[Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

[Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

Halo om, tante, dan para suhu sekalian, ijinkan saya seekor silent reader untuk mereview sebuah mobil tua yang barusan saya bungkus beberapa bulan lalu di tahun 2023 ini. Review mobil ini sebenarnya sudah cukup banyak di forum ini, tetapi kali ini review ini berupaya menyajikan perspektif baru atas relevansi mobil ini di tahun 2023, pengalaman mengadopsi, dan juga apa-apa saja yang dilakukan terhadap mobil yang sudah berumur 8 tahun ini. :mky_08:

Disclaimer:
Sebagai informasi, thread ini adalah lanjutan dari thread saya sebelumnya di suggestion corner, viewtopic.php?t=32989, dimana pembelian dilakukan berdasarkan kebutuhan mobil khusus luar kota akibat berpulangnya innivi disil mitik saya. Sebagai akibatnya, tentu tidak bisa dihindari bahwa salah satu perbandingan utamanya akan ke ipah, terutama 2GD trim G seperti mobil saya sebelumnya selain mobil2 lain yang pernah hadir di keluarga saya, dan juga mobil-mobil lain di jaman sekarang direntang harga dibawah 450 juta.

Impression:
The pros (so far):
  • Sudah cukup mevvah dan kekinian - terutama karena sudah dilengkapi keyless entry, leather seat bawaan pabrik, power back door dan electric seat 8 arah, termasuk lumbar support - meski electric seat ini juga menjadi kekurangan yang akan dibahas terpisah.
  • Ergonomi jempolan - dengan pengaturan seat 8 arah plus lumbar support, dan jarak main telescopic steering yang cukup jauh, membuat pencarian posisi yang sesuai menjadi sangat fleksible. Bye sakit punggung yang selama ini dirasakan ketika nyetir lama di ipah (karena telescopic steering yang jarak main nya antara ada dan tiada, dan absennya lumbar support) :big_exellent: .
  • Parking brake by muscle, kebetulan saya belum cukup percaya dengan EPB apalagi untuk keperluan emergency, jadi ini poin plus subjektif untuk saya. Tetapi posisi parking brakenya yang unik juga menjadi kekurangan yang akan dibahas terpisah.
  • Tambahan daylight opening di atap - meskipun saya bukan fans sunroof (no way saya akan buka ini dengan kondisi udara di Surabaya), tapi saya suka suasana terang dan sangat appreciate adanya sumber cahaya natural tambahan dari atas. Somehow ini merupakan fitur yang juga disukai para pembeli mobil di konoha :big_blushing:
  • Lampu HID xenon projector OEM yang sudah (dan masih) cukup terang untuk selera saya. Tidak perlu lagi modif lampu seperti di ipah sejauh ini, mungkin akan agak galau ketika output mulai drop, apakah masih akan ketemu bohlam HID/LED yang cocok atau malah harus ganti LED projector.
  • Big displacement gasoline NA - pepatah no replacement for displacement berlaku disini. Secara karakter mesin ini juga cukup rev happy, meskipun VTEC di K24Z ini hanyalah versi eco orientednya :big_dunno: . Poin plus lain di aspek ini adalah mesin NA yang bebas turbo lag. Bagi tipikal cruiser seperti saya, power selalu cukup dan sudah nampol sejak bawah, cukup “capable” untuk menggantikan 2GD selap selip di tol dan melibas rute pegunungan. Meskipun tentu torsi 220nm di RPM lebih tinggi jelas tidak comparable dengan sedapnya torsi 360nm di RPM rendah milik 2GD, mobil sudah sempat dicoba di tol Surabaya-Malang dan jalur pegunungan termasuk beberapa tanjakan yang cukup ekstrim dengan selamat sentosa. :big_exellent:
  • Handling yang menyenangkan :big_love: . Akhirnya saya memahami kenapa beberapa teman-teman saya maniak Ahond, kebetulan ini memang Ahond pertama saya. Dengan kondisi mobil yang pure vanilla handlingnya cukup ok dan menggugah, mungkin tidak comparable dengan beberapa mobil lain yang pernah saya kemudikan - terutama sedan dengan tendency sporty (eterna, galant, F30), tetapi cukup ok. Kalau dibandingkan dengan ipah yang suspensinya tidak jelas benar2 merupakan sebuah upgrade yang patut disyukuri.
  • Pertamax (dan harusnya pertalite) friendly :big_blushing: . Penting di masa-masa penuh ketidakpastian ini. Meskipun kebetulan memang belum pernah (dan sebisa mungkin tidak) mencoba pertalite, cuma setidaknya ada peace of mind kalau benar-benar kepepet.
    EURO 4?, meskipun fuel di indonesia belum sepenuhnya comply dengan standar ini CMIIW, setidaknya artinya akan “road worthy” untuk jangka waktu yang cukup panjang
.
  • Parts Price & Availability di Beres dan toko pihak ketiga - sejauh ini masih di taraf sesuai ekspektasi. Tetap ada inden yang cukup lama di beres untuk lock jok belakang yang udah kaput, tapi masih cukup wajar.
The cons:
  • Absen nya rear parking sensor dari pabrik. Lumayan butuh pembiasaan, terutama dengan layar kamera mundurnya yang kecil. Sebenarnya bisa ditambahkan tetapi saya anti melubangi body, jadi ya diterima saja. :big_dunno:
  • Posisi “tuas” (pedal) parking brake di kaki yang masih awkward, mungkin belum terbiasa saja.
  • Noise & harshness yang buruk dengan ban dunlop sp sportmaxx berusia 8 tahun yang menempel di mobil ini pada saat pembelian. Dry grip nya memang masih cukup superb, hanya berisik dan kerasnya parah benar. Akhirnya digantikan dengan LM705 yang sudah beberapa kali dipakai di mobil2 sebelumnya dan sangat proven soal comfort dan seketika kenyamanan meningkat jauh, meskipun response handling memang agak sedikit berkurang karena ban yang lebih empuk. Kurangnya peredaman sebenarnya juga berkontribusi untuk hal ini, karena penggantian ban sukses meningkatkan keheningan kabin dengan signifikan. :mky_02:
  • The bling bling factor…. Memang ahond jaman ini banyak banget parts chrome nya… :big_slap: . Done black chrome untuk hampir seluruh panel chrome di mobil dengan pengecualian emblem-emblem di belakang.
  • Built quality yang somehow tidak mencerminkan harga barunya - no no bukan soal bahan dan ketebalan material, ini memang agak kurang untuk harga barunya tapi untuk harga seken no problem sekali. Yang bermasalah di sini adalah gap2 panel yang dipikir2 lagi besar juga, ditambah suara tutup pintu juga agak galau, somewhere antara blep berwibawa dan klang kaleng - mungkin kedepan akan coba pasang karet bantalan tambahan kalau sempat. But hey, ini masih lebih baik daripada beberapa mobil baru yg harganya udah setengah miliar hari ni, dan beberapa mobil2 LXXX di luar sana, jadi dengan harga yang sudah terdepresiasi sedemikian jauh harusnya masih acceptable.
