2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Thu Jan 12, 2023 4:05
ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 2:59
KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 21:18 :wkkk:

Mungkin mereka orang2 yg tinggal di daerah pelosok sana tuh chris. Yg jalan propinsi pada ancur2an, lobang jalan segede tabrakan meteor. Itupun rata2 pada peliharanya yg type bensin, cari solar malah lebih susah kan di daerah antrinya berebut sama truck n bus

Klo urusan diesel cumi cumi sih palingan 2-3% society aja, itupun rata2 pada tinggalnya di daerah perkotaan wkwkwkwk


Tapi ngeliat avanza xenia front wheel udah banyak seliweran, keknya ini zenix bakal laku jg sampe ke pelosok2 harusnya ya. Apalagi ntar masyarakat udah tau enaknya bawa mobil proper. Bisa bener2 males balik ke ladder lagi seh. Kcuali pemuja wiu wiu tet tot tet tot :mrgreen:

Trus ada benernya yg ente bilang zenix mesin bensin konvensional udah ok buat pake daily commuting kalo pengiritannya kg significant banget banding hybrid. Ditambah kg pusing urusan klasik batre, sama pajak… denger2 pajak stnk Q hybrid tembus Rp 10juta ya / tahun?

Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah :big_think:
:mky_03: kok gw kadang mikir sebenernya innivi dizil tuh cuma idola rental mobil sama pemaen diesel cumi cumi yah soalnya buat fleet kantoran aja masih lbh sering lihat innivi benzin. apalagi di luar jawa solar susah.

gw yakin soalnya habis ini innivi haibrit naik, atau paling jelek gak ada diskon. lah liat demand supply nya jauh gedean demandnya. terus jadi bikin versi gasoline biasa malah jatohnya worth it karena selisih puluhan jt belom diskon + tanpa tetek mbengek hybrid nya. klo cuma ngetol ngetol yakin deh yang versi gasoline iritnya sama.

bused kalo aki konvensionalnya aja 6.5jt bener bener batal jadi mobil low maintenance ini mah pengiritan hybridnya abis bayar aki sama batre :mky_07:
farizfsa wrote: Thu Jan 12, 2023 0:01 Sebenernya nge charge batre nya bukan dr rem aja sih, kl gelinding tanpa nge gas dia nge charge dan kl batre low mesin aksn nge charge sambil jalanin roda jg. Kl berhenti di posisi trans D dan P mesin akan isi batre. Kalo di N dia ga ngisi.

Mbl hybrid gini cocoknya kl sering macet2 dalkot sih. Kl sering diatas 80kmh ga cocok kynya karena ga kepake ev mode nya

Kl sy di dalkot 60:40 an deh, lebih banyak ev yg nyala
kemaren di zenix, sampe akhir sesi TD chare nya cuma dari 2 bar ke 4 bar aja. ya kurang lama mungkin sih akhirnya feel bawanya ya mobil bensin krn mesin bensin 90% nyala terus. kayaknya tetep paling gede charging powernya dari braking.

makanya TD mobil hybrid ini tricky, kalo pas kita dapet batre penuh banget ya bisa irit luar biasa, kalo pas batrenya depleted coba paling cuma 15 menit kagak nge charge, masa nyoba seharian kecuali kenal orang dalem bs pinjem seharian :big_biglaugh:
Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.

AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj :big_blushing: . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
bener nih, jd kalo hybrid paling 3-4 bar dia lgs alih ke EV mode, full batre, plus kl coasting dan braking dia lgs isi batre lg. so far 2-3 minggu pake hybrid toyota gini sih hampir ga pernah full itu batre paling 5 bar, sekalinya full itupun karena jalan lancar agak panjang dan posisi diatas 80km/h dr mangdu ke tebet lewat toll lancar. kl saya skrg posisi avg speed 17km/h cm dpt 12km/l sih. nah kalo dr mangdu ke kokas waktu awal2 bisa dpt 21km/l cm avg speed kayanya ada di 30an km/h.

kl mbl saya si blg nya full tank bisa untuk 1100km. tp harusnya hybrid zenix udah versi 5 apa ya kl ga salah, udah paling baru lah. next sih kl bs bikin sekalian jd PHEV aja wkwk. kl jd PHEV saya beli deh baru gpp.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by grimjow »

