai P/W, blinkingnya hilang tapi tidak ada freq .05 mhz(di states, frequency nya bulat-2 tidak ada yang .05 mhz, betul / tidak sih??) disini khan baru 2 tahun yang lalu frequency nya di bulatkan... jadi sekarang tidak ada yang overlap.... Tapi P/W nya dikasih di kartunya kok... dan saya tanya melalui milis.. tidak jauh berbeda..... ada sequence checking code yang standard... sekarang Merc nya udah gak ada, udah gak usah pusing-2... lah... kalau perlu pakai HU dari taman puring ajah... hahahhaaa.Risol1 wrote:BMW jadul juga ribet urusannya kalo aki dicabut.....radio/tape jadi gak mao nyala (minta password dulu dari dealer), abis itu juga kadang2 jarum penunjuk bensin gak bergerak, ribet lah :x€lj€p€ wrote:Iya betul-betul... dia gak cerita mobilnya apa.... karena mobil saya masih konvensional... jadi bayangan saya, ya seperti mobil saya saja.... (maklum orang Ja-Dul, mobilnya Ja-Dul juga) hehehheeee.. kalau mobil-2 baru yang sudah high-tech... JANGAN CABUT ACCU....dion wrote:aki dicabut apa gakngaruh ke ECU ya?
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
setuju bro.....kalo seminggu mah gak bakalan bikin aki jadi tekor, kalo lebih dari 3 bulan mungkin laen cerita ......TiongBahru_Ahbeng wrote:Kalo cuma seminggu ga akan mogok, apalagi mobil mobil skrg ga usah dipanasin tiap hari jg ga apa-apa. Kemaren itu gw ke luar kota aja sebulanan, di rumah ga ada yg jaga, balik lagi kesini mobil gw tetap fine fine aja tuh, ga mogok.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
dulu sy pernah pake 320i M50 tahun 95......kalo abis lepas aki, radio tape nya gak mao nyala, minta masukkin P/W dulu....padahal tape standar tuh (mereknya becker kalo gak salah).€lj€p€ wrote:Bimmer yang seri 7 kaleee... tahun 94 an saya pakai Seri-3 M40.. engga ribet amat... Tapi pakai Merc C-class, R/T nya pesan dari states (OEM Alpine khusus pakai logo Merc).. Kalau P/W tidak di enter,... displaynya blinking tapi semua frequency masuk... kalau pakai P/W, blinkingnya hilang tapi tidak ada freq .05 mhz(di states, frequency nya bulat-2 tidak ada yang .05 mhz, betul / tidak sih??) disini khan baru 2 tahun yang lalu frequency nya di bulatkan... jadi sekarang tidak ada yang overlap.... Tapi P/W nya dikasih di kartunya kok... dan saya tanya melalui milis.. tidak jauh berbeda..... ada sequence checking code yang standard... sekarang Merc nya udah gak ada, udah gak usah pusing-2... lah... kalau perlu pakai HU dari taman puring ajah... hahahhaaa.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
[quote="€lj€p€"
Iya betul-betul... dia gak cerita mobilnya apa.... karena mobil saya masih konvensional... jadi bayangan saya, ya seperti mobil saya saja.... (maklum orang Ja-Dul, mobilnya Ja-Dul juga) hehehheeee.. kalau mobil-2 baru yang sudah high-tech... JANGAN CABUT ACCU....[/quote]
mumpung lagi ngobrol soal cabut mencabut accu, gue tanya nih;
1. saat jump starter ke mobil lain itu kabel + accu kita dilepas gak sih? atau ditumpuk aja sama + nya kabel jumper sebelum dihubungin ke kutub + accu mobil lain?
2. setelah 2 menit pengisian dg jump starter, mobil supplier dimatiin dulu baru mobil yg akinya soak dinyalain atau bisa starter mobil soak pada saat pengisian stlah 2menit tsb (mobil supplier tetep nyala)? (pertimbangannya supaya klo masih belum kuat ngangkat tinggal tungguin lagi dan gakusah nyalain lagi mobil supplier)
thanks jawabannya
Iya betul-betul... dia gak cerita mobilnya apa.... karena mobil saya masih konvensional... jadi bayangan saya, ya seperti mobil saya saja.... (maklum orang Ja-Dul, mobilnya Ja-Dul juga) hehehheeee.. kalau mobil-2 baru yang sudah high-tech... JANGAN CABUT ACCU....[/quote]
mumpung lagi ngobrol soal cabut mencabut accu, gue tanya nih;
1. saat jump starter ke mobil lain itu kabel + accu kita dilepas gak sih? atau ditumpuk aja sama + nya kabel jumper sebelum dihubungin ke kutub + accu mobil lain?
