Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vipere »

nyotsaeba wrote: Tue Nov 22, 2022 5:49 Jd G ke V bedanya:
Sunroof+ambient
RSE
Velg 17
Headunit + 1inch

Ada lg gak ya. Kl cm itu kok lbh value for money tipe G yak
G non hybrid best deal kayaknya, 419 juta dapet 174 ps, 3 baris.
Small suv kayak hrv ,creta 1500cc aja harganya udah segitu (walaupun gak sekelas dan full feature).
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rajapb »

esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 2:16 Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa. :big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
entahlah, pernah nyetir reborn, menurut saya HPS-nya gak gimana-mana banget, beberapa mobil lain ada yang EPS-nya punya feedback yang lebih kerasa dibanding HPS-nya reborn. No offense ya buat pengguna dan penggemar reborn, cuma pengalaman saya, mungkin yg lain merasa beda.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

nyotsaeba wrote: Tue Nov 22, 2022 5:49 Jd G ke V bedanya:
Sunroof+ambient
RSE
Velg 17
Headunit + 1inch

Ada lg gak ya. Kl cm itu kok lbh value for money tipe G yak
Kemungkinan besar...
+ peredam suara bawaan pabrik (ini gak disebut di brosur, tp klo dibongkar panel, karpet dan kursi br ketauan).

Spt di 2 generasi sblmnya
Klo naik G ke V atau venturer
Itu beda peredaman nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

rajapb wrote: Tue Nov 22, 2022 5:54
esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 2:16 Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa. :big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
entahlah, pernah nyetir reborn, menurut saya HPS-nya gak gimana-mana banget, beberapa mobil lain ada yang EPS-nya punya feedback yang lebih kerasa dibanding HPS-nya reborn. No offense ya buat pengguna dan penggemar reborn, cuma pengalaman saya, mungkin yg lain merasa beda.
Sasis nya beda mungkin mbah

Klo sasis truck / ladder frame, biar gmn akan ngeredam feedback dan kontur jalan, sampai ke setir :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4236
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue Nov 22, 2022 5:57 Sasis nya beda mungkin mbah

Klo sasis truck / ladder frame, biar gmn akan ngeredam feedback dan kontur jalan, sampai ke setir :big_peace:
emang kagak inget om kijang kapsul gak pake power sterring aja rasanya kayak pake eh dia pake power sterring malah rasanya jadi kayak eps :wkkk:

saya masih inget karena kemaren baru jual SX 1997 :mky_03:

ditambah sempet bawa LSX diesel 1997 :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Tue Nov 22, 2022 6:13
Suryaputra wrote: Tue Nov 22, 2022 5:57 Sasis nya beda mungkin mbah

Klo sasis truck / ladder frame, biar gmn akan ngeredam feedback dan kontur jalan, sampai ke setir :big_peace:
emang kagak inget om kijang kapsul gak pake power sterring aja rasanya kayak pake eh dia pake power sterring malah rasanya jadi kayak eps :wkkk:

saya masih inget karena kemaren baru jual SX 1997 :mky_03:

ditambah sempet bawa LSX diesel 1997 :big_biglaugh:
nah itu dia.
jd klo ipah skrg pk monokok, walaupun EPS, most likely rasanya bisa jadi mirip" sodara 1 platform nya lah :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

hosea wrote: Tue Nov 22, 2022 5:44
iamwewe wrote: Tue Nov 22, 2022 2:37
mobilover wrote: Mon Nov 21, 2022 11:03
G bensin pasti yg best seller sih. Utk operasional kantor, utk yg mau naik kelas dari avanza dll.

Q hybrid penjualannya mgkn bakal di atas CRV dan CX5. Secara Q hybrid jelas diposisiin utk hajar segmen medium suv 600 jutaan.