  • The aging design - kebetulan saya suka sekali desain minimalis ahond-ahond generasi terbaru, termasuk CRV RS, sayangnya price list nya belum masuk ke meteran dompet saya :big_childish: . Desain RM sebenarnya tidak buruk-buruk amat, hanya memang terlihat aging, terutama cluster lampu belakangnya. Namun designnya tidak sampai membuat mobil ini terlihat aneh dan pantas dipandang sebelah mata, disandingkan di sebelah mobil2 LXXX keluaran baru (yang kadang desainnya aneh) pun masih terlihat ok. Bahkan di wilayah2 upclass Surabaya masih cukup banyak juga yang pakai tipe ini atau bahkan tipe sebelumnya (RE).
  • The aging parts - suka tidak suka 8 tahun adalah watu yang cukup lama, dan meskipun km rendah, tentu komponen-komponen karet seperti beberapa oil seal sudah menjadi korban (mulai gejala rembes). Hal ini cukup wajar dan sudah diselesaikan seluruhnya di beres (yang cukup mengesankan untuk availabiltynya :big_exellent: ). Beberapa bushing juga diinfokan perlu diganti meskipun belum ada gejala apapun, next (pending) akan diganti dengan PU ketika sudah terasa.
  • The electric seat….. Entah kenapa saya lebih suka feel dan response time mechanical adjustment, apalagi jika akan dipakai lebih dari satu orang dengan tinggi badan berbeda, akan lama adjustment tiap kali berganti pengemudi karena belum dilengkapi memory seat.
  • Oli eh-prok gold 0w20 bawaan beres yang ampun dah. Memang ganti oli ini hanya untuk flushing dan kuras oli lama yang sedikit telat diganti oleh pemilik sebelumya. Setelah dipakai keluar kota dan test pegunungan sekitar 700km, warnanya sudah cukup hitam dengan aroma yang agak mengkhawatirkan. Langsung diganti dengan fastron gold untuk bebersih tahap dua. Next rencana settle dengan oli yang lebih bagus lagi di 3-4000km kemudian.
  • Secara prestige mungkin auranya sudah mengarah ke mobil tua (terutama untuk mereka yang aware dengan dunia otomotif), terutama karena per bulan september kemarin CRV RS launching dan mengakibatkan RM resmi ketinggalan 2 generasi. Ada tendensi membuat saya terlihat seperti om2 (denial) :mky_01: .
  • Pajaknya masih lebih mahal daripada 2GD trim G saya…. Cukup bisa diterima nalar karena harga barunyapun like 35% lebih mahal dari ipah :big_slap:
Worth to mention:
  • Adequate passive safety features. 6 airbags, ABS, BA, VSC, dsb masih jauh lebih baik dari opsi mobil baru di rentang harga yang sama :big_grin: .
  • No Active safety :big_bored: - buat saya tidak jadi dealbreaker, kebetulan memang belum terbiasa dengan mobil yang menggunakan active safety. Paling jauh cuma menggunakan dashcam ber ADAS, dan itupun lebih sering saya matikan ADAS nya karena menurut saya agak mengganggu dikondisi dalam kota - hanya saya aktifkan ketika akan masuk ke tol.
  • Fuel consumption :ungg: - pastinya tidak bisa seirit mesin diesel, tetapi cukup acceptable untuk saya. Somehow tidak terlalu jauh berbeda dengan mesin 1500cc bertransimisi CVT untuk rute kemacetan dalam kota - kalau rute luar kota memang jelas kalah, tapi ketidak iritannya cukup sebanding dengan power yang didapat. Cruise control cukup membantu untuk memungkinkan mencapai level keiritan yang lebih ok.
  • Entertainment system yang sangat outdated, biasa saja suaranya dan well… aneh :big_slap: :big_think: . Saya sungguh tidak terbiasa dengan head unit bawaan mobil ini, fitur yang saya bisa gunakan practically hanya radio dan bluetooh ke hp. Meskipun unit yang saya beli ini sudah dilengkapi dengan audio dari fender, menurut saya suaranya cenderung biasa saja. Saya masih belum tahu bagaimana caranya mengkonekkan headunit ini ke USB drive, tetapi ya sudahlah, head unit ini dilepas dan disimpan dulu karena digantikan head unit aftermarket.
  • Klakson, sungguh menyedihkan suaranya :big_slap: - ada apa dengan trend mobil2 besar dengan klakson imut-imut akhir-akhir ini? Diganti dengan hella black twin tone
  • Ngobrol2 dengan teman-teman bengkel, konon katanya K24 agak rewel - well mungkin dibanding atoyot memang iya, tp sejauh ini belum menemukan kendala berarti, dan kalaupun VTC actuatornya kaput mungkin bakal sekalian jadi project car dengan doping VTEC nya jadi “VTEC beneran” :big_grin: .
Mods lain yang dilakukan untuk keeping up with modern needs dan belum disebutkan diatas:
  • Ganti head unit - diganti dengan head unit android ex ipah sebelumnya yang masih sempat di salvage. Improve sound quality cukup lumayan dengan built in DSP nya, dan yang terpenting bisa carplay yang sudah menjadi kebutuhan primer untuk rute luar kota
  • Pasang dashcam - sepertinya sudah jadi kebutuhan primer juga di masa kini, dan memang sudah terbiasa pasang dashcam sejak tahun 2015 lalu (pakai action cam sebelum dashcam ngetrend seperti sekarang).
  • Flintcote based rustproofing - lumayan membantu juga meningkatkan kekedapan kabin
Verdict:
  • Mobil ini mungkin bukan pilihan paling value for money pada saat baru dulu, tetapi ketika harganya sudah berkurang jauh seperti sekarang menjadi sebuah pilihan yang mulai masuk akal. Pengecualian mungkin untuk mereka yang tidak mementingkan power dan mengutamakan fuel consumption.
  • Dibanding LXXX 3 seater baru jaman sekarang, rasanya mobil ini adalah pilihan yang lebih make sense untuk fungsi yang saya butuhkan (kemampuan jelajah, kenyamanan, price to function ratio) dan sejauh ini tidak menyesal mengadopsi mobil ini.
  • Untuk sisi relevansi, untuk standard 2023, amenities yang tersedia sudah cukup memadai dan masih lebih baik dari LXXX cars yang tersedia di konoha, misalnya AC climate control dengan dual zone, 6 airbags, sunroof? (apakah ini sebuah kebutuhan di negara tropis ini? :big_slap: ), dsb. Dibandingkan dengan kebutuhan jaman sekarang, selama tidak terlalu memusingkan fitur-fitur non gimmick, rasanya mobil ini masih sangat adequate, relevan dan layak dipertimbangkan dengan penambahan beberapa optional parts sesuai kebutuhan. Di kasus saya misalnya dashcam ber fitur ADAS - sure it is not active safety, tapi selama skill menyetir masih memadai harusnya tidak butuh-butuh amat.
The Image Dump:
Before treatment:



















