aabx wrote: ↑Wed Jan 02, 2019 6:01
HuGo wrote: ↑Wed Jan 02, 2019 2:32
Hi Semua,
Lihat2 harga Accord generasi 8 (kalau ga salah kode body CP) sekarang sudah menarik. Ada keinginan untuk jadikan mobil hobby yg nantinya dimodif pelan2 karena saya suka banget eksteriornya yg berasa besar. Jadi saya mau bertanya beberapa hal:
1. Ada berapa tipe Accord ini & ciri khas nya apa serta mana yang paling recommended?
2. Bagaimana karakter driving-nya? Apakah comfort atau sporty?
3. Sering lihat kondisinya agak kusam di cat, lampu menguning dan karet/plastik getas. Apakah kualitas material kurang bagus?
4. Keluhan yang sering, biaya perawatan & ketersediaan spare part bagaimana?
Sekian dulu ya. Thanks semuanya
1. Udah dijawab lumayan lengkap sama om Harchi ya, saya coba tambahin lagi:
-Vti dan Vti-L beda di material jok, vti masih fabric, L jok kulit
-Vti-L ada krey kaca belakang elektrik
-Tipe NFL (08-10) tombol audio ada di setir, tipe FL (11-12) tombol audio pindah ke armrest belakang, ini kadang2 berasa ganggu juga, unit yang ada di rumah saya tipe FL 12
-Tipe 3.5 FL (11-12) interior full black
-ini mobil kopongan banget, bahkan MID untuk lihat konsumsi bensin aja gak ada, head unit masih basic tapi udah bisa connect dengan iphone
2. Sporty jelas, suspensinya keras, putaran bawah rada berat, kesimpulan: mobil ini enak banget untuk jalan jauh via tol
3. Ini saya sering lihat di unit pre facelift 08-10, catnya rada kusam. Entah karena material atau perawatan secara Accord jenis ini setau saya banyak juga yang jadi operasional kantor (perawatan seadanya). Kalau di unit saya yang 2012 karena bagian depan sering kejemur, udah mulai kelihatan pernis di headlamp agak ngelupas.
4. Pengalaman saya dengan Accord 2.4 A/T 2012 km 70ribuan:
Perawatan mesin normal2 aja, saya ganti oli per 6 bulan karena jarang dipake, biasanya 6 bulan hanya jalan 2-3rb km. Belakangan ini kadang2 muncul check engine, diagnosanya sensor O2 udah mulai lemah (common problem di mobil modern).
Power steering rembes, problem umum juga. Enaknya PS masih oli jadi untuk perbaikan harganya juga gak ngagetin dan banyak yang bisa handle.
Shock depan ngunci, di servis sepasang sekitar 1.2jt, kalau beli baru kurang tau. Akibat shock ngunci laher depan sebelah ikutan rusak, diganti sekalian dengan karet stabilizer depan sepasang, cost barang hampir 500rb, parts genuine. Rack end sudah ganti pakai merek 555 harga under 400rb. Next sepertinya upper arm depan (ball joint atas) udah mulai lemah juga, cek harga merek 555 kisaran 1juta sepasang. Yang masih agak ragu dengar2 harga piringan rem depan agak mahal.