V hybrid mgkn bakal jadi volume maker no 2. Harganya dekat dengan HRV RS, Corolla Cross, Voxy. Jadi bakal dimakan habis utk mobil di range 500 jutaan
kelas mobil 500-600jt mnrt saya sih bakal kena imbas banget. apalagi skrg 500-600jt dihuni sama banyakan SUV. abis dah sama inivi zinik

very good package
- SUV body style + real 7seater
- panoramic yg didewa2kan sbg simbol kemevvahan
- hemat bensin (jelas hybrid)
- tenaga yg even udh deketin 1.5turbo or 2.5cc suv

:big_exellent: :big_exellent:
Tapi ada yang menurut saya masih terkesan pelit Om :
Masak type V hybrid harga 530 jutaan, ga dapat Jok kulit, fog lamp dan power back door. Lah corcross dan altis hybrid aja dapat jok kulit dan fog lamp, padahal CBU.

Sepertinya atoyot menggiring orang ke type Q. Saya sih milih ada power back door dan jok kulit daripada panoramic roof dan captain seat.
satu lagi om, zenix V ga ada electric seat-nya, padahal kalo mobil sering dipake gantian laki-bini-anak, ini fitur lumayan bantu.
CMIIW itu Cruise Control apakah cuma ada di Q? soalnya sisi kanan setir itu yg keliatan ada tombol2nya cuma Q aja kyknya.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by RezPrat »

Suryaputra wrote: Tue Nov 22, 2022 2:35
karena... Gak semua orang punya kemampuan / kepekaan / skill driving spt Fitra Eri dkk :big_peace:

klo sesuatu udah dibuat electric, akan lebih mudah untuk integrasi dgn sistem Stability Control dan Auto sensing"nya.

mulai dari Throttle by wire, EPS, Electronic Brake, dsb :big_biglaugh:

________________________________________________________________

That's also what happened, in the modern commercial aviation right now.

AIRBUS contohnya, their pilot said... itu klo josystick ditarik, gak akan bisa sampai stall (hilang daya angkat) / hidung ngedongak, karena diprotect electronically.

why?
for safety, electronically protected and controlled by complex algorithm nya dia.
Gak semua jg Om, tell that to Boeing 737MAX. Electrical/AI control buat safety sih bagus tapi fitur overwrite By Human nya mesti ttp ada harusnya. Ane waktu naksi d SG banyak sopir taxi bilang, fully autonomous car gak bakalan ada dalam selama d jalan Masi mix antara sopir manusia dan robot huehuehue, ada bener nya juga. :big_smoking:

Btw ini kijang jadi makin bongsor ya, tp karena monocoque, berat turun 170an kg. Sebenar nya mesin bensin 170an HP nya menarik sih, gak perlu2 bgt hybrid, walau hybrid bahasa marketing nya bilang power diatas yg bensin, itu power gak tersedia all the times, peak powernya cuma ada selama batere belum abis, batere sekecil itu paling full throttle 15 menit jg udah abis, mesti isi LG dia. JD bagi yg mau ambil mentingin power, ambil yg bensin, yg mau hemat2an BBM tp dgn power yg sedikit terbatas, ambil hybrid.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

rajapb wrote: Tue Nov 22, 2022 5:54
entahlah, pernah nyetir reborn, menurut saya HPS-nya gak gimana-mana banget, beberapa mobil lain ada yang EPS-nya punya feedback yang lebih kerasa dibanding HPS-nya reborn. No offense ya buat pengguna dan penggemar reborn, cuma pengalaman saya, mungkin yg lain merasa beda.
toyota punya steering, tipikal. harrier dan alphard pun cuma kerasa bobotnya tp feel tetap isolated dari jalan. gak ngerasain movement rodanya. di civic FK4 masih kerasa gerakan rodanya malah biarpun masih jauh feelnya sama FD1 atau CM5.
ac235287 wrote: Tue Nov 22, 2022 6:49
Gak semua jg Om, tell that to Boeing 737MAX. Electrical/AI control buat safety sih bagus tapi fitur overwrite By Human nya mesti ttp ada harusnya. Ane waktu naksi d SG banyak sopir taxi bilang, fully autonomous car gak bakalan ada dalam selama d jalan Masi mix antara sopir manusia dan robot huehuehue, ada bener nya juga. :big_smoking:
yeap, failsafe / manual override itu wajib ada di semua benda bergerak. mau itu pesawat kereta mobil sampe mesin pabrik justru lebih safe kalau masih dibantu mechanical.