After:












Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3774
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by kendibocor »

RM 2.4 kompresi lebih rendah dari 2.0 harusnya aman mimik pertalite ya om. Dlu bokap punya RE diminumin premium santai2 aja. Ga ada knocking jg. Itu aja udah tiap 2-3 hari bisa ngisi 200-250rb (rute AKAP dipake bwat kerja ke dadap daily n anter jemput ade ane). Odo setahun mepet 30rb.

Kemaren ane pake RM 2.0 minumnya pertalite jg anteng2 aja, cuman 2.0 bolot amit2 sih. Soal road noise mungkin om ketolong dari ban waktu beki uda busuk usia 8 thn trus ganti ban baru berasa silent. Tp nanti kalo uda brp bulan atau nyoba mobil laen trus masuk ke ciarpih lg bakalan berasa berisik lagi kayaknya. Dlu saya pas gnt ban jg gitu kok berasa silent jauh, 2-3 bulan uda berasa bener berisik lg :big_biglaugh:

Btw congrats mbl barunya, hati2 steering rack om penyakit ngondah jaman now, benerinnya ga murah jg 3 tahun lalu aja uda 16 jt an. Skrng gatau brp.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11881
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by Suryaputra »

congrats mbah.
akhirnyaa yaa..

Emang beberapa kawan klo dah hijrah ke Honda, biasanya gak bakal balik ke jepang yg lain.
kecuali Mazda or Jerman sekalian lain cerita yaa.

Honda itu plus nya di impresi pertama adalah Driving Position..
Yes, one of the best driving position di kelas nya. :big_exellent:

Bahkan entry honda si Brio aja, driving positionnya udah sangat ok di kelas nya.
padahal gakda teleskopik2an... gak heran dr salesnya masih nomor 1.

Mereka jago market survey driver nya.
Bisa akomodir driver org indonesia, dgn tinggi 160 - 180 cm
termasuk si om 177cm itu jg memuji ergonomi driving nya Honda :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1689
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by AbdulHakim »

kendibocor wrote: Mon Dec 04, 2023 5:49 RM 2.4 kompresi lebih rendah dari 2.0 harusnya aman mimik pertalite ya om. Dlu bokap punya RE diminumin premium santai2 aja. Ga ada knocking jg. Itu aja udah tiap 2-3 hari bisa ngisi 200-250rb (rute AKAP dipake bwat kerja ke dadap daily n anter jemput ade ane). Odo setahun mepet 30rb.