Jadi kira2 lebih worthed di long term cost :

Zenix G Hybrid, isi pertamax
Atau
Venturer 2,4 Diesel isi Biosolar?
:big_think: :big_think: :big_think:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: Thu Jan 12, 2023 5:48
peterming77 wrote: Thu Jan 12, 2023 4:05
ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 2:59

:mky_03: kok gw kadang mikir sebenernya innivi dizil tuh cuma idola rental mobil sama pemaen diesel cumi cumi yah soalnya buat fleet kantoran aja masih lbh sering lihat innivi benzin. apalagi di luar jawa solar susah.

gw yakin soalnya habis ini innivi haibrit naik, atau paling jelek gak ada diskon. lah liat demand supply nya jauh gedean demandnya. terus jadi bikin versi gasoline biasa malah jatohnya worth it karena selisih puluhan jt belom diskon + tanpa tetek mbengek hybrid nya. klo cuma ngetol ngetol yakin deh yang versi gasoline iritnya sama.

bused kalo aki konvensionalnya aja 6.5jt bener bener batal jadi mobil low maintenance ini mah pengiritan hybridnya abis bayar aki sama batre :mky_07:



kemaren di zenix, sampe akhir sesi TD chare nya cuma dari 2 bar ke 4 bar aja. ya kurang lama mungkin sih akhirnya feel bawanya ya mobil bensin krn mesin bensin 90% nyala terus. kayaknya tetep paling gede charging powernya dari braking.

makanya TD mobil hybrid ini tricky, kalo pas kita dapet batre penuh banget ya bisa irit luar biasa, kalo pas batrenya depleted coba paling cuma 15 menit kagak nge charge, masa nyoba seharian kecuali kenal orang dalem bs pinjem seharian :big_biglaugh:
Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.

AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj :big_blushing: . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
bener nih, jd kalo hybrid paling 3-4 bar dia lgs alih ke EV mode, full batre, plus kl coasting dan braking dia lgs isi batre lg. so far 2-3 minggu pake hybrid toyota gini sih hampir ga pernah full itu batre paling 5 bar, sekalinya full itupun karena jalan lancar agak panjang dan posisi diatas 80km/h dr mangdu ke tebet lewat toll lancar. kl saya skrg posisi avg speed 17km/h cm dpt 12km/l sih. nah kalo dr mangdu ke kokas waktu awal2 bisa dpt 21km/l cm avg speed kayanya ada di 30an km/h.

kl mbl saya si blg nya full tank bisa untuk 1100km. tp harusnya hybrid zenix udah versi 5 apa ya kl ga salah, udah paling baru lah. next sih kl bs bikin sekalian jd PHEV aja wkwk. kl jd PHEV saya beli deh baru gpp.
Baterai Zenix dibawah kursi penumpang depan, makan ruang kaki aja, jadi tangki Zenix bisa utuh 52 ltr, full tank masuk akal bisa tembus 1100km dng asumsi avg 21km/l. Kalo CorCross tangki 36 ltr aja gara2 kena potong baterai dibawah kursi penumpang belakang. Di layar paling dapat 600 atas sampe 700 bawah.

Kalo soal hybrid saya sih percaya Toyota, udah berapa tahun mereka bikin dan develop sejak jaman Prius, dibanding merk2 lain yg baru aja kembangkan hybrid nya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
Bused ini aki mahal mahal amat aki toyota apa bmw sih :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by rajapb »

ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 4:29
peterming77 wrote: Thu Jan 12, 2023 4:05 Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.

AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj :big_blushing: . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
itulah repotnya gak ada tacho gak ngerti nyala apa gak gw ngamatin power meter jg gak terlalu jelas nyetir kan fokus ke jalan :mky_03:

yang noticeable mesin nya gak nyala itu waktu start, ini tapi nunggu salesnya urusin macem2 ke satpam aja udah nyala lagi bensinnya. terus selama jalan, ya mungkin kalo liat di indikator ada dari batre yah soalnya bbrp kali gliding jg :big_think: entah peredam zenix bagus apa mesinnya emang senyap.

soalnya emang batre di zenix ini kecil banget. sbenernya no surprise jg kalo banyakan mesin bensinnya yang kerja.

fuelcons di unit td kemaren 14.7 kml :mky_03: not bad sih kalo dibanding innivi dizil mitic.
harusnya zeniix hybrid tetep dapet tachometer macem corolla hatch hybrid versi eropa. Entah kenapa mentang2 hybrid pada demen ngilangin tachometer.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

grimjow wrote: Thu Jan 12, 2023 6:02 Jadi kira2 lebih worthed di long term cost :

Zenix G Hybrid, isi pertamax
Atau
Venturer 2,4 Diesel isi Biosolar?
:big_think: :big_think: :big_think:
Kalo skrg udah pake pentulel ya lebih hemat pake pentulelnya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by peterming77 »

rajapb wrote: Thu Jan 12, 2023 6:32
ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 4:29
peterming77 wrote: Thu Jan 12, 2023 4:05 Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.

AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj :big_blushing: . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
itulah repotnya gak ada tacho gak ngerti nyala apa gak gw ngamatin power meter jg gak terlalu jelas nyetir kan fokus ke jalan :mky_03:

yang noticeable mesin nya gak nyala itu waktu start, ini tapi nunggu salesnya urusin macem2 ke satpam aja udah nyala lagi bensinnya. terus selama jalan, ya mungkin kalo liat di indikator ada dari batre yah soalnya bbrp kali gliding jg :big_think: entah peredam zenix bagus apa mesinnya emang senyap.

soalnya emang batre di zenix ini kecil banget. sbenernya no surprise jg kalo banyakan mesin bensinnya yang kerja.

fuelcons di unit td kemaren 14.7 kml :mky_03: not bad sih kalo dibanding innivi dizil mitic.
harusnya zeniix hybrid tetep dapet tachometer macem corolla hatch hybrid versi eropa. Entah kenapa mentang2 hybrid pada demen ngilangin tachometer.
Mungkin dianggap overdosis informasi yg ga penting Gan, jadi cukup dikasih charge - eco - power meter. Kalo saya sih ga masalah ga ada tachometer, justru penginnya CorCross dapat display full LCD digital kayak Zenix yg udah mirip Corolla Altis, CorCross dapatnya display analog, LCD nya imut2 :ungg:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 6:24
Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
Bused ini aki mahal mahal amat aki toyota apa bmw sih :big_biglaugh:

E buset dah… aki bmw aja kg semahal itu pdhl


Pdhl mah jaman dulu sebelom ditemukan auto engine start stop smua kehidupan masih tenang… pas ada tuh fitur aki langsung brubah jd agm buat comply. Harga naek…. Skarang brubah lg jd atkinson hybrid bla bla bla. Harga Aki meroket lg :roll:

Ujung2nya mau irit sana sini, malah kg sebanding sama komponen laen yg perlu di maintain

Apalagi cap toyota yg mobilnya terkenal zero maintenance, tercoreng dong jadinya :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

rajapb wrote: Thu Jan 12, 2023 6:32
harusnya zeniix hybrid tetep dapet tachometer macem corolla hatch hybrid versi eropa. Entah kenapa mentang2 hybrid pada demen ngilangin tachometer.
naah iya sebenernya tachometer itu important piece of information loh. lebih intuitive daripada indikator power-charge-eco gitu gitu krn jarum tacho itu kalo mesin jalan kan pasti gerak naik-turun. klo mesinnya mati kan tacho nya langsung ke angka nol.
KielConstantine wrote: Thu Jan 12, 2023 6:53 E buset dah… aki bmw aja kg semahal itu pdhl


Pdhl mah jaman dulu sebelom ditemukan auto engine start stop smua kehidupan masih tenang… pas ada tuh fitur aki langsung brubah jd agm buat comply. Harga naek…. Skarang brubah lg jd atkinson hybrid bla bla bla. Harga Aki meroket lg :roll:

Ujung2nya mau irit sana sini, malah kg sebanding sama komponen laen yg perlu di maintain