makanya ane bingung sama kendaraan sekarang ini siapa sih yang design, didesign sama millenial atau gen Z kayaknya gak ngerti fungsi e-brake / rem tangan itu apaan asal kliatan kayak scifi aja dibilang keren tinggal nyerocos di product presentation. failsafe mechanism kok bergantung sama arus listrik sistemnya ngambek di turunan ya wassalam nanti tinggal drama sue-sue an sama pabrikan.

masa selemah itu bocah sekarang narik rem tangan buat berenti lama aja gak kuat.
Last edited by ChZ on Tue Nov 22, 2022 7:13, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

b0ku wrote: Tue Nov 22, 2022 3:18
esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 2:16 Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa. :big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
gak juga om honda si epsnya enak :big_grin:

balik lagi tuninganya gimana??? banyak pabrikan gak ngerjain pr yang satu ini toyota malah salah satunya mereka mah asal naro asal gelinding asal awet asal gampang di maintain aja :big_biglaugh:

kalo mau proper tuning belilah yang ud di CaP GR ASLI bukan cuma CAPnya doank :wkkk:
nah balik lg ke tuningannya

911 aja dlu waktu pertama pke eps banyak yg bilang agak ngalong feel stirnya. skrg malah dibilang salah satu steering terbaek

lagian bukannya mobil biasa mah enakan stirnya diem ya, lebih nyaman

stir rame modelan portuner aja kadang agak bikin was" klo highspeed :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Nov 22, 2022 7:12
nah balik lg ke tuningannya

911 aja dlu waktu pertama pke eps banyak yg bilang agak ngalong feel stirnya. skrg malah dibilang salah satu steering terbaek

lagian bukannya mobil biasa mah enakan stirnya diem ya, lebih nyaman

stir rame modelan portuner aja kadang agak bikin was" klo highspeed :big_biglaugh:
mobil sport EPSnya kacrut itu generasi M3/M4 F80/82 sama M5/M6 F10/F12. semua jurnalis pun bilang ini mobil bagus bagus enak kenceng asik tapi masalah di steeringnya :big_biglaugh: sampe kayaknya versi LCI apa langsung pindah G chassis ya yang di revisi setelan EPSnya.

skrg G80/82 dibilang asik banget mobilnya cuma sayangnya muka nya jelek :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

hosea wrote: Tue Nov 22, 2022 5:44
Tapi ada yang menurut saya masih terkesan pelit Om :
Masak type V hybrid harga 530 jutaan, ga dapat Jok kulit, fog lamp dan power back door. Lah corcross dan altis hybrid aja dapat jok kulit dan fog lamp, padahal CBU.

Sepertinya atoyot menggiring orang ke type Q. Saya sih milih ada power back door dan jok kulit daripada panoramic roof dan captain seat.
voxy jg full manual um kursinya

emg agak random ngasih fiturnya
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pendoli »

nyotsaeba wrote: Tue Nov 22, 2022 5:49 Jd G ke V bedanya:
Sunroof+ambient
RSE
Velg 17
Headunit + 1inch

Ada lg gak ya. Kl cm itu kok lbh value for money tipe G yak
Dashboard soft touch mulai dari V kalo ga salah

G hybrid jadi menarik si. Toh kalo beli bakal gw lapis full peredam lagi. No sunroof jd lebi adem. Jok fabric bench seat lebi enak dr leather sintetis
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mastom »

kesimpulan sementara G lebih worthed

jadi tinggal pilihan mesinya:
1. Hybrid
2. Gasoline

Data apa yg ditunggu sama SMers
Keiritan? tebak2an beda jauh gak, seperti corcross
Akselerasi? beda HP
Awet2an? kayaknya klo dah otoyot apalagi inova pasrah bongkokan, percaya mobil akan awet
klo ga awet pun setidaknya banyak temen yg senasib, lumayan ga ilfill :)
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by esaka »

ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 3:36
1. platformnya avanza dan innova itu tidak plek walau konstruksi kaki-kakinya sama. avanza pakai DNGA (sama dgn raize dan vios), innova pakai TNGA-C (corolla cross).

