2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 0:52 Ini zenix hybrid (G/V/Q) udah bertaburan di jalan raya, tapi kok jarang ada yang review/share/commend di sini ya?
soalnya apa yang mau dibahas om, masa bahas konsumsi bbmnya :mky_07:

kalo inopa reborn kan masih bahas pake oli apa, pake racun apa, modif apa :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1685
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 6:54
AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 0:52 Ini zenix hybrid (G/V/Q) udah bertaburan di jalan raya, tapi kok jarang ada yang review/share/commend di sini ya?
soalnya apa yang mau dibahas om, masa bahas konsumsi bbmnya :mky_07:

kalo inopa reborn kan masih bahas pake oli apa, pake racun apa, modif apa :upss:
iya juga ya om, apalagi masih pada masa garansi, masih mesra-mesranya sama bengkel resmi, olinya aja TMO dari beres
alvin23 wrote: Thu Mar 07, 2024 6:48
AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 0:52 Ini zenix hybrid (G/V/Q) udah bertaburan di jalan raya, tapi kok jarang ada yang review/share/commend di sini ya?
Mungkin karena bapak2 pembeli zenix bukan tipe penunggu forum om wkwkwk
ahaha bapack-bapack ya "udah bagus, ga usah diapa-apain, ntar rusak lagi"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 7:11
iya juga ya om, apalagi masih pada masa garansi, masih mesra-mesranya sama bengkel resmi, olinya aja TMO dari beres

ahaha bapack-bapack ya "udah bagus, ga usah diapa-apain, ntar rusak lagi"
ya gak heran om, kalo yg maen forum mobil biasa anak muda suka modif modif... inopa reborn lebih bahan dibanding zenix :mky_03:

reborn bahas kaki kaki aja gak kelar kelar gmn bikin gak goyang tapi tetep nyaman... zenix masa mau pasang coilover wong kenyamanannya udah standar kebanyakan orang :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by RezPrat »

ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 7:15
AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 7:11
iya juga ya om, apalagi masih pada masa garansi, masih mesra-mesranya sama bengkel resmi, olinya aja TMO dari beres

ahaha bapack-bapack ya "udah bagus, ga usah diapa-apain, ntar rusak lagi"
ya gak heran om, kalo yg maen forum mobil biasa anak muda suka modif modif... inopa reborn lebih bahan dibanding zenix :mky_03:

reborn bahas kaki kaki aja gak kelar kelar gmn bikin gak goyang tapi tetep nyaman... zenix masa mau pasang coilover wong kenyamanannya udah standar kebanyakan orang :mky_07:
Nah itu lah nikmat nya reborn, Masih ada "room for improvement" hahaha, kalo zenix ngibrit, takut juga otak-atik, ntar cek engine nyala lagi, kelistrikan lebih rumit. Musti punya scanner snap-on 30an JT buat analysis nya hahaha :big_weee:
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 6:54
AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 0:52 Ini zenix hybrid (G/V/Q) udah bertaburan di jalan raya, tapi kok jarang ada yang review/share/commend di sini ya?
soalnya apa yang mau dibahas om, masa bahas konsumsi bbmnya :mky_07:

kalo inopa reborn kan masih bahas pake oli apa, pake racun apa, modif apa :upss:
minggu lalu pas lg di a***2***, gk sengaja denger obrolan antara owner zenix dgn SA terkait servis 1000 km.

owner: ini free service kan?
SA: ya, betul pak. bapak mau pake oli yg jenis apa? 10W-40, 5W-30, atau 0W-20?
owner: bedanya apa?
SA: 10W-40 ini bagus. tapi yg 5W-30 lebih bagus pak soalnya lebih encer. paling bagus yg 0W-20. klo ambil 10W-40, bapak gk dikenakan buaya tambahan. tapi bapak msti nambah lg klo olinya mau yg lbh bagus.
owner: oo dikenakan biaya tambahan ya?
SA: iya pak, tapi cuma utk olinya aja.

dlm hati cuma ngebatin:
1. mesin modern kok msh ditawarin oli 10W-40.
2. bgini amat si bengkel resmi buat nyari cuan. :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

RezPrat wrote: Thu Mar 07, 2024 7:27 Nah itu lah nikmat nya reborn, Masih ada "room for improvement" hahaha, kalo zenix ngibrit, takut juga otak-atik, ntar cek engine nyala lagi, kelistrikan lebih rumit. Musti punya scanner snap-on 30an JT buat analysis nya hahaha :big_weee:
kek bahasan di sebelah kenapa dimari kesannya anti bgt sama EV ya emang EV gak menarik buat enthusiast di modip mentok2 jg bisanya ganti velg. cuma one off akselerasi 0-100 cepet wow terus batre abis... blom takut kebakar.... :mky_03:

gimana2 yg aktip di forum ya pasti enthusiast :mky_03:
lexnic wrote: Thu Mar 07, 2024 7:47 minggu lalu pas lg di a***2***, gk sengaja denger obrolan antara owner zenix dgn SA terkait servis 1000 km.

