epinjose wrote: ↑Mon Apr 01, 2024 2:46
Update singkat, short trip pake rental Zenix G HV high mileage
Long weekend kemarin saya rencana angkut orang tua dari Pekalongan ke Jakarta..
Karena masih sayang bawa mobil sendiri (lebih tepatnya karena mobil sendiri lemot sih), jadi Iseng tanya langganan sewa mobil kantor lagi avail apa.
kebetulan seekor zenix G HV lagi available. Tahun 2023, KM udah 53000an . (saya pakai jadi 54200)
Short impression:
Day 1 - Etape 1
- Bensin Shell super, payload 1 pax + tas kecil
- JKT - Tegal (lancar ETE 03:30 jam-an)
- Speed, sruntulan 100~160
- Average cons 21 km/l
- Akselerasi nya ternyata diluar ekspektasi saya.. ngimbangin duo gajah gampang banget. kickdown start dari gerbang tol juga effortless sampe 100. bener2 diluar ekspektasi.
Day 1 - Etape 2
- Bensin separo saya isi pertalite, payload 1 pax + tas kecil
- Tegal ~ Pekalongan (sore agak padat di kota)
- Speed tol sruntulan 100~160, dalkot banyak berenti n macet
- Average cons 17km/l(reset dari etape 1)
- Akselerasi kick down berasa sedikit lemot dari etape1. tapi masih bikin saya senyum ngekor pajero.
Day 2 - Etape 3 (konsumsi bbm agak aneh)
- Bensin masih pertalite dari etape 2, payload 3 pax + tas 3
- Pekalongan ~ Sumedang (via cisumdawu), nyari tahu bung keng, kemakan video om fitra eri.. haha
- Speed konstan 80~120 max (cisumdawu 60~80)
- Average cons 18km/l (reset dari etape 2)
- sebelum pecahan cisumdawu (ini start uphill di cisumdawu) di cipali jalan konstan, dapat sekitar 17km/l (--> lebih boros dari etape 1)
- masuk cisumdawu, karena banyak uphill dan downhill, serta speed turun ke 60~80 karena ortu kagum sama keindahan tol sini.
jadi fuel cons naik ke 18km/l
Day 2 - Etape 4 (balik jakarta)
- Bensin saya top up pertamax sekitar 5 liter, payload 3 pax + tas 3
- Sumedang ~ bandung (bypass toll) ~ rest area 97 makan malam ~ JKT
- Speed Cipularang 80~100, Japek 80~120
- Average cons 24km/l (reset dari etape 3)
- Fuel cons baik karena cipularang downhill, batere bertengger di kanan (6~8 bar terus)
Kesimpulan saya
+ akselerasi jauh jauh dari ekspektasi saya. lebih kencang dari cross dan jauhhh dari hrv. imbang lah sama pajero std
+ nyaman.. 1 tahun jalan 50rb belum terdengar rattle dari interior maupun kaki2
+ bensin justru lebih irit kalau dibawa sruntulan dan pulse and glide (tapi penumpang bisa mabok)
+ Ride quality surprisingly OK.. gak se enak hrv, tp gak seburuk innova lama.. cukup dan gak bikin mabok lah.
+ fuel tank nya relatif kecil ya? saya awal2 isi 300 shell dari kosong kok langsung 3/4.
- Interor lebih proper hrv (saya dapatnya G, gak tau yang Q kayak gimana)
- untuk orang yang pendek ( <160) penopang paha agak terlalu tajam dan keluar, jadi kaki cepat pegal.
- baris ke2 juga sama, topangan paha terlalu panjang buat orang pendek.
- baris ke3 nyaman, kalau baris kedua di geser ke depan
- saya mo geber diatas 160, tapi mengingat ini G, ban nya eco dan relatif kecil (205/65r16 champiro luxe), jadi saya tahan2 diri supaya selamat.. hehe
Dari saya yang skeptikal sama zenix karena review built quality bla bla bla..
Setelah coba long drive pake ini, even seri G, saya jadi kepikiran untuk tuker hrv lemot saya ke ini, in case butuh
extra ruang, extra punch, extra smile di tol.