2. kalau soal we cannot have nice things ane setuju makanya ane sangat rewel kok suspensinya gak multilink? banyak pabrikan yang dulu sempet pake torsion akhirnya balik pake independent lagi krn overall balance independent suspension lebih baik untuk dapat nyaman sekaligus presisi. apalagi untuk level harga segini dan ngincer pasarnya CR-V. CR-V saja di gen 5 bisa nyaman dan pengendaliannya tetap presisi.

terus yang ane kesal kenapa sih suspensi canggih atau mesin kenceng selalu katanya mobil ga buat nikung-nikung spirited driving padahal there's more to intelligent engineering than just "buat ngebut" atau "buat nikung".

dan kalau ngomong gini juga, corolla altis baru malah pakai multilink.

3. ya harus diakui soal connected-ness dan direct-ness mobil lama tuh ga ad lawan. tapi we can't go back, menilainya harus pakai modern standard. dan masih ada beberapa pabrikan yang effort untuk menghadirkan such experience. walaupun tentu saja karena orang seperti om dan saya ini niche market, mobil-mobil yang purposely built untuk ini jadi mahal (civic type R, nissan Z, porsche 911, etc). sementara kalo budget economy car ya omongannya selalu bbm irit muat banyak dan asal gelinding jadi engineeringnya selalu as simple dan as cheap as possible.

makanya ane gak fancy electric or hybrid cars. zero mechanical feel in it. dulu orang mau bikin mobil efisien ya mikir, cuma dikasih jatah mesin 1500cc gasoline NA ya gimana caranya mobil biar gak berat tapi sekaligus safe. chassis dan suspension engineeringnya jalan, main material ringan kasi aluminium body atau carbon composite.

sekarang bodo amat soal berat, udah ada magical instant torque. mobil berat 2ton cuma bisa jalan lurus ya bodo amat nikungnya kacau.
Platform bawaan memang beda om, tapi mengingat jenisnya MPV, kombo yang saya benci jadi satu, saya punya asumsi Zinix ini akan meninggalkan trademark tahan banting-nya ToyoDai. Ane nggak melihat perbedaan mendasar dengan kasta bawahnya (Raize, Veloz). Sistem hybrid ? No, No, No.
Torsion beam kalau di pikiran ane dipilih karena murni secara biaya paling murah... :big_bored:
Inget iklan jadul Innova, jualannya emang bukan di mesin atau desain kece tapi kaki-kaki tahan banting yang diperuntukkan di jalanan tidak mulus. Kayak berteriak, jangan bawa gw ke jalanan bagus dong, gw itu mobil keluarga yang dibuat untuk menemani waktu sedih kalian. Paham son? :big_smoking:
TBH, All New BRV tiba-tiba jadi terlihat lebih ganteng dan (di mata ane) telah menjadi pesaing se-kasta. Masih menyediakan pilihan Manual Transmission dalam platform yang sama, driving experience yang jelas bawaan Honda dari dulu, engine refinement yang selalu top, looks-nya cakep pula karena bukan selera Inspektur Vijay. Sisa H (tegak dan miring) yang beneran ngasih platform global di pasar lokal, merek lain malah maksain selera Ins.Vijay ke sini. :big_dunno:

Kalau bicara sedan, CVT+FWD+Monokok tentulah kombo top karena memang watak lahir mobil sedan yang beda ama MPV. But...but...but, this is MPV, medium size pula. Fix lah, ToyoDai sedang berbaik hati mau bagi2 kue market share ama merk lain.

Yeah, we can't go back. We can't. Nasib niche market. Mungkin pelan-pelan gw harus ganti mindset gw perkara modern standard ini. :big_cry:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26941
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

btw, kayanya pakem kijang awet dipake ampe ke pelosok bener2 perlu dibuktikan neh

enjin 2000 cc diperes abis2an tenaga nya ampe 170an PS (honda R20 ama K20 aj kalah ini) , beda banget ama si males 1TR yg cuman 139 ps, walaupun di trade off ama awet nya yg kebangetan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

pendoli wrote: Tue Nov 22, 2022 7:36
Dashboard soft touch mulai dari V kalo ga salah