owner: ini free service kan?
SA: ya, betul pak. bapak mau pake oli yg jenis apa? 10W-40, 5W-30, atau 0W-20?
owner: bedanya apa?
SA: 10W-40 ini bagus. tapi yg 5W-30 lebih bagus pak soalnya lebih encer. paling bagus yg 0W-20. klo ambil 10W-40, bapak gk dikenakan buaya tambahan. tapi bapak msti nambah lg klo olinya mau yg lbh bagus.
owner: oo dikenakan biaya tambahan ya?
SA: iya pak, tapi cuma utk olinya aja.

dlm hati cuma ngebatin:
1. mesin modern kok msh ditawarin oli 10W-40.
2. bgini amat si bengkel resmi buat nyari cuan. :big_biglaugh:
emang standar serpis gratis atoyot ini aneh. kalo free, dapetnya 10W-40 apapun mobilnya. kalo mau pake 0w-20 harus nambah. padahal bukman mintanya 0w-20. :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by lexnic »

RezPrat wrote: Thu Mar 07, 2024 7:27 Nah itu lah nikmat nya reborn, Masih ada "room for improvement" hahaha, kalo zenix ngibrit, takut juga otak-atik, ntar cek engine nyala lagi, kelistrikan lebih rumit. Musti punya scanner snap-on 30an JT buat analysis nya hahaha :big_weee:
IMO, yg diincar dri zenix bukan kencengnya tapi iritnya om :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 7:49 emang standar serpis gratis atoyot ini aneh. kalo free, dapetnya 10W-40 apapun mobilnya. kalo mau pake 0w-20 harus nambah. padahal bukman mintanya 0w-20. :big_bored:
antara sengaja buat nyari cuan tambahan ato emg pihak bengkel resminya yg kurang paham mengenai kebutuhan mobil produksinya. yah, olinya jga TMO (bukan oli kelas keraton yg bagus banget). :mky_01:

klo saya jdi si owner, saya skip ganti olinya (ganti oli sndiri di luar, skalian beli oli yg bagus) trus cuma kerjain cek2 aja. ato tetep nambah biar bisa dapet yg bagus sesuai buku manual, tapi setelah itu ke depannya ganti oli sndiri di luar.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

lexnic wrote: Thu Mar 07, 2024 7:58 antara sengaja buat nyari cuan tambahan ato emg pihak bengkel resminya yg kurang paham mengenai kebutuhan mobil produksinya. yah, olinya jga TMO (bukan oli kelas keraton yg bagus banget). :mky_01:

klo saya jdi si owner, saya skip ganti olinya (ganti oli sndiri di luar, skalian beli oli yg bagus) trus cuma kerjain cek2 aja. ato tetep nambah biar bisa dapet yg bagus sesuai buku manual, tapi setelah itu ke depannya ganti oli sndiri di luar.
denger2 semua cabang gt om, kek pernah ada yg pake raize jg dikasih gratisnya 10w-40 :big_bored:

kalo dgn standar servis se caur ini, emang caurnya diuntungkan dgn konstruksi mesin toyota yg stronk sih. walaupun ntah deh yg baru2 nanti gimana. wong mesin lama aja beberapa langganan sludge dan bakar oli. angkatannya 1nz-fe, 2az-fe, 1mz-fe tuh masalah ma oli semua
Last edited by ChZ on Thu Mar 07, 2024 8:02, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2036
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by alvin23 »

ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 7:15
AbdulHakim wrote: Thu Mar 07, 2024 7:11
iya juga ya om, apalagi masih pada masa garansi, masih mesra-mesranya sama bengkel resmi, olinya aja TMO dari beres

ahaha bapack-bapack ya "udah bagus, ga usah diapa-apain, ntar rusak lagi"
ya gak heran om, kalo yg maen forum mobil biasa anak muda suka modif modif... inopa reborn lebih bahan dibanding zenix :mky_03:

reborn bahas kaki kaki aja gak kelar kelar gmn bikin gak goyang tapi tetep nyaman... zenix masa mau pasang coilover wong kenyamanannya udah standar kebanyakan orang :mky_07:
Ya soalnya yang satu truk, yang satu MOBIL
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ChZ »