Apalagi cap toyota yg mobilnya terkenal zero maintenance, tercoreng dong jadinya :drinking:
wkwkwkw makanya yang disebut golden era nya otomotif kan malah late 90s sampe 2000s awal. mobil yg lahir jaman itu terkenal bandel bandel, modul elektronik sebatas ABS sensor dan ECU yang emang berguna dan umurnya panjang banget. udah bandel, low maintenance, disetirnya enak krn masih rasa mekanikal.

makanya makin sinis gw sama kata "electrification" krn bikin komponen2 di mobil makin banyak yang disposable. murah di depan tapi mahal di belakang. dan di sini pabrikan itu win-win. gak mau ganti batre ya ganti mobil sebelum tahun ke-5. cuan cuan cuan :mky_03: beli toyota sekarang keluar 50 juta di tahun ke-10 jadi kayak beli ze germans,

coba tanya user innova kapan sekali maintenance abis 50juta kalo gak bingung uang segitu buat benerin apa aja biasa skali ke bengkel mentok juga 5 juta udah kerjain semua :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by peterming77 »

KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 21:18
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah :big_think:
Baru saya cek aki CorCross nga sampe 6.5jt kok, cuma 4.866jt dan inden :big_biglaugh: :big_cry: :big_smoking:

nanti coba saya cek di engine bay itu aki apa kok mahal sekaleeeee, kalo ganti di shop shop 3rd party itu kena berapa
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
buset :big_biglaugh:

9,5jt ud kayak aki AGM yurop yg segede gaban

masda aja 3-4jt, aki start stop panasonic 65ah
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Iriawans »

KielConstantine wrote: Thu Jan 12, 2023 6:53
ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 6:24
Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
Bused ini aki mahal mahal amat aki toyota apa bmw sih :big_biglaugh:

E buset dah… aki bmw aja kg semahal itu pdhl


Pdhl mah jaman dulu sebelom ditemukan auto engine start stop smua kehidupan masih tenang… pas ada tuh fitur aki langsung brubah jd agm buat comply. Harga naek…. Skarang brubah lg jd atkinson hybrid bla bla bla. Harga Aki meroket lg :roll:

Ujung2nya mau irit sana sini, malah kg sebanding sama komponen laen yg perlu di maintain

Apalagi cap toyota yg mobilnya terkenal zero maintenance, tercoreng dong jadinya :drinking:
saya beli di shop & dr*ve, 2,6jtan. Kata teknisinya memang harus pake untuk mobil yg punya auto start & stop. Krn penasaran coba tanya ke beres ternyata harganya selangit dan merknya panasonic. Sama2 inden jg :mky_01:
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Iriawans »

darrelund wrote: Thu Jan 12, 2023 8:58
Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
buset :big_biglaugh:

9,5jt ud kayak aki AGM yurop yg segede gaban

masda aja 3-4jt, aki start stop panasonic 65ah
Yg 9,5 jt jg merk panasonic Om. Cuma saya gak tanya brp ah-nya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by KielConstantine »

peterming77 wrote: Thu Jan 12, 2023 8:28
KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 21:18
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah :big_think:
Baru saya cek aki CorCross nga sampe 6.5jt kok, cuma 4.866jt dan inden :big_biglaugh: :big_cry: :big_smoking:

nanti coba saya cek di engine bay itu aki apa kok mahal sekaleeeee, kalo ganti di shop shop 3rd party itu kena berapa
Itu mbah…. Harga 6.5 jut jut udah billing akhir alias tinggal gesek debit card BCA . Jadi ud berikut jasa pasang & pajak pemerintah tetek bengek laennya :ungg:

Ane sih pengen ngamuk jg klo disodorin bill sgitu buat replace aki doang :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 7:19
KielConstantine wrote: Thu Jan 12, 2023 6:53 E buset dah… aki bmw aja kg semahal itu pdhl


Pdhl mah jaman dulu sebelom ditemukan auto engine start stop smua kehidupan masih tenang… pas ada tuh fitur aki langsung brubah jd agm buat comply. Harga naek…. Skarang brubah lg jd atkinson hybrid bla bla bla. Harga Aki meroket lg :roll:

Ujung2nya mau irit sana sini, malah kg sebanding sama komponen laen yg perlu di maintain