Kemaren ane pake RM 2.0 minumnya pertalite jg anteng2 aja, cuman 2.0 bolot amit2 sih. Soal road noise mungkin om ketolong dari ban waktu beki uda busuk usia 8 thn trus ganti ban baru berasa silent. Tp nanti kalo uda brp bulan atau nyoba mobil laen trus masuk ke ciarpih lg bakalan berasa berisik lagi kayaknya. Dlu saya pas gnt ban jg gitu kok berasa silent jauh, 2-3 bulan uda berasa bener berisik lg :big_biglaugh:

Btw congrats mbl barunya, hati2 steering rack om penyakit ngondah jaman now, benerinnya ga murah jg 3 tahun lalu aja uda 16 jt an. Skrng gatau brp.
16 juta untuk harga mobil yg skrg sudah under 300jt, harusnya beli spare part ori racksteer di bengkel resmi juga harusnya tetep full senyum om :upss:

buat om TS, ganteng mobilnya :big_okay:
kalo saya langsung ganti velg putih, biar makin cakep :big_exellent:
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

kendibocor wrote: Mon Dec 04, 2023 5:49 RM 2.4 kompresi lebih rendah dari 2.0 harusnya aman mimik pertalite ya om. Dlu bokap punya RE diminumin premium santai2 aja. Ga ada knocking jg. Itu aja udah tiap 2-3 hari bisa ngisi 200-250rb (rute AKAP dipake bwat kerja ke dadap daily n anter jemput ade ane). Odo setahun mepet 30rb.

Kemaren ane pake RM 2.0 minumnya pertalite jg anteng2 aja, cuman 2.0 bolot amit2 sih. Soal road noise mungkin om ketolong dari ban waktu beki uda busuk usia 8 thn trus ganti ban baru berasa silent. Tp nanti kalo uda brp bulan atau nyoba mobil laen trus masuk ke ciarpih lg bakalan berasa berisik lagi kayaknya. Dlu saya pas gnt ban jg gitu kok berasa silent jauh, 2-3 bulan uda berasa bener berisik lg :big_biglaugh:

Btw congrats mbl barunya, hati2 steering rack om penyakit ngondah jaman now, benerinnya ga murah jg 3 tahun lalu aja uda 16 jt an. Skrng gatau brp.
Thank you om infonya, mungkin akan saya coba pas longtrip akhir tahun nanti.
Benar, untuk ban bisa jadi juga masih efek karena habis lepas dari ban busuk, perlu dibuktikan sekian kilometer kemudian hehe
Steering rack semoga juga awet, sejauh ini tidak ada tanda-tanda mencurigakan sama sekali dan km masih cukup low. Semoga cukup awet :big_blushing:
Suryaputra wrote: Mon Dec 04, 2023 5:58 congrats mbah.
akhirnyaa yaa..

Emang beberapa kawan klo dah hijrah ke Honda, biasanya gak bakal balik ke jepang yg lain.
kecuali Mazda or Jerman sekalian lain cerita yaa.

Honda itu plus nya di impresi pertama adalah Driving Position..
Yes, one of the best driving position di kelas nya. :big_exellent:

Bahkan entry honda si Brio aja, driving positionnya udah sangat ok di kelas nya.
padahal gakda teleskopik2an... gak heran dr salesnya masih nomor 1.

Mereka jago market survey driver nya.
Bisa akomodir driver org indonesia, dgn tinggi 160 - 180 cm
termasuk si om 177cm itu jg memuji ergonomi driving nya Honda :big_biglaugh:
Iya om, akhirnya. Pembeliannya pun tidak terduga karena pas hunting juga tidak diniatkan cari CRV RM. Waktu itu malah udah bertekad hunting CX5 atau Ipah lagi, yang mana tidak ketemu yang cocok :big_biglaugh:

Benar driving position nya sangat impressive :big_exellent: . Satu-satunya yang bisa saya cela dari driving position ini hanya aspek visibilitas karena bentuk dan placement spion sampingnya yang besar sekali tangkainya - jadi akan lebih menguntungkan kalau posisi jok disetting tinggi. Tapi ini cukup minor untuk bisa diabaikan bagi saya yang tingginya 170++, lain cerita mungkin kalau yang nyetir adalah istri saya yang posturnya lebih mini hehe. Jadi penasaran dengan visibilitas CRV RS yang sudah pakai model pedestal spion nya
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3774
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by kendibocor »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 04, 2023 7:02
kendibocor wrote: Mon Dec 04, 2023 5:49 RM 2.4 kompresi lebih rendah dari 2.0 harusnya aman mimik pertalite ya om. Dlu bokap punya RE diminumin premium santai2 aja. Ga ada knocking jg. Itu aja udah tiap 2-3 hari bisa ngisi 200-250rb (rute AKAP dipake bwat kerja ke dadap daily n anter jemput ade ane). Odo setahun mepet 30rb.

Kemaren ane pake RM 2.0 minumnya pertalite jg anteng2 aja, cuman 2.0 bolot amit2 sih. Soal road noise mungkin om ketolong dari ban waktu beki uda busuk usia 8 thn trus ganti ban baru berasa silent. Tp nanti kalo uda brp bulan atau nyoba mobil laen trus masuk ke ciarpih lg bakalan berasa berisik lagi kayaknya. Dlu saya pas gnt ban jg gitu kok berasa silent jauh, 2-3 bulan uda berasa bener berisik lg :big_biglaugh:

Btw congrats mbl barunya, hati2 steering rack om penyakit ngondah jaman now, benerinnya ga murah jg 3 tahun lalu aja uda 16 jt an. Skrng gatau brp.
16 juta untuk harga mobil yg skrg sudah under 300jt, harusnya beli spare part ori racksteer di bengkel resmi juga harusnya tetep full senyum om :upss:

buat om TS, ganteng mobilnya :big_okay:
kalo saya langsung ganti velg putih, biar makin cakep :big_exellent:
Ya 16 jt sih oke lah, tp itu dlu harga akord cr2 ding. Ga tau crv brp. Tp kayanya mirip2. Dari hrv sampe akkord harga steering racknya segituan kayanya. Tp entah di toped apa ada aftermarketnya ya. Si mazdut udah ada tuh aftermarket bermerk, cuman 2 jtan, tp steering rack mazdut jg cuman 6 jt sih.
noire wrote: Mon Dec 04, 2023 7:02
Iya om, akhirnya. Pembeliannya pun tidak terduga karena pas hunting juga tidak diniatkan cari CRV RM. Waktu itu malah udah bertekad hunting CX5 atau Ipah lagi, yang mana tidak ketemu yang cocok :big_biglaugh:

Benar driving position nya sangat impressive :big_exellent: . Satu-satunya yang bisa saya cela dari driving position ini hanya aspek visibilitas karena bentuk dan placement spion sampingnya yang besar sekali tangkainya - jadi akan lebih menguntungkan kalau posisi jok disetting tinggi. Tapi ini cukup minor untuk bisa diabaikan bagi saya yang tingginya 170++, lain cerita mungkin kalau yang nyetir adalah istri saya yang posturnya lebih mini hehe. Jadi penasaran dengan visibilitas CRV RS yang sudah pakai model pedestal spion nya
Sebenernya drpd ciarpih mending CX5 sih om kalo dpt barang bagus. Walaupun 1 level tp si CX5 berasa 1 tingkat diatas ciarpih. Minusnya ya klise mazda lah, servis mahal, row 2 sempit, sama si ciarpih lebih rev-happy dr CX5. CX5 diatas 120-130 mulai berasa kehabisan napas.
Tp keduanya mobil yg oke lah dengan segala kekurangan dan kelebihannya :big_exellent:
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

kendibocor wrote: Mon Dec 04, 2023 8:02
AbdulHakim wrote: Mon Dec 04, 2023 7:02
kendibocor wrote: Mon Dec 04, 2023 5:49 RM 2.4 kompresi lebih rendah dari 2.0 harusnya aman mimik pertalite ya om. Dlu bokap punya RE diminumin premium santai2 aja. Ga ada knocking jg. Itu aja udah tiap 2-3 hari bisa ngisi 200-250rb (rute AKAP dipake bwat kerja ke dadap daily n anter jemput ade ane). Odo setahun mepet 30rb.

Kemaren ane pake RM 2.0 minumnya pertalite jg anteng2 aja, cuman 2.0 bolot amit2 sih. Soal road noise mungkin om ketolong dari ban waktu beki uda busuk usia 8 thn trus ganti ban baru berasa silent. Tp nanti kalo uda brp bulan atau nyoba mobil laen trus masuk ke ciarpih lg bakalan berasa berisik lagi kayaknya. Dlu saya pas gnt ban jg gitu kok berasa silent jauh, 2-3 bulan uda berasa bener berisik lg :big_biglaugh:

Btw congrats mbl barunya, hati2 steering rack om penyakit ngondah jaman now, benerinnya ga murah jg 3 tahun lalu aja uda 16 jt an. Skrng gatau brp.
16 juta untuk harga mobil yg skrg sudah under 300jt, harusnya beli spare part ori racksteer di bengkel resmi juga harusnya tetep full senyum om :upss:

buat om TS, ganteng mobilnya :big_okay:
kalo saya langsung ganti velg putih, biar makin cakep :big_exellent:
Ya 16 jt sih oke lah, tp itu dlu harga akord cr2 ding. Ga tau crv brp. Tp kayanya mirip2. Dari hrv sampe akkord harga steering racknya segituan kayanya. Tp entah di toped apa ada aftermarketnya ya. Si mazdut udah ada tuh aftermarket bermerk, cuman 2 jtan, tp steering rack mazdut jg cuman 6 jt sih.
noire wrote: Mon Dec 04, 2023 7:02
Iya om, akhirnya. Pembeliannya pun tidak terduga karena pas hunting juga tidak diniatkan cari CRV RM. Waktu itu malah udah bertekad hunting CX5 atau Ipah lagi, yang mana tidak ketemu yang cocok :big_biglaugh:

Benar driving position nya sangat impressive :big_exellent: . Satu-satunya yang bisa saya cela dari driving position ini hanya aspek visibilitas karena bentuk dan placement spion sampingnya yang besar sekali tangkainya - jadi akan lebih menguntungkan kalau posisi jok disetting tinggi. Tapi ini cukup minor untuk bisa diabaikan bagi saya yang tingginya 170++, lain cerita mungkin kalau yang nyetir adalah istri saya yang posturnya lebih mini hehe. Jadi penasaran dengan visibilitas CRV RS yang sudah pakai model pedestal spion nya
Sebenernya drpd ciarpih mending CX5 sih om kalo dpt barang bagus. Walaupun 1 level tp si CX5 berasa 1 tingkat diatas ciarpih. Minusnya ya klise mazda lah, servis mahal, row 2 sempit, sama si ciarpih lebih rev-happy dr CX5. CX5 diatas 120-130 mulai berasa kehabisan napas.
Tp keduanya mobil yg oke lah dengan segala kekurangan dan kelebihannya :big_exellent:
Untuk om AbdulHakim, thank you om, velg putih menarik memang hehe, sempat kepikiran ganti velg juga ke model yg lebih simple elegan, cm lagi kepikiran apa dibikin sleeper aja - budget repair/upgrade pelanp-pelan di mentokin ke suspensi dan engine, tampilan visual low profile aja :big_grin: .

kebetulan benernya juga sudah ada tabungan untuk rack steer ipah dulu (yang udah mulai agak bergejala juga di km 90k++), jadi benernya sudah cukup ready kalau rack steer somehow kena. Tapi lebih baik lagi kalau dana tabungan itu tetap disiram dan berbunga aja :big_blushing:

Untuk om Kendi, benar om, CX5 menang telak bagi saya, hanya 2nd row nya saja yg agak sempit dan kondisi barang-barang yang ada disini saja yang tidak masuk ke saya (antara overprice parah dibanding kondisinya, atau busuk sekali). Sejauh ini memang sangat happy dengan karakter rev happy nya di tol, meski mobil tua masih bisa bikin saya senyum kalau ngetol - udah agak bosen dengan karakter diesel yang agak bengek di RPM atas soalnya. :big_biglaugh:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by bzt4 »

selamat atas mobil barunya om, walau udah diatas 5 tahun tapi tetep masih worth it kok. Anyway pasang aja sensor parkir om, bukannya di beres bisa ya? Terkadang ada objek yang nggak kedetect walau sudah ada kamera mundur.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by ricz »

Selamat mobil barunya, semoga enjoy sama mobil barunya om.

Dirumah juga masih pake RM3 2.4 tahun 2013, dulu nyokap beli dari baru.
Sejauh ini dipake sih aman2 aja ngga ada kendala ya, cuma terakhir refresh seal2 mesin, seal VTEC, sama ganti shock depan, link stabilizer sama lower arm kiri kanan gara2 udah bunyi glodakan.
Odo juga udah nyentuh 90 rb per hari ini :big_biglaugh:
Utk mesin cukup reliable, paling penyakitnya di fanbelt atau pulleynya yang sering minta ganti kalo udah umur 3/4 taun pemakaian. Sisanya sih no problem, mesin juga aman dicekokin Pertalite :big_grin:

Btw, kalo udah usia diatas 5 tahun bagusan cek kondisi motor fan dan tutup radiator. Kemaren mobil saya overheat gara2 motor fan uda lemah dan tutup radiator udah agak bapuk krn usia. Terakhir diflush smua cooling systemnya, ganti selang2 radiator yg udah mengeras, ganti motorfan sama tutup radiator. Works well kembali hehe.

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by Pboyz97 »

nice review om dan congrats buat mobil barunya

kondisi mobilnya masih mint cond dan odonya masih sangat rendah buat ukuran crv yg umurnya udh diatas 5 tahun. mobil ini memang desainnya saya perhatikan cukup timeless, gak lekang dimakan jaman, even disandingin sm crv rw maupun yg model gen 6 hybrid sekalipun. kebetulan sudah pernah naik punya temen tp yg pfl nya, mobil ini memang all rounder. lega, practical, nyaman, bantingan suspensi empuk tp disisi lain tetep punya handling, driving feel dan tarikan yg cukup oke. walaupun interior quality, road noise, dan kualitas audio bawaannya agak kurang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by ChZ »

wah asik dapet fender audio edition :mky_02:

yang menarik CRV sejak generasi 3 ini OKL vibesnya kental banget. nggak jarang liat OKL mobil perang sehari - harinya ya CRV gen 3/4/5. trs durabilitynya underrated banget, padahal gen 4 durabilitynya meningkat jauh dari gen 3.

cuma dudulnya mesin K24 ini kalo stelan klepnya ga bener antara pelan amit amit atau boros amit amit. masalahnya dari pabrik stelan klepnya ga sama semua. jd musti curiga stelan klep ga bener kl penggunaan normal susah dapet di atas 1:6 (kecuali macet parah ya lain crita).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2889
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by KielConstantine »

Congrats lhoo om buat mobilnya

Ada bakat juga ternyata jadi riviuwer mobil khas SM neehh .. Ulasannya comprehensive, ngerti jg sama spek & mods. Mantepp lahh :frm_salut: :frm_salut:

Trus ini


Beuhhhh emang ganteng seh muka type facelift RM :big_love:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by Syauqi »

Selamat atas mobil barunya om :big_exellent:
kebetulan ini mobil yg saya ngidam banget selain camry XV50 facelift, apalagi range harganya mirip" walaupun biasanya lebih mahal crv ini sih ya. Salut banget sama improvement nya dibandingkan pre-fl nya, terutama fitur passive safety macam 6 airbags vsc + hsa & bonus sunrop favorit netizen :mky_02:

Btw itu kayaknya grill depannya bukan aslinya yah om, soalnya setahu saya bagian tengah grill itu warnanya black gloss deh bukan chrome begitu. Tapi yaudah sih ya toh udah di blackchrome juga kan
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

bzt4 wrote: Mon Dec 04, 2023 10:40 selamat atas mobil barunya om, walau udah diatas 5 tahun tapi tetep masih worth it kok. Anyway pasang aja sensor parkir om, bukannya di beres bisa ya? Terkadang ada objek yang nggak kedetect walau sudah ada kamera mundur.
Thank you om, nah ini saya kurang paham juga apakah tersedia di semua beres. Mungkin kalau mampir akan coba-coba ditanyakan hehe
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

ricz wrote: Mon Dec 04, 2023 14:58 Selamat mobil barunya, semoga enjoy sama mobil barunya om.

Dirumah juga masih pake RM3 2.4 tahun 2013, dulu nyokap beli dari baru.
Sejauh ini dipake sih aman2 aja ngga ada kendala ya, cuma terakhir refresh seal2 mesin, seal VTEC, sama ganti shock depan, link stabilizer sama lower arm kiri kanan gara2 udah bunyi glodakan.
Odo juga udah nyentuh 90 rb per hari ini :big_biglaugh:
Utk mesin cukup reliable, paling penyakitnya di fanbelt atau pulleynya yang sering minta ganti kalo udah umur 3/4 taun pemakaian. Sisanya sih no problem, mesin juga aman dicekokin Pertalite :big_grin:

Btw, kalo udah usia diatas 5 tahun bagusan cek kondisi motor fan dan tutup radiator. Kemaren mobil saya overheat gara2 motor fan uda lemah dan tutup radiator udah agak bapuk krn usia. Terakhir diflush smua cooling systemnya, ganti selang2 radiator yg udah mengeras, ganti motorfan sama tutup radiator. Works well kembali hehe.
Thank you om,

Wah mantap juga durabilitynya untuk mobil yang sudah 10 tahun.
Noted om untuk infonya, sejauh ini masih aman, tapi akan jadi catatan untuk jaga-jaga.