alvin23 wrote: Thu Mar 07, 2024 8:02
Ya soalnya yang satu truk, yang satu MOBIL
itu dia om. gimana gak jadi langganan dibahas mulu reborn. blom bahas mesin velg aksesoris dll :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 8:01
lexnic wrote: Thu Mar 07, 2024 7:58 antara sengaja buat nyari cuan tambahan ato emg pihak bengkel resminya yg kurang paham mengenai kebutuhan mobil produksinya. yah, olinya jga TMO (bukan oli kelas keraton yg bagus banget). :mky_01:

klo saya jdi si owner, saya skip ganti olinya (ganti oli sndiri di luar, skalian beli oli yg bagus) trus cuma kerjain cek2 aja. ato tetep nambah biar bisa dapet yg bagus sesuai buku manual, tapi setelah itu ke depannya ganti oli sndiri di luar.
denger2 semua cabang gt om, kek pernah ada yg pake raize jg dikasih gratisnya 10w-40 :big_bored:

kalo dgn standar servis se caur ini, emang caurnya diuntungkan dgn konstruksi mesin toyota yg stronk sih. walaupun ntah deh yg baru2 nanti gimana. wong mesin lama aja beberapa langganan sludge dan bakar oli. angkatannya 1nz-fe, 2az-fe, 1mz-fe tuh masalah ma oli semua
kebangetan klo smpe semua cabang kyk bgini. tapi ya udhlah, toh saya pribadi udh gk pernah ke bengkel resmi toyota lg buat servis. terakhir ke p**za toyota buat klaim asuransi berhubung polis udh mau expired.

sekuat2nya mesin, klo maintenance nya salah ya lama2 jebol jga hahaha. jdi curiga, jgn2 masalah oli di angkatan 1nz-fe, 2az-fe, dkk ini gara2 pake oli yg gk sesuai buku manual :big_bored:
alvin23 wrote: Thu Mar 07, 2024 8:02
Ya soalnya yang satu truk, yang satu MOBIL
yg truk potensi modifnya lbh banyak hahaha.

yg mobil, karena orang2 beli buat incer iritnya, jdi kebanyakan ya dibiarin standar.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by RezPrat »

lexnic wrote: Thu Mar 07, 2024 7:52
RezPrat wrote: Thu Mar 07, 2024 7:27 Nah itu lah nikmat nya reborn, Masih ada "room for improvement" hahaha, kalo zenix ngibrit, takut juga otak-atik, ntar cek engine nyala lagi, kelistrikan lebih rumit. Musti punya scanner snap-on 30an JT buat analysis nya hahaha :big_weee:
IMO, yg diincar dri zenix bukan kencengnya tapi iritnya om :big_peace:
Iya om, ane tau hihihi, beli zenix hybrid udah so pasti ngejar efisiensi.
kalo hobi utak Atik mobil paling cuma bisa d bagian velg sama body, kalo dah nyentuh mesin sama tranny, butuh special tools and skill set tertentu.

Ane ada motor listrik, waktu mau ganti ban belakang, ane bongkar sendiri tuh motor, benar2 abis bongkar semua Krn motor listrik nyatu sama ban belakang, sekalian ane coba utak atik akhir nya mentok d software. Cari part2 improvement musti import dari cina....mana Aliexpress dah d block lagi...ya sudah lah ane pasrah aja cuma upgrade ban belakang.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by epinjose »

Update singkat, short trip pake rental Zenix G HV high mileage

Long weekend kemarin saya rencana angkut orang tua dari Pekalongan ke Jakarta..
Karena masih sayang bawa mobil sendiri (lebih tepatnya karena mobil sendiri lemot sih), jadi Iseng tanya langganan sewa mobil kantor lagi avail apa.
kebetulan seekor zenix G HV lagi available. Tahun 2023, KM udah 53000an . (saya pakai jadi 54200)

Short impression:

Day 1 - Etape 1
- Bensin Shell super, payload 1 pax + tas kecil
- JKT - Tegal (lancar ETE 03:30 jam-an)
- Speed, sruntulan 100~160
- Average cons 21 km/l
- Akselerasi nya ternyata diluar ekspektasi saya.. ngimbangin duo gajah gampang banget. kickdown start dari gerbang tol juga effortless sampe 100. bener2 diluar ekspektasi.

Day 1 - Etape 2
- Bensin separo saya isi pertalite, payload 1 pax + tas kecil
- Tegal ~ Pekalongan (sore agak padat di kota)
- Speed tol sruntulan 100~160, dalkot banyak berenti n macet
- Average cons 17km/l(reset dari etape 1)
- Akselerasi kick down berasa sedikit lemot dari etape1. tapi masih bikin saya senyum ngekor pajero.