Apalagi cap toyota yg mobilnya terkenal zero maintenance, tercoreng dong jadinya :drinking:
wkwkwkw makanya yang disebut golden era nya otomotif kan malah late 90s sampe 2000s awal. mobil yg lahir jaman itu terkenal bandel bandel, modul elektronik sebatas ABS sensor dan ECU yang emang berguna dan umurnya panjang banget. udah bandel, low maintenance, disetirnya enak krn masih rasa mekanikal.

makanya makin sinis gw sama kata "electrification" krn bikin komponen2 di mobil makin banyak yang disposable. murah di depan tapi mahal di belakang. dan di sini pabrikan itu win-win. gak mau ganti batre ya ganti mobil sebelum tahun ke-5. cuan cuan cuan :mky_03: beli toyota sekarang keluar 50 juta di tahun ke-10 jadi kayak beli ze germans,

coba tanya user innova kapan sekali maintenance abis 50juta kalo gak bingung uang segitu buat benerin apa aja biasa skali ke bengkel mentok juga 5 juta udah kerjain semua :big_biglaugh:
Kalo 2 innova generasi sebelomnya sehh amann tuh. Si ribon sama si dono dan dedengkot2 nya

Tapi ya anggapan zero maintenance penduduk first world beda sihh sama third world.

Mungkin zenix hybrid masih golongan zero maentenance bagi mereka . Lexus aja dibilang zero maentenance, pdhl ya lumayan jg klo ganti kaki2 bisa abis tiaw tiaw kwetiaw :big_slap:

Coba innopa ribon.. skali ngebengkel 6 bulan skali. Kluar bill Rp 2 jut aja.. cuman skitar 150 dollar kan. Itu bukannya zero maintenance lg. tp ngebayarin duit makan skali doang :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Jan 13, 2023 6:12 Kalo 2 innova generasi sebelomnya sehh amann tuh. Si ribon sama si dono dan dedengkot2 nya

Tapi ya anggapan zero maintenance penduduk first world beda sihh sama third world.

Mungkin zenix hybrid masih golongan zero maentenance bagi mereka . Lexus aja dibilang zero maentenance, pdhl ya lumayan jg klo ganti kaki2 bisa abis tiaw tiaw kwetiaw :big_slap:

Coba innopa ribon.. skali ngebengkel 6 bulan skali. Kluar bill Rp 2 jut aja.. cuman skitar 150 dollar kan. Itu bukannya zero maintenance lg. tp ngebayarin duit makan skali doang :wkkk:
nahhh ini gw kaget loh liat google most reliable BMW tuh pada bilang E90, pdhl di sini E90 terkenal money pit :mky_07: kirain bakal pada bilang E39 apa E36. terus di jerman jg common car VW golf kan dibilang mobilnya kuat dll :big_biglaugh: mungkin jajan sensor di sana dianggepnya wajar dan gak mahal. di sini jajan sensor sebiji udah pusing liat repair billnya :mky_03:

di amrik yang dianggep gak rusak rusak itu camry sama RAV4 :mky_03: blue collar worker pakenya camry yang di sini udah mobil cukup premium dengan repair bill lumayan kalo ada rusak rusak :big_biglaugh:

ternyata zero maintenance jg lihat tingkat kemakmuran penduduk :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 7:03
KielConstantine wrote: Fri Jan 13, 2023 6:12 Kalo 2 innova generasi sebelomnya sehh amann tuh. Si ribon sama si dono dan dedengkot2 nya

Tapi ya anggapan zero maintenance penduduk first world beda sihh sama third world.

Mungkin zenix hybrid masih golongan zero maentenance bagi mereka . Lexus aja dibilang zero maentenance, pdhl ya lumayan jg klo ganti kaki2 bisa abis tiaw tiaw kwetiaw :big_slap:

Coba innopa ribon.. skali ngebengkel 6 bulan skali. Kluar bill Rp 2 jut aja.. cuman skitar 150 dollar kan. Itu bukannya zero maintenance lg. tp ngebayarin duit makan skali doang :wkkk:
nahhh ini gw kaget loh liat google most reliable BMW tuh pada bilang E90, pdhl di sini E90 terkenal money pit :mky_07: kirain bakal pada bilang E39 apa E36. terus di jerman jg common car VW golf kan dibilang mobilnya kuat dll :big_biglaugh: mungkin jajan sensor di sana dianggepnya wajar dan gak mahal. di sini jajan sensor sebiji udah pusing liat repair billnya :mky_03:

di amrik yang dianggep gak rusak rusak itu camry sama RAV4 :mky_03: blue collar worker pakenya camry yang di sini udah mobil cukup premium dengan repair bill lumayan kalo ada rusak rusak :big_biglaugh:

ternyata zero maintenance jg lihat tingkat kemakmuran penduduk :mky_03:
VW = mobil rakyat

*Rakyat Jerman :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 7:06
VW = mobil rakyat

*Rakyat Jerman :mky_03:
gelandangan di amrik atau yurop mungkin bingung liat middle class indo bawanya brio atau avanza terus VW golf dibilang mobil mewah :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 7:03
KielConstantine wrote: Fri Jan 13, 2023 6:12 Kalo 2 innova generasi sebelomnya sehh amann tuh. Si ribon sama si dono dan dedengkot2 nya

Tapi ya anggapan zero maintenance penduduk first world beda sihh sama third world.

Mungkin zenix hybrid masih golongan zero maentenance bagi mereka . Lexus aja dibilang zero maentenance, pdhl ya lumayan jg klo ganti kaki2 bisa abis tiaw tiaw kwetiaw :big_slap:

Coba innopa ribon.. skali ngebengkel 6 bulan skali. Kluar bill Rp 2 jut aja.. cuman skitar 150 dollar kan. Itu bukannya zero maintenance lg. tp ngebayarin duit makan skali doang :wkkk:
nahhh ini gw kaget loh liat google most reliable BMW tuh pada bilang E90, pdhl di sini E90 terkenal money pit :mky_07: kirain bakal pada bilang E39 apa E36. terus di jerman jg common car VW golf kan dibilang mobilnya kuat dll :big_biglaugh: mungkin jajan sensor di sana dianggepnya wajar dan gak mahal. di sini jajan sensor sebiji udah pusing liat repair billnya :mky_03:

di amrik yang dianggep gak rusak rusak itu camry sama RAV4 :mky_03: blue collar worker pakenya camry yang di sini udah mobil cukup premium dengan repair bill lumayan kalo ada rusak rusak :big_biglaugh:

ternyata zero maintenance jg lihat tingkat kemakmuran penduduk :mky_03:
di jerman water pump aja jadi consumable koq, ud beda definisi. pernah liat di yutub org jerman gitu

definisi zero maintenance

first world: cukup servis rutin, zero issues, chimes & warning lights

third world : beneran "zero", gausa servis rutin, cukup isi bensin harus awet sampe kiamat. kaki" bunyi dikit lgsg dibilang rigkih

:big_biglaugh:

ye oe bold, ya wajar aja um parts jg ga gitu mahal. kan local made

laen sampe indo ud kena biaya ini itu ya mahal :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:49 di jerman water pump aja jadi consumable koq, ud beda definisi. pernah liat di yutub org jerman gitu

definisi zero maintenance

first world: cukup servis rutin, zero issues, chimes & warning lights

third world : beneran "zero", gausa servis rutin, cukup isi bensin harus awet sampe kiamat. kaki" bunyi dikit lgsg dibilang rigkih

:big_biglaugh:

ye oe bold, ya wajar aja um parts jg ga gitu mahal. kan local made

laen sampe indo ud kena biaya ini itu ya mahal :big_biglaugh:
nahh kita di sini aja pusing yang pake VW random banget itu waterpump kapan mokat, di sono mobil pasaran jelas aj dianggep consumables :big_biglaugh:

sbenernya kalo ze germans itu yang parah dealer markup nya sehh pengerjaan item sama di luaran charge nya bisa kurang dari sepertiga. kita orang kena beres jepang kasi ongkos labor 1jeti buat servis rutin aja udah kepalang bete apalagi kena labor costnya beres ze germans :big_biglaugh:

parts sih selama masih VW golf, BMW serie-3 atau merc C klasse masih murah. apalagi skrg karena modular nya makin luas efek banget ke suplai partsnya dan harga jadi murah. cuma more parts failure seiring waktu aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:05
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:49 di jerman water pump aja jadi consumable koq, ud beda definisi. pernah liat di yutub org jerman gitu

definisi zero maintenance

first world: cukup servis rutin, zero issues, chimes & warning lights

third world : beneran "zero", gausa servis rutin, cukup isi bensin harus awet sampe kiamat. kaki" bunyi dikit lgsg dibilang rigkih