G hybrid jadi menarik si. Toh kalo beli bakal gw lapis full peredam lagi. No sunroof jd lebi adem. Jok fabric bench seat lebi enak dr leather sintetis
maren bokap jg bilang kok innova G menarik yah :big_biglaugh: cm 450an jt dapet 2000cc hybrid.
DOHC wrote: Tue Nov 22, 2022 7:58 btw, kayanya pakem kijang awet dipake ampe ke pelosok bener2 perlu dibuktikan neh

enjin 2000 cc diperes abis2an tenaga nya ampe 170an PS (honda R20 ama K20 aj kalah ini) , beda banget ama si males 1TR yg cuman 139 ps, walaupun di trade off ama awet nya yg kebangetan
ni enjin kan nyontek punya masda mbah. harusnya kuat-kuat aja :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by slowipah »

Betull tgl tunggu tes beda berapa iritnya hybrid..

Btw, torsi di hybridnya ga diblg jd brp ya? Jg motor listriknya ga nambah tenaga byk jg.

Pricing mmg cukup menarik, mnrt ane v bensin bkln rame
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by esaka »

DOHC wrote: Tue Nov 22, 2022 7:58 btw, kayanya pakem kijang awet dipake ampe ke pelosok bener2 perlu dibuktikan neh

enjin 2000 cc diperes abis2an tenaga nya ampe 170an PS (honda R20 ama K20 aj kalah ini) , beda banget ama si males 1TR yg cuman 139 ps, walaupun di trade off ama awet nya yg kebangetan
Nah...ini yang bikin ane juga rada pesimis, entah sulap apa yang dimiliki ToyoDai kok bisa meres tenaga sebesar itu tanpa pake turbo. Kalau dikasih 2500cc dengan tenaga segitu sih IMHO ane anggap wajar.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

Kalau dibandingin sama corolla cross (540,9 jt) yah:

Zenix V HV non modellista (522,15 jt) unggul di;
+ 8 seater lega
+ panoramic sunroof
+ mesin 2000cc 186hp combined
+ tft speedo / energy meter lebih gede

tapi kekurangannya (yang menurut saya aga keterlaluan)
- no foglamp / drl
- velg kekecilan
- wiper model besi
- lampu sein & mundur masih bohlam
- AC single zone
- no tss (corcross juga ga ada sih)
- no cruise control
- airbag cuma 2 (yang ini keterlaluan sih)
- tuas wiper ga ada auto / variable intermittent (kaya calya dong wkwk)

Kalo ngeliat mesin bensinnya bisa sampe 174hp / 208nm, gila juga sih itu mesin padahal cuma 2000cc loh. Kalo beneran tenaganya segitu menurut saya worth it yang bensin biasa yak, apalagi harganya masih masuk akal. Walaupun aga keterlaluan juga mobil baru model 2023 harga 400jt+ tapi spionnya masih manual retract :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 792
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

Dari semua fitur maupun gimmick yg dipangkas, IMHO teteplah yg keterlaluan itu airbags dipangkas cuma tinggal 2 di tipe G dan V... Situ mau pangkas TSS, pano, jok elektrik, dll ya kalo kata ane sih silakan. Tapi masa yg berkaitan dgn nyawa orang mau tetep dipangkas...

Atau at least di tipe G 2 airbags masih okelah, tipe V lah minimal kasih 6 airbags... Paling engga selisih harga sekian puluh juta bener2 ada sesuatu yg berbeda gitu, ga cuma beda perintilan kecil2 doang. Perbedaan besar tipe G dan V kayanya cuma panoramic sunroof di tipe hybrid doang ya? Sisanya beda kecil2 kaya velg, jok, dll doang?

Kalo gini emg paling worth tipe G sih :big_grin:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by the-mantal »

Kalo saya malah blg improvement2 yg di bawa toyodai itu arahnya emg utk ke negara2 maju. Toyota kijang jaman dlu robust sekali dengan basis desain pickup krn ditujukan utk angkutan di pedesaan, lama2 dibikin membulat dan makin nyaman supaya bs masuk ke kota, dan puncaknya ya zenix ini dah hampir pasti wajib di perkotaan (jgn dibawa ke jalan lintas kota yg penuh lumpur).