Day 2 - Etape 3 (konsumsi bbm agak aneh)
- Bensin masih pertalite dari etape 2, payload 3 pax + tas 3
- Pekalongan ~ Sumedang (via cisumdawu), nyari tahu bung keng, kemakan video om fitra eri.. haha
- Speed konstan 80~120 max (cisumdawu 60~80)
- Average cons 18km/l (reset dari etape 2)
- sebelum pecahan cisumdawu (ini start uphill di cisumdawu) di cipali jalan konstan, dapat sekitar 17km/l (--> lebih boros dari etape 1)
- masuk cisumdawu, karena banyak uphill dan downhill, serta speed turun ke 60~80 karena ortu kagum sama keindahan tol sini.
jadi fuel cons naik ke 18km/l

Day 2 - Etape 4 (balik jakarta)
- Bensin saya top up pertamax sekitar 5 liter, payload 3 pax + tas 3
- Sumedang ~ bandung (bypass toll) ~ rest area 97 makan malam ~ JKT
- Speed Cipularang 80~100, Japek 80~120
- Average cons 24km/l (reset dari etape 3)
- Fuel cons baik karena cipularang downhill, batere bertengger di kanan (6~8 bar terus)

Kesimpulan saya
+ akselerasi jauh jauh dari ekspektasi saya. lebih kencang dari cross dan jauhhh dari hrv. imbang lah sama pajero std
+ nyaman.. 1 tahun jalan 50rb belum terdengar rattle dari interior maupun kaki2
+ bensin justru lebih irit kalau dibawa sruntulan dan pulse and glide (tapi penumpang bisa mabok)
+ Ride quality surprisingly OK.. gak se enak hrv, tp gak seburuk innova lama.. cukup dan gak bikin mabok lah.
+ fuel tank nya relatif kecil ya? saya awal2 isi 300 shell dari kosong kok langsung 3/4.

- Interor lebih proper hrv (saya dapatnya G, gak tau yang Q kayak gimana)
- untuk orang yang pendek ( <160) penopang paha agak terlalu tajam dan keluar, jadi kaki cepat pegal.
- baris ke2 juga sama, topangan paha terlalu panjang buat orang pendek.
- baris ke3 nyaman, kalau baris kedua di geser ke depan
- saya mo geber diatas 160, tapi mengingat ini G, ban nya eco dan relatif kecil (205/65r16 champiro luxe), jadi saya tahan2 diri supaya selamat.. hehe

Dari saya yang skeptikal sama zenix karena review built quality bla bla bla..
Setelah coba long drive pake ini, even seri G, saya jadi kepikiran untuk tuker hrv lemot saya ke ini, in case butuh extra ruang, extra punch, extra smile di tol.
Krucilatoz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Krucilatoz »

lexnic wrote: Thu Mar 07, 2024 7:52
RezPrat wrote: Thu Mar 07, 2024 7:27 Nah itu lah nikmat nya reborn, Masih ada "room for improvement" hahaha, kalo zenix ngibrit, takut juga otak-atik, ntar cek engine nyala lagi, kelistrikan lebih rumit. Musti punya scanner snap-on 30an JT buat analysis nya hahaha :big_weee:
IMO, yg diincar dri zenix bukan kencengnya tapi iritnya om :big_peace:
as owner, memang lumayan irit, tapi bukan yg utama om, at least aku pribadi lebih tertarik karena ada teknologinya, udah pasti ni mobil akan responsif (vs zenix bensin CVT / non-hybrid), dan transmisinya jauh lebih reliable daripada CVT (ini hasil ngubrek yutup belajar apa itu ECVT yg penuh planetary gear bukan belt).
epinjose wrote: Mon Apr 01, 2024 2:46 Update singkat, short trip pake rental Zenix G HV high mileage

Long weekend kemarin saya rencana angkut orang tua dari Pekalongan ke Jakarta..
Karena masih sayang bawa mobil sendiri (lebih tepatnya karena mobil sendiri lemot sih), jadi Iseng tanya langganan sewa mobil kantor lagi avail apa.
kebetulan seekor zenix G HV lagi available. Tahun 2023, KM udah 53000an . (saya pakai jadi 54200)

--disingkat--

Kesimpulan saya
+ akselerasi jauh jauh dari ekspektasi saya. lebih kencang dari cross dan jauhhh dari hrv. imbang lah sama pajero std
+ nyaman.. 1 tahun jalan 50rb belum terdengar rattle dari interior maupun kaki2
+ bensin justru lebih irit kalau dibawa sruntulan dan pulse and glide (tapi penumpang bisa mabok)
+ Ride quality surprisingly OK.. gak se enak hrv, tp gak seburuk innova lama.. cukup dan gak bikin mabok lah.
+ fuel tank nya relatif kecil ya? saya awal2 isi 300 shell dari kosong kok langsung 3/4.