:big_biglaugh:

ye oe bold, ya wajar aja um parts jg ga gitu mahal. kan local made

laen sampe indo ud kena biaya ini itu ya mahal :big_biglaugh:
nahh kita di sini aja pusing yang pake VW random banget itu waterpump kapan mokat, di sono mobil pasaran jelas aj dianggep consumables :big_biglaugh:

sbenernya kalo ze germans itu yang parah dealer markup nya sehh pengerjaan item sama di luaran charge nya bisa kurang dari sepertiga. kita orang kena beres jepang kasi ongkos labor 1jeti buat servis rutin aja udah kepalang bete apalagi kena labor costnya beres ze germans :big_biglaugh:

parts sih selama masih VW golf, BMW serie-3 atau merc C klasse masih murah. apalagi skrg karena modular nya makin luas efek banget ke suplai partsnya dan harga jadi murah. cuma more parts failure seiring waktu aja :big_biglaugh:
jangan lupakan PDB per kapita rakyat jerman = 12x rakyat wakandah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1685
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

Camera 360 nya Zenix Q ini monochrome kah?
Alias ga berwarna?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by kendibocor »

Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22
darrelund wrote: Thu Jan 12, 2023 1:51
KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 21:18 Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah :big_think:
6.5juta aki segede apa tuh :big_biglaugh:
masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
Hah aki voxy emang perlu requirement tertentu? Perasaan 2022 kemaren alphard ortu ganti aki di beres toyota cuman 6 jutaan. Itu aja ganti ga blg2 ane harusnya ga semahal itu. Sama2 ada start stop jg kan :big_think:
KielConstantine wrote: Fri Jan 13, 2023 5:55
peterming77 wrote: Thu Jan 12, 2023 8:28
KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 21:18
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah :big_think:
Baru saya cek aki CorCross nga sampe 6.5jt kok, cuma 4.866jt dan inden :big_biglaugh: :big_cry: :big_smoking:

nanti coba saya cek di engine bay itu aki apa kok mahal sekaleeeee, kalo ganti di shop shop 3rd party itu kena berapa
Itu mbah…. Harga 6.5 jut jut udah billing akhir alias tinggal gesek debit card BCA . Jadi ud berikut jasa pasang & pajak pemerintah tetek bengek laennya :ungg:

Ane sih pengen ngamuk jg klo disodorin bill sgitu buat replace aki doang :big_biglaugh:
Lah nganah mang disodorin bill ganti aki si riper plesur brp om ma si anugrah? Bukannya mepet 5 jeti jg :big_biglaugh:
darrelund wrote: Thu Jan 12, 2023 8:58
Iriawans wrote: Thu Jan 12, 2023 5:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
buset :big_biglaugh:

9,5jt ud kayak aki AGM yurop yg segede gaban

masda aja 3-4jt, aki start stop panasonic 65ah
Aki mazdut pake amaron khusus bwat istop cuman 1,6-1,7an kok om. Durabilitynya mirip2 aki bawaan si panasonic :upss:

Btw aki agm yurop 10an di beres tp jg kalo di spesialis cuman setengah harga, agak2 ajaib sih aki toyoti segitu :big_biglaugh:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by RezPrat »

Btw, penasaran nih, ini si jenix engine minyak nya pake Atkinson cycle apa Otto ya Om? Secara powernya gede gini...rasanya bukan Atkinson yah?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

ac235287 wrote: Sun Jan 22, 2023 0:50 Btw, penasaran nih, ini si jenix engine minyak nya pake Atkinson cycle apa Otto ya Om? Secara powernya gede gini...rasanya bukan Atkinson yah?
semua enjin dynamic force itu atkinson cycle (gas/HV)

power bisa gede? engineering sakti

https://global.toyota/en/mobility/tnga/ ... 18/engine/
https://global.toyota/en/powertrain/engine/