Kebetulan saya juga sempat iseng coba pertalite kemarin (setengah tank), sejauh ini tidak ada perubahan signifikan terkait power ataupun feel mesin dalam kota, akan dicoba setidaknya beberapa siklus kedepan
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

ChZ wrote: Tue Dec 05, 2023 3:05 wah asik dapet fender audio edition :mky_02:

yang menarik CRV sejak generasi 3 ini OKL vibesnya kental banget. nggak jarang liat OKL mobil perang sehari - harinya ya CRV gen 3/4/5. trs durabilitynya underrated banget, padahal gen 4 durabilitynya meningkat jauh dari gen 3.

cuma dudulnya mesin K24 ini kalo stelan klepnya ga bener antara pelan amit amit atau boros amit amit. masalahnya dari pabrik stelan klepnya ga sama semua. jd musti curiga stelan klep ga bener kl penggunaan normal susah dapet di atas 1:6 (kecuali macet parah ya lain crita).
Thank you om ChZ, berkat om saya jadi punya pandangan yang lebih positif untuk CRV baik RM ataupun RW :mky_02:
Benar, dua hari ini saya keliling-keliling daerah upclass di tangerang isinya masih banyak CRV RM dan RW, disamping banyak mobil2 "aneh"
KielConstantine wrote: Tue Dec 05, 2023 4:37 Congrats lhoo om buat mobilnya

Ada bakat juga ternyata jadi riviuwer mobil khas SM neehh .. Ulasannya comprehensive, ngerti jg sama spek & mods. Mantepp lahh :frm_salut: :frm_salut:

Trus ini


Beuhhhh emang ganteng seh muka type facelift RM :big_love:
Thank you om Kiel, semoga review saya sebagai sekor nubie berkenan :big_blushing:
Bener om, sejak awal RM facelift ini launching dulu saya memang cukup terpukau dengan front fascia nya, pas ganti generasi ke RW malah saya tidak cocok dengan front fascianya padahal belakangnya ok sekali. :big_chicken:
Syauqi wrote: Fri Dec 08, 2023 2:56 Selamat atas mobil barunya om :big_exellent:
kebetulan ini mobil yg saya ngidam banget selain camry XV50 facelift, apalagi range harganya mirip" walaupun biasanya lebih mahal crv ini sih ya. Salut banget sama improvement nya dibandingkan pre-fl nya, terutama fitur passive safety macam 6 airbags vsc + hsa & bonus sunrop favorit netizen :mky_02:

Btw itu kayaknya grill depannya bukan aslinya yah om, soalnya setahu saya bagian tengah grill itu warnanya black gloss deh bukan chrome begitu. Tapi yaudah sih ya toh udah di blackchrome juga kan
Thank you om Syauqi,
Benar, saya merasa RM facelift ini sudah cukup dan masih relevan dengan jaman sekarang tanpa perlu terlalu banyak improvement mandiri. untuk yang pre-FL mungkin yang akan lebih butuh effort untuk menjadiannya lebih relevan. Camry XV50 facelift juga merupakan mobil yang sebenarnya juga sempat saya incar, sayangnya sebagian jalanan di surabaya barat benar-benar kurang ramah terhadap sedan :big_dunno:

Asli itu om, tapi memang optional untuk tipe prestige fender seingat saya. Saya ingat betul pernah lihat unit RM prestige dengan grill chrome besar seperti ini di GIASS surabaya sekitar tahun 2015/2016 - disamping versi regularnya. Kebetulan meskipun saya tidak suka blingnya, bentuknya saya lebih suka yang grill ini dibanding versi regularnya yang lebih sporty, lebih ke arah manis elegan dengan model one piecenya.
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by masaudie »

Congrats mobil barunya om. Salah satu mobil yg sukses bikin nengok kalo ada yg lewat dijalan, bagian belakangnya gak kalah dibanding generasi terbarunya pun.

Btw, out of topic dikit, kebetulan mau beli TPMS yang modelnya sama, akurat om? paling gak kalo kempes parah aja bisa kedetect sih.
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

masaudie wrote: Sun Dec 10, 2023 13:53 Congrats mobil barunya om. Salah satu mobil yg sukses bikin nengok kalo ada yg lewat dijalan, bagian belakangnya gak kalah dibanding generasi terbarunya pun.

Btw, out of topic dikit, kebetulan mau beli TPMS yang modelnya sama, akurat om? paling gak kalo kempes parah aja bisa kedetect sih.
Thank you om,

Sejauh ini saya pernah pakai di 3 mobil berbeda cukup akurat untuk mendeteksi pengurangan atau penambahan tekanan udaranya. hanya saja untuk nilai yang dibaca entah TPMS nya yang kalibrasi bawaannya ngaco atau kalibrasi tyre inflatornya yang ngaco itu yang saya kurang paham. Ada tyre inflator tertentu yang hasil bacaannya sama dan selalu konsisten dengan TPMS (di salah satu bengkel ban langganan saya), ada juga tyre inflator selalu konsisten juga yang selalu terbaca dibawah apa yang dibaca TPMS, dan ada juga yang malah secara konsisten selalu diatasnya. Jadi sudah bisa menyesuaikan.