- Interor lebih proper hrv (saya dapatnya G, gak tau yang Q kayak gimana)
- untuk orang yang pendek ( <160) penopang paha agak terlalu tajam dan keluar, jadi kaki cepat pegal.
- baris ke2 juga sama, topangan paha terlalu panjang buat orang pendek.
- baris ke3 nyaman, kalau baris kedua di geser ke depan
- saya mo geber diatas 160, tapi mengingat ini G, ban nya eco dan relatif kecil (205/65r16 champiro luxe), jadi saya tahan2 diri supaya selamat.. hehe

Dari saya yang skeptikal sama zenix karena review built quality bla bla bla..
Setelah coba long drive pake ini, even seri G, saya jadi kepikiran untuk tuker hrv lemot saya ke ini, in case butuh extra ruang, extra punch, extra smile di tol.
Totally agree dengan kesimpulannya om.
Kalau yang G/V memang sebaiknya upgrade ban ganti dengan yg proper, Continental atau Michelin, di jalan beton berasa grudukannya.
Dan memang, enaknya dibawa sruntulan (misal pansela / panturan non-tol), malah irit. Dalkot kalau macet ya cuma dapat 1 - 12/13an.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1685
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

epinjose wrote: Mon Apr 01, 2024 2:46 Update singkat, short trip pake rental Zenix G HV high mileage

Long weekend kemarin saya rencana angkut orang tua dari Pekalongan ke Jakarta..
Karena masih sayang bawa mobil sendiri (lebih tepatnya karena mobil sendiri lemot sih), jadi Iseng tanya langganan sewa mobil kantor lagi avail apa.
kebetulan seekor zenix G HV lagi available. Tahun 2023, KM udah 53000an . (saya pakai jadi 54200)

Short impression:

Day 1 - Etape 1
- Bensin Shell super, payload 1 pax + tas kecil
- JKT - Tegal (lancar ETE 03:30 jam-an)
- Speed, sruntulan 100~160
- Average cons 21 km/l
- Akselerasi nya ternyata diluar ekspektasi saya.. ngimbangin duo gajah gampang banget. kickdown start dari gerbang tol juga effortless sampe 100. bener2 diluar ekspektasi.

Day 1 - Etape 2
- Bensin separo saya isi pertalite, payload 1 pax + tas kecil
- Tegal ~ Pekalongan (sore agak padat di kota)
- Speed tol sruntulan 100~160, dalkot banyak berenti n macet
- Average cons 17km/l(reset dari etape 1)
- Akselerasi kick down berasa sedikit lemot dari etape1. tapi masih bikin saya senyum ngekor pajero.

Day 2 - Etape 3 (konsumsi bbm agak aneh)
- Bensin masih pertalite dari etape 2, payload 3 pax + tas 3
- Pekalongan ~ Sumedang (via cisumdawu), nyari tahu bung keng, kemakan video om fitra eri.. haha
- Speed konstan 80~120 max (cisumdawu 60~80)
- Average cons 18km/l (reset dari etape 2)
- sebelum pecahan cisumdawu (ini start uphill di cisumdawu) di cipali jalan konstan, dapat sekitar 17km/l (--> lebih boros dari etape 1)
- masuk cisumdawu, karena banyak uphill dan downhill, serta speed turun ke 60~80 karena ortu kagum sama keindahan tol sini.
jadi fuel cons naik ke 18km/l

Day 2 - Etape 4 (balik jakarta)
- Bensin saya top up pertamax sekitar 5 liter, payload 3 pax + tas 3
- Sumedang ~ bandung (bypass toll) ~ rest area 97 makan malam ~ JKT
- Speed Cipularang 80~100, Japek 80~120
- Average cons 24km/l (reset dari etape 3)
- Fuel cons baik karena cipularang downhill, batere bertengger di kanan (6~8 bar terus)

Kesimpulan saya
+ akselerasi jauh jauh dari ekspektasi saya. lebih kencang dari cross dan jauhhh dari hrv. imbang lah sama pajero std
+ nyaman.. 1 tahun jalan 50rb belum terdengar rattle dari interior maupun kaki2
+ bensin justru lebih irit kalau dibawa sruntulan dan pulse and glide (tapi penumpang bisa mabok)
+ Ride quality surprisingly OK.. gak se enak hrv, tp gak seburuk innova lama.. cukup dan gak bikin mabok lah.
+ fuel tank nya relatif kecil ya? saya awal2 isi 300 shell dari kosong kok langsung 3/4.

