Serba Serbi Ban EV

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Serba Serbi Ban EV

Post by kurniakerten »

Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
E300 W212
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by masaudie »

Nggak pake EV, tp penasaran aja apa yg membedakan ban mobil EV dan mobil biasa. Apakah krn torsi mobil EV yg gede dan instan jd butuh ban yang mampu ngimbangin?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11865
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by Suryaputra »

kurniakerten wrote: Thu Aug 31, 2023 12:29 Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
EV butuh ban yg punya rolling resistance rendah, dgn tekanan ban yg tinggi.
Spy efisien.

Contohnya ini untuk Lexus UX Electric
Ban Eco.

Image


Klo mau rolling resistance rendah tapi performa tinggi, ya micin ps EV.

Karena ban high performance, tapi rolling resistance rendah, itu pada umumnya saling berlawanan.
Sehingga butuh desain dan bahan khusus untuk bisa akomodir both.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by kurniakerten »

Suryaputra wrote: Thu Aug 31, 2023 13:43
kurniakerten wrote: Thu Aug 31, 2023 12:29 Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
EV butuh ban yg punya rolling resistance rendah, dgn tekanan ban yg tinggi.
Spy efisien.

Contohnya ini untuk Lexus UX Electric
Ban Eco.

Image


Klo mau rolling resistance rendah tapi performa tinggi, ya micin ps EV.

Karena ban high performance, tapi rolling resistance rendah, itu pada umumnya saling berlawanan.
Sehingga butuh desain dan bahan khusus untuk bisa akomodir both.
Oh iya ini juga jadi pertanyaan gw, kenapa tekanan ban PS EV 40 psi? Krn takut terlalu keras, akhirnya gw turunin jadi 35psi. Ga tau efeknya, cuman terasa lebih empuk.
E300 W212
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11865
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by Suryaputra »

kurniakerten wrote: Thu Aug 31, 2023 13:47
Suryaputra wrote: Thu Aug 31, 2023 13:43
kurniakerten wrote: Thu Aug 31, 2023 12:29 Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
EV butuh ban yg punya rolling resistance rendah, dgn tekanan ban yg tinggi.
Spy efisien.

Contohnya ini untuk Lexus UX Electric
Ban Eco.

Image


Klo mau rolling resistance rendah tapi performa tinggi, ya micin ps EV.

Karena ban high performance, tapi rolling resistance rendah, itu pada umumnya saling berlawanan.
Sehingga butuh desain dan bahan khusus untuk bisa akomodir both.
Oh iya ini juga jadi pertanyaan gw, kenapa tekanan ban PS EV 40 psi? Krn takut terlalu keras, akhirnya gw turunin jadi 35psi. Ga tau efeknya, cuman terasa lebih empuk.
Iya hrs keras mbah
Krn ev berat dan rolling resistance jd tinggi.
Jd untuk itu hrs tekanan tinggi.

Berlaku jg untuk hibrid :big_okay:

Klo tekanan ban gak tinggi, putaran roda lbh berat, dan sidewall kerja lbh keras nahan beban mobil.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by kurniakerten »

Nambah lagi daftarnya : Pirelli PZero EV
E300 W212
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by kunaskun »

faktor lain:
LT grade = tampang passenger tapi bobotnya setara light truck
Regen braking = very low rolling resistance
silent type = EV ga ada suara powertrain jadi mesti extra silent
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by kurniakerten »

Halo selamat pagi para sesepuh disini.
Kan Ioniq 5 ga ada ban cadangan.
Kalo diantara para sesepuh tau cara beli velg 1 biji original Ioniq 5 utk ban cadangan tolong share disini nggih.
Agak khawatir juga kalo jalan jarak jauh ga ada ban cadangan.
Terima kasih.
E300 W212
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by daimler »

Denger2 katanya jg ban EV khusus karena karakter khas EV yaitu peak torque udh tercapai dari awal jalan, ga sperti mesin ICE yg rentang peak torquenya ada yg 4000-5000 rpm. Jd bannya harus kuat menahan torsi yg berlimpah ini. Dan ya bobot EV yg pd umumnya lebih berat drpd ICE, kecuali ya guling er ivi ya, yg mungil gitu :big_peace:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by daviddetailermart »

wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 818
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by Kaleng »

jika dibalik ban khusus EV dipakai di mobil ICE biasa kira-kira efeknya apa ya?
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by Bibieight »

Bisa aja si ban biasa dipake di EV, cuma ya itu, harus ngerti limitasinya.