Oh ya, untuk ketiga unit TPMS itu semua hasil bacaannya konsisten deviasinya dengan benchmark tyre inflator yang saya infokan diatas, jadi harusnya akurat meskipun unitnya beda-beda
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

Syauqi wrote: Fri Dec 08, 2023 2:56 Selamat atas mobil barunya om :big_exellent:
kebetulan ini mobil yg saya ngidam banget selain camry XV50 facelift, apalagi range harganya mirip" walaupun biasanya lebih mahal crv ini sih ya. Salut banget sama improvement nya dibandingkan pre-fl nya, terutama fitur passive safety macam 6 airbags vsc + hsa & bonus sunrop favorit netizen :mky_02:

Btw itu kayaknya grill depannya bukan aslinya yah om, soalnya setahu saya bagian tengah grill itu warnanya black gloss deh bukan chrome begitu. Tapi yaudah sih ya toh udah di blackchrome juga kan
Nambahin di post saya kemarin om, ngga bisa diedit soalnya :big_peace: .
Modulo package ternyata

Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by Syauqi »

noire wrote: Mon Dec 11, 2023 3:29
Nambahin di post saya kemarin om, ngga bisa diedit soalnya :big_peace: .
Modulo package ternyata

oh, masuk akal sih kalo modulo soalnya kalo saya perhatikan ciri khasnya modulo ini bentuk asesorisnya pada gendut / tebel" yg jadinya bikin mobilnya jadi tembem.

btw saya setuju banget ttg bagian belakang mobil ini yang keliatan aga kuno, apalagi lampu belakangnya. Lebih ke desainnya aja sih yg terlalu tegak tapi membulat, beda sama depan & sampingnya yg lancip" & tajem
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Mon Dec 11, 2023 8:06
noire wrote: Mon Dec 11, 2023 3:29
Nambahin di post saya kemarin om, ngga bisa diedit soalnya :big_peace: .
Modulo package ternyata

oh, masuk akal sih kalo modulo soalnya kalo saya perhatikan ciri khasnya modulo ini bentuk asesorisnya pada gendut / tebel" yg jadinya bikin mobilnya jadi tembem.

btw saya setuju banget ttg bagian belakang mobil ini yang keliatan aga kuno, apalagi lampu belakangnya. Lebih ke desainnya aja sih yg terlalu tegak tapi membulat, beda sama depan & sampingnya yg lancip" & tajem
last edition RM semua versi fender audio dapet grill modulo om.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by glendotan »

wah selamat atas mobil barunya om, dan reviewnya enak dibaca.....
asik banget CRV RM3 last fl ini, perpaduan fitur teknologi terkini, mesin powerful NA khas vtec, handling mantab dan tampilan yg masih timeless.

Mengenai Pertalite, ane pun isi Full Pertalite sejak 5 tahun terakhir, no ngelitik, FC dan performa masih dapet asal kualitas oli dijaga, termasuk oli at nya..
petrucc1
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Dec 21, 2023 8:20
Location: Surabaya

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by petrucc1 »

mau tanya nih om..ane juga pengguna RM yg 2.0..kok merasa kaki2 ini agak keras ya kalau jalan tidak rata, speed trap yg agak tajam..jadi kerasa gelodakan..ane uda bawa ke 3 bengkel katanya tidak masalah..tapi ane masih ga yakin masa gini amat bawa CRV..apa perlu ganti shock..tapi juga ttp bingung takutnya sama aja..umur mobil sih sama 8 tahun...sesama sby, merasa sedih banget jalanana sini khusunya sby barat..jalan geronjal dimana2..:)
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

glendotan wrote: Mon Dec 18, 2023 9:39 wah selamat atas mobil barunya om, dan reviewnya enak dibaca.....
asik banget CRV RM3 last fl ini, perpaduan fitur teknologi terkini, mesin powerful NA khas vtec, handling mantab dan tampilan yg masih timeless.

Mengenai Pertalite, ane pun isi Full Pertalite sejak 5 tahun terakhir, no ngelitik, FC dan performa masih dapet asal kualitas oli dijaga, termasuk oli at nya..
Thank you om,
Oh ya kalau oli biasanya pakai apa om?
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [Owning Experience & Review] CRV RM3 K24 sebuah review dari perspektif 2023

Post by noire »

petrucc1 wrote: Thu Dec 21, 2023 14:58 mau tanya nih om..ane juga pengguna RM yg 2.0..kok merasa kaki2 ini agak keras ya kalau jalan tidak rata, speed trap yg agak tajam..jadi kerasa gelodakan..ane uda bawa ke 3 bengkel katanya tidak masalah..tapi ane masih ga yakin masa gini amat bawa CRV..apa perlu ganti shock..tapi juga ttp bingung takutnya sama aja..umur mobil sih sama 8 tahun...sesama sby, merasa sedih banget jalanana sini khusunya sby barat..jalan geronjal dimana2..:)
Halo om, salam kenal sesama surabaya barat,
iya jalanan nya kacau banget

sejauh ini menurut saya memang keras om, apalagi pas masih pakai sportmaxx 050, sekarang pake lm705 lebih bisa diterima - efek pilihan ban lumayan berasa soalnya
paling menyesuaikan style berkendara saja, ngga langsung ngehajar lubang atau polisi tidur, kalau punya saya lebih ke rebound shock belakangnya yang cenderung terlalu cepat disamping shock nya yang memang keras dan travelnya agak panjang - depan masih cukup normal.

Kalau boleh tahu sudah ke bengkel mana saja om?
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125