Anyway dengan semua improvement itu yg saya paling sayangkan knp ukuran ban hrs makin tipis cm demi sporty looks, pdhl secara fungsional jlnan di kota besar kaya jkt pun ga ramah sama ban tipis.

Saya ga tahu ky venturer yg pake profil tipis tingkat pecah ban nya gmn, tp di veloz n avanza baru yg pake profil 55/60 itu kasus pecah ban gegara ketipisan selalu ada aja di grup owner.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ac235287 wrote: Tue Nov 22, 2022 6:49
Suryaputra wrote: Tue Nov 22, 2022 2:35
karena... Gak semua orang punya kemampuan / kepekaan / skill driving spt Fitra Eri dkk :big_peace:

klo sesuatu udah dibuat electric, akan lebih mudah untuk integrasi dgn sistem Stability Control dan Auto sensing"nya.

mulai dari Throttle by wire, EPS, Electronic Brake, dsb :big_biglaugh:

________________________________________________________________

That's also what happened, in the modern commercial aviation right now.

AIRBUS contohnya, their pilot said... itu klo josystick ditarik, gak akan bisa sampai stall (hilang daya angkat) / hidung ngedongak, karena diprotect electronically.

why?
for safety, electronically protected and controlled by complex algorithm nya dia.
Gak semua jg Om, tell that to Boeing 737MAX. Electrical/AI control buat safety sih bagus tapi fitur overwrite By Human nya mesti ttp ada harusnya. Ane waktu naksi d SG banyak sopir taxi bilang, fully autonomous car gak bakalan ada dalam selama d jalan Masi mix antara sopir manusia dan robot huehuehue, ada bener nya juga. :big_smoking:

Btw ini kijang jadi makin bongsor ya, tp karena monocoque, berat turun 170an kg. Sebenar nya mesin bensin 170an HP nya menarik sih, gak perlu2 bgt hybrid, walau hybrid bahasa marketing nya bilang power diatas yg bensin, itu power gak tersedia all the times, peak powernya cuma ada selama batere belum abis, batere sekecil itu paling full throttle 15 menit jg udah abis, mesti isi LG dia. JD bagi yg mau ambil mentingin power, ambil yg bensin, yg mau hemat2an BBM tp dgn power yg sedikit terbatas, ambil hybrid.
yah balik lagi, selalu ada penyempurnaan untuk teknologi baru.
buktinya airbus 320 (sbg volume maker) jauh diminati skrg wkwkwkw.
maaf OOT :big_biglaugh:

btw. berat turun <200kg + FWD + CVT..
Scr teoritis: power delivery akan lebih smooth dan efisien (aligned dgn narasi menuju something yg green) wkwkwkwk

- Mungkin by market standard, gak bakal dipakai buat masuk hutan atau jalan nambang juga (paling buat kebutuhan office, lewat aspal, dan ngemall)
- jasa ganti kaki-kaki kebih sering, bisa ngebantu up revenue juga
- parts lebih sedikit, SLA produksi lbh efisien

ha ha ha ha
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 22, 2022 9:27, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 7:52
ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 3:36
1. platformnya avanza dan innova itu tidak plek walau konstruksi kaki-kakinya sama. avanza pakai DNGA (sama dgn raize dan vios), innova pakai TNGA-C (corolla cross).

2. kalau soal we cannot have nice things ane setuju makanya ane sangat rewel kok suspensinya gak multilink? banyak pabrikan yang dulu sempet pake torsion akhirnya balik pake independent lagi krn overall balance independent suspension lebih baik untuk dapat nyaman sekaligus presisi. apalagi untuk level harga segini dan ngincer pasarnya CR-V. CR-V saja di gen 5 bisa nyaman dan pengendaliannya tetap presisi.

terus yang ane kesal kenapa sih suspensi canggih atau mesin kenceng selalu katanya mobil ga buat nikung-nikung spirited driving padahal there's more to intelligent engineering than just "buat ngebut" atau "buat nikung".

dan kalau ngomong gini juga, corolla altis baru malah pakai multilink.