- Interor lebih proper hrv (saya dapatnya G, gak tau yang Q kayak gimana)
- untuk orang yang pendek ( <160) penopang paha agak terlalu tajam dan keluar, jadi kaki cepat pegal.
- baris ke2 juga sama, topangan paha terlalu panjang buat orang pendek.
- baris ke3 nyaman, kalau baris kedua di geser ke depan
- saya mo geber diatas 160, tapi mengingat ini G, ban nya eco dan relatif kecil (205/65r16 champiro luxe), jadi saya tahan2 diri supaya selamat.. hehe

Dari saya yang skeptikal sama zenix karena review built quality bla bla bla..
Setelah coba long drive pake ini, even seri G, saya jadi kepikiran untuk tuker hrv lemot saya ke ini, in case butuh extra ruang, extra punch, extra smile di tol.
walah lebih kencang dari CorCross ya om? iyalah mesin 2000cc, CorCross khan 1800cc
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by darrelund »

Qbart wrote: Fri Dec 15, 2023 1:13 Worth it ga klo tukar fortuner 2023 tetradrive sama zenix q modellista? Dr sisi kenyamanan pasti lebih baik, tp klo utk di daerah sptnya lbh pas fortuner. Harga dex yg ga menentu ditambah supply yg sulit di daerah
worth it apa gak ya tergantung

cuma yg pasti kursi fortuner peslip itu ud kyk kulit buaya, keras bgt. bikin badan mental mentul

klo masi pengen fortunernya coba aja retrim um

dan yg pasti 2.8 siy lebi mantep feelnya :big_biglaugh:
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by epinjose »

AbdulHakim wrote: Mon Apr 01, 2024 10:43 walah lebih kencang dari CorCross ya om? iyalah mesin 2000cc, CorCross khan 1800cc
cobain deh om, sapa tau jd kepikiran.. hehehe
gak sampe kencang gimana sih, tp effortless. Ngejar diesel ya hayuk .. dia makin ngegas, saya gas lagi juga hayuk..
Tapi kalo interior masih megang corcross kemana2 sih.. ambience, BQ, kedap, dan kursi masih enak corcross.

Kurang nya di kursi sih (karena saya pendek aja).. saya balik nyupir mobil sendiri, baru berasa suportif kursi honda, terutama paha dan lumbar belakang ke topang dengan baik..

Tipe G/V kalo saya, perlu consider retrofit cruise control sih kalo bisa, supaya kaki gak pegal.
Krucilatoz wrote: Mon Apr 01, 2024 9:13 Totally agree dengan kesimpulannya om.
Kalau yang G/V memang sebaiknya upgrade ban ganti dengan yg proper, Continental atau Michelin, di jalan beton berasa grudukannya.
Dan memang, enaknya dibawa sruntulan (misal pansela / panturan non-tol), malah irit. Dalkot kalau macet ya cuma dapat 1 - 12/13an.
Iya om, 2 hari saya coba mobil ini sih saya senyam senyum aja. lupa pasang musik abis keluar rest area, lngs gaspol.. haha
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Devourer »

epinjose wrote: Mon Apr 01, 2024 2:46 Update singkat, short trip pake rental Zenix G HV high mileage

Long weekend kemarin saya rencana angkut orang tua dari Pekalongan ke Jakarta..
Karena masih sayang bawa mobil sendiri (lebih tepatnya karena mobil sendiri lemot sih), jadi Iseng tanya langganan sewa mobil kantor lagi avail apa.
kebetulan seekor zenix G HV lagi available. Tahun 2023, KM udah 53000an . (saya pakai jadi 54200)

Short impression:

Day 1 - Etape 1
- Bensin Shell super, payload 1 pax + tas kecil
- JKT - Tegal (lancar ETE 03:30 jam-an)
- Speed, sruntulan 100~160
- Average cons 21 km/l
- Akselerasi nya ternyata diluar ekspektasi saya.. ngimbangin duo gajah gampang banget. kickdown start dari gerbang tol juga effortless sampe 100. bener2 diluar ekspektasi.

Day 1 - Etape 2
- Bensin separo saya isi pertalite, payload 1 pax + tas kecil
- Tegal ~ Pekalongan (sore agak padat di kota)
- Speed tol sruntulan 100~160, dalkot banyak berenti n macet
- Average cons 17km/l(reset dari etape 1)
- Akselerasi kick down berasa sedikit lemot dari etape1. tapi masih bikin saya senyum ngekor pajero.