Karena bisa torsi instan, sidewallnya harus kuat nahan torsi, pake ban biasa si bisa, tapi berarti jangan jambak2an torsi.

Kalo EV tu bobot nambah 100-200 kg. dibanding ICE, biar kuat nahan tambahan beban tekanan harus tinggi (I5 minta > 35, dibawah 30 dah ribut dia, Tesla Y malah > 38, dibawah 35 dah keluar warning), bisa si pake ban biasa, cuma harus ditinggiin anginnya.

Kalo rolling resistance si butuh ndak butuh, colokan banyak, ilang 0.5 km/kWh di I5 LR paling juga cuma selisih 35km, masa iya dah sisa 50an km ndak cari colokan.....

Kagak ada suara mesin, makanya didalemnya dipasangin busa peredam, kalo ndak pake bisa gak, ya bisa tapi road noise-nya kedengeran nyata, kalo gini ya jangan salahin peredam.
Koz
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Aug 13, 2024 8:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki XL-7

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by Koz »

daviddetailermart wrote: Fri Aug 09, 2024 2:28 wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
cmiiw :
kalau mobil EV om dari awal sudah pakai yg ban khusus tipe EV sebaiknya gantinya tetap yg tipe EV .

kalau dari awal cuma ban biasa, boleh aja.

perhatikan Load Index ban barunya. cari yang sama atau lebih tinggi daripada ban lamanya.
kalau sampai lebih rendah, kalo bisa maksimal beda 2 angka
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by daviddetailermart »

Koz wrote: Tue Aug 13, 2024 9:05
daviddetailermart wrote: Fri Aug 09, 2024 2:28 wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
cmiiw :
kalau mobil EV om dari awal sudah pakai yg ban khusus tipe EV sebaiknya gantinya tetap yg tipe EV .

kalau dari awal cuma ban biasa, boleh aja.

perhatikan Load Index ban barunya. cari yang sama atau lebih tinggi daripada ban lamanya.
kalau sampai lebih rendah, kalo bisa maksimal beda 2 angka
rencana mau ambil BYD M6 gak tau bannya itu khusus EV apa biasa tp katanya keluaran dr GT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by kunaskun »

Kaleng wrote: Fri Aug 09, 2024 2:34 jika dibalik ban khusus EV dipakai di mobil ICE biasa kira-kira efeknya apa ya?
mahal. :big_biglaugh:
sisanya bantingan pasti akan keras, lebih senyap, dan bisa jadi berasa kaya pake ban ultra high performance, karena lebih grippy.

btw, pernah baca artikel soal ban EV ini the future for tyre manufacaturer, karena sampe sekarang belum ketemu formula buat bikin bisa seawet ban mobil ICE dengan spek yang sama alias bikin pabrikan ban tambah kaya :big_biglaugh:
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Serba Serbi Ban EV

Post by daviddetailermart »

Koz wrote: Tue Aug 13, 2024 9:05
daviddetailermart wrote: Fri Aug 09, 2024 2:28 wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
cmiiw :
kalau mobil EV om dari awal sudah pakai yg ban khusus tipe EV sebaiknya gantinya tetap yg tipe EV .

kalau dari awal cuma ban biasa, boleh aja.

perhatikan Load Index ban barunya. cari yang sama atau lebih tinggi daripada ban lamanya.
kalau sampai lebih rendah, kalo bisa maksimal beda 2 angka
ban continental MC6 max load nya 825kg.. sdangkan berat mobil nya 2.3 ton.. apakah aman mbah?