3. ya harus diakui soal connected-ness dan direct-ness mobil lama tuh ga ad lawan. tapi we can't go back, menilainya harus pakai modern standard. dan masih ada beberapa pabrikan yang effort untuk menghadirkan such experience. walaupun tentu saja karena orang seperti om dan saya ini niche market, mobil-mobil yang purposely built untuk ini jadi mahal (civic type R, nissan Z, porsche 911, etc). sementara kalo budget economy car ya omongannya selalu bbm irit muat banyak dan asal gelinding jadi engineeringnya selalu as simple dan as cheap as possible.

makanya ane gak fancy electric or hybrid cars. zero mechanical feel in it. dulu orang mau bikin mobil efisien ya mikir, cuma dikasih jatah mesin 1500cc gasoline NA ya gimana caranya mobil biar gak berat tapi sekaligus safe. chassis dan suspension engineeringnya jalan, main material ringan kasi aluminium body atau carbon composite.

sekarang bodo amat soal berat, udah ada magical instant torque. mobil berat 2ton cuma bisa jalan lurus ya bodo amat nikungnya kacau.
Platform bawaan memang beda om, tapi mengingat jenisnya MPV, kombo yang saya benci jadi satu, saya punya asumsi Zinix ini akan meninggalkan trademark tahan banting-nya ToyoDai. Ane nggak melihat perbedaan mendasar dengan kasta bawahnya (Raize, Veloz). Sistem hybrid ? No, No, No.
Torsion beam kalau di pikiran ane dipilih karena murni secara biaya paling murah... :big_bored:
Inget iklan jadul Innova, jualannya emang bukan di mesin atau desain kece tapi kaki-kaki tahan banting yang diperuntukkan di jalanan tidak mulus. Kayak berteriak, jangan bawa gw ke jalanan bagus dong, gw itu mobil keluarga yang dibuat untuk menemani waktu sedih kalian. Paham son? :big_smoking:
TBH, All New BRV tiba-tiba jadi terlihat lebih ganteng dan (di mata ane) telah menjadi pesaing se-kasta. Masih menyediakan pilihan Manual Transmission dalam platform yang sama, driving experience yang jelas bawaan Honda dari dulu, engine refinement yang selalu top, looks-nya cakep pula karena bukan selera Inspektur Vijay. Sisa H (tegak dan miring) yang beneran ngasih platform global di pasar lokal, merek lain malah maksain selera Ins.Vijay ke sini. :big_dunno:

Kalau bicara sedan, CVT+FWD+Monokok tentulah kombo top karena memang watak lahir mobil sedan yang beda ama MPV. But...but...but, this is MPV, medium size pula. Fix lah, ToyoDai sedang berbaik hati mau bagi2 kue market share ama merk lain.

Yeah, we can't go back. We can't. Nasib niche market. Mungkin pelan-pelan gw harus ganti mindset gw perkara modern standard ini. :big_cry:
sebagus bagusnya BRV ttp aja itu mobil b-segment digedein :big_biglaugh:

zenix itu c-segment a.k.a setara CRV, ud gtu sharing platform sama lexus UX. beda kasta

MPV jg ga mesti ladder rwd, diluar sana MPV ya fwd + cvt + monokok, odisei aja begitu kan :big_biglaugh:

zenix is built to a price point, makanya ada sacrifice tertentu. dan mobil yg besar jg ofc pakai bahan lebih banyak & enjineering lebih lama krn ni mobil harus akomodasi banyak use case

skrg ladder modern ad TNGA-F, zenix bs aja pke itu. cuma klo jd mahal bgt siap bayar ga?

enjineering bukan cm soal mau pke enjin ap, mau pke suspensi ap. tapi harus mikirin cost jg um........................

klo pengen produk toyota yg hasil selfish enjinir, ya LC300 itu.........
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1075
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Zaxis »

Beli mobil itu sesuai dgn kebutuhan dan kemampuan
Kalo butuh kaki2 kuat yah pilih Hilux
Kalo mau angkut 7 orang ya pake Fortuner
Kalo dana nya ga cukup ya pilih rush