Day 2 - Etape 3 (konsumsi bbm agak aneh)
- Bensin masih pertalite dari etape 2, payload 3 pax + tas 3
- Pekalongan ~ Sumedang (via cisumdawu), nyari tahu bung keng, kemakan video om fitra eri.. haha
- Speed konstan 80~120 max (cisumdawu 60~80)
- Average cons 18km/l (reset dari etape 2)
- sebelum pecahan cisumdawu (ini start uphill di cisumdawu) di cipali jalan konstan, dapat sekitar 17km/l (--> lebih boros dari etape 1)
- masuk cisumdawu, karena banyak uphill dan downhill, serta speed turun ke 60~80 karena ortu kagum sama keindahan tol sini.
jadi fuel cons naik ke 18km/l

Day 2 - Etape 4 (balik jakarta)
- Bensin saya top up pertamax sekitar 5 liter, payload 3 pax + tas 3
- Sumedang ~ bandung (bypass toll) ~ rest area 97 makan malam ~ JKT
- Speed Cipularang 80~100, Japek 80~120
- Average cons 24km/l (reset dari etape 3)
- Fuel cons baik karena cipularang downhill, batere bertengger di kanan (6~8 bar terus)

Kesimpulan saya
+ akselerasi jauh jauh dari ekspektasi saya. lebih kencang dari cross dan jauhhh dari hrv. imbang lah sama pajero std
+ nyaman.. 1 tahun jalan 50rb belum terdengar rattle dari interior maupun kaki2
+ bensin justru lebih irit kalau dibawa sruntulan dan pulse and glide (tapi penumpang bisa mabok)
+ Ride quality surprisingly OK.. gak se enak hrv, tp gak seburuk innova lama.. cukup dan gak bikin mabok lah.
+ fuel tank nya relatif kecil ya? saya awal2 isi 300 shell dari kosong kok langsung 3/4.

- Interor lebih proper hrv (saya dapatnya G, gak tau yang Q kayak gimana)
- untuk orang yang pendek ( <160) penopang paha agak terlalu tajam dan keluar, jadi kaki cepat pegal.
- baris ke2 juga sama, topangan paha terlalu panjang buat orang pendek.
- baris ke3 nyaman, kalau baris kedua di geser ke depan
- saya mo geber diatas 160, tapi mengingat ini G, ban nya eco dan relatif kecil (205/65r16 champiro luxe), jadi saya tahan2 diri supaya selamat.. hehe

Dari saya yang skeptikal sama zenix karena review built quality bla bla bla..
Setelah coba long drive pake ini, even seri G, saya jadi kepikiran untuk tuker hrv lemot saya ke ini, in case butuh extra ruang, extra punch, extra smile di tol.
Nice review nih om penasaran ane klo zenix uda high mileage gmn.
Buat perbandingan ini, punya om hrv old apa new?

kebetulan ane skrg pake hrv se old yang agak ganjal buat ane tiap kli bawa berasa joknya entah
kurang nyaman terutama dibagian lumbar, meskipun klo udh bawa lama akan kebiasa.

Ane makin sadar lg pas abis liburan bentar rental lmpv xpander bbrp hari aja, ngerasa kok duduknya jauh
lebih enak bawa jauh ga cape :big_think:

Jd kepikiran jg untuk tuker yg lebih nyaman, walaupun sebenernya sayang hrv masih lmyn low km jg & ga menyusahkan.
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
Krucilatoz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Krucilatoz »

Devourer wrote: Thu Apr 04, 2024 15:35 Nice review nih om penasaran ane klo zenix uda high mileage gmn.
Buat perbandingan ini, punya om hrv old apa new?

kebetulan ane skrg pake hrv se old yang agak ganjal buat ane tiap kli bawa berasa joknya entah
kurang nyaman terutama dibagian lumbar, meskipun klo udh bawa lama akan kebiasa.

Ane makin sadar lg pas abis liburan bentar rental lmpv xpander bbrp hari aja, ngerasa kok duduknya jauh
lebih enak bawa jauh ga cape :big_think:

Jd kepikiran jg untuk tuker yg lebih nyaman, walaupun sebenernya sayang hrv masih lmyn low km jg & ga menyusahkan.
Nah, nyaman-nya xpander ini jadi concern dulu waktu mau ambil antara xpander atau zenix,
dua-duanya yg di punggung bisa nyaman dan enak terutama buat nyetir jauh / lama.
Cuman, lihat2 review, zenix bisa ngasih senyum sewaktu gas-nya diinjak, unlike xpander yg di kelasnya sendiri termasuk lemot.
To be fair, wajar sih karena bobotnya lebih berat, avanza/veloz yg 1.085kg (kl ga salah), stargazer 1,1 ton, vs xpander yg 1.2 ton.
Cuman karena dulunya pakai livina yg joknya jelas nyaman tapi akselerasi lemot, jadinya pengen yg sat set, sehingga ngebungkus zenix.

