Serba Serbi Ban EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Serba Serbi Ban EV
Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
E300 W212
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: Serba Serbi Ban EV
Nggak pake EV, tp penasaran aja apa yg membedakan ban mobil EV dan mobil biasa. Apakah krn torsi mobil EV yg gede dan instan jd butuh ban yang mampu ngimbangin?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban EV
EV butuh ban yg punya rolling resistance rendah, dgn tekanan ban yg tinggi.kurniakerten wrote: ↑Thu Aug 31, 2023 12:29 Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
Spy efisien.
Contohnya ini untuk Lexus UX Electric
Ban Eco.
Klo mau rolling resistance rendah tapi performa tinggi, ya micin ps EV.
Karena ban high performance, tapi rolling resistance rendah, itu pada umumnya saling berlawanan.
Sehingga butuh desain dan bahan khusus untuk bisa akomodir both.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Serba Serbi Ban EV
Oh iya ini juga jadi pertanyaan gw, kenapa tekanan ban PS EV 40 psi? Krn takut terlalu keras, akhirnya gw turunin jadi 35psi. Ga tau efeknya, cuman terasa lebih empuk.Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 31, 2023 13:43EV butuh ban yg punya rolling resistance rendah, dgn tekanan ban yg tinggi.kurniakerten wrote: ↑Thu Aug 31, 2023 12:29 Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
Spy efisien.
Contohnya ini untuk Lexus UX Electric
Ban Eco.
Klo mau rolling resistance rendah tapi performa tinggi, ya micin ps EV.
Karena ban high performance, tapi rolling resistance rendah, itu pada umumnya saling berlawanan.
Sehingga butuh desain dan bahan khusus untuk bisa akomodir both.
E300 W212
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban EV
Iya hrs keras mbahkurniakerten wrote: ↑Thu Aug 31, 2023 13:47Oh iya ini juga jadi pertanyaan gw, kenapa tekanan ban PS EV 40 psi? Krn takut terlalu keras, akhirnya gw turunin jadi 35psi. Ga tau efeknya, cuman terasa lebih empuk.Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 31, 2023 13:43EV butuh ban yg punya rolling resistance rendah, dgn tekanan ban yg tinggi.kurniakerten wrote: ↑Thu Aug 31, 2023 12:29 Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw ada Michelin Pilot Sport EV sama Conti kalo ga salah. Nah mohon saran dan pendapat para Suhu semua krn semakin banyak pengguna EV pasti akan ada kebutuhan ganti ban EV.
Terima kasih
Spy efisien.
Contohnya ini untuk Lexus UX Electric
Ban Eco.
Klo mau rolling resistance rendah tapi performa tinggi, ya micin ps EV.
Karena ban high performance, tapi rolling resistance rendah, itu pada umumnya saling berlawanan.
Sehingga butuh desain dan bahan khusus untuk bisa akomodir both.
Krn ev berat dan rolling resistance jd tinggi.
Jd untuk itu hrs tekanan tinggi.
Berlaku jg untuk hibrid
Klo tekanan ban gak tinggi, putaran roda lbh berat, dan sidewall kerja lbh keras nahan beban mobil.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Serba Serbi Ban EV
faktor lain:
LT grade = tampang passenger tapi bobotnya setara light truck
Regen braking = very low rolling resistance
silent type = EV ga ada suara powertrain jadi mesti extra silent
LT grade = tampang passenger tapi bobotnya setara light truck
Regen braking = very low rolling resistance
silent type = EV ga ada suara powertrain jadi mesti extra silent
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Serba Serbi Ban EV
Halo selamat pagi para sesepuh disini.
Kan Ioniq 5 ga ada ban cadangan.
Kalo diantara para sesepuh tau cara beli velg 1 biji original Ioniq 5 utk ban cadangan tolong share disini nggih.
Agak khawatir juga kalo jalan jarak jauh ga ada ban cadangan.
Terima kasih.
Kan Ioniq 5 ga ada ban cadangan.
Kalo diantara para sesepuh tau cara beli velg 1 biji original Ioniq 5 utk ban cadangan tolong share disini nggih.
Agak khawatir juga kalo jalan jarak jauh ga ada ban cadangan.
Terima kasih.
E300 W212
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Serba Serbi Ban EV
Denger2 katanya jg ban EV khusus karena karakter khas EV yaitu peak torque udh tercapai dari awal jalan, ga sperti mesin ICE yg rentang peak torquenya ada yg 4000-5000 rpm. Jd bannya harus kuat menahan torsi yg berlimpah ini. Dan ya bobot EV yg pd umumnya lebih berat drpd ICE, kecuali ya guling er ivi ya, yg mungil gitu
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24
Re: Serba Serbi Ban EV
wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 818
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Serba Serbi Ban EV
jika dibalik ban khusus EV dipakai di mobil ICE biasa kira-kira efeknya apa ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Serba Serbi Ban EV
Bisa aja si ban biasa dipake di EV, cuma ya itu, harus ngerti limitasinya.