2. setelah 2 menit pengisian dg jump starter, mobil supplier dimatiin dulu baru mobil yg akinya soak dinyalain atau bisa starter mobil soak pada saat pengisian stlah 2menit tsb (mobil supplier tetep nyala)? (pertimbangannya supaya klo masih belum kuat ngangkat tinggal tungguin lagi dan gakusah nyalain lagi mobil supplier)
thanks jawabannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
mumpung lagi ngobrol soal cabut mencabut accu, gue tanya nih;dion wrote:[quote="€lj€p€"
Iya betul-betul... dia gak cerita mobilnya apa.... karena mobil saya masih konvensional... jadi bayangan saya, ya seperti mobil saya saja.... (maklum orang Ja-Dul, mobilnya Ja-Dul juga) hehehheeee.. kalau mobil-2 baru yang sudah high-tech... JANGAN CABUT ACCU....
1. saat jump starter ke mobil lain itu kabel + accu kita dilepas gak sih? atau ditumpuk aja sama + nya kabel jumper sebelum dihubungin ke kutub + accu mobil lain?
2. setelah 2 menit pengisian dg jump starter, mobil supplier dimatiin dulu baru mobil yg akinya soak dinyalain atau bisa starter mobil soak pada saat pengisian stlah 2menit tsb (mobil supplier tetep nyala)? (pertimbangannya supaya klo masih belum kuat ngangkat tinggal tungguin lagi dan gakusah nyalain lagi mobil supplier)
thanks jawabannya[/quote]
Maaf nih... kasih kuliah sedikit... hehehheeee... bukan karena lebih pintar tapi karena sering melakukan.. maklum mobil nya boros listrik hehheeee...
JUMP START itu artinya... kita start mobil yang accu nya lemah (Mobil A) dengan dibantu mobil yang accunya kuat (mobil B). Bukan mengisi/ men charge accu yang lemah.
Cara menghubungkannya : Kabel jumper ada dua sisi (merah +/positif dan hitam -/negatif ) dan dua ujung X dan Y.
Accu yang lemah tetapi di mobil A, semua terminal tetap pada posisi. Jumper merah X dipasang di accu yang lemah posisi (+). Kemudian jumper merah Y, dipasang di accu yang kuat posisi (+). Jumper Hitam Y dipasang di accu yang kuat posisi (-), jumper hitam X dipasang di body / mesin mobil (A).
Setelah itu, hidupkan mobil (B)... gas RPM agak tinggi, kemudian hidupkan / start mobil (A) ... setelah hidup... mulai lepas kabel jumper dengan urutan berlawanan seperti pada waktu pasang
1. X (-), 2. Y (-), 3. Y (+), 4 X (+)....
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
jwban pak Eljepe diatas itu jawaban terpelajar (penuh dgn ilmu), kalo gw punya:dion wrote:mumpung lagi ngobrol soal cabut mencabut accu, gue tanya nih;
1. saat jump starter ke mobil lain itu kabel + accu kita dilepas gak sih? atau ditumpuk aja sama + nya kabel jumper sebelum dihubungin ke kutub + accu mobil lain?
2. setelah 2 menit pengisian dg jump starter, mobil supplier dimatiin dulu baru mobil yg akinya soak dinyalain atau bisa starter mobil soak pada saat pengisian stlah 2menit tsb (mobil supplier tetep nyala)? (pertimbangannya supaya klo masih belum kuat ngangkat tinggal tungguin lagi dan gakusah nyalain lagi mobil supplier)
thanks jawabannya
1. gak usah dilepas, tumpuk aja (jepit lebih tepatnya)
2. mbl supplier gak usah dimatikan
sama2 bro Dion

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Kayaknya ga perlu gini dah bro... Mobil ogud juga sering soak koq...€lj€p€ wrote:... mulai lepas kabel jumper dengan urutan berlawanan seperti pada waktu pasang
1. X (-), 2. Y (-), 3. Y (+), 4 X (+)....
Yang penting salah satu dah putus, arus listrik tidak mengalir... Itukan sama aja kayak rangkaian listrik paralel...
Salah satu putus (+ / -), yauda ga ada yang ngalir...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kalo takut mobil matiknya mogok beli battery charger aja bos. jadi gak perlu di jumper dari mobil lain.dion wrote:selain lampu dan bunyi klakson apalagi ya tanda2 accu udah mulai soak?
kira2 modelnya spt ini:
http://cnhenry.en.alibaba.com/product/5 ... arger.html
disclosure: sy gak ada afiliasi apapun dgn website diatas, hanya ingin menunjukkan image produk yg kebetulan ada di atas untuk rekan SMer