btw, kalau sekedar kurang-sreg dikit, dan mobil masih low-km, mending kasih penyangga aja om, aku dulu sampai beli beberapa bantal kursi sampai ketemu yg fit dan enak. Kalau udah dapat posisi "pas"nya, mungkin bisa ke tukang jok minta renov dikit di bagian jok driver.
Paling cuma ratusan ribu atau jutaan kecil, lha daripada ganti mobil yg jelas urusannya ratusan juta.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by epinjose »

Devourer wrote: Thu Apr 04, 2024 15:35
Nice review nih om penasaran ane klo zenix uda high mileage gmn.
Buat perbandingan ini, punya om hrv old apa new?

kebetulan ane skrg pake hrv se old yang agak ganjal buat ane tiap kli bawa berasa joknya entah
kurang nyaman terutama dibagian lumbar, meskipun klo udh bawa lama akan kebiasa.

Ane makin sadar lg pas abis liburan bentar rental lmpv xpander bbrp hari aja, ngerasa kok duduknya jauh
lebih enak bawa jauh ga cape :big_think:

Jd kepikiran jg untuk tuker yg lebih nyaman, walaupun sebenernya sayang hrv masih lmyn low km jg & ga menyusahkan.
Hrv nya RV om. Tapi keluarga ada yg pake RU.
Kalo di saya sih ya, mungkin karena postur saya pendek (<160), kalo di banding sama kursi avanza n zenix, long trip kok saya masih nyaman kursinya hrv (both RV n RU).
Kursi nya hrv new jauh lebih supportif sih, tp back seat masih enak yg old ketimbang new.

Toyota yang model2 mpv generik somehow lumbar support nya agak pelit2, musti nambah bantal sendiri kyknya.. haha
indoristi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Fri May 02, 2014 2:18
Location: jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by indoristi »

Om om mohon ijin, skrg zenix v hybrid diskon berapa ya? pengen beli soalnya. trus apa pro and consnya.
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Mesinanak »

wicaksono99 wrote: Sun Feb 05, 2023 15:01
McLaren wrote: Sun Feb 05, 2023 4:59
alexand wrote: Sun Feb 05, 2023 4:28 Zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
jebol om hehehe.. kompresinya tinggi, teknologi maxx, toleransi dan gap minimal.
kecuali dipake 50 rb km trus jual
Jangan salah.. Kompresi tinggi tapi mesinnya pakai siklus atkinson bukan otto, jadi kompresi tinggi on sheet aja sedangkan realnya ketika siklus kompresi ada bahan bakar yg balik ke intake karna klep intake masih kebuka beberapa saat saat langkah kompresi. Pas butuh power lebih direct injectornya baru nyemburin bensin saat klep intake udah ketutup biar gak ada bensin yg keluar + volumetrik efisiensi bertambah dengan campuran bensin yg lebih rich.

Ya bijak2 aja milih bahan bakar, karna bahan bakar ga melulu RON.. Ada kandungan sulfur dan aditif lain yg bikin optimal pembakarannya.
Naah... Abang inj memberikan pencerahan dari keparnoan.. makasih infonya..
Penasaran, ada pencerahan lbh lanjut gak bang?
Kira2 klo di konversi ke otto, equivalent dgn kompresi brp ya?
Solidarität für immer
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by farizfsa »

Mesinanak wrote: Mon Jul 29, 2024 3:31
wicaksono99 wrote: Sun Feb 05, 2023 15:01
McLaren wrote: Sun Feb 05, 2023 4:59

jebol om hehehe.. kompresinya tinggi, teknologi maxx, toleransi dan gap minimal.
kecuali dipake 50 rb km trus jual
Jangan salah.. Kompresi tinggi tapi mesinnya pakai siklus atkinson bukan otto, jadi kompresi tinggi on sheet aja sedangkan realnya ketika siklus kompresi ada bahan bakar yg balik ke intake karna klep intake masih kebuka beberapa saat saat langkah kompresi. Pas butuh power lebih direct injectornya baru nyemburin bensin saat klep intake udah ketutup biar gak ada bensin yg keluar + volumetrik efisiensi bertambah dengan campuran bensin yg lebih rich.

Ya bijak2 aja milih bahan bakar, karna bahan bakar ga melulu RON.. Ada kandungan sulfur dan aditif lain yg bikin optimal pembakarannya.
Naah... Abang inj memberikan pencerahan dari keparnoan.. makasih infonya..
Penasaran, ada pencerahan lbh lanjut gak bang?
Kira2 klo di konversi ke otto, equivalent dgn kompresi brp ya?
sekitar 3/4

kalo kompresi atkinson 13 sama dgn 9.5an di otto.

sebenernya ga gitu jg sih, intinya kompresi fisik nya 13, kompresi efektif nya di 9.5 si mesin atkinson