Karena bisa torsi instan, sidewallnya harus kuat nahan torsi, pake ban biasa si bisa, tapi berarti jangan jambak2an torsi.
Kalo EV tu bobot nambah 100-200 kg. dibanding ICE, biar kuat nahan tambahan beban tekanan harus tinggi (I5 minta > 35, dibawah 30 dah ribut dia, Tesla Y malah > 38, dibawah 35 dah keluar warning), bisa si pake ban biasa, cuma harus ditinggiin anginnya.
Kalo rolling resistance si butuh ndak butuh, colokan banyak, ilang 0.5 km/kWh di I5 LR paling juga cuma selisih 35km, masa iya dah sisa 50an km ndak cari colokan.....
Kagak ada suara mesin, makanya didalemnya dipasangin busa peredam, kalo ndak pake bisa gak, ya bisa tapi road noise-nya kedengeran nyata, kalo gini ya jangan salahin peredam.
Karena bisa torsi instan, sidewallnya harus kuat nahan torsi, pake ban biasa si bisa, tapi berarti jangan jambak2an torsi.
Kalo EV tu bobot nambah 100-200 kg. dibanding ICE, biar kuat nahan tambahan beban tekanan harus tinggi (I5 minta > 35, dibawah 30 dah ribut dia, Tesla Y malah > 38, dibawah 35 dah keluar warning), bisa si pake ban biasa, cuma harus ditinggiin anginnya.
Kalo rolling resistance si butuh ndak butuh, colokan banyak, ilang 0.5 km/kWh di I5 LR paling juga cuma selisih 35km, masa iya dah sisa 50an km ndak cari colokan.....
Kagak ada suara mesin, makanya didalemnya dipasangin busa peredam, kalo ndak pake bisa gak, ya bisa tapi road noise-nya kedengeran nyata, kalo gini ya jangan salahin peredam.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Aug 13, 2024 8:55
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki XL-7
Re: Serba Serbi Ban EV
cmiiw :daviddetailermart wrote: ↑Fri Aug 09, 2024 2:28 wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
kalau mobil EV om dari awal sudah pakai yg ban khusus tipe EV sebaiknya gantinya tetap yg tipe EV .
kalau dari awal cuma ban biasa, boleh aja.
perhatikan Load Index ban barunya. cari yang sama atau lebih tinggi daripada ban lamanya.
kalau sampai lebih rendah, kalo bisa maksimal beda 2 angka
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24
Re: Serba Serbi Ban EV
rencana mau ambil BYD M6 gak tau bannya itu khusus EV apa biasa tp katanya keluaran dr GTKoz wrote: ↑Tue Aug 13, 2024 9:05cmiiw :daviddetailermart wrote: ↑Fri Aug 09, 2024 2:28 wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
kalau mobil EV om dari awal sudah pakai yg ban khusus tipe EV sebaiknya gantinya tetap yg tipe EV .
kalau dari awal cuma ban biasa, boleh aja.
perhatikan Load Index ban barunya. cari yang sama atau lebih tinggi daripada ban lamanya.
kalau sampai lebih rendah, kalo bisa maksimal beda 2 angka
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Serba Serbi Ban EV
mahal.
sisanya bantingan pasti akan keras, lebih senyap, dan bisa jadi berasa kaya pake ban ultra high performance, karena lebih grippy.
btw, pernah baca artikel soal ban EV ini the future for tyre manufacaturer, karena sampe sekarang belum ketemu formula buat bikin bisa seawet ban mobil ICE dengan spek yang sama alias bikin pabrikan ban tambah kaya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24
Re: Serba Serbi Ban EV
ban continental MC6 max load nya 825kg.. sdangkan berat mobil nya 2.3 ton.. apakah aman mbah?Koz wrote: ↑Tue Aug 13, 2024 9:05cmiiw :daviddetailermart wrote: ↑Fri Aug 09, 2024 2:28 wah kebetulan sy ada ban conti mc6 baru rencana mau dpake buat EV....berarti ga bisa ya oms?
kalau mobil EV om dari awal sudah pakai yg ban khusus tipe EV sebaiknya gantinya tetap yg tipe EV .
kalau dari awal cuma ban biasa, boleh aja.
perhatikan Load Index ban barunya. cari yang sama atau lebih tinggi daripada ban lamanya.
kalau sampai lebih rendah, kalo bisa maksimal beda 2 angka